ah good idea. socket to socket cari dr mobil existing yg kira2 cocok. beli di beres spare part nya (kl ada). perlu crimping tools dan lain2 juga. tp jadinya oem look.adityabp wrote: Tue Sep 29, 2020 3:39Kalo saya sih, mending paralel dgn existing fan radiator, tapi paralel ke relay dulu biar aman. Biar nyalanya bareng.Omnibus wrote: Tue Sep 29, 2020 3:17 extra fan nya manual aja pakai switch on/off taro di dashboard, tarik relay set baru kaya pasang klakson. aman kan ga ganggu circuit bawaan mobil. n kl mau otomatis nyala mati tinggal kasih thermo switch radiator.
Paling yg agak ribet nyari soket fan radiatornya sepasang buat bikin paralelnya.
Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 183
- Joined: Mon Dec 24, 2018 11:29
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12
ATF yg comply buat xpander matic selain genuine nya apa ya? 

-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Tue Jul 21, 2020 8:18
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: YARIS S TRD
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12
Utk bedanya ptt 0w-20 api sp full synthetic evotec sama 0w-20 api sp full synthetic eco car apa ya gan? Apa cuma gimmick marketing?
Lalu utk city car seperti jazz sm yaris cocok gak y gan?
Mau coba oli thailand niy gan.
Brng kali suhu2 disini udh ad yg pernah coba mohon reviewnya gan
Lalu utk city car seperti jazz sm yaris cocok gak y gan?
Mau coba oli thailand niy gan.
Brng kali suhu2 disini udh ad yg pernah coba mohon reviewnya gan
-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Tue Jul 21, 2020 8:18
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: YARIS S TRD
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12
Coba merk ini gan PTT AUTOMAT LV-1

-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12
MA-1Fertille wrote:ATF yg comply buat xpander matic selain genuine nya apa ya?
PTT AUTOMAT LV1
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 183
- Joined: Mon Dec 24, 2018 11:29
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12
Satu kandidat aja ya om turbo?Turboman wrote: Wed Sep 30, 2020 0:21MA-1Fertille wrote:ATF yg comply buat xpander matic selain genuine nya apa ya?
PTT AUTOMAT LV1

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12541
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12
MA-1 itu genuine mitsu bisa beli di beres (spy asli)
gantinya tiap 20rb KM / 2 thn ajah om.. insya alah aman dan hati tenang + gak diperbudak mobil di masa depan

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 45
- Joined: Sun Aug 23, 2020 2:45
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Mitsubishi Xpander
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12
MA-1 harganya lumayan, kalo 8 liter aja udah 1,6jeti. Ganti tiap 20ribu km sih nampol jugaSuryaputra wrote: Wed Sep 30, 2020 1:53MA-1 itu genuine mitsu bisa beli di beres (spy asli)
gantinya tiap 20rb KM / 2 thn ajah om.. insya alah aman dan hati tenang + gak diperbudak mobil di masa depan![]()

Regards,
Herrianto.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1930
- Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Roda Dua UW125 - 2007
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12
wew ciyusan om per 20k km atau 2 tahun?Suryaputra wrote: Wed Sep 30, 2020 1:53MA-1 itu genuine mitsu bisa beli di beres (spy asli)
gantinya tiap 20rb KM / 2 thn ajah om.. insya alah aman dan hati tenang + gak diperbudak mobil di masa depan![]()
20k itu paling ganti aja hbs 4 liter, 40k baru flushing mungkin ya habis 8 liter?
nubie in all things - still need to learn
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12541
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12
yah klo gtu beli PTT Auto LV1 ajah om
hahahha.
pilihan di om2 ajah, mau ngasih profit ke beres, atau ke toko oli yg kualitasnya relatif lbh baik ?
_____________________________________________________________________________________
bisa lebih panjang.
karena sirkulasi oli lama diganti ke oli baru lbh sering terganti.
hahahha.
pilihan di om2 ajah, mau ngasih profit ke beres, atau ke toko oli yg kualitasnya relatif lbh baik ?

