Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Nah untung d ribon ud pas, jd saya cuman iseng buka aj buat liat2 tp ga ta maenin rubah2
nyetelnya sih gampang, naikin turunin mobilnya yg perjuangan yak. kemarin ada tuh pithole di pinggir jalan, tp pas arah ke sumedang jauh bener. kl ngga kan mayan buat numpang pitstop.
yg suka punya pithole tuh bengkel oli pinggir jalan. masa iya ngerental ma dia ya. niat amat .... wakakaka
kayanya kl ga salah inget duluuu awal banget om indeskey tuh pernah nanya ramp buat naikin mobil deh. jadi punya ga dia ya?
perlu jg kayanya gituan. ah lama2 penuh rumah ane sm barang bengkel. skrg aja kl ke garasi n gudang baunya udah kaya bengkel. bau atf campur grease
Atau tukang knalpot yg biasa ad pithole
Trakir sehh d fotonnya mbah indeskey pas btulin rem, masi pake dongkrak honda seh
Udahh, buka bengkel lg aj mbah kecil2an.. beli ruko satu, d pik cuman 8 em tu lg promo mumpung blom naek per 2 minggu
DOHC wrote: Wed Feb 03, 2021 5:03
Udahh, buka bengkel lg aj mbah kecil2an.. beli ruko satu, d pik cuman 8 em tu lg promo mumpung blom naek per 2 minggu
ha ha ha yg naik per 2 minggu itu ya. ah mahal amat ruko 8M sebiji. ga ada mbah bengkel pake ruko semahal itu kecuali itung2annya udah ga mikir untung rugi. kan dibandinginnya sm biaya sewa, kl harga 8M sewa per tahun normalnya 400 juta (bagi 20), bisa lebih tinggi kl lokasinya bagus. nah ntu bengkel musti omset minimal 1M per taun utk cover itu (sewa biasanya 30-40% dr omset tahunan atau bahkan dr laba kotor tergantung case). ane pemasukan dr nyewa2in ruko mbah jd kurleb tau itung2annya.
turning wrench buat jadi hobi aja, kl ngga malah sutris ngadepin berbagai macam karakter orang, berbagai macam mobil dgn aneka ragam masalahnya. been there done that, dah inaff mbah.
blloewy wrote: Tue Feb 02, 2021 0:00
Bentar2 nanya...pelumas atau grease di steering rack ini maksudnya di dalam pinion ama gear nya ya?
Kl begitu mesti turun PS dan lepas motor dan buka Pinion and Gear nya ya?
Benarkah demikian?
Ya om, lumasin batang rack and pinion dengan grease.
Point ini yang sering gak diperhatiin saat service, kalo kurang pelumas akhirnya aus kemakan.
Mesti extra treatment kayak mbah rektor, pakai grease keraton daripada divonis ganti 1 gelondongan rack steer.
Dimana yah di Surabaya bengkel panggilan yang bisa servis beginian?
Waah ane lokasi di Jakarta, jadi kurang faham bengkel di Surabaya.
Rata2 bengkel bisa sih grease rack steer, biasanya bengkel panggilan yg agak susah.
DOHC wrote: Wed Feb 03, 2021 5:03
Udahh, buka bengkel lg aj mbah kecil2an.. beli ruko satu, d pik cuman 8 em tu lg promo mumpung blom naek per 2 minggu
ha ha ha yg naik per 2 minggu itu ya. ah mahal amat ruko 8M sebiji. ga ada mbah bengkel pake ruko semahal itu kecuali itung2annya udah ga mikir untung rugi. kan dibandinginnya sm biaya sewa, kl harga 8M sewa per tahun normalnya 400 juta (bagi 20), bisa lebih tinggi kl lokasinya bagus. nah ntu bengkel musti omset minimal 1M per taun utk cover itu (sewa biasanya 30-40% dr omset tahunan atau bahkan dr laba kotor tergantung case). ane pemasukan dr nyewa2in ruko mbah jd kurleb tau itung2annya.
turning wrench buat jadi hobi aja, kl ngga malah sutris ngadepin berbagai macam karakter orang, berbagai macam mobil dgn aneka ragam masalahnya. been there done that, dah inaff mbah.
