Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Woompy
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 206
Joined: Fri Jul 08, 2016 6:15

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Woompy »

Berhubung beberapa page ke belakang lagi ngomongin amsoil, kebetulan saya akhir Juli lalu test uoa Amsoil Signature series 0w20 dipake jalan 11.300 km di mesin K12M. Hasilnya okelah, yang bikin jeleknya hanya karena fuel dilution karena diawal masa PSBB saya saat nunggu belanja sering nunggu di mobil idle ac on 30-45 menit :mky_06:

Image
Image

Penggunaanya sendiri lumayan sering gaspol mentok limiter, kalo ngetoll juga sering speeding hingga rpm 4000-5000 selama beberapa menit. So far dari 3 oli yang saya test ini yg hasilnya paling bagus :off_good_job: Next oil change bakal saya patok di kisaran 10.000 km aja deh biar aman :mky_01:
2015 CTHD - Total Ineo MC3 5w30
2023 1KR VET - Amsoil Signature Series 0w20
Or4cle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1312
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Or4cle »

Ariazaki wrote: Tue Oct 13, 2020 20:36 Berhubung beberapa page ke belakang lagi ngomongin amsoil, kebetulan saya akhir Juli lalu test uoa Amsoil Signature series 0w20 dipake jalan 11.300 km di mesin K12M. Hasilnya okelah, yang bikin jeleknya hanya karena fuel dilution karena diawal masa PSBB saya saat nunggu belanja sering nunggu di mobil idle ac on 30-45 menit :mky_06:

Image
Image

Penggunaanya sendiri lumayan sering gaspol mentok limiter, kalo ngetoll juga sering speeding hingga rpm 4000-5000 selama beberapa menit. So far dari 3 oli yang saya test ini yg hasilnya paling bagus :off_good_job: Next oil change bakal saya patok di kisaran 10.000 km aja deh biar aman :mky_01:
Fuel dilution ini salah satu penyebab oli keraton OCI gak bisa panjang. Apalagi di kota yang macet panjang, stop & go, dan lebih parah di mobil yang sdh berumur tua.

Klaim Amsoil di OCI 25.000 mil (40.200 KM) itu utopia, sulit tercapai di kondisi jalan di kota besar.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Omnibus »

Ariazaki wrote: Tue Oct 13, 2020 20:36 Berhubung beberapa page ke belakang lagi ngomongin amsoil, kebetulan saya akhir Juli lalu test uoa Amsoil Signature series 0w20 dipake jalan 11.300 km di mesin K12M. Hasilnya okelah, yang bikin jeleknya hanya karena fuel dilution karena diawal masa PSBB saya saat nunggu belanja sering nunggu di mobil idle ac on 30-45 menit :mky_06:

Image
Image

Penggunaanya sendiri lumayan sering gaspol mentok limiter, kalo ngetoll juga sering speeding hingga rpm 4000-5000 selama beberapa menit. So far dari 3 oli yang saya test ini yg hasilnya paling bagus :off_good_job: Next oil change bakal saya patok di kisaran 10.000 km aja deh biar aman :mky_01:
wah asik ada uoa result nya.

hmm menurut pandangan nubie kl boleh ikut komen, ngga ada fuel dilution om. krn v100 asal amsoil ss 0w20 itu based on pds 8.6 dan disitu sekitar di atas 9, berarti ada sedikit oil thickening. sementara kl fuel dilution akan jd encer dan kemungkinan dibawah angka awal yg 8.6.

wear metals nya bagus ya, improve jauh Fe (besi) nya dibanding waktu pakai kendall. cuma Al (aluminum) nya aja yg meningkat hampir double. Sulfate sdh jelas krn pemakaian bbm yg kualitasnya kurang. kl boleh tau pakai bensin apa? mungkin kl tadinya premium/pertalite trus diganti ke pertamax akan improve.

kl oxidation disitu dijelaskan clear enough, ada kemungkinan overheated olinya. jd kl engine nya sendiri ngga pernah overheat, kemungkinan penyebabnya either 0w20 terlalu encer utk kondisi pengendaraan atau memang angka 60 itu normal. krn baca di bitog kl ga salah ingat ada jg yg oxidation baru2 aja udah start 50an.

kl ttg pemakaiannya yg sampai 11.300 km menurut data kandungan additive dan TBN nya msh mumpuni. additive terutama Ca (calcium) dan Mo (molybdenum) msh ada. Mo malah jauh diatas Kendall. TBN awal amsoil SS menurut pds adalah 12.5, skrg msh ada sisa 5. ngga masalah. meski kl OCI diturunin jd 10k lebih aman.

anyway, thanks for sharing om. :big_exellent:
jd tau patokan sebab ane pakai amsoil ss 5w30 dan OCI di 7-8k, bbm full pertamax. seharusnya safer sih.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12541
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Suryaputra »

