Ini kalau ekonomis bisa pakai ATF Aisin AFW+ ya?
Kemudian oli gardan pakai apa ya yang direkomendasikan? Saya baca punya toyota ya?
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
bisa coba Eneos 80W90 atau Q8 T65padmalotus wrote: Thu Dec 03, 2020 1:58
Kemudian oli gardan pakai apa ya yang direkomendasikan? Saya baca punya toyota ya?
![]()
siap, sudah angkut eneos.
kl trakir ud flushing, nanti pas 20 rebu di tap n fill aj ompadmalotus wrote: Thu Dec 03, 2020 11:17 oh iya, untuk 2KD matic saya pakai ATF Aisin AFW+, ini masa pakai 20.000 km ya? setelah itu apakah flushing ulang lagi?
lalu oli gardan saya pakai eneos 80w90, ini ganti lagi brp KM ya?
berat ini mah bebannya ama rute plus tugas tembus 180 kpj tiap hariDOHC wrote: Thu Dec 03, 2020 11:29kl trakir ud flushing, nanti pas 20 rebu di tap n fill aj ompadmalotus wrote: Thu Dec 03, 2020 11:17 oh iya, untuk 2KD matic saya pakai ATF Aisin AFW+, ini masa pakai 20.000 km ya? setelah itu apakah flushing ulang lagi?
lalu oli gardan saya pakai eneos 80w90, ini ganti lagi brp KM ya?
kl di inofa bensin saya, pake AFW+ jg, pas saya iseng tap di 15 rebu, warna atf nya masi bagusss bangett, mirip kaya yg baru dituang dari botol baru nya
gardan ganti di 30 rebu aj.. kcuali om sering ngebut 180 kph tiap ari, ngangkut 5 igun tiap ari, trus jakarta - bali pp 2 hari skali.. ini baru tiap 10 rebu km
mbah, kl ac60e di tcm nya ada parameter "atf thermal degradation" yg angkanya dr min 0 sampai max 65000. kl udah diatas 50000 hrs ganti atf.DOHC wrote: Thu Dec 03, 2020 11:29
kl trakir ud flushing, nanti pas 20 rebu di tap n fill aj om
kl di inofa bensin saya, pake AFW+ jg, pas saya iseng tap di 15 rebu, warna atf nya masi bagusss bangett, mirip kaya yg baru dituang dari botol baru nya
gardan ganti di 30 rebu aj.. kcuali om sering ngebut 180 kph tiap ari, ngangkut 5 igun tiap ari, trus jakarta - bali pp 2 hari skali.. ini baru tiap 10 rebu km
Mbah suhu, nilai itu juga bisa muncul nggak di njes nya?Omnibus wrote:mbah, kl ac60e di tcm nya ada parameter "atf thermal degradation" yg angkanya dr min 0 sampai max 65000. kl udah diatas 50000 hrs ganti atf.DOHC wrote: Thu Dec 03, 2020 11:29
kl trakir ud flushing, nanti pas 20 rebu di tap n fill aj om
kl di inofa bensin saya, pake AFW+ jg, pas saya iseng tap di 15 rebu, warna atf nya masi bagusss bangett, mirip kaya yg baru dituang dari botol baru nya
gardan ganti di 30 rebu aj.. kcuali om sering ngebut 180 kph tiap ari, ngangkut 5 igun tiap ari, trus jakarta - bali pp 2 hari skali.. ini baru tiap 10 rebu km
nah sy kan ganti pas service 1000 km, skrg udah jalan 8k km nih, kirain sy msh di angka 20 rban ga taunya udah 58000 mbah. pas kemarin abis ganti atf sy mau ngereset kan balikin ke 0 lagi, sampe kaget angkanya segitu.
*ga ngebut tiap ari, ga bawa koper tiap hari, pake ke bali baru sekali.
nih padahal tdk ada record torque converter pernah overheat (tulisannya off tuh)
pigimana ntu mbah? apa krn tiap drain n fill cuma keluar 2.5-2.8L doang makanya disuruh lebih sering?