Ane sempat pikir ongkos jasa bengkel di Indonesia itu termasuk rendah.
Misalnya, service tune-up ongkos jasa Rp 400.000 itu bisanya makan waktu hampir setengah hari kerja. Apalagi mobil yang kerusakannya lumayan besar, bisa sehari untuk beresin 1 mobil.
Dulu waktu ada trit fenomenal flow bench di lapak sebelah, ane tanya sama boss bengkel perfomance di Tg. Duren knpa gak beli mesin flow bench buat ukur hasil porting-polish mesin. Jwbannya ; mau dinaikin brpa ongkos jasa PNP gue ? Ongkos 2,5 juta aja dah dibilang mahal
DOHC wrote: Wed Feb 03, 2021 5:03
Udahh, buka bengkel lg aj mbah kecil2an.. beli ruko satu, d pik cuman 8 em tu lg promo mumpung blom naek per 2 minggu
ha ha ha yg naik per 2 minggu itu ya. ah mahal amat ruko 8M sebiji. ga ada mbah bengkel pake ruko semahal itu kecuali itung2annya udah ga mikir untung rugi. kan dibandinginnya sm biaya sewa, kl harga 8M sewa per tahun normalnya 400 juta (bagi 20), bisa lebih tinggi kl lokasinya bagus. nah ntu bengkel musti omset minimal 1M per taun utk cover itu (sewa biasanya 30-40% dr omset tahunan atau bahkan dr laba kotor tergantung case). ane pemasukan dr nyewa2in ruko mbah jd kurleb tau itung2annya.
turning wrench buat jadi hobi aja, kl ngga malah sutris ngadepin berbagai macam karakter orang, berbagai macam mobil dgn aneka ragam masalahnya. been there done that, dah inaff mbah.
Wah ilmu kuliah baru 6 sks neh, catet lageeeee
Btw, baru tau tinggi amat yah sewa nya
Bos saya ad punya ruko, itu kisaran harga 5-7 em (harga lg abu2 mbah, kovit kamfret), nah itu aj harga sewa per tahun aj cuman 100an jeti per taon
Koq ngejomplang banget yah mbah ama yg 8 em
Btw bengkel omset 1 em sebulan mah kayanya ud kelas2 bengkel yg ngejual tema resing2 beneran kaya enjinplus kl yah
Kl kelas rumahan yg speed speedan resing2an pake obd dongle cungkwo jitbango, jauh kl yah dr 1 em sbulan
Or4cle wrote: Wed Feb 03, 2021 5:56
Ane sempat pikir ongkos jasa bengkel di Indonesia itu termasuk rendah.
Misalnya, service tune-up ongkos jasa Rp 400.000 itu bisanya makan waktu hampir setengah hari kerja. Apalagi mobil yang kerusakannya lumayan besar, bisa sehari untuk beresin 1 mobil.
Dulu waktu ada trit fenomenal flow bench di lapak sebelah, ane tanya sama boss bengkel perfomance di Tg. Duren knpa gak beli mesin flow bench buat ukur hasil porting-polish mesin. Jwbannya ; mau dinaikin brpa ongkos jasa PNP gue ? Ongkos 2,5 juta aja dah dibilang mahal
soalnya terlalu banyak service providers nya siapa pun bisa jd montir mau perusahaan ataupun perorangan. jadi harga rendah. misalnya kita punya bengkel charge jasa tune up 1 juta, pasti dibilang mahal, org di tempat lain ada yg 300 ribu. even pekerjaan kita lebih bagus dan teliti tp jd ga boleh ada toleransi kesalahan sedikitpun krn customer sdh bayar mahal jd dia pasti harapannya tinggi sekali. beban buat kita.
kl di LN kan ada union, mrk jg yg menentukan labor rate. ga boleh lebih rendah dr manhour yg disepakati kecuali mungkin montir perorangan, itu pun ada local regulation yg bilang ga boleh montir perorangan perform commercial repair.