Omnibus wrote: Tue Oct 13, 2020 22:14
Ariazaki wrote: Tue Oct 13, 2020 20:36 Berhubung beberapa page ke belakang lagi ngomongin amsoil, kebetulan saya akhir Juli lalu test uoa Amsoil Signature series 0w20 dipake jalan 11.300 km di mesin K12M. Hasilnya okelah, yang bikin jeleknya hanya karena fuel dilution karena diawal masa PSBB saya saat nunggu belanja sering nunggu di mobil idle ac on 30-45 menit :mky_06:

Image
Image

Penggunaanya sendiri lumayan sering gaspol mentok limiter, kalo ngetoll juga sering speeding hingga rpm 4000-5000 selama beberapa menit. So far dari 3 oli yang saya test ini yg hasilnya paling bagus :off_good_job: Next oil change bakal saya patok di kisaran 10.000 km aja deh biar aman :mky_01:
wah asik ada uoa result nya.

hmm menurut pandangan nubie kl boleh ikut komen, ngga ada fuel dilution om. krn v100 asal amsoil ss 0w20 itu based on pds 8.6 dan disitu sekitar di atas 9, berarti ada sedikit oil thickening. sementara kl fuel dilution akan jd encer dan kemungkinan dibawah angka awal yg 8.6.

wear metals nya bagus ya, improve jauh Fe (besi) nya dibanding waktu pakai kendall. cuma Al (aluminum) nya aja yg meningkat hampir double. Sulfate sdh jelas krn pemakaian bbm yg kualitasnya kurang. kl boleh tau pakai bensin apa? mungkin kl tadinya premium/pertalite trus diganti ke pertamax akan improve.

kl oxidation disitu dijelaskan clear enough, ada kemungkinan overheated olinya. jd kl engine nya sendiri ngga pernah overheat, kemungkinan penyebabnya either 0w20 terlalu encer utk kondisi pengendaraan atau memang angka 60 itu normal. krn baca di bitog kl ga salah ingat ada jg yg oxidation baru2 aja udah start 50an.

kl ttg pemakaiannya yg sampai 11.300 km menurut data kandungan additive dan TBN nya msh mumpuni. additive terutama Ca (calcium) dan Mo (molybdenum) msh ada. Mo malah jauh diatas Kendall. TBN awal amsoil SS menurut pds adalah 12.5, skrg msh ada sisa 5. ngga masalah. meski kl OCI diturunin jd 10k lebih aman.

anyway, thanks for sharing om. :big_exellent:
jd tau patokan sebab ane pakai amsoil ss 5w30 dan OCI di 7-8k, bbm full pertamax. seharusnya safer sih.
Klo lihat Ca dan Mg nya, udah SN plus ke atas yah ini.
which is Mfg Date nya masih kinyis2 :mky_04:
dan ada Moly nya :big_love:


Oxi, coba cek radiator, fan & coolant nya,
klo di indonesia, bagusnya sih tiap 1-2 tahun flush air radiator :mky_01:


Reputasi dan harga gak bohong yaa emang.
no wonder, amsoil signature ini one of the best juga di LN sono, buat long drain :mky_02:

klo gak salah, om aria pernah posting juga hasil Q8 formula 0w20, Result Fe wear nya mirip2 amsoil dipakai long drain,
cmn TBN nya aja udah 3 koma sekian.

so far sih, top of mind oli keraton dgn harga wajar (sebanding sm kualitas) buat saya pribadi,
ya Amsoil Sign dan Q8 Formula :big_grin:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Turboman »

PTT 5W30 API SP

Harga cuman 85 rb / L

monggo buat yg udah saatnya ganti oli

https://www.blibli.com/p/ptt-lubricants ... 0036-00338
Screenshot_2020-10-14-11-10-27-616_com.android.browser.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
* Bukan ajakan Beli *
free2d
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 109
Joined: Thu Jun 09, 2016 11:56

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by free2d »

Turboman wrote: Wed Oct 14, 2020 4:13 PTT 5W30 API SP

Harga cuman 85 rb / L

monggo buat yg udah saatnya ganti oli

https://www.blibli.com/p/ptt-lubricants ... rowser.jpg
ini semi synthetic ya?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Turboman »

Update for Schaeffer 5W40
Screenshot_2020-10-14-11-58-16-829_com.instagram.android.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
* Bukan ajakan Beli *
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12541
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Suryaputra »

free2d wrote: Wed Oct 14, 2020 4:39
Turboman wrote: Wed Oct 14, 2020 4:13 PTT 5W30 API SP

Harga cuman 85 rb / L

monggo buat yg udah saatnya ganti oli

https://www.blibli.com/p/ptt-lubricants ... rowser.jpg
ini semi synthetic ya?
klo lihat msds nya sih,

komposisi base oilnya mirip spt PTT PERFORMA SYNTHETIC 5w30 full syn a5/b5.

terminologi full syn, syn technology, ini kurleb sama2 sintetis lah.
itu bahasa marketing sesuai policy di masing2 negara aja.

