Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11777
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?
jago kl ada yg bisa pinpoint root cause nya dimana cuma berdasarkan cerita di atas tanpa diagnosa in person.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?
Isinya aer ledeng ? Sejak kapan ?ransyah1234 wrote: Thu Oct 08, 2020 2:48 om om...mumpung lagi bahas radiator, mau numpang threadnya TS untuk nanya ya
mobil innova 2005 bensin matic
radiator so far isinya air
dites lari muterin tol dalam kota jakarta malam2 100-120 kmh temperatur normal
sampe rumah kedengeran suara air mendidih di reservoir
matiin mesin, kontak di on (visco fan ga nyala), temperatur naik sedikit
dibiarin semaleman, cek pagi2, reservoirnya kosong kering kerontang
kira2 ada yang punya pengalaman sama atau tau kenapa om?
thank you oom
Coba cabut dipstik oli warna oli apa ?
D lantai gerasi ad bercak2 bekas air ?
D bagian ruang mesin ad bekas bercak2 bekas air ?
Sambil mesin nyala, kl digas, air di botol reservoil gelembung2 ga ?
Knalpot ad bau2 kaya arummanis atau bau telor busuk ?
Air radiator mendidih ampe kering kerontang bisa banyak macem dimulai dr paling gapapa ampe adapaapa
- kurang air aj
- ad kbocoran pipa atau selang
- tutup radiator ud patah klep tekanan nya (umum di honda atau ipah lama)
- head gasket ud jebol
- daleman enjin water jacket ud kropos
- kropos d enjin head
- kropos di mating surface enjin head, ama enjin blok
-
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 616
- Joined: Thu Oct 13, 2016 4:34
Re: Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?
numpang share om,ransyah1234 wrote: Thu Oct 08, 2020 2:48 om om...mumpung lagi bahas radiator, mau numpang threadnya TS untuk nanya ya
mobil innova 2005 bensin matic
radiator so far isinya air
dites lari muterin tol dalam kota jakarta malam2 100-120 kmh temperatur normal
sampe rumah kedengeran suara air mendidih di reservoir
matiin mesin, kontak di on (visco fan ga nyala), temperatur naik sedikit
dibiarin semaleman, cek pagi2, reservoirnya kosong kering kerontang
kira2 ada yang punya pengalaman sama atau tau kenapa om?
thank you oom
Kalau dulu ya, kasus kaya gini sama pernah kejadian di mobil ortu, bukan ipah ya mobilnya.
Gak taunya packing silinder head-nya bolong2, masuk ke mesin deh tuh aer.
wkwkwk
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4630
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?
@DOHC dan @Omnibus dan @MarmutDOHC wrote: Thu Oct 08, 2020 2:04Timing chain, sama2 L15Profith83 wrote: Wed Oct 07, 2020 16:51Tutup radiator diganti, adakah tanda2x rusaknya?Or4cle wrote: Wed Oct 07, 2020 9:49
Puji Tuhan baik-baik aja, thermostat & water pump belum pernah ganti cuma ganti fan & tutup radiator so far.
Note : 15 taon, KM 230.[cencored], gak gondrong-gondrong amat KM nya
@DOHC honda mobilio dan HRV juga timing chain yah?
Rem ud bener om ? Masi ad rembes ?
Habis ganti gak rembes, problemnya setelah berapa lama, apakah akan rembes kembali...
Sekalian tanya. Mobilio saya 5 thn KM 80rb. yang pakai istri. sempat ganti support shock, lower arm set, engine mounting.
Nah kalau dilihat dari kerusakan itu apalagi yang sepertinya terpengaruh bisa rusak karena part diatas yang rusak.
Maunya saya remajakan kaki kaki yang memang parah. Tapi kalau tidak oblak sebaiknya tidak diganti?
Saya rencana ke bengkel kaki kaki Jantra di Sidoarjo(saya di Surabaya)
Shock pasti akan saya ganti, waktu ganti shock sebaiknya set sama damper atau sama apalagi?
