wis..... tubruk baè. njaluk nomer rekening, transfer telungatus èwu. engko dikirim.
Koleksi hand tools [Part 03]
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11857
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Koleksi hand tools [Part 03]
wis..... tubruk baè. njaluk nomer rekening, transfer telungatus èwu. engko dikirim.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4040
- Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
- Location: Jakarta
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Koleksi hand tools [Part 03]
* ud merhatiin drtd, tp kamuflase diem didalem kardus kosong dibolonginOmnibus wrote: Fri Jan 15, 2021 8:10 ada yg pernah pake superglue JB Weld ngga?
IMG_20210115_145849~2.jpg
pertama tau dr yt nya scotty kilmer pas dia sambung panel plastik yg pecah. ternyata terkenal juga disini sampe di jkt n bdg ada yg jual lho di olshop.
ane beli krn matahin klip panel bawah dengkul driver. pas buka keras bgt 1 klip ditarik malah patah.
udah beli JB Weld belom dipake trus nanya ke beres honda itu panel cuma 270 rb stlh diskon, ya mending beli baru lah drpd sambung2 klip patah. perasaan hati beda.
panel yg ini nih:
IMG_20210113_102923~2.jpg
klip amsiong nih:
IMG_20210115_151442~2.jpg
*lirik kiri lirik kanan ..... ehh ga ada mbah klep kan?! atau si om benz tuh propokator. hehehehe amaaannnn ....![]()
hmmm, panel bawah setir ya.. ok ok, *cklek bunyi pulpen
btw, JB weld di lindeteves berjibun mbah.. saya dl perna make buat ngelem bemper depan isusu penter yg bagian plastik sisi kiri kanan (bukan yg plaat besi), gara2 supir ngantuk hajar gerobag pasukan oranye dulu
ntuh mobil kena panas ujan, blom lg tiap kl parkir sering banget d dorong2 ama tukang parkir ampe nyundul sana sini, masi tetep nempel mbah.. gilee dahh, trakir sblom tu isusu dijual, sempet di cat duco d kramat, pas di amplas ama mamang cat nya, ga ad retak di sambungan nya, jd bsa lgs ditimpa cat..
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Koleksi hand tools [Part 03]
berarti recommended ya .....DOHC wrote: Fri Jan 15, 2021 10:54
* ud merhatiin drtd, tp kamuflase diem didalem kardus kosong dibolongin
hmmm, panel bawah setir ya.. ok ok, *cklek bunyi pulpen
btw, JB weld di lindeteves berjibun mbah.. saya dl perna make buat ngelem bemper depan isusu penter yg bagian plastik sisi kiri kanan (bukan yg plaat besi), gara2 supir ngantuk hajar gerobag pasukan oranye dulu
ntuh mobil kena panas ujan, blom lg tiap kl parkir sering banget d dorong2 ama tukang parkir ampe nyundul sana sini, masi tetep nempel mbah.. gilee dahh, trakir sblom tu isusu dijual, sempet di cat duco d kramat, pas di amplas ama mamang cat nya, ga ad retak di sambungan nya, jd bsa lgs ditimpa cat..
hmm .... ntar malem ane pake aja buat ngelem jari mbah ke pulpen yg barusan.