paling masuk kategori grup 3 yah :big_grin:
gak perlu pusing, pakai 7 bulan lgs ganti :big_peace:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
free2d
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 109
Joined: Thu Jun 09, 2016 11:56

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by free2d »

Liat base oil nya yang mana...?
Lagi belajar.
Last edited by free2d on Wed Oct 14, 2020 5:31, edited 1 time in total.
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3450
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by maastricht889 »

Suryaputra wrote: Wed Oct 14, 2020 5:08
free2d wrote: Wed Oct 14, 2020 4:39
Turboman wrote: Wed Oct 14, 2020 4:13 PTT 5W30 API SP

Harga cuman 85 rb / L

monggo buat yg udah saatnya ganti oli

https://www.blibli.com/p/ptt-lubricants ... rowser.jpg
ini semi synthetic ya?
klo lihat msds nya sih,

komposisi base oilnya mirip spt PTT PERFORMA SYNTHETIC 5w30 full syn a5/b5.

terminologi full syn, syn technology, ini kurleb sama2 sintetis lah.
itu bahasa marketing sesuai policy di masing2 negara aja.

paling masuk kategori grup 3 yah :big_grin:
gak perlu pusing, pakai 7 bulan lgs ganti :big_peace:
Walaa biasa saya pake perf syn 5w30 a5/b5 sy pol in setahun om, jln sekitar 8rb km
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12541
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Suryaputra »

free2d wrote: Wed Oct 14, 2020 5:18 Liat base oil nya yang mana...?
Lagi belajar.
coba om buka link PDS/MSDS untuk masing-masing,
- PTT PERFORMA SYNTEC PLUS 5w30 API SP: https://pttlubricants.pttor.com/pds_msd ... anguage=en
- PTT PERFORMA SYNTHETIC 5w30 A5/B5: https://pttlubricants.pttor.com/pds_msd ... anguage=en

& then,
1. Download / Buka Link MSDS masing-masing oli sesuai viskositas nya
2. Cek di bagian "3. Composition / Information on Ingredients"
3. Nah bisa dilihat kan base oil nya mirip (CAS Number nya sama) dgn persentase juga sama
4. Untuk aditif pasti ada perbedaan, karena sertifikasi / approvalnya juga beda & biasanya confidential (ketauan klo test VOA)

semoga membantu yaa om


erwinign wrote: Wed Oct 14, 2020 5:52
Suryaputra wrote: Wed Oct 14, 2020 5:08
free2d wrote: Wed Oct 14, 2020 4:39

ini semi synthetic ya?
klo lihat msds nya sih,

komposisi base oilnya mirip spt PTT PERFORMA SYNTHETIC 5w30 full syn a5/b5.

terminologi full syn, syn technology, ini kurleb sama2 sintetis lah.
itu bahasa marketing sesuai policy di masing2 negara aja.

paling masuk kategori grup 3 yah :big_grin:
gak perlu pusing, pakai 7 bulan lgs ganti :big_peace:
Walaa biasa saya pake perf syn 5w30 a5/b5 sy pol in setahun om, jln sekitar 8rb km
suhu omnibus aja pk oli keraton juara YT channel Project Farm, 7rb km diganti :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
doko86
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 410
Joined: Fri Jun 05, 2020 7:50
Location: Tajurhalang - Bogor
Daily Vehicle: 1KR-DE_Ayla-2014

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by doko86 »

Lg ada disc ptt 0w20 eco api sp, di shopee..... Siapa tahu ada yg sdh waktunya ganti oli.... :D
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
snoepje
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 220
Joined: Sun Jul 31, 2016 7:30

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by snoepje »

Suryaputra wrote: Wed Oct 14, 2020 7:12
free2d wrote: Wed Oct 14, 2020 5:18 Liat base oil nya yang mana...?
Lagi belajar.
coba om buka link PDS/MSDS untuk masing-masing,
- PTT PERFORMA SYNTEC PLUS 5w30 API SP: https://pttlubricants.pttor.com/pds_msd ... anguage=en
- PTT PERFORMA SYNTHETIC 5w30 A5/B5: https://pttlubricants.pttor.com/pds_msd ... anguage=en

& then,
1. Download / Buka Link MSDS masing-masing oli sesuai viskositas nya
2. Cek di bagian "3. Composition / Information on Ingredients"
3. Nah bisa dilihat kan base oil nya mirip (CAS Number nya sama) dgn persentase juga sama
4. Untuk aditif pasti ada perbedaan, karena sertifikasi / approvalnya juga beda & biasanya confidential (ketauan klo test VOA)

semoga membantu yaa om
Nanya dong om, kalo lihat SDS kok jadi bingung.

CAS number dari 0w20, 5w30 synthetic, 5w30 syntec, 15w40 gastech, sampai performa 20w50 yang mineral,
CAS numbernya sama semua, dan persentasenya mirip semua.

