Xpander cross vs ops dakar vs reborn bensin

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Frenzyking
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 129
Joined: Sat Oct 24, 2015 17:11

Re: Xpander cross vs ops dakar vs reborn bensin

Post by Frenzyking »

erwinign wrote: Wed Sep 30, 2020 13:28
Frenzyking wrote: Wed Sep 30, 2020 13:16 Malam Bosku,

Kebetulan thread ini mirip-mirip dengan yang ingin oe tanyakan karena posisi saat ini oe sedang dilanda dilema karna anggota keluarga bertambah lagi, mobil sblmnya diwariskan ke sodara dan ini kebetulan untuk mobil pilihan yg msk dalam radar dan kocek itu ANKI G A/T Bensin dan Xpander Ultimate A/T.

Menurut om-om better ambil yg mana ya? Mobil 80% dalkot rencana juga dicekokin pertalet (yg ekonomis ajaa). Kenapa ga Xpander Cross, karena menurut oe sendiri ga worth utk perbedaannya dgn pander ultimate. Kenapa ANKI G karena budget buat ANKI yang msk cuma sampai sana hehehe.

Mohon input dan saran dari suhu-suhu sekalian.. Nuhunnn :D
Merem innova bengsin AT om. Gimanapun level mechanicalnya masih diatas xpander+RELIABLE+akomodasi keitung baik dibanding xpander. Walaupun memang minus VSA-HSA kaya di xpander ulti ya

Asal maklum aja ngga bakal seirit xpander, kapasitas oli mesin agak gede dikit (XP kurleb 4lt, ANKI 5,5lt) dan harus 0W20+nambah oli gardan 75W85 GL5 yg harganya keitung agak mahal. Kl bisa udah dpt unit improvement 2018an yg udah pake immobilizer om krn ini ANKI G
Nuhunn Bosku atas inputnya, itu kalau pake oli standaran rekomendasi beres yg TMO 10w gitu bs bocor ya om mesinnya? Oe kurang paham soalnya om..

Dan emank benar om yg di atas 2018 ke atas udah immob? Kok ada sales Atoyot kenalan kita yang blg msh belon immob ya jd bingung :big_think:
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3450
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Xpander cross vs ops dakar vs reborn bensin

Post by maastricht889 »

Frenzyking wrote: Wed Sep 30, 2020 13:39
erwinign wrote: Wed Sep 30, 2020 13:28
Frenzyking wrote: Wed Sep 30, 2020 13:16 Malam Bosku,

Kebetulan thread ini mirip-mirip dengan yang ingin oe tanyakan karena posisi saat ini oe sedang dilanda dilema karna anggota keluarga bertambah lagi, mobil sblmnya diwariskan ke sodara dan ini kebetulan untuk mobil pilihan yg msk dalam radar dan kocek itu ANKI G A/T Bensin dan Xpander Ultimate A/T.

Menurut om-om better ambil yg mana ya? Mobil 80% dalkot rencana juga dicekokin pertalet (yg ekonomis ajaa). Kenapa ga Xpander Cross, karena menurut oe sendiri ga worth utk perbedaannya dgn pander ultimate. Kenapa ANKI G karena budget buat ANKI yang msk cuma sampai sana hehehe.

Mohon input dan saran dari suhu-suhu sekalian.. Nuhunnn :D
Merem innova bengsin AT om. Gimanapun level mechanicalnya masih diatas xpander+RELIABLE+akomodasi keitung baik dibanding xpander. Walaupun memang minus VSA-HSA kaya di xpander ulti ya

Asal maklum aja ngga bakal seirit xpander, kapasitas oli mesin agak gede dikit (XP kurleb 4lt, ANKI 5,5lt) dan harus 0W20+nambah oli gardan 75W85 GL5 yg harganya keitung agak mahal. Kl bisa udah dpt unit improvement 2018an yg udah pake immobilizer om krn ini ANKI G
Nuhunn Bosku atas inputnya, itu kalau pake oli standaran rekomendasi beres yg TMO 10w gitu bs bocor ya om mesinnya? Oe kurang paham soalnya om..

Dan emank benar om yg di atas 2018 ke atas udah immob? Kok ada sales Atoyot kenalan kita yang blg msh belon immob ya jd bingung :big_think:
Aduh jaman gini msh TMO 10W40 om, berat banget itu pasti tarikan. Pd pake 10W di beres gr2 itu oli termurah di toyota om, 0W20 TMO hampir 200rb per liter. Browsing2 di thread oli sini aja om, dapet oli bergizi harga oke heheheheh.

