Toyota Indonesia serius mau garap Mobil Listrik ??
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Toyota Indonesia serius mau garap Mobil Listrik ??
Seru ini
Toyota bersama Pemerintah Indonesia pada 8 Desember lalu, mendiskusikan rencana investasi 2 miliar dolar AS (sekitar Rp 28,3 triliun) hingga tahun 2025 untuk memproduksi mobil listrik di Indonesia. Bahkan disiapkan 10 model mobil listrik untuk pasar Indonesia.
Hal ini menyusul pabrikan otomotif Korsel (Korea Selatan), Hyundai yang lebih dulu membangun pabrik mobil listrik di Bekasi, Jawa Barat. Sebenarnya pada tahun 2019 lalu, pihak Toyota Indonesia juga sempat menyatakan kesiapannya memproduksi mobil listrik di fasilitas produksinya yang berada di Karawang.
Diskusi yang digelar secara virtual tersebut diikuti oleh Menko Perekonomian Airlangga, sementara delegasi dari Toyota dipimpin oleh Yoichi Miyazaki, Asia Region CEO Toyota Motor Corporation.
Dalam pertemuan tersebut, manajemen Toyota mengapresiasi pemerintah yang telah menciptakan iklim berusaha yang kondusif. Toyota juga menyatakan dukungannya terhadap pembangunan pelabuhan khusus ekspor mobil di Subang, penerapan B30 dan Omnibus Law UU Cipta Kerja.
“Dalam rencana pengembangan bisnis kami, Toyota mempersiapkan Indonesia menjadi hub ekspor bagi produk Toyota, tidak hanya untuk kawasan ASEAN namun juga negara tujuan lainnya, sehingga kami benar-benar mempersiapkan rantai pasok dan sumber daya manusia,” kata Yoichi.
Toyota juga akan membangun proyek EV Smart Mobility di Bali, bekerjasama dengan Indonesia Tourism Development Corporation atau ITDC Nusa Dua. Alasan Bali dipilih karena sejalan dengan Pemerintah Daerah yang telah mengeluarkan Pergub No 45 tahun 2019 tentang energi bersih dan kendaraan listrik.
Untuk potensi penjualan kendaraan listrik di Indonesia sendiri berpotensi menembus 20 juta unit pada 2050 bila skenario transisi energi baru terbarukan berjalan. Sedangkan pada skenario Market Driven diperkirakan sekitar 15 juta kendaraan.
.. .. .. ..
[emoji666] https://www.just-auto.com/news/toyota-i ... 99232.aspx
[emoji666] https://ekon.go.id/publikasi/detail/695 ... tahun-2021
[emoji666] https://otomotif.tempo.co/amp/1265218/m ... tasi-besar
[emoji666] https://www.cnbcindonesia.com/news/2020 ... -juta-unit
Toyota bersama Pemerintah Indonesia pada 8 Desember lalu, mendiskusikan rencana investasi 2 miliar dolar AS (sekitar Rp 28,3 triliun) hingga tahun 2025 untuk memproduksi mobil listrik di Indonesia. Bahkan disiapkan 10 model mobil listrik untuk pasar Indonesia.
Hal ini menyusul pabrikan otomotif Korsel (Korea Selatan), Hyundai yang lebih dulu membangun pabrik mobil listrik di Bekasi, Jawa Barat. Sebenarnya pada tahun 2019 lalu, pihak Toyota Indonesia juga sempat menyatakan kesiapannya memproduksi mobil listrik di fasilitas produksinya yang berada di Karawang.
Diskusi yang digelar secara virtual tersebut diikuti oleh Menko Perekonomian Airlangga, sementara delegasi dari Toyota dipimpin oleh Yoichi Miyazaki, Asia Region CEO Toyota Motor Corporation.
Dalam pertemuan tersebut, manajemen Toyota mengapresiasi pemerintah yang telah menciptakan iklim berusaha yang kondusif. Toyota juga menyatakan dukungannya terhadap pembangunan pelabuhan khusus ekspor mobil di Subang, penerapan B30 dan Omnibus Law UU Cipta Kerja.
“Dalam rencana pengembangan bisnis kami, Toyota mempersiapkan Indonesia menjadi hub ekspor bagi produk Toyota, tidak hanya untuk kawasan ASEAN namun juga negara tujuan lainnya, sehingga kami benar-benar mempersiapkan rantai pasok dan sumber daya manusia,” kata Yoichi.
