Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
josomba wrote: Wed Oct 14, 2020 11:49
bahkan sekelas S*op n Dr*ve juga melakukan yg sama kok .... entah pas dulu owe masih di Bandung maupun udah kembali lg di Tangsel
itu apa pakesensor segala.... disini bukan lembaga sensor nasional.
shop n drive kepunyaan astra grup?
biasa lah itu.
saya dapat info yang sama dari om benzz89 berapa waktu lalu.
Ntuh masdut dateng kondisi aki dah gabisa nyala i-stop ala honda beat-nya
Bawa aki pengganti ke SnD ...... kasi kunci, dia nyalain mesin ..... set set set.... swap aki dinyatakan selesai...
Waktu itu agak tercengang (siapa tau deket rumah beda ama yg deket kosan d bandung)..... karena pernah ke bengkel biasa banget pinggir jalan jaman dulu ga kek gitu ....
buka ban depan kanan, ngolong masuk lewat pinggir situ, lihat bagian belt tensioner dr belakang engine, nah dia di sebelah kirinya kira 10 cm. dekat header. pakai kunci 17 kayanya.
kl mau buka beli dulu spare gasket nya DI BERES. beli di luar kena part palsu bocor tau rasa deh.
Ahh kayanya saya tau deh dmana
Persis posisi nya kaya di enjin super resing HR15DE
dmn ini Mbah Klep posisinya kl di engine resing HR15?
Di enjin blok
Persis posisi nya sejajar ama header knalpot
Akses nya musti ngolong ke tengah mesin / bawah crossmember
Ntuh masdut dateng kondisi aki dah gabisa nyala i-stop ala honda beat-nya
Bawa aki pengganti ke SnD ...... kasi kunci, dia nyalain mesin ..... set set set.... swap aki dinyatakan selesai...
Waktu itu agak tercengang (siapa tau deket rumah beda ama yg deket kosan d bandung)..... karena pernah ke bengkel biasa banget pinggir jalan jaman dulu ga kek gitu ....
wahwahwah itu sih human error di ownernya, masa ganti aki ga bisa sendiri pdhl aki spare udah beli. gampang banget.
besok minta mbah rektor marmut kasih tutorial ngana lah. private seshhiooonn (minjem istilah Om Chz)
Akses nya musti ngolong ke tengah mesin / bawah crossmember
oooo.... jadi musti nyopot crossmember ya mbah?
jasa kuras radiator 50rb, bongpas crossmember 1jt, coolant 150rb cukup kan? total jasa sama coolant 1jt 200rb ya mbah?
Akses nya musti ngolong ke tengah mesin / bawah crossmember
oooo.... jadi musti nyopot crossmember ya mbah?
jasa kuras radiator 50rb, bongpas crossmember 1jt, coolant 150rb cukup kan? total jasa sama coolant 1jt 200rb ya mbah?
ga usah copot cross member mbah. kl di bengkel amatir iya.
kl bengkel profeshiooonnall ga usah. tinggal pakai extensions sambung menyambung menjadi satu dgn u-joint nya, putar pakai ratchet dr belakang bumper mobil sambil berdiri dan muka tersenyum.
Ntuh masdut dateng kondisi aki dah gabisa nyala i-stop ala honda beat-nya
Bawa aki pengganti ke SnD ...... kasi kunci, dia nyalain mesin ..... set set set.... swap aki dinyatakan selesai...