_____________________________________________________________________________________
klo ganti oli rutin, flush sebetulnya gak perlu tiap 40rb KM.blloewy wrote: Wed Sep 30, 2020 2:18wew ciyusan om per 20k km atau 2 tahun?Suryaputra wrote: Wed Sep 30, 2020 1:53MA-1 itu genuine mitsu bisa beli di beres (spy asli)
gantinya tiap 20rb KM / 2 thn ajah om.. insya alah aman dan hati tenang + gak diperbudak mobil di masa depan![]()
20k itu paling ganti aja hbs 4 liter, 40k baru flushing mungkin ya habis 8 liter?
bisa lebih panjang.
karena sirkulasi oli lama diganti ke oli baru lbh sering terganti.
Last edited by Suryaputra on Wed Sep 30, 2020 2:22, edited 1 time in total.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 45
- Joined: Sun Aug 23, 2020 2:45
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Mitsubishi Xpander
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12
Yang comply ke MA-1 setau saya:
Amsoil SS ATF Fuel Efficient
Motul ATF VI
Info dari Oom Turboman:
PTT Automat LV1
Aisin AFW VI.
Harga MA-1 terakhir 200ribu/liter. Kuras matic Xpander (pakai ATF changer) butuh 8 liter.
Oom Fertile tinggal disesuaikan saja dengan budgetnya untuk beberapa alternatif ATF untuk MA-1 seperti yang sudah diinfokan diatas.
Regards,
Herrianto.
Amsoil SS ATF Fuel Efficient
Motul ATF VI
Info dari Oom Turboman:
PTT Automat LV1
Aisin AFW VI.
Harga MA-1 terakhir 200ribu/liter. Kuras matic Xpander (pakai ATF changer) butuh 8 liter.
Oom Fertile tinggal disesuaikan saja dengan budgetnya untuk beberapa alternatif ATF untuk MA-1 seperti yang sudah diinfokan diatas.
Regards,
Herrianto.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 183
- Joined: Mon Dec 24, 2018 11:29
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12
Siap om noted.Suryaputra wrote: Wed Sep 30, 2020 1:53MA-1 itu genuine mitsu bisa beli di beres (spy asli)
gantinya tiap 20rb KM / 2 thn ajah om.. insya alah aman dan hati tenang + gak diperbudak mobil di masa depan![]()

Lagi cari info om, kalo memang ada yg best value saya sikatSuryaputra wrote: Wed Sep 30, 2020 2:20 yah klo gtu beli PTT Auto LV1 ajah om
hahahha.
pilihan di om2 ajah, mau ngasih profit ke beres, atau ke toko oli yg kualitasnya relatif lbh baik ?
_____________________________________________________________________________________
klo ganti oli rutin, flush sebetulnya gak perlu tiap 40rb KM.blloewy wrote: Wed Sep 30, 2020 2:18wew ciyusan om per 20k km atau 2 tahun?Suryaputra wrote: Wed Sep 30, 2020 1:53
MA-1 itu genuine mitsu bisa beli di beres (spy asli)
gantinya tiap 20rb KM / 2 thn ajah om.. insya alah aman dan hati tenang + gak diperbudak mobil di masa depan![]()
20k itu paling ganti aja hbs 4 liter, 40k baru flushing mungkin ya habis 8 liter?
bisa lebih panjang.
karena sirkulasi oli lama diganti ke oli baru lbh sering terganti.

Siap noted info nya omHerrianto wrote: Wed Sep 30, 2020 2:23 Yang comply ke MA-1 setau saya:
Amsoil SS ATF Fuel Efficient
Motul ATF VI
Info dari Oom Turboman:
PTT Automat LV1
Aisin AFW VI.
Harga MA-1 terakhir 200ribu/liter. Kuras matic Xpander (pakai ATF changer) butuh 8 liter.
Oom Fertile tinggal disesuaikan saja dengan budgetnya untuk beberapa alternatif ATF untuk MA-1 seperti yang sudah diinfokan diatas.
Regards,
Herrianto.

