Koleksi hand tools [Part 02]

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11857
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by marmut »

Omnibus wrote: Thu Oct 15, 2020 12:48 *timpuk dongkrak ke mbah rektor marmut








............... :ngacir:


tidak kenaaa......




*lari menghindar.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by DOHC »

wuohhhh akhirnya

postingan pertama pej baru ud bukan mbah omni lg
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11857
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by marmut »

DOHC wrote: Thu Oct 15, 2020 12:56 btw, utk menuntaskan rasa parno nya

maka td abis dr ace, saya melipir ke beres daihatsu, bawa si 1KR-UZ.. dikira mo servis, ampe dibilangin ama satpam nya suru ke beres atoyot, aneh, padahal enjin sama aj gt

tp saya jelasin kl tujuan ke sana cuman buat silahturami ama bagian parts, ngoceh2 knapa kampas rem koq lebi mahal dr kemri seken.. dan trakir di boyong lah... tadaaaaa

20201014_115240.jpg

1KR mah pake 2 botol @ 300ml masih nyisa mbah....
apa jangan-jangan ini yang 48 feet 18 roda?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by DOHC »

marmut wrote: Thu Oct 15, 2020 14:56
DOHC wrote: Thu Oct 15, 2020 12:56 btw, utk menuntaskan rasa parno nya

maka td abis dr ace, saya melipir ke beres daihatsu, bawa si 1KR-UZ.. dikira mo servis, ampe dibilangin ama satpam nya suru ke beres atoyot, aneh, padahal enjin sama aj gt

tp saya jelasin kl tujuan ke sana cuman buat silahturami ama bagian parts, ngoceh2 knapa kampas rem koq lebi mahal dr kemri seken.. dan trakir di boyong lah... tadaaaaa

20201014_115240.jpg

1KR mah pake 2 botol @ 300ml masih nyisa mbah....
apa jangan-jangan ini yang 48 feet 18 roda?
ini 3 botol buat si ipah

si 1 KR ud dganti, tp pake nya mitsubishi punya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11857
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by marmut »

tool atau alat dalam bahasa indonesia, adalah benda yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan kita sehari-hari.
berikut ini (menurut saya) juga termasuk dalam benda untuk mempermudah pekerjaan kita,


20200428_160915.jpg



ya, roti sumbu dan kopi tubruk.
tanpa kedua tools ini, dapat dibayangkan betapa sulitnya kita bekerja dengan perut lapar.... tiada tenaga, tiada asupan vitamin K2 (kafein & kenyang).








:ngacir:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by Omnibus »

marmut wrote: Thu Oct 15, 2020 16:40 tool atau alat dalam bahasa indonesia, adalah benda yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan kita sehari-hari.
berikut ini (menurut saya) juga termasuk dalam benda untuk mempermudah pekerjaan kita,



20200428_160915.jpg




ya, roti sumbu dan kopi tubruk.
tanpa kedua tools ini, dapat dibayangkan betapa sulitnya kita bekerja dengan perut lapar.... tiada tenaga, tiada asupan vitamin K2 (kafein & kenyang).








:ngacir:
mantafftt

tapi ngapa miring takut tumpah kopinya mbah rektor
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11857
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by marmut »

Omnibus wrote: Thu Oct 15, 2020 16:45

mantafftt

tapi ngapa miring takut tumpah kopinya mbah rektor

nah.... sedari dulu kalo saya masupin foto yang portrait selalu jadi landscape. gabisa sesuai aslinya.
ma'lum gaptek.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by Omnibus »

marmut wrote: Thu Oct 15, 2020 16:51
Omnibus wrote: Thu Oct 15, 2020 16:45

mantafftt

tapi ngapa miring takut tumpah kopinya mbah rektor

nah.... sedari dulu kalo saya masupin foto yang portrait selalu jadi landscape. gabisa sesuai aslinya.
ma'lum gaptek.
ta bantuin biar pirsawan liatnya tambah laperr

20200428_160915~2.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Thu Oct 15, 2020 13:01
indeskey wrote: Thu Oct 15, 2020 12:59 Yang diborong di ace nggak di posting mbah suhu?
DOHC wrote:btw, utk menuntaskan rasa parno nya

maka td abis dr ace, saya melipir ke beres daihatsu, bawa si 1KR-UZ.. dikira mo servis, ampe dibilangin ama satpam nya suru ke beres atoyot, aneh, padahal enjin sama aj gt

tp saya jelasin kl tujuan ke sana cuman buat silahturami ama bagian parts, ngoceh2 knapa kampas rem koq lebi mahal dr kemri seken.. dan trakir di boyong lah... tadaaaaa