Toyota juga akan membangun proyek EV Smart Mobility di Bali, bekerjasama dengan Indonesia Tourism Development Corporation atau ITDC Nusa Dua. Alasan Bali dipilih karena sejalan dengan Pemerintah Daerah yang telah mengeluarkan Pergub No 45 tahun 2019 tentang energi bersih dan kendaraan listrik.
Untuk potensi penjualan kendaraan listrik di Indonesia sendiri berpotensi menembus 20 juta unit pada 2050 bila skenario transisi energi baru terbarukan berjalan. Sedangkan pada skenario Market Driven diperkirakan sekitar 15 juta kendaraan.
.. .. .. ..
[emoji666] https://www.just-auto.com/news/toyota-i ... 99232.aspx
[emoji666] https://ekon.go.id/publikasi/detail/695 ... tahun-2021
[emoji666] https://otomotif.tempo.co/amp/1265218/m ... tasi-besar
[emoji666] https://www.cnbcindonesia.com/news/2020 ... -juta-unit
Last edited by Turboman on Sun Dec 20, 2020 2:27, edited 1 time in total.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 450
- Joined: Tue Dec 15, 2015 12:56
Re: Toyota Indonesia serius mau garap Mobil Listrik ??
Mentok" nya juga mobil HEV, belum ke PHEV ama BEV
alesan nya ngejar durability (alasan dr majapahit, padahal brand lain juga ga kalah durability nya)
Kalau mau kek Tesla berani investasi buat pabrik nya mobil listrik beneran di Indonesia
alesan nya ngejar durability (alasan dr majapahit, padahal brand lain juga ga kalah durability nya)
Kalau mau kek Tesla berani investasi buat pabrik nya mobil listrik beneran di Indonesia
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1147
- Joined: Fri Feb 23, 2007 13:26
Re: Toyota Indonesia serius mau garap Mobil Listrik ??
Cuman publicity stunt buat pemerintah indon
Ini opini aslinya :
https://insideevs.com/news/461200/akio- ... evolution/
https://www.wsj.com/articles/toyotas-ch ... 1608196665
https://observer.com/2020/12/toyota-aki ... ransition/
Hidup Hyundai ajah
Ini opini aslinya :
https://insideevs.com/news/461200/akio- ... evolution/
https://www.wsj.com/articles/toyotas-ch ... 1608196665
https://observer.com/2020/12/toyota-aki ... ransition/
Siape mau stop jualan mesin 1500cc yg ebih laku dari acang goreng di indon?Akio Toyoda Makes It Clear He's Not Happy About The EV Revolution
He bashed electric cars and claimed they would kill businesses, demand huge investments, and emit more carbon dioxide.
Toyota's CEO was probably trying to push the Japanese government not to ban combustion-engined vehicles as other countries have.
Hidup Hyundai ajah
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 450
- Joined: Tue Jan 09, 2018 1:09
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: ex user EV yg balik ke ICE
Re: Toyota Indonesia serius mau garap Mobil Listrik ??
Yoyota mulai panas...
Setelah mengkritik tesla bagai koki tanpa dapur dan cuma jual resep...
Ujung2nya ya jadi follower juga...
Pendapat saya pribadi sih...
Fans jangan baper...
Setelah mengkritik tesla bagai koki tanpa dapur dan cuma jual resep...
Ujung2nya ya jadi follower juga...
Pendapat saya pribadi sih...
Fans jangan baper...
Past :
1x1 XM 2023 | 1 Speed Direct Drive 26.7 kWh
Now :
2AZ-FE 2011
1x1 XM 2023 | 1 Speed Direct Drive 26.7 kWh
Now :
2AZ-FE 2011
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1147
- Joined: Fri Feb 23, 2007 13:26
Re: Toyota Indonesia serius mau garap Mobil Listrik ??
Kalo dibaca lagi, mereka cuman mau bikin pabrik batere kok. Cuman media aja hebohin pabrik mobil demi kontenalamsandiwijaya wrote: Sun Dec 20, 2020 2:40
Kalau mau kek Tesla berani investasi buat pabrik nya mobil listrik beneran di Indonesia
Tesla cuman mau nikel indo. Bukan pasar indo.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1147
- Joined: Fri Feb 23, 2007 13:26
Re: Toyota Indonesia serius mau garap Mobil Listrik ??
Kenape mikirin kapan toyota jualan mobil listrik disini ?