Apa jangan-jangan base oilnya sama semua om ? :big_think:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
free2d
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 109
Joined: Thu Jun 09, 2016 11:56

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by free2d »

Angka CAS tinggi lebih bagus? Saya liat PTT 64742-54-7, Amsoil SS 72623-87-1 dan LM RaceTech 151006-63-2
Last edited by free2d on Wed Oct 14, 2020 11:18, edited 1 time in total.
User avatar
12punch
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 310
Joined: Wed Apr 10, 2019 8:58
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mazda 6 2017

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by 12punch »

Ariazaki wrote: Tue Oct 13, 2020 20:36 Berhubung beberapa page ke belakang lagi ngomongin amsoil, kebetulan saya akhir Juli lalu test uoa Amsoil Signature series 0w20 dipake jalan 11.300 km di mesin K12M. Hasilnya okelah, yang bikin jeleknya hanya karena fuel dilution karena diawal masa PSBB saya saat nunggu belanja sering nunggu di mobil idle ac on 30-45 menit :mky_06:

Image
Image

Penggunaanya sendiri lumayan sering gaspol mentok limiter, kalo ngetoll juga sering speeding hingga rpm 4000-5000 selama beberapa menit. So far dari 3 oli yang saya test ini yg hasilnya paling bagus :off_good_job: Next oil change bakal saya patok di kisaran 10.000 km aja deh biar aman :mky_01:
Suryaputra wrote: Thu Oct 01, 2020 7:25

om bisa cek dari kandungan aditifnya ketika VOA (virgin oil analysis) & UOA (used oil analysis).
krn klo di PDS hanya memberikan gambaran umum aja.

klo om lihat dan main2 ke forum luar negri spt bitog, dll, gak sedikit yg posting hasil UOA Amsoil OE dan Amsoil signature.
nah dari situ yg bisa diihat adalah:
- kadar TBN
- viscocity @100 C
- wear metals (ini relatif hasilnya tergantung mesinnya ada masalah apa nggak)
- additive left

biasanya / pada umumnya, oli kelas keraton, ketika dibuang di KM tinggi (let say 10rb Km ke atas / 1 tahun), Viscocity @100 C tetap di range yg sama spt oli masih baru (sesuai data PDS) & TBN juga masih di atas std kelayakan masing2 tester lab nya (klo di forum SM ini, pd umumnya batas bawah adalah ~3.0 KOH/g).

yg sy lihat, Amsoil OE 0w20 ini klo dipakai long drain, viscocitynya udah masuk range w16 :upss:
beda dgn Amsoil signature 0w20, visc @100 masih tetap stabil di jarak pakai lbh panjang.

ada postingan UOA dari suhu om Turbo,
Q8 formula ultra 0w20 jg masuk kelas keraton, krn aditifnya mumpuni mempertahankan wear metals dan Visc @100 C sampai 8rb Km / 13 bulan pakai.

dan lagi kondisi udara, iklim + BBM di indo sini kan cukup "you know" lah,
ini jg memperngaruhi kualitas olinya terdegradasi lbh cepat.

jadi klo pakai oli murah, dimohon jgn lama2 lahh.. Max 5rb KM / 6 bulan buang aja ganti baru :big_biglaugh:
suhu bantu ane belajar baca data dong wkwk

yang dilihat 4 itu ya biasanya ?
TBN
VIscosity
Wear Metals
Additive Left


TBN di Specksheet 12.5 , Used Oil Analysis TBN nya 5, batas jeleknya 3 ya?
lalu Viscosity di specksheet 8.8 , UOA nya jadi 9.. ini unik kah malah naik? biasanya jd lebih encer kan ya ?

Wear metals dan addtive left itu parameternya bagaimana ya ?
" In times of crisis, we stand united! “
- Ford Fiesta MK 7 Sedan 2012
- Mazda 6 Sedan 2017
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Omnibus »

free2d wrote: Wed Oct 14, 2020 9:53 Angka CAS tinggi lebih bagus? Saya liat PTT 64742-54-7 dan Amsoil SS 72623-87-1.
CAS (Chemical Abstracts Service) itu kode unik sbg identifier bahan kimia. kaya nomor KTP aja, unik setiap orang 1.

ga ada hubungannya kl angkanya lebih tinggi lebih bagus.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12541
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Suryaputra »

snoepje wrote: Wed Oct 14, 2020 9:41
Suryaputra wrote: Wed Oct 14, 2020 7:12
free2d wrote: Wed Oct 14, 2020 5:18 Liat base oil nya yang mana...?
Lagi belajar.
coba om buka link PDS/MSDS untuk masing-masing,
- PTT PERFORMA SYNTEC PLUS 5w30 API SP: https://pttlubricants.pttor.com/pds_msd ... anguage=en
- PTT PERFORMA SYNTHETIC 5w30 A5/B5: https://pttlubricants.pttor.com/pds_msd ... anguage=en

& then,
1. Download / Buka Link MSDS masing-masing oli sesuai viskositas nya
2. Cek di bagian "3. Composition / Information on Ingredients"
3. Nah bisa dilihat kan base oil nya mirip (CAS Number nya sama) dgn persentase juga sama
4. Untuk aditif pasti ada perbedaan, karena sertifikasi / approvalnya juga beda & biasanya confidential (ketauan klo test VOA)

semoga membantu yaa om
Nanya dong om, kalo lihat SDS kok jadi bingung.

