Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Omnibus wrote: Wed Mar 03, 2021 5:13
ganti brake hardware kit (plat lempengan tempat duduk kuping brake pads) + kasih vet.
trus slide pin jg dibersihkan dan pakai vet.
2 area itu jenis vetnya berbeda.
sebaiknya belikan aja jd montir tinggal kerja
kalo kita ganti kampas rem, brake hardware kit biasanya tidak termasuk dalam paketnya ya om, kalo gk salah yg dari kuningan ya ?
kemudian vet utk brake hardware kit dan slide pin, saya beli di mana ya? apakah di platform toko online seperti t0kp3d dll ?
josomba wrote: Thu Mar 04, 2021 3:07
Mbah, nubi izin bertanya itu keduanya kudu amajon/ebai ya? di marketplace lokal ndak nampak wujudnya
Ane slider pin idem nih sama mbah Indeskey pake crc brake grease (sta lube kalau ga salah ada tulisan di botolnya)
kayanya sama aja mbah kl yg utk slide pin, yg penting ga bikin karet jd bereaksi n cepet sobek kl pakainya vet yg lithium dkk nya.
kl yg ate plastilube itu kayanya kudu punya utk di shim sm kuping. soalnya dia tahan lama membentuk kaya lapisan resin (plastik) gitu, tahan air. iye belinya kudu di amazon.
Anehnya si ribon saya justru ngak ngek ngak ngek mulu mbah kl d rem pas jalan pelan atau ngerayap, sejak dr kuar showroom ampe skrg ga sembuh2.. musti di amplas sikit kampas nya baru ilang.. tp ga lama ngak ngek lg
Solusinya jangan dipakai buat jalan pelan mbah.
Harus pedal to the kampret kayak om Kompre ya mbah?
Yes. Jalan tol kalau macet, ambil paling kiri lewat rumput aja mbah.
DOHC wrote: Wed Mar 03, 2021 6:53
Anehnya si ribon saya justru ngak ngek ngak ngek mulu mbah kl d rem pas jalan pelan atau ngerayap, sejak dr kuar showroom ampe skrg ga sembuh2.. musti di amplas sikit kampas nya baru ilang.. tp ga lama ngak ngek lg
kl gitu selipin amplas aja diantara rotor n pads nya mbah. auto silent deh .....
Bener jg
Jd ga usa cape2 sering bersihin pad rem
Coba, ta konsul second opinion ama mbah prop gerasi 69 yg lg honeymoon ama ceklek2 baru nya dia
W42d wrote: Wed Mar 03, 2021 13:51
Oot om. Menyambung yang ini, blh minta rekomendasi nya vet untuk slide pin apa ya om? Kayanya saya baca di bukman pakenya molykote, tp liad di market place molykote adanya kemasan besar. Sempat cek2 di inet pake nya silicone paste. Atau pakai tubber grease seiken bisa? Untuk shim sepertinya pake nya yg vet hitam, daikalube kl ga salah namanya. Mohon petunjuk suhu.
sy pakainya silverhook red rubber grease utk slide pin dan ate plastilube utk shim n ear om.
Mbah, nubi izin bertanya itu keduanya kudu amajon/ebai ya? di marketplace lokal ndak nampak wujudnya
Ane slider pin idem nih sama mbah Indeskey pake crc brake grease (sta lube kalau ga salah ada tulisan di botolnya)
Bener ni om, saya juga ga nemu di market place lokal. Kalo yg crc ada yg brake grease, ada juga yg stalube. Yang stalube sama aja ya om. Mgkn mau cobain deh, soale harganya lbh masuk. Kl yg crc brake grease kemasan besar, harganya juga lmyn om buat nubi.
Omnibus wrote: Wed Mar 03, 2021 5:13
ganti brake hardware kit (plat lempengan tempat duduk kuping brake pads) + kasih vet.
trus slide pin jg dibersihkan dan pakai vet.
2 area itu jenis vetnya berbeda.
sebaiknya belikan aja jd montir tinggal kerja
kalo kita ganti kampas rem, brake hardware kit biasanya tidak termasuk dalam paketnya ya om, kalo gk salah yg dari kuningan ya ?
kemudian vet utk brake hardware kit dan slide pin, saya beli di mana ya? apakah di platform toko online seperti t0kp3d dll ?
bahannya tergantung mobil. ada yg stainless juga. beli genuine nya aja kl pads barunya pakai genuine lagi. di beres ada kok.
vet nya sy beli dr amazon, dulu ongkir n bea masuk msh ga kaya skrg. skrg sih merogoh sukma tuh.
pake merk yg temen2 mention di atas aja om. cuma hrs dibedain ada 2 macam vet dan titik aplikasi nya hrs sesuai.