Beli ajah Lexus UX listrik rp 1.245 milyar (versin bensinnya cuman 800 jutaan)
Tapi kalo ga mau dikadalin ya beli Ioniq atau Kona listrik ajah, harga wajar
Hyundai made in korea loh
Beli ajah Lexus UX listrik rp 1.245 milyar (versin bensinnya cuman 800 jutaan)
Tapi kalo ga mau dikadalin ya beli Ioniq atau Kona listrik ajah, harga wajar
Hyundai made in korea loh
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 450
- Joined: Tue Dec 15, 2015 12:56
Re: Toyota Indonesia serius mau garap Mobil Listrik ??
Outlander PHEV 1,3M malahmpvlover wrote:Kenape mikirin kapan toyota jualan mobil listrik disini ?
Beli ajah Lexus UX listrik rp 1.245 milyar (versin bensinnya cuman 800 jutaan)
Tapi kalo ga mau dikadalin ya beli Ioniq atau Kona listrik ajah, harga wajar
Hyundai made in korea loh
Cuman pelit garansi 3thn/100.000km buat baterai nya
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Toyota Indonesia serius mau garap Mobil Listrik ??
Tesela mau bikin pabrik batere di sini kan kata pejabat sini.....bukan kata Mr E M
yg udah jelas pabrik Batere mrk ada di Nevada (supply ke assembly plant Freemont) & next di Berlin
wkwkwkwkwkw
yg udah jelas pabrik Batere mrk ada di Nevada (supply ke assembly plant Freemont) & next di Berlin
wkwkwkwkwkw
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 235
- Joined: Tue May 09, 2017 3:09
- Location: jabodetabek
- Daily Vehicle: mobil bekas
Re: Toyota Indonesia serius mau garap Mobil Listrik ??
untuk pasar asia tenggara mungkin masih bisa jualan mobil fosil paling tidak selama 10 atau 20 tahunanmpvlover wrote: Sun Dec 20, 2020 2:47 Cuman publicity stunt buat pemerintah indon
Ini opini aslinya :
https://insideevs.com/news/461200/akio- ... evolution/
https://www.wsj.com/articles/toyotas-ch ... 1608196665
https://observer.com/2020/12/toyota-aki ... ransition/
Siape mau stop jualan mesin 1500cc yg ebih laku dari acang goreng di indon?Akio Toyoda Makes It Clear He's Not Happy About The EV Revolution
He bashed electric cars and claimed they would kill businesses, demand huge investments, and emit more carbon dioxide.
Toyota's CEO was probably trying to push the Japanese government not to ban combustion-engined vehicles as other countries have.
Hidup Hyundai ajah
sementara untuk negara maju cuma tinggal 5-10 tahun
toyota selama ini udah enak di comfort zone gak mau move on
tapi cepat atau lambat semua akan beralih ke mobil listrik
Mencari referensi info mobil bekas yang akurat dan terpercaya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 906
- Joined: Tue Jan 10, 2017 8:38
Re: Toyota Indonesia serius mau garap Mobil Listrik ??
Yang pasti untuk tahap awal mereka produksi mobil hybrid dulu, bukan full listrik kayak leaf, ioniq, tesla, dll. Clue produknya sudah di "depan mata": "penerus mobil sejuta umat dengan platform baru". Tungguin aja di 2022 nanti....mungkin aja mereka udah punya planning utk produksi mobil full listrik, tapi tidak dalam waktu dekat ini, kalaupun ada rencana bawa EV ke bali itu modelnya "personal mobility" kayak COMS, cocok buat daerah pariwisata di nusa dua bali
Begini wujud si COMS

Keliatannya mereka dan beberapa brand lain baru berani produksi mobil hybrid atau full listrik setelah adanya PPnBm baru yang dimana kedua jenis mobil itu dapet keringanan pajak, sehingga ada potensi utk memasyarakatkan teknologi hybrid atau full listrik ke kategori mobil yg lebih digemari orang indo dan paling penting harganya jd terjangkau...
Memang selama ini utk pengembangan elektrifikasi, toyota lebih fokus sama hybrid sampai fuel cell-nya, sedangkan full listrik baru sekarang-sekarang ini seriusnya sejak mereka bikin platform khusus e-TNGA, dan kecuali UX 300e, mobil full listriknya toyota baru buat satu region dulu kayak C-HR EV di china atau di eropa jg ada crossover listrik yg kabarnya bernama BZ, pokoknya lebih fokus ke pasar mobil listrik yg sudah mature istilahnya
Dan ini render si BZ ini (source: Autoexpress.co.uk)


https://www.autoexpress.co.uk/toyota/35 ... n-pictures
Nah bicara soal fokusnya kemana, pemerintah indo sih kelihatan banget mereka maunya langsung loncat ke mobil full listrik, selain karena nikelnya jg faktor tren global yg mempercepat kehadiran mobil full listrik, sampe2 kemarin ada launching program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai sama ESDM, tapi disisi lain utk saat ini bisa lihat sendiri, selain harganya masih cukup tinggi, infrastruktur utk ngecas aja masih kurang (terutama yg udah expect bakal pake jarak jauh), makanya memang beberapa brand khususnya dari jepang menganggap hybrid masih jadi solusi realistis buat negara berkembang kayak indonesia, walau ada baterai tapi nggak perlu mikirin mana tempat casnya...
