Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
doko86 wrote: Fri Oct 23, 2020 14:54
Mohon koreksinya om, buat reverensi perawatan mobil ane om... 1KR-DE yg masih saudara sm engine resing 1KR-UZ.
1). Tiap 10 K bersihkan dan check TB, ISC, filter udara, busi,....
2). Tiap 20 K bersihkan dan check purging injector, gurah mesin, rotasi ban, rem.....
kalau saya, sesering mungkin bersihkan filter udara. apalagi kalau sering lewat jalan yang debu/kotorannya nggak umum/keterlaluan banyaknya.
apakah anda kalau ngupil musti nunggu setiap sekian hari atau hanya dilakukan waktu tertentu? anytime bisa colongan pasti ngupil kan?
kalau bersihkan tb dan isc, ya diintip saja langsung. apalagi mesin 1kr gampang ngintipnya. kalau kotor, bersihkan.
busi? nggak perlu dibersihkan karena kurang kerjaan. paling periksa gap-nya saja.
kalau liat di manual book, rotasi ban setiap 10rb KM.
Kl gurah2an yg lg fenomenal banget itu gmana mbah ?
doko86 wrote: Fri Oct 23, 2020 14:54
Mohon koreksinya om, buat reverensi perawatan mobil ane om... 1KR-DE yg masih saudara sm engine resing 1KR-UZ.
1). Tiap 10 K bersihkan dan check TB, ISC, filter udara, busi,....
2). Tiap 20 K bersihkan dan check purging injector, gurah mesin, rotasi ban, rem.....
kalau saya, sesering mungkin bersihkan filter udara. apalagi kalau sering lewat jalan yang debu/kotorannya nggak umum/keterlaluan banyaknya.
apakah anda kalau ngupil musti nunggu setiap sekian hari atau hanya dilakukan waktu tertentu? anytime bisa colongan pasti ngupil kan?
kalau bersihkan tb dan isc, ya diintip saja langsung. apalagi mesin 1kr gampang ngintipnya. kalau kotor, bersihkan.
busi? nggak perlu dibersihkan karena kurang kerjaan. paling periksa gap-nya saja.
kalau liat di manual book, rotasi ban setiap 10rb KM.
Nek carbon clean/gurah mbah, harusnya tiap berapa KM y mbab...... Soalnya tiap kali k bengkel service selalu d tawarin gurah terus.
Nek carbon clean/gurah mbah, harusnya tiap berapa KM y mbab...... Soalnya tiap kali k bengkel service selalu d tawarin gurah terus.
tidak bisa dijadikan ketetapan atau pukul rata sekian KM harus carbon clean.
tergantung dari :
1. direct injection atau bukan.
2. gaya berkendara.
3. bahan bakar.
4. faktor lain mungkin ada yang lainnya mau menambahkan...
paling bener ya dilihat dulu kondisi di throttle body, intake manifold, intake port, dan combustion chamber/ruang bakar. di cek visual, dilihat, kalau ada borescope ya alangkah baiknya, bisa mempermudah pemeriksaan.
kalau tidak ada borescope, mau tidak mau dilepas satu per satu.
Nek carbon clean/gurah mbah, harusnya tiap berapa KM y mbab...... Soalnya tiap kali k bengkel service selalu d tawarin gurah terus.
tidak bisa dijadikan ketetapan atau pukul rata sekian KM harus carbon clean.
tergantung dari :
1. direct injection atau bukan.
2. gaya berkendara.
3. bahan bakar.
4. faktor lain mungkin ada yang lainnya mau menambahkan...
paling bener ya dilihat dulu kondisi di throttle body, intake manifold, intake port, dan combustion chamber/ruang bakar. di cek visual, dilihat, kalau ada borescope ya alangkah baiknya, bisa mempermudah pemeriksaan.
kalau tidak ada borescope, mau tidak mau dilepas satu per satu.
Kalau mau nambah grease cobra, per berapa KM ya pak? Antara brake pad dan rotor boleh dikasih kan?
.
.
.
.
.
.
.
Kalau mau nambah grease cobra, per berapa KM ya pak? Antara brake pad dan rotor boleh dikasih kan?
.
.
.
.
.
.
.
lho, grease cobra itu cukup 1× untuk seumur hidup.
brake pad dan rotor itu alangkah baiknya dilepas saja supaya mobil lebih ringan, otomatis bahan bakar pun jauh lebih hemat.
keuntungan lainnya, tidak perlu keluar uang untuk ganti brake pad dan kuras brake fluid.
