Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

ViPerRed
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
Location: Lampung
Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by ViPerRed »

Herman7103 wrote: Mon Sep 28, 2020 6:12
DOHC wrote:
Herman7103 wrote: Mon Sep 28, 2020 5:37 Itulah om di project farm yang pernah saya tonton bilang tidak apa apa.

Quote
Tp kl utk oli2 keraton, apalagi ad yg new old stock bangettt, yah saya jg agak gmana gt yah, sayang aj kl d cocktail.
unquote
Jadi maksud om DOHC, tetap mending kita isi engine dengan 3 botol Amsoil 0W30 ? Saya jujur ada sedikit khawatir kalau sampai engine HR15DE twin VTC yang sudah 6 1/2 tahun di mobil ini jadi kenapa kenapa setelah isi new old stock Amsoil 0W30 wkwkwk.
Jangankan om, saya jg takut knapa2.. balik lg, dr dl saya sering blg enjin hr15de itu kaya enjin resing (bukan versi sarkas loh).. suhu mesin tinggi (suhu kerja coolant nya aj d 92 derajat), rev happy engine (semi square engine, bandingkan dgn 1NZ atau L15).. shg dikasi kapasitas radiator yg ckup gede dikelasnya (tp entah knapa dikasi kapasitas oil pan setara apanja).. makanya itu enjin wajip oli bagus.. ga heran kl dikasi oli2 jelekan yah ambyar.. sludge lah, tekor oli lah, ngejim, dsb

Kl saya neh ya, biasa kl mau pake oli, itu diseragam kan, mau jelek yah oli jelek smua.. mau oli keraton yah smua oli keraton.. jd mreka dituang satu batch, jgn dicampur2

Mengenai AMSoil.. saya no comment deh, paling yah dipake 5-7 rebu km trus di tap aj lah yah.. toh beli nya murah ini, dbawah harga shaeffer.. again, investasi murah utk jangka panjang..
Thank you very much om DOHC atas penjelasannya. Ok ngak bakal gue cocktail deh pakai aja 6000 or 7000 Km per 6 bulan kayak yang saya lakukan selama ini biar engine HR15DE twin VTC di mobil tetap no sludge.Thank you Om DOHC [emoji106][emoji120]
nanya serius om..
livina nya di isi motul, schaeffer 5w30, nguap ga om olinya?? oli termahal di livina ane prnh HX8 beli di SnD dan nguap parah.. skrg pake oli2 murah aja, toh 2000km msti nembah juga.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by DOHC »

Herman7103 wrote: Mon Sep 28, 2020 4:22
MSU wrote:duh kl sy daripada oli nos 6thn mending pake dg* busuk itu aja utk 5000km
prinsip saya semua cairan pasti ada expired-nya
Maaf, gue ngak pernah sekalipun beli DGO wkwkwk, tapi kalau beli oli murah meditran prima xp pernah cuma buat dorong oli sisa di dalam mesin saat gue lagi tukar/ganti oli lain merk (merk oli sebelumnya ,beda dengan merk oli yang mau di isi).[emoji2]
JPEG_20200928_112235_12285193950112100.jpg
Baru perhatiin d foto nya

Ternyata oli filter nya batu makam skrg buatan mahle

Njirr... niat bener loh
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11857
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by marmut »

DOHC wrote: Mon Sep 28, 2020 6:03

-

.. suhu mesin tinggi (suhu kerja coolant nya aj d 92 derajat), rev happy engine (semi square engine, bandingkan dgn 1NZ atau L15).. shg dikasi kapasitas radiator yg ckup gede dikelasnya (tp entah knapa dikasi kapasitas oil pan setara apanja)..


mbah, kalo 92° dibilang tinggi, apa kabarnya toyodai agay? e-fan (single speed) nyala di 99°c.
trus ada fort fiesta yang low speed e-fan baru nyala di 105°c....
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Herman7103 »

ViPerRed wrote:
Herman7103 wrote: Mon Sep 28, 2020 6:12
DOHC wrote: Jangankan om, saya jg takut knapa2.. balik lg, dr dl saya sering blg enjin hr15de itu kaya enjin resing (bukan versi sarkas loh).. suhu mesin tinggi (suhu kerja coolant nya aj d 92 derajat), rev happy engine (semi square engine, bandingkan dgn 1NZ atau L15).. shg dikasi kapasitas radiator yg ckup gede dikelasnya (tp entah knapa dikasi kapasitas oil pan setara apanja).. makanya itu enjin wajip oli bagus.. ga heran kl dikasi oli2 jelekan yah ambyar.. sludge lah, tekor oli lah, ngejim, dsb