Begini wujud si COMS
Keliatannya mereka dan beberapa brand lain baru berani produksi mobil hybrid atau full listrik setelah adanya PPnBm baru yang dimana kedua jenis mobil itu dapet keringanan pajak, sehingga ada potensi utk memasyarakatkan teknologi hybrid atau full listrik ke kategori mobil yg lebih digemari orang indo dan paling penting harganya jd terjangkau...
Memang selama ini utk pengembangan elektrifikasi, toyota lebih fokus sama hybrid sampai fuel cell-nya, sedangkan full listrik baru sekarang-sekarang ini seriusnya sejak mereka bikin platform khusus e-TNGA, dan kecuali UX 300e, mobil full listriknya toyota baru buat satu region dulu kayak C-HR EV di china atau di eropa jg ada crossover listrik yg kabarnya bernama BZ, pokoknya lebih fokus ke pasar mobil listrik yg sudah mature istilahnya
Dan ini render si BZ ini (source: Autoexpress.co.uk)


https://www.autoexpress.co.uk/toyota/35 ... n-pictures
Nah bicara soal fokusnya kemana, pemerintah indo sih kelihatan banget mereka maunya langsung loncat ke mobil full listrik, selain karena nikelnya jg faktor tren global yg mempercepat kehadiran mobil full listrik, sampe2 kemarin ada launching program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai sama ESDM, tapi disisi lain utk saat ini bisa lihat sendiri, selain harganya masih cukup tinggi, infrastruktur utk ngecas aja masih kurang (terutama yg udah expect bakal pake jarak jauh), makanya memang beberapa brand khususnya dari jepang menganggap hybrid masih jadi solusi realistis buat negara berkembang kayak indonesia, walau ada baterai tapi nggak perlu mikirin mana tempat casnya...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1147
- Joined: Fri Feb 23, 2007 13:26
Re: Toyota Indonesia serius mau garap Mobil Listrik ??
Kalo toyota indo alias astra grup kijang mah gampang keliatan bakal ngakalinnnya gimana itu peraturan ppnbm baru
Innova avanza baru dipasangin apa itu stop and go starter pake batere li ion mini kaya ertiga hybrid di india
Lalu disebut hybrid alias mild hybrid
Full hybrid diisi camry dll
Satu dua biji model electric model lexus ux300e cuman buat halo image / setor muka ke ppemerintah doang
Investasi billion dollars ya buat bikin innova avanza baru dan mungkin kancil akhirnya muncul juga
Lalu ngakunya semua line up udah electrified. Wong emang ga salah istilahnya
To be fair strategi hyundai juga ga beda jauh, pabrik lokal nanti memang rakit model electric kaya kona EV tapi cuma segelintir, tapi low mpv baru hyundai akan diproduksi jor joran utk menantang avanza. Tapi hyundai patut direspect krn skrg ajah udah jualan ioniq 1 dan kona dengan pake skema ppnbm baru krn udah direstui pemerintah lebih awal jualan.
Sedangkan untuk model electic canggihnya yaitu lineup baru Ioniq (gak sama dgn Ioniq skrg. Ioniq bakal jadi merk baru kaya Genesis dan Lexus) akan diproduksi di singapur (baca aja beritanya), krn SDM tenaga perakitan disana jauh lebih tinggi drpd di indo. Coba deh google "average IQ by country 2020" dan bandingin rangking singapur vs indo
Lalu tanya kenapa Elon Musk ga kepikiran bikin pabrik MOBIL TESLA di jawa tengah
Kalo ada nasionalis yg tersinggung jangan cepet emosi dulu, ada alasan kenapa APPLE juga kaga produksi iphone di indo. Steve jobs and tim cook bukan orang bodoh kok
Intermezzo tingkat IQ tinggi :
https://20.detik.com/detikflash/2020122 ... ndasi_list
Innova avanza baru dipasangin apa itu stop and go starter pake batere li ion mini kaya ertiga hybrid di india
Lalu disebut hybrid alias mild hybrid
Full hybrid diisi camry dll
Satu dua biji model electric model lexus ux300e cuman buat halo image / setor muka ke ppemerintah doang
Investasi billion dollars ya buat bikin innova avanza baru dan mungkin kancil akhirnya muncul juga
Lalu ngakunya semua line up udah electrified. Wong emang ga salah istilahnya
To be fair strategi hyundai juga ga beda jauh, pabrik lokal nanti memang rakit model electric kaya kona EV tapi cuma segelintir, tapi low mpv baru hyundai akan diproduksi jor joran utk menantang avanza. Tapi hyundai patut direspect krn skrg ajah udah jualan ioniq 1 dan kona dengan pake skema ppnbm baru krn udah direstui pemerintah lebih awal jualan.
