Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Herman7103 wrote: Mon Sep 28, 2020 5:37
Itulah om di project farm yang pernah saya tonton bilang tidak apa apa.
Quote
Tp kl utk oli2 keraton, apalagi ad yg new old stock bangettt, yah saya jg agak gmana gt yah, sayang aj kl d cocktail.
unquote
Jadi maksud om DOHC, tetap mending kita isi engine dengan 3 botol Amsoil 0W30 ? Saya jujur ada sedikit khawatir kalau sampai engine HR15DE twin VTC yang sudah 6 1/2 tahun di mobil ini jadi kenapa kenapa setelah isi new old stock Amsoil 0W30 wkwkwk.
Jangankan om, saya jg takut knapa2.. balik lg, dr dl saya sering blg enjin hr15de itu kaya enjin resing (bukan versi sarkas loh).. suhu mesin tinggi (suhu kerja coolant nya aj d 92 derajat), rev happy engine (semi square engine, bandingkan dgn 1NZ atau L15).. shg dikasi kapasitas radiator yg ckup gede dikelasnya (tp entah knapa dikasi kapasitas oil pan setara apanja).. makanya itu enjin wajip oli bagus.. ga heran kl dikasi oli2 jelekan yah ambyar.. sludge lah, tekor oli lah, ngejim, dsb
Kl saya neh ya, biasa kl mau pake oli, itu diseragam kan, mau jelek yah oli jelek smua.. mau oli keraton yah smua oli keraton.. jd mreka dituang satu batch, jgn dicampur2
Mengenai AMSoil.. saya no comment deh, paling yah dipake 5-7 rebu km trus di tap aj lah yah.. toh beli nya murah ini, dbawah harga shaeffer.. again, investasi murah utk jangka panjang..
Thank you very much om DOHC atas penjelasannya. Ok ngak bakal gue cocktail deh pakai aja 6000 or 7000 Km per 6 bulan kayak yang saya lakukan selama ini biar engine HR15DE twin VTC di mobil tetap no sludge.Thank you Om DOHC [emoji106][emoji120]
nanya serius om..
livina nya di isi motul, schaeffer 5w30, nguap ga om olinya?? oli termahal di livina ane prnh HX8 beli di SnD dan nguap parah.. skrg pake oli2 murah aja, toh 2000km msti nembah juga.
MSU wrote:duh kl sy daripada oli nos 6thn mending pake dg* busuk itu aja utk 5000km
prinsip saya semua cairan pasti ada expired-nya
Maaf, gue ngak pernah sekalipun beli DGO wkwkwk, tapi kalau beli oli murah meditran prima xp pernah cuma buat dorong oli sisa di dalam mesin saat gue lagi tukar/ganti oli lain merk (merk oli sebelumnya ,beda dengan merk oli yang mau di isi).[emoji2]
JPEG_20200928_112235_12285193950112100.jpg
Baru perhatiin d foto nya
Ternyata oli filter nya batu makam skrg buatan mahle
.. suhu mesin tinggi (suhu kerja coolant nya aj d 92 derajat), rev happy engine (semi square engine, bandingkan dgn 1NZ atau L15).. shg dikasi kapasitas radiator yg ckup gede dikelasnya (tp entah knapa dikasi kapasitas oil pan setara apanja)..
mbah, kalo 92° dibilang tinggi, apa kabarnya toyodai agay? e-fan (single speed) nyala di 99°c.
trus ada fort fiesta yang low speed e-fan baru nyala di 105°c....
DOHC wrote:
Jangankan om, saya jg takut knapa2.. balik lg, dr dl saya sering blg enjin hr15de itu kaya enjin resing (bukan versi sarkas loh).. suhu mesin tinggi (suhu kerja coolant nya aj d 92 derajat), rev happy engine (semi square engine, bandingkan dgn 1NZ atau L15).. shg dikasi kapasitas radiator yg ckup gede dikelasnya (tp entah knapa dikasi kapasitas oil pan setara apanja).. makanya itu enjin wajip oli bagus.. ga heran kl dikasi oli2 jelekan yah ambyar.. sludge lah, tekor oli lah, ngejim, dsb
Kl saya neh ya, biasa kl mau pake oli, itu diseragam kan, mau jelek yah oli jelek smua.. mau oli keraton yah smua oli keraton.. jd mreka dituang satu batch, jgn dicampur2
Mengenai AMSoil.. saya no comment deh, paling yah dipake 5-7 rebu km trus di tap aj lah yah.. toh beli nya murah ini, dbawah harga shaeffer.. again, investasi murah utk jangka panjang..