-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 21
- Joined: Wed May 23, 2018 11:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12
Mohon maaf mau tanya, saya coba cari namun belum ketemu
Oli yang baik untuk innova reborn bensin apa ya kira-kira? sekarang pakai TMO 10W-40. baca-baca seharusnya pakai yang 0W-20 ya?
Pengalaman dulu di GNKI bensin, pakai Valvoline 10W-40 rasanya sudah enak. Apakah lebih baik ganti pakai Valvoline 10W-40 lagi atau ada rekomendasi yang lebih baik untuk ANKI bensin?
Sama Oli Matic lebih baik pakai TMO atau merk lain?
Terima kasih![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)

Oli yang baik untuk innova reborn bensin apa ya kira-kira? sekarang pakai TMO 10W-40. baca-baca seharusnya pakai yang 0W-20 ya?
Pengalaman dulu di GNKI bensin, pakai Valvoline 10W-40 rasanya sudah enak. Apakah lebih baik ganti pakai Valvoline 10W-40 lagi atau ada rekomendasi yang lebih baik untuk ANKI bensin?
Sama Oli Matic lebih baik pakai TMO atau merk lain?
Terima kasih
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12
Numpang komen sesama user reborn bensin metikericsantosa97 wrote: Thu Oct 01, 2020 1:59 Mohon maaf mau tanya, saya coba cari namun belum ketemu![]()
Oli yang baik untuk innova reborn bensin apa ya kira-kira? sekarang pakai TMO 10W-40. baca-baca seharusnya pakai yang 0W-20 ya?
Pengalaman dulu di GNKI bensin, pakai Valvoline 10W-40 rasanya sudah enak. Apakah lebih baik ganti pakai Valvoline 10W-40 lagi atau ada rekomendasi yang lebih baik untuk ANKI bensin?
Sama Oli Matic lebih baik pakai TMO atau merk lain?
Terima kasih![]()
Kl oli, utk mesin bervvti, apalagi ampe 2 biji
Amat sangat di rekomen pake oli rada encer.. minimal 10-30
Saya pribadi gonta ganti dr 5-30 ama 0-20.. ga ad masalah ud ampir 60 rebu km.. mesin tetep alus, tarikan ok, irit bensin
Metiknya bagusan d upgrade, bawaan TMO WS itu kelewat encer, kasian ntar pas ud panas suka selip... mau upgrade tp budget brapa dl.. dbawah 100 rebu ad aisin afw+, d atas 100 rebu ad aisin VI, PTT LV, atau skalian kelas super keraton, AMSOIL
numpang lewat aja....


-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 21
- Joined: Wed May 23, 2018 11:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12
DOHC wrote: Thu Oct 01, 2020 2:13
Numpang komen sesama user reborn bensin metik
Kl oli, utk mesin bervvti, apalagi ampe 2 biji
Amat sangat di rekomen pake oli rada encer.. minimal 10-30
Saya pribadi gonta ganti dr 5-30 ama 0-20.. ga ad masalah ud ampir 60 rebu km.. mesin tetep alus, tarikan ok, irit bensin
Metiknya bagusan d upgrade, bawaan TMO WS itu kelewat encer, kasian ntar pas ud panas suka selip... mau upgrade tp budget brapa dl.. dbawah 100 rebu ad aisin afw+, d atas 100 rebu ad aisin VI, PTT LV, atau skalian kelas super keraton, AMSOIL
Thanks Bro DOHC untuk sarannya

Kalau boleh tau biasanya 0-20 pakai merk apa ya? yang 5-30 juga merk apa?