Kl saya neh ya, biasa kl mau pake oli, itu diseragam kan, mau jelek yah oli jelek smua.. mau oli keraton yah smua oli keraton.. jd mreka dituang satu batch, jgn dicampur2

Mengenai AMSoil.. saya no comment deh, paling yah dipake 5-7 rebu km trus di tap aj lah yah.. toh beli nya murah ini, dbawah harga shaeffer.. again, investasi murah utk jangka panjang..
Thank you very much om DOHC atas penjelasannya. Ok ngak bakal gue cocktail deh pakai aja 6000 or 7000 Km per 6 bulan kayak yang saya lakukan selama ini biar engine HR15DE twin VTC di mobil tetap no sludge.Thank you Om DOHC [emoji106][emoji120]
nanya serius om..
livina nya di isi motul, schaeffer 5w30, nguap ga om olinya?? oli termahal di livina ane prnh HX8 beli di SnD dan nguap parah.. skrg pake oli2 murah aja, toh 2000km msti nembah juga.
Kalau di engine HR15DE twin VTC di mobil saya ya Om dengan driving style normal dan no pedal to metal (No high rev pedal to karpet), urutan nya paling minim nguapnya sbb:
1. Schaeffer Supreme 9000 5W30 API SN
2. Motul H-Tech 100 plus 5W30 API SN
3. Nissan Genuine Oil 5W30 API SN
Semua oli di atas memang masih nguap di HR15DE tapi ngak parah parah amat kok, yang paling minim nguapnya sih bener Schaeffer bukan oli ecek ecek tapi memang termasuk oli keraton.[emoji106]
:glodak:
HR15DE 2014
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by DOHC »

marmut wrote: Mon Sep 28, 2020 6:48
DOHC wrote: Mon Sep 28, 2020 6:03

-

.. suhu mesin tinggi (suhu kerja coolant nya aj d 92 derajat), rev happy engine (semi square engine, bandingkan dgn 1NZ atau L15).. shg dikasi kapasitas radiator yg ckup gede dikelasnya (tp entah knapa dikasi kapasitas oil pan setara apanja)..


mbah, kalo 92° dibilang tinggi, apa kabarnya toyodai agay? e-fan (single speed) nyala di 99°c.
trus ada fort fiesta yang low speed e-fan baru nyala di 105°c....
Tinggi mbah, soalnya lipindut itu kan radiatornya gede mbah.. saya dl drain dr cock yg bawah aj bsa kluar 4.5 liter.. ud kaya ipah punya radiator.. hrv yg radiatornya lebi kecil aj saya ukur cuman 83 derajat doank pas idle siang2

Agya ? Nah itu yg bkin saya pening pala mbah.. enjin panas tp radiator kelewat imut2.. makanya skrg saya kasi mimik pertamax.. takut glitik
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11857
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by marmut »

DOHC wrote: Mon Sep 28, 2020 6:56
-

Agya ? Nah itu yg bkin saya pening pala mbah.. enjin panas tp radiator kelewat imut2.. makanya skrg saya kasi mimik pertamax.. takut glitik

waini.... kurang canggih.
kokoh saya punya ayla sekarang engine suda 1kr skyactiv, dia punya tengki selalu isi pertalit gaada ngelitik.
you punya musti di update mesinnya.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12541
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Suryaputra »

Omnibus wrote: Mon Sep 28, 2020 2:46 iya betul tuh yg dibilang Om Benzz89 ... nanti kl ada apa2 sama rencana 14 taun lagi bisa-bisa olinya yg disalahin. :mky_03:

ini sy quote dr bitog ttg informasi shelf life amsoil dr technical service bulletin (TSB) amsoil sendiri. umumnya 5 tahun shelf life nya dr production date.