20201014_115240.jpg
ga jadi

td stelah sesi curhat heart to heart ama mbah omni, diputuskan ga jadi
ane perjelas ahh ...

yg jelas mbah warektor bukan mau beli tools ala2 krisbow n jtech trus ane larang2 yaa ...

bukan tools biasa bukan juga TW

ini perlu diperjelas spy ane ga disalahin krn akhirnya gara2 heart to heart sesshyooonnn doi ga posting apa2. ane faham pirsawan pada haus foto, terutama dr mbah warektor yg juga daripada ketua tim kerehore.

:big_weee:
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1930
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Roda Dua UW125 - 2007

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by blloewy »

Nanya dung...kl hbs ganti 4 ban selain balancing ban.
apakah wajib spooring?
spooring pake tali rapia msh valid kah? :big_biglaugh:


*kabuurrrrrr............................
nubie in all things - still need to learn
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11857
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by marmut »

blloewy wrote: Fri Oct 16, 2020 4:35 Nanya dung...kl hbs ganti 4 ban selain balancing ban.
apakah wajib spooring?
spooring pake tali rapia msh valid kah? :big_biglaugh:


*kabuurrrrrr............................


ganti ban gaada urusan dengan wheel alignment kecuali abis ganti rack end, tie rod, ball joint, bushing arm, atau kebanyakan duit.
jauh lebih penting ngilangin lapisan licin di permukaan ban baru.
paling gampang, jalan pelan merayap sambil belokin setir kiri-kanan lock to lock.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by Omnibus »

marmut wrote: Fri Oct 16, 2020 4:58
blloewy wrote: Fri Oct 16, 2020 4:35 Nanya dung...kl hbs ganti 4 ban selain balancing ban.
apakah wajib spooring?
spooring pake tali rapia msh valid kah? :big_biglaugh:


*kabuurrrrrr............................


ganti ban gaada urusan dengan wheel alignment kecuali abis ganti rack end, tie rod, ball joint, bushing arm, atau kebanyakan duit.
jauh lebih penting ngilangin lapisan licin di permukaan ban baru.
paling gampang, jalan pelan merayap sambil belokin setir kiri-kanan lock to lock.
katanya mbah di burnout selama 15 menit :big_smoking:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by DOHC »

blloewy wrote: Fri Oct 16, 2020 4:35 Nanya dung...kl hbs ganti 4 ban selain balancing ban.
apakah wajib spooring?
spooring pake tali rapia msh valid kah? :big_biglaugh:


*kabuurrrrrr............................
Buat si resing hr15de ya ? Itu mah bukan tiap ganti ban, tp tiap 100 km, namanya jg mobil balap

Abis ganti ban baru, kl kata rektor institue du technik van asemreges, mbah marmut ama omni, wajip di amplas dl pake grit 100, abis itu burn out 15 menit, di lanjut kan power slide spanjang exit tol alsut
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by Omnibus »

blloewy wrote: Fri Oct 16, 2020 4:35 Nanya dung...kl hbs ganti 4 ban selain balancing ban.
apakah wajib spooring?
spooring pake tali rapia msh valid kah? :big_biglaugh:


*kabuurrrrrr............................
mending ban lamanya dicek dulu apakah ada indikasi makan ga rata, makan sebelah, dsb. dr situ ketauan perlu spooring ngga. krn bukan apa2, bengkel spooring jg kadang malah bikin jd ga bener. kadang mesinnya ga bagus kadang teknisinya.

sy abis ganti ban baru2 ini spooring sampai di 3 tempat, total 4x diproses. padahal ban lama kemakannya bagus (sama aspal bukan sama ane dimakannya) cuma krn abis ganti trekstang ya hrs di spooring ulang.

pertama bayar (krn toko tempat beli ban yg ksh gratis spooring tutup hari minggu) di sebuah toko ban spooringnya terkenal bagus dkt rel. enak sebentar meski miring kiri dikit tp msh oke lah abis itu bbrp hari kemudian setirnya miring kiri lbh banyak, tp mungkin krn ane kencengin lagi shock support nya. :mky_03:

kedua, besoknya ane bawa spooring di tempat beli ban, gratis. keluar enak, seneng sampe balik lagi utk kasih tip padahal pas ganti ban udah. eh pas di tol setirnya miring kanan dan kl dilepas setir lari kenceng mobil lari kiri. di dalem kota lurus. :big_cry:
karena kadung harus spooring lagi ane copotin joint steer sekalian cek ricek n tembak vet sana sini termasuk R&R baut setelan steering rack.