Kalau mau nambah grease cobra, per berapa KM ya pak? Antara brake pad dan rotor boleh dikasih kan?
.
.
.
.
.
.
.
lho, grease cobra itu cukup 1× untuk seumur hidup.
brake pad dan rotor itu alangkah baiknya dilepas saja supaya mobil lebih ringan, otomatis bahan bakar pun jauh lebih hemat.
keuntungan lainnya, tidak perlu keluar uang untuk ganti brake pad dan kuras brake fluid.
marmut wrote: Sun Oct 25, 2020 10:14
lho, grease cobra itu cukup 1× untuk seumur hidup.
brake pad dan rotor itu alangkah baiknya dilepas saja supaya mobil lebih ringan, otomatis bahan bakar pun jauh lebih hemat.
keuntungan lainnya, tidak perlu keluar uang untuk ganti brake pad dan kuras brake fluid.
semoga membantu.
pak, kalau ganti oli tuh nunggu sampai habis dulu di mesin baru tambah yg baru kan pak ya? mirip sama ngisi bensin kan pak ya?
Omnibus wrote: Sun Oct 25, 2020 17:29
pak, kalau ganti oli tuh nunggu sampai habis dulu di mesin baru tambah yg baru kan pak ya? mirip sama ngisi bensin kan pak ya?
..................
perihal oli di kamar sebelah pak.... sama suhu satu lagi.
Kawan2 SM saya punya jazz gk5 transmisi manual dah sejak 2015. Kepikiran mau ganti oli transmisi lihat buku panduan ternyata panduan ganti tiap 120 ribu KM / 72 bulan. Pemakaian berat baru 60 ribu KM. Mobil ane baru 37 ribu KM jadi bingung apakah memang waktunya ganti? Ohya. Saya pernah diberitahu mekanik bengkel bahwa oli transmisi manual honda itu pakai oli mesin karena butuh encer. Apakah benar?? Memang sih cari2 oli transmisi manual SAE nya rata2 75 up.
afihashfi wrote:Kawan2 SM saya punya jazz gk5 transmisi manual dah sejak 2015. Kepikiran mau ganti oli transmisi lihat buku panduan ternyata panduan ganti tiap 120 ribu KM / 72 bulan. Pemakaian berat baru 60 ribu KM. Mobil ane baru 37 ribu KM jadi bingung apakah memang waktunya ganti? Ohya. Saya pernah diberitahu mekanik bengkel bahwa oli transmisi manual honda itu pakai oli mesin karena butuh encer. Apakah benar?? Memang sih cari2 oli transmisi manual SAE nya rata2 75 up.
afihashfi wrote:Kawan2 SM saya punya jazz gk5 transmisi manual dah sejak 2015. Kepikiran mau ganti oli transmisi lihat buku panduan ternyata panduan ganti tiap 120 ribu KM / 72 bulan. Pemakaian berat baru 60 ribu KM. Mobil ane baru 37 ribu KM jadi bingung apakah memang waktunya ganti? Ohya. Saya pernah diberitahu mekanik bengkel bahwa oli transmisi manual honda itu pakai oli mesin karena butuh encer. Apakah benar?? Memang sih cari2 oli transmisi manual SAE nya rata2 75 up.
oli Transmisi manual pake gak sampe 3 L
Pake Honda MTF aja......gak mahal kan ?
2 tahun sekali ganti aja
Lihat di olshop nggak mahal sih [emoji16]. Oke berarti nggak bisa sembarang oli transmisi ya
afihashfi wrote:Kawan2 SM saya punya jazz gk5 transmisi manual dah sejak 2015. Kepikiran mau ganti oli transmisi lihat buku panduan ternyata panduan ganti tiap 120 ribu KM / 72 bulan. Pemakaian berat baru 60 ribu KM. Mobil ane baru 37 ribu KM jadi bingung apakah memang waktunya ganti? Ohya. Saya pernah diberitahu mekanik bengkel bahwa oli transmisi manual honda itu pakai oli mesin karena butuh encer. Apakah benar?? Memang sih cari2 oli transmisi manual SAE nya rata2 75 up.
oli Transmisi manual pake gak sampe 3 L
Pake Honda MTF aja......gak mahal kan ?