Maunya dipersiapkan dulu partnya, drpd dibongkar eh ada part lain yang harus diganti
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4630
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?
Seal karetnya kenapa? apakah sudah keras/getas. Per nya terlihatnya bagaimana?Or4cle wrote: Thu Oct 08, 2020 2:21Seal karet dan per sudah rusak. Tutup radiator rusak secara visual gampal dideteksi.Profith83 wrote: Wed Oct 07, 2020 16:51Tutup radiator diganti, adakah tanda2x rusaknya?Or4cle wrote: Wed Oct 07, 2020 9:49
Puji Tuhan baik-baik aja, thermostat & water pump belum pernah ganti cuma ganti fan & tutup radiator so far.
Note : 15 taon, KM 230.[cencored], gak gondrong-gondrong amat KM nya
@DOHC honda mobilio dan HRV juga timing chain yah?
Kalau thermostat dan water pump rusak yg sedikit ribet buat deteksi.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 168
- Joined: Mon Feb 15, 2016 2:18
- Location: Jawa Timur - Nusa Tenggara Timur
Re: Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?
mohon info dong suhu2 di mari, collant yg recommended apa ya? untuk interval penggantian 2 tahun sekali, terakhir saya ganti pakai prestone, cm udah lupa jenis apa

-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?
Ganti shock bagusnya skalian ganti karet support shock, dan karet damper nya jg.. bearing kl blom rusak, ga usa ganti.. bawaan honda itu justru bagus punyaProfith83 wrote: Thu Oct 08, 2020 6:17@DOHC dan @Omnibus dan @Marmut
Habis ganti gak rembes, problemnya setelah berapa lama, apakah akan rembes kembali...
Sekalian tanya. Mobilio saya 5 thn KM 80rb. yang pakai istri. sempat ganti support shock, lower arm set, engine mounting.
Nah kalau dilihat dari kerusakan itu apalagi yang sepertinya terpengaruh bisa rusak karena part diatas yang rusak.
Maunya saya remajakan kaki kaki yang memang parah. Tapi kalau tidak oblak sebaiknya tidak diganti?
Saya rencana ke bengkel kaki kaki Jantra di Sidoarjo(saya di Surabaya)
Shock pasti akan saya ganti, waktu ganti shock sebaiknya set sama damper atau sama apalagi?
Maunya dipersiapkan dulu partnya, drpd dibongkar eh ada part lain yang harus diganti
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?
Bukan suhuchaprizone wrote: Thu Oct 08, 2020 6:40 mohon info dong suhu2 di mari, collant yg recommended apa ya? untuk interval penggantian 2 tahun sekali, terakhir saya ganti pakai prestone, cm udah lupa jenis apa
Tp spengalaman saya, prestone jg ud ckup bagus koq. Apalagi kl cuman buat dipake 2 taon, ud ckup banget
numpang lewat aja....


-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 168
- Joined: Mon Feb 15, 2016 2:18
- Location: Jawa Timur - Nusa Tenggara Timur
Re: Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?
thanks infonya suhuDOHC wrote: Thu Oct 08, 2020 7:05Bukan suhuchaprizone wrote: Thu Oct 08, 2020 6:40 mohon info dong suhu2 di mari, collant yg recommended apa ya? untuk interval penggantian 2 tahun sekali, terakhir saya ganti pakai prestone, cm udah lupa jenis apa
Tp spengalaman saya, prestone jg ud ckup bagus koq. Apalagi kl cuman buat dipake 2 taon, ud ckup banget


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1312
- Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59
Re: Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?