-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Koleksi hand tools [Part 03]
vrz ud ganti karet mendem mbah ??
gara2 si mbah ngomongin td pagi, saya malah jd kpikiran mo ganti si inofa punya nehh.. yg kiri ama kanan beda gt soalnya, yg kanan lebi mendem tp blom ampe bkin rod contact ke chassis , bantingan jg masi enak ga brizik
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Koleksi hand tools [Part 03]
vrz belom mbah. itu mobil kaga ada masalah bunyi2an, beda ama si GK. kayanya skrg udah beres tuh si GK.DOHC wrote: Fri Jan 15, 2021 11:51vrz ud ganti karet mendem mbah ??
gara2 si mbah ngomongin td pagi, saya malah jd kpikiran mo ganti si inofa punya nehh.. yg kiri ama kanan beda gt soalnya, yg kanan lebi mendem tp blom ampe bkin rod contact ke chassis , bantingan jg masi enak ga brizik
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1240
- Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32
Re: Koleksi hand tools [Part 03]
Hihihihi... jgn gitu dong mbah suhu plof, jujur ane banyak nimba ilmu juga nih dari si mbah, banyak yg sebelumnya gak terpikirkan, tapi karena si mbah elmunya sudah tingkat tinggi jadi yah ane & tentunya mbah DGO ehhh salah DOHC mantau2 terus gerak gerak si mbah...*sambil ngindip2 di dalam kardus kosong samping mbah klep*Omnibus wrote:ada yg pernah pake superglue JB Weld ngga?
pertama tau dr yt nya scotty kilmer pas dia sambung panel plastik yg pecah. ternyata terkenal juga disini sampe di jkt n bdg ada yg jual lho di olshop.
ane beli krn matahin klip panel bawah dengkul driver. pas buka keras bgt 1 klip ditarik malah patah.
udah beli JB Weld belom dipake trus nanya ke beres honda itu panel cuma 270 rb stlh diskon, ya mending beli baru lah drpd sambung2 klip patah. perasaan hati beda.
panel yg ini nih:
klip amsiong nih:
*lirik kiri lirik kanan ..... ehh ga ada mbah klep kan?! atau si om benz tuh propokator. hehehehe amaaannnn ....
Yah sudahlah kalau begitu ane gak akan catet2 lagi deh ama mbah klep, cuman di ingat2 aja list2nya... mboleh yah mbah [emoji16][emoji111]
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Koleksi hand tools [Part 03]
Mbahbenzz89 wrote: Sat Jan 16, 2021 3:43Hihihihi... jgn gitu dong mbah suhu plof, jujur ane banyak nimba ilmu juga nih dari si mbah, banyak yg sebelumnya gak terpikirkan, tapi karena si mbah elmunya sudah tingkat tinggi jadi yah ane & tentunya mbah DGO ehhh salah DOHC mantau2 terus gerak gerak si mbah...*sambil ngindip2 di dalam kardus kosong samping mbah klep*Omnibus wrote:ada yg pernah pake superglue JB Weld ngga?
IMG_20210115_145849~2.jpg
pertama tau dr yt nya scotty kilmer pas dia sambung panel plastik yg pecah. ternyata terkenal juga disini sampe di jkt n bdg ada yg jual lho di olshop.
ane beli krn matahin klip panel bawah dengkul driver. pas buka keras bgt 1 klip ditarik malah patah.
udah beli JB Weld belom dipake trus nanya ke beres honda itu panel cuma 270 rb stlh diskon, ya mending beli baru lah drpd sambung2 klip patah. perasaan hati beda.
panel yg ini nih:
IMG_20210113_102923~2.jpg
klip amsiong nih:
IMG_20210115_151442~2.jpg
*lirik kiri lirik kanan ..... ehh ga ada mbah klep kan?! atau si om benz tuh propokator. hehehehe amaaannnn ....
Yah sudahlah kalau begitu ane gak akan catet2 lagi deh ama mbah klep, cuman di ingat2 aja list2nya... mboleh yah mbah [emoji16][emoji111]
Jaman ud milenial mbah
Ud ga jaman catet2 lg
Yg ad, d ketik d notepad hape
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Koleksi hand tools [Part 03]
ga salah om? elmu tingkat tinggi apaan ....benzz89 wrote: Sat Jan 16, 2021 3:43 Hihihihi... jgn gitu dong mbah suhu plof, jujur ane banyak nimba ilmu juga nih dari si mbah, banyak yg sebelumnya gak terpikirkan, tapi karena si mbah elmunya sudah tingkat tinggi jadi yah ane & tentunya mbah DGO ehhh salah DOHC mantau2 terus gerak gerak si mbah...*sambil ngindip2 di dalam kardus kosong samping mbah klep*
Yah sudahlah kalau begitu ane gak akan catet2 lagi deh ama mbah klep, cuman di ingat2 aja list2nya... mboleh yah mbah [emoji16][emoji111]