CAS number dari 0w20, 5w30 synthetic, 5w30 syntec, 15w40 gastech, sampai performa 20w50 yang mineral,
CAS numbernya sama semua, dan persentasenya mirip semua.

Apa jangan-jangan base oilnya sama semua om ? :big_think:
free2d wrote: Wed Oct 14, 2020 9:53 Angka CAS tinggi lebih bagus? Saya liat PTT 64742-54-7 dan Amsoil SS 72623-87-1.
Klo bicara base oil ini ada macam2 jenis, kodenya beda, ya jenisnya juga beda om.
Mumet klo ngomongin unsur kimia base oil, wkwkwkwkw & saya gak berani jawab takut salah, mungkin di sini ada expert di bidang kimia / perminyakan.
belum lg bicara kekentalannya jg beda-beda, maka ada yg namanya 0w8, 0w16, 0w20, 5w30 dst.

Full syn, syn technology, semi syn, itu bahasa marketing ajah.
karena oli q8 formula kelas keraton aja, ada kandungan mineral nya <10%
dan mineral oil ini bagus untuk maintain engine seal loh.

gampangnya gini..., klo dah beli oli, yah sesuaikan dgn kelas harganya ajah.
jgn sampai oli kelas eco dipakai sampai 1 thn / 10rb Km :upss: :upss: :big_peace:
Last edited by Suryaputra on Wed Oct 14, 2020 10:44, edited 1 time in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12541
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Suryaputra »

12punch wrote: Wed Oct 14, 2020 10:16
Ariazaki wrote: Tue Oct 13, 2020 20:36 Berhubung beberapa page ke belakang lagi ngomongin amsoil, kebetulan saya akhir Juli lalu test uoa Amsoil Signature series 0w20 dipake jalan 11.300 km di mesin K12M. Hasilnya okelah, yang bikin jeleknya hanya karena fuel dilution karena diawal masa PSBB saya saat nunggu belanja sering nunggu di mobil idle ac on 30-45 menit :mky_06:

Image
Image

Penggunaanya sendiri lumayan sering gaspol mentok limiter, kalo ngetoll juga sering speeding hingga rpm 4000-5000 selama beberapa menit. So far dari 3 oli yang saya test ini yg hasilnya paling bagus :off_good_job: Next oil change bakal saya patok di kisaran 10.000 km aja deh biar aman :mky_01:
Suryaputra wrote: Thu Oct 01, 2020 7:25

om bisa cek dari kandungan aditifnya ketika VOA (virgin oil analysis) & UOA (used oil analysis).
krn klo di PDS hanya memberikan gambaran umum aja.

klo om lihat dan main2 ke forum luar negri spt bitog, dll, gak sedikit yg posting hasil UOA Amsoil OE dan Amsoil signature.
nah dari situ yg bisa diihat adalah:
- kadar TBN
- viscocity @100 C
- wear metals (ini relatif hasilnya tergantung mesinnya ada masalah apa nggak)
- additive left

biasanya / pada umumnya, oli kelas keraton, ketika dibuang di KM tinggi (let say 10rb Km ke atas / 1 tahun), Viscocity @100 C tetap di range yg sama spt oli masih baru (sesuai data PDS) & TBN juga masih di atas std kelayakan masing2 tester lab nya (klo di forum SM ini, pd umumnya batas bawah adalah ~3.0 KOH/g).

yg sy lihat, Amsoil OE 0w20 ini klo dipakai long drain, viscocitynya udah masuk range w16 :upss:
beda dgn Amsoil signature 0w20, visc @100 masih tetap stabil di jarak pakai lbh panjang.

ada postingan UOA dari suhu om Turbo,
Q8 formula ultra 0w20 jg masuk kelas keraton, krn aditifnya mumpuni mempertahankan wear metals dan Visc @100 C sampai 8rb Km / 13 bulan pakai.

dan lagi kondisi udara, iklim + BBM di indo sini kan cukup "you know" lah,
ini jg memperngaruhi kualitas olinya terdegradasi lbh cepat.

jadi klo pakai oli murah, dimohon jgn lama2 lahh.. Max 5rb KM / 6 bulan buang aja ganti baru :big_biglaugh:
suhu bantu ane belajar baca data dong wkwk

yang dilihat 4 itu ya biasanya ?
TBN
VIscosity
Wear Metals
Additive Left


TBN di Specksheet 12.5 , Used Oil Analysis TBN nya 5, batas jeleknya 3 ya?
lalu Viscosity di specksheet 8.8 , UOA nya jadi 9.. ini unik kah malah naik? biasanya jd lebih encer kan ya ?