biasanya ganti oli di bengkel toyota atau bengkel luar?
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12541
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12
Sy vote Amsoil OE 0w20ericsantosa97 wrote: Thu Oct 01, 2020 3:32DOHC wrote: Thu Oct 01, 2020 2:13
Numpang komen sesama user reborn bensin metik
Kl oli, utk mesin bervvti, apalagi ampe 2 biji
Amat sangat di rekomen pake oli rada encer.. minimal 10-30
Saya pribadi gonta ganti dr 5-30 ama 0-20.. ga ad masalah ud ampir 60 rebu km.. mesin tetep alus, tarikan ok, irit bensin
Metiknya bagusan d upgrade, bawaan TMO WS itu kelewat encer, kasian ntar pas ud panas suka selip... mau upgrade tp budget brapa dl.. dbawah 100 rebu ad aisin afw+, d atas 100 rebu ad aisin VI, PTT LV, atau skalian kelas super keraton, AMSOIL
Thanks Bro DOHC untuk sarannya![]()
Kalau boleh tau biasanya 0-20 pakai merk apa ya? yang 5-30 juga merk apa?![]()
biasanya ganti oli di bengkel toyota atau bengkel luar?
atau PTT performa super syn 0w20 API SP (ini lg habis di blibli official store).
alokasi budget lebih,
- Amsoil signature 0w20
- Q8 Formula Special D1 FE 0w20

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12
Saya gonta ganti merk oli omericsantosa97 wrote: Thu Oct 01, 2020 3:32DOHC wrote: Thu Oct 01, 2020 2:13
Numpang komen sesama user reborn bensin metik
Kl oli, utk mesin bervvti, apalagi ampe 2 biji
Amat sangat di rekomen pake oli rada encer.. minimal 10-30
Saya pribadi gonta ganti dr 5-30 ama 0-20.. ga ad masalah ud ampir 60 rebu km.. mesin tetep alus, tarikan ok, irit bensin
Metiknya bagusan d upgrade, bawaan TMO WS itu kelewat encer, kasian ntar pas ud panas suka selip... mau upgrade tp budget brapa dl.. dbawah 100 rebu ad aisin afw+, d atas 100 rebu ad aisin VI, PTT LV, atau skalian kelas super keraton, AMSOIL
Thanks Bro DOHC untuk sarannya![]()
Kalau boleh tau biasanya 0-20 pakai merk apa ya? yang 5-30 juga merk apa?![]()
biasanya ganti oli di bengkel toyota atau bengkel luar?
Tergantung budget aj, mana yg lg diskon gede saya sikat
Bengkel ? Ngerjain sendiri aj, gampang koq
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4040
- Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
- Location: Jakarta
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12
Di SM beliau ini ketua DIY loh om...jd jgn salah...ganti oli mah kecilll....smbil kayang jg bisaericsantosa97 wrote: Thu Oct 01, 2020 3:32DOHC wrote: Thu Oct 01, 2020 2:13
Numpang komen sesama user reborn bensin metik
Kl oli, utk mesin bervvti, apalagi ampe 2 biji
Amat sangat di rekomen pake oli rada encer.. minimal 10-30
Saya pribadi gonta ganti dr 5-30 ama 0-20.. ga ad masalah ud ampir 60 rebu km.. mesin tetep alus, tarikan ok, irit bensin
Metiknya bagusan d upgrade, bawaan TMO WS itu kelewat encer, kasian ntar pas ud panas suka selip... mau upgrade tp budget brapa dl.. dbawah 100 rebu ad aisin afw+, d atas 100 rebu ad aisin VI, PTT LV, atau skalian kelas super keraton, AMSOIL
Thanks Bro DOHC untuk sarannya![]()
Kalau boleh tau biasanya 0-20 pakai merk apa ya? yang 5-30 juga merk apa?![]()
biasanya ganti oli di bengkel toyota atau bengkel luar?


