Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
bagaimana kl ternyata pakai super long life coolant 5 thn (atau bahkan 10 thn) lebih tidak berkarat drpd pakai coolant ijo ganti tiap 1 thn.
sama spt bagaimana kl ternyata pakai oli keraton ganti 1 thn sekali mesin lebih bersih dan wear minimum drpd pakai oli low-end (tp asli) ganti tiap 3000km sekali. katakanlah pada akhirnya total biaya hampir sama.
jawabannya: tdk berlaku bagi DIYers krn emang nyari2 kerjaan.
....................
Pertanyaan dan jawapan lgs dlam satu post..
Kl d luar negeri, jadwal minyak rem aj bisa ampe 20-30 rebu MILES.. lah kl DIYers, 10 rebu KM aj ud gatel
Fan belt umur bisa 100 rebu, lah 12 rebu aj ud mau ganti, katanya melar
bagaimana kl ternyata pakai super long life coolant 5 thn (atau bahkan 10 thn) lebih tidak berkarat drpd pakai coolant ijo ganti tiap 1 thn.
sama spt bagaimana kl ternyata pakai oli keraton ganti 1 thn sekali mesin lebih bersih dan wear minimum drpd pakai oli low-end (tp asli) ganti tiap 3000km sekali. katakanlah pada akhirnya total biaya hampir sama.
jawabannya: tdk berlaku bagi DIYers krn emang nyari2 kerjaan.
....................
Pertanyaan dan jawapan lgs dlam satu post..
Kl d luar negeri, jadwal minyak rem aj bisa ampe 20-30 rebu MILES.. lah kl DIYers, 10 rebu KM aj ud gatel
Fan belt umur bisa 100 rebu, lah 12 rebu aj ud mau ganti, katanya melar
Om klep, kalau minyak kopling interval kurasnya berapa KM ?
Kalau kelamaan biasa dapat jack pot, master kopling (bawah) minta jajan karena aus di cylindernya karena kemakan kotoran debu.
Oh iya tambahan info baca di manual book untuk HRV kalau penggantian awal memang 10 thn. kalau kita discount 50% jadi 5 thn karena sering macet dan iklim tropis yang cenderung panas.
Sedangkan penggantian berikutnya separuh dari yang pertama. Kalau pertama 5 tahun maka ganti tiap 2 tahun saja.
kalau om @DOHC gantinya tiap tahun tapi yang ijo sptnya.
Saya sendiri Mobilio pakai coolant yang warna hijau, awal 4 thn baru ganti. Sekarang maunya tiap 2 thn ganti. Mobil masih berumur 5 thn
Om @DOHC mobilnya sudah belasan tahun pakai cara ganti tiap 1 thn. BTW saya juga ingin tahu kenapa gak ganti tiap 2 thn?
Krn saya mau bkin habit aj om
Kl 2 taon takut kelupaan.. toh lagian coolant ijo kan murah
Nah ini... ganti oli mesin 1 taon sekali aja kadang bisa lupa kelewatan dikit2, lalu ganti oli matic, gardan, minyak rem, power sterring, coolant kalau lewat dari 2 taon yah memang bablas sih kebanyakannya.
DIY'ers macam Om Omni yang ganti oli mesin Amsoil SS di 7 ribu km atau Om Klep yang ganti minyak rem & coolant setahun sekali yah mobilnya pasti super sehat waalfiat... meski di mata orang awam = pemborosan [emoji16]
Sehat sekali sehh nga yah kayanya
Bensin mostly pertalite.. oli bukan kelas keraton.. nyetir suka ikutin style pake ketua dewan 3S, om kompre
Cuman yah at least bisa lahh d maintain ampe 5 taon
bagaimana kl ternyata pakai super long life coolant 5 thn (atau bahkan 10 thn) lebih tidak berkarat drpd pakai coolant ijo ganti tiap 1 thn.
sama spt bagaimana kl ternyata pakai oli keraton ganti 1 thn sekali mesin lebih bersih dan wear minimum drpd pakai oli low-end (tp asli) ganti tiap 3000km sekali. katakanlah pada akhirnya total biaya hampir sama.
jawabannya: tdk berlaku bagi DIYers krn emang nyari2 kerjaan.
....................
Pertanyaan dan jawapan lgs dlam satu post..
