Oli Gardan dan Transmisi

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
padmalotus
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 95
Joined: Sun Oct 04, 2015 1:59
Location: Surabaya

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by padmalotus »

Saatnya mau ganti ATF untuk Innova 2KD matic.

Ini kalau ekonomis bisa pakai ATF Aisin AFW+ ya?

Kemudian oli gardan pakai apa ya yang direkomendasikan? Saya baca punya toyota ya?

:big_smile]
bsetiawan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 251
Joined: Mon Aug 01, 2016 15:44

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by bsetiawan »

padmalotus wrote: Thu Dec 03, 2020 1:58
Kemudian oli gardan pakai apa ya yang direkomendasikan? Saya baca punya toyota ya?

:big_smile]
bisa coba Eneos 80W90 atau Q8 T65
User avatar
padmalotus
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 95
Joined: Sun Oct 04, 2015 1:59
Location: Surabaya

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by padmalotus »

bsetiawan wrote: Thu Dec 03, 2020 2:12

bisa coba Eneos 80W90 atau Q8 T65
siap, sudah angkut eneos. :mky_03:
User avatar
padmalotus
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 95
Joined: Sun Oct 04, 2015 1:59
Location: Surabaya

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by padmalotus »

oh iya, untuk 2KD matic saya pakai ATF Aisin AFW+, ini masa pakai 20.000 km ya? setelah itu apakah flushing ulang lagi?


lalu oli gardan saya pakai eneos 80w90, ini ganti lagi brp KM ya?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by DOHC »

padmalotus wrote: Thu Dec 03, 2020 11:17 oh iya, untuk 2KD matic saya pakai ATF Aisin AFW+, ini masa pakai 20.000 km ya? setelah itu apakah flushing ulang lagi?


lalu oli gardan saya pakai eneos 80w90, ini ganti lagi brp KM ya?
kl trakir ud flushing, nanti pas 20 rebu di tap n fill aj om

kl di inofa bensin saya, pake AFW+ jg, pas saya iseng tap di 15 rebu, warna atf nya masi bagusss bangett, mirip kaya yg baru dituang dari botol baru nya

gardan ganti di 30 rebu aj.. kcuali om sering ngebut 180 kph tiap ari, ngangkut 5 igun tiap ari, trus jakarta - bali pp 2 hari skali.. ini baru tiap 10 rebu km
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1925
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by blloewy »

DOHC wrote: Thu Dec 03, 2020 11:29
padmalotus wrote: Thu Dec 03, 2020 11:17 oh iya, untuk 2KD matic saya pakai ATF Aisin AFW+, ini masa pakai 20.000 km ya? setelah itu apakah flushing ulang lagi?


lalu oli gardan saya pakai eneos 80w90, ini ganti lagi brp KM ya?
kl trakir ud flushing, nanti pas 20 rebu di tap n fill aj om

kl di inofa bensin saya, pake AFW+ jg, pas saya iseng tap di 15 rebu, warna atf nya masi bagusss bangett, mirip kaya yg baru dituang dari botol baru nya

gardan ganti di 30 rebu aj.. kcuali om sering ngebut 180 kph tiap ari, ngangkut 5 igun tiap ari, trus jakarta - bali pp 2 hari skali.. ini baru tiap 10 rebu km
berat ini mah bebannya ama rute plus tugas tembus 180 kpj tiap hari :big_cry:
kl oli transmisi u lipindut itu yg L10 bagusan GL5 apa GL4 om klep?
Tahun lalu ganti pas turun kopling pake nya dedemitsu skrg sich baru jalan 4000 km so far msh enak.
mungkin tunggu 10 rb km dulu sekitar 1 tahun lagi baru ganti :big_grin:
nubie in all things - still need to learn
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11374
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Thu Dec 03, 2020 11:29
kl trakir ud flushing, nanti pas 20 rebu di tap n fill aj om

kl di inofa bensin saya, pake AFW+ jg, pas saya iseng tap di 15 rebu, warna atf nya masi bagusss bangett, mirip kaya yg baru dituang dari botol baru nya

gardan ganti di 30 rebu aj.. kcuali om sering ngebut 180 kph tiap ari, ngangkut 5 igun tiap ari, trus jakarta - bali pp 2 hari skali.. ini baru tiap 10 rebu km
mbah, kl ac60e di tcm nya ada parameter "atf thermal degradation" yg angkanya dr min 0 sampai max 65000. kl udah diatas 50000 hrs ganti atf.

