Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 365
- Joined: Tue Dec 31, 2013 14:57
- Daily Vehicle: transjakarta
Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?
Malam, SMers, mobil saya yang mau berusia 10 tahun belakangan ini air radiatornya keruh karena karat, kemarin sempet agak naik temp-nya dan diflush sama diganti waterpump sama termostat. Tetapi ga lama kemudian airnya kembali keruh ttp kondisi temperaturnya normal.
Kondisi radiator sendiri belum ada kebocoran, kira-kira untuk karat itu apakah cukup di-flush rutin atau langsung ganti radiator assy? Kemudian apabila radiator assy diganti, apa yang perlu dicek atau diganti agar bekas-bekas karat itu ga muncul (seperti di reservoir, atau pipa2 dsb)? Thanks.
Kondisi radiator sendiri belum ada kebocoran, kira-kira untuk karat itu apakah cukup di-flush rutin atau langsung ganti radiator assy? Kemudian apabila radiator assy diganti, apa yang perlu dicek atau diganti agar bekas-bekas karat itu ga muncul (seperti di reservoir, atau pipa2 dsb)? Thanks.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4630
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?
Kalau radiatornya mobil jaman jadul yang bisa diservis dan disolder ada baiknya dibersihkan karatannya dulu. (dikorok)carl wrote: Mon Oct 05, 2020 11:15 Malam, SMers, mobil saya yang mau berusia 10 tahun belakangan ini air radiatornya keruh karena karat, kemarin sempet agak naik temp-nya dan diflush sama diganti waterpump sama termostat. Tetapi ga lama kemudian airnya kembali keruh ttp kondisi temperaturnya normal.
Kondisi radiator sendiri belum ada kebocoran, kira-kira untuk karat itu apakah cukup di-flush rutin atau langsung ganti radiator assy? Kemudian apabila radiator assy diganti, apa yang perlu dicek atau diganti agar bekas-bekas karat itu ga muncul (seperti di reservoir, atau pipa2 dsb)? Thanks.
Itupun karena sudah terlanjur ada karat di jalur air radiator maka kadang ada kerak ata karat yang terlepas lagi masuk ke radiator lagi.
1. Kalau saya korok sekali saja, setelah itu beli air aki yg tutup biru. Isikan
2. 2 hari kemudian ganti lagi
3. Ulangi lagi langkah nomer 2 sampai 3x ganti. Tujuannya agar karat/kerak air ikut kebuang waktu di tap.
4. Baru isi coolant.
5. Tiap 3 bulan buang coolant, sampai terkahir buang coolant tidak ada karat/endapan sama sekali baru tiap tahun diganti
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 234
- Joined: Sat Jul 23, 2016 8:58
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: G4EE MT 2011 + Hi Grade 1995 C223
Re: Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?
Radiator tembaga/ almunium sepertinya ngak bakal berkarat om,
karat itu dari blok mesin yg masih dari casting besi. atau ada komp lain yg di jalur air radiator dr casting besi
cmimw
kalo ngak mau berkarat mesti di tambah cairan coolant yg ada rust inhibitor
karat itu dari blok mesin yg masih dari casting besi. atau ada komp lain yg di jalur air radiator dr casting besi
cmimw
kalo ngak mau berkarat mesti di tambah cairan coolant yg ada rust inhibitor
i am, a sleeper
G4EE MT 2011 + Hi Grade 1995 C223
G4EE MT 2011 + Hi Grade 1995 C223
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?
coba dipastikan dulu bukan karena kebocoran kompresi silinder yg mencemari coolant. pakai alat test bentuknya cairan kimia.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?
Kl kami d kampus asemreges, biasa sambil d gas liat ad gelembung2 kluar ga d tabung reservoir coolant mbahOmnibus wrote: Tue Oct 06, 2020 1:52 coba dipastikan dulu bukan karena kebocoran kompresi silinder yg mencemari coolant. pakai alat test bentuknya cairan kimia.
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1240
- Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32
Re: Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?
Informasi dari TS kurang lengkap, di informasikan hanya disebutkan "air" radiator saja, tidak pernah disebutkan coolant radiator, jadi asumsi ane selama ini radiator hanya di isi air keran biasa aja, yang wajar jangka panjang akan membuat karat.
Mobil ane sudah 10 tahun lebih kemarin baru ganti water pump & thermostat aman2 aja, tidak ada karat sama sekali, karena memang dari baru radiator selalu isi coolant yang tiap 2 taon sekali di flush secara rutin.