Sama kaya di crv tp saya, rem depan sebelah kiri, sudah 3 beres blm selesai masalah. Minta claim gak bisa krn barang habis pakai. Sementara disarankan bubut disc nya.
Setiap habis service rem selalu aman.. bbrp hari kemudian bunyi tikusnya keluar lagi. Wkwkwkwk...
Gw cuekin dulu krn blm ada waktu ke bengkel. Nanti kalau ada waktu mau coba bubut cakram nya. Brake pad masih bagus dan tebal katanya.
Terjadi hanya di rem kiri depan, mobil dah jalan 50k awal.
Omnibus wrote: Thu Mar 04, 2021 4:53
kayanya sama aja mbah kl yg utk slide pin, yg penting ga bikin karet jd bereaksi n cepet sobek kl pakainya vet yg lithium dkk nya.
kl yg ate plastilube itu kayanya kudu punya utk di shim sm kuping. soalnya dia tahan lama membentuk kaya lapisan resin (plastik) gitu, tahan air. iye belinya kudu di amazon.
Wah berat nih kalau kudu amajon .... berat di duty & tax-nya kalau skarang
Yaudah deh kembali ke burgari n Cobra
marmut wrote: Thu Mar 04, 2021 3:30
bukan mbah YBS tapi numpang jawap,
satu-satunya yang beliau beli di marketplace lokal cuma sarung tangan putih bintik kuning cap matahari.
Mazda 8 saya juga bunyi rem belakangnya kalau jalan pelan kalau pas cuaca panas atau kering, tapi malah ga bunyi kalau pas hujan, malah dulu Bunyinya lebih parah dan bunyi keras waktu pakai kampas originalnya. Akhirnya saya ganti kampas rem biarpun masih tebal.
Keknya senasib sama om TS. Ini Innova 2014 juga penyakitnya sama di sebulan terakhir ini, setiap ngerem ngik ngik ngik yg temponya sesuai kecepatan mobil. Makin cepet tempo ngik2nya makin cepet jg. Kadang pas nggak ngerem juga ngik ngik ngik.
Kemaren sempet lakukan beberapa step:
- Bongkar kampas, amplas permukaan kampas
- Bersihin debu dan kotoran yang nempel di kaliper (gak punya compressor jadi disiram2 air aja, di sikat-sikat)
- Bersihin ujung kampas rem dan shim nya pake degreaser.
- Pasang lagi komponen kampas, tapi jgn lupa kasih grease sedikit di ujung kampas yang ketemu sama shim, supaya saat mobil ngga direm, kampasnya nggak nempel di cakram. Perhatikan pas masang semua komponen dalam keadaan kering.
Ini ane lakukan pagi tadi, mobil dibawa sekitar 20 km bunyinya blom keluar lagi. Padahal keluar itu rencanaya mau ke bengkel servis rem, eh malah ilang bunyinya. Mari kita liat besok apakah bunyinya ilang permanen.
Sempet liat di youtube, bisa dicoba untuk cek caliper slider pin kotor yang bikin kaliper lengket ke cakram walaupun nggak di rem, jadi keluar bunyi-bunyian ini. Si caliper slider pin ini bisa dicek, dibersihkan dan digrease ulang. linknya disini:
Rush 2015 ane juga dulu, klo direm ngik ngik terus..
Dibenerin sembuh, 1000-2000 km kumat lg. Udah ke beres atoyot di kota kecil ane, bengkel kaki2 & rem. Kumat terus, apalagi klo habis dipake di tol yg high speed.
Suatu saat, pas pulang kampung ke Yogya, iseng2 ke bengkel resmi atoyot paling tua di Yogya.
Entah diapain ama dia, bayar 125 rb, eh ilang itu ngik2 rem yg menghantui dr km 65 rb smp 85 rb wkwk
Omnibus wrote: Wed Mar 03, 2021 5:13
ganti brake hardware kit (plat lempengan tempat duduk kuping brake pads) + kasih vet.
trus slide pin jg dibersihkan dan pakai vet.
2 area itu jenis vetnya berbeda.
sebaiknya belikan aja jd montir tinggal kerja
kalo kita ganti kampas rem, brake hardware kit biasanya tidak termasuk dalam paketnya ya om, kalo gk salah yg dari kuningan ya ?
kemudian vet utk brake hardware kit dan slide pin, saya beli di mana ya? apakah di platform toko online seperti t0kp3d dll ?
bahannya tergantung mobil. ada yg stainless juga. beli genuine nya aja kl pads barunya pakai genuine lagi. di beres ada kok.
vet nya sy beli dr amazon, dulu ongkir n bea masuk msh ga kaya skrg. skrg sih merogoh sukma tuh.
pake merk yg temen2 mention di atas aja om. cuma hrs dibedain ada 2 macam vet dan titik aplikasi nya hrs sesuai.
