Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
bambangwijanarka wrote: Wed Oct 28, 2020 5:39
Ya om DOHC, mau ganti oli pake PTT 10 - 40 ternyata semi sintetik jg,bukan full sintetik,kirain full sintetik. Harusnya ga masalah ya.
Mobil apaom yg mau digantiin 10-40 kl bole tau?
Mesin F 10 A di karimun kotak om,sudah hampir 20 thn umurnya[emoji28]
Wah sy juga penasaran ini om mesin karbu F10A gini bs dikasi seencer apa ya olinya kl memang bs enceran lumayan soalnya, ga ada lari2nya samsek kl dalkot ini karimun+boros kalo olinya kentel2 buat mesin unyil begini
erwinign wrote:
Mobil apaom yg mau digantiin 10-40 kl bole tau?
Mesin F 10 A di karimun kotak om,sudah hampir 20 thn umurnya[emoji28]
Wah sy juga penasaran ini om mesin karbu F10A gini bs dikasi seencer apa ya olinya kl memang bs enceran lumayan soalnya, ga ada lari2nya samsek kl dalkot ini karimun+boros kalo olinya kentel2 buat mesin unyil begini
Pernah iseng nyoba pake 5 - 40 merk kerang,memang larinya jadi agak enteng dibanding pake 10 - 40,tapi suaranya jadi kaya agak kasar.Jadi mau balik ke 10 - 40 aja soalnya suaranya lebih ga berisik.
Antara bener dan tidak.. di +62 bener, krn pabrikan oli d marih rata2 ga ad yg jual oli full syn kentel (ad seh tp jarang, sperti fastron ungu, Q8, dkk), tp d luar negeri berjibun buntut 50-60 full syn
Tp kl alesan lain nya, sperti bkin seal bocor yah ga bener
Kcuali mobil nya itu masi kluaran taon 50an, dan blom perna ganti seal samsek
Ya om DOHC, mau ganti oli pake PTT 10 - 40 ternyata semi sintetik jg,bukan full sintetik,kirain full sintetik. Harusnya ga masalah ya.
Kl saya pribadi yah
Justru kl seal rembes atau bocor, malah saya ganti, toh labor cost di sini murah pake banget koq.. knapa malah harus lari ke oli kentel, tarikan jd berat, bensin boros..
D luar negeri jd momok krn ongkos ganti seal terkadang lebi mahal dr harga tu mobil tua
Btw, kl mobil2 kluaran 10-20 an taon kebelkang mah ga masalah pake oli full syn..
Sdikit intermeso, saya perna baca buku primbon Volkswagen golf mak 4, yg dmana masa edar nya kira2 20 taon yg lalu, dsitu aj d tulis oli full syn dgn kekentelan 10-30 / 40
#bukan propesor oli
# ga ngaku propesor jg
# asemreges enthusiast
permisi om, mobil brv 2017 km jalan 40ribuan udah waktunya ganti oli. oli sekarang yg dipakai ptt 0w20 sn+ cuma tadi cek diofficial store pada kosong. adanya ptt 0w20 yg eco. kalau ganti ke ptt 0w30 sp efeknya apa ya?apa hanya tarikan jadi agak berat? ditawarin bos td motor amsoil oe 0w20 yg tutup ijo. mending pilih mana ya?
erwinign wrote:
Mobil apaom yg mau digantiin 10-40 kl bole tau?
Mesin F 10 A di karimun kotak om,sudah hampir 20 thn umurnya[emoji28]
Wah sy juga penasaran ini om mesin karbu F10A gini bs dikasi seencer apa ya olinya kl memang bs enceran lumayan soalnya, ga ada lari2nya samsek kl dalkot ini karimun+boros kalo olinya kentel2 buat mesin unyil begini
Karimun kotak kudu diganti header-nya ...
Header bawaan pabrik desainnya benar-benar menghambat aliran gas buang, bentuknya mirip sisir , aliran buang bertabrakan mantul balik.
Jika di-desaign ulang dijamin 100% jadi resing
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
bambangwijanarka wrote: Wed Oct 28, 2020 5:39
Ya om DOHC, mau ganti oli pake PTT 10 - 40 ternyata semi sintetik jg,bukan full sintetik,kirain full sintetik. Harusnya ga masalah ya.
Kl saya pribadi yah
Justru kl seal rembes atau bocor, malah saya ganti, toh labor cost di sini murah pake banget koq.. knapa malah harus lari ke oli kentel, tarikan jd berat, bensin boros..
