Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Or4cle wrote: Thu Jan 14, 2021 19:41
Kalau ganti engine mounting bisa DIY ane mesti sembah- sujud sama mbah2 prop di sini. Jgn - jgn di rumah tools DIY nya lengkap, sampai hidrolik lift pun ada cuma jaim belagak ngolong aja ... itu kerjaan ajak gelut se RT kalo kerjain sambil ngolong
haha banyak om, itu mbah marmut sm pak gentong merem urusan beginian.
ga perlu pakai lift, cukup gantung di jack stand mobilnya trus enjin tahan pakai dongkrak buaya + balok kayu. kalau pun mau ganti, gantinya satu per satu bukan tiga2nya sekaligus dilepas bareng.
badan mekanik jg masuknya dr pinggir (lepas ban depan) bukan dr depan kolong.
tergantung mobil n enjinnya jg sih. kl I-6 atau V8 mungkin lbh tricky. kl I-4 mah biasa.
Kalo engine mounting kiri-kanan relatif gampang mbah, tapi yang tengah kolong itu yang lumayan agak gelut.
Montir asem-reges aja butuh asisten, satu orang geser mesin atas-bawah, yang bawah ngolong buat kunci bautnya
Tepat skali
Yg tork rod ini emang ngeselin.. rada mustahil kerjain sendiri, kcuali tangan nya segede igun.. tp kl manusia normal saya yakin ga akan kuat
Kami anak2 asemregez yg kurus2 cungkring macam anak kurang gisi, mininal perlu 2 ampe 3 orang lah buat ganti
Ok, jawapan serius... masala nya slama ini punya mobil, rata2 ampe djual ga perna ampe aus abis total ampe klontang klontang mbah.. paling banter cuman mendem, tp itupun masi megang koq batang bar nya
Kcuali.... isusu penter tbr54 saya, itu 3 taon skali lah kira2 ganti smua perkaretan suspensi
ok lanjut .... yg ane bold itu pasti terjadi di haerpi yg barusan mbah intip sejak ane tanyain. hayooo ngaku!
nah itu sumber bunyi mbah. kemaren ane punya baut breketnya kendor. kl karet aus dia ngecilin bikin breket kendor musti dikencengin.
haha banyak om, itu mbah marmut sm pak gentong merem urusan beginian.
ga perlu pakai lift, cukup gantung di jack stand mobilnya trus enjin tahan pakai dongkrak buaya + balok kayu. kalau pun mau ganti, gantinya satu per satu bukan tiga2nya sekaligus dilepas bareng.
badan mekanik jg masuknya dr pinggir (lepas ban depan) bukan dr depan kolong.
tergantung mobil n enjinnya jg sih. kl I-6 atau V8 mungkin lbh tricky. kl I-4 mah biasa.
Kalo engine mounting kiri-kanan relatif gampang mbah, tapi yang tengah kolong itu yang lumayan agak gelut.
Montir asem-reges aja butuh asisten, satu orang geser mesin atas-bawah, yang bawah ngolong buat kunci bautnya
Tepat skali
Yg tork rod ini emang ngeselin.. rada mustahil kerjain sendiri, kcuali tangan nya segede igun.. tp kl manusia normal saya yakin ga akan kuat
Kami anak2 asemregez yg kurus2 cungkring macam anak kurang gisi, mininal perlu 2 ampe 3 orang lah buat ganti
kagaaaaa
gampang!
kayanya aja susah pdhl gampang itu ngelurusin lubangnya spy baut bisa masuk.
haha banyak om, itu mbah marmut sm pak gentong merem urusan beginian.
ga perlu pakai lift, cukup gantung di jack stand mobilnya trus enjin tahan pakai dongkrak buaya + balok kayu. kalau pun mau ganti, gantinya satu per satu bukan tiga2nya sekaligus dilepas bareng.
badan mekanik jg masuknya dr pinggir (lepas ban depan) bukan dr depan kolong.
tergantung mobil n enjinnya jg sih. kl I-6 atau V8 mungkin lbh tricky. kl I-4 mah biasa.
Kalo engine mounting kiri-kanan relatif gampang mbah, tapi yang tengah kolong itu yang lumayan agak gelut.