Thank you very much om DOHC atas penjelasannya. Ok ngak bakal gue cocktail deh pakai aja 6000 or 7000 Km per 6 bulan kayak yang saya lakukan selama ini biar engine HR15DE twin VTC di mobil tetap no sludge.Thank you Om DOHC [emoji106][emoji120]
nanya serius om..
livina nya di isi motul, schaeffer 5w30, nguap ga om olinya?? oli termahal di livina ane prnh HX8 beli di SnD dan nguap parah.. skrg pake oli2 murah aja, toh 2000km msti nembah juga.
Kalau di engine HR15DE twin VTC di mobil saya ya Om dengan driving style normal dan no pedal to metal (No high rev pedal to karpet), urutan nya paling minim nguapnya sbb:
1. Schaeffer Supreme 9000 5W30 API SN
2. Motul H-Tech 100 plus 5W30 API SN
3. Nissan Genuine Oil 5W30 API SN
Semua oli di atas memang masih nguap di HR15DE tapi ngak parah parah amat kok, yang paling minim nguapnya sih bener Schaeffer bukan oli ecek ecek tapi memang termasuk oli keraton.[emoji106]
.. suhu mesin tinggi (suhu kerja coolant nya aj d 92 derajat), rev happy engine (semi square engine, bandingkan dgn 1NZ atau L15).. shg dikasi kapasitas radiator yg ckup gede dikelasnya (tp entah knapa dikasi kapasitas oil pan setara apanja)..
mbah, kalo 92° dibilang tinggi, apa kabarnya toyodai agay? e-fan (single speed) nyala di 99°c.
trus ada fort fiesta yang low speed e-fan baru nyala di 105°c....
Tinggi mbah, soalnya lipindut itu kan radiatornya gede mbah.. saya dl drain dr cock yg bawah aj bsa kluar 4.5 liter.. ud kaya ipah punya radiator.. hrv yg radiatornya lebi kecil aj saya ukur cuman 83 derajat doank pas idle siang2
Agya ? Nah itu yg bkin saya pening pala mbah.. enjin panas tp radiator kelewat imut2.. makanya skrg saya kasi mimik pertamax.. takut glitik
Agya ? Nah itu yg bkin saya pening pala mbah.. enjin panas tp radiator kelewat imut2.. makanya skrg saya kasi mimik pertamax.. takut glitik
waini.... kurang canggih.
kokoh saya punya ayla sekarang engine suda 1kr skyactiv, dia punya tengki selalu isi pertalit gaada ngelitik.
you punya musti di update mesinnya.
Omnibus wrote: Mon Sep 28, 2020 2:46
iya betul tuh yg dibilang Om Benzz89 ... nanti kl ada apa2 sama rencana 14 taun lagi bisa-bisa olinya yg disalahin.
ini sy quote dr bitog ttg informasi shelf life amsoil dr technical service bulletin (TSB) amsoil sendiri. umumnya 5 tahun shelf life nya dr production date.
poin nya adalah drpd cari murah harga gak seberapa beda, mending beli yg baru ajah deh.
amannya max 3 thn lah ya kira-kira ?
karena klo dipakai (setelah disimpan 3 thn) udh pasti degraded lbh cepat.
ini serem amatt.. aditif sm base oil misah
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Agya ? Nah itu yg bkin saya pening pala mbah.. enjin panas tp radiator kelewat imut2.. makanya skrg saya kasi mimik pertamax.. takut glitik
waini.... kurang canggih.
kokoh saya punya ayla sekarang engine suda 1kr skyactiv, dia punya tengki selalu isi pertalit gaada ngelitik.
you punya musti di update mesinnya.
pake NGK ILKAR7L11 otomatis menyandang gelar sekaiaktip ...
Agya ? Nah itu yg bkin saya pening pala mbah.. enjin panas tp radiator kelewat imut2.. makanya skrg saya kasi mimik pertamax.. takut glitik
waini.... kurang canggih.
kokoh saya punya ayla sekarang engine suda 1kr skyactiv, dia punya tengki selalu isi pertalit gaada ngelitik.
you punya musti di update mesinnya.
Kalo disini duet maut aylaagya biasa aja kasih premium, paling banter pertalite. Oli saja dari baru kasih 10W40 bawaan dealer
Mobil murah ngapain pake bbm, oli mihul
.. suhu mesin tinggi (suhu kerja coolant nya aj d 92 derajat), rev happy engine (semi square engine, bandingkan dgn 1NZ atau L15).. shg dikasi kapasitas radiator yg ckup gede dikelasnya (tp entah knapa dikasi kapasitas oil pan setara apanja)..
mbah, kalo 92° dibilang tinggi, apa kabarnya toyodai agay? e-fan (single speed) nyala di 99°c.
trus ada fort fiesta yang low speed e-fan baru nyala di 105°c....