Wear metals dan addtive left itu parameternya bagaimana ya ?
batas bawah klo menurut suhu2 di sini iya TBN 3 mg KOH/g

V100 8.8 naik ke 9.2 ?
ya anggap aja itu ada beda deviasi / measurement error & masih masuk range sekitar -/+ 5%
justru itu oli keraton amsoil Visc @100 C nya stabil, dr awal tuang sampai drain lagi deviasi measurementnya gak jauh dr 5%.
klopun ada gejala thickening, masih di range 5% ok banget lah (melihat dah dipakai sejauh itu dgn kondisi geber2)
mantappp.

klo om lihat UOA bitog Amsoil OE 0w20 (kelas entry), itu dipakai 9~10rb Km malah makin encer / udah masuk ke range 0w16 :ungg:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Omnibus »

Suryaputra wrote: Wed Oct 14, 2020 10:37 ----------
klo om lihat UOA bitog Amsoil OE 0w20 (kelas entry), itu dipakai 9~10rb Km malah makin encer / udah masuk ke range 0w16 :ungg:
om menurut info dibawah konon oli biasanya makin kental di akhir masa tugasnya krn ada soot loading dan material loading lainnya di dalam molekul olinya.

memang ketika break-in VII (viscosity index improver) akan mengencer sedikit tp setelah itu sampai akhir OCI akan terus bertambah viscosity nya.

kecuali ada indikasi oil dilution by fuel baru dia jd lebih encer.


https://www.bobistheoilguy.com/forums/t ... st-2600817
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12541
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Suryaputra »

Omnibus wrote: Wed Oct 14, 2020 11:02
Suryaputra wrote: Wed Oct 14, 2020 10:37 ----------
klo om lihat UOA bitog Amsoil OE 0w20 (kelas entry), itu dipakai 9~10rb Km malah makin encer / udah masuk ke range 0w16 :ungg:
om menurut info dibawah konon oli biasanya makin kental di akhir masa tugasnya krn ada soot loading dan material loading lainnya di dalam molekul olinya.

memang ketika break-in VII (viscosity index improver) akan mengencer sedikit tp setelah itu sampai akhir OCI akan terus bertambah viscosity nya.

kecuali ada indikasi oil dilution by fuel baru dia jd lebih encer.


https://www.bobistheoilguy.com/forums/t ... st-2600817
https://www.subaruforester.org/threads/ ... 64/page-27

hmmm.. ok..
coba ricek ini om, makin encer.
amsoil oe 0w20.

itu 2x test dengan interval tiap 6 bulan dgn oli yg sama dan OCI hampir 5rb mil :upss:
test pertama factory fill.

nah.. klo dihajar sampai 10rb Km, apakah makin kental?
klo sy gak berani nyoba :big_biglaugh:
Last edited by Suryaputra on Wed Oct 14, 2020 11:28, edited 1 time in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Omnibus »

Suryaputra wrote: Wed Oct 14, 2020 11:18
Omnibus wrote: Wed Oct 14, 2020 11:02
Suryaputra wrote: Wed Oct 14, 2020 10:37 ----------
klo om lihat UOA bitog Amsoil OE 0w20 (kelas entry), itu dipakai 9~10rb Km malah makin encer / udah masuk ke range 0w16 :ungg:
om menurut info dibawah konon oli biasanya makin kental di akhir masa tugasnya krn ada soot loading dan material loading lainnya di dalam molekul olinya.

memang ketika break-in VII (viscosity index improver) akan mengencer sedikit tp setelah itu sampai akhir OCI akan terus bertambah viscosity nya.

kecuali ada indikasi oil dilution by fuel baru dia jd lebih encer.


https://www.bobistheoilguy.com/forums/t ... st-2600817
https://www.subaruforester.org/threads/ ... 64/page-27

hmmm.. ok..
coba ricek ini om, makin encer.
amsoil oe 0w20.

niat banget itu, 3x test dengan interval tiap 6 bulan dgn oli yg sama dan OCI hampir 5rb mil :upss:

nah.. klo dihajar sampai 10rb Km, apakah makin kental?
klo sy gak berani nyoba :big_biglaugh:
5k miles mungkin baru kick in itu VII nya. grafiknya konon turun dulu (semakin encer) trus kesananya naik (semakin kental) terutama >10k miles. tp itu US traffic conditions. kl di +62 hrs perhitungkan engine run time krn macet jg (spt kita ketahui.)

kotoran2 hasil cleansing kan dikumpulkan dlm oli, logikanya sih seharusnya tambah kental.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12541
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Suryaputra »

Omnibus wrote: Wed Oct 14, 2020 11:28
Suryaputra wrote: Wed Oct 14, 2020 11:18
Omnibus wrote: Wed Oct 14, 2020 11:02

om menurut info dibawah konon oli biasanya makin kental di akhir masa tugasnya krn ada soot loading dan material loading lainnya di dalam molekul olinya.

