sebab kl aki dicabut tdk ada yg menjadi electrical damper (weleh kok damper lagi damper lagi omongan aneDOHC wrote: Wed Oct 14, 2020 9:30Ga bole nya knapa mbah, trus koq di mobil saya bisa yah tetep nyala terus tanpa aki loh padahalmarmut wrote: Wed Oct 14, 2020 9:04DOHC wrote: Wed Oct 14, 2020 8:57 Mbah2
Mo nanya versi parno lg
Sebenernya fungsi aki itu cuman buat starter doank yah ?
Barusan saya iseng nyoba nyabut aki pas mesin ud nyala.. ternyata koq mesin masi tetep nyala, bahkan lampu idikator aki aj ga nyala
buat start dan lainnya yang membutuhkan listrik.
saya ngga akan pernah cabut terminal aki saat mesin nyala, terutama buat mobil jaman sekarang. kecuali ada pernyataan resmi tertulis dari pabrik beserta produsen aki dan alternator, bahwa hal tersebut diperbolehkan dan tanpa resiko apapun.
belum lama saya diskusi sama mbah shifu.
kalo taun 80~90an, nyabut negatif aki saat mesin idle hanya untuk membuktikan bahwa alternator dalam kondisi sehat.
itupun hanya dilakukan pada mobil-mobil yang masih mempergunakan cut-out atau eksternal regulator.

kl pertanyaannya "kok mobil saya bisa?" ya bisa mbah tapi berasa kan kl pas terminal dicabut atau dipasang pasti rpm mobil ada perubahan. nah kita ga tau kapan bisa terjadi apes. belom lagi kl ga sengaja kabel terminal +ve yg ngewer2 itu kena body. haduuuhhh .... kembang api mbah