Omnibus wrote: Thu Dec 03, 2020 13:57mbah, kl ac60e di tcm nya ada parameter "atf thermal degradation" yg angkanya dr min 0 sampai max 65000. kl udah diatas 50000 hrs ganti atf.DOHC wrote: Thu Dec 03, 2020 11:29
kl trakir ud flushing, nanti pas 20 rebu di tap n fill aj om
kl di inofa bensin saya, pake AFW+ jg, pas saya iseng tap di 15 rebu, warna atf nya masi bagusss bangett, mirip kaya yg baru dituang dari botol baru nya
gardan ganti di 30 rebu aj.. kcuali om sering ngebut 180 kph tiap ari, ngangkut 5 igun tiap ari, trus jakarta - bali pp 2 hari skali.. ini baru tiap 10 rebu km
nah sy kan ganti pas service 1000 km, skrg udah jalan 8k km nih, kirain sy msh di angka 20 rban ga taunya udah 58000 mbah. pas kemarin abis ganti atf sy mau ngereset kan balikin ke 0 lagi, sampe kaget angkanya segitu.
*ga ngebut tiap ari, ga bawa koper tiap hari, pake ke bali baru sekali.
IMG_20201128_130125.jpg
nih padahal tdk ada record torque converter pernah overheat (tulisannya off tuh)
IMG_20201128_130115.jpg
pigimana ntu mbah? apa krn tiap drain n fill cuma keluar 2.5-2.8L doang makanya disuruh lebih sering?
aman om ga ada ... cuma ya itu yg pernah sy bilang dulu hati2 tiba2 ada serutan besi di drain plug magnet.
halahh scanner aftermarket cungkuo juga, podo ae kang mas mbah rektor ...marmut wrote: Thu Dec 03, 2020 15:07
puyeng bacanya.....
apalagi liat scannernya makin puyeng.
bakar kemenyan dulu mumpung malem jumat. sapa tau jadi khatam urusan ATF dan permobilan.
menyan madu, ada.
menyan arab, ada.
menyan putih, ada.
dupa, ada.
kantil kuning kantil putih, ada.
kopi, banyak.
cerutu jember, ada.
tinggal roti sumbu yang belum mateng.......
![]()
Ini ATF Amsoil nya sudah masuk berapa % mbah? Ta kirain pakai ATF keraton bisa lebih panjang lagi jarak tempuh & periodik gantinya. Btw klaim si Amsoil bisa berapa jauh yah pakai ATF ini?Omnibus wrote:mbah, kl ac60e di tcm nya ada parameter "atf thermal degradation" yg angkanya dr min 0 sampai max 65000. kl udah diatas 50000 hrs ganti atf.DOHC wrote: Thu Dec 03, 2020 11:29
kl trakir ud flushing, nanti pas 20 rebu di tap n fill aj om
kl di inofa bensin saya, pake AFW+ jg, pas saya iseng tap di 15 rebu, warna atf nya masi bagusss bangett, mirip kaya yg baru dituang dari botol baru nya
gardan ganti di 30 rebu aj.. kcuali om sering ngebut 180 kph tiap ari, ngangkut 5 igun tiap ari, trus jakarta - bali pp 2 hari skali.. ini baru tiap 10 rebu km
nah sy kan ganti pas service 1000 km, skrg udah jalan 8k km nih, kirain sy msh di angka 20 rban ga taunya udah 58000 mbah. pas kemarin abis ganti atf sy mau ngereset kan balikin ke 0 lagi, sampe kaget angkanya segitu.
*ga ngebut tiap ari, ga bawa koper tiap hari, pake ke bali baru sekali.
nih padahal tdk ada record torque converter pernah overheat (tulisannya off tuh)
pigimana ntu mbah? apa krn tiap drain n fill cuma keluar 2.5-2.8L doang makanya disuruh lebih sering?
justru itu pikiran sy sama sama om benzbenzz89 wrote: Thu Dec 03, 2020 15:40 Ini ATF Amsoil nya sudah masuk berapa % mbah? Ta kirain pakai ATF keraton bisa lebih panjang lagi jarak tempuh & periodik gantinya. Btw klaim si Amsoil bisa berapa jauh yah pakai ATF ini?