ane mau sedikit berbagi rangkuman kerjaan noise buster bin kurang kerjaan nih om

itu njess akhirnya bunyi2 kelar gara2 baut breket karet stabilizer bar kendor lantaran karetnya mulai kemakan dikit2 (benda habis pakai). sama gara2 breket selang booster rem beradu dgn firewall, ane field fix dilapis lakban belakangnya spy ga metal to metal contact dan satu stud yg ga ada murnya disolatip item, ga jelas napa tuh dr sononya ga dikasih mur.
lah kl elmu tinggi kaga bakal sampai catetan mbah klep panjang begitu macam struk belanja di hypermarket aje pake ada karet damper shock, trek stang segala lah, cuma kl yg trek stang ini ane mau seret2 si mbah rektor marmut tuh yg bilang meski ga koclak bisa bunyi juga di PM dia bilang gitu. mempengaruhi ..... tp berhubung ane punya SST nya yg msh perawan ya udah sekalian ngetest

moral of the story:
1. ane bayangin kl kasus bunyi2 njess ane ini ditangani bengkel yg kurang berpengalaman. kl yg pengalaman mungkin sekali udah ketemu gara2 baut breket karet stabilizer. tp belom tentu juga soalnya kasus bunyi yg intermittent alias kadang2 itu susah, ini bunyinya muncul kadang2 dan hanya ketika mesin udah panas banget, jd ada unsur pemuaian kali. itu noise bahkan kl nanya sm anak bini ane yg ikut selalu bilangnya ga ada. nah kl montir bengkelnya msh "ijo" alamat customer bolak balik bengkel kasus yg sama dan ga ketemu2 krn mustahil diurut nyari root causenya kecuali sm ownernya sendiri. akhirnya kuciwa dan dijual lah itu mobil umur muda.

hampir terjadi di ane kl bukan krn itu mobil bersejarah.
2. di bukman ane sering baca item service yg tulisannya: mengencangkan baut2 chassis. ternyata ini bukan play2. ada bbrp baut yg mengendor termasuk emon krn geser dr marking spidol pabrik. meskipun baut2 pipa knalpot n header aman (di forum LN ada yg report kendor soalnya). bukti nya juga karet stabilizer yg karetnya makin lama makin kecil itu jg hrs dikenceng2in lagi secara periodik. ini jg hal baru buat ane, mungkin krn tambah tua tambah ga bisa tolerir bunyi2 yg keluar. meskipun agak mustahil kl ngarepinnya dr mobil sekelas njess. but so far so good, skrg msh bisa diterima bgt bunyinya. berani adu sama mobil sejenis kl njess ane tenang spt air mengalir.

ttg catet mencatet .... lanjutkan!
di bully kan artinya disayang kl disini. ga dibully ga seru



catatan kaki: *tenang msh nyambung
ini breket selang booster rem mobil ane, 1 stud ga ada murnya by design begitu. kl panas memuai jg jd gesek2 antara breket ke drat jd bikin bunyi. halus dilapisin sesuatu.
sementara yg ini dpt dr partman honda yg berbaik hati tanpa diminta mau fotoin mobil lain di Beres utk comparison. emang dr sononya ga ada mur yg itu.
catet aja mbah ..... catet!DOHC wrote: Sat Jan 16, 2021 4:02
Mbah
Jaman ud milenial mbah
Ud ga jaman catet2 lg
Yg ad, d ketik d notepad hape

nanti dijilid dikasih keterangan segala macem utk apply sertifikasi ISO.