kl lihat bengkel kaya south main auto di NY dia kebanyakan kerjain sendiri. istrinya jd customer service n pesan2 barang. terakhir punya employee itupun cuma 1. padahal customer banyak sampe antri2 dan bayaran pasti lebih tinggi kan. lah disini bengkel bisa punya montir banyak gajinya berapa belom THR nya, sementara harga ke customer rendah, kadang ga masuk di akal sih gmn dia bisa survive. ok lah UMR rendah tp kl banyak jumlah personelnya ya beban juga, belom lagi UMR mah dapetnya montir ijo aja udah sukur, dapetnya montir putih alias kaga bisa kerja.
ane berusaha ga negative thinking nih ya, bengkel usil part yg ga rusak dibikin rusak sih kita kesampingkan dulu. kl work ethically rasanya sulit utk survive, let alone profitable.
Nah untung d ribon ud pas, jd saya cuman iseng buka aj buat liat2 tp ga ta maenin rubah2
nyetelnya sih gampang, naikin turunin mobilnya yg perjuangan yak. kemarin ada tuh pithole di pinggir jalan, tp pas arah ke sumedang jauh bener. kl ngga kan mayan buat numpang pitstop.
yg suka punya pithole tuh bengkel oli pinggir jalan. masa iya ngerental ma dia ya. niat amat .... wakakaka
kayanya kl ga salah inget duluuu awal banget om indeskey tuh pernah nanya ramp buat naikin mobil deh. jadi punya ga dia ya?
perlu jg kayanya gituan. ah lama2 penuh rumah ane sm barang bengkel. skrg aja kl ke garasi n gudang baunya udah kaya bengkel. bau atf campur grease
Atau tukang knalpot yg biasa ad pithole
Trakir sehh d fotonnya mbah indeskey pas btulin rem, masi pake dongkrak honda seh
Udahh, buka bengkel lg aj mbah kecil2an.. beli ruko satu, d pik cuman 8 em tu lg promo mumpung blom naek per 2 minggu
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
DOHC wrote: Wed Feb 03, 2021 5:03
Udahh, buka bengkel lg aj mbah kecil2an.. beli ruko satu, d pik cuman 8 em tu lg promo mumpung blom naek per 2 minggu
ha ha ha yg naik per 2 minggu itu ya. ah mahal amat ruko 8M sebiji. ga ada mbah bengkel pake ruko semahal itu kecuali itung2annya udah ga mikir untung rugi. kan dibandinginnya sm biaya sewa, kl harga 8M sewa per tahun normalnya 400 juta (bagi 20), bisa lebih tinggi kl lokasinya bagus. nah ntu bengkel musti omset minimal 1M per taun utk cover itu (sewa biasanya 30-40% dr omset tahunan atau bahkan dr laba kotor tergantung case). ane pemasukan dr nyewa2in ruko mbah jd kurleb tau itung2annya.
turning wrench buat jadi hobi aja, kl ngga malah sutris ngadepin berbagai macam karakter orang, berbagai macam mobil dgn aneka ragam masalahnya. been there done that, dah inaff mbah.
8M cost nya gede benar thu..,terlalu lama untuk balik modal..(bengkel baru ) ,tetapi kalo buka cabang yang sudah di kenal kemungkinan masih bisa yha..? misalnya kayak beres.
mbah suhu... kalau oetiker diganti model clamp selang gini aman nggak ya? di toko ijo banyak berbagai ukuran sampai 6inch/150mm. Nggak perlu SST buat masang dan membukanya.
mbah @omnibus, kira2 ukuran diameter boot steering rack GK5 berapa cm yak?