Yang ane akan bingung adalah apabila sudah pakai coolant tapi masih juga berkarat, nah ini salahnya ada dimana? Coolant nya dicampur dengan air keran biasa (bukan distilled water), atau coolantnya tidak pernah di flush sama sekali dari mobil masih baru? Atau pakai coolant abal2 yang tidak jelas mereknya, yang mungkin isinya hanya air biasa yang dikasih semacam pewarna?
Mobil ane sudah 10 tahun lebih kemarin baru ganti water pump & thermostat aman2 aja, tidak ada karat sama sekali, karena memang dari baru radiator selalu isi coolant yang tiap 2 taon sekali di flush secara rutin.
Yang ane akan bingung adalah apabila sudah pakai coolant tapi masih juga berkarat, nah ini salahnya ada dimana? Coolant nya dicampur dengan air keran biasa (bukan distilled water), atau coolantnya tidak pernah di flush sama sekali dari mobil masih baru? Atau pakai coolant abal2 yang tidak jelas mereknya, yang mungkin isinya hanya air biasa yang dikasih semacam pewarna?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11854
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?
Omnibus wrote: Tue Oct 06, 2020 1:52 coba dipastikan dulu bukan karena kebocoran kompresi silinder yg mencemari coolant. pakai alat test bentuknya cairan kimia.
cairan kimia merk kuda terbang warna merah bisa mbah shifu?
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?
Pake coolant tp ga perna diganti puluhan taon PASTI akan berkarat jg mbahbenzz89 wrote: Tue Oct 06, 2020 2:16 Informasi dari TS kurang lengkap, di informasikan hanya disebutkan "air" radiator saja, tidak pernah disebutkan coolant radiator, jadi asumsi ane selama ini radiator hanya di isi air keran biasa aja, yang wajar jangka panjang akan membuat karat.
Mobil ane sudah 10 tahun lebih kemarin baru ganti water pump & thermostat aman2 aja, tidak ada karat sama sekali, karena memang dari baru radiator selalu isi coolant yang tiap 2 taon sekali di flush secara rutin.
Yang ane akan bingung adalah apabila sudah pakai coolant tapi masih juga berkarat, nah ini salahnya ada dimana? Coolant nya dicampur dengan air keran biasa (bukan distilled water), atau coolantnya tidak pernah di flush sama sekali dari mobil masih baru? Atau pakai coolant abal2 yang tidak jelas mereknya, yang mungkin isinya hanya air biasa yang dikasih semacam pewarna?
Karena aditip corrosion inhibitor pasti menurun seiring waktu, beda ama glycol2 laen nya yg awet, itulah tujuan rutin kuras coolant... tp ini kes mobil ampe puluhan taon yah ga dikuras
Tp kl cuman 5 taon mah mustinya gapapa utk coolant2 jaman skrg (dan wajip yg branded)
Btw dl an40 saya, lahir taon 2006, pas ganti water pump taon kmaren, nyaris ga ad karat samsek, cuman titik2 karat kecil banget di propeler water pump nya.. coolant gado2, dr toyota, seiken, prestone, ganti tiap perpanjang stnk
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?
bisa mbah ....
bisa berubah wujud jd artefak radiatornya

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1240
- Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32
Re: Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?
Kalau ganti coolant tiap perpanjang stnk masih karatan juga sih kebangeten mbah itu enginenya... rajin kali tiap taon ganti coolant, apa sudah gak tau lagi apa yang mau di DIY itu AN40 nya mbah [emoji38]DOHC wrote:Pake coolant tp ga perna diganti puluhan taon PASTI akan berkarat jg mbahbenzz89 wrote: Tue Oct 06, 2020 2:16 Informasi dari TS kurang lengkap, di informasikan hanya disebutkan "air" radiator saja, tidak pernah disebutkan coolant radiator, jadi asumsi ane selama ini radiator hanya di isi air keran biasa aja, yang wajar jangka panjang akan membuat karat.
Mobil ane sudah 10 tahun lebih kemarin baru ganti water pump & thermostat aman2 aja, tidak ada karat sama sekali, karena memang dari baru radiator selalu isi coolant yang tiap 2 taon sekali di flush secara rutin.