ketiga, krn keki akhirnya ane bawa ke bengkel spooring yg skornya paling tinggi di kota ane. dateng kasih tau masalahnya udah ke 2 bengkel lain msh ga puas. akhirnya dia bilang hrs dicoba sm test driver bengkel. sy oke aja krn dr rumah si mobil udah pake sarung jok n sarung setir vinyl meski tempat ini protokol kesehatannya oke pake masker, i like it. pertama di test drive utk tau kondisi awal. lalu dikerjakan pakai Hunter 3D. di test drive lagi. lalu dikerjakan pakai Hofmann di sebelahnya. di test drive lagi. baru dinyatakan lulus maiden flight n dikasih ke ane (kebetulan bengkelnya deket airport.) :mky_03:

keluar dr bengkel krn ane udah muak sama urusan spooring emang ane niatin dr situ tes ke tol. akhirnya ane geber sampe 160 kph dan dia lurus, lepas tangan ga ada narik. setir posisi pun dead center. :big_exellent:


biar ga dibilang hoax, inilah fotonya gerobak econobox ane di bengkel terakhir pas sama Hofmann setelah awalnya sm Hunter yg di kirinya.

IMG_20201009_113010~2.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by Omnibus on Fri Oct 16, 2020 5:58, edited 1 time in total.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Fri Oct 16, 2020 5:52
blloewy wrote: Fri Oct 16, 2020 4:35 Nanya dung...kl hbs ganti 4 ban selain balancing ban.
apakah wajib spooring?
spooring pake tali rapia msh valid kah? :big_biglaugh:


*kabuurrrrrr............................
mending ban lamanya dicek dulu apakah ada indikasi makan ga rata, makan sebelah, dsb. dr situ ketauan perlu spooring ngga. krn bukan apa2, bengkel spooring jg kadang malah bikin jd ga bener. kadang mesinnya ga bagus kadang teknisinya.

sy abis ganti ban baru2 ini spooring sampai di 3 tempat, total 4x diproses. padahal ban lama kemakannya bagus (sama aspal bukan sama ane dimakannya) cuma krn abis ganti trekstang ya hrs di spooring ulang.

pertama bayar (krn toko tempat beli ban yg ksh gratis spooring tutup hari minggu) di sebuah toko ban spooringnya terkenal bagus dkt rel. enak sebentar meski miring kiri dikit tp msh oke lah abis itu bbrp hari kemudian setirnya miring kiri lbh banyak, tp mungkin krn ane kencengin lagi shock support nya. :mky_03:

kedua, besoknya ane bawa spooring di tempat beli ban, gratis. keluar enak, seneng sampe balik lagi utk kasih tip padahal pas ganti ban udah. eh pas di tol setirnya miring kanan dan kl dilepas setir lari kenceng mobil lari kiri. di dalem kota lurus. :big_cry:
karena kadung harus spooring lagi ane copotin joint steer sekalian cek ricek n tembak vet sana sini termasuk R&R baut setelan steering rack.

ketiga, krn keki akhirnya ane bawa ke bengkel spooring yg skornya paling tinggi di kota ane. dateng kasih tau masalahnya udah ke 2 bengkel lain msh ga puas. akhirnya dia bilang hrs dicoba sm test driver bengkel. sy oke aja krn dr rumah si mobil udah pake sarung jok n sarung setir vinyl meski tempat ini protokol kesehatannya oke pake masker, i like it. pertama di test drive utk tau kondisi awal. lalu dikerjakan pakai Hunter 3D. di test drive lagi. lalu dikerjakan pakai Hofmann di sebelahnya. di test drive lagi. baru dinyatakan lulus maiden flight n dikasih ke ane (kebetulan bengkelnya deket airport.) :mky_03:

keluar dr bengkel krn ane udah muak sama urusan spooring emang ane niatin dr situ tes ke tol. akhirnya ane geber sampe 160 kph dan dia lurus, lepas tangan ga ada narik. setir posisi pun dead center. :big_exellent:


biar ga dibilang hoax, inilah fotonya gerobak econobox ane di bengkel terakhir pas sama Hofmann setelah awalnya sm Hunter yg di kirinya.