nah sy kan ganti pas service 1000 km, skrg udah jalan 8k km nih, kirain sy msh di angka 20 rban ga taunya udah 58000 mbah. pas kemarin abis ganti atf sy mau ngereset kan balikin ke 0 lagi, sampe kaget angkanya segitu.

*ga ngebut tiap ari, ga bawa koper tiap hari, pake ke bali baru sekali.

IMG_20201128_130125.jpg

nih padahal tdk ada record torque converter pernah overheat (tulisannya off tuh)

IMG_20201128_130115.jpg


pigimana ntu mbah? apa krn tiap drain n fill cuma keluar 2.5-2.8L doang makanya disuruh lebih sering?
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by indeskey »

Omnibus wrote:
DOHC wrote: Thu Dec 03, 2020 11:29
kl trakir ud flushing, nanti pas 20 rebu di tap n fill aj om

kl di inofa bensin saya, pake AFW+ jg, pas saya iseng tap di 15 rebu, warna atf nya masi bagusss bangett, mirip kaya yg baru dituang dari botol baru nya

gardan ganti di 30 rebu aj.. kcuali om sering ngebut 180 kph tiap ari, ngangkut 5 igun tiap ari, trus jakarta - bali pp 2 hari skali.. ini baru tiap 10 rebu km
mbah, kl ac60e di tcm nya ada parameter "atf thermal degradation" yg angkanya dr min 0 sampai max 65000. kl udah diatas 50000 hrs ganti atf.

nah sy kan ganti pas service 1000 km, skrg udah jalan 8k km nih, kirain sy msh di angka 20 rban ga taunya udah 58000 mbah. pas kemarin abis ganti atf sy mau ngereset kan balikin ke 0 lagi, sampe kaget angkanya segitu.

*ga ngebut tiap ari, ga bawa koper tiap hari, pake ke bali baru sekali.

IMG_20201128_130125.jpg

nih padahal tdk ada record torque converter pernah overheat (tulisannya off tuh)

IMG_20201128_130115.jpg


pigimana ntu mbah? apa krn tiap drain n fill cuma keluar 2.5-2.8L doang makanya disuruh lebih sering?
Mbah suhu, nilai itu juga bisa muncul nggak di njes nya?
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11071
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by marmut »

Omnibus wrote: Thu Dec 03, 2020 13:57
DOHC wrote: Thu Dec 03, 2020 11:29
kl trakir ud flushing, nanti pas 20 rebu di tap n fill aj om

kl di inofa bensin saya, pake AFW+ jg, pas saya iseng tap di 15 rebu, warna atf nya masi bagusss bangett, mirip kaya yg baru dituang dari botol baru nya

gardan ganti di 30 rebu aj.. kcuali om sering ngebut 180 kph tiap ari, ngangkut 5 igun tiap ari, trus jakarta - bali pp 2 hari skali.. ini baru tiap 10 rebu km
mbah, kl ac60e di tcm nya ada parameter "atf thermal degradation" yg angkanya dr min 0 sampai max 65000. kl udah diatas 50000 hrs ganti atf.

nah sy kan ganti pas service 1000 km, skrg udah jalan 8k km nih, kirain sy msh di angka 20 rban ga taunya udah 58000 mbah. pas kemarin abis ganti atf sy mau ngereset kan balikin ke 0 lagi, sampe kaget angkanya segitu.

*ga ngebut tiap ari, ga bawa koper tiap hari, pake ke bali baru sekali.