Yang ane akan bingung adalah apabila sudah pakai coolant tapi masih juga berkarat, nah ini salahnya ada dimana? Coolant nya dicampur dengan air keran biasa (bukan distilled water), atau coolantnya tidak pernah di flush sama sekali dari mobil masih baru? Atau pakai coolant abal2 yang tidak jelas mereknya, yang mungkin isinya hanya air biasa yang dikasih semacam pewarna?
Karena aditip corrosion inhibitor pasti menurun seiring waktu, beda ama glycol2 laen nya yg awet, itulah tujuan rutin kuras coolant... tp ini kes mobil ampe puluhan taon yah ga dikuras
Tp kl cuman 5 taon mah mustinya gapapa utk coolant2 jaman skrg (dan wajip yg branded)
Btw dl an40 saya, lahir taon 2006, pas ganti water pump taon kmaren, nyaris ga ad karat samsek, cuman titik2 karat kecil banget di propeler water pump nya.. coolant gado2, dr toyota, seiken, prestone, ganti tiap perpanjang stnk
-
- Newbie
- Posts: 14
- Joined: Tue Sep 15, 2020 14:28
Re: Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?
Om. Om.. Semuanya maaf nubie mau tanya nih, menurut manual book air radiator harus dikuras setelah sampai 200 rb km, apakah itu tidak kelamaan? Atau tiap berapa tahun wajarnya radiator harus dikuras?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4630
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?
kayanya asumsi yang dibangun 200 rb KM seperti dibawah ini hitungannyaaam007 wrote: Tue Oct 06, 2020 4:21 Om. Om.. Semuanya maaf nubie mau tanya nih, menurut manual book air radiator harus dikuras setelah sampai 200 rb km, apakah itu tidak kelamaan? Atau tiap berapa tahun wajarnya radiator harus dikuras?
6 bulan 10rb KM
1 thn 20rb KM
10 thn 200rb KM
Logika diatas dengan asumsi mobil sering jarak jauh, tapi kalau cuma sering jalan pendek dan dengan kemacetan yang tinggi yang menyebabkan sirkulasi udara tidak bagus menyebabkan panas berlebih di mesin dan di radiator.
Sebaiknya separohnya saja diganti alias 5 thn.
Oh iya asumsi diatas dengan air coolant yang khusus. Kalau di Honda yang warna biru seliter 120 rb an. yang hijau 30rb an
Kalau saya sih mobil baru bolehlah 4 sd 5 thn. Tapi setelah itu tiap 2 thn ganti dengan yang hijau(honda). Kalau Toyota(merah) agak murah mirip yang hijau(honda) harganya
HRV seingat saya bawaan nya warna biru. Tapi setelah 4 thn tetap akan saya ganti yang hijau, 2 thn sekali buka tap dan isi lagi
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?
buat mbah DOHC kuras radiator itu ibarat mandi sptnya om. setaun sekali aja udah dianggap telat. bagusnya malah sehari dua kali.benzz89 wrote: Tue Oct 06, 2020 3:23Kalau ganti coolant tiap perpanjang stnk masih karatan juga sih kebangeten mbah itu enginenya... rajin kali tiap taon ganti coolant, apa sudah gak tau lagi apa yang mau di DIY itu AN40 nya mbah [emoji38]DOHC wrote:Pake coolant tp ga perna diganti puluhan taon PASTI akan berkarat jg mbahbenzz89 wrote: Tue Oct 06, 2020 2:16 Informasi dari TS kurang lengkap, di informasikan hanya disebutkan "air" radiator saja, tidak pernah disebutkan coolant radiator, jadi asumsi ane selama ini radiator hanya di isi air keran biasa aja, yang wajar jangka panjang akan membuat karat.
Mobil ane sudah 10 tahun lebih kemarin baru ganti water pump & thermostat aman2 aja, tidak ada karat sama sekali, karena memang dari baru radiator selalu isi coolant yang tiap 2 taon sekali di flush secara rutin.
Yang ane akan bingung adalah apabila sudah pakai coolant tapi masih juga berkarat, nah ini salahnya ada dimana? Coolant nya dicampur dengan air keran biasa (bukan distilled water), atau coolantnya tidak pernah di flush sama sekali dari mobil masih baru? Atau pakai coolant abal2 yang tidak jelas mereknya, yang mungkin isinya hanya air biasa yang dikasih semacam pewarna?