Waktu itu agak tercengang (siapa tau deket rumah beda ama yg deket kosan d bandung)..... karena pernah ke bengkel biasa banget pinggir jalan jaman dulu ga kek gitu ....
wahwahwah itu sih human error di ownernya, masa ganti aki ga bisa sendiri pdhl aki spare udah beli. gampang banget.
besok minta mbah rektor marmut kasih tutorial ngana lah. private seshhiooonn (minjem istilah Om Chz)
wkwkwk 2 tahun lalu belum pede om ganti sendiri .... tengah taun ini baru ganti sendiri
Omnibus wrote: Thu Oct 15, 2020 3:40
ga usah copot cross member mbah. kl di bengkel amatir iya.
kl bengkel profeshiooonnall ga usah. tinggal pakai extensions sambung menyambung menjadi satu dgn u-joint nya, putar pakai ratchet dr belakang bumper mobil sambil berdiri dan muka tersenyum.
no pic = hoax.
waktu dan tempat dipersilahkan untuk peragaan sambung menyambung extension....
wkwkwk 2 tahun lalu belum pede om ganti sendiri .... tengah taun ini baru ganti sendiri
masda 2 sky kan? musti berdua biar gampang.
peralatan yang dibutuhkan :
- kunci 12mm (boleh socket atau ring spanner).
- kunci 10mm open end.
- kain lap.
- kardus bekas yang masih bersih.
langkah pengerjaan,
- buka kap mesin.
- lepas kap mesin pakai kunci 12mm.
- angkat kap mesin musti berdua supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginken.
- taruh kap mesin di tempat aman dan terlindung yang sudah diberi alas kardus bekas.
- lepas kutub negatif aki terlebih dahulu dengan kunci 10mm open end.
- lepas kutub positifnya.
- lepas pengikat aki.
- angkat aki lama dan taruh di tempat aman.
- pasang aki baru.
- setelah selesai, jangan lupa pasang kembali kap mesin.
- gunakan lap untuk menyeka keringat di dahi dan leher.
wkwkwk 2 tahun lalu belum pede om ganti sendiri .... tengah taun ini baru ganti sendiri
masda 2 sky kan? musti berdua biar gampang.
peralatan yang dibutuhkan :
- kunci 12mm (boleh socket atau ring spanner).
- kunci 10mm open end.
- kain lap.
- kardus bekas yang masih bersih.
langkah pengerjaan,
- buka kap mesin.
- lepas kap mesin pakai kunci 12mm.
- angkat kap mesin musti berdua supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginken.
- taruh kap mesin di tempat aman dan terlindung yang sudah diberi alas kardus bekas.
- lepas kutub negatif aki terlebih dahulu dengan kunci 10mm open end.
- lepas kutub positifnya.
- lepas pengikat aki.
- angkat aki lama dan taruh di tempat aman.
- pasang aki baru.
- setelah selesai, jangan lupa pasang kembali kap mesin.
- gunakan lap untuk menyeka keringat di dahi dan leher.
selesai.
kalo prosedurnya begini, udah ga salah om josomba bawa ke SnD. mau sambil mesin nyala juga gpp, tinggal aja ke warung teh botol bentar.
wkwkwk 2 tahun lalu belum pede om ganti sendiri .... tengah taun ini baru ganti sendiri
masda 2 sky kan? musti berdua biar gampang.
peralatan yang dibutuhkan :
- kunci 12mm (boleh socket atau ring spanner).
- kunci 10mm open end.
- kain lap.
- kardus bekas yang masih bersih.
langkah pengerjaan,
- buka kap mesin.
- lepas kap mesin pakai kunci 12mm.
- angkat kap mesin musti berdua supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginken.
- taruh kap mesin di tempat aman dan terlindung yang sudah diberi alas kardus bekas.
- lepas kutub negatif aki terlebih dahulu dengan kunci 10mm open end.
- lepas kutub positifnya.
- lepas pengikat aki.
- angkat aki lama dan taruh di tempat aman.
- pasang aki baru.
- setelah selesai, jangan lupa pasang kembali kap mesin.
- gunakan lap untuk menyeka keringat di dahi dan leher.
selesai.
Mohon maap ni .... cuman mobil econobox ... bukan mobil antique keluaran 1945 ... dipake di pantai normandy
wkwkwk 2 tahun lalu belum pede om ganti sendiri .... tengah taun ini baru ganti sendiri
masda 2 sky kan? musti berdua biar gampang.
peralatan yang dibutuhkan :
- kunci 12mm (boleh socket atau ring spanner).