IMG_20201128_130125.jpg


nih padahal tdk ada record torque converter pernah overheat (tulisannya off tuh)


IMG_20201128_130115.jpg



pigimana ntu mbah? apa krn tiap drain n fill cuma keluar 2.5-2.8L doang makanya disuruh lebih sering?

puyeng bacanya.....

apalagi liat scannernya makin puyeng.

bakar kemenyan dulu mumpung malem jumat. sapa tau jadi khatam urusan ATF dan permobilan.

menyan madu, ada.
menyan arab, ada.
menyan putih, ada.
dupa, ada.
kantil kuning kantil putih, ada.
kopi, banyak.
cerutu jember, ada.
tinggal roti sumbu yang belum mateng.......

:big_smoking:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11374
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Omnibus »

indeskey wrote: Thu Dec 03, 2020 14:57 Mbah suhu, nilai itu juga bisa muncul nggak di njes nya?
aman om ga ada ... cuma ya itu yg pernah sy bilang dulu hati2 tiba2 ada serutan besi di drain plug magnet. :big_biglaugh:

marmut wrote: Thu Dec 03, 2020 15:07
puyeng bacanya.....

apalagi liat scannernya makin puyeng.

bakar kemenyan dulu mumpung malem jumat. sapa tau jadi khatam urusan ATF dan permobilan.

menyan madu, ada.
menyan arab, ada.
menyan putih, ada.
dupa, ada.
kantil kuning kantil putih, ada.
kopi, banyak.
cerutu jember, ada.
tinggal roti sumbu yang belum mateng.......

:big_smoking:
halahh scanner aftermarket cungkuo juga, podo ae kang mas mbah rektor ... :mky_03:
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by benzz89 »

Omnibus wrote:
DOHC wrote: Thu Dec 03, 2020 11:29
kl trakir ud flushing, nanti pas 20 rebu di tap n fill aj om

kl di inofa bensin saya, pake AFW+ jg, pas saya iseng tap di 15 rebu, warna atf nya masi bagusss bangett, mirip kaya yg baru dituang dari botol baru nya

gardan ganti di 30 rebu aj.. kcuali om sering ngebut 180 kph tiap ari, ngangkut 5 igun tiap ari, trus jakarta - bali pp 2 hari skali.. ini baru tiap 10 rebu km
mbah, kl ac60e di tcm nya ada parameter "atf thermal degradation" yg angkanya dr min 0 sampai max 65000. kl udah diatas 50000 hrs ganti atf.

nah sy kan ganti pas service 1000 km, skrg udah jalan 8k km nih, kirain sy msh di angka 20 rban ga taunya udah 58000 mbah. pas kemarin abis ganti atf sy mau ngereset kan balikin ke 0 lagi, sampe kaget angkanya segitu.

*ga ngebut tiap ari, ga bawa koper tiap hari, pake ke bali baru sekali.

IMG_20201128_130125.jpg

nih padahal tdk ada record torque converter pernah overheat (tulisannya off tuh)

IMG_20201128_130115.jpg


pigimana ntu mbah? apa krn tiap drain n fill cuma keluar 2.5-2.8L doang makanya disuruh lebih sering?
Ini ATF Amsoil nya sudah masuk berapa % mbah? Ta kirain pakai ATF keraton bisa lebih panjang lagi jarak tempuh & periodik gantinya. Btw klaim si Amsoil bisa berapa jauh yah pakai ATF ini?

Baca2 di botolnya biasanya klaimnya bisa 2x lipat dari oli2 bawaan pabrikan pada umumnya (kelas2 dibawahnya) tapi ini baru 7 ribu KM sudah harus diganti? Bakar obat nyamuk dulu deh, dari tadi garuk2 kepala terus padahal gak gatel [emoji849]
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11374
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Omnibus »

benzz89 wrote: Thu Dec 03, 2020 15:40 Ini ATF Amsoil nya sudah masuk berapa % mbah? Ta kirain pakai ATF keraton bisa lebih panjang lagi jarak tempuh & periodik gantinya. Btw klaim si Amsoil bisa berapa jauh yah pakai ATF ini?

