


Penggunaanya sendiri lumayan sering gaspol mentok limiter, kalo ngetoll juga sering speeding hingga rpm 4000-5000 selama beberapa menit. So far dari 3 oli yang saya test ini yg hasilnya paling bagus


Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Fuel dilution ini salah satu penyebab oli keraton OCI gak bisa panjang. Apalagi di kota yang macet panjang, stop & go, dan lebih parah di mobil yang sdh berumur tua.Ariazaki wrote: Tue Oct 13, 2020 20:36 Berhubung beberapa page ke belakang lagi ngomongin amsoil, kebetulan saya akhir Juli lalu test uoa Amsoil Signature series 0w20 dipake jalan 11.300 km di mesin K12M. Hasilnya okelah, yang bikin jeleknya hanya karena fuel dilution karena diawal masa PSBB saya saat nunggu belanja sering nunggu di mobil idle ac on 30-45 menit![]()
Penggunaanya sendiri lumayan sering gaspol mentok limiter, kalo ngetoll juga sering speeding hingga rpm 4000-5000 selama beberapa menit. So far dari 3 oli yang saya test ini yg hasilnya paling bagusNext oil change bakal saya patok di kisaran 10.000 km aja deh biar aman
![]()
wah asik ada uoa result nya.Ariazaki wrote: Tue Oct 13, 2020 20:36 Berhubung beberapa page ke belakang lagi ngomongin amsoil, kebetulan saya akhir Juli lalu test uoa Amsoil Signature series 0w20 dipake jalan 11.300 km di mesin K12M. Hasilnya okelah, yang bikin jeleknya hanya karena fuel dilution karena diawal masa PSBB saya saat nunggu belanja sering nunggu di mobil idle ac on 30-45 menit![]()
Penggunaanya sendiri lumayan sering gaspol mentok limiter, kalo ngetoll juga sering speeding hingga rpm 4000-5000 selama beberapa menit. So far dari 3 oli yang saya test ini yg hasilnya paling bagusNext oil change bakal saya patok di kisaran 10.000 km aja deh biar aman
![]()
Klo lihat Ca dan Mg nya, udah SN plus ke atas yah ini.Omnibus wrote: Tue Oct 13, 2020 22:14wah asik ada uoa result nya.Ariazaki wrote: Tue Oct 13, 2020 20:36 Berhubung beberapa page ke belakang lagi ngomongin amsoil, kebetulan saya akhir Juli lalu test uoa Amsoil Signature series 0w20 dipake jalan 11.300 km di mesin K12M. Hasilnya okelah, yang bikin jeleknya hanya karena fuel dilution karena diawal masa PSBB saya saat nunggu belanja sering nunggu di mobil idle ac on 30-45 menit![]()
Penggunaanya sendiri lumayan sering gaspol mentok limiter, kalo ngetoll juga sering speeding hingga rpm 4000-5000 selama beberapa menit. So far dari 3 oli yang saya test ini yg hasilnya paling bagusNext oil change bakal saya patok di kisaran 10.000 km aja deh biar aman
![]()
hmm menurut pandangan nubie kl boleh ikut komen, ngga ada fuel dilution om. krn v100 asal amsoil ss 0w20 itu based on pds 8.6 dan disitu sekitar di atas 9, berarti ada sedikit oil thickening. sementara kl fuel dilution akan jd encer dan kemungkinan dibawah angka awal yg 8.6.
wear metals nya bagus ya, improve jauh Fe (besi) nya dibanding waktu pakai kendall. cuma Al (aluminum) nya aja yg meningkat hampir double. Sulfate sdh jelas krn pemakaian bbm yg kualitasnya kurang. kl boleh tau pakai bensin apa? mungkin kl tadinya premium/pertalite trus diganti ke pertamax akan improve.
kl oxidation disitu dijelaskan clear enough, ada kemungkinan overheated olinya. jd kl engine nya sendiri ngga pernah overheat, kemungkinan penyebabnya either 0w20 terlalu encer utk kondisi pengendaraan atau memang angka 60 itu normal. krn baca di bitog kl ga salah ingat ada jg yg oxidation baru2 aja udah start 50an.