IMG_20201009_113010~2.jpg
Mbah

Kl d saya malah kurang suka loh bengkel yg spooring nya 3d 3d an.. entah mobil saya yg katro atau kampungan, kl spooring pake embel2 3D pasti ga perna ad yg beres, narik mulu.. ud d coba ampe buanyaakkk bengkel spooring 3D, hasilnya slalu ga puas

Malah giliran spooring di tempat jadul, yg alat nya masi dtancep di tiap ban (kaya misal beissbarth), itu baru bener.. setir ga lari, dan settingan nya bsa awet kadang ampe tuh ban aus.. cuman yah drawback nya, spooring cara jadul gini lama, bsa sejem... beda ama yg kekinian, 3D 3D an, 15 menit kelar
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11857
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by marmut »

Omnibus wrote: Fri Oct 16, 2020 3:58

ane perjelas ahh ...

yg jelas mbah warektor bukan mau beli tools ala2 krisbow n jtech trus ane larang2 yaa ...

bukan tools biasa bukan juga TW

ini perlu diperjelas spy ane ga disalahin krn akhirnya gara2 heart to heart sesshyooonnn doi ga posting apa2. ane faham pirsawan pada haus foto, terutama dr mbah warektor yg juga daripada ketua tim kerehore.

:big_weee:

palingan bingung enak ayam bakar atau ayam goreng..... sementara disebelahnya ada pilihan lagi nasi bebek madura. mau paha atas atau paha bawah atau dada....








:ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Fri Oct 16, 2020 6:03
Mbah

Kl d saya malah kurang suka loh bengkel yg spooring nya 3d 3d an.. entah mobil saya yg katro atau kampungan, kl spooring pake embel2 3D pasti ga perna ad yg beres, narik mulu.. ud d coba ampe buanyaakkk bengkel spooring 3D, hasilnya slalu ga puas

Malah giliran spooring di tempat jadul, yg alat nya masi dtancep di tiap ban (kaya misal beissbarth), itu baru bener.. setir ga lari, dan settingan nya bsa awet kadang ampe tuh ban aus.. cuman yah drawback nya, spooring cara jadul gini lama, bsa sejem... beda ama yg kekinian, 3D 3D an, 15 menit kelar
yah mbah ... ane dr dulu teracuni orang2 pada bilang yg the best machine itu hunt. buktinya di bengkel kedua dan ketiga pas pake hunt ga beres. ane tanya kan kenapa pindah mesin, teknisinya bilang hunt nya slow dlm baca data.

kl bengkel pertama pake corgi manual, sayangnya soket kabelnya udah putus nyambung. ah ane males kl mesin rusak masih dipaksain dikomersilin.

3D? ga ngaruh org mobilnya cuma bisa stel front toe doang. wkwkwkwkwk
kl bangsa mercy bmw yg stelannya komplit toe caster camber depan belakang sih kudu pake 3D mbah.
User avatar
Dat510
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 796
Joined: Sat Jan 03, 2015 12:58

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by Dat510 »

blloewy wrote: Fri Oct 16, 2020 4:35 Nanya dung...kl hbs ganti 4 ban selain balancing ban.
apakah wajib spooring?
spooring pake tali rapia msh valid kah? :big_biglaugh:


*kabuurrrrrr............................
Jawap yang bagian tali rafia, ngga valid om. wkwk

Dlu pernah habis ganti steering rack sama montir nya di spooring pake rafia buat sementara biar ngga jauh2 amat oleng nya, ya tapi tetep oleng.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Fri Oct 16, 2020 6:10
DOHC wrote: Fri Oct 16, 2020 6:03
Mbah

Kl d saya malah kurang suka loh bengkel yg spooring nya 3d 3d an.. entah mobil saya yg katro atau kampungan, kl spooring pake embel2 3D pasti ga perna ad yg beres, narik mulu.. ud d coba ampe buanyaakkk bengkel spooring 3D, hasilnya slalu ga puas

Malah giliran spooring di tempat jadul, yg alat nya masi dtancep di tiap ban (kaya misal beissbarth), itu baru bener.. setir ga lari, dan settingan nya bsa awet kadang ampe tuh ban aus.. cuman yah drawback nya, spooring cara jadul gini lama, bsa sejem... beda ama yg kekinian, 3D 3D an, 15 menit kelar
yah mbah ... ane dr dulu teracuni orang2 pada bilang yg the best machine itu hunt. buktinya di bengkel kedua dan ketiga pas pake hunt ga beres. ane tanya kan kenapa pindah mesin, teknisinya bilang hunt nya slow dlm baca data.

kl bengkel pertama pake corgi manual, sayangnya soket kabelnya udah putus nyambung. ah ane males kl mesin rusak masih dipaksain dikomersilin.