Baca2 di botolnya biasanya klaimnya bisa 2x lipat dari oli2 bawaan pabrikan pada umumnya (kelas2 dibawahnya) tapi ini baru 7 ribu KM sudah harus diganti? Bakar obat nyamuk dulu deh, dari tadi garuk2 kepala terus padahal gak gatel [emoji849]
justru itu pikiran sy sama sama om benz :big_dunno:
yg masuk sdh 8 botol, kira2 konsentrasi 75%.
kemarin atf yg baru masuk lagi 3L (skrg konsentrasi >85%) trus mobil sy bawa jalan beli kopi pp 15km-an, sampe rumah dicek lagi eh itu argo sdh jalan 800an.
sebetulnya sy ga tau krn ga ada data pembanding antara pakai atf ini sm toyota ws originalnya. mungkin aja sama2 argo kuda.

trus kemaren sy juga ganti oli mesin (OCI 8k juga) krn mau dipake road trip jauh lagi. olinya udah item lho. padahal waktu OCI 5k sy cek msh belom item. dgn kapasitas oli 2x mobil pada umumnya berarti maintenance cost anf ini 2x nya juga kl sama2 mau OCI 8k. tadinya harapan sy minimal 10k-12k gitu jd agak worth it.

mungkin ada yg berpendapat oli diesel pasti hitam tp krn mobil mau sy bawa jauh ya sy juga pengen enak di jalan. meskipun itu oli bekas di ember penampungan setiap saya lirik kuping sy mendengar "tiawlak tuh, tiawlak tuh" :big_biglaugh:
Last edited by Omnibus on Thu Dec 03, 2020 16:57, edited 1 time in total.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Thu Dec 03, 2020 13:57
DOHC wrote: Thu Dec 03, 2020 11:29
kl trakir ud flushing, nanti pas 20 rebu di tap n fill aj om

kl di inofa bensin saya, pake AFW+ jg, pas saya iseng tap di 15 rebu, warna atf nya masi bagusss bangett, mirip kaya yg baru dituang dari botol baru nya

gardan ganti di 30 rebu aj.. kcuali om sering ngebut 180 kph tiap ari, ngangkut 5 igun tiap ari, trus jakarta - bali pp 2 hari skali.. ini baru tiap 10 rebu km
mbah, kl ac60e di tcm nya ada parameter "atf thermal degradation" yg angkanya dr min 0 sampai max 65000. kl udah diatas 50000 hrs ganti atf.

nah sy kan ganti pas service 1000 km, skrg udah jalan 8k km nih, kirain sy msh di angka 20 rban ga taunya udah 58000 mbah. pas kemarin abis ganti atf sy mau ngereset kan balikin ke 0 lagi, sampe kaget angkanya segitu.

*ga ngebut tiap ari, ga bawa koper tiap hari, pake ke bali baru sekali.


IMG_20201128_130125.jpg


nih padahal tdk ada record torque converter pernah overheat (tulisannya off tuh)


IMG_20201128_130115.jpg



pigimana ntu mbah? apa krn tiap drain n fill cuma keluar 2.5-2.8L doang makanya disuruh lebih sering?
hmm

mungkin itu artinya si ac60e ga bole dikasi yg mahal2

lagian rugi bandar donk mbah, ud mahal2 umur nya cuman 8000

mending skalian yg murmer kaya saya punya si aisin.. sisa duit nya bsa buat masas :upss: :upss:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Thu Dec 03, 2020 16:22
benzz89 wrote: Thu Dec 03, 2020 15:40 Ini ATF Amsoil nya sudah masuk berapa % mbah? Ta kirain pakai ATF keraton bisa lebih panjang lagi jarak tempuh & periodik gantinya. Btw klaim si Amsoil bisa berapa jauh yah pakai ATF ini?