Sedangkan untuk model electic canggihnya yaitu lineup baru Ioniq (gak sama dgn Ioniq skrg. Ioniq bakal jadi merk baru kaya Genesis dan Lexus) akan diproduksi di singapur (baca aja beritanya), krn SDM tenaga perakitan disana jauh lebih tinggi drpd di indo. Coba deh google "average IQ by country 2020" dan bandingin rangking singapur vs indo
Lalu tanya kenapa Elon Musk ga kepikiran bikin pabrik MOBIL TESLA di jawa tengah
Kalo ada nasionalis yg tersinggung jangan cepet emosi dulu, ada alasan kenapa APPLE juga kaga produksi iphone di indo. Steve jobs and tim cook bukan orang bodoh kok
Intermezzo tingkat IQ tinggi :
https://20.detik.com/detikflash/2020122 ... ndasi_list
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1147
- Joined: Fri Feb 23, 2007 13:26
Re: Toyota Indonesia serius mau garap Mobil Listrik ??
Bicara mobil listrik mah kurang afdol, paling dua halaman udah sepi
Lebih rame bahas ini :
https://www.suara.com/otomotif/2020/12/ ... bocorannya
https://otomotif.kompas.com/read/2020/1 ... an-xpander
Dengan mampusnya nissan livina tiba era Duet hyundai/kia avanza/xenia fighter
Lebih rame bahas ini :
https://www.suara.com/otomotif/2020/12/ ... bocorannya
https://otomotif.kompas.com/read/2020/1 ... an-xpander
Dengan mampusnya nissan livina tiba era Duet hyundai/kia avanza/xenia fighter
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Toyota Indonesia serius mau garap Mobil Listrik ??
Barusan liat2 Nissan Kicks E Powa di Purimall
tanya biaya STNK per tahun brp.....6 jt an katanya.......loh kok mahal yah, padahal mobil sgt rendah emisi
trus konon Stiker EV yg bebas ganjil genap di plat NoPolnya (Full EV cars) tiap 5 taon ganti stiker en hrs bayar 15 jt
ya elah.........
tanya biaya STNK per tahun brp.....6 jt an katanya.......loh kok mahal yah, padahal mobil sgt rendah emisi
trus konon Stiker EV yg bebas ganjil genap di plat NoPolnya (Full EV cars) tiap 5 taon ganti stiker en hrs bayar 15 jt
ya elah.........
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4358
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Toyota Indonesia serius mau garap Mobil Listrik ??
soal pemerintah Indonesia? gampang, lihat saja pergerakan Astra gimana. masih santai dengan hybrid berarti ya kedepannya tetap hybrid.Indra97 wrote: Sun Dec 20, 2020 5:56
Nah bicara soal fokusnya kemana, pemerintah indo sih kelihatan banget mereka maunya langsung loncat ke mobil full listrik, selain karena nikelnya jg faktor tren global yg mempercepat kehadiran mobil full listrik, sampe2 kemarin ada launching program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai sama ESDM, tapi disisi lain utk saat ini bisa lihat sendiri, selain harganya masih cukup tinggi, infrastruktur utk ngecas aja masih kurang (terutama yg udah expect bakal pake jarak jauh), makanya memang beberapa brand khususnya dari jepang menganggap hybrid masih jadi solusi realistis buat negara berkembang kayak indonesia, walau ada baterai tapi nggak perlu mikirin mana tempat casnya...
kebetulan kemaren nonton video savagegeese dan dibahas dikit soal mekanikal sienna. nah ada disebut2 soal long term plan untuk clean car.
di detik tsb kelihatan "Road map" toyota, dan disebutkan emisi yg berhubungan dengan long term plan.
