Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3450
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by maastricht889 »

bambangwijanarka wrote: Wed Oct 28, 2020 5:49
erwinign wrote:
bambangwijanarka wrote: Wed Oct 28, 2020 5:39 Ya om DOHC, mau ganti oli pake PTT 10 - 40 ternyata semi sintetik jg,bukan full sintetik,kirain full sintetik. Harusnya ga masalah ya.
Mobil apaom yg mau digantiin 10-40 kl bole tau?
Mesin F 10 A di karimun kotak om,sudah hampir 20 thn umurnya[emoji28]
Wah sy juga penasaran ini om mesin karbu F10A gini bs dikasi seencer apa ya olinya :big_biglaugh: kl memang bs enceran lumayan soalnya, ga ada lari2nya samsek kl dalkot ini karimun+boros kalo olinya kentel2 buat mesin unyil begini
bambangwijanarka
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Fri Sep 11, 2020 4:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by bambangwijanarka »

erwinign wrote:
bambangwijanarka wrote: Wed Oct 28, 2020 5:49
erwinign wrote: Mobil apaom yg mau digantiin 10-40 kl bole tau?
Mesin F 10 A di karimun kotak om,sudah hampir 20 thn umurnya[emoji28]
Wah sy juga penasaran ini om mesin karbu F10A gini bs dikasi seencer apa ya olinya :big_biglaugh: kl memang bs enceran lumayan soalnya, ga ada lari2nya samsek kl dalkot ini karimun+boros kalo olinya kentel2 buat mesin unyil begini
Pernah iseng nyoba pake 5 - 40 merk kerang,memang larinya jadi agak enteng dibanding pake 10 - 40,tapi suaranya jadi kaya agak kasar.Jadi mau balik ke 10 - 40 aja soalnya suaranya lebih ga berisik.
bambangwijanarka
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Fri Sep 11, 2020 4:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by bambangwijanarka »


DOHC wrote:
bambangwijanarka wrote: Wed Oct 28, 2020 5:39
DOHC wrote: Kl alesan nya kerapetan

Antara bener dan tidak.. di +62 bener, krn pabrikan oli d marih rata2 ga ad yg jual oli full syn kentel (ad seh tp jarang, sperti fastron ungu, Q8, dkk), tp d luar negeri berjibun buntut 50-60 full syn

Tp kl alesan lain nya, sperti bkin seal bocor yah ga bener

Kcuali mobil nya itu masi kluaran taon 50an, dan blom perna ganti seal samsek
Ya om DOHC, mau ganti oli pake PTT 10 - 40 ternyata semi sintetik jg,bukan full sintetik,kirain full sintetik. Harusnya ga masalah ya.
Kl saya pribadi yah

Justru kl seal rembes atau bocor, malah saya ganti, toh labor cost di sini murah pake banget koq.. knapa malah harus lari ke oli kentel, tarikan jd berat, bensin boros..

D luar negeri jd momok krn ongkos ganti seal terkadang lebi mahal dr harga tu mobil tua

Btw, kl mobil2 kluaran 10-20 an taon kebelkang mah ga masalah pake oli full syn..

Sdikit intermeso, saya perna baca buku primbon Volkswagen golf mak 4, yg dmana masa edar nya kira2 20 taon yg lalu, dsitu aj d tulis oli full syn dgn kekentelan 10-30 / 40


#bukan propesor oli
# ga ngaku propesor jg
# asemreges enthusiast
Siap om,makasih infonya[emoji3]
themo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: Tue Jan 24, 2017 12:04

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by themo »

permisi om, mobil brv 2017 km jalan 40ribuan udah waktunya ganti oli. oli sekarang yg dipakai ptt 0w20 sn+ cuma tadi cek diofficial store pada kosong. adanya ptt 0w20 yg eco. kalau ganti ke ptt 0w30 sp efeknya apa ya?apa hanya tarikan jadi agak berat? ditawarin bos td motor amsoil oe 0w20 yg tutup ijo. mending pilih mana ya?
Or4cle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1312
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Or4cle »

erwinign wrote: Wed Oct 28, 2020 5:55
bambangwijanarka wrote: Wed Oct 28, 2020 5:49
erwinign wrote:
Mobil apaom yg mau digantiin 10-40 kl bole tau?
Mesin F 10 A di karimun kotak om,sudah hampir 20 thn umurnya[emoji28]
Wah sy juga penasaran ini om mesin karbu F10A gini bs dikasi seencer apa ya olinya :big_biglaugh: kl memang bs enceran lumayan soalnya, ga ada lari2nya samsek kl dalkot ini karimun+boros kalo olinya kentel2 buat mesin unyil begini
Karimun kotak kudu diganti header-nya ...
Header bawaan pabrik desainnya benar-benar menghambat aliran gas buang, bentuknya mirip sisir , aliran buang bertabrakan mantul balik.
Jika di-desaign ulang dijamin 100% jadi resing :big_okay:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
billi
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 204
Joined: Sun Feb 22, 2015 13:01