Kl d luar negeri, jadwal minyak rem aj bisa ampe 20-30 rebu MILES.. lah kl DIYers, 10 rebu KM aj ud gatel
Fan belt umur bisa 100 rebu, lah 12 rebu aj ud mau ganti, katanya melar
wakakakakakaka tau siapa sih tuh
emangnya tali kutang 12 rb udah melarrr
Lanjut lanjut
Trus trekstang, atau terot kl bahasa baku asemregesers, yg biasanya tahan lama banget, ini blom 20 rebu aj ud dganti..
Btw kutang 12 rebu mah, sekali ditarik ud melar atau putus kl mbah ..
bagaimana kl ternyata pakai super long life coolant 5 thn (atau bahkan 10 thn) lebih tidak berkarat drpd pakai coolant ijo ganti tiap 1 thn.
sama spt bagaimana kl ternyata pakai oli keraton ganti 1 thn sekali mesin lebih bersih dan wear minimum drpd pakai oli low-end (tp asli) ganti tiap 3000km sekali. katakanlah pada akhirnya total biaya hampir sama.
jawabannya: tdk berlaku bagi DIYers krn emang nyari2 kerjaan.
....................
Pertanyaan dan jawapan lgs dlam satu post..
Kl d luar negeri, jadwal minyak rem aj bisa ampe 20-30 rebu MILES.. lah kl DIYers, 10 rebu KM aj ud gatel
Fan belt umur bisa 100 rebu, lah 12 rebu aj ud mau ganti, katanya melar
Om klep, kalau minyak kopling interval kurasnya berapa KM ?
Kalau kelamaan biasa dapat jack pot, master kopling (bawah) minta jajan karena aus di cylindernya karena kemakan kotoran debu.
Dl waktu masi punya an40, ganti minyak kupleeng, sama interval nya dgn minyak rem, krn satu reservoir kan om.. itu jg alesan nya knapa saya kuras minyak rem setaon skali.. krn skali rusak jackpot kena 2 item
Tp kl utk mobil2 yg punya reservoir minyak kupleng sendiri kaya panther, mobilio brio lama, bagusnya jg setaon skali aj, murah koq sbotol minyak rem
Or4cle wrote: Wed Oct 07, 2020 3:35
Pakai Honda all season pre-mix type 1 (warna hijau) sudah bagus, murah meriah asal dikuras setiap 2 tahun.
Saya dah pakai 15 taon, radiator tidak pernah bermasalah dan waktu dikuras pun secara fisik warna coolant tetap bagus.
Tiap 2 thn ganti dan sekarang sudah 15 thn ok ok saja yah?
Pernah ganti thermostat dan water pump?
Or4cle wrote: Wed Oct 07, 2020 3:35
Pakai Honda all season pre-mix type 1 (warna hijau) sudah bagus, murah meriah asal dikuras setiap 2 tahun.
Saya dah pakai 15 taon, radiator tidak pernah bermasalah dan waktu dikuras pun secara fisik warna coolant tetap bagus.
Tiap 2 thn ganti dan sekarang sudah 15 thn ok ok saja yah?
Pernah ganti thermostat dan water pump?
Puji Tuhan baik-baik aja, thermostat & water pump belum pernah ganti cuma ganti fan & tutup radiator so far.
Note : 15 taon, KM 230.[cencored], gak gondrong-gondrong amat KM nya
Last edited by Or4cle on Wed Oct 07, 2020 10:20, edited 1 time in total.
Kl d luar negeri, jadwal minyak rem aj bisa ampe 20-30 rebu MILES.. lah kl DIYers, 10 rebu KM aj ud gatel
Fan belt umur bisa 100 rebu, lah 12 rebu aj ud mau ganti, katanya melar
Om klep, kalau minyak kopling interval kurasnya berapa KM ?
Kalau kelamaan biasa dapat jack pot, master kopling (bawah) minta jajan karena aus di cylindernya karena kemakan kotoran debu.
Dl waktu masi punya an40, ganti minyak kupleeng, sama interval nya dgn minyak rem, krn satu reservoir kan om.. itu jg alesan nya knapa saya kuras minyak rem setaon skali.. krn skali rusak jackpot kena 2 item
Tp kl utk mobil2 yg punya reservoir minyak kupleng sendiri kaya panther, mobilio brio lama, bagusnya jg setaon skali aj, murah koq sbotol minyak rem
Mantap om Klep
Urusan pritilan kayay gini memang kudu diperhatiin biar awet mobilnya
Or4cle wrote: Wed Oct 07, 2020 9:49
Puji Tuhan baik-baik aja, thermostat & water pump belum pernah ganti cuma ganti fan & tutup radiator so far.