Tinggi mbah, soalnya lipindut itu kan radiatornya gede mbah.. saya dl drain dr cock yg bawah aj bsa kluar 4.5 liter.. ud kaya ipah punya radiator.. hrv yg radiatornya lebi kecil aj saya ukur cuman 83 derajat doank pas idle siang2
Agya ? Nah itu yg bkin saya pening pala mbah.. enjin panas tp radiator kelewat imut2.. makanya skrg saya kasi mimik pertamax.. takut glitik
Radiator gede buat ngimbangin kapasitas oli yang rada imut mungkin Om
Kalo disini duet maut aylaagya biasa aja kasih premium, paling banter pertalite. Oli saja dari baru kasih 10W40 bawaan dealer
Mobil murah ngapain pake bbm, oli mihul
maka dari itu 1kr skyactiv ini cuman pake oli murah unil 0w20.
filter oli juga cuman wix, yang kata si sapa tu namanya di kamar sebelah, bikin mesin jadi kasar suaranya.
.. suhu mesin tinggi (suhu kerja coolant nya aj d 92 derajat), rev happy engine (semi square engine, bandingkan dgn 1NZ atau L15).. shg dikasi kapasitas radiator yg ckup gede dikelasnya (tp entah knapa dikasi kapasitas oil pan setara apanja)..
mbah, kalo 92° dibilang tinggi, apa kabarnya toyodai agay? e-fan (single speed) nyala di 99°c.
trus ada fort fiesta yang low speed e-fan baru nyala di 105°c....
setuju om fort fiesta ane suhu mesinnya kerja di kisaran 99°c sampai 105 °c.
panas jg ya dibanding orang2 cuma di < 90 drajatan
" In times of crisis, we stand united! “
- Ford Fiesta MK 7 Sedan 2012
- Mazda 6 Sedan 2017
Mungkin benang merah yg bsa dtarik dari diskusi siang ini ialah
Mobil2 yg suhu nya d atas 90an.. apalagi ampe 100.. wajip pasang radiator segede gaban, minimal 3 ply aluminum, wajip modif oil pan biar bisa tampung oli banyak
.. suhu mesin tinggi (suhu kerja coolant nya aj d 92 derajat), rev happy engine (semi square engine, bandingkan dgn 1NZ atau L15).. shg dikasi kapasitas radiator yg ckup gede dikelasnya (tp entah knapa dikasi kapasitas oil pan setara apanja)..
mbah, kalo 92° dibilang tinggi, apa kabarnya toyodai agay? e-fan (single speed) nyala di 99°c.
trus ada fort fiesta yang low speed e-fan baru nyala di 105°c....
setuju om fort fiesta ane suhu mesinnya kerja di kisaran 99°c sampai 105 °c.
panas jg ya dibanding orang2 cuma di < 90 drajatan
Om boleh tau ini ford fiesta tahun kapan? Kok aga beda yah
Soalnya kemarin saya baru bgt drain air radiator dan emang bener kapasitasnya gede bgt hampir 5 liter masuk [emoji28], tp FS saya main di 94-102 C.
Klo idle pke ac dia stabil di 95 - 96 kalo di gas" tahan 3000 rpm bisa ke 101 C langsung main speedfan 2. Klo tanpa ac 101 C fan udh nyala di speed 1 klo udh bawah 100 langsung mati lg.
Tp so far klo penguapan oli dimesin fiesta masih wajar yah. Belum pernah ngalamin smpe oli ilang ke level low dipstick sih selama rutin interval maksimum 10.000 km ganti oli dgn pan kapasitas 4 lt dgn filter oli
Herman7103 wrote: Mon Sep 28, 2020 0:47
Maaf om, pagi ini saya berubah pikiran wkwkwk, ngak jadi mau test lab lagi setelah om Turboman comment langsung tuang ke mesin asal kocok dulu olinya sebelum dituang. Amsoil oli non mainstream dan kecil kemungkinan palsunya dan saya pribadi percaya itu. Volume penjualannya di Indonesia sangat kecil dibanding oli oli mainstream yang kebetulan selama ini ngak pernah saya beli wkwkwk.[emoji2]
Memang biasa rutin pakai oli apa om?