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by billi »

Om, PTT eco 0w20 API SN jalan 2500km / 5 bulan, bbm full premium di 1.2 3NR-VE MT, driving style jarang lebi 3000 rpm.

Sebaik nya lanjut atau siap2 kuras ya?
Saat ini yg dirasakan suara makin halus dan ringan (banding baru ganti oli).
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12534
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Suryaputra »

bambangwijanarka wrote: Wed Oct 28, 2020 6:07
DOHC wrote:
bambangwijanarka wrote: Wed Oct 28, 2020 5:39 Ya om DOHC, mau ganti oli pake PTT 10 - 40 ternyata semi sintetik jg,bukan full sintetik,kirain full sintetik. Harusnya ga masalah ya.
Kl saya pribadi yah

Justru kl seal rembes atau bocor, malah saya ganti, toh labor cost di sini murah pake banget koq.. knapa malah harus lari ke oli kentel, tarikan jd berat, bensin boros..

D luar negeri jd momok krn ongkos ganti seal terkadang lebi mahal dr harga tu mobil tua

Btw, kl mobil2 kluaran 10-20 an taon kebelkang mah ga masalah pake oli full syn..

Sdikit intermeso, saya perna baca buku primbon Volkswagen golf mak 4, yg dmana masa edar nya kira2 20 taon yg lalu, dsitu aj d tulis oli full syn dgn kekentelan 10-30 / 40


#bukan propesor oli
# ga ngaku propesor jg
# asemreges enthusiast
Siap om,makasih infonya[emoji3]
setujuh sama mbah suhu omkelep DOHC

themo wrote: Wed Oct 28, 2020 6:11 permisi om, mobil brv 2017 km jalan 40ribuan udah waktunya ganti oli. oli sekarang yg dipakai ptt 0w20 sn+ cuma tadi cek diofficial store pada kosong. adanya ptt 0w20 yg eco. kalau ganti ke ptt 0w30 sp efeknya apa ya?apa hanya tarikan jadi agak berat? ditawarin bos td motor amsoil oe 0w20 yg tutup ijo. mending pilih mana ya?
klo dah biasa pakai 0w20 mah, gak perlu pindah lagi ke yg lbh kentel :big_grin:

Amsoil OE itu kelasnya mirip koq sm PTT 0w20 API SP.
sikat ajah.
asli made in USA itu, pabrik amsoil cmn di sono doang, belum buka di negara lain.
lbh murah jg kan 130rb per quart?

billi wrote: Wed Oct 28, 2020 6:28 Om, PTT eco 0w20 API SN jalan 2500km / 5 bulan, bbm full premium di 1.2 3NR-VE MT, driving style jarang lebi 3000 rpm.

Sebaik nya lanjut atau siap2 kuras ya?
Saat ini yg dirasakan suara makin halus dan ringan (banding baru ganti oli).
buang ajah di 7 bulan, om.
pikiran lbh tenang, harga oli gak seberapa, mesin jg awet :D
ganti ke PTT 0w20 eco API SP, lbh kekinian :big_grin:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by DOHC »

bambangwijanarka wrote: Wed Oct 28, 2020 6:00
erwinign wrote:
bambangwijanarka wrote: Wed Oct 28, 2020 5:49

Mesin F 10 A di karimun kotak om,sudah hampir 20 thn umurnya[emoji28]
Wah sy juga penasaran ini om mesin karbu F10A gini bs dikasi seencer apa ya olinya :big_biglaugh: kl memang bs enceran lumayan soalnya, ga ada lari2nya samsek kl dalkot ini karimun+boros kalo olinya kentel2 buat mesin unyil begini
Pernah iseng nyoba pake 5 - 40 merk kerang,memang larinya jadi agak enteng dibanding pake 10 - 40,tapi suaranya jadi kaya agak kasar.Jadi mau balik ke 10 - 40 aja soalnya suaranya lebih ga berisik.
Kerang yah

