tesna wrote: Wed Dec 16, 2020 4:20
Clonz wrote: Tue Dec 15, 2020 7:10
[Wakakaka. Kalau ngmgin perngorbanan ini nih, kasian yg duduk penumpangnya om.
Soalnya ini mobil keluarga sih yg berusaha jadi separo2 racing look hahahaha.
Coilover tein ada temen yg ngmg empuk, tp ada jg yg ngmg keras. Jadi saya bgng jg mau sharing apa.
Cuman terakhir ada yg ngmgin coilover BC 14 step itu katanya yg oke empuknya bener2 bisa disetting.
Cuman saya pingin cari2 info lg sihh
ya udah standaran aja klo gitu
Anyway saya baru jajal tol layang cikampek pake setup yang sekarang (shock tokico, per ebach + R18). Short verdict! PUAS banget. Rasda keras sih memang, tapi itungannya lebih nyaman daripada pake shock std + per eibach. Jadi ngga ngayun2 gitu, pas lewat sambungan betonnya berasa mantap gitu, keredam dengan baik. Tadinya 120 udah mayan kekocok2, sekarang 120kph disana anteng aja pake cruise control.
DI cipularang jalananan belok2 gitu juga mantep rasanya. INtinya puas bangett!! Setup sebelum nya (kayaba excel G, atau shock std.. .lewattttt)
Kemarin di mobil cuman b2 aja orang dewasa, klo ada beban lebih harusnya lebih nyaman kali ya. Dan istri sama sekali ngga komen/komplain apa2, berarti masih dalam baatas toleransi lah
piggypig77 wrote: Tue Dec 15, 2020 10:59
Jangan pake velg tipe Q ato venturer om fitmentnya jelek, rodanya masuk ke dalem apalagi kalo di ceperin
tapi masih lebih baik daripada std G/V yang R16... klo pake velg venturer pastinya ga usah dipendekin. Sepertiya pake R17, per std, dengan shock yang rada uprated bakalan lumayan stabil tanpa mengorbankan banyak kenyamanan
jakanjc wrote: Tue Dec 15, 2020 15:23
Ada yang pernah ngerasain stir ANKInya geter atau semi di kecepatan diatas 100 kmh? anehnya terjadi kl lewat jalan bergelombang di tol yg ga rata, tp kadang ga geter juga walaupun udah tembus 120 kmh. Bingung juga karena 3 bulan yll yang lalu habis finish balancing di *ndala, di cek timah balance msh utuh di keempat roda, kemarin dibawa ke ke a2k di cek langsung sm mekaniknya mobil digantung, di cek semua normal, saya ikut ngolong di cek shock depan blkg aman gaada yg rembes, ban gaada benjol.. awalnya curiga dari shock depan yg rembes/lemah.. krn dulu ngalamin stir semi/geter di bmw tuir ternyata penyebabnya shock depan lemah.. ada masukan suhu2? krn belakangan ini mobil sering dipake pp jkt-purwokerto, pegel juga ni tangan kl stir geter2 selama di tol hehe, tq
saya juga ngalamin nih, ban/velg masih std kah? umur ban brapa lama? umur shock breaker jg udah brp lama/km? kl shock breaker udah lemah, trus udah kelamaan biasanya bannya jadi korban. nggak benjol tapi bergelombang ga rata gitu. ini yang bikin geter di kecepatan tinggi.
Ini saya alamin nih pas shock bocor, tau2 ban saya jadi korban jugaaa

. Penampakan mata ngga keliatan ada benjol, pas ditaruh di mesin balance kelihatan karetnya ngga bulat sempurna dari sudut tertentu. Shock juga itu shock belum ada umur nya 1 tahun dan kurang dari 10ribu km juga, ban nya juga umurnya sama! kesel bgt sama itu shock breaker jadi nya HAHAHAH. Apes aja kali ya
Pokoknya sekarang klo suspensi udah terasa terlalu ngayun or keras kayak batu mendingan langsung di bongkar aja deh, toh bongkar jg ga mahal, klo ganti pun shock breaker innova jg ga mahal (banyak pilihannya)
setelah ganti ban, di finish balance, lari 180kph pun adem...
Saya juga berasaaaa.
ANKI 2gd 2018 akhir
Per Eibach
Shock std
velg venturer ban michelin ps4
duh kmrn ke puncak aja geter2 ga karuan, sbnernya dari akhir taun 2020 ud berasa dikit2, tapi karena jarang jalan jauh agak gw ignore. lah skrg kok makin parah kena jalan gelombang dikit aja udah geter2 terus..
penumpang sih ga berasa katanya..
awalnya pikir apa ban ya, ah tapi dulu ga kaya gini, dan temen pake ps4 dan coilover di yaris enaak banget. jauh lbh empuk dibanding andrenalin 003 / yoko advan..
curiga shock, abis baca ini jadi yakin shock udah lemaaahh..
baca2 jadi galau antara
Monroe OES, Jamex premium (tapi karena review luar jelek jadi mikir2), atau tokico (ada yg bilang jg umur ga lama)..
sekalian nanti balance ulang dan finish balance dah.
Abis baca2 ini
https://www.torquingcars.com/tech-talk/ ... e-comfort/
Conclusion:
There are many determining factors in a vehicle’s ride comfort, but none has as big a role to play than the dampers. A firmly sprung vehicle can be made comfortable with dampers that mitigate every undulation in the road, and likewise a soft suspension can be crashy if every pebble on the road reverberates through the cabin like a vibrating phone. Firm doesn’t necessarily mean uncomfortable!
So next time you read that a Subaru WRX, Porsche 911 GT3, or any other performance car is firm, but comfy, you’ll know the engineers equipped it with high quality dampers to make sporty road-holding partner a smooth ride – and you’ll know that even the softest of cars can still be uncomfortable if the manufacturer cut corners to make it cheaper to build.
bener sih gw naik mbl temen yang pake coilover bagus, firm tapi nyaman.
bmw juga, firm tapi bener2 nyaman di jalanan. semua bumps2 teredam dengan baik.