Baca2 di botolnya biasanya klaimnya bisa 2x lipat dari oli2 bawaan pabrikan pada umumnya (kelas2 dibawahnya) tapi ini baru 7 ribu KM sudah harus diganti? Bakar obat nyamuk dulu deh, dari tadi garuk2 kepala terus padahal gak gatel [emoji849]
justru itu pikiran sy sama sama om benz :big_dunno:
yg masuk sdh 8 botol, kira2 konsentrasi 75%.
kemarin atf yg baru masuk lagi 3L trus mobil sy bawa jalan beli kopi pp 15km-an, sampe rumah dicek lagi eh itu argo sdh jalan 800an.
sebetulnya sy ga tau krn ga ada data pembanding antara pakai atf ini sm toyota ws originalnya. mungkin aja sama2 argo kuda.

trus kemaren sy juga ganti oli mesin (OCI 8k juga) krn mau dipake road trip jauh lagi. olinya udah item lho. padahal waktu OCI 5k sy cek msh belom item. dgn kapasitas oli 2x mobil pada umumnya berarti maintenance cost anf ini 2x nya juga kl sama2 mau OCI 8k. tadinya harapan sy minimal 10k-12k gitu jd agak worth it.

mungkin ada yg berpendapat oli diesel pasti hitam tp krn mobil mau sy bawa jauh ya sy juga pengen enak di jalan. meskipun itu oli bekas di ember penampungan setiap saya lirik kuping sy mendengar "tiawlak tuh, tiawlak tuh" :big_biglaugh:
ok bahasan serius

kl mnurut saya, mungkin itu ad glitch aj seh mbah antara record di TCM dan real nya.. jd mungkin si TCM ngukur angka nya itu berdasarkan algoritma nya sendiri (e.g nginjek pedal to metal = nambah 10 rebu point, shifting ke S mode = nambah 15 rebu point, etc) , sdgkan si fluid nya masi bagus.. makanya mo pake toyota WS, amsoil yah sami mawon

lagian kl seandai nya bener tiap 8000 - 10 rebu km musti ganti atf, mending skalian beli baling2 seken mbah.. perawatan sama ribet nya , mahal nya tp gengsi ama shir drivin plisur nya lebi dapet ... apalagi ini branding toyota, masa letoy amat bikin girbok, buat mobil perang pula

mengenai oli mesin.. saya jg ngalamin koq mbah di inofa bensin.. sblom roadtrip kmaren saya gnti, tadi pagi pas dicek, ud lmayan gelap padahal odo baru kepake jalan 1400 km.. cuman untung nya, kl saya ganti pun, tuh oli jg cuman teriak2 "lakpe lakpeceng" doank, bahkan kl dicampur ama atf, teriakan nya cuman "kaope kaopeceng" doank, jadi yah masi gapapa :upss: :upss:


btw lg, mengenai si ac60e, waktu kmaren roadtrip, saya ngerasa ini girbok jg rada aneh sehh behavior nya.. kaya rada susah ditebak.
misal, kadang lari 130 kph, rpm manteng di 2500, tp kadang bsa downshift sendiri terus ketahan lmayan lama di 3000 rpm.. terus kadang mo nyalip enak lgs ngisi, kadang musti ampe kickdown heboh. Serius, ini satu2 nya mobil metik yg kaya punya otak sendiri di girbok nya, aneh banget, susah ditebak perangai nya
Last edited by DOHC on Thu Dec 03, 2020 16:34, edited 1 time in total.
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11374
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Thu Dec 03, 2020 16:25
hmm

mungkin itu artinya si ac60e ga bole dikasi yg mahal2

lagian rugi bandar donk mbah, ud mahal2 umur nya cuman 8000

mending skalian yg murmer kaya saya punya si aisin.. sisa duit nya bsa buat masas :upss: :upss:
nah hebatnya ini amsoil bikin ga pengen pindah ke merk lain. shift nya cepet, smooth, kl pake tiptronic ga ada slip, ane sih demennn pake banget.