Seumur2 cuman perna cobain yg HX8 d mobil kesayangan saya, OGL HR15DE, nguap gila2an dan suara mesin makin lama makin kasar

Padabal.oli2 laen nya saya cekokin ke tu mesin ga perna ampe kaya bgt

Mungkin saya emg ga jodoh kl ama tjap kerang
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12534
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Suryaputra »

DOHC wrote: Wed Oct 28, 2020 6:59
bambangwijanarka wrote: Wed Oct 28, 2020 6:00
erwinign wrote:
Wah sy juga penasaran ini om mesin karbu F10A gini bs dikasi seencer apa ya olinya :big_biglaugh: kl memang bs enceran lumayan soalnya, ga ada lari2nya samsek kl dalkot ini karimun+boros kalo olinya kentel2 buat mesin unyil begini
Pernah iseng nyoba pake 5 - 40 merk kerang,memang larinya jadi agak enteng dibanding pake 10 - 40,tapi suaranya jadi kaya agak kasar.Jadi mau balik ke 10 - 40 aja soalnya suaranya lebih ga berisik.
Kerang yah

Seumur2 cuman perna cobain yg HX8 d mobil kesayangan saya, OGL HR15DE, nguap gila2an dan suara mesin makin lama makin kasar

Padabal.oli2 laen nya saya cekokin ke tu mesin ga perna ampe kaya bgt

Mungkin saya emg ga jodoh kl ama tjap kerang
cap kerangnya jgn bikinan lokal mbah, mahal krn buat nutup marketing cost :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by DOHC »

Suryaputra wrote: Wed Oct 28, 2020 7:02
DOHC wrote: Wed Oct 28, 2020 6:59
bambangwijanarka wrote: Wed Oct 28, 2020 6:00 Pernah iseng nyoba pake 5 - 40 merk kerang,memang larinya jadi agak enteng dibanding pake 10 - 40,tapi suaranya jadi kaya agak kasar.Jadi mau balik ke 10 - 40 aja soalnya suaranya lebih ga berisik.
Kerang yah

Seumur2 cuman perna cobain yg HX8 d mobil kesayangan saya, OGL HR15DE, nguap gila2an dan suara mesin makin lama makin kasar

Padabal.oli2 laen nya saya cekokin ke tu mesin ga perna ampe kaya bgt

Mungkin saya emg ga jodoh kl ama tjap kerang
cap kerangnya jgn bikinan lokal mbah, mahal krn buat nutup marketing cost :big_biglaugh:
Jaman itu tjap kerang nya utk yg botol abu2 masi import singapur atau malon mbah
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12534
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Suryaputra »

DOHC wrote: Wed Oct 28, 2020 7:29
Suryaputra wrote: Wed Oct 28, 2020 7:02
DOHC wrote: Wed Oct 28, 2020 6:59

Kerang yah

Seumur2 cuman perna cobain yg HX8 d mobil kesayangan saya, OGL HR15DE, nguap gila2an dan suara mesin makin lama makin kasar

Padabal.oli2 laen nya saya cekokin ke tu mesin ga perna ampe kaya bgt

Mungkin saya emg ga jodoh kl ama tjap kerang
cap kerangnya jgn bikinan lokal mbah, mahal krn buat nutup marketing cost :big_biglaugh:
Jaman itu tjap kerang nya utk yg botol abu2 masi import singapur atau malon mbah
ada produk keraton impor shell baru tuh di spbu:
- 0w40 shell helix power
- 0w20 shell helix ultra
:mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
themo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: Tue Jan 24, 2017 12:04

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by themo »

Suryaputra wrote: Wed Oct 28, 2020 6:38 klo dah biasa pakai 0w20 mah, gak perlu pindah lagi ke yg lbh kentel :big_grin:

Amsoil OE itu kelasnya mirip koq sm PTT 0w20 API SP.
sikat ajah.
asli made in USA itu, pabrik amsoil cmn di sono doang, belum buka di negara lain.
lbh murah jg kan 130rb per quart?
iya om lebih murah juga :big_biglaugh:
sebenernya oli kayak q8 0w20, ptt 0w20 sn+ bisa dipake berapa lama om? soalnya saya tiap 6 bulan ganti oli. meskipun secara KM baru 5rb-6rb. belum berani pake sampai 10rb
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12534
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Suryaputra »

themo wrote: Wed Oct 28, 2020 8:02
Suryaputra wrote: Wed Oct 28, 2020 6:38 klo dah biasa pakai 0w20 mah, gak perlu pindah lagi ke yg lbh kentel :big_grin:

Amsoil OE itu kelasnya mirip koq sm PTT 0w20 API SP.
sikat ajah.
asli made in USA itu, pabrik amsoil cmn di sono doang, belum buka di negara lain.
lbh murah jg kan 130rb per quart?
iya om lebih murah juga :big_biglaugh:
sebenernya oli kayak q8 0w20, ptt 0w20 sn+ bisa dipake berapa lama om? soalnya saya tiap 6 bulan ganti oli. meskipun secara KM baru 5rb-6rb. belum berani pake sampai 10rb
Q8 0w20 bisa pakai 1 thn / <10rb km.

produk barunya Q8 formula special D1 FE 0w20, dah API SP juga,
harganya di kisaran 170rb ke atas per liter nya.
kelas ningrat ni oli.

PTT super-syn ini sekelas amsoil OE, pakai 7-8 bulan aja / 7rb Km.

klo mau 1 thn ya pakai Q8 formula atau amsoil signature series :mky_04:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
snoepje
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 220
Joined: Sun Jul 31, 2016 7:30

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by snoepje »

Suryaputra wrote: Wed Oct 28, 2020 7:02
DOHC wrote: Wed Oct 28, 2020 6:59
Kerang yah

Seumur2 cuman perna cobain yg HX8 d mobil kesayangan saya, OGL HR15DE, nguap gila2an dan suara mesin makin lama makin kasar

Padabal.oli2 laen nya saya cekokin ke tu mesin ga perna ampe kaya bgt

Mungkin saya emg ga jodoh kl ama tjap kerang
cap kerangnya jgn bikinan lokal mbah, mahal krn buat nutup marketing cost :big_biglaugh:
Cap kerang R5E bikinan Hong Kong juga kurang enak om,

Tahun lalu coba di 2KD, suara mesin lumayan kasar, tarikan lumayan berat :mky_01:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12534
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Suryaputra »

snoepje wrote: Wed Oct 28, 2020 8:50
Suryaputra wrote: Wed Oct 28, 2020 7:02
DOHC wrote: Wed Oct 28, 2020 6:59
Kerang yah

Seumur2 cuman perna cobain yg HX8 d mobil kesayangan saya, OGL HR15DE, nguap gila2an dan suara mesin makin lama makin kasar

Padabal.oli2 laen nya saya cekokin ke tu mesin ga perna ampe kaya bgt

Mungkin saya emg ga jodoh kl ama tjap kerang
cap kerangnya jgn bikinan lokal mbah, mahal krn buat nutup marketing cost :big_biglaugh:
Cap kerang R5E bikinan Hong Kong juga kurang enak om,

Tahun lalu coba di 2KD, suara mesin lumayan kasar, tarikan lumayan berat :mky_01:
skrg pakai apa om ?
better or worst ?
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by DOHC »

Suryaputra wrote: Wed Oct 28, 2020 7:34
DOHC wrote: Wed Oct 28, 2020 7:29
Suryaputra wrote: Wed Oct 28, 2020 7:02

cap kerangnya jgn bikinan lokal mbah, mahal krn buat nutup marketing cost :big_biglaugh:
Jaman itu tjap kerang nya utk yg botol abu2 masi import singapur atau malon mbah
ada produk keraton impor shell baru tuh di spbu:
- 0w40 shell helix power
- 0w20 shell helix ultra
:mky_03:
iya, harganya ngajak tawuran itu

padahal waktu si kerang masi jaman helix plus, rimula X (ketauan deh angkatan jebot) itu masi enak loh
semenjak ud ganti branding jd kode2an malah makin ga enak
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
snoepje
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 220
Joined: Sun Jul 31, 2016 7:30

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by snoepje »

Suryaputra wrote: Wed Oct 28, 2020 15:24
snoepje wrote: Wed Oct 28, 2020 8:50
Suryaputra wrote: Wed Oct 28, 2020 7:02

cap kerangnya jgn bikinan lokal mbah, mahal krn buat nutup marketing cost :big_biglaugh:
Cap kerang R5E bikinan Hong Kong juga kurang enak om,

Tahun lalu coba di 2KD, suara mesin lumayan kasar, tarikan lumayan berat :mky_01:
skrg pakai apa om ?
better or worst ?
Sekarang lagi coba Amsoil Heavy Duty 5W40 om, sebelomnya antara R5E sampe sekarang pake Motul CRDi 5W40 2x, Delvac1 - 5W40, Amsoil Series 3000 5W30, PTT ELD 10W40, jadi nggak bisa dibandingin sama R5E om.