D luar negeri jd momok krn ongkos ganti seal terkadang lebi mahal dr harga tu mobil tua
Btw, kl mobil2 kluaran 10-20 an taon kebelkang mah ga masalah pake oli full syn..
Sdikit intermeso, saya perna baca buku primbon Volkswagen golf mak 4, yg dmana masa edar nya kira2 20 taon yg lalu, dsitu aj d tulis oli full syn dgn kekentelan 10-30 / 40
#bukan propesor oli
# ga ngaku propesor jg
# asemreges enthusiast
Siap om,makasih infonya[emoji3]
setujuh sama mbah suhu omkelep DOHC
themo wrote: Wed Oct 28, 2020 6:11
permisi om, mobil brv 2017 km jalan 40ribuan udah waktunya ganti oli. oli sekarang yg dipakai ptt 0w20 sn+ cuma tadi cek diofficial store pada kosong. adanya ptt 0w20 yg eco. kalau ganti ke ptt 0w30 sp efeknya apa ya?apa hanya tarikan jadi agak berat? ditawarin bos td motor amsoil oe 0w20 yg tutup ijo. mending pilih mana ya?
klo dah biasa pakai 0w20 mah, gak perlu pindah lagi ke yg lbh kentel
Amsoil OE itu kelasnya mirip koq sm PTT 0w20 API SP.
sikat ajah.
asli made in USA itu, pabrik amsoil cmn di sono doang, belum buka di negara lain.
lbh murah jg kan 130rb per quart?
billi wrote: Wed Oct 28, 2020 6:28
Om, PTT eco 0w20 API SN jalan 2500km / 5 bulan, bbm full premium di 1.2 3NR-VE MT, driving style jarang lebi 3000 rpm.
Sebaik nya lanjut atau siap2 kuras ya?
Saat ini yg dirasakan suara makin halus dan ringan (banding baru ganti oli).
buang ajah di 7 bulan, om.
pikiran lbh tenang, harga oli gak seberapa, mesin jg awet
ganti ke PTT 0w20 eco API SP, lbh kekinian
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Mesin F 10 A di karimun kotak om,sudah hampir 20 thn umurnya[emoji28]
Wah sy juga penasaran ini om mesin karbu F10A gini bs dikasi seencer apa ya olinya kl memang bs enceran lumayan soalnya, ga ada lari2nya samsek kl dalkot ini karimun+boros kalo olinya kentel2 buat mesin unyil begini
Pernah iseng nyoba pake 5 - 40 merk kerang,memang larinya jadi agak enteng dibanding pake 10 - 40,tapi suaranya jadi kaya agak kasar.Jadi mau balik ke 10 - 40 aja soalnya suaranya lebih ga berisik.
Kerang yah
Seumur2 cuman perna cobain yg HX8 d mobil kesayangan saya, OGL HR15DE, nguap gila2an dan suara mesin makin lama makin kasar
Padabal.oli2 laen nya saya cekokin ke tu mesin ga perna ampe kaya bgt
erwinign wrote:
Wah sy juga penasaran ini om mesin karbu F10A gini bs dikasi seencer apa ya olinya kl memang bs enceran lumayan soalnya, ga ada lari2nya samsek kl dalkot ini karimun+boros kalo olinya kentel2 buat mesin unyil begini
Pernah iseng nyoba pake 5 - 40 merk kerang,memang larinya jadi agak enteng dibanding pake 10 - 40,tapi suaranya jadi kaya agak kasar.Jadi mau balik ke 10 - 40 aja soalnya suaranya lebih ga berisik.
Kerang yah
Seumur2 cuman perna cobain yg HX8 d mobil kesayangan saya, OGL HR15DE, nguap gila2an dan suara mesin makin lama makin kasar
Padabal.oli2 laen nya saya cekokin ke tu mesin ga perna ampe kaya bgt
Mungkin saya emg ga jodoh kl ama tjap kerang
cap kerangnya jgn bikinan lokal mbah, mahal krn buat nutup marketing cost
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
bambangwijanarka wrote: Wed Oct 28, 2020 6:00
Pernah iseng nyoba pake 5 - 40 merk kerang,memang larinya jadi agak enteng dibanding pake 10 - 40,tapi suaranya jadi kaya agak kasar.Jadi mau balik ke 10 - 40 aja soalnya suaranya lebih ga berisik.