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
yg pecah yg dipanah dan sebelah kanan aja. yg kiri aman.
weleh .... yg deket transmisi ya.
kl warna menurut sy warna nya emang gitu om, bukan krn kecampur air sih. vw jg gitu warnanya liat di gugel. grease barunya jg coklat.
kalo ingin liat indikasi masuk lumpur..,tinggal bilas aja greasenya pakai air sabun..,rasakan pakai tangan..,ada serbuk pasirnya tidak..? kalo tidak berarti memang itu bawaan greasenya..,mungkinnya..betulkan kalo salah..,dia memerlukan grease di mana pada saat suhu/tekanan tertentu dia mulai mencair.,untuk mengurangi beban..,mungkin juga seperti oli..,ada masa pakai yg membuat adictivenya sudah mulai berkurang..koreksi kalo salah yha..
indeskey wrote: Wed Feb 03, 2021 6:33
iyak bener, temen di us (Connecticut) sebisa mungkin DIY (mobil-rumah dll). ganti kampas rem civic harga part sama labour mahalan labournya.
DOHC wrote: Wed Feb 03, 2021 6:15
Kl di indo, jd montir apalagi kenek asemreges gaji cuman pas2an utk idup
Kl d luarnegeri, sperti kata mbah omni, d protect ama labour union, gaji nya ampun2 tinggi ny
Iya kan
Temen saya d aussie jg perna crita, dsana gaji montir itu bsa kisaran 40an dolar per jem ud mirip ama gaji2 kuli atau tukang bangunan dsana, bandingin ama gaji akuntan aj cuman 25 dolar.. grease monkey dsana lebi dhargai mahal ktimbang pekerja kantoran
Or4cle wrote: Wed Feb 03, 2021 5:56
Ane sempat pikir ongkos jasa bengkel di Indonesia itu termasuk rendah.
Misalnya, service tune-up ongkos jasa Rp 400.000 itu bisanya makan waktu hampir setengah hari kerja. Apalagi mobil yang kerusakannya lumayan besar, bisa sehari untuk beresin 1 mobil.
Dulu waktu ada trit fenomenal flow bench di lapak sebelah, ane tanya sama boss bengkel perfomance di Tg. Duren knpa gak beli mesin flow bench buat ukur hasil porting-polish mesin. Jwbannya ; mau dinaikin brpa ongkos jasa PNP gue ? Ongkos 2,5 juta aja dah dibilang mahal
soalnya terlalu banyak service providers nya siapa pun bisa jd montir mau perusahaan ataupun perorangan. jadi harga rendah. misalnya kita punya bengkel charge jasa tune up 1 juta, pasti dibilang mahal, org di tempat lain ada yg 300 ribu. even pekerjaan kita lebih bagus dan teliti tp jd ga boleh ada toleransi kesalahan sedikitpun krn customer sdh bayar mahal jd dia pasti harapannya tinggi sekali. beban buat kita.
kl di LN kan ada union, mrk jg yg menentukan labor rate. ga boleh lebih rendah dr manhour yg disepakati kecuali mungkin montir perorangan, itu pun ada local regulation yg bilang ga boleh montir perorangan perform commercial repair.
kl lihat bengkel kaya south main auto di NY dia kebanyakan kerjain sendiri. istrinya jd customer service n pesan2 barang. terakhir punya employee itupun cuma 1. padahal customer banyak sampe antri2 dan bayaran pasti lebih tinggi kan. lah disini bengkel bisa punya montir banyak gajinya berapa belom THR nya, sementara harga ke customer rendah, kadang ga masuk di akal sih gmn dia bisa survive. ok lah UMR rendah tp kl banyak jumlah personelnya ya beban juga, belom lagi UMR mah dapetnya montir ijo aja udah sukur, dapetnya montir putih alias kaga bisa kerja.
ane berusaha ga negative thinking nih ya, bengkel usil part yg ga rusak dibikin rusak sih kita kesampingkan dulu. kl work ethically rasanya sulit utk survive, let alone profitable.
Setuju mbah ... memang begitulah realitanya, agak suram & susah survive bisnis bengkel di sini.