Dulu pake kerang buatan Hong Kong yang SHU 5W40 sih enak, pernah pake 3x, cuma sejak harganya naik jadi seliter 200 ribu nggak pernah pake lagi :mky_01:

Kalo di kisaran harga R5E yang pernah coba & lumayan cocok buat saya :
- Motul Tekma Mega X 15W40
- ELF 700 Turbo Diesel 10W40
- Aisin CI-4 10W40 (biarpun tarikan berat tapi suara mesin halus banget)
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2733
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Jambangan »

dulu 2015 jg pernah nyobain HX8 beli online di kaskus pake di swift 2012
entah palsu atau emang kualitasnya jelek mesin jadi kasar sama nguapnya parah
pake 4000 KM oli turun ke tengah2 dipstick antara MIN & MAX
akhirnya 4000 KM buang balik ke motul lagi
btw sekarang lagi nyobain HX7 5W40 mayan enak suara mesin halus
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Turboman »

ini Repsol harga super miring stok dah mau abis

dah gak ada lagi

mau beli buruan aja

REPSOL 5W30 NEO FULLY SYNTHETIC OLI BENSIN
https://tokopedia.link/QtBKsMZTXab di toko td motor Rp65.000 di Tokopedia

* Bukan ajakan Beli *
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11855
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by marmut »

bambangwijanarka wrote: Wed Oct 28, 2020 6:00 Pernah iseng nyoba pake 5 - 40 merk kerang,memang larinya jadi agak enteng dibanding pake 10 - 40,tapi suaranya jadi kaya agak kasar.Jadi mau balik ke 10 - 40 aja soalnya suaranya lebih ga berisik.

shell?

jangan buru-buru vonis kesalahan merk atau SAE, kecuali dapet oli nggak asli.
kondisi suling rocker arm dan bushing rocker arm bagaimana?
kebiasaan yang pake mobil umur-umur segitu, seneng sekali pake pelumas 15w- sama 20w-. itu bikin oli susah sirkulasi terutama saat pertama mesin start.
akibatnya (paling sering) suling rocker arm atau bushing rocker arm jadi aus. itu yang bikin bunyi.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12534
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Suryaputra »

bambangwijanarka wrote: Wed Oct 28, 2020 6:00
erwinign wrote:
bambangwijanarka wrote: Wed Oct 28, 2020 5:49

Mesin F 10 A di karimun kotak om,sudah hampir 20 thn umurnya[emoji28]
Wah sy juga penasaran ini om mesin karbu F10A gini bs dikasi seencer apa ya olinya :big_biglaugh: kl memang bs enceran lumayan soalnya, ga ada lari2nya samsek kl dalkot ini karimun+boros kalo olinya kentel2 buat mesin unyil begini
Pernah iseng nyoba pake 5 - 40 merk kerang,memang larinya jadi agak enteng dibanding pake 10 - 40,tapi suaranya jadi kaya agak kasar.Jadi mau balik ke 10 - 40 aja soalnya suaranya lebih ga berisik.
coba pakai PTT Performa Syn NGV 5W40 API SN
https://tokopedia.link/fhKOezH6Xab
420rb 4 liter

yg kemasan 1 liter,
https://tokopedia.link/In2hvOP6Xab

ini di official storenya PTT.
amann.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
bambangwijanarka
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Fri Sep 11, 2020 4:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by bambangwijanarka »

marmut wrote:
bambangwijanarka wrote: Wed Oct 28, 2020 6:00 Pernah iseng nyoba pake 5 - 40 merk kerang,memang larinya jadi agak enteng dibanding pake 10 - 40,tapi suaranya jadi kaya agak kasar.Jadi mau balik ke 10 - 40 aja soalnya suaranya lebih ga berisik.

shell?