Bitog amsoil shelf life.jpg


source: https://www.bobistheoilguy.com/forums/t ... fe.309303/
nah ini mbah, setujuh sayah...

poin nya adalah drpd cari murah harga gak seberapa beda, mending beli yg baru ajah deh.
amannya max 3 thn lah ya kira-kira ?
karena klo dipakai (setelah disimpan 3 thn) udh pasti degraded lbh cepat.

ini serem amatt.. aditif sm base oil misah :big_biglaugh:
Image
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
josomba
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3044
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by josomba »

marmut wrote: Mon Sep 28, 2020 7:02
DOHC wrote: Mon Sep 28, 2020 6:56
-

Agya ? Nah itu yg bkin saya pening pala mbah.. enjin panas tp radiator kelewat imut2.. makanya skrg saya kasi mimik pertamax.. takut glitik

waini.... kurang canggih.
kokoh saya punya ayla sekarang engine suda 1kr skyactiv, dia punya tengki selalu isi pertalit gaada ngelitik.
you punya musti di update mesinnya.
pake NGK ILKAR7L11 otomatis menyandang gelar sekaiaktip ... :big_biglaugh:


*Punten momod kalau jd oot
Image
supriyadi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Tue Apr 07, 2015 12:25
Location: Perawang, Riau
Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by supriyadi »

marmut wrote: Mon Sep 28, 2020 7:02
DOHC wrote: Mon Sep 28, 2020 6:56
-

Agya ? Nah itu yg bkin saya pening pala mbah.. enjin panas tp radiator kelewat imut2.. makanya skrg saya kasi mimik pertamax.. takut glitik

waini.... kurang canggih.
kokoh saya punya ayla sekarang engine suda 1kr skyactiv, dia punya tengki selalu isi pertalit gaada ngelitik.
you punya musti di update mesinnya.
Kalo disini duet maut aylaagya biasa aja kasih premium, paling banter pertalite. Oli saja dari baru kasih 10W40 bawaan dealer
Mobil murah ngapain pake bbm, oli mihul
supriyadi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Tue Apr 07, 2015 12:25
Location: Perawang, Riau
Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by supriyadi »

DOHC wrote: Mon Sep 28, 2020 6:56
marmut wrote: Mon Sep 28, 2020 6:48
DOHC wrote: Mon Sep 28, 2020 6:03

-

.. suhu mesin tinggi (suhu kerja coolant nya aj d 92 derajat), rev happy engine (semi square engine, bandingkan dgn 1NZ atau L15).. shg dikasi kapasitas radiator yg ckup gede dikelasnya (tp entah knapa dikasi kapasitas oil pan setara apanja)..


mbah, kalo 92° dibilang tinggi, apa kabarnya toyodai agay? e-fan (single speed) nyala di 99°c.
trus ada fort fiesta yang low speed e-fan baru nyala di 105°c....
Tinggi mbah, soalnya lipindut itu kan radiatornya gede mbah.. saya dl drain dr cock yg bawah aj bsa kluar 4.5 liter.. ud kaya ipah punya radiator.. hrv yg radiatornya lebi kecil aj saya ukur cuman 83 derajat doank pas idle siang2

Agya ? Nah itu yg bkin saya pening pala mbah.. enjin panas tp radiator kelewat imut2.. makanya skrg saya kasi mimik pertamax.. takut glitik
Radiator gede buat ngimbangin kapasitas oli yang rada imut mungkin Om
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11857
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by marmut »

supriyadi wrote: Mon Sep 28, 2020 8:11

Kalo disini duet maut aylaagya biasa aja kasih premium, paling banter pertalite. Oli saja dari baru kasih 10W40 bawaan dealer
Mobil murah ngapain pake bbm, oli mihul

maka dari itu 1kr skyactiv ini cuman pake oli murah unil 0w20.
filter oli juga cuman wix, yang kata si sapa tu namanya di kamar sebelah, bikin mesin jadi kasar suaranya.
User avatar
12punch
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 310
Joined: Wed Apr 10, 2019 8:58
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mazda 6 2017

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by 12punch »

marmut wrote: Mon Sep 28, 2020 6:48
DOHC wrote: Mon Sep 28, 2020 6:03

-

.. suhu mesin tinggi (suhu kerja coolant nya aj d 92 derajat), rev happy engine (semi square engine, bandingkan dgn 1NZ atau L15).. shg dikasi kapasitas radiator yg ckup gede dikelasnya (tp entah knapa dikasi kapasitas oil pan setara apanja)..


