Subaru Forester 2.0 XT for Daily Car?

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

donrichard
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Sat Aug 08, 2020 16:07
Location: Jakarta

Subaru Forester 2.0 XT for Daily Car?

Post by donrichard »

Halo teman2 SM, jadi saya ingin meminang sebuah mobil dan mau minta saran dan informasi soal Subaru Forester 2.0 XT gen 4 2013 sebagai daily car gimana ya? dan untuk mesinnya apakah sebadak forester generasi sebelumnya?

Sekedar info tentang saya yg mgkn bisa jadi petimbangan:
- penggunaan mobil bakal lama at least 5 thn
- belum menikah :big_smile]
- mobil perang saat ini ANGL 1.5 MT
- cari yg fun to drive, rigid
- tidak keberatan kalau harus ron 98/95 atau oli API SP
- ada kemungkinan walau tidak pasti, forester jadi mobil satu2nya di garasi

dan untuk user forester gen 4, ada yg pernah upgrade engine >400nm dan CVT nya leaking kah? saya liat spek trans cuma tahan segitu dan diluar katanya sering ada cvt leaking entah mgkn udah stage 2/3 (america market), sempet liat sti edition(same engine n power) yg di aussie dapet cvt cooler sepertinya pengen dipasangin jg kalo jadi angkut ini

Mohon ijin tag suhu @haristk7 , @ChZ dan @madcat015 :big_childish:
HaykelAdityawarman
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 290
Joined: Wed Mar 06, 2019 2:15
Location: Greater Jakarta
Daily Vehicle: 2024 Honda DD1 - 2019 Honda RU1

Re: Subaru Forester 2.0 XT for Daily Car?

Post by HaykelAdityawarman »

Ane kenal ada yang pakai Forester 2.0 gen ini sebagai mobil dinasnya, so far so good ga pernah ada keluhan yang berarti. Apalagi dengan info yang om kasih, klo ane jadi om sih ane go for it.
Odd: 2024 DD1 L12B CVT
Even: 2019 RU1 L15Z CVT

In memoriam:
2015 A03A 3A92 5MT
2008 CY4A 4B11 CVT
2003 E46 M54B25 5AT
1994 E36 M50B20 5MT
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16678
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Subaru Forester 2.0 XT for Daily Car?

Post by ChZ »

subaru kasih perhatian lebih ke CVTnya. apalagi ini turbocharged dan berat karena AWD.

subaru punya CVT terkenal agak lemah.

kedua kalau mau jadi mobil satu satunya pertimbangkan juga :

- ada bengkel yang punya akses ke parts subaru tanpa harus indent lama-lama. kalau di jakarta bengkel resminya setahu saya masih beroperasi. tapi kalaupun tidak biasanya bengkel yang pegang performance cars pasti pernah pegang WRX STi lah...

- sialnya ini mesin subaru benar-benar baru. FA-series direct injection, beda dengan EJ di older models yang partsnya mungkin jauh lebih aksesibel walau terkenal dengan head gasket problem. mobil ini meluncur setahun persis sebelum MI Indonesia kena lawsuit dan menyatakan bankrupt. jadi soal parts harus agak-agak bersabar.

- tidak menyusahkan mobilitas diri sendiri dan keluarga kalau tetiba harus nginep beberapa hari atau bulan. minimal ada keluarga yang bisa dipinjam atau tidak keberatan rent mobil atau bengkel resmi bersedia menyediakan mobil pengganti.

- kalau suka berburu parts sampai ke SG atau MY populasi subie setahu sy lumayan banyak...

subaru di LN terkenal mobil yang sangat robust dan kuat sih, juga terkenal sangat capable sebagai adventurer... dan FXT gen 4 ini memang menarik karena bentuknya lebih modern. saya aja naksir...

tp kalau mempertimbangkan segala kemudahan dan reliability, sepertinya better off dengan FXT gen 3... lebih banyak populasinya dan lebih common juga partsnya. mesin masih EJ series, transmisi masih 5-AT.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
gaspol
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 439
Joined: Sun Nov 25, 2012 16:19

Re: Subaru Forester 2.0 XT for Daily Car?

Post by gaspol »

Forester gen 3 bukannya matic 4 speed?
Iandhay
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Fri Jun 22, 2018 14:21
Daily Vehicle: Juke

Re: Subaru Forester 2.0 XT for Daily Car?

Post by Iandhay »

kalau dibandingkan dengan forester gen sebelumnya memang lebih 'badak' yg yang gen3 karena masih menggunakan transmisi AT.
sedangkan gen 4 sudah menggunakan CVT dimana lebih smooth perpindahan giginya dan lebih hemat konsumsi BBM nya,tetapi khas nya CVT bukan untuk penggunaan kasar ( disiksa), karena konstruksi transmisi CVT itu tanpa roda gigi berbeda dengan AT yang mempunyai roda gigi.
Jadi resiko slip pada transmisi atau rusak pada CVT lebih besar ketimbang AT.

kalau penggunaan normal, atau sekedar adventuran 'light offroad' CVTnya masih oke lah, asal dijaga tempt CVT jangan sampai over heat dan lakukan perawatan penggantian oli CVT secara teratur.
Kalau mau yg agak bandel ya silahkan ambil yg gen 3 yang masih pake AT.

untuk konsumsi BBM jauh lebih boros yang gen3.
kebetulan saya pake yg gen4, konsumsi dalkot 1/10, cruising tol 1/14-15.

oiya,..sy juga ini forester XT jadi mobil harian alias mobil satu2nya dirumah, walaupun ga di pake harian sih karena kalau kerja saya lebih suka naik motor :big_grin:
tambahannya menurut sy,
Kelebihannya :
1.Antimainstream
2. Penggerak AWD /All Wheel Drive.
3. Visibilitas nya Perfect.
4. Mesin Boxer 2.000 cc tenaga 240HP. torsi 350Nm
5. Panoramic Sunroof.
6. Audio Harman Kardon
7. Power tailgate
dll

kelemahannya :
1. bengkel resmi nya cuma 1 di JKT ( bengkel alternatif sih banyak di temen2 komunitas)
2. minumnya 'harus' Pertamax turbo / Shell Vpower
3. CVT

semoga membantu om,..tks