memang sampe 2030 itu masih hybrid, lanjut PHEV, nanti di 2050 target toyota itu tetep di fuel cell = hydrogen. EV? terakhir banget. agak membingungkan si tapi ga aneh juga, karena toyota itu kan "mainnya" GLOBAL. mana maen di regional market = receh gitu

avanza aja banyak di afrika selatan. itu beda waktu 12 jam

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4358
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Toyota Indonesia serius mau garap Mobil Listrik ??
ya normal2 aja buat mobil harga segitu. kelas 500 jutaan kan 8 jutaan kalau ga salah.Turboman wrote: Sun Dec 20, 2020 13:27 Barusan liat2 Nissan Kicks E Powa di Purimall
tanya biaya STNK per tahun brp.....6 jt an katanya.......loh kok mahal yah, padahal mobil sgt rendah emisi
trus konon Stiker EV yg bebas ganjil genap di plat NoPolnya (Full EV cars) tiap 5 taon ganti stiker en hrs bayar 15 jt
ya elah.........
soal nopol dan bayar 15 juta lagi per 5 tahun = 3 jutaan per tahun, ya mesti dihitung pengiritan bbm + anti ganjil genap apakah sebanding.
yg pasti si Kona EV dan ioniq udah menang banyak tuh dari video fitra eri dan marketing stunt hyundai kayanya sukses, karena kemaren liat ada pembahasan beberapa public figure pake Kona EV dan Ioniq.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 46
- Joined: Mon Nov 12, 2018 5:39
- Location: tasikmalaya
- Daily Vehicle: fortuner
Re: Toyota Indonesia serius mau garap Mobil Listrik ??
Kalau ukur adu wajar harga hyundai sama lexus ya sama2 aja sama2 kadal hahahahampvlover wrote: Sun Dec 20, 2020 3:05 Kenape mikirin kapan toyota jualan mobil listrik disini ?
Beli ajah Lexus UX listrik rp 1.245 milyar (versin bensinnya cuman 800 jutaan)
Tapi kalo ga mau dikadalin ya beli Ioniq atau Kona listrik ajah, harga wajar
Hyundai made in korea loh
Tuh kona bensin 380 ke 670jt vs dari 800 ke 1,25M
Kalau tuh kona elektrik dijual 500jt baru boleh jumawa
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 244
- Joined: Wed Aug 17, 2016 13:37
Re: Toyota Indonesia serius mau garap Mobil Listrik ??
Makanya aneh banget ngebandinginnya toyota luxury brand sama korean mainstream brand walopun sama2 BEV, lagian semua lexus yg dijual di sini made in japan termasuk UX 300e diproduksinya di Kyushu Plant.juraganresto wrote: Sun Dec 20, 2020 15:04Kalau ukur adu wajar harga hyundai sama lexus ya sama2 aja sama2 kadal hahahahampvlover wrote: Sun Dec 20, 2020 3:05 Kenape mikirin kapan toyota jualan mobil listrik disini ?
Beli ajah Lexus UX listrik rp 1.245 milyar (versin bensinnya cuman 800 jutaan)
Tapi kalo ga mau dikadalin ya beli Ioniq atau Kona listrik ajah, harga wajar
Hyundai made in korea loh
Tuh kona bensin 380 ke 670jt vs dari 800 ke 1,25M
Kalau tuh kona elektrik dijual 500jt baru boleh jumawa
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 68
- Joined: Mon Mar 23, 2020 11:47
- Location: bogor
- Daily Vehicle: F10A
Re: Toyota Indonesia serius mau garap Mobil Listrik ??
listrik masih sering pemadaman bergilir kok mikir jualan mobil listrik. paling mungkin ya genjot produksi batre nikel, karena bahan ada dan teknologi sudah lumayan. jual batre murah sambil minta teknologi mobil listrik negara lain.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2080
- Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
- Location: CGK-BDO-JOG
Re: Toyota Indonesia serius mau garap Mobil Listrik ??
kunaskun wrote: Sun Dec 20, 2020 13:37soal pemerintah Indonesia? gampang, lihat saja pergerakan Astra gimana. masih santai dengan hybrid berarti ya kedepannya tetap hybrid.Indra97 wrote: Sun Dec 20, 2020 5:56
Nah bicara soal fokusnya kemana, pemerintah indo sih kelihatan banget mereka maunya langsung loncat ke mobil full listrik, selain karena nikelnya jg faktor tren global yg mempercepat kehadiran mobil full listrik, sampe2 kemarin ada launching program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai sama ESDM, tapi disisi lain utk saat ini bisa lihat sendiri, selain harganya masih cukup tinggi, infrastruktur utk ngecas aja masih kurang (terutama yg udah expect bakal pake jarak jauh), makanya memang beberapa brand khususnya dari jepang menganggap hybrid masih jadi solusi realistis buat negara berkembang kayak indonesia, walau ada baterai tapi nggak perlu mikirin mana tempat casnya...