3D? ga ngaruh org mobilnya cuma bisa stel front toe doang. wkwkwkwkwk
kl bangsa mercy bmw yg stelannya komplit toe caster camber depan belakang sih kudu pake 3D mbah.
Berarti tetep yah man behind the tools yg nentuin

Padahal ini gerobag saya mobil sejuta umat, sejuta taxol, dan sejuta f*kboi punya.. tp urusan spooring aj tetep ga bsa sembarangan.. tp rata2 justru yg 3D rata2 lebi murah yah mbah.. sering ad promo2, malah kadang ganti ban bsa gratis spooring nya

Btw lg, mbah mo nanya, kl karet2 kaya belt, selang bensin, kampas rem gt ad umurnya ga seh ? Tiap brapa odo atau km dganti
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1930
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Roda Dua UW125 - 2007

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by blloewy »

DOHC wrote: Fri Oct 16, 2020 5:16
blloewy wrote: Fri Oct 16, 2020 4:35 Nanya dung...kl hbs ganti 4 ban selain balancing ban.
apakah wajib spooring?
spooring pake tali rapia msh valid kah? :big_biglaugh:


*kabuurrrrrr............................
Buat si resing hr15de ya ? Itu mah bukan tiap ganti ban, tp tiap 100 km, namanya jg mobil balap

Abis ganti ban baru, kl kata rektor institue du technik van asemreges, mbah marmut ama omni, wajip di amplas dl pake grit 100, abis itu burn out 15 menit, di lanjut kan power slide spanjang exit tol alsut
Wusyeh 😂😂😂
nubie in all things - still need to learn
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1930
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Roda Dua UW125 - 2007

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by blloewy »

marmut wrote: Fri Oct 16, 2020 4:58
blloewy wrote: Fri Oct 16, 2020 4:35 Nanya dung...kl hbs ganti 4 ban selain balancing ban.
apakah wajib spooring?
spooring pake tali rapia msh valid kah? :big_biglaugh:


*kabuurrrrrr............................


ganti ban gaada urusan dengan wheel alignment kecuali abis ganti rack end, tie rod, ball joint, bushing arm, atau kebanyakan duit.
jauh lebih penting ngilangin lapisan licin di permukaan ban baru.
paling gampang, jalan pelan merayap sambil belokin setir kiri-kanan lock to lock.
Nah ini blm dilakukan sich...
Ntar dech di tol.depok beginian...
nubie in all things - still need to learn
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1930
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Roda Dua UW125 - 2007

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by blloewy »

Omnibus wrote: Fri Oct 16, 2020 5:52
blloewy wrote: Fri Oct 16, 2020 4:35 Nanya dung...kl hbs ganti 4 ban selain balancing ban.
apakah wajib spooring?
spooring pake tali rapia msh valid kah? :big_biglaugh:


*kabuurrrrrr............................
mending ban lamanya dicek dulu apakah ada indikasi makan ga rata, makan sebelah, dsb. dr situ ketauan perlu spooring ngga. krn bukan apa2, bengkel spooring jg kadang malah bikin jd ga bener. kadang mesinnya ga bagus kadang teknisinya.

sy abis ganti ban baru2 ini spooring sampai di 3 tempat, total 4x diproses. padahal ban lama kemakannya bagus (sama aspal bukan sama ane dimakannya) cuma krn abis ganti trekstang ya hrs di spooring ulang.

pertama bayar (krn toko tempat beli ban yg ksh gratis spooring tutup hari minggu) di sebuah toko ban spooringnya terkenal bagus dkt rel. enak sebentar meski miring kiri dikit tp msh oke lah abis itu bbrp hari kemudian setirnya miring kiri lbh banyak, tp mungkin krn ane kencengin lagi shock support nya. :mky_03:

kedua, besoknya ane bawa spooring di tempat beli ban, gratis. keluar enak, seneng sampe balik lagi utk kasih tip padahal pas ganti ban udah. eh pas di tol setirnya miring kanan dan kl dilepas setir lari kenceng mobil lari kiri. di dalem kota lurus. :big_cry:
karena kadung harus spooring lagi ane copotin joint steer sekalian cek ricek n tembak vet sana sini termasuk R&R baut setelan steering rack.

