Omnibus wrote:benzz89 wrote: Wed Sep 30, 2020 13:09
Abis "DIY" bareng mbah Marmut. XV 40 ane umur 8 taon KM 26 Ribu. Kuras radiator coolant pakai TMO SLLC 50:50, kuras minyak rem pakai motul dot 5.1, kuras minyak power sterring pakai PTT Automat 1A yang meet Dekron III. Bongkar TB, busi, bersih2 MAF karena RPM kalau di D atau R agak turun.
Hasil tune up, RPM idle learning di 1.000 RPM lebih dikit, lalu di reset pakai OBD scanner baru mulai turun dibawah 1.000. Hasil akhir RPM sudah lebih mantap manteng di bawah 1.000, yaitu sekitar 900 kalau AC off & 850 kalau AC on. Rasanya sudah lebih plong napasnya ini mobil. Kita liat jangka panjang apakah bengek lagi itu RPM nya [emoji16]
Thank you Om Marmut Garasi 58, next mau ganti ATF nih. Existing pakai Q8 Auto JK dan sudah di cek masih oke itu warnanya, cuman penasaran ama Amsoil SS Fuel Efficient WS. Mungkin Om Omni yang sudah pakai bisa share sedikit nih kesan2 nya pakai oli ATF ini.
Sedikit oleh2 gambarnya: busi masih oke kata Mbah Marmut (kondisi belum dibersihin), TB before & after. Kayanya ini mesin 2AZ-FE sensitif kalau MAF & TB kotor, RPM sering drop turun naik (gak stabil). Busi habis cek gap nya & di semprot STP sih sudah bersih kembali. Hasilnya sudah lebih mantaplah idlenya meski transmisi posisi di D atau R dalam kondisi diam.20200930_121931.jpg20200930_123218.jpg20200930_123236.jpg20200930_194423.jpg
wuih ini sih garage queen. edisi FL last edition sebelum ganti model ke xv50 kan. mantafft...
ansoil FE? enak om ... ganti gigi sigap tp ga nyentak upshift dan downshiftnya. ane lg road trip jateng, tadi di cipularang - cipali cukup lama dan ga ada komplen malah seneng bgt krn performa AT nya makin panas malah makin enak.
tp ane udah masuk konsentrasi 75% (sesuai hitungan dulu ane pernah posting) dan final oil level sdh sesuai prosedur.
Nah ini... bingung diskusi ama Mbah Marmut, mau pakai metode apa ganti ATF nya. Drain & fill, mesin ATF changer atau gerlong.
Kalau ngerlong sih kata si mbah ngaku2nya gak (blom) bisa & ada kondisi tertentu transmisi enggak ke isi ATF.
Drain & fill ada kondisi ATF lama tercampur ATF baru & perlu 13-14 botol baru full 100% oli baru non contaminated hahahah...
ATF changer nonton2 yutup katanya ada bahaya juga yah, saking nariknya cukup kenceng bisa2 kalau kotorannya banyak bisa kesedot & nyangkut di sela2 jalur maticnya... tapi yah paling simple memang pakai ATF changer sih. Oli lama juga gak kecampur kan yah ama oli baru. Lalu masalah final oil leveI apakah sdh sesuai prosedur, selama ini ane tidak begitu perhatikan sih kalau pakai mesin changer, sudah pasrahkan saja ke operatornya.
Q8 Auto JK Ini baca specnya bisa T-IV & juga WS, makanya ane mau ganti yang WS aja karena buku manual mintanya WS, jadi sebisa mungkin gak mau ada kondisi oli lama kecampur ama oli baru dalam proses pergantiannya. Memang ini geard AT 5 speed posisinya membingungkan (naggung). So far sih pakai Auto JK enak2 aja sudah jalan 10 ribu km 2 tahun 7 bulan (garage queen).
XV 40 ane oli mesin sudah Amsoil SS 0W-20, makanya mau diseragamin nih ATF nya 1 merek pake Amsoil juga (ngikut jejak Om Omni). Sebelumnya mesin pakai Q8 0W-20 Form Ultra & ATF pakai Q8 Auto JK. Sementara mau murtad dulu dari Q8.
Sorry ini kayanya gak sesuai judul thread yah diskusinya... maaf OOT [emoji120]