Pernah liat d tokoijo seiken rubber grease. Bisa gak? Peruntukannya buat karet.
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Omnibus wrote: Fri Mar 05, 2021 2:24
itu buat slide pin bisa.
kl utk di shim (backplate) dan kuping hrs yg lebih heavy duty (yg tahan air)
jgn lupa dililit sealtape pipa air...
btw pengalaman bunyi2 rem gini. biasanya ya:
- kampas rem non original atau bisa jadi kampas rem asli udah jelek
- shim/backing plate kampas ga cocok / ga dipasang / ga kepasang / ga dikasih gemuk khusus
- sliding pin caliper depan agak2 oblak karena umur dsb biasanya diakali dengan kasih gemuk atau ya itu tadi sealtape pipa air
- bawa ke beres atau bengkel yg punya kunci torsi bagus, kencengin semua itu baut2 yg kelihatan di seputaran kaki2 sesuai dengan torque spec buku manual pabrikan, ini saya pernah dikasih tau kenalan, muter2 nyari bunyi2 dicobain satu2 dikencengin pake kunci torsi di beres sesuai spek.
sayangnya benda ini: https://www.amazon.com/Liqui-Moly-Brake ... eel%20hubs.
udah lama banget ga ngeliat di Indo. dulu nemu permatex punya di ace hardware, sempet beli juga pas ada importir permatex di IIMS entah tahun berapa ada buka lapak. enaknya gemuk anti squeal gini bisa dibilang satu gemuk untuk semua kebutuhan di pengereman. sliding pin, backing plate, rubber cover + as brake caliper, drum brake pin, bahkan buat anti seize pelek dengan hub disc/drum brake karena sifatnya tahan air dan tahan garam jadi ga ada tuh cerita congkel2 pelek gara2 pelek lengket dengan drum brake.
lemonadelovers wrote: Fri Mar 05, 2021 1:22
Pernah liat d tokoijo seiken rubber grease. Bisa gak? Peruntukannya buat karet.
itu buat slide pin bisa.
kl utk di shim (backplate) dan kuping hrs yg lebih heavy duty (yg tahan air)
Klo buat kupingan kamvas rem pke grease timken atau amsoil bisa mbah??
secara fungsi bisa. tp secara nilai karakteristik water washout (ketahanan air) kurang bagus om krn kl mobil dicuci atau lewat hujan (genangan dll) pasti habis terbawa air. bedanya vet khusus brake itu dia agak lengket spt lem dan keringnya spt getah pohon yg mengeras. tapi yg spt itu ga cocok utk slide pin krn kan ada karet bootnya sdh terlindung dr air jd malah hrs yg free moving (ga lengket) dan rubber friendly. makanya hrs pakai 2 jenis vet.
kl utk di shim (backplate) dan kuping hrs yg lebih heavy duty (yg tahan air)
Klo buat kupingan kamvas rem pke grease timken atau amsoil bisa mbah??
secara fungsi bisa. tp secara nilai karakteristik water washout (ketahanan air) kurang bagus om krn kl mobil dicuci atau lewat hujan (genangan dll) pasti habis terbawa air. bedanya vet khusus brake itu dia agak lengket spt lem dan keringnya spt getah pohon yg mengeras. tapi yg spt itu ga cocok utk slide pin krn kan ada karet bootnya sdh terlindung dr air jd malah hrs yg free moving (ga lengket) dan rubber friendly. makanya hrs pakai 2 jenis vet.
Okee om. Mkasih infonya suhu. Kayaknya musti pasrah aja secara vet yg kek gitu susah dsni nyari nya.. Malah liat bngkel2 dsni paling diolesinya grease sejuta umat
Mau nanya lagi yaa om, utk pembersihan kanvas rem, trus re grease pin caliper rem itu seyogyanya dilakukan tiap brp lama atau tiap km brp om?? Kan ga mngkin tiap ganti kanvas rem baru regrease nya krn kanvas rem bakal lama bnget habisnya bisa 50rb km lebih. Mohon petunjuk nya guru
omnyanaira wrote: Sat Mar 06, 2021 6:34
Okee om. Mkasih infonya suhu. Kayaknya musti pasrah aja secara vet yg kek gitu susah dsni nyari nya.. Malah liat bngkel2 dsni paling diolesinya grease sejuta umat
Mau nanya lagi yaa om, utk pembersihan kanvas rem, trus re grease pin caliper rem itu seyogyanya dilakukan tiap brp lama atau tiap km brp om?? Kan ga mngkin tiap ganti kanvas rem baru regrease nya krn kanvas rem bakal lama bnget habisnya bisa 50rb km lebih. Mohon petunjuk nya guru
bukan suhu cuma nubie, om.
