kalau dibandingkan dengan forester gen sebelumnya memang lebih 'badak' yg yang gen3 karena masih menggunakan transmisi AT.
sedangkan gen 4 sudah menggunakan CVT dimana lebih smooth perpindahan giginya dan lebih hemat konsumsi BBM nya,tetapi khas nya CVT bukan untuk penggunaan kasar ( disiksa), karena konstruksi transmisi CVT itu tanpa roda gigi berbeda dengan AT yang mempunyai roda gigi.
Jadi resiko slip pada transmisi atau rusak pada CVT lebih besar ketimbang AT.
kalau penggunaan normal, atau sekedar adventuran 'light offroad' CVTnya masih oke lah, asal dijaga tempt CVT jangan sampai over heat dan lakukan perawatan penggantian oli CVT secara teratur.
Kalau mau yg agak bandel ya silahkan ambil yg gen 3 yang masih pake AT.
untuk konsumsi BBM jauh lebih boros yang gen3.
kebetulan saya pake yg gen4, konsumsi dalkot 1/10, cruising tol 1/14-15.
oiya,..sy juga ini forester XT jadi mobil harian alias mobil satu2nya dirumah, walaupun ga di pake harian sih karena kalau kerja saya lebih suka naik motor
tambahannya menurut sy,
Kelebihannya :
1.Antimainstream
2. Penggerak AWD /All Wheel Drive.
3. Visibilitas nya Perfect.
4. Mesin Boxer 2.000 cc tenaga 240HP. torsi 350Nm
5. Panoramic Sunroof.
6. Audio Harman Kardon
7. Power tailgate
dll
kelemahannya :
1. bengkel resmi nya cuma 1 di JKT ( bengkel alternatif sih banyak di temen2 komunitas)
2. minumnya 'harus' Pertamax turbo / Shell Vpower
3. CVT
semoga membantu om,..tks