Karena aditip corrosion inhibitor pasti menurun seiring waktu, beda ama glycol2 laen nya yg awet, itulah tujuan rutin kuras coolant... tp ini kes mobil ampe puluhan taon yah ga dikuras
Tp kl cuman 5 taon mah mustinya gapapa utk coolant2 jaman skrg (dan wajip yg branded)
Btw dl an40 saya, lahir taon 2006, pas ganti water pump taon kmaren, nyaris ga ad karat samsek, cuman titik2 karat kecil banget di propeler water pump nya.. coolant gado2, dr toyota, seiken, prestone, ganti tiap perpanjang stnk

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1312
- Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59
Re: Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?
Kebetulan bahas coolant ...
Mastah - mastah ada yg pernah pakai coolant Zegen ? kualitas nya bagus gak ? Tune-up kemarin kuras raditor dicekoki coolant ini. Agak was-was, insecure dgn merk yg gak familier ini
Mastah - mastah ada yg pernah pakai coolant Zegen ? kualitas nya bagus gak ? Tune-up kemarin kuras raditor dicekoki coolant ini. Agak was-was, insecure dgn merk yg gak familier ini
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4630
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?
Bengkel nya bagus gak?Or4cle wrote: Tue Oct 06, 2020 5:28 Kebetulan bahas coolant ...
Mastah - mastah ada yg pernah pakai coolant Zegen ? kualitas nya bagus gak ? Tune-up kemarin kuras raditor dicekoki coolant ini. Agak was-was, insecure dgn merk yg gak familier ini
menurut saya sih kalau was was lebih baik ganti coolant yang bagus yang punya nama besar, pastikan juga asli.
Coolant tidak terlalu mahal, tapi kalau sampai keropos dan masuk ke jalur pembakaran bisa stress memperbaiki hal yang seharusnya bisa diantisipasi dari awal
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1312
- Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59
Re: Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?
Kalau bengkelnya sdh gak diragukan. Selama ini pakai Honda all season pre-mix type 1.Profith83 wrote: Tue Oct 06, 2020 5:54Bengkel nya bagus gak?Or4cle wrote: Tue Oct 06, 2020 5:28 Kebetulan bahas coolant ...
Mastah - mastah ada yg pernah pakai coolant Zegen ? kualitas nya bagus gak ? Tune-up kemarin kuras raditor dicekoki coolant ini. Agak was-was, insecure dgn merk yg gak familier ini
menurut saya sih kalau was was lebih baik ganti coolant yang bagus yang punya nama besar, pastikan juga asli.
Coolant tidak terlalu mahal, tapi kalau sampai keropos dan masuk ke jalur pembakaran bisa stress memperbaiki hal yang seharusnya bisa diantisipasi dari awal
OK, mesti diganti drpd was-was knpa napa nantinya.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?
Ga cuman coolant sehOmnibus wrote: Tue Oct 06, 2020 4:54buat mbah DOHC kuras radiator itu ibarat mandi sptnya om. setaun sekali aja udah dianggap telat. bagusnya malah sehari dua kali.benzz89 wrote: Tue Oct 06, 2020 3:23Kalau ganti coolant tiap perpanjang stnk masih karatan juga sih kebangeten mbah itu enginenya... rajin kali tiap taon ganti coolant, apa sudah gak tau lagi apa yang mau di DIY itu AN40 nya mbah [emoji38]DOHC wrote:
Pake coolant tp ga perna diganti puluhan taon PASTI akan berkarat jg mbah
Karena aditip corrosion inhibitor pasti menurun seiring waktu, beda ama glycol2 laen nya yg awet, itulah tujuan rutin kuras coolant... tp ini kes mobil ampe puluhan taon yah ga dikuras
Tp kl cuman 5 taon mah mustinya gapapa utk coolant2 jaman skrg (dan wajip yg branded)
Btw dl an40 saya, lahir taon 2006, pas ganti water pump taon kmaren, nyaris ga ad karat samsek, cuman titik2 karat kecil banget di propeler water pump nya.. coolant gado2, dr toyota, seiken, prestone, ganti tiap perpanjang stnk![]()
Oli power steering jg
Jd tiap kl perpanjang stnk, pe er nya jg banyak.. bayar pajek, ganti minyak rem, coolant, power steering
Itung2 investasi murah utk jangka panjang.. ntuh 3 item tsb ud saya buktiken d ex mobil jadul saya kmaren, ga ad yg rusak.. kcuali waterpump, stelah 200an rebu km baru rembes
Pake coolant ga jaminan 1000% bebas karat om
Coba aj rendem paku besi d dalem coolant yg keraton.. diemin setaon 2 taon, yakin saya pasti ad bintik2 karat walaupun dikit
Tp yahh tentu jauh lebi baik drpd aer ledeng.. itu setaon mungkin ud keropos kl paku nya
numpang lewat aja....