- kunci 10mm open end.
- kain lap.
- kardus bekas yang masih bersih.
langkah pengerjaan,
- buka kap mesin.
- lepas kap mesin pakai kunci 12mm.
- angkat kap mesin musti berdua supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginken.
- taruh kap mesin di tempat aman dan terlindung yang sudah diberi alas kardus bekas.
- lepas kutub negatif aki terlebih dahulu dengan kunci 10mm open end.
- lepas kutub positifnya.
- lepas pengikat aki.
- angkat aki lama dan taruh di tempat aman.
- pasang aki baru.
- setelah selesai, jangan lupa pasang kembali kap mesin.
- gunakan lap untuk menyeka keringat di dahi dan leher.
kalo prosedurnya begini, udah ga salah om josomba bawa ke SnD. mau sambil mesin nyala juga gpp, tinggal aja ke warung teh botol bentar.
tidak bisa mbah shifu, itu posisi kerja yang benar, kap mesin dilepas supaya lega.
karena kalau hanya buka kap mesin seperti biasa, kita orang musti membungkuk, apalagi saat mengangkat aki dalam posisi membungkuk itu tidak disarankan.
terlebih kalau malam sebelumnya baru saja (sensor) dengan pasangan, sangat menyiksa pinggang.
marmut wrote: Thu Oct 15, 2020 4:23
tidak bisa mbah shifu, itu posisi kerja yang benar, kap mesin dilepas supaya lega.
karena kalau hanya buka kap mesin seperti biasa, kita orang musti membungkuk, apalagi saat mengangkat aki dalam posisi membungkuk itu tidak disarankan.
terlebih kalau malam sebelumnya baru saja (sensor) dengan pasangan, sangat menyiksa pinggang.
lebih bagus lagi kl mobilnya dijumpalitin upside-down pakai overhead crane mbah. jd akinya tinggal kita tangkep aja pakai jaring pas jatuh ke bawah.
Profith83 wrote: Wed Oct 14, 2020 6:19
Ada yang pernah pakai mata bor besi?
Merek apa yang bagus dan kuat?
saya sering.
merk ngga pernah perhatikan, kadang nachi, kadang apa saja yang penting hss atau high speed steel.
di toped ada yang jual cukup murah menurut saya, cari saja nama tokonya tools murah jakarta.
masalah kuat, menurut saya bagaimana cara penggunaannya saja.
misal mau bikin lubang 8mm, jangan langsung sikat pake mata bor 8mm.
saya biasa 3 tahap, pakai yang kecil dulu. bisa 3mm atau 4mm, setelah itu naik ke 6mm atau 7mm, baru terakhir 8mm.
akhirnya beli Nachi karena dapat official store cukup murah dan jual ketengan
4.5 mm HSS - Rp 18.690
5 mm HSS - Rp 21.999
Sama beli Kunci Borr Bull
Kalau datang nanti dicoba, apabila memang tajam dan bagus. dilanjutan beli 5.5 mm 6 mm dan 7 mm
Profith83 wrote: Wed Oct 14, 2020 6:19
Ada yang pernah pakai mata bor besi?
Merek apa yang bagus dan kuat?
saya sering.
merk ngga pernah perhatikan, kadang nachi, kadang apa saja yang penting hss atau high speed steel.
di toped ada yang jual cukup murah menurut saya, cari saja nama tokonya tools murah jakarta.
masalah kuat, menurut saya bagaimana cara penggunaannya saja.
misal mau bikin lubang 8mm, jangan langsung sikat pake mata bor 8mm.
saya biasa 3 tahap, pakai yang kecil dulu. bisa 3mm atau 4mm, setelah itu naik ke 6mm atau 7mm, baru terakhir 8mm.
akhirnya beli Nachi karena dapat official store cukup murah dan jual ketengan
4.5 mm HSS - Rp 18.690
5 mm HSS - Rp 21.999
Sama beli Kunci Borr Bull
Kalau datang nanti dicoba, apabila memang tajam dan bagus. dilanjutan beli 5.5 mm 6 mm dan 7 mm
bisa di bantu dengan pelumasan pas ngebornya Pak..,biar mata bornya tidak terlalu panas x..,lebih awet juga..