2 tahun sekali ganti aja
Lihat di olshop nggak mahal sih [emoji16]. Oke berarti nggak bisa sembarang oli transmisi ya
Punten suhu, bangkitin trit lama nih, ane penasaran aja, ada di youtube bengkel yang nawarin carbon clean tapi modelnya disemprot gitu pake engine conditioner, terus keluar asep putih gitu dari knalpot, apakah itu aman ?
Haiqalesha wrote: Thu Feb 15, 2024 13:17
Punten suhu, bangkitin trit lama nih, ane penasaran aja, ada di youtube bengkel yang nawarin carbon clean tapi modelnya disemprot gitu pake engine conditioner, terus keluar asep putih gitu dari knalpot, apakah itu aman ?
kalo di US sana namanya sea foam yah? ga tau deh disini ada yg kaya gitu nggak, saya ga tau sih blm pernah nyoba, aman atau nggak tuh buat katalitik konverternya. nanti mbah marmut racing bisa menjelaskan
Haiqalesha wrote: Thu Feb 15, 2024 13:17
Punten suhu, bangkitin trit lama nih, ane penasaran aja, ada di youtube bengkel yang nawarin carbon clean tapi modelnya disemprot gitu pake engine conditioner, terus keluar asep putih gitu dari knalpot, apakah itu aman ?
Dulu sih saya rutin begini. Beli gzox di ace 1 atau 2 botol. Mobil pake sebentar, buka lubang busi trus semprot.
Setahun 1 atau 2 kali selalu begitu selama 10 tahun. Terakhir sebelum mobil di jual, saya ganti packing silinder head. Liat boring, piston, dan ruang bakar bersih dan bagus. Yg di takutnya kan sisa carbon bikin lecet boring.
kemaren siang2, abis bersihin filter bensin di mbah Marmut. xpander kilomenter udh sekitar 56rb, sblm dibersihin komsumsi BBM rute tol cmn dpt 13km/liter.. nah abis dibersihin, tarikan nya jadih lebih alus & komsumsi BBM jg membaik, di tol dpt sekitar 15km/liter. hehe
pisangGoreng007 wrote: Fri Feb 16, 2024 14:30
kemaren siang2, abis bersihin filter bensin di mbah Marmut. xpander kilomenter udh sekitar 56rb, sblm dibersihin komsumsi BBM rute tol cmn dpt 13km/liter.. nah abis dibersihin, tarikan nya jadih lebih alus & komsumsi BBM jg membaik, di tol dpt sekitar 15km/liter. hehe
cuman bersihin filter doank ??
tanggung tuh
minta ybs skalian stel shim, skur klep, papas deksel
bilangin masa tools sgitu banyak cuman buat bersiin filter, malu ama tools nya
pisangGoreng007 wrote: Fri Feb 16, 2024 14:30
kemaren siang2, abis bersihin filter bensin di mbah Marmut. xpander kilomenter udh sekitar 56rb, sblm dibersihin komsumsi BBM rute tol cmn dpt 13km/liter.. nah abis dibersihin, tarikan nya jadih lebih alus & komsumsi BBM jg membaik, di tol dpt sekitar 15km/liter. hehe
gara² ngana pe oto, kita orang juga bongkar itu filter bensin yaris 2021 (apa 2022 ya?) odo 60rb km lebih 100km dikit.
20240216_151142.jpg
di yaris, itu filter utamanya. ngga ada lagi lainnya. setelah dibersihkan pun tampangnya ga beda jauh.
tp hasil air mandinya kek gini,
20240216_151451.jpg
Screenshot_20240216_163852_Video Player.jpg
koh
DOHC
itu kerjaan ahli. ai cuma pemula sotoy.
tempo hari aja lupa ngencengin lug nut mobilnya om
pisangGoreng007
mohon maaf yg sebesar²nya.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
pisangGoreng007 wrote: Fri Feb 16, 2024 14:30
kemaren siang2, abis bersihin filter bensin di mbah Marmut. xpander kilomenter udh sekitar 56rb, sblm dibersihin komsumsi BBM rute tol cmn dpt 13km/liter.. nah abis dibersihin, tarikan nya jadih lebih alus & komsumsi BBM jg membaik, di tol dpt sekitar 15km/liter. hehe
gara² ngana pe oto, kita orang juga bongkar itu filter bensin yaris 2021 (apa 2022 ya?) odo 60rb km lebih 100km dikit.
20240216_151142.jpg
di yaris, itu filter utamanya. ngga ada lagi lainnya. setelah dibersihkan pun tampangnya ga beda jauh.
tp hasil air mandinya kek gini,