Note : 15 taon, KM 230.[cencored], gak gondrong-gondrong amat KM nya
Or4cle wrote: Wed Oct 07, 2020 9:49
Puji Tuhan baik-baik aja, thermostat & water pump belum pernah ganti cuma ganti fan & tutup radiator so far.
Note : 15 taon, KM 230.[cencored], gak gondrong-gondrong amat KM nya
Wow!
keren bgt ya, thermostat n water pump kuat amat.
Mobil dipakai short trip dalkot sekitar 20-30 km/hari. Sampai saat ini belum ada gejala thermostat & water pump rusak. Mesin gak ada bunyi aneh, coolant gak berkurang, kipas putar, tdk ada tetesan air cuma mesin ada ngelitik.
Kayaknya perlu colok OBD buat cek suhu di sensor ECT.
Or4cle wrote: Wed Oct 07, 2020 9:49
Puji Tuhan baik-baik aja, thermostat & water pump belum pernah ganti cuma ganti fan & tutup radiator so far.
Note : 15 taon, KM 230.[cencored], gak gondrong-gondrong amat KM nya
Wow!
keren bgt ya, thermostat n water pump kuat amat.
Kl pake coolant bukannya emg bakal jd awet yah mbah si termostat nya ?
Or4cle wrote: Wed Oct 07, 2020 9:49
Puji Tuhan baik-baik aja, thermostat & water pump belum pernah ganti cuma ganti fan & tutup radiator so far.
Note : 15 taon, KM 230.[cencored], gak gondrong-gondrong amat KM nya
Wow!
keren bgt ya, thermostat n water pump kuat amat.
Kl pake coolant bukannya emg bakal jd awet yah mbah si termostat nya ?
Perna jg saya pas ganti timing belt mitsu 4g15 circa 2017, ntuh waterpump masi ori GMB, termostat jg masi bagus.. padahal mobil akte lahir 98 atau 99
Mknya om Klep ... Aku jd parno takutnya thermostat & water pump sdh waktunya ganti. Mudah-mudahan sih kuat dan gak bermasalah
Honda nya honda apa om ?
Masi timing belt kah ? Kl iya, yah ganti skalian aj
Waterpump seawet2nya jg ad umur pakai nya.. biasa 2x ganti timing belt (kira2 up to 180K km)
Kl termostat, ini si logam bimetal slama bebas karat yah aman2 aj slama mungkin.. tp biasa yg kalah duluan yah seal karetnya.. namanya jg karet kena aer panas, pasti ad umurnya jg
Perna jg saya pas ganti timing belt mitsu 4g15 circa 2017, ntuh waterpump masi ori GMB, termostat jg masi bagus.. padahal mobil akte lahir 98 atau 99
Mknya om Klep ... Aku jd parno takutnya thermostat & water pump sdh waktunya ganti. Mudah-mudahan sih kuat dan gak bermasalah
Daripada [cencored] yah gantilah om water pump & thermostatnya... toh sudah puas juga pake 15 taon 250 ribu km. Kalo kata suhu Omibus sudah habis masa depresiasi & amortsasinya serta sudah bagus mau dibuang juga gak perlu ongkos buang lagi [emoji16]
Waterpump & thermostat ganti paling 1,5 juta, hati tenang, mobil sehat, cooling system bagus. Ganti pas sekalian ganti timing belt. Sudah pas itu di km 250 ribu jadi gak bongkar 2x karena bongkar waterpump harus lepas timing belt, ini kalau di mesin 2KD yah ntah kalau di mesin 2TR.
Kemarin sih ane ganti waterpump di usia 10 taon 138 ribu km itu bearingnya sudah mulai kasar, ntah ini kalau sudah 250 ribu 15 taon... memang kuat sekali itu waterpumpnya muter terus menerus ikut putaran puli kruk as mesin.
Perna jg saya pas ganti timing belt mitsu 4g15 circa 2017, ntuh waterpump masi ori GMB, termostat jg masi bagus.. padahal mobil akte lahir 98 atau 99
Mknya om Klep ... Aku jd parno takutnya thermostat & water pump sdh waktunya ganti. Mudah-mudahan sih kuat dan gak bermasalah
Honda nya honda apa om ?