Baca2 di botolnya biasanya klaimnya bisa 2x lipat dari oli2 bawaan pabrikan pada umumnya (kelas2 dibawahnya) tapi ini baru 7 ribu KM sudah harus diganti? Bakar obat nyamuk dulu deh, dari tadi garuk2 kepala terus padahal gak gatel [emoji849]
hmmOmnibus wrote: Thu Dec 03, 2020 13:57mbah, kl ac60e di tcm nya ada parameter "atf thermal degradation" yg angkanya dr min 0 sampai max 65000. kl udah diatas 50000 hrs ganti atf.DOHC wrote: Thu Dec 03, 2020 11:29
kl trakir ud flushing, nanti pas 20 rebu di tap n fill aj om
kl di inofa bensin saya, pake AFW+ jg, pas saya iseng tap di 15 rebu, warna atf nya masi bagusss bangett, mirip kaya yg baru dituang dari botol baru nya
gardan ganti di 30 rebu aj.. kcuali om sering ngebut 180 kph tiap ari, ngangkut 5 igun tiap ari, trus jakarta - bali pp 2 hari skali.. ini baru tiap 10 rebu km
nah sy kan ganti pas service 1000 km, skrg udah jalan 8k km nih, kirain sy msh di angka 20 rban ga taunya udah 58000 mbah. pas kemarin abis ganti atf sy mau ngereset kan balikin ke 0 lagi, sampe kaget angkanya segitu.
*ga ngebut tiap ari, ga bawa koper tiap hari, pake ke bali baru sekali.
IMG_20201128_130125.jpg
nih padahal tdk ada record torque converter pernah overheat (tulisannya off tuh)
IMG_20201128_130115.jpg
pigimana ntu mbah? apa krn tiap drain n fill cuma keluar 2.5-2.8L doang makanya disuruh lebih sering?
ok bahasan seriusOmnibus wrote: Thu Dec 03, 2020 16:22justru itu pikiran sy sama sama om benzbenzz89 wrote: Thu Dec 03, 2020 15:40 Ini ATF Amsoil nya sudah masuk berapa % mbah? Ta kirain pakai ATF keraton bisa lebih panjang lagi jarak tempuh & periodik gantinya. Btw klaim si Amsoil bisa berapa jauh yah pakai ATF ini?
Baca2 di botolnya biasanya klaimnya bisa 2x lipat dari oli2 bawaan pabrikan pada umumnya (kelas2 dibawahnya) tapi ini baru 7 ribu KM sudah harus diganti? Bakar obat nyamuk dulu deh, dari tadi garuk2 kepala terus padahal gak gatel [emoji849]
yg masuk sdh 8 botol, kira2 konsentrasi 75%.
kemarin atf yg baru masuk lagi 3L trus mobil sy bawa jalan beli kopi pp 15km-an, sampe rumah dicek lagi eh itu argo sdh jalan 800an.
sebetulnya sy ga tau krn ga ada data pembanding antara pakai atf ini sm toyota ws originalnya. mungkin aja sama2 argo kuda.
trus kemaren sy juga ganti oli mesin (OCI 8k juga) krn mau dipake road trip jauh lagi. olinya udah item lho. padahal waktu OCI 5k sy cek msh belom item. dgn kapasitas oli 2x mobil pada umumnya berarti maintenance cost anf ini 2x nya juga kl sama2 mau OCI 8k. tadinya harapan sy minimal 10k-12k gitu jd agak worth it.