kebetulan kemaren nonton video savagegeese dan dibahas dikit soal mekanikal sienna. nah ada disebut2 soal long term plan untuk clean car.
di detik tsb kelihatan "Road map" toyota, dan disebutkan emisi yg berhubungan dengan long term plan.
memang sampe 2030 itu masih hybrid, lanjut PHEV, nanti di 2050 target toyota itu tetep di fuel cell = hydrogen. EV? terakhir banget. agak membingungkan si tapi ga aneh juga, karena toyota itu kan "mainnya" GLOBAL. mana maen di regional market = receh gitu![]()
avanza aja banyak di afrika selatan. itu beda waktu 12 jamapalagi mikirin batere, yg belum apa2 aja sekarang udah "bacok2an" urusan cari nikel kemana. dan namanya natural resources ginian biasa ujung2nya bikin repot soal lingkungan. macam Uni Eropa ribut2 soal kelapa sawit Indonesia.
Betul seperti yang pernah kita bahas disini wkwkwk viewtopic.php?p=1145373#p1145373
Kenapa Toyota keliatan masih setengah hati sama Full EV? Karena kalau dilihat, champion mereka buat masa depan itu Hydrogen Fuel Cell heheh.....
Kalau endorse gerbong listrik sekarang, bisa kalah beneran nanti. Jadi kayaknya bakal wait and see sampai saat terakhir deh mereka.
Paling2 biar gak ketinggalan, mereka tetap cari supply chain buat Baterai bareng Panasonic sebagai rencana mitigasi
Rocky R ADS CVT 2021
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44
Re: Toyota Indonesia serius mau garap Mobil Listrik ??
Moga2 aja nissan serena epower masuk IndonesiaTurboman wrote: Sun Dec 20, 2020 13:27 Barusan liat2 Nissan Kicks E Powa di Purimall
tanya biaya STNK per tahun brp.....6 jt an katanya.......loh kok mahal yah, padahal mobil sgt rendah emisi
trus konon Stiker EV yg bebas ganjil genap di plat NoPolnya (Full EV cars) tiap 5 taon ganti stiker en hrs bayar 15 jt
ya elah.........

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 611
- Joined: Fri Aug 15, 2008 15:36
Re: Toyota Indonesia serius mau garap Mobil Listrik ??
Kicks E-power tetep kena 2% berarti ya... ga ada perlakuan khusus...Turboman wrote: Sun Dec 20, 2020 13:27 Barusan liat2 Nissan Kicks E Powa di Purimall
tanya biaya STNK per tahun brp.....6 jt an katanya.......loh kok mahal yah, padahal mobil sgt rendah emisi
trus konon Stiker EV yg bebas ganjil genap di plat NoPolnya (Full EV cars) tiap 5 taon ganti stiker en hrs bayar 15 jt
ya elah.........
Trus stiker Full EV harga 15 jt / 5 tahun? Kayaknya lebih baik running 2 mobil ganjil + genap
Calya A/T 2017 (2022-now)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 153
- Joined: Tue May 12, 2020 5:32
- Daily Vehicle: Suzuki Swift ST
Re: Toyota Indonesia serius mau garap Mobil Listrik ??
Tolong diklarifikasi lagi, stiker EV itu seperti apa, kebenarannya gimana, apa benar begitu? Isu darimana? Ada sumbernya? Saya gak nemu loh. EV itu sudah otomatis ganjil genap dari platnya itu yang ada biru-birunya, atau kalo blom biru tinggal tunjukkan STNK tulisan bahan bakar listrik. Biru2 itu cat, bukan stiker, dan melekat ke mobilnya otomatis, setau saya gak pake nambah. Kalo sampeyan punya informasi yang valid monggo disanggah.Turboman wrote: Sun Dec 20, 2020 13:27 Barusan liat2 Nissan Kicks E Powa di Purimall
tanya biaya STNK per tahun brp.....6 jt an katanya.......loh kok mahal yah, padahal mobil sgt rendah emisi
trus konon Stiker EV yg bebas ganjil genap di plat NoPolnya (Full EV cars) tiap 5 taon ganti stiker en hrs bayar 15 jt
ya elah.........