Masi timing belt kah ? Kl iya, yah ganti skalian aj
Waterpump seawet2nya jg ad umur pakai nya.. biasa 2x ganti timing belt (kira2 up to 180K km)
Kl termostat, ini si logam bimetal slama bebas karat yah aman2 aj slama mungkin.. tp biasa yg kalah duluan yah seal karetnya.. namanya jg karet kena aer panas, pasti ad umurnya jg
Jazz GD3 om Klep, timing chain.
Iya juga, semestinya sdh masuk umur pengantian.
Perna jg saya pas ganti timing belt mitsu 4g15 circa 2017, ntuh waterpump masi ori GMB, termostat jg masi bagus.. padahal mobil akte lahir 98 atau 99
Mknya om Klep ... Aku jd parno takutnya thermostat & water pump sdh waktunya ganti. Mudah-mudahan sih kuat dan gak bermasalah
Daripada [cencored] yah gantilah om water pump & thermostatnya... toh sudah puas juga pake 15 taon 250 ribu km. Kalo kata suhu Omibus sudah habis masa depresiasi & amortsasinya serta sudah bagus mau dibuang juga gak perlu ongkos buang lagi [emoji16]
Waterpump & thermostat ganti paling 1,5 juta, hati tenang, mobil sehat, cooling system bagus. Ganti pas sekalian ganti timing belt. Sudah pas itu di km 250 ribu jadi gak bongkar 2x karena bongkar waterpump harus lepas timing belt, ini kalau di mesin 2KD yah ntah kalau di mesin 2TR.
Kemarin sih ane ganti waterpump di usia 10 taon 138 ribu km itu bearingnya sudah mulai kasar, ntah ini kalau sudah 250 ribu 15 taon... memang kuat sekali itu waterpumpnya muter terus menerus ikut putaran puli kruk as mesin.
Lhaa kok semua mendadak jadi ahli Akuntan
Ini kayaknya pengaruh positif om Herman
Mknya om Klep ... Aku jd parno takutnya thermostat & water pump sdh waktunya ganti. Mudah-mudahan sih kuat dan gak bermasalah
Honda nya honda apa om ?
Masi timing belt kah ? Kl iya, yah ganti skalian aj
Waterpump seawet2nya jg ad umur pakai nya.. biasa 2x ganti timing belt (kira2 up to 180K km)
Kl termostat, ini si logam bimetal slama bebas karat yah aman2 aj slama mungkin.. tp biasa yg kalah duluan yah seal karetnya.. namanya jg karet kena aer panas, pasti ad umurnya jg
Jazz GD3 om Klep, timing chain.
Iya juga, semestinya sdh masuk umur pengantian.
Oalahhhhh
Waterpump enjin L15 mah ganti aj om... kirain enjin2 D series, H series, B series.. atau the laknat J series.. itu kl kata mbah marmut ngajak gelut mo ganti nya
Btw, ini L15 honda pd tembus odo tinggi2 yah.. mendadak berasa hrv saya yg cuman 120an rebu ga ad apa2nya..
*apalagi yg baru belasan rebu km doank
* tp ud ganti fan belt, trekstang, tembak vet sana sini, ganti ban michelin
Waterpump enjin L15 mah ganti aj om... kirain enjin2 D series, H series, B series.. atau the laknat J series.. itu kl kata mbah marmut ngajak gelut mo ganti nya
Btw, ini L15 honda pd tembus odo tinggi2 yah.. mendadak berasa hrv saya yg cuman 120an rebu ga ad apa2nya..
*apalagi yg baru belasan rebu km doank
* tp ud ganti fan belt, trekstang, tembak vet sana sini, ganti ban michelin
orangnya ga ada! lagi jaga toko sata di lindeteves.
Honda nya honda apa om ?
Masi timing belt kah ? Kl iya, yah ganti skalian aj
Waterpump seawet2nya jg ad umur pakai nya.. biasa 2x ganti timing belt (kira2 up to 180K km)
Kl termostat, ini si logam bimetal slama bebas karat yah aman2 aj slama mungkin.. tp biasa yg kalah duluan yah seal karetnya.. namanya jg karet kena aer panas, pasti ad umurnya jg
Jazz GD3 om Klep, timing chain.