kl ttg pemakaiannya yg sampai 11.300 km menurut data kandungan additive dan TBN nya msh mumpuni. additive terutama Ca (calcium) dan Mo (molybdenum) msh ada. Mo malah jauh diatas Kendall. TBN awal amsoil SS menurut pds adalah 12.5, skrg msh ada sisa 5. ngga masalah. meski kl OCI diturunin jd 10k lebih aman.
anyway, thanks for sharing om.![]()
jd tau patokan sebab ane pakai amsoil ss 5w30 dan OCI di 7-8k, bbm full pertamax. seharusnya safer sih.
ini semi synthetic ya?Turboman wrote: Wed Oct 14, 2020 4:13 PTT 5W30 API SP
Harga cuman 85 rb / L
monggo buat yg udah saatnya ganti oli
https://www.blibli.com/p/ptt-lubricants ... rowser.jpg
klo lihat msds nya sih,free2d wrote: Wed Oct 14, 2020 4:39ini semi synthetic ya?Turboman wrote: Wed Oct 14, 2020 4:13 PTT 5W30 API SP
Harga cuman 85 rb / L
monggo buat yg udah saatnya ganti oli
https://www.blibli.com/p/ptt-lubricants ... rowser.jpg
Walaa biasa saya pake perf syn 5w30 a5/b5 sy pol in setahun om, jln sekitar 8rb kmSuryaputra wrote: Wed Oct 14, 2020 5:08klo lihat msds nya sih,free2d wrote: Wed Oct 14, 2020 4:39ini semi synthetic ya?Turboman wrote: Wed Oct 14, 2020 4:13 PTT 5W30 API SP
Harga cuman 85 rb / L
monggo buat yg udah saatnya ganti oli
https://www.blibli.com/p/ptt-lubricants ... rowser.jpg
komposisi base oilnya mirip spt PTT PERFORMA SYNTHETIC 5w30 full syn a5/b5.
terminologi full syn, syn technology, ini kurleb sama2 sintetis lah.
itu bahasa marketing sesuai policy di masing2 negara aja.
paling masuk kategori grup 3 yah
gak perlu pusing, pakai 7 bulan lgs ganti![]()
coba om buka link PDS/MSDS untuk masing-masing,
suhu omnibus aja pk oli keraton juara YT channel Project Farm, 7rb km digantierwinign wrote: Wed Oct 14, 2020 5:52Walaa biasa saya pake perf syn 5w30 a5/b5 sy pol in setahun om, jln sekitar 8rb kmSuryaputra wrote: Wed Oct 14, 2020 5:08klo lihat msds nya sih,
komposisi base oilnya mirip spt PTT PERFORMA SYNTHETIC 5w30 full syn a5/b5.
terminologi full syn, syn technology, ini kurleb sama2 sintetis lah.
itu bahasa marketing sesuai policy di masing2 negara aja.
paling masuk kategori grup 3 yah
gak perlu pusing, pakai 7 bulan lgs ganti![]()
Nanya dong om, kalo lihat SDS kok jadi bingung.Suryaputra wrote: Wed Oct 14, 2020 7:12coba om buka link PDS/MSDS untuk masing-masing,
- PTT PERFORMA SYNTEC PLUS 5w30 API SP: https://pttlubricants.pttor.com/pds_msd ... anguage=en
- PTT PERFORMA SYNTHETIC 5w30 A5/B5: https://pttlubricants.pttor.com/pds_msd ... anguage=en
& then,
1. Download / Buka Link MSDS masing-masing oli sesuai viskositas nya
2. Cek di bagian "3. Composition / Information on Ingredients"
3. Nah bisa dilihat kan base oil nya mirip (CAS Number nya sama) dgn persentase juga sama
4. Untuk aditif pasti ada perbedaan, karena sertifikasi / approvalnya juga beda & biasanya confidential (ketauan klo test VOA)
semoga membantu yaa om
Ariazaki wrote: Tue Oct 13, 2020 20:36 Berhubung beberapa page ke belakang lagi ngomongin amsoil, kebetulan saya akhir Juli lalu test uoa Amsoil Signature series 0w20 dipake jalan 11.300 km di mesin K12M. Hasilnya okelah, yang bikin jeleknya hanya karena fuel dilution karena diawal masa PSBB saya saat nunggu belanja sering nunggu di mobil idle ac on 30-45 menit![]()
Penggunaanya sendiri lumayan sering gaspol mentok limiter, kalo ngetoll juga sering speeding hingga rpm 4000-5000 selama beberapa menit. So far dari 3 oli yang saya test ini yg hasilnya paling bagusNext oil change bakal saya patok di kisaran 10.000 km aja deh biar aman
![]()
suhu bantu ane belajar baca data dong wkwkSuryaputra wrote: Thu Oct 01, 2020 7:25
om bisa cek dari kandungan aditifnya ketika VOA (virgin oil analysis) & UOA (used oil analysis).