Montir asem-reges aja butuh asisten, satu orang geser mesin atas-bawah, yang bawah ngolong buat kunci bautnya
Tepat skali
Yg tork rod ini emang ngeselin.. rada mustahil kerjain sendiri, kcuali tangan nya segede igun.. tp kl manusia normal saya yakin ga akan kuat
Kami anak2 asemregez yg kurus2 cungkring macam anak kurang gisi, mininal perlu 2 ampe 3 orang lah buat ganti
Untungnya mounting yang kolong ini umurnya lebih panjang om Klep dibanding yang kanan-kiri.
Mounting Honda ngeselin banget, kualitasnya gak jelas, 50.000 - 60.000 Km sudah koit
next time kl coba DIY posisikan balok kayu berdiri vertikal diatas dongkrak buaya (jangan horizontal krn kl horizontal akan terlalu banyak traksi nanti dorong2nya jd susah). sy ambil titik tumpu bukan di transmission pan tp di bawah flywheel (perbatasan antara enjin n trans).
masukin dulu baut yg dr bawah (yg besar/M14) putar setengah jalan jangan dikencengin. next nya baru baut yg dr samping (yg kecil/M12). naikturunin dongkrak buaya sampai level lalu dorongtarik dikit aja (sy cuma pakai 1 tangan) utk bikin lubangnya bisa dimasukin baut M12 itu yg dr samping.
sesuai FSM, prosedur mengencangkan hrs yg samping dulu (M12 spec 83 Nm) trus yg dr bawah (M14 spec 93 Nm).
beneran serius, gampang om. dan enakan kerja sendiri ga banyak suara2 mengganggu yg bikin distract.
Ok, jawapan serius... masala nya slama ini punya mobil, rata2 ampe djual ga perna ampe aus abis total ampe klontang klontang mbah.. paling banter cuman mendem, tp itupun masi megang koq batang bar nya
Kcuali.... isusu penter tbr54 saya, itu 3 taon skali lah kira2 ganti smua perkaretan suspensi
ok lanjut .... yg ane bold itu pasti terjadi di haerpi yg barusan mbah intip sejak ane tanyain. hayooo ngaku!
nah itu sumber bunyi mbah. kemaren ane punya baut breketnya kendor. kl karet aus dia ngecilin bikin breket kendor musti dikencengin.
Iya2, ngaku saya, barusan ngintip kolong .. ternjata hrv masi aman mbah, kan itu karet roti baru dganti jg pas odo 80an rebu waktu claim racksteer.. yg inofa malah ternjata sebelah kanan ud meleot mbah, mungkin gara2 kbanyakan angkat beban ama resing transjawabahn kmaren2 kl
DOHC wrote: Fri Jan 15, 2021 3:40
Iya2, ngaku saya, barusan ngintip kolong .. ternjata hrv masi aman mbah, kan itu karet roti baru dganti jg pas odo 80an rebu waktu claim racksteer.. yg inofa malah ternjata sebelah kanan ud meleot mbah, mungkin gara2 kbanyakan angkat beban ama resing transjawabahn kmaren2 kl
Catatan tetep stay mbah, ga bakal ilang itu
Belom yg vrz lohh, itu jg dalam pantauan
karet roti terakhir ganti peban skrg udah peksa? yah udah ampasss itu mah udah jalan goban. pantes bunyi2 kaya gerobak mie tek2 atau mie dok2.
next time kl coba DIY posisikan balok kayu berdiri vertikal diatas dongkrak buaya (jangan horizontal krn kl horizontal akan terlalu banyak traksi nanti dorong2nya jd susah). sy ambil titik tumpu bukan di transmission pan tp di bawah flywheel (perbatasan antara enjin n trans).
masukin dulu baut yg dr bawah (yg besar/M14) putar setengah jalan jangan dikencengin. next nya baru baut yg dr samping (yg kecil/M12). naikturunin dongkrak buaya sampai level lalu dorongtarik dikit aja (sy cuma pakai 1 tangan) utk bikin lubangnya bisa dimasukin baut M12 itu yg dr samping.
sesuai FSM, prosedur mengencangkan hrs yg samping dulu (M12 spec 83 Nm) trus yg dr bawah (M14 spec 93 Nm).
beneran serius, gampang om. dan enakan kerja sendiri ga banyak suara2 mengganggu yg bikin distract.