Kerang yah
Seumur2 cuman perna cobain yg HX8 d mobil kesayangan saya, OGL HR15DE, nguap gila2an dan suara mesin makin lama makin kasar
Padabal.oli2 laen nya saya cekokin ke tu mesin ga perna ampe kaya bgt
Mungkin saya emg ga jodoh kl ama tjap kerang
cap kerangnya jgn bikinan lokal mbah, mahal krn buat nutup marketing cost
Jaman itu tjap kerang nya utk yg botol abu2 masi import singapur atau malon mbah
Suryaputra wrote: Wed Oct 28, 2020 6:38
klo dah biasa pakai 0w20 mah, gak perlu pindah lagi ke yg lbh kentel
Amsoil OE itu kelasnya mirip koq sm PTT 0w20 API SP.
sikat ajah.
asli made in USA itu, pabrik amsoil cmn di sono doang, belum buka di negara lain.
lbh murah jg kan 130rb per quart?
iya om lebih murah juga
sebenernya oli kayak q8 0w20, ptt 0w20 sn+ bisa dipake berapa lama om? soalnya saya tiap 6 bulan ganti oli. meskipun secara KM baru 5rb-6rb. belum berani pake sampai 10rb
Suryaputra wrote: Wed Oct 28, 2020 6:38
klo dah biasa pakai 0w20 mah, gak perlu pindah lagi ke yg lbh kentel
Amsoil OE itu kelasnya mirip koq sm PTT 0w20 API SP.
sikat ajah.
asli made in USA itu, pabrik amsoil cmn di sono doang, belum buka di negara lain.
lbh murah jg kan 130rb per quart?
iya om lebih murah juga
sebenernya oli kayak q8 0w20, ptt 0w20 sn+ bisa dipake berapa lama om? soalnya saya tiap 6 bulan ganti oli. meskipun secara KM baru 5rb-6rb. belum berani pake sampai 10rb
Q8 0w20 bisa pakai 1 thn / <10rb km.
produk barunya Q8 formula special D1 FE 0w20, dah API SP juga,
harganya di kisaran 170rb ke atas per liter nya.
kelas ningrat ni oli.
PTT super-syn ini sekelas amsoil OE, pakai 7-8 bulan aja / 7rb Km.
klo mau 1 thn ya pakai Q8 formula atau amsoil signature series
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
cap kerangnya jgn bikinan lokal mbah, mahal krn buat nutup marketing cost
Jaman itu tjap kerang nya utk yg botol abu2 masi import singapur atau malon mbah
ada produk keraton impor shell baru tuh di spbu:
- 0w40 shell helix power
- 0w20 shell helix ultra
iya, harganya ngajak tawuran itu
padahal waktu si kerang masi jaman helix plus, rimula X (ketauan deh angkatan jebot) itu masi enak loh
semenjak ud ganti branding jd kode2an malah makin ga enak
cap kerangnya jgn bikinan lokal mbah, mahal krn buat nutup marketing cost
Cap kerang R5E bikinan Hong Kong juga kurang enak om,
Tahun lalu coba di 2KD, suara mesin lumayan kasar, tarikan lumayan berat
skrg pakai apa om ?
better or worst ?
Sekarang lagi coba Amsoil Heavy Duty 5W40 om, sebelomnya antara R5E sampe sekarang pake Motul CRDi 5W40 2x, Delvac1 - 5W40, Amsoil Series 3000 5W30, PTT ELD 10W40, jadi nggak bisa dibandingin sama R5E om.
Dulu pake kerang buatan Hong Kong yang SHU 5W40 sih enak, pernah pake 3x, cuma sejak harganya naik jadi seliter 200 ribu nggak pernah pake lagi
Kalo di kisaran harga R5E yang pernah coba & lumayan cocok buat saya :
- Motul Tekma Mega X 15W40
- ELF 700 Turbo Diesel 10W40
- Aisin CI-4 10W40 (biarpun tarikan berat tapi suara mesin halus banget)
dulu 2015 jg pernah nyobain HX8 beli online di kaskus pake di swift 2012
entah palsu atau emang kualitasnya jelek mesin jadi kasar sama nguapnya parah
pake 4000 KM oli turun ke tengah2 dipstick antara MIN & MAX
akhirnya 4000 KM buang balik ke motul lagi
btw sekarang lagi nyobain HX7 5W40 mayan enak suara mesin halus
bambangwijanarka wrote: Wed Oct 28, 2020 6:00
Pernah iseng nyoba pake 5 - 40 merk kerang,memang larinya jadi agak enteng dibanding pake 10 - 40,tapi suaranya jadi kaya agak kasar.Jadi mau balik ke 10 - 40 aja soalnya suaranya lebih ga berisik.
shell?
jangan buru-buru vonis kesalahan merk atau SAE, kecuali dapet oli nggak asli.
kondisi suling rocker arm dan bushing rocker arm bagaimana?
kebiasaan yang pake mobil umur-umur segitu, seneng sekali pake pelumas 15w- sama 20w-. itu bikin oli susah sirkulasi terutama saat pertama mesin start.
akibatnya (paling sering) suling rocker arm atau bushing rocker arm jadi aus. itu yang bikin bunyi.