krn klo di PDS hanya memberikan gambaran umum aja.
klo om lihat dan main2 ke forum luar negri spt bitog, dll, gak sedikit yg posting hasil UOA Amsoil OE dan Amsoil signature.
nah dari situ yg bisa diihat adalah:
- kadar TBN
- viscocity @100 C
- wear metals (ini relatif hasilnya tergantung mesinnya ada masalah apa nggak)
- additive left
biasanya / pada umumnya, oli kelas keraton, ketika dibuang di KM tinggi (let say 10rb Km ke atas / 1 tahun), Viscocity @100 C tetap di range yg sama spt oli masih baru (sesuai data PDS) & TBN juga masih di atas std kelayakan masing2 tester lab nya (klo di forum SM ini, pd umumnya batas bawah adalah ~3.0 KOH/g).
yg sy lihat, Amsoil OE 0w20 ini klo dipakai long drain, viscocitynya udah masuk range w16![]()
beda dgn Amsoil signature 0w20, visc @100 masih tetap stabil di jarak pakai lbh panjang.
ada postingan UOA dari suhu om Turbo,
Q8 formula ultra 0w20 jg masuk kelas keraton, krn aditifnya mumpuni mempertahankan wear metals dan Visc @100 C sampai 8rb Km / 13 bulan pakai.
dan lagi kondisi udara, iklim + BBM di indo sini kan cukup "you know" lah,
ini jg memperngaruhi kualitas olinya terdegradasi lbh cepat.
jadi klo pakai oli murah, dimohon jgn lama2 lahh.. Max 5rb KM / 6 bulan buang aja ganti baru![]()
CAS (Chemical Abstracts Service) itu kode unik sbg identifier bahan kimia. kaya nomor KTP aja, unik setiap orang 1.free2d wrote: Wed Oct 14, 2020 9:53 Angka CAS tinggi lebih bagus? Saya liat PTT 64742-54-7 dan Amsoil SS 72623-87-1.
snoepje wrote: Wed Oct 14, 2020 9:41Nanya dong om, kalo lihat SDS kok jadi bingung.Suryaputra wrote: Wed Oct 14, 2020 7:12coba om buka link PDS/MSDS untuk masing-masing,
- PTT PERFORMA SYNTEC PLUS 5w30 API SP: https://pttlubricants.pttor.com/pds_msd ... anguage=en
- PTT PERFORMA SYNTHETIC 5w30 A5/B5: https://pttlubricants.pttor.com/pds_msd ... anguage=en
& then,
1. Download / Buka Link MSDS masing-masing oli sesuai viskositas nya
2. Cek di bagian "3. Composition / Information on Ingredients"
3. Nah bisa dilihat kan base oil nya mirip (CAS Number nya sama) dgn persentase juga sama
4. Untuk aditif pasti ada perbedaan, karena sertifikasi / approvalnya juga beda & biasanya confidential (ketauan klo test VOA)
semoga membantu yaa om
CAS number dari 0w20, 5w30 synthetic, 5w30 syntec, 15w40 gastech, sampai performa 20w50 yang mineral,
CAS numbernya sama semua, dan persentasenya mirip semua.
Apa jangan-jangan base oilnya sama semua om ?![]()
Klo bicara base oil ini ada macam2 jenis, kodenya beda, ya jenisnya juga beda om.free2d wrote: Wed Oct 14, 2020 9:53 Angka CAS tinggi lebih bagus? Saya liat PTT 64742-54-7 dan Amsoil SS 72623-87-1.