memang ketika break-in VII (viscosity index improver) akan mengencer sedikit tp setelah itu sampai akhir OCI akan terus bertambah viscosity nya.

kecuali ada indikasi oil dilution by fuel baru dia jd lebih encer.


https://www.bobistheoilguy.com/forums/t ... st-2600817
https://www.subaruforester.org/threads/ ... 64/page-27

hmmm.. ok..
coba ricek ini om, makin encer.
amsoil oe 0w20.

niat banget itu, 3x test dengan interval tiap 6 bulan dgn oli yg sama dan OCI hampir 5rb mil :upss:

nah.. klo dihajar sampai 10rb Km, apakah makin kental?
klo sy gak berani nyoba :big_biglaugh:
5k miles mungkin baru kick in itu VII nya. grafiknya konon turun dulu (semakin encer) trus kesananya naik (semakin kental) terutama >10k miles. tp itu US traffic conditions. kl di +62 hrs perhitungkan engine run time krn macet jg (spt kita ketahui.)

kotoran2 hasil cleansing kan dikumpulkan dlm oli, logikanya sih seharusnya tambah kental.
iya, masalahnya br sampai 7-8rb Km ajah, itu amsoil OE TBN udah hampir 3 & di US pula kan
walaupun wear metalsnya masih ok banget.

artinya emang OCI kelas amsoil OE optimal segitu, melihat dr TBN, max OCI di 6-7rb Km ya klo untuk traffic indonesia.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Omnibus »

Suryaputra wrote: Wed Oct 14, 2020 11:30
iya, masalahnya br sampai 7-8rb Km ajah, itu amsoil OE TBN udah hampir 3 & di US pula kan
walaupun wear metalsnya masih ok banget.

artinya emang OCI kelas amsoil OE optimal segitu, melihat dr TBN, max OCI di 6-7rb Km ya klo untuk traffic indonesia.
ini engine subarunya sehat bgt om, hampir ngga ada loading dr foreign object. bahkan Si yg awalnya ada aja lama2 hilang.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12541
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Suryaputra »

Omnibus wrote: Wed Oct 14, 2020 12:10
Suryaputra wrote: Wed Oct 14, 2020 11:30
iya, masalahnya br sampai 7-8rb Km ajah, itu amsoil OE TBN udah hampir 3 & di US pula kan
walaupun wear metalsnya masih ok banget.

artinya emang OCI kelas amsoil OE optimal segitu, melihat dr TBN, max OCI di 6-7rb Km ya klo untuk traffic indonesia.
ini engine subarunya sehat bgt om, hampir ngga ada loading dr foreign object. bahkan Si yg awalnya ada aja lama2 hilang.
anyway, biar kelas Amsoil OE,
klo lihat hasil UOA nya, tetap result wear metalsnya jauh di atas Factory Fillnya subaru ya :big_love:

karena info dr ownernya, itu sample pertama pakai factory-filled oil :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Woompy
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 206
Joined: Fri Jul 08, 2016 6:15

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Woompy »

Or4cle wrote: Tue Oct 13, 2020 22:00 Fuel dilution ini salah satu penyebab oli keraton OCI gak bisa panjang. Apalagi di kota yang macet panjang, stop & go, dan lebih parah di mobil yang sdh berumur tua.

Klaim Amsoil di OCI 25.000 mil (40.200 KM) itu utopia, sulit tercapai di kondisi jalan di kota besar.
Satu hal yang mungkin suka kurang dipertimbangkan, mesin-mesin di us sana biasanya memiliki kapasitas karter yang jauh lebih besar dibandingkan dengan mesin yang ada di indonesia
Omnibus wrote: Tue Oct 13, 2020 22:14 wah asik ada uoa result nya.

hmm menurut pandangan nubie kl boleh ikut komen, ngga ada fuel dilution om. krn v100 asal amsoil ss 0w20 itu based on pds 8.6 dan disitu sekitar di atas 9, berarti ada sedikit oil thickening. sementara kl fuel dilution akan jd encer dan kemungkinan dibawah angka awal yg 8.6.

wear metals nya bagus ya, improve jauh Fe (besi) nya dibanding waktu pakai kendall. cuma Al (aluminum) nya aja yg meningkat hampir double. Sulfate sdh jelas krn pemakaian bbm yg kualitasnya kurang. kl boleh tau pakai bensin apa? mungkin kl tadinya premium/pertalite trus diganti ke pertamax akan improve.

kl oxidation disitu dijelaskan clear enough, ada kemungkinan overheated olinya. jd kl engine nya sendiri ngga pernah overheat, kemungkinan penyebabnya either 0w20 terlalu encer utk kondisi pengendaraan atau memang angka 60 itu normal. krn baca di bitog kl ga salah ingat ada jg yg oxidation baru2 aja udah start 50an.