Mesin F 10 A di karimun kotak om,sudah hampir 20 thn umurnya[emoji28]
Wah sy juga penasaran ini om mesin karbu F10A gini bs dikasi seencer apa ya olinya kl memang bs enceran lumayan soalnya, ga ada lari2nya samsek kl dalkot ini karimun+boros kalo olinya kentel2 buat mesin unyil begini
Pernah iseng nyoba pake 5 - 40 merk kerang,memang larinya jadi agak enteng dibanding pake 10 - 40,tapi suaranya jadi kaya agak kasar.Jadi mau balik ke 10 - 40 aja soalnya suaranya lebih ga berisik.
bambangwijanarka wrote: Wed Oct 28, 2020 6:00
Pernah iseng nyoba pake 5 - 40 merk kerang,memang larinya jadi agak enteng dibanding pake 10 - 40,tapi suaranya jadi kaya agak kasar.Jadi mau balik ke 10 - 40 aja soalnya suaranya lebih ga berisik.
shell?
jangan buru-buru vonis kesalahan merk atau SAE, kecuali dapet oli nggak asli.
kondisi suling rocker arm dan bushing rocker arm bagaimana?
kebiasaan yang pake mobil umur-umur segitu, seneng sekali pake pelumas 15w- sama 20w-. itu bikin oli susah sirkulasi terutama saat pertama mesin start.
akibatnya (paling sering) suling rocker arm atau bushing rocker arm jadi aus. itu yang bikin bunyi.
Kalo manual booknya seh rekomend oli nya 10 - 40 ya,saat ini kalo pake 10 - 40 kondisi mesin masih aman,cuma kalo diencerin dr 10 - 40 mesinnya jadi agak berisik dikit.
bambangwijanarka wrote: Wed Oct 28, 2020 6:00
Pernah iseng nyoba pake 5 - 40 merk kerang,memang larinya jadi agak enteng dibanding pake 10 - 40,tapi suaranya jadi kaya agak kasar.Jadi mau balik ke 10 - 40 aja soalnya suaranya lebih ga berisik.
shell?
jangan buru-buru vonis kesalahan merk atau SAE, kecuali dapet oli nggak asli.
kondisi suling rocker arm dan bushing rocker arm bagaimana?
kebiasaan yang pake mobil umur-umur segitu, seneng sekali pake pelumas 15w- sama 20w-. itu bikin oli susah sirkulasi terutama saat pertama mesin start.
akibatnya (paling sering) suling rocker arm atau bushing rocker arm jadi aus. itu yang bikin bunyi.
Kalo manual booknya seh rekomend oli nya 10 - 40 ya,saat ini kalo pake 10 - 40 kondisi mesin masih aman,cuma kalo diencerin dr 10 - 40 mesinnya jadi agak berisik dikit.
jangan buru-buru vonis kesalahan merk atau SAE, kecuali dapet oli nggak asli.
kondisi suling rocker arm dan bushing rocker arm bagaimana?
kebiasaan yang pake mobil umur-umur segitu, seneng sekali pake pelumas 15w- sama 20w-. itu bikin oli susah sirkulasi terutama saat pertama mesin start.
akibatnya (paling sering) suling rocker arm atau bushing rocker arm jadi aus. itu yang bikin bunyi.
Kalo manual booknya seh rekomend oli nya 10 - 40 ya,saat ini kalo pake 10 - 40 kondisi mesin masih aman,cuma kalo diencerin dr 10 - 40 mesinnya jadi agak berisik dikit.
bambangwijanarka wrote: Wed Oct 28, 2020 5:49
Mesin F 10 A di karimun kotak om,sudah hampir 20 thn umurnya[emoji28]
Wah sy juga penasaran ini om mesin karbu F10A gini bs dikasi seencer apa ya olinya kl memang bs enceran lumayan soalnya, ga ada lari2nya samsek kl dalkot ini karimun+boros kalo olinya kentel2 buat mesin unyil begini
Karimun kotak kudu diganti header-nya ...
Header bawaan pabrik desainnya benar-benar menghambat aliran gas buang, bentuknya mirip sisir , aliran buang bertabrakan mantul balik.
Jika di-desaign ulang dijamin 100% jadi resing