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4358
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Toyota Indonesia serius mau garap Mobil Listrik ??
yap sebetulnya "pandangan" toyota ini logis si. memang konservatif. tapi ya market leader. dimana punya selling power lebih buat kontrol konsumen. terutama di negara yg ga ada perlawanan dari VW Group, Nissan Renault Alliance, GM Group. itu grup2 gede boleh adu total banyak2an jualan mobil, tapi yg kuasain market negara berflower ya praktis Toyota. dan buat kedepannya Toyota bisa irit dan profit banyak dari R&D yg ga perlu.alvin23 wrote: Mon Dec 21, 2020 2:07 Betul seperti yang pernah kita bahas disini wkwkwk viewtopic.php?p=1145373#p1145373
Kenapa Toyota keliatan masih setengah hati sama Full EV? Karena kalau dilihat, champion mereka buat masa depan itu Hydrogen Fuel Cell heheh.....
Kalau endorse gerbong listrik sekarang, bisa kalah beneran nanti. Jadi kayaknya bakal wait and see sampai saat terakhir deh mereka.
Paling2 biar gak ketinggalan, mereka tetap cari supply chain buat Baterai bareng Panasonic sebagai rencana mitigasi
karena Toyota buat bikin EV ya gampang. Hybrid Synergy Drive di Prius bisa dibilang one of a kind. dan kalau dibaca2 how it works bisa jadi masuk kategori engineering marvel. apalagi "cuma" EV. yg perhatikan saja sepeda listrik merek Tiongkok banyak banget beredar, karena praktis cuma modal beli motor + batere + kontroller.
seperti halnya gimana saking sederhanya Kona EV. sampe2 di video Fitra Eri yg bahas service pertama itu scanner isinya banyakan untuk scan Safety Feature + Features doang

soal batere ini memang tricky. Tesla untung aja udah "deal" dengan Panasonic jadi bisa menang banyak. Walau kedepannya juga ga jelas karena jelas ga aman dari "permainan nihon-jin" terutama kejadian Nissan Renault yg gimana saktinya Nihon-jin buat takedown CEO dia sendiri


nonton beberapa video Youtube ya batere itu akan bener2 jadi masalah besar di masa depan. bisa2 batere akan jadi kaya gold silver kali. trading batere

-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Toyota Indonesia serius mau garap Mobil Listrik ??
Ya makanya saya nanyaAR93 wrote:Tolong diklarifikasi lagi, stiker EV itu seperti apa, kebenarannya gimana, apa benar begitu? Isu darimana? Ada sumbernya? Saya gak nemu loh. EV itu sudah otomatis ganjil genap dari platnya itu yang ada biru-birunya, atau kalo blom biru tinggal tunjukkan STNK tulisan bahan bakar listrik. Biru2 itu cat, bukan stiker, dan melekat ke mobilnya otomatis, setau saya gak pake nambah. Kalo sampeyan punya informasi yang valid monggo disanggah.Turboman wrote: Sun Dec 20, 2020 13:27 Barusan liat2 Nissan Kicks E Powa di Purimall
tanya biaya STNK per tahun brp.....6 jt an katanya.......loh kok mahal yah, padahal mobil sgt rendah emisi
trus konon Stiker EV yg bebas ganjil genap di plat NoPolnya (Full EV cars) tiap 5 taon ganti stiker en hrs bayar 15 jt
ya elah.........
kalo anda ada info valid monggo koreksi dan jelaskan, jangan nanya balik boss
saya bukan sales EV / karyawan APM yg masukkin EV / karyawan SamSat
heheheh
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1068
- Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41
Re: Toyota Indonesia serius mau garap Mobil Listrik ??
masalahnya kan itu nissan kick bukan full EV beneran. masih dianggap hybrid.AR93 wrote: Mon Dec 21, 2020 6:47Tolong diklarifikasi lagi, stiker EV itu seperti apa, kebenarannya gimana, apa benar begitu? Isu darimana? Ada sumbernya? Saya gak nemu loh. EV itu sudah otomatis ganjil genap dari platnya itu yang ada biru-birunya, atau kalo blom biru tinggal tunjukkan STNK tulisan bahan bakar listrik. Biru2 itu cat, bukan stiker, dan melekat ke mobilnya otomatis, setau saya gak pake nambah. Kalo sampeyan punya informasi yang valid monggo disanggah.Turboman wrote: Sun Dec 20, 2020 13:27 Barusan liat2 Nissan Kicks E Powa di Purimall
tanya biaya STNK per tahun brp.....6 jt an katanya.......loh kok mahal yah, padahal mobil sgt rendah emisi
trus konon Stiker EV yg bebas ganjil genap di plat NoPolnya (Full EV cars) tiap 5 taon ganti stiker en hrs bayar 15 jt
ya elah.........