Karetnya sdh keras, pecah dan tidak elastis. Per nya pun sdh miring tidak lurusProfith83 wrote: Thu Oct 08, 2020 6:20Seal karetnya kenapa? apakah sudah keras/getas. Per nya terlihatnya bagaimana?Or4cle wrote: Thu Oct 08, 2020 2:21Seal karet dan per sudah rusak. Tutup radiator rusak secara visual gampal dideteksi.Profith83 wrote: Wed Oct 07, 2020 16:51
Tutup radiator diganti, adakah tanda2x rusaknya?
@DOHC honda mobilio dan HRV juga timing chain yah?
Kalau thermostat dan water pump rusak yg sedikit ribet buat deteksi.
Kalau mobil di atas 5 taon di ganti aja, murah kok gak sampai cepek ceng.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1835
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?
yang aneh di mobil sy pas pake prestone...berkala di tabung reservoir berkurang walaupun sedikit juga & lama..sekitar 100ml utk 5000kmDOHC wrote: Thu Oct 08, 2020 7:05Bukan suhuchaprizone wrote: Thu Oct 08, 2020 6:40 mohon info dong suhu2 di mari, collant yg recommended apa ya? untuk interval penggantian 2 tahun sekali, terakhir saya ganti pakai prestone, cm udah lupa jenis apa
Tp spengalaman saya, prestone jg ud ckup bagus koq. Apalagi kl cuman buat dipake 2 taon, ud ckup banget
tahun lalu iseng pake coolant Isuzu (mesti campur2 lagi pake air aki botol biru)....eh aman ga berkurang sampe sekarang
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?
Mungkin gara2 konsentrat nya cuman 30 persen kl yahMSU wrote: Thu Oct 08, 2020 7:27yang aneh di mobil sy pas pake prestone...berkala di tabung reservoir berkurang walaupun sedikit juga & lama..sekitar 100ml utk 5000kmDOHC wrote: Thu Oct 08, 2020 7:05Bukan suhuchaprizone wrote: Thu Oct 08, 2020 6:40 mohon info dong suhu2 di mari, collant yg recommended apa ya? untuk interval penggantian 2 tahun sekali, terakhir saya ganti pakai prestone, cm udah lupa jenis apa
Tp spengalaman saya, prestone jg ud ckup bagus koq. Apalagi kl cuman buat dipake 2 taon, ud ckup banget
tahun lalu iseng pake coolant Isuzu (mesti campur2 lagi pake air aki botol biru)....eh aman ga berkurang sampe sekarang
Kurang kentel jadinya
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4630
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?
Pernah dengar yang 30% justru lebih bagus untuk membuang panas dari pada yang 50%.DOHC wrote: Thu Oct 08, 2020 7:32Mungkin gara2 konsentrat nya cuman 30 persen kl yahMSU wrote: Thu Oct 08, 2020 7:27yang aneh di mobil sy pas pake prestone...berkala di tabung reservoir berkurang walaupun sedikit juga & lama..sekitar 100ml utk 5000kmDOHC wrote: Thu Oct 08, 2020 7:05
Bukan suhu
Tp spengalaman saya, prestone jg ud ckup bagus koq. Apalagi kl cuman buat dipake 2 taon, ud ckup banget
tahun lalu iseng pake coolant Isuzu (mesti campur2 lagi pake air aki botol biru)....eh aman ga berkurang sampe sekarang
Kurang kentel jadinya
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11853
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?
ransyah1234 wrote: Thu Oct 08, 2020 2:48 om om...mumpung lagi bahas radiator, mau numpang threadnya TS untuk nanya ya
mobil innova 2005 bensin matic
radiator so far isinya air
dites lari muterin tol dalam kota jakarta malam2 100-120 kmh temperatur normal
sampe rumah kedengeran suara air mendidih di reservoir
matiin mesin, kontak di on (visco fan ga nyala), temperatur naik sedikit
dibiarin semaleman, cek pagi2, reservoirnya kosong kering kerontang
kira2 ada yang punya pengalaman sama atau tau kenapa om?
thank you oom
jadi anda berharap visko fan muter hanya dengan kunci kontak on saja tanpa start mesin?
pinter.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11853
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?
