Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Tuh persis ama yg dfoto ama mbah omni d atas
Dl di L10 lpindut jg cacad komponen segelondongan itu
wah jarang denger kena di rack steer atau joint steer.
Kl dulu di Kuda Diesel saya yg berumur remaja 18 tahun iya...
itu sampe dilas aja joint steernya biar ngga oblak dan terlalu banyak loss di setir.
Kl di L10 ama L11 itu sering rusak bushing rack steer yg warna biru itu.
itu karena umur agaknya dan dahulu kala kudu ganti rack steer segelondong 7 juta.
Skrg Beres bisa ganti bushing itu kena 1 juta garansi setahun
Lah kl utk L10 mah, steering collumn ama meteran bensin kl dapet yg cacat, biar kata garansi abis tetep bisa claim om
Itupun jg kl masi ad beres nya d kota anda..
Kagak bisa om kecuali msh dalam 50K km atau 5 tahun pertama.
Atau ada cacat pabrikan kaya yg AIRBAG di L11 itu sampe skrg ditlp ama beres u ke beres dan diganti.
wong yg L11 CVT nya ada program baru di ECU aja diem2 kok Beres, kl mau update program bayar 250rb spy umur CVT nya lbh tahan lama infonya
blloewy wrote: Mon Sep 28, 2020 5:52
wah jarang denger kena di rack steer atau joint steer.
Kl dulu di Kuda Diesel saya yg berumur remaja 18 tahun iya...
itu sampe dilas aja joint steernya biar ngga oblak dan terlalu banyak loss di setir.
Kl di L10 ama L11 itu sering rusak bushing rack steer yg warna biru itu.
itu karena umur agaknya dan dahulu kala kudu ganti rack steer segelondong 7 juta.
Skrg Beres bisa ganti bushing itu kena 1 juta garansi setahun
Lah kl utk L10 mah, steering collumn ama meteran bensin kl dapet yg cacat, biar kata garansi abis tetep bisa claim om
Itupun jg kl masi ad beres nya d kota anda..
Kagak bisa om kecuali msh dalam 50K km atau 5 tahun pertama.
Atau ada cacat pabrikan kaya yg AIRBAG di L11 itu sampe skrg ditlp ama beres u ke beres dan diganti.
wong yg L11 CVT nya ada program baru di ECU aja diem2 kok Beres, kl mau update program bayar 250rb spy umur CVT nya lbh tahan lama infonya
Saya waktu itu masi bisa claim collumn setir ama meteran bensin yg ksekian kali nya koq.. padahal mobilnya ud ga garansi lg
ternyata beneran kurang lendir dimana2 ini. yg jadi biang keladi itu spline gear (sambungan antara pinion shaft ke joint steer) yg sy kasih tanda hijau dan juga spline gear sambungan satunya ke EPS harus dikasih vet. bukan cross joint nya krn ga oblak dan ga seret.
mbah marmut, ngerti pasti kan krn mirip sm kemarin kasih vet di ratchet yg bikin suara jd halus.
dan kl suatu saat mobil gini masup bengkel tangsel ngurusin joint steer, mbah akan bersyukur punya poor man's snap-on ratcheting wrench godekable.
kl crack loose nya tetep pakai wrench stahlwille.
IMG_20200928_104946~3.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Omnibus wrote: Mon Sep 28, 2020 7:11
ternyata beneran kurang lendir dimana2 ini. yg jadi biang keladi itu spline gear (sambungan antara pinion shaft ke joint steer) yg sy kasih tanda hijau dan juga spline gear sambungan satunya ke EPS harus dikasih vet. bukan cross joint nya krn ga oblak dan ga seret.
mbah marmut, ngerti pasti kan krn mirip sm kemarin kasih vet di ratchet yg bikin suara jd halus.
dan kl suatu saat mobil gini masup bengkel tangsel ngurusin joint steer, mbah akan bersyukur punya poor man's snap-on ratcheting wrench godekable.
kl crack loose nya tetep pakai wrench stahlwille.