You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Koleksi hand tools [Part 03]
Gara2 si mbahOmnibus wrote: Sat Jan 16, 2021 5:55ga salah om? elmu tingkat tinggi apaan ....benzz89 wrote: Sat Jan 16, 2021 3:43 Hihihihi... jgn gitu dong mbah suhu plof, jujur ane banyak nimba ilmu juga nih dari si mbah, banyak yg sebelumnya gak terpikirkan, tapi karena si mbah elmunya sudah tingkat tinggi jadi yah ane & tentunya mbah DGO ehhh salah DOHC mantau2 terus gerak gerak si mbah...*sambil ngindip2 di dalam kardus kosong samping mbah klep*
Yah sudahlah kalau begitu ane gak akan catet2 lagi deh ama mbah klep, cuman di ingat2 aja list2nya... mboleh yah mbah [emoji16][emoji111]![]()
![]()
ane mau sedikit berbagi rangkuman kerjaan noise buster bin kurang kerjaan nih om![]()
itu njess akhirnya bunyi2 kelar gara2 baut breket karet stabilizer bar kendor lantaran karetnya mulai kemakan dikit2 (benda habis pakai). sama gara2 breket selang booster rem beradu dgn firewall, ane field fix dilapis lakban belakangnya spy ga metal to metal contact dan satu stud yg ga ada murnya disolatip item, ga jelas napa tuh dr sononya ga dikasih mur.
lah kl elmu tinggi kaga bakal sampai catetan mbah klep panjang begitu macam struk belanja di hypermarket aje pake ada karet damper shock, trek stang segala lah, cuma kl yg trek stang ini ane mau seret2 si mbah rektor marmut tuh yg bilang meski ga koclak bisa bunyi juga di PM dia bilang gitu. mempengaruhi ..... tp berhubung ane punya SST nya yg msh perawan ya udah sekalian ngetest
moral of the story:
1. ane bayangin kl kasus bunyi2 njess ane ini ditangani bengkel yg kurang berpengalaman. kl yg pengalaman mungkin sekali udah ketemu gara2 baut breket karet stabilizer. tp belom tentu juga soalnya kasus bunyi yg intermittent alias kadang2 itu susah, ini bunyinya muncul kadang2 dan hanya ketika mesin udah panas banget, jd ada unsur pemuaian kali. itu noise bahkan kl nanya sm anak bini ane yg ikut selalu bilangnya ga ada. nah kl montir bengkelnya msh "ijo" alamat customer bolak balik bengkel kasus yg sama dan ga ketemu2 krn mustahil diurut nyari root causenya kecuali sm ownernya sendiri. akhirnya kuciwa dan dijual lah itu mobil umur muda.
hampir terjadi di ane kl bukan krn itu mobil bersejarah.
2. di bukman ane sering baca item service yg tulisannya: mengencangkan baut2 chassis. ternyata ini bukan play2. ada bbrp baut yg mengendor termasuk emon krn geser dr marking spidol pabrik. meskipun baut2 pipa knalpot n header aman (di forum LN ada yg report kendor soalnya). bukti nya juga karet stabilizer yg karetnya makin lama makin kecil itu jg hrs dikenceng2in lagi secara periodik. ini jg hal baru buat ane, mungkin krn tambah tua tambah ga bisa tolerir bunyi2 yg keluar. meskipun agak mustahil kl ngarepinnya dr mobil sekelas njess. but so far so good, skrg msh bisa diterima bgt bunyinya. berani adu sama mobil sejenis kl njess ane tenang spt air mengalir.
ttg catet mencatet .... lanjutkan!
di bully kan artinya disayang kl disini. ga dibully ga seru![]()
![]()
catatan kaki: *tenang msh nyambung
ini breket selang booster rem mobil ane, 1 stud ga ada murnya by design begitu. kl panas memuai jg jd gesek2 antara breket ke drat jd bikin bunyi. halus dilapisin sesuatu.
IMG_20210113_103732~2.jpg
sementara yg ini dpt dr partman honda yg berbaik hati tanpa diminta mau fotoin mobil lain di Beres utk comparison. emang dr sononya ga ada mur yg itu.
IMG-20210113-WA0012.jpg
catet aja mbah ..... catet!DOHC wrote: Sat Jan 16, 2021 4:02
Mbah
Jaman ud milenial mbah
Ud ga jaman catet2 lg
Yg ad, d ketik d notepad hape
nanti dijilid dikasih keterangan segala macem utk apply sertifikasi ISO.![]()
Barusan dgn smangat 45, lgs ngolong sambil bawa konci socket set flag ama pipa besi 60 senti, biarpun kolong masi bau2 cairan2 haram si meong2 lucknut smalem...
Ternjata d hrv terjadi sperti yg mbah blg.. baut2 crossmember pun ad kendor sikit, trus karet mendem masi aman, nahh trakir yg bkin aneh, baut arm yg bushing gede nya jg ad kendor sikit
Nahh lanjut ke si inofa, smua baut kaki2 ternjata masi aman.. tapiiiii, lah koq baut chassis ke body ad yg kendor beberapa biji
Selsaiii, skrg pundak jd agak pegel.. perlu masas sepertinya
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Koleksi hand tools [Part 03]



selalu ada aja kan yg baru. ga apa2 mbah klep, biar ntar berani miara mersi biem audi vw kl udah bosen jd mastah japanese car.

-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Koleksi hand tools [Part 03]
Barusan test drive s hrvOmnibus wrote: Sat Jan 16, 2021 9:01![]()
![]()
selalu ada aja kan yg baru. ga apa2 mbah klep, biar ntar berani miara mersi biem audi vw kl udah bosen jd mastah japanese car.![]()
Spertinja ad perbaikan NVH sikit. grudug2 ud berkurang, tinggal kletek kletek teekstang yg berumur 130 rebu..
Skrg lg coba test drive si inofa.. dan kayanya........
Ga ad beda

Cape2 in aj

numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Koleksi hand tools [Part 03]
pake trek stang ex GK ane mau ga? gratis nih kl mau. kaya baru tuh baru ceban. wkwkwkwkwk ..... part ex korban salah diagnose.DOHC wrote: Sat Jan 16, 2021 10:28
Barusan test drive s hrv
Spertinja ad perbaikan NVH sikit. grudug2 ud berkurang, tinggal kletek kletek teekstang yg berumur 130 rebu..
Skrg lg coba test drive si inofa.. dan kayanya........
Ga ad beda![]()
Cape2 in aj![]()
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11857
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Koleksi hand tools [Part 03]
Omnibus wrote: Sat Jan 16, 2021 5:55
-
ane mau sedikit berbagi rangkuman kerjaan noise buster bin kurang kerjaan nih om![]()
itu njess akhirnya bunyi2 kelar gara2 baut breket karet stabilizer bar kendor lantaran karetnya mulai kemakan dikit2 (benda habis pakai). sama gara2 breket selang booster rem beradu dgn firewall, ane field fix dilapis lakban belakangnya spy ga metal to metal contact dan satu stud yg ga ada murnya disolatip item, ga jelas napa tuh dr sononya ga dikasih mur.
lah kl elmu tinggi kaga bakal sampai catetan mbah klep panjang begitu macam struk belanja di hypermarket aje pake ada karet damper shock, trek stang segala lah, cuma kl yg trek stang ini ane mau seret2 si mbah rektor marmut tuh yg bilang meski ga koclak bisa bunyi juga di PM dia bilang gitu. mempengaruhi ..... tp berhubung ane punya SST nya yg msh perawan ya udah sekalian ngetest
moral of the story:
1. ane bayangin kl kasus bunyi2 njess ane ini ditangani bengkel yg kurang berpengalaman. kl yg pengalaman mungkin sekali udah ketemu gara2 baut breket karet stabilizer. tp belom tentu juga soalnya kasus bunyi yg intermittent alias kadang2 itu susah, ini bunyinya muncul kadang2 dan hanya ketika mesin udah panas banget, jd ada unsur pemuaian kali. itu noise bahkan kl nanya sm anak bini ane yg ikut selalu bilangnya ga ada. nah kl montir bengkelnya msh "ijo" alamat customer bolak balik bengkel kasus yg sama dan ga ketemu2 krn mustahil diurut nyari root causenya kecuali sm ownernya sendiri.
-
2. di bukman ane sering baca item service yg tulisannya: mengencangkan baut2 chassis. ternyata ini bukan play2. ada bbrp baut yg mengendor termasuk emon krn geser dr marking spidol pabrik. meskipun baut2 pipa knalpot n header aman (di forum LN ada yg report kendor soalnya). bukti nya juga karet stabilizer yg karetnya makin lama makin kecil itu jg hrs dikenceng2in lagi secara periodik.
-
bold pertama = ngacung tinggi-tinggi.
bold kedua = mur/baut engine mounting bukannya pake thread lock mbah?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 643
- Joined: Sun Jun 14, 2020 6:46
- Location: Jkt
- Daily Vehicle: honda
Re: Koleksi hand tools [Part 03]
kalo om mbah Omnibus dan om suhu DOHC mau bikin checklist buat mur/baut titik pengencangan di L15, kayaknya ok tuh...
biar saya (newbie rakyat jelata) jg bisa ngikut... ngencengin pake konci pas satu set 40ribu rupiah...

biar saya (newbie rakyat jelata) jg bisa ngikut... ngencengin pake konci pas satu set 40ribu rupiah...


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Koleksi hand tools [Part 03]
montir ijomarmut wrote: Sat Jan 16, 2021 11:06
bold pertama = ngacung tinggi-tinggi.
bold kedua = mur/baut engine mounting bukannya pake thread lock mbah?

pasti ngana mau pamer udah tiba baju2 custom sablon stahlwille (atau tekiro) corporate color yg ngana pesen dr distro di mana tuh ..... kaohsiung atau tsim tsa tsui itu kan?
bukan main loyalitasnya patut diacungi jempol

thread lock? itu bukannya kl macem2 di forum tretnya digembok?

-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Koleksi hand tools [Part 03]
Nahh ini pas nya saya geser mic ke mbah suhu omnibus aj dehPoporing wrote: Sat Jan 16, 2021 11:12 kalo om mbah Omnibus dan om suhu DOHC mau bikin checklist buat mur/baut titik pengencangan di L15, kayaknya ok tuh...
biar saya (newbie rakyat jelata) jg bisa ngikut... ngencengin pake konci pas satu set 40ribu rupiah...
![]()
![]()
Scara beliau punya special request manual repair book ny plus kekencengan torsi nya jg
Kl versi saya kenek asemreges, smua baut yg ditemui, dikencengin pake pipa besi 60 senti ampe ngeek ngekk
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Koleksi hand tools [Part 03]
Hmm saya hold dl mbah, tp kamsia yahOmnibus wrote: Sat Jan 16, 2021 10:47pake trek stang ex GK ane mau ga? gratis nih kl mau. kaya baru tuh baru ceban. wkwkwkwkwk ..... part ex korban salah diagnose.DOHC wrote: Sat Jan 16, 2021 10:28
Barusan test drive s hrv
Spertinja ad perbaikan NVH sikit. grudug2 ud berkurang, tinggal kletek kletek teekstang yg berumur 130 rebu..
Skrg lg coba test drive si inofa.. dan kayanya........
Ga ad beda![]()
Cape2 in aj![]()
Ampe tu trekstang jebol klotak klotak baru ta ganti
Biar jantan mobil nya
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Koleksi hand tools [Part 03]
Ahh ini guru besar saya merendah ajamarmut wrote: Sat Jan 16, 2021 11:06Omnibus wrote: Sat Jan 16, 2021 5:55
-
ane mau sedikit berbagi rangkuman kerjaan noise buster bin kurang kerjaan nih om![]()
itu njess akhirnya bunyi2 kelar gara2 baut breket karet stabilizer bar kendor lantaran karetnya mulai kemakan dikit2 (benda habis pakai). sama gara2 breket selang booster rem beradu dgn firewall, ane field fix dilapis lakban belakangnya spy ga metal to metal contact dan satu stud yg ga ada murnya disolatip item, ga jelas napa tuh dr sononya ga dikasih mur.
lah kl elmu tinggi kaga bakal sampai catetan mbah klep panjang begitu macam struk belanja di hypermarket aje pake ada karet damper shock, trek stang segala lah, cuma kl yg trek stang ini ane mau seret2 si mbah rektor marmut tuh yg bilang meski ga koclak bisa bunyi juga di PM dia bilang gitu. mempengaruhi ..... tp berhubung ane punya SST nya yg msh perawan ya udah sekalian ngetest
moral of the story:
1. ane bayangin kl kasus bunyi2 njess ane ini ditangani bengkel yg kurang berpengalaman. kl yg pengalaman mungkin sekali udah ketemu gara2 baut breket karet stabilizer. tp belom tentu juga soalnya kasus bunyi yg intermittent alias kadang2 itu susah, ini bunyinya muncul kadang2 dan hanya ketika mesin udah panas banget, jd ada unsur pemuaian kali. itu noise bahkan kl nanya sm anak bini ane yg ikut selalu bilangnya ga ada. nah kl montir bengkelnya msh "ijo" alamat customer bolak balik bengkel kasus yg sama dan ga ketemu2 krn mustahil diurut nyari root causenya kecuali sm ownernya sendiri.
-
2. di bukman ane sering baca item service yg tulisannya: mengencangkan baut2 chassis. ternyata ini bukan play2. ada bbrp baut yg mengendor termasuk emon krn geser dr marking spidol pabrik. meskipun baut2 pipa knalpot n header aman (di forum LN ada yg report kendor soalnya). bukti nya juga karet stabilizer yg karetnya makin lama makin kecil itu jg hrs dikenceng2in lagi secara periodik.
-
bold pertama = ngacung tinggi-tinggi.
bold kedua = mur/baut engine mounting bukannya pake thread lock mbah?
Padahal ud dosen senior d kampus kami gt
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Koleksi hand tools [Part 03]
kayanya kl cuma konci pas ga bisa deh hahahahaha. atau pake tools mahadewa aja, leatherman.Poporing wrote: Sat Jan 16, 2021 11:12 kalo om mbah Omnibus dan om suhu DOHC mau bikin checklist buat mur/baut titik pengencangan di L15, kayaknya ok tuh...
biar saya (newbie rakyat jelata) jg bisa ngikut... ngencengin pake konci pas satu set 40ribu rupiah...
![]()
![]()

kl ga ada trouble mending jangan diapa2in om. soalnya bukan cuma titiknya doang yg perlu tau tp juga perlu nalar dan sarapan pagi yg cukup.
contohnya waktu ngencengin mur emon, itu ga bisa kita main ngencengin aja. krn pasti dol kl drat suruh narik ke atas beban mesin + transmisi. jd hrs di dongkrak dulu pake balok kayu dr bawah spy keangkat baru dikencangkan.
ini maksud sy, coba om lihat mur emon yg sy ksh panah (itu lokasi di bawah filter udara, atasnya transmisi). ngencenginnya jangan suruh drat itu yg menanggung beban narik ke atas tp dr bawah hrs ditopang oleh dongkrak + balok lift up dulu, baru murnya dikencengin.
udah begitu aja msh keras, ane hrs pakai breaker bar yg panjangnya 60 cm. kl pake ratchet aja ga kuat tangan ane. yg lain jg hrs pakai kunci aneh2, extension xtra long lah macem2 krn ga muat space nya jd musti coba cobi.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Koleksi hand tools [Part 03]
cuma emon bawah (tork rod) yg pake, dua2 bautnya msh bisa pake.DOHC wrote: Sat Jan 16, 2021 11:38
Nahh ini pas nya saya geser mic ke mbah suhu omnibus aj deh
Scara beliau punya special request manual repair book ny plus kekencengan torsi nya jg
Kl versi saya kenek asemreges, smua baut yg ditemui, dikencengin pake pipa besi 60 senti ampe ngeek ngekk
sisanya ga pake tork wrens mbah .... sekencengnya aja. boro2 masuk TW nya ke breket karet roti.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 643
- Joined: Sun Jun 14, 2020 6:46
- Location: Jkt
- Daily Vehicle: honda
Re: Koleksi hand tools [Part 03]
lah iya ya... mgkn ada yg pake ukuran torsi..DOHC wrote: Sat Jan 16, 2021 11:38Nahh ini pas nya saya geser mic ke mbah suhu omnibus aj dehPoporing wrote: Sat Jan 16, 2021 11:12 kalo om mbah Omnibus dan om suhu DOHC mau bikin checklist buat mur/baut titik pengencangan di L15, kayaknya ok tuh...
biar saya (newbie rakyat jelata) jg bisa ngikut... ngencengin pake konci pas satu set 40ribu rupiah...
![]()
![]()
Scara beliau punya special request manual repair book ny plus kekencengan torsi nya jg
Kl versi saya kenek asemreges, smua baut yg ditemui, dikencengin pake pipa besi 60 senti ampe ngeek ngekk
yg kaki2 jg begitu om? butuh torsi?
siapa tau L15 saya bunyi... amit2, ketok meja..
maksudnya selain engine mounting om... macem yg itu om bilang emang dari pabrikan ga ada mur nya....Omnibus wrote: Sat Jan 16, 2021 11:52kayanya kl cuma konci pas ga bisa deh hahahahaha. atau pake tools mahadewa aja, leatherman.Poporing wrote: Sat Jan 16, 2021 11:12 kalo om mbah Omnibus dan om suhu DOHC mau bikin checklist buat mur/baut titik pengencangan di L15, kayaknya ok tuh...