jangan buru-buru vonis kesalahan merk atau SAE, kecuali dapet oli nggak asli.
kondisi suling rocker arm dan bushing rocker arm bagaimana?
kebiasaan yang pake mobil umur-umur segitu, seneng sekali pake pelumas 15w- sama 20w-. itu bikin oli susah sirkulasi terutama saat pertama mesin start.
akibatnya (paling sering) suling rocker arm atau bushing rocker arm jadi aus. itu yang bikin bunyi.
Kalo manual booknya seh rekomend oli nya 10 - 40 ya,saat ini kalo pake 10 - 40 kondisi mesin masih aman,cuma kalo diencerin dr 10 - 40 mesinnya jadi agak berisik dikit.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12534
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Suryaputra »

bambangwijanarka wrote: Thu Oct 29, 2020 4:04
marmut wrote:
bambangwijanarka wrote: Wed Oct 28, 2020 6:00 Pernah iseng nyoba pake 5 - 40 merk kerang,memang larinya jadi agak enteng dibanding pake 10 - 40,tapi suaranya jadi kaya agak kasar.Jadi mau balik ke 10 - 40 aja soalnya suaranya lebih ga berisik.

shell?

jangan buru-buru vonis kesalahan merk atau SAE, kecuali dapet oli nggak asli.
kondisi suling rocker arm dan bushing rocker arm bagaimana?
kebiasaan yang pake mobil umur-umur segitu, seneng sekali pake pelumas 15w- sama 20w-. itu bikin oli susah sirkulasi terutama saat pertama mesin start.
akibatnya (paling sering) suling rocker arm atau bushing rocker arm jadi aus. itu yang bikin bunyi.
Kalo manual booknya seh rekomend oli nya 10 - 40 ya,saat ini kalo pake 10 - 40 kondisi mesin masih aman,cuma kalo diencerin dr 10 - 40 mesinnya jadi agak berisik dikit.
klo gtu, bisa juga pakai ini: https://www.blibli.com/p/ptt-lubricants ... TA-8589094
PTT 10w40 API SP (sertifikasi dari API yg paling kekinian)
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
bambangwijanarka
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Fri Sep 11, 2020 4:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by bambangwijanarka »

Suryaputra wrote:
bambangwijanarka wrote: Thu Oct 29, 2020 4:04
marmut wrote:
shell?

jangan buru-buru vonis kesalahan merk atau SAE, kecuali dapet oli nggak asli.
kondisi suling rocker arm dan bushing rocker arm bagaimana?
kebiasaan yang pake mobil umur-umur segitu, seneng sekali pake pelumas 15w- sama 20w-. itu bikin oli susah sirkulasi terutama saat pertama mesin start.
akibatnya (paling sering) suling rocker arm atau bushing rocker arm jadi aus. itu yang bikin bunyi.
Kalo manual booknya seh rekomend oli nya 10 - 40 ya,saat ini kalo pake 10 - 40 kondisi mesin masih aman,cuma kalo diencerin dr 10 - 40 mesinnya jadi agak berisik dikit.
klo gtu, bisa juga pakai ini: https://www.blibli.com/p/ptt-lubricants ... TA-8589094
PTT 10w40 API SP (sertifikasi dari API yg paling kekinian)
Ok om,rencana memang mau nyoba ptt yg 10- 40,kalo nanti ganti oli lg.
bambangwijanarka
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Fri Sep 11, 2020 4:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by bambangwijanarka »

Or4cle wrote:
erwinign wrote: Wed Oct 28, 2020 5:55
bambangwijanarka wrote: Wed Oct 28, 2020 5:49 Mesin F 10 A di karimun kotak om,sudah hampir 20 thn umurnya[emoji28]
Wah sy juga penasaran ini om mesin karbu F10A gini bs dikasi seencer apa ya olinya :big_biglaugh: kl memang bs enceran lumayan soalnya, ga ada lari2nya samsek kl dalkot ini karimun+boros kalo olinya kentel2 buat mesin unyil begini
Karimun kotak kudu diganti header-nya ...
Header bawaan pabrik desainnya benar-benar menghambat aliran gas buang, bentuknya mirip sisir , aliran buang bertabrakan mantul balik.
Jika di-desaign ulang dijamin 100% jadi resing :big_okay:
Penasaran juga,kalo ganti header bawaan,biasanya yg bagus pakai header yg gimana ya?