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1835
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?
air keruh karena karat...bila ni mobil bekas baru beli & sebelumnya fanatik air ledeng...ya itu kerak2 udh puluhan tahun di dalam mesin om..pas diisi coolant memang akan kembali keruh, terutama di tabung reservoir krn coolant-nya sedikit ngangkat kerak2 itucarl wrote: Mon Oct 05, 2020 11:15 Malam, SMers, mobil saya yang mau berusia 10 tahun belakangan ini air radiatornya keruh karena karat, kemarin sempet agak naik temp-nya dan diflush sama diganti waterpump sama termostat. Tetapi ga lama kemudian airnya kembali keruh ttp kondisi temperaturnya normal.
Kondisi radiator sendiri belum ada kebocoran, kira-kira untuk karat itu apakah cukup di-flush rutin atau langsung ganti radiator assy? Kemudian apabila radiator assy diganti, apa yang perlu dicek atau diganti agar bekas-bekas karat itu ga muncul (seperti di reservoir, atau pipa2 dsb)? Thanks.
saran saya radiator ga perlu diganti...tp bawa ke tukang rojok aja
pengalaman sy bbrp kali beli mobil bekas >5thn...migrasi ke dari air ledeng ke coolant memang lama..stepnya kira2 :
1. flush pake obat...
2. bawa radiator ke tukang rojok
3. setelah step 2 sy pake coolant encer (dicampur ama air aki botol biru)
4. berkala cek tabung reservoir...buang endapan di dasar tabung
5. apabila ada yg bocor2 ya resiko...selama ini mgkn udh keropos tp ketutup kerak
6. setelah setahun buang coolant lama & naikin konsentrasi-nya...
7. kl di tabung udh ga ada endapan lg...isikan full coolant
btw kl ke tukang rojok & disuruh copot termostat dgn alasan spy dingin...jangan mau
-
- Newbie
- Posts: 14
- Joined: Tue Sep 15, 2020 14:28
Re: Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?
Terima kasih banyak om Prof ulasannya... Kebetulan mobil saya Honda juga.. Dan saya pake coolant honda type 2. Jadi jangan nunggu 200 rb km yaa... Setelah 5 tahun aja ya kuras...Profith83 wrote:kayanya asumsi yang dibangun 200 rb KM seperti dibawah ini hitungannyaaam007 wrote: Tue Oct 06, 2020 4:21 Om. Om.. Semuanya maaf nubie mau tanya nih, menurut manual book air radiator harus dikuras setelah sampai 200 rb km, apakah itu tidak kelamaan? Atau tiap berapa tahun wajarnya radiator harus dikuras?
6 bulan 10rb KM
1 thn 20rb KM
10 thn 200rb KM
Logika diatas dengan asumsi mobil sering jarak jauh, tapi kalau cuma sering jalan pendek dan dengan kemacetan yang tinggi yang menyebabkan sirkulasi udara tidak bagus menyebabkan panas berlebih di mesin dan di radiator.
Sebaiknya separohnya saja diganti alias 5 thn.
Oh iya asumsi diatas dengan air coolant yang khusus. Kalau di Honda yang warna biru seliter 120 rb an. yang hijau 30rb an
Kalau saya sih mobil baru bolehlah 4 sd 5 thn. Tapi setelah itu tiap 2 thn ganti dengan yang hijau(honda). Kalau Toyota(merah) agak murah mirip yang hijau(honda) harganya
HRV seingat saya bawaan nya warna biru. Tapi setelah 4 thn tetap akan saya ganti yang hijau, 2 thn sekali buka tap dan isi lagi
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4630
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?
Oh iya tambahan info baca di manual book untuk HRV kalau penggantian awal memang 10 thn. kalau kita discount 50% jadi 5 thn karena sering macet dan iklim tropis yang cenderung panas.aam007 wrote: Tue Oct 06, 2020 14:04Terima kasih banyak om Prof ulasannya... Kebetulan mobil saya Honda juga.. Dan saya pake coolant honda type 2. Jadi jangan nunggu 200 rb km yaa... Setelah 5 tahun aja ya kuras...Profith83 wrote:kayanya asumsi yang dibangun 200 rb KM seperti dibawah ini hitungannyaaam007 wrote: Tue Oct 06, 2020 4:21 Om. Om.. Semuanya maaf nubie mau tanya nih, menurut manual book air radiator harus dikuras setelah sampai 200 rb km, apakah itu tidak kelamaan? Atau tiap berapa tahun wajarnya radiator harus dikuras?