mungkin ada yg berpendapat oli diesel pasti hitam tp krn mobil mau sy bawa jauh ya sy juga pengen enak di jalan. meskipun itu oli bekas di ember penampungan setiap saya lirik kuping sy mendengar "tiawlak tuh, tiawlak tuh"![]()
nah hebatnya ini amsoil bikin ga pengen pindah ke merk lain. shift nya cepet, smooth, kl pake tiptronic ga ada slip, ane sih demennn pake banget.DOHC wrote: Thu Dec 03, 2020 16:25
hmm
mungkin itu artinya si ac60e ga bole dikasi yg mahal2
lagian rugi bandar donk mbah, ud mahal2 umur nya cuman 8000
mending skalian yg murmer kaya saya punya si aisin.. sisa duit nya bsa buat masas![]()
![]()
DOHC wrote: Thu Dec 03, 2020 16:31
ok bahasan serius
kl mnurut saya, mungkin itu ad glitch aj seh mbah antara record di TCM dan real nya.. jd mungkin si TCM ngukur angka nya itu berdasarkan algoritma nya sendiri (e.g nginjek pedal to metal = nambah 10 rebu point, shifting ke S mode = nambah 15 rebu point, etc) , sdgkan si fluid nya masi bagus.. makanya mo pake toyota WS, amsoil yah sami mawon
lagian kl seandai nya bener tiap 8000 - 10 rebu km musti ganti atf, mending skalian beli baling2 seken mbah.. perawatan sama ribet nya , mahal nya tp gengsi ama shir drivin plisur nya lebi dapet ... apalagi ini branding toyota, masa letoy amat bikin girbok, buat mobil perang pula
mengenai oli mesin.. saya jg ngalamin koq mbah di inofa bensin.. sblom roadtrip kmaren saya gnti, tadi pagi pas dicek, ud lmayan gelap padahal odo baru kepake jalan 1400 km.. cuman untung nya, kl saya ganti pun, tuh oli jg cuman teriak2 "lakpe lakpeceng" doank, bahkan kl dicampur ama atf, teriakan nya cuman "kaope kaopeceng" doank, jadi yah masi gapapa![]()
btw lg, mengenai si ac60e, waktu kmaren roadtrip, saya ngerasa ini girbok jg rada aneh sehh behavior nya.. kaya rada susah ditebak.
misal, kadang lari 130 kph, rpm manteng di 2500, tp kadang bsa downshift sendiri terus ketahan lmayan lama di 3000 rpm.. terus kadang mo nyalip enak lgs ngisi, kadang musti ampe kickdown heboh. Serius, ini satu2 nya mobil metik yg kaya punya otak sendiri di girbok nya, aneh banget, susah ditebak perangai nya
Dl waktu masi pake WS bawaan, lebi ngawur lg mbah, tol dalkot aj sering malesin banget nyalip, gas diinjek yg ad mesin lgs meraung2 lama baru downshift.. lg cruising trus d bejeg pelan jg respon nya kaya selip gtOmnibus wrote: Thu Dec 03, 2020 16:43DOHC wrote: Thu Dec 03, 2020 16:31
ok bahasan serius
kl mnurut saya, mungkin itu ad glitch aj seh mbah antara record di TCM dan real nya.. jd mungkin si TCM ngukur angka nya itu berdasarkan algoritma nya sendiri (e.g nginjek pedal to metal = nambah 10 rebu point, shifting ke S mode = nambah 15 rebu point, etc) , sdgkan si fluid nya masi bagus.. makanya mo pake toyota WS, amsoil yah sami mawon
lagian kl seandai nya bener tiap 8000 - 10 rebu km musti ganti atf, mending skalian beli baling2 seken mbah.. perawatan sama ribet nya , mahal nya tp gengsi ama shir drivin plisur nya lebi dapet ... apalagi ini branding toyota, masa letoy amat bikin girbok, buat mobil perang pula
mengenai oli mesin.. saya jg ngalamin koq mbah di inofa bensin.. sblom roadtrip kmaren saya gnti, tadi pagi pas dicek, ud lmayan gelap padahal odo baru kepake jalan 1400 km.. cuman untung nya, kl saya ganti pun, tuh oli jg cuman teriak2 "lakpe lakpeceng" doank, bahkan kl dicampur ama atf, teriakan nya cuman "kaope kaopeceng" doank, jadi yah masi gapapa![]()
btw lg, mengenai si ac60e, waktu kmaren roadtrip, saya ngerasa ini girbok jg rada aneh sehh behavior nya.. kaya rada susah ditebak.
misal, kadang lari 130 kph, rpm manteng di 2500, tp kadang bsa downshift sendiri terus ketahan lmayan lama di 3000 rpm.. terus kadang mo nyalip enak lgs ngisi, kadang musti ampe kickdown heboh. Serius, ini satu2 nya mobil metik yg kaya punya otak sendiri di girbok nya, aneh banget, susah ditebak perangai nya![]()
betul bgt mbah algoritma nya dia parno sekali ngitungnya secara ane banyak jg kemaren power mode on, sport mode on, esp/traction control off (emang kaga ada), ngoper gigi tiptronic mulu tiap mau nyalip ane downshift manual. enak banget.... eh argo kuda.
kl kaya punya otak sendiri sih ane sama sekali ga ada mbah. even di mode D full otomatis n power mode off juga ga pernah dia downshift kecuali ane gas kickdown. nurut bgt ane suka lah kl performance wise.