nah utk periode berapa lama sekali regrease itu tergantung pemakaian sih om. kl sering lewat genangan, sy ambil contoh panduan maintenance gajah ladder frame, itu bilangnya setiap habis lewat medan sungai propeller shaft u-joint hrs diregrease, maka dgn asumsi sama setiap lewat banjir hrs diregrease. bukan grease nya hilang (kl yg beneran spec utk brake) tp krn sdh banyak kerikil nempel di grease. ini lama2 bikin track hardware kit jd ga smooth lg utk pads gerak maju mundur.
tp pengalaman sy even baru jalan 2-3k km aja udah rada kotor itu vetnya. meski secara operation tdk ada pengaruh.
hmm ..... gimana kl kita pakai aturan 2x ganti olmes 1x regrease/cleaning brakes? kaya asumsi jaman dulu kan ada service kecil dan besar ganti2an. ini masuknya service item service besar (setiap 2x ganti olmes).
omnyanaira wrote: Sat Mar 06, 2021 6:34
Okee om. Mkasih infonya suhu. Kayaknya musti pasrah aja secara vet yg kek gitu susah dsni nyari nya.. Malah liat bngkel2 dsni paling diolesinya grease sejuta umat
Mau nanya lagi yaa om, utk pembersihan kanvas rem, trus re grease pin caliper rem itu seyogyanya dilakukan tiap brp lama atau tiap km brp om?? Kan ga mngkin tiap ganti kanvas rem baru regrease nya krn kanvas rem bakal lama bnget habisnya bisa 50rb km lebih. Mohon petunjuk nya guru
bukan suhu cuma nubie, om.
nah utk periode berapa lama sekali regrease itu tergantung pemakaian sih om. kl sering lewat genangan, sy ambil contoh panduan maintenance gajah ladder frame, itu bilangnya setiap habis lewat medan sungai propeller shaft u-joint hrs diregrease, maka dgn asumsi sama setiap lewat banjir hrs diregrease. bukan grease nya hilang (kl yg beneran spec utk brake) tp krn sdh banyak kerikil nempel di grease. ini lama2 bikin track hardware kit jd ga smooth lg utk pads gerak maju mundur.
tp pengalaman sy even baru jalan 2-3k km aja udah rada kotor itu vetnya. meski secara operation tdk ada pengaruh.
hmm ..... gimana kl kita pakai aturan 2x ganti olmes 1x regrease/cleaning brakes? kaya asumsi jaman dulu kan ada service kecil dan besar ganti2an. ini masuknya service item service besar (setiap 2x ganti olmes).
Lama amat mbah ampe 2 x gantol
Lah itu minyak rem aj setaon 3 kali kan aturan nya
Btw kl saya malah tiap kl mau kuar kota baru kasi vet ulang tu rem
DOHC wrote: Sat Mar 06, 2021 7:27
Lama amat mbah ampe 2 x gantol
Lah itu minyak rem aj setaon 3 kali kan aturan nya
Btw kl saya malah tiap kl mau kuar kota baru kasi vet ulang tu rem
yah kl mau ala2 f1 pitstop tiap 5 lap rumah kantor di regrease sih boleh aja mbah .....
tp yg jelas ane kl mau keluar kota besoknya gitu ga akan bongkar2 crucial components spt rem di hari sebelumnya krn takut ada malpraktek, bahaya. jd sebisa mungkin ane bbrp hari sebelumnya krn hrs test drive dulu n kl harus rework msh ada waktu n tenaga. tambah lg drive keluar kota jg perlu stamina yg pasti akan udah klojotan kl habis nge DIY.
DOHC wrote: Sat Mar 06, 2021 7:27
Lama amat mbah ampe 2 x gantol
Lah itu minyak rem aj setaon 3 kali kan aturan nya
Btw kl saya malah tiap kl mau kuar kota baru kasi vet ulang tu rem
yah kl mau ala2 f1 pitstop tiap 5 lap rumah kantor di regrease sih boleh aja mbah .....
tp yg jelas ane kl mau keluar kota besoknya gitu ga akan bongkar2 crucial components spt rem di hari sebelumnya krn takut ada malpraktek, bahaya. jd sebisa mungkin ane bbrp hari sebelumnya krn hrs test drive dulu n kl harus rework msh ada waktu n tenaga. tambah lg drive keluar kota jg perlu stamina yg pasti akan udah klojotan kl habis nge DIY.
Bener jg
Untung desember kmaren 2 x solo resing transjawabahn gapapa
Padahal itu hari sblom nya saya bongkar rem, ama ngolong tembak vet kopel joint (ini jg rutinitas kl mau kuar kota)