Standarnya beres mah ngawur om, di buku panduan (sy liat sendiri, di web toyota ada pdfnya) itu jelas banget 0W20 kl innova bensin reborn. Yg lama nah baru ketulis 5W30, walaupun kl 0W30 pun bisa dan rata2 tetep pd 10W40 :big_biglaugh:
Frenzyking
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 129
Joined: Sat Oct 24, 2015 17:11

Re: Xpander cross vs ops dakar vs reborn bensin

Post by Frenzyking »

erwinign wrote: Wed Sep 30, 2020 14:02
Frenzyking wrote: Wed Sep 30, 2020 13:39
erwinign wrote: Wed Sep 30, 2020 13:28

Merem innova bengsin AT om. Gimanapun level mechanicalnya masih diatas xpander+RELIABLE+akomodasi keitung baik dibanding xpander. Walaupun memang minus VSA-HSA kaya di xpander ulti ya

Asal maklum aja ngga bakal seirit xpander, kapasitas oli mesin agak gede dikit (XP kurleb 4lt, ANKI 5,5lt) dan harus 0W20+nambah oli gardan 75W85 GL5 yg harganya keitung agak mahal. Kl bisa udah dpt unit improvement 2018an yg udah pake immobilizer om krn ini ANKI G
Nuhunn Bosku atas inputnya, itu kalau pake oli standaran rekomendasi beres yg TMO 10w gitu bs bocor ya om mesinnya? Oe kurang paham soalnya om..

Dan emank benar om yg di atas 2018 ke atas udah immob? Kok ada sales Atoyot kenalan kita yang blg msh belon immob ya jd bingung :big_think:
Aduh jaman gini msh TMO 10W40 om, berat banget itu pasti tarikan. Pd pake 10W di beres gr2 itu oli termurah di toyota om, 0W20 TMO hampir 200rb per liter. Browsing2 di thread oli sini aja om, dapet oli bergizi harga oke heheheheh.

Standarnya beres mah ngawur om, di buku panduan (sy liat sendiri, di web toyota ada pdfnya) itu jelas banget 0W20 kl innova bensin reborn. Yg lama nah baru ketulis 5W30, walaupun kl 0W30 pun bisa dan rata2 tetep pd 10W40 :big_biglaugh:
Waduh maklum om oe awam soal dunia pelumas mesin mobil taunya pelumas lain :big_biglaugh: tp parah banget berarti beresnya atoyot ya om, back to topic thx om atas inputnya sejujurnya oe bingung karna temen ada yg blg lbh mending sipander hahahah
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3450
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Xpander cross vs ops dakar vs reborn bensin

Post by maastricht889 »

Frenzyking wrote: Wed Sep 30, 2020 14:28
erwinign wrote: Wed Sep 30, 2020 14:02
Frenzyking wrote: Wed Sep 30, 2020 13:39

Nuhunn Bosku atas inputnya, itu kalau pake oli standaran rekomendasi beres yg TMO 10w gitu bs bocor ya om mesinnya? Oe kurang paham soalnya om..

Dan emank benar om yg di atas 2018 ke atas udah immob? Kok ada sales Atoyot kenalan kita yang blg msh belon immob ya jd bingung :big_think:
Aduh jaman gini msh TMO 10W40 om, berat banget itu pasti tarikan. Pd pake 10W di beres gr2 itu oli termurah di toyota om, 0W20 TMO hampir 200rb per liter. Browsing2 di thread oli sini aja om, dapet oli bergizi harga oke heheheheh.

Standarnya beres mah ngawur om, di buku panduan (sy liat sendiri, di web toyota ada pdfnya) itu jelas banget 0W20 kl innova bensin reborn. Yg lama nah baru ketulis 5W30, walaupun kl 0W30 pun bisa dan rata2 tetep pd 10W40 :big_biglaugh:
Waduh maklum om oe awam soal dunia pelumas mesin mobil taunya pelumas lain :big_biglaugh: tp parah banget berarti beresnya atoyot ya om, back to topic thx om atas inputnya sejujurnya oe bingung karna temen ada yg blg lbh mending sipander hahahah
Kl ada pengaruh yg saya bold itu, mending tes drive ANKI sama xpandernya om lbh cocok kemana dan sekalian coba bareng keluarga. Selain itu juga ukur2 garasi mana yg paling cukup. Xpander panjang 4,4an; innova jangan kaget skrg panjangnya 4,7an dan lebar banget. Baru deh sreg yang mana.