Wahhhh detail banget ilmunya ... mesti dimasukin ke kurikulum kuliah 4 SKS, institut vorsprung durch technik van asem reges le indonesiah . Yang ane liat waktu copotin mounting kolong aja dah ribet, pas pasang mounting baru pun dibantu asisten dari atas atur posisi engine
DOHC wrote: Fri Jan 15, 2021 3:40
Iya2, ngaku saya, barusan ngintip kolong .. ternjata hrv masi aman mbah, kan itu karet roti baru dganti jg pas odo 80an rebu waktu claim racksteer.. yg inofa malah ternjata sebelah kanan ud meleot mbah, mungkin gara2 kbanyakan angkat beban ama resing transjawabahn kmaren2 kl
Catatan tetep stay mbah, ga bakal ilang itu
Belom yg vrz lohh, itu jg dalam pantauan
karet roti terakhir ganti peban skrg udah peksa? yah udah ampasss itu mah udah jalan goban. pantes bunyi2 kaya gerobak mie tek2 atau mie dok2.
Anuuu... masi bagus koq
Pokoknya kl cuman mendem meleot, ga bakal saya anggap rusak
Omnibus wrote: Fri Jan 15, 2021 3:17
sy ambil titik tumpu bukan di transmission pan tp di bawah flywheel (perbatasan antara enjin n trans).
-
. dan enakan kerja sendiri
-
cvt pake flywheel juga mbah? bukannya pake flexplate ya....
tul, enak kerja sendiri.
gaada yang iseng nyodok-nyodok cross joint sama exhaust tip pake gagang dongkrak....
ga enaknya kerja sendiri, kalo mesin gabruk kebawah gaada yang nolongin.
Omnibus wrote: Fri Jan 15, 2021 3:17
sy ambil titik tumpu bukan di transmission pan tp di bawah flywheel (perbatasan antara enjin n trans).
-
. dan enakan kerja sendiri
-
cvt pake flywheel juga mbah? bukannya pake flexplate ya....
tul, enak kerja sendiri.
gaada yang iseng nyodok-nyodok cross joint sama exhaust tip pake gagang dongkrak....
ga enaknya kerja sendiri, kalo mesin gabruk kebawah gaada yang nolongin.
Enak kerja snediri tu, kl cape bsa lgs ngaso mbah d kolong
Ga enak nya kl be2, ya sempit tu kolong, ga bsa ngaso
Kalo engine mounting kiri-kanan relatif gampang mbah, tapi yang tengah kolong itu yang lumayan agak gelut.
Montir asem-reges aja butuh asisten, satu orang geser mesin atas-bawah, yang bawah ngolong buat kunci bautnya
Tepat skali
Yg tork rod ini emang ngeselin.. rada mustahil kerjain sendiri, kcuali tangan nya segede igun.. tp kl manusia normal saya yakin ga akan kuat
Kami anak2 asemregez yg kurus2 cungkring macam anak kurang gisi, mininal perlu 2 ampe 3 orang lah buat ganti
Untungnya mounting yang kolong ini umurnya lebih panjang om Klep dibanding yang kanan-kiri.
Mounting Honda ngeselin banget, kualitasnya gak jelas, 50.000 - 60.000 Km sudah koit
Saya punya d hrv waktu d copot sehh masi mending om, cuman retak doank
Justru plg letoy itu lipindut saya dl, odo 50an rebu ud bukan retak lg, tp ancur lepas karet nya..
Kalo engine mounting kiri-kanan relatif gampang mbah, tapi yang tengah kolong itu yang lumayan agak gelut.
Montir asem-reges aja butuh asisten, satu orang geser mesin atas-bawah, yang bawah ngolong buat kunci bautnya
Tepat skali
Yg tork rod ini emang ngeselin.. rada mustahil kerjain sendiri, kcuali tangan nya segede igun.. tp kl manusia normal saya yakin ga akan kuat
Kami anak2 asemregez yg kurus2 cungkring macam anak kurang gisi, mininal perlu 2 ampe 3 orang lah buat ganti
kagaaaaa
gampang!
kayanya aja susah pdhl gampang itu ngelurusin lubangnya spy baut bisa masuk.