Nubie musatek numpang jawap yaDat510 wrote: Fri Dec 04, 2020 5:55 Suhu2 mbah2 mau tanya, kalau oli gardan itu bisa pake oli transmisi manual ngga si selama viscosity nya sama?
Klo Oli Q8 ini gimana:
Capture.JPG
Capture2.JPG
Itu Q8 udah GL-5 si mbah, berarti bisa yah, buat gardan E46 standard aja bukan LSD.DOHC wrote: Fri Dec 04, 2020 8:07Nubie musatek numpang jawap yaDat510 wrote: Fri Dec 04, 2020 5:55 Suhu2 mbah2 mau tanya, kalau oli gardan itu bisa pake oli transmisi manual ngga si selama viscosity nya sama?
Klo Oli Q8 ini gimana:
Capture.JPG
Capture2.JPG
Utk gardan biasanya wajip comply GL-5 .. malah utk kekentelan masi lebi tolerir
Dan liat jg gardan nya pake LSD ga, kl iya, maka wajip yg comply ke LSD spec
lohh baling2 gardan nya belom LSD yahDat510 wrote: Fri Dec 04, 2020 8:10Itu Q8 udah GL-5 si mbah, berarti bisa yah, buat gardan E46 standard aja bukan LSD.DOHC wrote: Fri Dec 04, 2020 8:07Nubie musatek numpang jawap yaDat510 wrote: Fri Dec 04, 2020 5:55 Suhu2 mbah2 mau tanya, kalau oli gardan itu bisa pake oli transmisi manual ngga si selama viscosity nya sama?
Klo Oli Q8 ini gimana:
Capture.JPG
Capture2.JPG
Utk gardan biasanya wajip comply GL-5 .. malah utk kekentelan masi lebi tolerir
Dan liat jg gardan nya pake LSD ga, kl iya, maka wajip yg comply ke LSD spec
DOHC wrote: Fri Dec 04, 2020 10:07lohh baling2 gardan nya belom LSD yahDat510 wrote: Fri Dec 04, 2020 8:10Itu Q8 udah GL-5 si mbah, berarti bisa yah, buat gardan E46 standard aja bukan LSD.DOHC wrote: Fri Dec 04, 2020 8:07
Nubie musatek numpang jawap ya
Utk gardan biasanya wajip comply GL-5 .. malah utk kekentelan masi lebi tolerir
Dan liat jg gardan nya pake LSD ga, kl iya, maka wajip yg comply ke LSD spec![]()
![]()
d buku primbon nya ga dtulis spek nya om ?
Non M masih non-LSD mbah, klo di buku primbon transmission oil & differential oil lifetime, no oil change required.DOHC wrote: Fri Dec 04, 2020 10:07lohh baling2 gardan nya belom LSD yahDat510 wrote: Fri Dec 04, 2020 8:10Itu Q8 udah GL-5 si mbah, berarti bisa yah, buat gardan E46 standard aja bukan LSD.DOHC wrote: Fri Dec 04, 2020 8:07
Nubie musatek numpang jawap ya
Utk gardan biasanya wajip comply GL-5 .. malah utk kekentelan masi lebi tolerir
Dan liat jg gardan nya pake LSD ga, kl iya, maka wajip yg comply ke LSD spec![]()
![]()
d buku primbon nya ga dtulis spek nya om ?
Seliter juga masih sisa, haha..marmut wrote: Fri Dec 04, 2020 10:37
itu mobil orang pelit mbah. gatau sama apa enggak dengan e36, masa oli gardan cuma seliter?
yang punya toko oli kapan bisa liburan ke bali kalo kaya gitu?
![]()
serius cuman sliter mbah ? itu mobil apa girbok astrea grandmarmut wrote: Fri Dec 04, 2020 10:37
itu mobil orang pelit mbah. gatau sama apa enggak dengan e36, masa oli gardan cuma seliter?
yang punya toko oli kapan bisa liburan ke bali kalo kaya gitu?
![]()