batas bawah klo menurut suhu2 di sini iya TBN 3 mg KOH/g12punch wrote: Wed Oct 14, 2020 10:16Ariazaki wrote: Tue Oct 13, 2020 20:36 Berhubung beberapa page ke belakang lagi ngomongin amsoil, kebetulan saya akhir Juli lalu test uoa Amsoil Signature series 0w20 dipake jalan 11.300 km di mesin K12M. Hasilnya okelah, yang bikin jeleknya hanya karena fuel dilution karena diawal masa PSBB saya saat nunggu belanja sering nunggu di mobil idle ac on 30-45 menit![]()
Penggunaanya sendiri lumayan sering gaspol mentok limiter, kalo ngetoll juga sering speeding hingga rpm 4000-5000 selama beberapa menit. So far dari 3 oli yang saya test ini yg hasilnya paling bagusNext oil change bakal saya patok di kisaran 10.000 km aja deh biar aman
suhu bantu ane belajar baca data dong wkwkSuryaputra wrote: Thu Oct 01, 2020 7:25
om bisa cek dari kandungan aditifnya ketika VOA (virgin oil analysis) & UOA (used oil analysis).
krn klo di PDS hanya memberikan gambaran umum aja.
klo om lihat dan main2 ke forum luar negri spt bitog, dll, gak sedikit yg posting hasil UOA Amsoil OE dan Amsoil signature.
nah dari situ yg bisa diihat adalah:
- kadar TBN
- viscocity @100 C
- wear metals (ini relatif hasilnya tergantung mesinnya ada masalah apa nggak)
- additive left
biasanya / pada umumnya, oli kelas keraton, ketika dibuang di KM tinggi (let say 10rb Km ke atas / 1 tahun), Viscocity @100 C tetap di range yg sama spt oli masih baru (sesuai data PDS) & TBN juga masih di atas std kelayakan masing2 tester lab nya (klo di forum SM ini, pd umumnya batas bawah adalah ~3.0 KOH/g).
yg sy lihat, Amsoil OE 0w20 ini klo dipakai long drain, viscocitynya udah masuk range w16![]()
beda dgn Amsoil signature 0w20, visc @100 masih tetap stabil di jarak pakai lbh panjang.
ada postingan UOA dari suhu om Turbo,
Q8 formula ultra 0w20 jg masuk kelas keraton, krn aditifnya mumpuni mempertahankan wear metals dan Visc @100 C sampai 8rb Km / 13 bulan pakai.
dan lagi kondisi udara, iklim + BBM di indo sini kan cukup "you know" lah,
ini jg memperngaruhi kualitas olinya terdegradasi lbh cepat.
jadi klo pakai oli murah, dimohon jgn lama2 lahh.. Max 5rb KM / 6 bulan buang aja ganti baru![]()
yang dilihat 4 itu ya biasanya ?
TBN
VIscosity
Wear Metals
Additive Left
TBN di Specksheet 12.5 , Used Oil Analysis TBN nya 5, batas jeleknya 3 ya?
lalu Viscosity di specksheet 8.8 , UOA nya jadi 9.. ini unik kah malah naik? biasanya jd lebih encer kan ya ?
Wear metals dan addtive left itu parameternya bagaimana ya ?
om menurut info dibawah konon oli biasanya makin kental di akhir masa tugasnya krn ada soot loading dan material loading lainnya di dalam molekul olinya.Suryaputra wrote: Wed Oct 14, 2020 10:37 ----------
klo om lihat UOA bitog Amsoil OE 0w20 (kelas entry), itu dipakai 9~10rb Km malah makin encer / udah masuk ke range 0w16![]()
https://www.subaruforester.org/threads/ ... 64/page-27Omnibus wrote: Wed Oct 14, 2020 11:02om menurut info dibawah konon oli biasanya makin kental di akhir masa tugasnya krn ada soot loading dan material loading lainnya di dalam molekul olinya.Suryaputra wrote: Wed Oct 14, 2020 10:37 ----------
klo om lihat UOA bitog Amsoil OE 0w20 (kelas entry), itu dipakai 9~10rb Km malah makin encer / udah masuk ke range 0w16![]()
memang ketika break-in VII (viscosity index improver) akan mengencer sedikit tp setelah itu sampai akhir OCI akan terus bertambah viscosity nya.
kecuali ada indikasi oil dilution by fuel baru dia jd lebih encer.