Akses nya musti ngolong ke tengah mesin / bawah crossmember
oooo.... jadi musti nyopot crossmember ya mbah?
jasa kuras radiator 50rb, bongpas crossmember 1jt, coolant 150rb cukup kan? total jasa sama coolant 1jt 200rb ya mbah?
Ohh ga usa mbah
Ntuh pentil baut nya gampang banget koq djangkau nya kl dr ngolong.. ga ad komponen kaki2 yg perlu d copot.. ban aj ga perlu dicpot
Kejutan nya justru bukan d posisi nya, tp ngebuka nya.. baut pentil seuprit upil gt tp dikencengin pake torsi pipa besi ditarik ampe ngeekk ngeekk kayanya dr pabrik.. pas ngebuka nya pertama kali ngeri2 sedap gt rasanya
Omnibus wrote: Thu Oct 15, 2020 3:40
ga usah copot cross member mbah. kl di bengkel amatir iya.
kl bengkel profeshiooonnall ga usah. tinggal pakai extensions sambung menyambung menjadi satu dgn u-joint nya, putar pakai ratchet dr belakang bumper mobil sambil berdiri dan muka tersenyum.
no pic = hoax.
waktu dan tempat dipersilahkan untuk peragaan sambung menyambung extension....
ayo mbah ketua tim kerehore mana suaranya?
Kl utk lipindut, perlu flexible joint jg, krn posisi nya d tengah2 enjin blok.. tp kl yg ngaku nya punya extension sepanjang boeing 737-200 sehh, bisa lah ampe kebelakang lipindut
waktu dan tempat dipersilahkan untuk peragaan sambung menyambung extension....
ayo mbah ketua tim kerehore mana suaranya?
biarlah itu para extension tetap selamanya menjadi misteri mbah
mbah ketua kerehore baru aja japri ane. rupanya sedang di ace hardware sedang menimbang2 hal yg sangattt sangattt penting. antara beli dan tidak.
Ga jadi mbah
Mikir2 ga worth the risk
positif, bintangnya libra. bulan ini ultah......
paaanjang umurnyaaaa...... paaaaaanjang umurnyaaaa... paaaaanjaaang umurnyaaaa serta muuuuuliiiaaaaaa.......
Ok, konsul parno berikutnya (ini trrmasuk libra jg ga ?)
Ganti minyak rem ga yah, baru kepake jalan kira2 18 rebu km dr trakir flush, tp bentar lg musim ujan banjir.. atau nunggu ampe taon depan bulan 2, atau hajar aj kerjain skrg
para pembaca yang budiman dimanapun anda berada, sudah barang tentu para pembaca mahfum dengan dongkrak.
yaitu sebuah pesawat sederhana yang digerakkan dengan tenaga manusia untuk mengungkit/membuat posisi kendaraan menjadi lebih tinggi saat mengganti ban
untuk dongkrak seperti gambar dibawah ini sudah barang tentu para pembaca sangat familiar,
20201015_125048.jpg
umum terdapat disetiap kendaraan. ada yang tersimpan di kolong jok penumpang depan seperti toyodai avania, atau terbaring di bagasi, ataupun di ruang mesin seperti suzuki katana.
nah, kali ini bagi yang bisa menebak gambar dibawah,
20201015_125126.jpg
dongkrak mobil apakah gerangan?
5 jawaban yang benar akan mendapat hadiah langsung dari yang berulang tahun di bulan ini yaitu mbah ketua DOHC berupa gelas cantik dan piring kaleng rombeng.
selamat menebak.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.