mbah, kalo 92° dibilang tinggi, apa kabarnya toyodai agay? e-fan (single speed) nyala di 99°c.
trus ada fort fiesta yang low speed e-fan baru nyala di 105°c....
setuju om fort fiesta ane suhu mesinnya kerja di kisaran 99°c sampai 105 °c.
panas jg ya dibanding orang2 cuma di < 90 drajatan
" In times of crisis, we stand united! “
- Ford Fiesta MK 7 Sedan 2012
- Mazda 6 Sedan 2017
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by DOHC »

Mungkin benang merah yg bsa dtarik dari diskusi siang ini ialah

Mobil2 yg suhu nya d atas 90an.. apalagi ampe 100.. wajip pasang radiator segede gaban, minimal 3 ply aluminum, wajip modif oil pan biar bisa tampung oli banyak
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
tokezz
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: Thu Jun 25, 2015 15:34

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by tokezz »

12punch wrote:
marmut wrote: Mon Sep 28, 2020 6:48
DOHC wrote: Mon Sep 28, 2020 6:03

-

.. suhu mesin tinggi (suhu kerja coolant nya aj d 92 derajat), rev happy engine (semi square engine, bandingkan dgn 1NZ atau L15).. shg dikasi kapasitas radiator yg ckup gede dikelasnya (tp entah knapa dikasi kapasitas oil pan setara apanja)..


mbah, kalo 92° dibilang tinggi, apa kabarnya toyodai agay? e-fan (single speed) nyala di 99°c.
trus ada fort fiesta yang low speed e-fan baru nyala di 105°c....
setuju om fort fiesta ane suhu mesinnya kerja di kisaran 99°c sampai 105 °c.
panas jg ya dibanding orang2 cuma di < 90 drajatan
Om boleh tau ini ford fiesta tahun kapan? Kok aga beda yah

Soalnya kemarin saya baru bgt drain air radiator dan emang bener kapasitasnya gede bgt hampir 5 liter masuk [emoji28], tp FS saya main di 94-102 C.

Klo idle pke ac dia stabil di 95 - 96 kalo di gas" tahan 3000 rpm bisa ke 101 C langsung main speedfan 2. Klo tanpa ac 101 C fan udh nyala di speed 1 klo udh bawah 100 langsung mati lg.

Tp so far klo penguapan oli dimesin fiesta masih wajar yah. Belum pernah ngalamin smpe oli ilang ke level low dipstick sih selama rutin interval maksimum 10.000 km ganti oli dgn pan kapasitas 4 lt dgn filter oli
Fertille
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 183
Joined: Mon Dec 24, 2018 11:29

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Fertille »

Herman7103 wrote: Mon Sep 28, 2020 4:04
Fertille wrote:
Herman7103 wrote: Mon Sep 28, 2020 0:47 Maaf om, pagi ini saya berubah pikiran wkwkwk, ngak jadi mau test lab lagi setelah om Turboman comment langsung tuang ke mesin asal kocok dulu olinya sebelum dituang. Amsoil oli non mainstream dan kecil kemungkinan palsunya dan saya pribadi percaya itu. Volume penjualannya di Indonesia sangat kecil dibanding oli oli mainstream yang kebetulan selama ini ngak pernah saya beli wkwkwk.[emoji2]
Memang biasa rutin pakai oli apa om?
Sudah saya pernah informasikan kayaknya deh Om, Untuk 5 tahun pertama saya selalu pakai Nissan Genuine Oil 5W30 fully synthetic API SN, lalu saya pakai oli Motul H-Tech 100 5W30 API SN (dapat promo saat Imlek dari SND beli 2 gratis 1 sehingga harga nya jadi Rp 88 ribu per botol ), lalu saya beli online 1/2 lusin dari PT. Papasari oli mesin Schaeffer supreme 9000 5W30 API SN(harga Rp 120 ribu per botol dan terakhir sabtu malem baru order oli mesin Amsoil signature series 0W30(harga Rp 105 ribu)sebanyak 1/2 lusin saja.Screenshot_2020-09-28-11-03-10-129_blibli.mobile.commerce.jpg
Wah saya yg missed kalo gitu. Thanks info nya om. :big_exellent:
Herrianto
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Sun Aug 23, 2020 2:45
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Mitsubishi Xpander

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Herrianto »

DOHC wrote: Mon Sep 28, 2020 9:52 Mungkin benang merah yg bsa dtarik dari diskusi siang ini ialah

Mobil2 yg suhu nya d atas 90an.. apalagi ampe 100.. wajip pasang radiator segede gaban, minimal 3 ply aluminum, wajip modif oil pan biar bisa tampung oli banyak
Mungkin tambahin external engine oil cooler bisa nolong juga, Oom DOHC?