lagian 8k juga cuma 3 botol skrg harganya turun dr 250 jd 220 rb. moga2 sampai dibawah 200 lah.
dan itu 8k jg belum tentu hrs diganti kali. secara shift quality ga ada masalah. warna juga msh kaya baru. yg beda baunya jd ga nyengat sementara yg baru nyengat bgt tp itu mungkin krn tertutup di botol kali. au ah gelap mbah .... makanya jangan beli scanner lah jd kl ga tau kan enak :wkkk:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11374
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Thu Dec 03, 2020 16:31
ok bahasan serius

kl mnurut saya, mungkin itu ad glitch aj seh mbah antara record di TCM dan real nya.. jd mungkin si TCM ngukur angka nya itu berdasarkan algoritma nya sendiri (e.g nginjek pedal to metal = nambah 10 rebu point, shifting ke S mode = nambah 15 rebu point, etc) , sdgkan si fluid nya masi bagus.. makanya mo pake toyota WS, amsoil yah sami mawon

lagian kl seandai nya bener tiap 8000 - 10 rebu km musti ganti atf, mending skalian beli baling2 seken mbah.. perawatan sama ribet nya , mahal nya tp gengsi ama shir drivin plisur nya lebi dapet ... apalagi ini branding toyota, masa letoy amat bikin girbok, buat mobil perang pula

mengenai oli mesin.. saya jg ngalamin koq mbah di inofa bensin.. sblom roadtrip kmaren saya gnti, tadi pagi pas dicek, ud lmayan gelap padahal odo baru kepake jalan 1400 km.. cuman untung nya, kl saya ganti pun, tuh oli jg cuman teriak2 "lakpe lakpeceng" doank, bahkan kl dicampur ama atf, teriakan nya cuman "kaope kaopeceng" doank, jadi yah masi gapapa :upss: :upss:


btw lg, mengenai si ac60e, waktu kmaren roadtrip, saya ngerasa ini girbok jg rada aneh sehh behavior nya.. kaya rada susah ditebak.
misal, kadang lari 130 kph, rpm manteng di 2500, tp kadang bsa downshift sendiri terus ketahan lmayan lama di 3000 rpm.. terus kadang mo nyalip enak lgs ngisi, kadang musti ampe kickdown heboh. Serius, ini satu2 nya mobil metik yg kaya punya otak sendiri di girbok nya, aneh banget, susah ditebak perangai nya
:big_biglaugh:

betul bgt mbah algoritma nya dia parno sekali ngitungnya secara ane banyak jg kemaren power mode on, sport mode on, esp/traction control off (emang kaga ada), ngoper gigi tiptronic mulu tiap mau nyalip ane downshift manual. enak banget.... eh argo kuda.

kl kaya punya otak sendiri sih ane sama sekali ga ada mbah. even di mode D full otomatis n power mode off juga ga pernah dia downshift kecuali ane gas kickdown. nurut bgt ane suka lah kl performance wise.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Thu Dec 03, 2020 16:43
DOHC wrote: Thu Dec 03, 2020 16:31
ok bahasan serius

kl mnurut saya, mungkin itu ad glitch aj seh mbah antara record di TCM dan real nya.. jd mungkin si TCM ngukur angka nya itu berdasarkan algoritma nya sendiri (e.g nginjek pedal to metal = nambah 10 rebu point, shifting ke S mode = nambah 15 rebu point, etc) , sdgkan si fluid nya masi bagus.. makanya mo pake toyota WS, amsoil yah sami mawon

lagian kl seandai nya bener tiap 8000 - 10 rebu km musti ganti atf, mending skalian beli baling2 seken mbah.. perawatan sama ribet nya , mahal nya tp gengsi ama shir drivin plisur nya lebi dapet ... apalagi ini branding toyota, masa letoy amat bikin girbok, buat mobil perang pula

mengenai oli mesin.. saya jg ngalamin koq mbah di inofa bensin.. sblom roadtrip kmaren saya gnti, tadi pagi pas dicek, ud lmayan gelap padahal odo baru kepake jalan 1400 km.. cuman untung nya, kl saya ganti pun, tuh oli jg cuman teriak2 "lakpe lakpeceng" doank, bahkan kl dicampur ama atf, teriakan nya cuman "kaope kaopeceng" doank, jadi yah masi gapapa :upss: :upss:


btw lg, mengenai si ac60e, waktu kmaren roadtrip, saya ngerasa ini girbok jg rada aneh sehh behavior nya.. kaya rada susah ditebak.
misal, kadang lari 130 kph, rpm manteng di 2500, tp kadang bsa downshift sendiri terus ketahan lmayan lama di 3000 rpm.. terus kadang mo nyalip enak lgs ngisi, kadang musti ampe kickdown heboh. Serius, ini satu2 nya mobil metik yg kaya punya otak sendiri di girbok nya, aneh banget, susah ditebak perangai nya
:big_biglaugh:

betul bgt mbah algoritma nya dia parno sekali ngitungnya secara ane banyak jg kemaren power mode on, sport mode on, esp/traction control off (emang kaga ada), ngoper gigi tiptronic mulu tiap mau nyalip ane downshift manual. enak banget.... eh argo kuda.

kl kaya punya otak sendiri sih ane sama sekali ga ada mbah. even di mode D full otomatis n power mode off juga ga pernah dia downshift kecuali ane gas kickdown. nurut bgt ane suka lah kl performance wise.
Dl waktu masi pake WS bawaan, lebi ngawur lg mbah, tol dalkot aj sering malesin banget nyalip, gas diinjek yg ad mesin lgs meraung2 lama baru downshift.. lg cruising trus d bejeg pelan jg respon nya kaya selip gt

Ini sjak ganti afw ud mendingan, cuman tetep aj ini behavior aneh nya masi ada

Jujur, lebi enak metik si hrv seh, lebi gampang ditebak dan linear

Atau skalian si 1KR-JZ, ud ketebak karakter nya, kapan ganti gigi nya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Dat510
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 787
Joined: Sat Jan 03, 2015 12:58

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Dat510 »

Suhu2 mbah2 mau tanya, kalau oli gardan itu bisa pake oli transmisi manual ngga si selama viscosity nya sama?

Klo Oli Q8 ini gimana:
Capture.JPG
Capture2.JPG
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by DOHC »

Dat510 wrote: Fri Dec 04, 2020 5:55 Suhu2 mbah2 mau tanya, kalau oli gardan itu bisa pake oli transmisi manual ngga si selama viscosity nya sama?

Klo Oli Q8 ini gimana:

Capture.JPG

Capture2.JPG
Nubie musatek numpang jawap ya

Utk gardan biasanya wajip comply GL-5 .. malah utk kekentelan masi lebi tolerir

Dan liat jg gardan nya pake LSD ga, kl iya, maka wajip yg comply ke LSD spec
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Dat510
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 787
Joined: Sat Jan 03, 2015 12:58

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Dat510 »

DOHC wrote: Fri Dec 04, 2020 8:07
Dat510 wrote: Fri Dec 04, 2020 5:55 Suhu2 mbah2 mau tanya, kalau oli gardan itu bisa pake oli transmisi manual ngga si selama viscosity nya sama?

Klo Oli Q8 ini gimana:

Capture.JPG

Capture2.JPG
Nubie musatek numpang jawap ya

Utk gardan biasanya wajip comply GL-5 .. malah utk kekentelan masi lebi tolerir

Dan liat jg gardan nya pake LSD ga, kl iya, maka wajip yg comply ke LSD spec
Itu Q8 udah GL-5 si mbah, berarti bisa yah, buat gardan E46 standard aja bukan LSD.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by DOHC »

Dat510 wrote: Fri Dec 04, 2020 8:10
DOHC wrote: Fri Dec 04, 2020 8:07
Dat510 wrote: Fri Dec 04, 2020 5:55 Suhu2 mbah2 mau tanya, kalau oli gardan itu bisa pake oli transmisi manual ngga si selama viscosity nya sama?