biar saya (newbie rakyat jelata) jg bisa ngikut... ngencengin pake konci pas satu set 40ribu rupiah...
![]()
![]()
kl ga ada trouble mending jangan diapa2in om. soalnya bukan cuma titiknya doang yg perlu tau tp juga perlu nalar dan sarapan pagi yg cukup.
contohnya waktu ngencengin mur emon, itu ga bisa kita main ngencengin aja. krn pasti dol kl drat suruh narik ke atas beban mesin + transmisi. jd hrs di dongkrak dulu pake balok kayu dr bawah spy keangkat baru dikencangkan.
ini maksud sy, coba om lihat mur emon yg sy ksh panah (itu lokasi di bawah filter udara, atasnya transmisi). ngencenginnya jangan suruh drat itu yg menanggung beban narik ke atas tp dr bawah hrs ditopang oleh dongkrak + balok lift up dulu, baru murnya dikencengin.
IMG_20210116_182419~2.jpg
udah begitu aja msh keras, ane hrs pakai breaker bar yg panjangnya 60 cm. kl pake ratchet aja ga kuat tangan ane. yg lain jg hrs pakai kunci aneh2, extension xtra long lah macem2 krn ga muat space nya jd musti coba cobi.
leatherman mah cm berguna obengnya ama tang om kalo di urusan mobil.. hahah
iya jg sih.. klo disentuh2 malah timbul bunyi2.. hahahah
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Koleksi hand tools [Part 03]
oh breket selang booster rem ... itu tinggal keluarin selang dr breketnya, trus mur 1 itu buka pake kunci 10. nanti breketnya kelepas kan tinggal belakangnya dilapisin pake lakban hitam. trus ulir yg ga ada pasangan murnya kasih solasi elektrik yg hitam. pasang lg semuanya.Poporing wrote: Sat Jan 16, 2021 15:17
maksudnya selain engine mounting om... macem yg itu om bilang emang dari pabrikan ga ada mur nya....
leatherman mah cm berguna obengnya ama tang om kalo di urusan mobil.. hahah
iya jg sih.. klo disentuh2 malah timbul bunyi2.. hahahah
foto yg ane post di atas itu foto sebelum diapa2in.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 643
- Joined: Sun Jun 14, 2020 6:46
- Location: Jkt
- Daily Vehicle: honda
Re: Koleksi hand tools [Part 03]
gara2 bahas emon jadi parno dah...
ngecek emon yg kiri, eh marker kuning bawaan pabrik udah geser (lingkaran merah)...
trus kayaknya uda geser2 kemana2... kayak ada bekas besi tergesek (lingkaran biru)
ngecek emon yg kiri, eh marker kuning bawaan pabrik udah geser (lingkaran merah)...
trus kayaknya uda geser2 kemana2... kayak ada bekas besi tergesek (lingkaran biru)
apakah ini yg bikin ni mobil lebih bergetar dbanding sebelum ganti cvt?
apakah ganti cvt jg harus nurunin blok mesin?
atau jangan2 pas servis kena banjir ni mesin jadi goyang? hahahahhaha
atau ini bukan emon?
*sebuah keparnoan gara2 emon*
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.