Seperti kata mbah Klep, bengkel besar yang bisa survive cuma yg di back-up ATPM, spesialis racing & swap kayak Engine+, AP Speed, dll.
gentongxz wrote: Wed Feb 03, 2021 6:40
8M cost nya gede benar thu..,terlalu lama untuk balik modal..(bengkel baru ) ,tetapi kalo buka cabang yang sudah di kenal kemungkinan masih bisa yha..? misalnya kayak beres.
8M itu ruko pak gentong. paling jumbo ruko itu ukuran 6x25m. mana bisa dipake beres. minimal 3000 meter kl beres.
indeskey wrote: Wed Feb 03, 2021 6:43
mbah suhu... kalau oetiker diganti model clamp selang gini aman nggak ya? di toko ijo banyak berbagai ukuran sampai 6inch/150mm. Nggak perlu SST buat masang dan membukanya.
mbah @omnibus, kira2 ukuran diameter boot steering rack GK5 berapa cm yak?
nyimak yg ini...sekalian iseng mau ke beres batumakam nanya clamp boot rack steer.
indeskey wrote: Wed Feb 03, 2021 6:43
mbah suhu... kalau oetiker diganti model clamp selang gini aman nggak ya? di toko ijo banyak berbagai ukuran sampai 6inch/150mm. Nggak perlu SST buat masang dan membukanya.
mbah @omnibus, kira2 ukuran diameter boot steering rack GK5 berapa cm yak?
kl kata saya ga aman mbah krn itu bisa megar sendiri. di mesin turbo tuh klem kan dipake utk pipa intake. itu aja ada kejadian lepas.
eniwei mbah, itu yg ori aja cuma 30 rebu. tangnya yg mahal ya? hahahaha
gentongxz wrote: Wed Feb 03, 2021 6:57
ada rencana mau ambil ini..,ada yg sudah pernah coba..?
cari yg taiwan dulu..
mau di pakai di beam torque..,bisa tahan ampe berapa ft.lb yha..
adaptor dr 1/2 ke 3/8 ya pak? ini kalau merk stahlwille kl ga salah max 130 Nm.
gentongxz wrote: Wed Feb 03, 2021 6:40
8M cost nya gede benar thu..,terlalu lama untuk balik modal..(bengkel baru ) ,tetapi kalo buka cabang yang sudah di kenal kemungkinan masih bisa yha..? misalnya kayak beres.
8M itu ruko pak gentong. paling jumbo ruko itu ukuran 6x25m. mana bisa dipake beres. minimal 3000 meter kl beres.
mungkin ada halaman belakang yg lebar...? jadi biaya sewa besar..,macam di pekanbaru dealer cuman 2 ruko..,tapi halaman belakang besar..,bisa untuk penempatan unit..,tapi kalo hanya 8m ruko doang aja..,utk pekanbaru bisa dapat brp ruko thu yha..? ..
gentongxz wrote: Wed Feb 03, 2021 6:57
ada rencana mau ambil ini..,ada yg sudah pernah coba..?
cari yg taiwan dulu..
mau di pakai di beam torque..,bisa tahan ampe berapa ft.lb yha..
adaptor dr 1/2 ke 3/8 ya pak? ini kalau merk stahlwille kl ga salah max 130 Nm.
kayaknya 1/2m x 1/2F ..,cuman gambar aja yg sama dengan 3/8..,130Nm untuk 3/8 ,kebanyakan yg kalah as nya Pak..?lebih kuat ratchet donk yha..? saya ada liat di YT bisa ampe 160++..
indeskey wrote: Wed Feb 03, 2021 6:43
mbah suhu... kalau oetiker diganti model clamp selang gini aman nggak ya? di toko ijo banyak berbagai ukuran sampai 6inch/150mm. Nggak perlu SST buat masang dan membukanya.
mbah @omnibus, kira2 ukuran diameter boot steering rack GK5 berapa cm yak?
kl kata saya ga aman mbah krn itu bisa megar sendiri. di mesin turbo tuh klem kan dipake utk pipa intake. itu aja ada kejadian lepas.
eniwei mbah, itu yg ori aja cuma 30 rebu. tangnya yg mahal ya? hahahaha