Tp kalo approach lain, ya lebih seneng mana (suka seneng sikat) wkwkwkw. Misal om condong ke ANKI, tp kepaksa pake xpander nanti jgn nyesel di jalan liat ANKI mulu om jadinya.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27647
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Xpander cross vs ops dakar vs reborn bensin

Post by DOHC »

sekedar nambahin.. ga bosen2 nya saya rekomen kl mo ngambil ANKI reborn BENSIN, maka ambilah yg matic, krn dsinilah nilai positip terbesar nya ANKI bensin... kl yg manual, mending ambil GNKI
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Frenzyking
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 129
Joined: Sat Oct 24, 2015 17:11

Re: Xpander cross vs ops dakar vs reborn bensin

Post by Frenzyking »

erwinign wrote: Wed Sep 30, 2020 14:48
Frenzyking wrote: Wed Sep 30, 2020 14:28
erwinign wrote: Wed Sep 30, 2020 14:02

Aduh jaman gini msh TMO 10W40 om, berat banget itu pasti tarikan. Pd pake 10W di beres gr2 itu oli termurah di toyota om, 0W20 TMO hampir 200rb per liter. Browsing2 di thread oli sini aja om, dapet oli bergizi harga oke heheheheh.

Standarnya beres mah ngawur om, di buku panduan (sy liat sendiri, di web toyota ada pdfnya) itu jelas banget 0W20 kl innova bensin reborn. Yg lama nah baru ketulis 5W30, walaupun kl 0W30 pun bisa dan rata2 tetep pd 10W40 :big_biglaugh:
Waduh maklum om oe awam soal dunia pelumas mesin mobil taunya pelumas lain :big_biglaugh: tp parah banget berarti beresnya atoyot ya om, back to topic thx om atas inputnya sejujurnya oe bingung karna temen ada yg blg lbh mending sipander hahahah
Kl ada pengaruh yg saya bold itu, mending tes drive ANKI sama xpandernya om lbh cocok kemana dan sekalian coba bareng keluarga. Selain itu juga ukur2 garasi mana yg paling cukup. Xpander panjang 4,4an; innova jangan kaget skrg panjangnya 4,7an dan lebar banget. Baru deh sreg yang mana.

Tp kalo approach lain, ya lebih seneng mana (suka seneng sikat) wkwkwkw. Misal om condong ke ANKI, tp kepaksa pake xpander nanti jgn nyesel di jalan liat ANKI mulu om jadinya.
Noted om, setelah menerima input dari om jd yakin bulet deh sama ANKI thx yaa omm :big_deal:
DOHC wrote: Wed Sep 30, 2020 15:38 sekedar nambahin.. ga bosen2 nya saya rekomen kl mo ngambil ANKI reborn BENSIN, maka ambilah yg matic, krn dsinilah nilai positip terbesar nya ANKI bensin... kl yg manual, mending ambil GNKI
Siap om thanku infonya om memang nyarinya yg matic sih om sudah pegal injek kopling faktor usia :big_biglaugh:
User avatar
ecodriver
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 65
Joined: Tue Oct 16, 2018 13:07
Location: ponorogo
Daily Vehicle: Astrea Grand

Re: Xpander cross vs ops dakar vs reborn bensin

Post by ecodriver »

kalo budget 260 an sih sdh dapet gnki 2.5 v at 2015... mint condition....
jangan lupa yg warna silver ya... :big_weee:
2GD Ven AE
EOR24
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 158
Joined: Wed Jan 24, 2018 3:08

Re: Xpander cross vs ops dakar vs reborn bensin

Post by EOR24 »

Kalo saya punya budget segitu, saya hunting anki diesel. dapet tipe G manual jg ga masalah.
Paling nanti perlu adaptasi di soal perawatan nya aja yg sedikit ekstra daripada bensin. cuma karena perawatan tidak masuk pertimbangan om TS maka saya ttp sarankan cari yg diesel.