DOHC wrote: Thu Oct 08, 2020 7:32
Mungkin gara2 konsentrat nya cuman 30 persen kl yah
Kurang kentel jadinya
bisa tambah tepung tapioka 2~3 sdm supaya lebih kentel mbah....
nanti setelah diaduk rata, diperhatikan lagi tingkat kekentalannya cukup apa enggak.

-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?
Aduk pake tapioka ntar malah jd spikoek
Mending aduk pake tjampolay pisang susu, trus tangkeping meong2 depan rumah buat dicekokin satu2, biar pd mabok teler
numpang lewat aja....


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1835
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?
marmut wrote: Thu Oct 08, 2020 9:07Jadi kangen mantan...peugeot 405..kontak off tp mesin panas = kipas nyala low speed bbrp saatransyah1234 wrote: Thu Oct 08, 2020 2:48 om om...mumpung lagi bahas radiator, mau numpang threadnya TS untuk nanya ya
mobil innova 2005 bensin matic
radiator so far isinya air
dites lari muterin tol dalam kota jakarta malam2 100-120 kmh temperatur normal
sampe rumah kedengeran suara air mendidih di reservoir
matiin mesin, kontak di on (visco fan ga nyala), temperatur naik sedikit
dibiarin semaleman, cek pagi2, reservoirnya kosong kering kerontang
kira2 ada yang punya pengalaman sama atau tau kenapa om?
thank you
jadi anda berharap visko fan muter hanya dengan kunci kontak on saja tanpa start mesin?
pinter.
Kalo ga ngerti dikira konslet
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 561
- Joined: Sun Nov 23, 2014 5:25
Re: Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?
mungkin sudah lama air ledeng, dipstik warna oli normal tidak ada gejala kopi susu, ruang mesin kering, air reservoir tidak ada gelembung, knalpot nah saya ga ngeh bedainnya, maafDOHC wrote: Thu Oct 08, 2020 3:10Isinya aer ledeng ? Sejak kapan ?ransyah1234 wrote: Thu Oct 08, 2020 2:48 om om...mumpung lagi bahas radiator, mau numpang threadnya TS untuk nanya ya
mobil innova 2005 bensin matic
radiator so far isinya air
dites lari muterin tol dalam kota jakarta malam2 100-120 kmh temperatur normal
sampe rumah kedengeran suara air mendidih di reservoir
matiin mesin, kontak di on (visco fan ga nyala), temperatur naik sedikit
dibiarin semaleman, cek pagi2, reservoirnya kosong kering kerontang
kira2 ada yang punya pengalaman sama atau tau kenapa om?
thank you oom
Coba cabut dipstik oli warna oli apa ?
D lantai gerasi ad bercak2 bekas air ?
D bagian ruang mesin ad bekas bercak2 bekas air ?
Sambil mesin nyala, kl digas, air di botol reservoil gelembung2 ga ?
Knalpot ad bau2 kaya arummanis atau bau telor busuk ?
Air radiator mendidih ampe kering kerontang bisa banyak macem dimulai dr paling gapapa ampe adapaapa
- kurang air aj
- ad kbocoran pipa atau selang
- tutup radiator ud patah klep tekanan nya (umum di honda atau ipah lama)
- head gasket ud jebol
- daleman enjin water jacket ud kropos
- kropos d enjin head
- kropos di mating surface enjin head, ama enjin blok
-
sudah cek2 dan perbaiki akhirnya insya Allah karena poin nomer 2 om ternyata, cek dikasi tekanan, radiatornya bocor halus di bawah
terima kasih om infonya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 561
- Joined: Sun Nov 23, 2014 5:25
Re: Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?