6 bulan 10rb KM
1 thn 20rb KM
10 thn 200rb KM
Logika diatas dengan asumsi mobil sering jarak jauh, tapi kalau cuma sering jalan pendek dan dengan kemacetan yang tinggi yang menyebabkan sirkulasi udara tidak bagus menyebabkan panas berlebih di mesin dan di radiator.
Sebaiknya separohnya saja diganti alias 5 thn.
Oh iya asumsi diatas dengan air coolant yang khusus. Kalau di Honda yang warna biru seliter 120 rb an. yang hijau 30rb an
Kalau saya sih mobil baru bolehlah 4 sd 5 thn. Tapi setelah itu tiap 2 thn ganti dengan yang hijau(honda). Kalau Toyota(merah) agak murah mirip yang hijau(honda) harganya
HRV seingat saya bawaan nya warna biru. Tapi setelah 4 thn tetap akan saya ganti yang hijau, 2 thn sekali buka tap dan isi lagi
Sedangkan penggantian berikutnya separuh dari yang pertama. Kalau pertama 5 tahun maka ganti tiap 2 tahun saja.
kalau om @DOHC gantinya tiap tahun tapi yang ijo sptnya.
Saya sendiri Mobilio pakai coolant yang warna hijau, awal 4 thn baru ganti. Sekarang maunya tiap 2 thn ganti. Mobil masih berumur 5 thn
Om @DOHC mobilnya sudah belasan tahun pakai cara ganti tiap 1 thn. BTW saya juga ingin tahu kenapa gak ganti tiap 2 thn?
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?
Krn saya mau bkin habit aj omProfith83 wrote: Wed Oct 07, 2020 1:15Oh iya tambahan info baca di manual book untuk HRV kalau penggantian awal memang 10 thn. kalau kita discount 50% jadi 5 thn karena sering macet dan iklim tropis yang cenderung panas.aam007 wrote: Tue Oct 06, 2020 14:04Terima kasih banyak om Prof ulasannya... Kebetulan mobil saya Honda juga.. Dan saya pake coolant honda type 2. Jadi jangan nunggu 200 rb km yaa... Setelah 5 tahun aja ya kuras...Profith83 wrote: kayanya asumsi yang dibangun 200 rb KM seperti dibawah ini hitungannya
6 bulan 10rb KM
1 thn 20rb KM
10 thn 200rb KM
Logika diatas dengan asumsi mobil sering jarak jauh, tapi kalau cuma sering jalan pendek dan dengan kemacetan yang tinggi yang menyebabkan sirkulasi udara tidak bagus menyebabkan panas berlebih di mesin dan di radiator.
Sebaiknya separohnya saja diganti alias 5 thn.
Oh iya asumsi diatas dengan air coolant yang khusus. Kalau di Honda yang warna biru seliter 120 rb an. yang hijau 30rb an
Kalau saya sih mobil baru bolehlah 4 sd 5 thn. Tapi setelah itu tiap 2 thn ganti dengan yang hijau(honda). Kalau Toyota(merah) agak murah mirip yang hijau(honda) harganya
HRV seingat saya bawaan nya warna biru. Tapi setelah 4 thn tetap akan saya ganti yang hijau, 2 thn sekali buka tap dan isi lagi
Sedangkan penggantian berikutnya separuh dari yang pertama. Kalau pertama 5 tahun maka ganti tiap 2 tahun saja.
kalau om @DOHC gantinya tiap tahun tapi yang ijo sptnya.
Saya sendiri Mobilio pakai coolant yang warna hijau, awal 4 thn baru ganti. Sekarang maunya tiap 2 thn ganti. Mobil masih berumur 5 thn
Om @DOHC mobilnya sudah belasan tahun pakai cara ganti tiap 1 thn. BTW saya juga ingin tahu kenapa gak ganti tiap 2 thn?