kl ttg pemakaiannya yg sampai 11.300 km menurut data kandungan additive dan TBN nya msh mumpuni. additive terutama Ca (calcium) dan Mo (molybdenum) msh ada. Mo malah jauh diatas Kendall. TBN awal amsoil SS menurut pds adalah 12.5, skrg msh ada sisa 5. ngga masalah. meski kl OCI diturunin jd 10k lebih aman.

anyway, thanks for sharing om. :big_exellent:
jd tau patokan sebab ane pakai amsoil ss 5w30 dan OCI di 7-8k, bbm full pertamax. seharusnya safer sih.
Ooo kalau v100 naik itu bukan indikasi fuel dilution ya? Soalnya waktu tap oli, olinya berwarna kemerahan sampai mekanik beres waktu itu ngiranya kalau oli amsoil itu warnanyanya kemerahan :big_weee: Anyway bbm selalu pertabo, sempat pakai redline cfsc bbrp kali juga kalo gasalah. Sekarang mau diusahain tiap refuelling campur redline cfsc dosis 1/4 botol atau schaeffer 131 1 botol :big_love:

Hmm oli bisa overheated juga ya, untuk engine sendiri engga pernah overheated. Coolant juga engga pernah berkurang. Emang sih belum pernah cek suhu coolant brp, soalnya pernah beli obd2 ternyata ga compatible buat suzuki ignis :big_bored:

Temen ada yang pake amsoil ss 5w30 di 2azfe, kalo gasalah waktu memasuki km 7000/8000an ada penguapan yang lumayan. Akhirnya di drain engga lama setelah itu :ungg:
Suryaputra wrote: Tue Oct 13, 2020 23:11 Klo lihat Ca dan Mg nya, udah SN plus ke atas yah ini.
which is Mfg Date nya masih kinyis2 :mky_04:
dan ada Moly nya :big_love:


Oxi, coba cek radiator, fan & coolant nya,
klo di indonesia, bagusnya sih tiap 1-2 tahun flush air radiator :mky_01:


Reputasi dan harga gak bohong yaa emang.
no wonder, amsoil signature ini one of the best juga di LN sono, buat long drain :mky_02:

klo gak salah, om aria pernah posting juga hasil Q8 formula 0w20, Result Fe wear nya mirip2 amsoil dipakai long drain,
cmn TBN nya aja udah 3 koma sekian.

so far sih, top of mind oli keraton dgn harga wajar (sebanding sm kualitas) buat saya pribadi,
ya Amsoil Sign dan Q8 Formula :big_grin:
Hmm lupa ini yang udah sn+ ato belom, yang jelas ini order 1 dus ke act bulan oktober tahun lalu. Saya ambil 5 botol, temen saya ambil 7 botol. Temen saya pake di mesin 4grfse, menurut beliau dibanding waktu pakai motul h tech 100 5w30 sih sedikit lebih berisik enginenya. Cuma engga signifikan amat sih.

Ini waktu pakai amsoil, pakai coolant bawaan suzuki jalan dari sekitar 6 bulan sampai 13 bulan. Harusnya masih oke sih ya cuman emg sepertinya coolant bawaan suzuki kurang oke karena dipake di mesin hr15de ini coolant bikin extra fan jadi sering muter :big_weee:

Yup dulu saya pernah share uoa q8 formula ultra 0w20. By feeling sih, kalau diurutin dari yang paling enak untuk pemakaian hingga 10.000 km itu amsoil ss 0w20 - q8 formula ultra 0w20 - kendall gt1 max 0w20. Feeling tarikan sebenernya antara amsoil sama q8 mirip, cuma suara mesin lebih adem di amsoil cukup signifikan.

Kalo harganya q8 formula ultra 0w20 masih <170 sih mungkin bakalan pakai itu. Cuma since harganya udah >180 jadi beda tipis sama amsoil ss 0w20 jadi amsoil lebih menggoda :big_love:
12punch wrote: Wed Oct 14, 2020 10:16 suhu bantu ane belajar baca data dong wkwk

yang dilihat 4 itu ya biasanya ?
TBN
VIscosity
Wear Metals
Additive Left


TBN di Specksheet 12.5 , Used Oil Analysis TBN nya 5, batas jeleknya 3 ya?
lalu Viscosity di specksheet 8.8 , UOA nya jadi 9.. ini unik kah malah naik? biasanya jd lebih encer kan ya ?

Wear metals dan addtive left itu parameternya bagaimana ya ?
Yup kurang lebih seperti yang uda dijelasin sama om surya. Tambahan aja, kalo menurut saya pribadi buat liat angka normal wear metals setidaknya butuh 2 kali uoa karena sepertinya angka wear metals tiap mesin berbeda. Tentunya harus dipastikan juga mobil telah melewati break in period :big_exellent:
2015 CTHD - Total Ineo MC3 5w30
2023 1KR VET - Amsoil Signature Series 0w20