thank you sharingnya oomsatriakarisma wrote: Thu Oct 08, 2020 3:14numpang share om,ransyah1234 wrote: Thu Oct 08, 2020 2:48 om om...mumpung lagi bahas radiator, mau numpang threadnya TS untuk nanya ya
mobil innova 2005 bensin matic
radiator so far isinya air
dites lari muterin tol dalam kota jakarta malam2 100-120 kmh temperatur normal
sampe rumah kedengeran suara air mendidih di reservoir
matiin mesin, kontak di on (visco fan ga nyala), temperatur naik sedikit
dibiarin semaleman, cek pagi2, reservoirnya kosong kering kerontang
kira2 ada yang punya pengalaman sama atau tau kenapa om?
thank you oom
Kalau dulu ya, kasus kaya gini sama pernah kejadian di mobil ortu, bukan ipah ya mobilnya.
Gak taunya packing silinder head-nya bolong2, masuk ke mesin deh tuh aer.
wkwkwk
mudah2an ga sampai kesitu
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 561
- Joined: Sun Nov 23, 2014 5:25
Re: Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?
tidakmarmut wrote: Thu Oct 08, 2020 9:07ransyah1234 wrote: Thu Oct 08, 2020 2:48 om om...mumpung lagi bahas radiator, mau numpang threadnya TS untuk nanya ya
mobil innova 2005 bensin matic
radiator so far isinya air
dites lari muterin tol dalam kota jakarta malam2 100-120 kmh temperatur normal
sampe rumah kedengeran suara air mendidih di reservoir
matiin mesin, kontak di on (visco fan ga nyala), temperatur naik sedikit
dibiarin semaleman, cek pagi2, reservoirnya kosong kering kerontang
kira2 ada yang punya pengalaman sama atau tau kenapa om?
thank you oom
jadi anda berharap visko fan muter hanya dengan kunci kontak on saja tanpa start mesin?
pinter.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?
untunglah ud ketemuransyah1234 wrote: Fri Oct 09, 2020 10:51mungkin sudah lama air ledeng, dipstik warna oli normal tidak ada gejala kopi susu, ruang mesin kering, air reservoir tidak ada gelembung, knalpot nah saya ga ngeh bedainnya, maafDOHC wrote: Thu Oct 08, 2020 3:10Isinya aer ledeng ? Sejak kapan ?ransyah1234 wrote: Thu Oct 08, 2020 2:48 om om...mumpung lagi bahas radiator, mau numpang threadnya TS untuk nanya ya
mobil innova 2005 bensin matic
radiator so far isinya air
dites lari muterin tol dalam kota jakarta malam2 100-120 kmh temperatur normal
sampe rumah kedengeran suara air mendidih di reservoir
matiin mesin, kontak di on (visco fan ga nyala), temperatur naik sedikit
dibiarin semaleman, cek pagi2, reservoirnya kosong kering kerontang
kira2 ada yang punya pengalaman sama atau tau kenapa om?
thank you oom
Coba cabut dipstik oli warna oli apa ?
D lantai gerasi ad bercak2 bekas air ?
D bagian ruang mesin ad bekas bercak2 bekas air ?
Sambil mesin nyala, kl digas, air di botol reservoil gelembung2 ga ?
Knalpot ad bau2 kaya arummanis atau bau telor busuk ?
Air radiator mendidih ampe kering kerontang bisa banyak macem dimulai dr paling gapapa ampe adapaapa
- kurang air aj
- ad kbocoran pipa atau selang
- tutup radiator ud patah klep tekanan nya (umum di honda atau ipah lama)
- head gasket ud jebol
- daleman enjin water jacket ud kropos
- kropos d enjin head
- kropos di mating surface enjin head, ama enjin blok
-
sudah cek2 dan perbaiki akhirnya insya Allah karena poin nomer 2 om ternyata, cek dikasi tekanan, radiatornya bocor halus di bawah
terima kasih om infonya
abis ini, diisi coolant aj om, pake merk apa aj ga masalah yg penting coolant beneran
numpang lewat aja....