ketiga, krn keki akhirnya ane bawa ke bengkel spooring yg skornya paling tinggi di kota ane. dateng kasih tau masalahnya udah ke 2 bengkel lain msh ga puas. akhirnya dia bilang hrs dicoba sm test driver bengkel. sy oke aja krn dr rumah si mobil udah pake sarung jok n sarung setir vinyl meski tempat ini protokol kesehatannya oke pake masker, i like it. pertama di test drive utk tau kondisi awal. lalu dikerjakan pakai Hunter 3D. di test drive lagi. lalu dikerjakan pakai Hofmann di sebelahnya. di test drive lagi. baru dinyatakan lulus maiden flight n dikasih ke ane (kebetulan bengkelnya deket airport.) :mky_03:

keluar dr bengkel krn ane udah muak sama urusan spooring emang ane niatin dr situ tes ke tol. akhirnya ane geber sampe 160 kph dan dia lurus, lepas tangan ga ada narik. setir posisi pun dead center. :big_exellent:


biar ga dibilang hoax, inilah fotonya gerobak econobox ane di bengkel terakhir pas sama Hofmann setelah awalnya sm Hunter yg di kirinya.


IMG_20201009_113010~2.jpg
Makan rata si Mbah...
Cuma ban nya yg dipake sdh ketuaan.
Depan 2015
Belakang 2012 :big_biglaugh:
Siap mbah...
nubie in all things - still need to learn
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1930
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Roda Dua UW125 - 2007

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by blloewy »

DOHC wrote: Fri Oct 16, 2020 6:03


Btw lg, mbah mo nanya, kl karet2 kaya belt, selang bensin, kampas rem gt ad umurnya ga seh ? Tiap brapa odo atau km dganti
Nah kl.kampas rem mungkin lbh cepet habisnya si Om.
Kl belt ada periodenya 20rb km apa ya...
Yg saya bingung itu karet hose u water coolant.
Dulu pake Kuda Mitsu Remaja 18 thn usianya pas di tanjakan deket bakauheni copot clamp hose radiator bawah.
Alhasil boom bunyi kaya meldak dari kap mesin plus coolant berceceran.
Sdh parno aja mesti turun mesin ternyata msh selamat 😂
Nunggu petuah Mbah WaRektor Marmut dan Dekan Omnibus u umur hose2 ini .
nubie in all things - still need to learn
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Fri Oct 16, 2020 6:25
Berarti tetep yah man behind the tools yg nentuin

Padahal ini gerobag saya mobil sejuta umat, sejuta taxol, dan sejuta f*kboi punya.. tp urusan spooring aj tetep ga bsa sembarangan.. tp rata2 justru yg 3D rata2 lebi murah yah mbah.. sering ad promo2, malah kadang ganti ban bsa gratis spooring nya

Btw lg, mbah mo nanya, kl karet2 kaya belt, selang bensin, kampas rem gt ad umurnya ga seh ? Tiap brapa odo atau km dganti
yg suka kasih promo yg kurang laku kayanya mbah. yg pertama 150 rb yg terakhir 175 rb ga ada promo. murah ya? bukan DKI soalnya mbah.

karet? kan di bukman ada tuh item checklist nya periksa ini periksa ono. karet ada umurnya tp tiap mobil beda2 tergantung pemakaian dan penyimpanan juga. kena element ngga. yg parkir di garasi dan diluar kan beda udah. jd hrs check by visual dan dipencet utk check getasnya mbah.

bikin parno ah .... v-belt udah pernah dicheck belum? putus lho...


:mky_04:

oh ya kampas rem sama mbah. check visual. ada yg msh tebel tp udah keras kaya lembing.
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1224
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by adityabp »

blloewy wrote: Fri Oct 16, 2020 6:58
DOHC wrote: Fri Oct 16, 2020 6:03


Btw lg, mbah mo nanya, kl karet2 kaya belt, selang bensin, kampas rem gt ad umurnya ga seh ? Tiap brapa odo atau km dganti
Nah kl.kampas rem mungkin lbh cepet habisnya si Om.
Kl belt ada periodenya 20rb km apa ya...
Yg saya bingung itu karet hose u water coolant.
Dulu pake Kuda Mitsu Remaja 18 thn usianya pas di tanjakan deket bakauheni copot clamp hose radiator bawah.
Alhasil boom bunyi kaya meldak dari kap mesin plus coolant berceceran.
Sdh parno aja mesti turun mesin ternyata msh selamat 😂
Nunggu petuah Mbah WaRektor Marmut dan Dekan Omnibus u umur hose2 ini .
Kalo hose, paling gampang lihat karet di bagian yg diklem. Kalo udah kliatan sobek2x kecil, atau lembek, ganti.