https://www.bobistheoilguy.com/forums/t ... st-2600817
5k miles mungkin baru kick in itu VII nya. grafiknya konon turun dulu (semakin encer) trus kesananya naik (semakin kental) terutama >10k miles. tp itu US traffic conditions. kl di +62 hrs perhitungkan engine run time krn macet jg (spt kita ketahui.)Suryaputra wrote: Wed Oct 14, 2020 11:18https://www.subaruforester.org/threads/ ... 64/page-27Omnibus wrote: Wed Oct 14, 2020 11:02om menurut info dibawah konon oli biasanya makin kental di akhir masa tugasnya krn ada soot loading dan material loading lainnya di dalam molekul olinya.Suryaputra wrote: Wed Oct 14, 2020 10:37 ----------
klo om lihat UOA bitog Amsoil OE 0w20 (kelas entry), itu dipakai 9~10rb Km malah makin encer / udah masuk ke range 0w16![]()
memang ketika break-in VII (viscosity index improver) akan mengencer sedikit tp setelah itu sampai akhir OCI akan terus bertambah viscosity nya.
kecuali ada indikasi oil dilution by fuel baru dia jd lebih encer.
https://www.bobistheoilguy.com/forums/t ... st-2600817
hmmm.. ok..
coba ricek ini om, makin encer.
amsoil oe 0w20.
niat banget itu, 3x test dengan interval tiap 6 bulan dgn oli yg sama dan OCI hampir 5rb mil
nah.. klo dihajar sampai 10rb Km, apakah makin kental?
klo sy gak berani nyoba![]()
iya, masalahnya br sampai 7-8rb Km ajah, itu amsoil OE TBN udah hampir 3 & di US pula kanOmnibus wrote: Wed Oct 14, 2020 11:285k miles mungkin baru kick in itu VII nya. grafiknya konon turun dulu (semakin encer) trus kesananya naik (semakin kental) terutama >10k miles. tp itu US traffic conditions. kl di +62 hrs perhitungkan engine run time krn macet jg (spt kita ketahui.)Suryaputra wrote: Wed Oct 14, 2020 11:18https://www.subaruforester.org/threads/ ... 64/page-27Omnibus wrote: Wed Oct 14, 2020 11:02
om menurut info dibawah konon oli biasanya makin kental di akhir masa tugasnya krn ada soot loading dan material loading lainnya di dalam molekul olinya.
memang ketika break-in VII (viscosity index improver) akan mengencer sedikit tp setelah itu sampai akhir OCI akan terus bertambah viscosity nya.
kecuali ada indikasi oil dilution by fuel baru dia jd lebih encer.
https://www.bobistheoilguy.com/forums/t ... st-2600817
hmmm.. ok..
coba ricek ini om, makin encer.
amsoil oe 0w20.
niat banget itu, 3x test dengan interval tiap 6 bulan dgn oli yg sama dan OCI hampir 5rb mil
nah.. klo dihajar sampai 10rb Km, apakah makin kental?
klo sy gak berani nyoba![]()
kotoran2 hasil cleansing kan dikumpulkan dlm oli, logikanya sih seharusnya tambah kental.
ini engine subarunya sehat bgt om, hampir ngga ada loading dr foreign object. bahkan Si yg awalnya ada aja lama2 hilang.Suryaputra wrote: Wed Oct 14, 2020 11:30
iya, masalahnya br sampai 7-8rb Km ajah, itu amsoil OE TBN udah hampir 3 & di US pula kan
walaupun wear metalsnya masih ok banget.
artinya emang OCI kelas amsoil OE optimal segitu, melihat dr TBN, max OCI di 6-7rb Km ya klo untuk traffic indonesia.
anyway, biar kelas Amsoil OE,Omnibus wrote: Wed Oct 14, 2020 12:10ini engine subarunya sehat bgt om, hampir ngga ada loading dr foreign object. bahkan Si yg awalnya ada aja lama2 hilang.Suryaputra wrote: Wed Oct 14, 2020 11:30
iya, masalahnya br sampai 7-8rb Km ajah, itu amsoil OE TBN udah hampir 3 & di US pula kan
walaupun wear metalsnya masih ok banget.
artinya emang OCI kelas amsoil OE optimal segitu, melihat dr TBN, max OCI di 6-7rb Km ya klo untuk traffic indonesia.
Satu hal yang mungkin suka kurang dipertimbangkan, mesin-mesin di us sana biasanya memiliki kapasitas karter yang jauh lebih besar dibandingkan dengan mesin yang ada di indonesiaOr4cle wrote: Tue Oct 13, 2020 22:00 Fuel dilution ini salah satu penyebab oli keraton OCI gak bisa panjang. Apalagi di kota yang macet panjang, stop & go, dan lebih parah di mobil yang sdh berumur tua.