Kemarin sempat bawa mobil rental anki diesel manual, enak banget buat sruntulan di jalur lintas sumatra provinsi riau. apalagi kalo pencet tombol PWR MODE, bikin nagih tendangan torsi bawah nya.hehehe
albertkartono
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 154
Joined: Mon Mar 12, 2018 3:05
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: Xpander cross vs ops dakar vs reborn bensin

Post by albertkartono »

Kl ga masalah gnt mobil yg gcny ga terlalu tinggi vs ant(220mm), posisi air intake ga terlalu tinggi(kl lwt banjir lumayan tinggi ini pengaruh bgt) ambl GNKI V Diesel at 2014_2015 aja om. Sisa bujet bisa buat remap, tambah peredam. Mobil ini nyaman dpt, kenceng dpt(kl dh di remap mesin 2kd ud ga perlu dpertanyakan lg), buat jalan jauhh bakalan lb enak drpd ANT. Drpd reborn bensin kl cr tenaga ya begitulah aplg dptny tipe G berasa kopongan bgt ac ms kompor gas, immob belom ada, trim kayu blm ada, blm lg batch2 awal matic reborn byk yg ngeluh ad masalah jedug.
:mky_02: :big_exellent: :big_smoking:
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2157
Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12

Re: Xpander cross vs ops dakar vs reborn bensin

Post by Venturtle »

ANKI reborn bensin yg facelift aja om :mky_02:
Apa yang paling berharga bagiku?
Peace of mind.
Greenhunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 832
Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12

Re: Xpander cross vs ops dakar vs reborn bensin

Post by Greenhunter »

Saya jadi bingung dengan istilah istilahnya berikut, tolong dibantu penjelasannya
- ANKi : innova yg tahun berapa ?
- GNKI : innova yg tahun berapa ?
- reborn : yg saya tahu artinya kijang innova tahun 2015 - 2020
Tolong diberi pencerahan
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4911
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Xpander cross vs ops dakar vs reborn bensin

Post by Pboyz97 »

Greenhunter wrote: Wed Nov 04, 2020 0:02 Saya jadi bingung dengan istilah istilahnya berikut, tolong dibantu penjelasannya
- ANKi : innova yg tahun berapa ?
- GNKI : innova yg tahun berapa ?
- reborn : yg saya tahu artinya kijang innova tahun 2015 - 2020
Tolong diberi pencerahan
Saya bantu jawab ya
- ANKI = Innova tahun 2015 akhir - 2020
- GNKI = Innova tahun 2011 akhir - 2013 akhir
- GNKI Dono (grill tonggos) = Innova tahun 2013 akhir - 2015 pertengahan
- Reborn = ANKI. Jadi kalo ANKI itu = Innova reborn, yg model sekarang alias model baru. Dari tahun 2015 akhir - sekarang yg versi FL nya
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
Greenhunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 832
Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12

Re: Xpander cross vs ops dakar vs reborn bensin

Post by Greenhunter »

Pboyz97 wrote: Wed Nov 04, 2020 2:38
Greenhunter wrote: Wed Nov 04, 2020 0:02 Saya jadi bingung dengan istilah istilahnya berikut, tolong dibantu penjelasannya
- ANKi : innova yg tahun berapa ?
- GNKI : innova yg tahun berapa ?
- reborn : yg saya tahu artinya kijang innova tahun 2015 - 2020
Tolong diberi pencerahan
Saya bantu jawab ya
- ANKI = Innova tahun 2015 akhir - 2020
- GNKI = Innova tahun 2011 akhir - 2013 akhir
- GNKI Dono (grill tonggos) = Innova tahun 2013 akhir - 2015 pertengahan
- Reborn = ANKI. Jadi kalo ANKI itu = Innova reborn, yg model sekarang alias model baru. Dari tahun 2015 akhir - sekarang yg versi FL nya
:big_exellent: :big_exellent:
detail penjelasannya. Terima kasih master.
:big_deal:
barne
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: Mon Jun 04, 2012 6:35

Re: Xpander cross vs ops dakar vs reborn bensin

Post by barne »

Kalo brand new prefer Xpander/Livina/XL7/ertiga, kl tdk masalah second prefer innova reborn bisa naik kelas cari yg tipe V/Q jg kl bensin, atau G diesel, krn innova relatif lbh reliable & byk yg second tp naikan msh spt baru, asal tdk bekas accident saja..
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2157
Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12

Re: Xpander cross vs ops dakar vs reborn bensin

Post by Venturtle »