-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 310
- Joined: Wed Apr 10, 2019 8:58
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Mazda 6 2017
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12
Amsoil OE sama Signature series kalo dilihat dari Sertifikatnya kelulusannya mirip ya, API SP, Dexos 1 Gen 2 dllSuryaputra wrote: Thu Oct 01, 2020 4:42Sy vote Amsoil OE 0w20ericsantosa97 wrote: Thu Oct 01, 2020 3:32DOHC wrote: Thu Oct 01, 2020 2:13
Numpang komen sesama user reborn bensin metik
Kl oli, utk mesin bervvti, apalagi ampe 2 biji
Amat sangat di rekomen pake oli rada encer.. minimal 10-30
Saya pribadi gonta ganti dr 5-30 ama 0-20.. ga ad masalah ud ampir 60 rebu km.. mesin tetep alus, tarikan ok, irit bensin
Metiknya bagusan d upgrade, bawaan TMO WS itu kelewat encer, kasian ntar pas ud panas suka selip... mau upgrade tp budget brapa dl.. dbawah 100 rebu ad aisin afw+, d atas 100 rebu ad aisin VI, PTT LV, atau skalian kelas super keraton, AMSOIL
Thanks Bro DOHC untuk sarannya![]()
Kalau boleh tau biasanya 0-20 pakai merk apa ya? yang 5-30 juga merk apa?![]()
biasanya ganti oli di bengkel toyota atau bengkel luar?
atau PTT performa super syn 0w20 API SP (ini lg habis di blibli official store).
alokasi budget lebih,
- Amsoil signature 0w20
- Q8 Formula Special D1 FE 0w20
![]()
tapi kalo diliat data diatas angkanya ga terlalu jauh beda ya
benarkah tidak jauh beda? atau beda 5-10 nominal saja performanya sangat berpengaruh?
ada yg bisa ajarin cara baca / punya standard oli kelas keraton minimal requirementnya brp angkanya ? jd next liat2 oli bisa baca2 sendiri hehehe
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
" In times of crisis, we stand united! “
- Ford Fiesta MK 7 Sedan 2012
- Mazda 6 Sedan 2017
- Ford Fiesta MK 7 Sedan 2012
- Mazda 6 Sedan 2017
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12
kan di manual book nya disarankan 0W20ericsantosa97 wrote:Mohon maaf mau tanya, saya coba cari namun belum ketemu![]()
Oli yang baik untuk innova reborn bensin apa ya kira-kira? sekarang pakai TMO 10W-40. baca-baca seharusnya pakai yang 0W-20 ya?
Pengalaman dulu di GNKI bensin, pakai Valvoline 10W-40 rasanya sudah enak. Apakah lebih baik ganti pakai Valvoline 10W-40 lagi atau ada rekomendasi yang lebih baik untuk ANKI bensin?
Sama Oli Matic lebih baik pakai TMO atau merk lain?
Terima kasih
apa manual book hilang ?
ATF std nya T-WS
kalo mau lebih enak en harga reasonable = PTT AUTOMAT LV-1
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12541
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12
om bisa cek dari kandungan aditifnya ketika VOA (virgin oil analysis) & UOA (used oil analysis).12punch wrote: Thu Oct 01, 2020 7:00Amsoil Signature Series Technical Speck.JPGSuryaputra wrote: Thu Oct 01, 2020 4:42Sy vote Amsoil OE 0w20ericsantosa97 wrote: Thu Oct 01, 2020 3:32
Thanks Bro DOHC untuk sarannya![]()
Kalau boleh tau biasanya 0-20 pakai merk apa ya? yang 5-30 juga merk apa?![]()
biasanya ganti oli di bengkel toyota atau bengkel luar?
atau PTT performa super syn 0w20 API SP (ini lg habis di blibli official store).
alokasi budget lebih,
- Amsoil signature 0w20
- Q8 Formula Special D1 FE 0w20
![]()
Amsoil OE Technical Speck.JPG
Amsoil OE sama Signature series kalo dilihat dari Sertifikatnya kelulusannya mirip ya, API SP, Dexos 1 Gen 2 dll
tapi kalo diliat data diatas angkanya ga terlalu jauh beda ya
benarkah tidak jauh beda? atau beda 5-10 nominal saja performanya sangat berpengaruh?
ada yg bisa ajarin cara baca / punya standard oli kelas keraton minimal requirementnya brp angkanya ? jd next liat2 oli bisa baca2 sendiri hehehe
krn klo di PDS hanya memberikan gambaran umum aja.
klo om lihat dan main2 ke forum luar negri spt bitog, dll, gak sedikit yg posting hasil UOA Amsoil OE dan Amsoil signature.
nah dari situ yg bisa diihat adalah:
- kadar TBN
- viscocity @100 C
- wear metals (ini relatif hasilnya tergantung mesinnya ada masalah apa nggak)
- additive left
biasanya / pada umumnya, oli kelas keraton, ketika dibuang di KM tinggi (let say 10rb Km ke atas / 1 tahun), Viscocity @100 C tetap di range yg sama spt oli masih baru (sesuai data PDS) & TBN juga masih di atas std kelayakan masing2 tester lab nya (klo di forum SM ini, pd umumnya batas bawah adalah ~3.0 KOH/g).
yg sy lihat, Amsoil OE 0w20 ini klo dipakai long drain, viscocitynya udah masuk range w16

beda dgn Amsoil signature 0w20, visc @100 masih tetap stabil di jarak pakai lbh panjang.
ada postingan UOA dari suhu om Turbo,
Q8 formula ultra 0w20 jg masuk kelas keraton, krn aditifnya mumpuni mempertahankan wear metals dan Visc @100 C sampai 8rb Km / 13 bulan pakai.
dan lagi kondisi udara, iklim + BBM di indo sini kan cukup "you know" lah,
ini jg memperngaruhi kualitas olinya terdegradasi lbh cepat.
jadi klo pakai oli murah, dimohon jgn lama2 lahh.. Max 5rb KM / 6 bulan buang aja ganti baru

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 887
- Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
- Location: Depok
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12
kalau jarang jalan gini bolehlah ya keknya dipush sampe 8 bulan wkwkw, untuk kelas harga <100k. Atau tambah itu oli bikin sludge karena cuma dipanasin ditempat 2/3 hari sekali yak?
Lagi pake si unyil dah hampir 8 bln baru dapet 2500km
Lagi pake si unyil dah hampir 8 bln baru dapet 2500km

Suryaputra wrote: Thu Oct 01, 2020 7:25om bisa cek dari kandungan aditifnya ketika VOA (virgin oil analysis) & UOA (used oil analysis).12punch wrote: Thu Oct 01, 2020 7:00Amsoil Signature Series Technical Speck.JPGSuryaputra wrote: Thu Oct 01, 2020 4:42
Sy vote Amsoil OE 0w20
atau PTT performa super syn 0w20 API SP (ini lg habis di blibli official store).
alokasi budget lebih,
- Amsoil signature 0w20
- Q8 Formula Special D1 FE 0w20
![]()
Amsoil OE Technical Speck.JPG
Amsoil OE sama Signature series kalo dilihat dari Sertifikatnya kelulusannya mirip ya, API SP, Dexos 1 Gen 2 dll
tapi kalo diliat data diatas angkanya ga terlalu jauh beda ya
benarkah tidak jauh beda? atau beda 5-10 nominal saja performanya sangat berpengaruh?
ada yg bisa ajarin cara baca / punya standard oli kelas keraton minimal requirementnya brp angkanya ? jd next liat2 oli bisa baca2 sendiri hehehe
krn klo di PDS hanya memberikan gambaran umum aja.
klo om lihat dan main2 ke forum luar negri spt bitog, dll, gak sedikit yg posting hasil UOA Amsoil OE dan Amsoil signature.
nah dari situ yg bisa diihat adalah:
- kadar TBN
- viscocity @100 C
- wear metals (ini relatif hasilnya tergantung mesinnya ada masalah apa nggak)
- additive left
biasanya / pada umumnya, oli kelas keraton, ketika dibuang di KM tinggi (let say 10rb Km ke atas / 1 tahun), Viscocity @100 C tetap di range yg sama spt oli masih baru (sesuai data PDS) & TBN juga masih di atas std kelayakan masing2 tester lab nya (klo di forum SM ini, pd umumnya batas bawah adalah ~3.0 KOH/g).
yg sy lihat, Amsoil OE 0w20 ini klo dipakai long drain, viscocitynya udah masuk range w16![]()
beda dgn Amsoil signature 0w20, visc @100 masih tetap stabil di jarak pakai lbh panjang.
ada postingan UOA dari suhu om Turbo,
Q8 formula ultra 0w20 jg masuk kelas keraton, krn aditifnya mumpuni mempertahankan wear metals dan Visc @100 C sampai 8rb Km / 13 bulan pakai.
dan lagi kondisi udara, iklim + BBM di indo sini kan cukup "you know" lah,
ini jg memperngaruhi kualitas olinya terdegradasi lbh cepat.
jadi klo pakai oli murah, dimohon jgn lama2 lahh.. Max 5rb KM / 6 bulan buang aja ganti baru![]()
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12541
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12
yg ptg gak jd genset ha ha ha.indeskey wrote: Thu Oct 01, 2020 7:43 kalau jarang jalan gini bolehlah ya keknya dipush sampe 8 bulan wkwkw, untuk kelas harga <100k. Atau tambah itu oli bikin sludge karena cuma dipanasin ditempat 2/3 hari sekali yak?
Lagi pake si unyil dah hampir 8 bln baru dapet 2500km![]()
Suryaputra wrote: Thu Oct 01, 2020 7:25om bisa cek dari kandungan aditifnya ketika VOA (virgin oil analysis) & UOA (used oil analysis).12punch wrote: Thu Oct 01, 2020 7:00
Amsoil Signature Series Technical Speck.JPG
Amsoil OE Technical Speck.JPG
Amsoil OE sama Signature series kalo dilihat dari Sertifikatnya kelulusannya mirip ya, API SP, Dexos 1 Gen 2 dll
tapi kalo diliat data diatas angkanya ga terlalu jauh beda ya
benarkah tidak jauh beda? atau beda 5-10 nominal saja performanya sangat berpengaruh?
ada yg bisa ajarin cara baca / punya standard oli kelas keraton minimal requirementnya brp angkanya ? jd next liat2 oli bisa baca2 sendiri hehehe
krn klo di PDS hanya memberikan gambaran umum aja.
klo om lihat dan main2 ke forum luar negri spt bitog, dll, gak sedikit yg posting hasil UOA Amsoil OE dan Amsoil signature.
nah dari situ yg bisa diihat adalah:
- kadar TBN
- viscocity @100 C
- wear metals (ini relatif hasilnya tergantung mesinnya ada masalah apa nggak)
- additive left
biasanya / pada umumnya, oli kelas keraton, ketika dibuang di KM tinggi (let say 10rb Km ke atas / 1 tahun), Viscocity @100 C tetap di range yg sama spt oli masih baru (sesuai data PDS) & TBN juga masih di atas std kelayakan masing2 tester lab nya (klo di forum SM ini, pd umumnya batas bawah adalah ~3.0 KOH/g).
yg sy lihat, Amsoil OE 0w20 ini klo dipakai long drain, viscocitynya udah masuk range w16![]()
beda dgn Amsoil signature 0w20, visc @100 masih tetap stabil di jarak pakai lbh panjang.
ada postingan UOA dari suhu om Turbo,
Q8 formula ultra 0w20 jg masuk kelas keraton, krn aditifnya mumpuni mempertahankan wear metals dan Visc @100 C sampai 8rb Km / 13 bulan pakai.
dan lagi kondisi udara, iklim + BBM di indo sini kan cukup "you know" lah,
ini jg memperngaruhi kualitas olinya terdegradasi lbh cepat.
jadi klo pakai oli murah, dimohon jgn lama2 lahh.. Max 5rb KM / 6 bulan buang aja ganti baru![]()
karena di PDS amsoil signature sendiri, ada stetement bahwa; pemakaian max dgn kondisi normal dan mesin std,
bisa up to 25rb miles / 1 tahun / 700 hrs engine run (mana yg sampai duluan).
contoh case: anggap aja sehari mesin nyala, jalan atau jadi genset rata-rata 2-3 jam
berarti umurnya hny 7-11 bulan
itu kelas keraton yaa, klo kelas Eco2an, ya potong aja setengahnya,
makanya tuh suhu omnibus, pk amsoil signature cmn 7rb KM dibuang, untuk avoid bad things

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 21
- Joined: Wed May 23, 2018 11:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12
Sebenarnya belum baca-baca lagi manual booknya, soalnya langganan beres, dari innova GNKI pakai 10W40, jadi saya kira mesinnya sama, olinya tidak masalah pakai seperti yang sebelumnyaTurboman wrote: Thu Oct 01, 2020 7:10
apa manual book hilang ?
ATF std nya T-WS
kalo mau lebih enak en harga reasonable = PTT AUTOMAT LV-1

Thanks om nanti saya coba pakai itu selanjutnya

Thankyou banyak om, nanti coba saya pertimbangkan dengan budget jugaSuryaputra wrote: Thu Oct 01, 2020 4:42
Sy vote Amsoil OE 0w20
atau PTT performa super syn 0w20 API SP (ini lg habis di blibli official store).
alokasi budget lebih,
- Amsoil signature 0w20
- Q8 Formula Special D1 FE 0w20
![]()

Wah mantap suhu, kebetulan punya saya masih free service, jadi nanti mungkin setelah tidak free saya kerjain sendiri atau bawa ke bengkel luarDOHC wrote: Thu Oct 01, 2020 5:28
Saya gonta ganti merk oli om
Tergantung budget aj, mana yg lg diskon gede saya sikat
Bengkel ? Ngerjain sendiri aj, gampang koq

wah coba saya pahami dulu ya om, sepertinya kepala saya belum muatSuryaputra wrote: Thu Oct 01, 2020 7:25
om bisa cek dari kandungan aditifnya ketika VOA (virgin oil analysis) & UOA (used oil analysis).
krn klo di PDS hanya memberikan gambaran umum aja.
klo om lihat dan main2 ke forum luar negri spt bitog, dll, gak sedikit yg posting hasil UOA Amsoil OE dan Amsoil signature.
nah dari situ yg bisa diihat adalah:
- kadar TBN
- viscocity @100 C
- wear metals (ini relatif hasilnya tergantung mesinnya ada masalah apa nggak)
- additive left
biasanya / pada umumnya, oli kelas keraton, ketika dibuang di KM tinggi (let say 10rb Km ke atas / 1 tahun), Viscocity @100 C tetap di range yg sama spt oli masih baru (sesuai data PDS) & TBN juga masih di atas std kelayakan masing2 tester lab nya (klo di forum SM ini, pd umumnya batas bawah adalah ~3.0 KOH/g).
yg sy lihat, Amsoil OE 0w20 ini klo dipakai long drain, viscocitynya udah masuk range w16![]()
beda dgn Amsoil signature 0w20, visc @100 masih tetap stabil di jarak pakai lbh panjang.
ada postingan UOA dari suhu om Turbo,
Q8 formula ultra 0w20 jg masuk kelas keraton, krn aditifnya mumpuni mempertahankan wear metals dan Visc @100 C sampai 8rb Km / 13 bulan pakai.
dan lagi kondisi udara, iklim + BBM di indo sini kan cukup "you know" lah,
ini jg memperngaruhi kualitas olinya terdegradasi lbh cepat.
jadi klo pakai oli murah, dimohon jgn lama2 lahh.. Max 5rb KM / 6 bulan buang aja ganti baru![]()


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12
betul mbah,Suryaputra wrote: Thu Oct 01, 2020 7:58
yg ptg gak jd genset ha ha ha.
karena di PDS amsoil signature sendiri, ada stetement bahwa; pemakaian max dgn kondisi normal dan mesin std,
bisa up to 25rb miles / 1 tahun / 700 hrs engine run (mana yg sampai duluan).
contoh case: anggap aja sehari mesin nyala, jalan atau jadi genset rata-rata 2-3 jam
berarti umurnya hny 7-11 bulan
itu kelas keraton yaa, klo kelas Eco2an, ya potong aja setengahnya,
makanya tuh suhu omnibus, pk amsoil signature cmn 7rb KM dibuang, untuk avoid bad things![]()

secara ballpark begitulah hitung2an kasar sy. tambah low usage ada unsur oksidasi lebih cepat maka nyari angka aman. pemborosan: maybe. peace of mind: most likely. longevity: second to none.
btw ane bukan suhu, mbah.