Regards,
Herrianto.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by DOHC »

Herrianto wrote: Mon Sep 28, 2020 13:27
DOHC wrote: Mon Sep 28, 2020 9:52 Mungkin benang merah yg bsa dtarik dari diskusi siang ini ialah

Mobil2 yg suhu nya d atas 90an.. apalagi ampe 100.. wajip pasang radiator segede gaban, minimal 3 ply aluminum, wajip modif oil pan biar bisa tampung oli banyak
Mungkin tambahin external engine oil cooler bisa nolong juga, Oom DOHC?

Regards,
Herrianto.
kl external oil cooler, mungkin utk mobil harian belom perlu kl yah.. minimal radiator gede,oil pan gede mustinya ud memadai
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Turboman »

Video Profile Q8 oil

https://youtu.be/hFEukktALrI
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Turboman »

Video Profile Amsoil

https://youtu.be/VlHrs15Ywho
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Turboman »

Video Profile PTT Lubricant

https://youtu.be/1Jo4mMrJtXA
* Bukan ajakan Beli *
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1224
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by adityabp »

DOHC wrote: Mon Sep 28, 2020 9:52 Mungkin benang merah yg bsa dtarik dari diskusi siang ini ialah

Mobil2 yg suhu nya d atas 90an.. apalagi ampe 100.. wajip pasang radiator segede gaban, minimal 3 ply aluminum, wajip modif oil pan biar bisa tampung oli banyak
Pasang extrafan yg bagus saya kira cukup banyak membantu.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11857
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by marmut »

adityabp wrote: Tue Sep 29, 2020 1:47
DOHC wrote: Mon Sep 28, 2020 9:52 Mungkin benang merah yg bsa dtarik dari diskusi siang ini ialah

Mobil2 yg suhu nya d atas 90an.. apalagi ampe 100.. wajip pasang radiator segede gaban, minimal 3 ply aluminum, wajip modif oil pan biar bisa tampung oli banyak
Pasang extrafan yg bagus saya kira cukup banyak membantu.

kalau di mobil yang belum ada BCM bisa dengan mudahnya nambah ini itu om.... nah kalo mobil sekarang sudah di design kita tinggal pake ga usah/ga boleh dikutak katik. kalo BCM ngambek, kelar urusan..... kecuali tau cara ngutak ngatiknya.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by DOHC »

adityabp wrote: Tue Sep 29, 2020 1:47
DOHC wrote: Mon Sep 28, 2020 9:52 Mungkin benang merah yg bsa dtarik dari diskusi siang ini ialah

Mobil2 yg suhu nya d atas 90an.. apalagi ampe 100.. wajip pasang radiator segede gaban, minimal 3 ply aluminum, wajip modif oil pan biar bisa tampung oli banyak
Pasang extrafan yg bagus saya kira cukup banyak membantu.
nahh kl jaman kijang super, pasang extra fan gini mah kes gampang om

tp mobil2 ECU skrg rese2.. maen asal nambah2 extra fan gt alamat ilang jut2an

dl hopeng perna ad yg kes fan nya mati di lpindut nya mendadak d pinggir jalan.. ama montir jalanan di jumper lgs fan nya.. yg ad bubar tuh klistrikan, kena ampe ke ECU nya
mo minta ganti rugi jg ga mungkin, wong itu montir kelas pinggir jalan gt
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Omnibus »

extra fan nya manual aja pakai switch on/off taro di dashboard, tarik relay set baru kaya pasang klakson. aman kan ga ganggu circuit bawaan mobil. n kl mau otomatis nyala mati tinggal kasih thermo switch radiator.
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1224
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by adityabp »

Omnibus wrote: Tue Sep 29, 2020 3:17 extra fan nya manual aja pakai switch on/off taro di dashboard, tarik relay set baru kaya pasang klakson. aman kan ga ganggu circuit bawaan mobil. n kl mau otomatis nyala mati tinggal kasih thermo switch radiator.
Kalo saya sih, mending paralel dgn existing fan radiator, tapi paralel ke relay dulu biar aman. Biar nyalanya bareng.
Paling yg agak ribet nyari soket fan radiatornya sepasang buat bikin paralelnya.