Sudah saya pernah informasikan kayaknya deh Om, Untuk 5 tahun pertama saya selalu pakai Nissan Genuine Oil 5W30 fully synthetic API SN, lalu saya pakai oli Motul H-Tech 100 5W30 API SN (dapat promo saat Imlek dari SND beli 2 gratis 1 sehingga harga nya jadi Rp 88 ribu per botol ), lalu saya beli online 1/2 lusin dari PT. Papasari oli mesin Schaeffer supreme 9000 5W30 API SN(harga Rp 120 ribu per botol dan terakhir sabtu malem baru order oli mesin Amsoil signature series 0W30(harga Rp 105 ribu)sebanyak 1/2 lusin saja.Screenshot_2020-09-28-11-03-10-129_blibli.mobile.commerce.jpg
DOHC wrote: Mon Sep 28, 2020 9:52
Mungkin benang merah yg bsa dtarik dari diskusi siang ini ialah
Mobil2 yg suhu nya d atas 90an.. apalagi ampe 100.. wajip pasang radiator segede gaban, minimal 3 ply aluminum, wajip modif oil pan biar bisa tampung oli banyak
Mungkin tambahin external engine oil cooler bisa nolong juga, Oom DOHC?
DOHC wrote: Mon Sep 28, 2020 9:52
Mungkin benang merah yg bsa dtarik dari diskusi siang ini ialah
Mobil2 yg suhu nya d atas 90an.. apalagi ampe 100.. wajip pasang radiator segede gaban, minimal 3 ply aluminum, wajip modif oil pan biar bisa tampung oli banyak
Mungkin tambahin external engine oil cooler bisa nolong juga, Oom DOHC?
Regards,
Herrianto.
kl external oil cooler, mungkin utk mobil harian belom perlu kl yah.. minimal radiator gede,oil pan gede mustinya ud memadai
DOHC wrote: Mon Sep 28, 2020 9:52
Mungkin benang merah yg bsa dtarik dari diskusi siang ini ialah
Mobil2 yg suhu nya d atas 90an.. apalagi ampe 100.. wajip pasang radiator segede gaban, minimal 3 ply aluminum, wajip modif oil pan biar bisa tampung oli banyak
Pasang extrafan yg bagus saya kira cukup banyak membantu.
DOHC wrote: Mon Sep 28, 2020 9:52
Mungkin benang merah yg bsa dtarik dari diskusi siang ini ialah
Mobil2 yg suhu nya d atas 90an.. apalagi ampe 100.. wajip pasang radiator segede gaban, minimal 3 ply aluminum, wajip modif oil pan biar bisa tampung oli banyak
Pasang extrafan yg bagus saya kira cukup banyak membantu.
kalau di mobil yang belum ada BCM bisa dengan mudahnya nambah ini itu om.... nah kalo mobil sekarang sudah di design kita tinggal pake ga usah/ga boleh dikutak katik. kalo BCM ngambek, kelar urusan..... kecuali tau cara ngutak ngatiknya.
DOHC wrote: Mon Sep 28, 2020 9:52
Mungkin benang merah yg bsa dtarik dari diskusi siang ini ialah
Mobil2 yg suhu nya d atas 90an.. apalagi ampe 100.. wajip pasang radiator segede gaban, minimal 3 ply aluminum, wajip modif oil pan biar bisa tampung oli banyak
Pasang extrafan yg bagus saya kira cukup banyak membantu.
nahh kl jaman kijang super, pasang extra fan gini mah kes gampang om
tp mobil2 ECU skrg rese2.. maen asal nambah2 extra fan gt alamat ilang jut2an
dl hopeng perna ad yg kes fan nya mati di lpindut nya mendadak d pinggir jalan.. ama montir jalanan di jumper lgs fan nya.. yg ad bubar tuh klistrikan, kena ampe ke ECU nya
mo minta ganti rugi jg ga mungkin, wong itu montir kelas pinggir jalan gt
extra fan nya manual aja pakai switch on/off taro di dashboard, tarik relay set baru kaya pasang klakson. aman kan ga ganggu circuit bawaan mobil. n kl mau otomatis nyala mati tinggal kasih thermo switch radiator.
Omnibus wrote: Tue Sep 29, 2020 3:17
extra fan nya manual aja pakai switch on/off taro di dashboard, tarik relay set baru kaya pasang klakson. aman kan ga ganggu circuit bawaan mobil. n kl mau otomatis nyala mati tinggal kasih thermo switch radiator.
Kalo saya sih, mending paralel dgn existing fan radiator, tapi paralel ke relay dulu biar aman. Biar nyalanya bareng.
Paling yg agak ribet nyari soket fan radiatornya sepasang buat bikin paralelnya.