Yg hrv waktu itu masi garansi mbah, jd masi bsa gebrak meja suru ganti gratis
Tp awak tengok waktu itu d beres, perlu kendorin 3 emon, trus enjin pake hidrolik lift angkat sikit dr oil pan, sambil mesin diogel2 ama 2 montir cungkring, baru ntuh emon bsa copot
Btw........... koq tau gampang ???? Wahhh fix ini GK5 ud ganti tork monting nya... catet catet
Or4cle wrote: Fri Jan 15, 2021 4:21
Wahhhh detail banget ilmunya ... mesti dimasukin ke kurikulum kuliah 4 SKS, institut vorsprung durch technik van asem reges le indonesiah . Yang ane liat waktu copotin mounting kolong aja dah ribet, pas pasang mounting baru pun dibantu asisten dari atas atur posisi engine
ha ha bisa aja ....
mungkin keterbatasan tools om. kl tools komplit segalanya manageable.
marmut wrote: Fri Jan 15, 2021 4:56
cvt pake flywheel juga mbah? bukannya pake flexplate ya....
tul, enak kerja sendiri.
gaada yang iseng nyodok-nyodok cross joint sama exhaust tip pake gagang dongkrak....
ga enaknya kerja sendiri, kalo mesin gabruk kebawah gaada yang nolongin.
pake flexplate mbah .... spy gampang aja nyebutnya toh disitu2 juga
mesin gabruk kl ga pake akal sehat mbah ... kl cuma buka bawah ditopang balok sementara emon kiri kanan msh nempel n dlm keadaan bagus mana mungkin bisa gabruk.
DOHC wrote: Fri Jan 15, 2021 5:15
Yg hrv waktu itu masi garansi mbah, jd masi bsa gebrak meja suru ganti gratis
Tp awak tengok waktu itu d beres, perlu kendorin 3 emon, trus enjin pake hidrolik lift angkat sikit dr oil pan, sambil mesin diogel2 ama 2 montir cungkring, baru ntuh emon bsa copot
Btw........... koq tau gampang ???? Wahhh fix ini GK5 ud ganti tork monting nya... catet catet
catet mbah catet.
percuma lah dijelasin panjang lebar cuma di skim read.
kl pernah bongkar sendiri baru tau baru bisa bilang kl itu tuh gampang. ane kemaren bongpas krn diintip pake mirror ada kaya retak. ga taunya pas udah dilepas br keliatan cuma gelambir pinggirannya doang, bukan retak.
catet mbah: part lama dipasang lagi.
ga ada foto ga percaya masa bodo egp. tetep aje dicatet juga.
Yg tork rod ini emang ngeselin.. rada mustahil kerjain sendiri, kcuali tangan nya segede igun.. tp kl manusia normal saya yakin ga akan kuat
Kami anak2 asemregez yg kurus2 cungkring macam anak kurang gisi, mininal perlu 2 ampe 3 orang lah buat ganti
kagaaaaa
gampang!
kayanya aja susah pdhl gampang itu ngelurusin lubangnya spy baut bisa masuk.
Yg hrv waktu itu masi garansi mbah, jd masi bsa gebrak meja suru ganti gratis
Tp awak tengok waktu itu d beres, perlu kendorin 3 emon, trus enjin pake hidrolik lift angkat sikit dr oil pan, sambil mesin diogel2 ama 2 montir cungkring, baru ntuh emon bsa copot
Btw........... koq tau gampang ???? Wahhh fix ini GK5 ud ganti tork monting nya... catet catet
pertama tau dr yt nya scotty kilmer pas dia sambung panel plastik yg pecah. ternyata terkenal juga disini sampe di jkt n bdg ada yg jual lho di olshop.
ane beli krn matahin klip panel bawah dengkul driver. pas buka keras bgt 1 klip ditarik malah patah.
udah beli JB Weld belom dipake trus nanya ke beres honda itu panel cuma 270 rb stlh diskon, ya mending beli baru lah drpd sambung2 klip patah. perasaan hati beda.
panel yg ini nih:
IMG_20210113_102923~2.jpg
klip amsiong nih:
IMG_20210115_151442~2.jpg
*lirik kiri lirik kanan ..... ehh ga ada mbah klep kan?! atau si om benz tuh propokator. hehehehe amaaannnn ....
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by Omnibus on Fri Jan 15, 2021 8:16, edited 1 time in total.