Kl 2 taon takut kelupaan.. toh lagian coolant ijo kan murah
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?
hmm ...
bagaimana kl ternyata pakai super long life coolant 5 thn (atau bahkan 10 thn) lebih tidak berkarat drpd pakai coolant ijo ganti tiap 1 thn.
sama spt bagaimana kl ternyata pakai oli keraton ganti 1 thn sekali mesin lebih bersih dan wear minimum drpd pakai oli low-end (tp asli) ganti tiap 3000km sekali. katakanlah pada akhirnya total biaya hampir sama.
jawabannya: tdk berlaku bagi DIYers krn emang nyari2 kerjaan.
....................
bagaimana kl ternyata pakai super long life coolant 5 thn (atau bahkan 10 thn) lebih tidak berkarat drpd pakai coolant ijo ganti tiap 1 thn.
sama spt bagaimana kl ternyata pakai oli keraton ganti 1 thn sekali mesin lebih bersih dan wear minimum drpd pakai oli low-end (tp asli) ganti tiap 3000km sekali. katakanlah pada akhirnya total biaya hampir sama.
jawabannya: tdk berlaku bagi DIYers krn emang nyari2 kerjaan.
....................

-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?
Pertanyaan dan jawapan lgs dlam satu post..Omnibus wrote: Wed Oct 07, 2020 3:12 hmm ...
bagaimana kl ternyata pakai super long life coolant 5 thn (atau bahkan 10 thn) lebih tidak berkarat drpd pakai coolant ijo ganti tiap 1 thn.
sama spt bagaimana kl ternyata pakai oli keraton ganti 1 thn sekali mesin lebih bersih dan wear minimum drpd pakai oli low-end (tp asli) ganti tiap 3000km sekali. katakanlah pada akhirnya total biaya hampir sama.
jawabannya: tdk berlaku bagi DIYers krn emang nyari2 kerjaan.
....................![]()

Kl d luar negeri, jadwal minyak rem aj bisa ampe 20-30 rebu MILES.. lah kl DIYers, 10 rebu KM aj ud gatel
Fan belt umur bisa 100 rebu, lah 12 rebu aj ud mau ganti, katanya melar

numpang lewat aja....


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1312
- Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59
Re: Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?
Pakai Honda all season pre-mix type 1 (warna hijau) sudah bagus, murah meriah asal dikuras setiap 2 tahun.
Saya dah pakai 15 taon, radiator tidak pernah bermasalah dan waktu dikuras pun secara fisik warna coolant tetap bagus.
Saya dah pakai 15 taon, radiator tidak pernah bermasalah dan waktu dikuras pun secara fisik warna coolant tetap bagus.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1240
- Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32
Re: Radiator Berkarat, ganti radiator atau flush?
Nah ini... ganti oli mesin 1 taon sekali aja kadang bisa lupa kelewatan dikit2, lalu ganti oli matic, gardan, minyak rem, power sterring, coolant kalau lewat dari 2 taon yah memang bablas sih kebanyakannya.DOHC wrote:Krn saya mau bkin habit aj omProfith83 wrote: Wed Oct 07, 2020 1:15Oh iya tambahan info baca di manual book untuk HRV kalau penggantian awal memang 10 thn. kalau kita discount 50% jadi 5 thn karena sering macet dan iklim tropis yang cenderung panas.aam007 wrote: Tue Oct 06, 2020 14:04 Terima kasih banyak om Prof ulasannya... Kebetulan mobil saya Honda juga.. Dan saya pake coolant honda type 2. Jadi jangan nunggu 200 rb km yaa... Setelah 5 tahun aja ya kuras...
Sedangkan penggantian berikutnya separuh dari yang pertama. Kalau pertama 5 tahun maka ganti tiap 2 tahun saja.
kalau om @DOHC gantinya tiap tahun tapi yang ijo sptnya.
Saya sendiri Mobilio pakai coolant yang warna hijau, awal 4 thn baru ganti. Sekarang maunya tiap 2 thn ganti. Mobil masih berumur 5 thn
Om @DOHC mobilnya sudah belasan tahun pakai cara ganti tiap 1 thn. BTW saya juga ingin tahu kenapa gak ganti tiap 2 thn?
Kl 2 taon takut kelupaan.. toh lagian coolant ijo kan murah
DIY'ers macam Om Omni yang ganti oli mesin Amsoil SS di 7 ribu km atau Om Klep yang ganti minyak rem & coolant setahun sekali yah mobilnya pasti super sehat waalfiat... meski di mata orang awam = pemborosan [emoji16]