Klo Oli Q8 ini gimana:

Capture.JPG

Capture2.JPG
Nubie musatek numpang jawap ya

Utk gardan biasanya wajip comply GL-5 .. malah utk kekentelan masi lebi tolerir

Dan liat jg gardan nya pake LSD ga, kl iya, maka wajip yg comply ke LSD spec
Itu Q8 udah GL-5 si mbah, berarti bisa yah, buat gardan E46 standard aja bukan LSD.
lohh baling2 gardan nya belom LSD yah :big_think: :big_think:

d buku primbon nya ga dtulis spek nya om ?
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11071
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by marmut »

DOHC wrote: Fri Dec 04, 2020 10:07
Dat510 wrote: Fri Dec 04, 2020 8:10
DOHC wrote: Fri Dec 04, 2020 8:07

Nubie musatek numpang jawap ya

Utk gardan biasanya wajip comply GL-5 .. malah utk kekentelan masi lebi tolerir

Dan liat jg gardan nya pake LSD ga, kl iya, maka wajip yg comply ke LSD spec
Itu Q8 udah GL-5 si mbah, berarti bisa yah, buat gardan E46 standard aja bukan LSD.
lohh baling2 gardan nya belom LSD yah :big_think: :big_think:

d buku primbon nya ga dtulis spek nya om ?

itu mobil orang pelit mbah. gatau sama apa enggak dengan e36, masa oli gardan cuma seliter?
yang punya toko oli kapan bisa liburan ke bali kalo kaya gitu?






:ngacir:
User avatar
Dat510
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 787
Joined: Sat Jan 03, 2015 12:58

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Dat510 »

DOHC wrote: Fri Dec 04, 2020 10:07
Dat510 wrote: Fri Dec 04, 2020 8:10
DOHC wrote: Fri Dec 04, 2020 8:07

Nubie musatek numpang jawap ya

Utk gardan biasanya wajip comply GL-5 .. malah utk kekentelan masi lebi tolerir

Dan liat jg gardan nya pake LSD ga, kl iya, maka wajip yg comply ke LSD spec
Itu Q8 udah GL-5 si mbah, berarti bisa yah, buat gardan E46 standard aja bukan LSD.
lohh baling2 gardan nya belom LSD yah :big_think: :big_think:

d buku primbon nya ga dtulis spek nya om ?
Non M masih non-LSD mbah, klo di buku primbon transmission oil & differential oil lifetime, no oil change required.
User avatar
Dat510
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 787
Joined: Sat Jan 03, 2015 12:58

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Dat510 »

marmut wrote: Fri Dec 04, 2020 10:37
DOHC wrote: Fri Dec 04, 2020 10:07
Dat510 wrote: Fri Dec 04, 2020 8:10

Itu Q8 udah GL-5 si mbah, berarti bisa yah, buat gardan E46 standard aja bukan LSD.
lohh baling2 gardan nya belom LSD yah :big_think: :big_think:

d buku primbon nya ga dtulis spek nya om ?

itu mobil orang pelit mbah. gatau sama apa enggak dengan e36, masa oli gardan cuma seliter?
yang punya toko oli kapan bisa liburan ke bali kalo kaya gitu?






:ngacir:
Seliter juga masih sisa, haha..
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by DOHC »

marmut wrote: Fri Dec 04, 2020 10:37
DOHC wrote: Fri Dec 04, 2020 10:07
Dat510 wrote: Fri Dec 04, 2020 8:10

Itu Q8 udah GL-5 si mbah, berarti bisa yah, buat gardan E46 standard aja bukan LSD.
lohh baling2 gardan nya belom LSD yah :big_think: :big_think:

d buku primbon nya ga dtulis spek nya om ?

itu mobil orang pelit mbah. gatau sama apa enggak dengan e36, masa oli gardan cuma seliter?
yang punya toko oli kapan bisa liburan ke bali kalo kaya gitu?

:ngacir:
serius cuman sliter mbah ? itu mobil apa girbok astrea grand
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir: