dejavu ama nokia dulu yang ngotot pakai windows mobile, dimana yang lain trend nya android semua..sampe akhirnya mau punah tuh nokia.kunaskun wrote: Sun Dec 20, 2020 13:37
memang sampe 2030 itu masih hybrid, lanjut PHEV, nanti di 2050 target toyota itu tetep di fuel cell = hydrogen. EV? terakhir banget. agak membingungkan si tapi ga aneh juga, karena toyota itu kan "mainnya" GLOBAL. mana maen di regional market = receh gitu![]()
avanza aja banyak di afrika selatan. itu beda waktu 12 jamapalagi mikirin batere, yg belum apa2 aja sekarang udah "bacok2an" urusan cari nikel kemana. dan namanya natural resources ginian biasa ujung2nya bikin repot soal lingkungan. macam Uni Eropa ribut2 soal kelapa sawit Indonesia.
Toyota Indonesia serius mau garap Mobil Listrik ??
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1068
- Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41
Re: Toyota Indonesia serius mau garap Mobil Listrik ??
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 153
- Joined: Tue May 12, 2020 5:32
- Daily Vehicle: Suzuki Swift ST
Re: Toyota Indonesia serius mau garap Mobil Listrik ??
Saya sih nangkepnya isu stiker itu terpisah sama ngomongin Kicks. Nah saya pengen tau aja sih ini kabar berhembus darimana, terlalu janggal aja...vipere wrote: Tue Dec 22, 2020 3:31masalahnya kan itu nissan kick bukan full EV beneran. masih dianggap hybrid.AR93 wrote: Mon Dec 21, 2020 6:47Tolong diklarifikasi lagi, stiker EV itu seperti apa, kebenarannya gimana, apa benar begitu? Isu darimana? Ada sumbernya? Saya gak nemu loh. EV itu sudah otomatis ganjil genap dari platnya itu yang ada biru-birunya, atau kalo blom biru tinggal tunjukkan STNK tulisan bahan bakar listrik. Biru2 itu cat, bukan stiker, dan melekat ke mobilnya otomatis, setau saya gak pake nambah. Kalo sampeyan punya informasi yang valid monggo disanggah.Turboman wrote: Sun Dec 20, 2020 13:27 Barusan liat2 Nissan Kicks E Powa di Purimall
tanya biaya STNK per tahun brp.....6 jt an katanya.......loh kok mahal yah, padahal mobil sgt rendah emisi
trus konon Stiker EV yg bebas ganjil genap di plat NoPolnya (Full EV cars) tiap 5 taon ganti stiker en hrs bayar 15 jt
ya elah.........
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Toyota Indonesia serius mau garap Mobil Listrik ??
coba anda survey ke dealer yg jual EV ya....nanti share di sini gimana sih benernya......saya juga pengen tahu tuhAR93 wrote:Saya sih nangkepnya isu stiker itu terpisah sama ngomongin Kicks. Nah saya pengen tau aja sih ini kabar berhembus darimana, terlalu janggal aja...vipere wrote: Tue Dec 22, 2020 3:31masalahnya kan itu nissan kick bukan full EV beneran. masih dianggap hybrid.AR93 wrote: Mon Dec 21, 2020 6:47
Tolong diklarifikasi lagi, stiker EV itu seperti apa, kebenarannya gimana, apa benar begitu? Isu darimana? Ada sumbernya? Saya gak nemu loh. EV itu sudah otomatis ganjil genap dari platnya itu yang ada biru-birunya, atau kalo blom biru tinggal tunjukkan STNK tulisan bahan bakar listrik. Biru2 itu cat, bukan stiker, dan melekat ke mobilnya otomatis, setau saya gak pake nambah. Kalo sampeyan punya informasi yang valid monggo disanggah.
monggo
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1147
- Joined: Fri Feb 23, 2007 13:26
Re: Toyota Indonesia serius mau garap Mobil Listrik ??

Coba liat deh charging stationnya yg dipasang PLN
Jelas jelas keliatan semua hardwarenya tuh sumbangan hyundai, liat aja, dan saking ga profesionalnya PLN cuman ditempel stiker kertas yg bakalan robek robek
Bikin emblem dr logam pun kaga niat
Di eropa aja lumayan banyak chrging station yg ga nyala dan bikin org terdampar. Kalo dgn reputasi maintenance jaringan PLN mah nomor satu se asean kan jadi udah pasti 100% nyala 24 jam setiap hari wkwkwkwkwk
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Toyota Indonesia serius mau garap Mobil Listrik ??
terdampar terus ditolong ama truk genset bermesin diesel... wkwkwkwkw... irony.mpvlover wrote: Sat Dec 26, 2020 1:27
Coba liat deh charging stationnya yg dipasang PLN
Jelas jelas keliatan semua hardwarenya tuh sumbangan hyundai, liat aja, dan saking ga profesionalnya PLN cuman ditempel stiker kertas yg bakalan robek robek
Bikin emblem dr logam pun kaga niat
Di eropa aja lumayan banyak chrging station yg ga nyala dan bikin org terdampar. Kalo dgn reputasi maintenance jaringan PLN mah nomor satu se asean kan jadi udah pasti 100% nyala 24 jam setiap hari wkwkwkwkwk
kalau di negara maju saja sarpras charging stationnya ga nyala, di sini ? SPBU rest area saja banyak tuh yang sarprasnya tidak terawat... wkwkwkwkw...
di sini hujan lebat dikit aja listrik byarpet bahkan di perumahan elite sekalipun... kebayang pas listrik mobil udah lowbatt tiba tiba jadwal pemadaman bergilir sudah amsiong lah... besoknya kerja pakai taksol

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 342
- Joined: Thu Sep 26, 2019 7:33
- Location: BSD-SBY
Re: Toyota Indonesia serius mau garap Mobil Listrik ??
https://www.liputan6.com/otomotif/read/ ... karta-bali
kalo bikin SPKLU gt syaratnya apa sih om? mungkin ada yg tau informasi ini, sangat membantu.
kalo bikin SPKLU gt syaratnya apa sih om? mungkin ada yg tau informasi ini, sangat membantu.

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: Toyota Indonesia serius mau garap Mobil Listrik ??
Listrik ini cukup berat dilakukan karena infrastruktur nya yang luar biasa mahal dan belum terjangkau untuk semua kalangan. Mungkin ini juga yang di baca oleh para pabrikan~
Stasiun pengisian atau charging mungkin ok, tapi apakah setiap rumah sudah mencukupi untuk pengisian? Fast charging untuk satu mobil butuh 7000W yang mana rata-rata rumah di Indonesia menggunakan 1300-2200W.. Untuk sepeda motor elektrik hmm it's ok, tapi untuk mobil ya waw..
Tesla ke Indonesia juga kerena ngincer nikel bukan buat bikin mobilnya..
Untuk sementara ini mungkin betul langkah pabrikan - pabrikan sekarang, main di HEV.. Kalau FCEV lebih ramah lingkungan daripada baterai cuma handling nya mungkin perlu waktu yg cukup lama dan fuelcell stack perlu penggantian setelah berapa kali cycle.. Untuk 10-15 tahun kedepan sepertinya ICE masih akan tetap ada walau bukan murni ICE..
Jujur mobil sekarang yg sudah mampu mencapai TE sampai 41% kalau di combine electric motor mungkin bisa lebih baik lagi.. Hanya sebagai transisi sampai kita menemukan pengganti yang tepat dari segi efisiensi dan ramah lingkungan..
Stasiun pengisian atau charging mungkin ok, tapi apakah setiap rumah sudah mencukupi untuk pengisian? Fast charging untuk satu mobil butuh 7000W yang mana rata-rata rumah di Indonesia menggunakan 1300-2200W.. Untuk sepeda motor elektrik hmm it's ok, tapi untuk mobil ya waw..
Tesla ke Indonesia juga kerena ngincer nikel bukan buat bikin mobilnya..
Untuk sementara ini mungkin betul langkah pabrikan - pabrikan sekarang, main di HEV.. Kalau FCEV lebih ramah lingkungan daripada baterai cuma handling nya mungkin perlu waktu yg cukup lama dan fuelcell stack perlu penggantian setelah berapa kali cycle.. Untuk 10-15 tahun kedepan sepertinya ICE masih akan tetap ada walau bukan murni ICE..
Jujur mobil sekarang yg sudah mampu mencapai TE sampai 41% kalau di combine electric motor mungkin bisa lebih baik lagi.. Hanya sebagai transisi sampai kita menemukan pengganti yang tepat dari segi efisiensi dan ramah lingkungan..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 418
- Joined: Sun Dec 27, 2015 15:18
Re: Toyota Indonesia serius mau garap Mobil Listrik ??
Kalau Toyota Indonesia, mmm.. rasanya akan 0erlahan tetep di ICE dan hybrid dulu yaa.. harusnya pemerintah juga dukung program hybrid2an ini... jangan dihitung 2 engine donk..
FyI, Toyota global kayaknnya termasuk leading di solid state battery yNg jadi terobosan soal keawetan batere serta kecepatan charge battere Jadi kayaknya dalam 7-12 tahun ke depan Toyota bisa leading di EV juga (kalau ga salah Beijing 2030 kan, pasti habis itu eropa akan ikutan).
Dan krn sepengetahuan saya hybrid Toyota ini dah trrmasuk yang paling unggul di pabrikan Jepang ya jadi dalam 10 tahun ke depan keliatannya mereka akan masih fokus ke hybrid yg artinya gak melupakan ICE. Lagipula COVID ini masih jadi problema dunia yang pastinya mempengaruhi penjualan mobil dunia.
Ini linknya kalau yg msu tau mengenai solid state vattery:
Kalau teknologi ini beneran jadi 5-7 tahun kedepan ya mungkin Toyota akan rangkul produsen otomotif lain tuk pake solid state battery teknologinya. (Kayak Samsung jualan Exynosnya aja). Tapi well masih lama ya..
FyI, Toyota global kayaknnya termasuk leading di solid state battery yNg jadi terobosan soal keawetan batere serta kecepatan charge battere Jadi kayaknya dalam 7-12 tahun ke depan Toyota bisa leading di EV juga (kalau ga salah Beijing 2030 kan, pasti habis itu eropa akan ikutan).
Dan krn sepengetahuan saya hybrid Toyota ini dah trrmasuk yang paling unggul di pabrikan Jepang ya jadi dalam 10 tahun ke depan keliatannya mereka akan masih fokus ke hybrid yg artinya gak melupakan ICE. Lagipula COVID ini masih jadi problema dunia yang pastinya mempengaruhi penjualan mobil dunia.
Ini linknya kalau yg msu tau mengenai solid state vattery:
Kalau teknologi ini beneran jadi 5-7 tahun kedepan ya mungkin Toyota akan rangkul produsen otomotif lain tuk pake solid state battery teknologinya. (Kayak Samsung jualan Exynosnya aja). Tapi well masih lama ya..