Pboyz97 wrote: Wed Nov 04, 2020 2:38
Greenhunter wrote: Wed Nov 04, 2020 0:02 Saya jadi bingung dengan istilah istilahnya berikut, tolong dibantu penjelasannya
- ANKi : innova yg tahun berapa ?
- GNKI : innova yg tahun berapa ?
- reborn : yg saya tahu artinya kijang innova tahun 2015 - 2020
Tolong diberi pencerahan
Saya bantu jawab ya
- ANKI = Innova tahun 2015 akhir - 2020
- GNKI = Innova tahun 2011 akhir - 2013 akhir
- GNKI Dono (grill tonggos) = Innova tahun 2013 akhir - 2015 pertengahan
- Reborn = ANKI. Jadi kalo ANKI itu = Innova reborn, yg model sekarang alias model baru. Dari tahun 2015 akhir - sekarang yg versi FL nya
nah, ANKI FL kan belum ada julukannya ya,om :mky_01:
Apa yang paling berharga bagiku?
Peace of mind.
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3450
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Xpander cross vs ops dakar vs reborn bensin

Post by maastricht889 »

Venturtle wrote: Thu Nov 05, 2020 10:37
Pboyz97 wrote: Wed Nov 04, 2020 2:38
Greenhunter wrote: Wed Nov 04, 2020 0:02 Saya jadi bingung dengan istilah istilahnya berikut, tolong dibantu penjelasannya
- ANKi : innova yg tahun berapa ?
- GNKI : innova yg tahun berapa ?
- reborn : yg saya tahu artinya kijang innova tahun 2015 - 2020
Tolong diberi pencerahan
Saya bantu jawab ya
- ANKI = Innova tahun 2015 akhir - 2020
- GNKI = Innova tahun 2011 akhir - 2013 akhir
- GNKI Dono (grill tonggos) = Innova tahun 2013 akhir - 2015 pertengahan
- Reborn = ANKI. Jadi kalo ANKI itu = Innova reborn, yg model sekarang alias model baru. Dari tahun 2015 akhir - sekarang yg versi FL nya
nah, ANKI FL kan belum ada julukannya ya,om :mky_01:
ANKI highlander apa mau ANKI dono 2 om? :big_weee:
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2157
Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12

Re: Xpander cross vs ops dakar vs reborn bensin

Post by Venturtle »

erwinign wrote: Thu Nov 05, 2020 13:19
Venturtle wrote: Thu Nov 05, 2020 10:37
Pboyz97 wrote: Wed Nov 04, 2020 2:38
Saya bantu jawab ya
- ANKI = Innova tahun 2015 akhir - 2020
- GNKI = Innova tahun 2011 akhir - 2013 akhir
- GNKI Dono (grill tonggos) = Innova tahun 2013 akhir - 2015 pertengahan
- Reborn = ANKI. Jadi kalo ANKI itu = Innova reborn, yg model sekarang alias model baru. Dari tahun 2015 akhir - sekarang yg versi FL nya
nah, ANKI FL kan belum ada julukannya ya,om :mky_01:
ANKI highlander apa mau ANKI dono 2 om? :big_weee:
tapi julukannya harus beda antara ANKI biasa dan Venturer, karena bentuk bumper bawahnya juga beda, om :mky_01:
yg Venturer lebih cakep sih kalo menurut ane :mky_01:
Apa yang paling berharga bagiku?
Peace of mind.
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4911
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Xpander cross vs ops dakar vs reborn bensin

Post by Pboyz97 »

Venturtle wrote: Thu Nov 05, 2020 10:37
Pboyz97 wrote: Wed Nov 04, 2020 2:38
Greenhunter wrote: Wed Nov 04, 2020 0:02 Saya jadi bingung dengan istilah istilahnya berikut, tolong dibantu penjelasannya
- ANKi : innova yg tahun berapa ?
- GNKI : innova yg tahun berapa ?
- reborn : yg saya tahu artinya kijang innova tahun 2015 - 2020
Tolong diberi pencerahan
Saya bantu jawab ya
- ANKI = Innova tahun 2015 akhir - 2020
- GNKI = Innova tahun 2011 akhir - 2013 akhir
- GNKI Dono (grill tonggos) = Innova tahun 2013 akhir - 2015 pertengahan
- Reborn = ANKI. Jadi kalo ANKI itu = Innova reborn, yg model sekarang alias model baru. Dari tahun 2015 akhir - sekarang yg versi FL nya
nah, ANKI FL kan belum ada julukannya ya,om :mky_01:
ya anki fl sih menurut saya lebih cocok disebut ANKI dono karena grillnya yg gede kaya GNKI dono dulu hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11