Klaim Amsoil di OCI 25.000 mil (40.200 KM) itu utopia, sulit tercapai di kondisi jalan di kota besar.
Ooo kalau v100 naik itu bukan indikasi fuel dilution ya? Soalnya waktu tap oli, olinya berwarna kemerahan sampai mekanik beres waktu itu ngiranya kalau oli amsoil itu warnanyanya kemerahanOmnibus wrote: Tue Oct 13, 2020 22:14 wah asik ada uoa result nya.
hmm menurut pandangan nubie kl boleh ikut komen, ngga ada fuel dilution om. krn v100 asal amsoil ss 0w20 itu based on pds 8.6 dan disitu sekitar di atas 9, berarti ada sedikit oil thickening. sementara kl fuel dilution akan jd encer dan kemungkinan dibawah angka awal yg 8.6.
wear metals nya bagus ya, improve jauh Fe (besi) nya dibanding waktu pakai kendall. cuma Al (aluminum) nya aja yg meningkat hampir double. Sulfate sdh jelas krn pemakaian bbm yg kualitasnya kurang. kl boleh tau pakai bensin apa? mungkin kl tadinya premium/pertalite trus diganti ke pertamax akan improve.
kl oxidation disitu dijelaskan clear enough, ada kemungkinan overheated olinya. jd kl engine nya sendiri ngga pernah overheat, kemungkinan penyebabnya either 0w20 terlalu encer utk kondisi pengendaraan atau memang angka 60 itu normal. krn baca di bitog kl ga salah ingat ada jg yg oxidation baru2 aja udah start 50an.
kl ttg pemakaiannya yg sampai 11.300 km menurut data kandungan additive dan TBN nya msh mumpuni. additive terutama Ca (calcium) dan Mo (molybdenum) msh ada. Mo malah jauh diatas Kendall. TBN awal amsoil SS menurut pds adalah 12.5, skrg msh ada sisa 5. ngga masalah. meski kl OCI diturunin jd 10k lebih aman.
anyway, thanks for sharing om.![]()
jd tau patokan sebab ane pakai amsoil ss 5w30 dan OCI di 7-8k, bbm full pertamax. seharusnya safer sih.
Hmm lupa ini yang udah sn+ ato belom, yang jelas ini order 1 dus ke act bulan oktober tahun lalu. Saya ambil 5 botol, temen saya ambil 7 botol. Temen saya pake di mesin 4grfse, menurut beliau dibanding waktu pakai motul h tech 100 5w30 sih sedikit lebih berisik enginenya. Cuma engga signifikan amat sih.Suryaputra wrote: Tue Oct 13, 2020 23:11 Klo lihat Ca dan Mg nya, udah SN plus ke atas yah ini.
which is Mfg Date nya masih kinyis2![]()
dan ada Moly nya![]()
Oxi, coba cek radiator, fan & coolant nya,
klo di indonesia, bagusnya sih tiap 1-2 tahun flush air radiator![]()
Reputasi dan harga gak bohong yaa emang.
no wonder, amsoil signature ini one of the best juga di LN sono, buat long drain
klo gak salah, om aria pernah posting juga hasil Q8 formula 0w20, Result Fe wear nya mirip2 amsoil dipakai long drain,
cmn TBN nya aja udah 3 koma sekian.
so far sih, top of mind oli keraton dgn harga wajar (sebanding sm kualitas) buat saya pribadi,
ya Amsoil Sign dan Q8 Formula![]()
Yup kurang lebih seperti yang uda dijelasin sama om surya. Tambahan aja, kalo menurut saya pribadi buat liat angka normal wear metals setidaknya butuh 2 kali uoa karena sepertinya angka wear metals tiap mesin berbeda. Tentunya harus dipastikan juga mobil telah melewati break in period12punch wrote: Wed Oct 14, 2020 10:16 suhu bantu ane belajar baca data dong wkwk
yang dilihat 4 itu ya biasanya ?
TBN
VIscosity
Wear Metals
Additive Left
TBN di Specksheet 12.5 , Used Oil Analysis TBN nya 5, batas jeleknya 3 ya?
lalu Viscosity di specksheet 8.8 , UOA nya jadi 9.. ini unik kah malah naik? biasanya jd lebih encer kan ya ?
Wear metals dan addtive left itu parameternya bagaimana ya ?