Iya juga, semestinya sdh masuk umur pengantian.
Oalahhhhh
Waterpump enjin L15 mah ganti aj om... kirain enjin2 D series, H series, B series.. atau the laknat J series.. itu kl kata mbah marmut ngajak gelut mo ganti nya
Btw, ini L15 honda pd tembus odo tinggi2 yah.. mendadak berasa hrv saya yg cuman 120an rebu ga ad apa2nya..
*apalagi yg baru belasan rebu km doank
* tp ud ganti fan belt, trekstang, tembak vet sana sini, ganti ban michelin
L15 punya mbah Omni kayak pelihara simpanan, dipakai kagak diumpanin jajan mulu
Honda nya honda apa om ?
Masi timing belt kah ? Kl iya, yah ganti skalian aj
Waterpump seawet2nya jg ad umur pakai nya.. biasa 2x ganti timing belt (kira2 up to 180K km)
Kl termostat, ini si logam bimetal slama bebas karat yah aman2 aj slama mungkin.. tp biasa yg kalah duluan yah seal karetnya.. namanya jg karet kena aer panas, pasti ad umurnya jg
Jazz GD3 om Klep, timing chain.
Iya juga, semestinya sdh masuk umur pengantian.
Oalahhhhh
Waterpump enjin L15 mah ganti aj om... kirain enjin2 D series, H series, B series.. atau the laknat J series.. itu kl kata mbah marmut ngajak gelut mo ganti nya
Btw, ini L15 honda pd tembus odo tinggi2 yah.. mendadak berasa hrv saya yg cuman 120an rebu ga ad apa2nya..
*apalagi yg baru belasan rebu km doank
* tp ud ganti fan belt, trekstang, tembak vet sana sini, ganti ban michelin
Or4cle wrote: Wed Oct 07, 2020 3:35
Pakai Honda all season pre-mix type 1 (warna hijau) sudah bagus, murah meriah asal dikuras setiap 2 tahun.
Saya dah pakai 15 taon, radiator tidak pernah bermasalah dan waktu dikuras pun secara fisik warna coolant tetap bagus.
Tiap 2 thn ganti dan sekarang sudah 15 thn ok ok saja yah?
Pernah ganti thermostat dan water pump?
Puji Tuhan baik-baik aja, thermostat & water pump belum pernah ganti cuma ganti fan & tutup radiator so far.
Note : 15 taon, KM 230.[cencored], gak gondrong-gondrong amat KM nya
Tutup radiator diganti, adakah tanda2x rusaknya?
@DOHC honda mobilio dan HRV juga timing chain yah?
Tiap 2 thn ganti dan sekarang sudah 15 thn ok ok saja yah?
Pernah ganti thermostat dan water pump?
Puji Tuhan baik-baik aja, thermostat & water pump belum pernah ganti cuma ganti fan & tutup radiator so far.
Note : 15 taon, KM 230.[cencored], gak gondrong-gondrong amat KM nya
Tutup radiator diganti, adakah tanda2x rusaknya?
@DOHC honda mobilio dan HRV juga timing chain yah?
Tiap 2 thn ganti dan sekarang sudah 15 thn ok ok saja yah?
Pernah ganti thermostat dan water pump?
Puji Tuhan baik-baik aja, thermostat & water pump belum pernah ganti cuma ganti fan & tutup radiator so far.
Note : 15 taon, KM 230.[cencored], gak gondrong-gondrong amat KM nya
Tutup radiator diganti, adakah tanda2x rusaknya?
@DOHC honda mobilio dan HRV juga timing chain yah?
Seal karet dan per sudah rusak. Tutup radiator rusak secara visual gampal dideteksi.
Kalau thermostat dan water pump rusak yg sedikit ribet buat deteksi.
om om...mumpung lagi bahas radiator, mau numpang threadnya TS untuk nanya ya
mobil innova 2005 bensin matic
radiator so far isinya air
dites lari muterin tol dalam kota jakarta malam2 100-120 kmh temperatur normal
sampe rumah kedengeran suara air mendidih di reservoir
matiin mesin, kontak di on (visco fan ga nyala), temperatur naik sedikit
dibiarin semaleman, cek pagi2, reservoirnya kosong kering kerontang
kira2 ada yang punya pengalaman sama atau tau kenapa om?
thank you oom