IMG_20200928_104946~3.jpg
teorinya, spline gear itu cukup oles grease tipis supaya mempermudah masukin shaft-nya. nggak perlu dileletin seperti nge-grase bearing.
toh itu kekunci sama baut 12mm dan kenceng.
Omnibus wrote: Mon Sep 28, 2020 7:11
ternyata beneran kurang lendir dimana2 ini. yg jadi biang keladi itu spline gear (sambungan antara pinion shaft ke joint steer) yg sy kasih tanda hijau dan juga spline gear sambungan satunya ke EPS harus dikasih vet. bukan cross joint nya krn ga oblak dan ga seret.
mbah marmut, ngerti pasti kan krn mirip sm kemarin kasih vet di ratchet yg bikin suara jd halus.
dan kl suatu saat mobil gini masup bengkel tangsel ngurusin joint steer, mbah akan bersyukur punya poor man's snap-on ratcheting wrench godekable.
kl crack loose nya tetep pakai wrench stahlwille.
IMG_20200928_104946~3.jpg
teorinya, spline gear itu cukup oles grease tipis supaya mempermudah masukin shaft-nya. nggak perlu dileletin seperti nge-grase bearing.
toh itu kekunci sama baut 12mm dan kenceng.
nah kebetulan bahas batang stir...
kalo di dekat klakson itu ada bearing / sejenisnya ga ya om...mungkin perlu dilumasi berkala jg
Omnibus wrote: Mon Sep 28, 2020 7:11
ternyata beneran kurang lendir dimana2 ini. yg jadi biang keladi itu spline gear (sambungan antara pinion shaft ke joint steer) yg sy kasih tanda hijau dan juga spline gear sambungan satunya ke EPS harus dikasih vet. bukan cross joint nya krn ga oblak dan ga seret.
mbah marmut, ngerti pasti kan krn mirip sm kemarin kasih vet di ratchet yg bikin suara jd halus.
dan kl suatu saat mobil gini masup bengkel tangsel ngurusin joint steer, mbah akan bersyukur punya poor man's snap-on ratcheting wrench godekable.
kl crack loose nya tetep pakai wrench stahlwille.
IMG_20200928_104946~3.jpg
Om, Tanya serius ....
Dari setir yang bawah dashboard. Semua besi yang nyambung ke besi sampai ke engine bay apakah boleh diberikan grease? Amsoil NLGI2. greasenya pun perlunya sedikit sekali.
Lebih ke arah preventive maintenance saja. Memang secara logika tidak ada hubungannya.
TAPI saya bayanginya begini... sekarang banyak part yang tidak presisi karena mengejar ongkos semurah mungkin.
Karena kadang nekan cost terlalu murah maka besinya diperkecil sehingga getaran tidak teredam alias naik sampai ke setir.
NAH ada bagian yang tidak presisi dan getaran tinggi bisa menyebabkan ada yang terasa getar getar
Dengan adanya Grease maka sebagian getaran teredam.
Soalnya di ANKI biarpun setelah claim getaran berkurang tetapi tidak habis
Terus saya lihat grease nya sudah kepencet/kegeser. Grease tersebut saya geser ke tempat seharusnya yang ada grease. Nah sepertinya getaran lebih soft lagi. Mungkin juga cuma perasaan saja
nah kebetulan bahas batang stir...
kalo di dekat klakson itu ada bearing / sejenisnya ga ya om...mungkin perlu dilumasi berkala jg
saya nggak tau karena belum pernah bongkar sampe situ.
kalaupun ada bearing/bushing, (imo) kurang kerjaan sampe ngelumasin gituan.
putaran setir seberapa cepet sih? seberapa banyak tekanan langsung yang diterima?
jadi menurut saya ngga usah dipikir.
Ijin bertanya om... panther 2010 kalo habis kepanasan di parkiran.... setir nya kok kocak ke atas bawah ya om.... kalo udah jalan agak lama hilang kocaknya. Itu penyakitnya apa ya om.?
Profith83 wrote: Mon Sep 28, 2020 7:50
Om, Tanya serius ....
Dari setir yang bawah dashboard. Semua besi yang nyambung ke besi sampai ke engine bay apakah boleh diberikan grease? Amsoil NLGI2. greasenya pun perlunya sedikit sekali.
Lebih ke arah preventive maintenance saja. Memang secara logika tidak ada hubungannya.
TAPI saya bayanginya begini... sekarang banyak part yang tidak presisi karena mengejar ongkos semurah mungkin.
Karena kadang nekan cost terlalu murah maka besinya diperkecil sehingga getaran tidak teredam alias naik sampai ke setir.
NAH ada bagian yang tidak presisi dan getaran tinggi bisa menyebabkan ada yang terasa getar getar
Dengan adanya Grease maka sebagian getaran teredam.
Soalnya di ANKI biarpun setelah claim getaran berkurang tetapi tidak habis
Terus saya lihat grease nya sudah kepencet/kegeser. Grease tersebut saya geser ke tempat seharusnya yang ada grease. Nah sepertinya getaran lebih soft lagi. Mungkin juga cuma perasaan saja
tepat seperti yg sy barusan lakukan om. pemikiran sy yg bersentuhan itu kl tdk ada grease lama2 ada gap dr gesekan.
nah kebetulan bahas batang stir...
kalo di dekat klakson itu ada bearing / sejenisnya ga ya om...mungkin perlu dilumasi berkala jg
saya nggak tau karena belum pernah bongkar sampe situ.
kalaupun ada bearing/bushing, (imo) kurang kerjaan sampe ngelumasin gituan.
putaran setir seberapa cepet sih? seberapa banyak tekanan langsung yang diterima?
jadi menurut saya ngga usah dipikir.
siap om...
saya penasaran krn mobil saya udah umur 20thn & rencana mau dipake 10thn lagi
odo udah 307rb km
Isroilputra700 wrote: Mon Sep 28, 2020 8:26
Kalo kap di buka ... yg dilingkari merah kocak20200928_152507.jpg
coba dipegang itu bahannya apa.
karena di peugeot 505 dan beberapa mobil lain, konstruksinya sama persis dan yang dilingkari merah itu bahannya karet.
beberapa periode musti ganti.
Omnibus wrote: Mon Sep 28, 2020 7:11
ternyata beneran kurang lendir dimana2 ini. yg jadi biang keladi itu spline gear (sambungan antara pinion shaft ke joint steer) yg sy kasih tanda hijau dan juga spline gear sambungan satunya ke EPS harus dikasih vet. bukan cross joint nya krn ga oblak dan ga seret.
mbah marmut, ngerti pasti kan krn mirip sm kemarin kasih vet di ratchet yg bikin suara jd halus.
dan kl suatu saat mobil gini masup bengkel tangsel ngurusin joint steer, mbah akan bersyukur punya poor man's snap-on ratcheting wrench godekable.
kl crack loose nya tetep pakai wrench stahlwille.
IMG_20200928_104946~3.jpg
Om, Tanya serius ....
Dari setir yang bawah dashboard. Semua besi yang nyambung ke besi sampai ke engine bay apakah boleh diberikan grease? Amsoil NLGI2. greasenya pun perlunya sedikit sekali.
Lebih ke arah preventive maintenance saja. Memang secara logika tidak ada hubungannya.
TAPI saya bayanginya begini... sekarang banyak part yang tidak presisi karena mengejar ongkos semurah mungkin.
Karena kadang nekan cost terlalu murah maka besinya diperkecil sehingga getaran tidak teredam alias naik sampai ke setir.
NAH ada bagian yang tidak presisi dan getaran tinggi bisa menyebabkan ada yang terasa getar getar
Dengan adanya Grease maka sebagian getaran teredam.
Soalnya di ANKI biarpun setelah claim getaran berkurang tetapi tidak habis
Terus saya lihat grease nya sudah kepencet/kegeser. Grease tersebut saya geser ke tempat seharusnya yang ada grease. Nah sepertinya getaran lebih soft lagi. Mungkin juga cuma perasaan saja
Wah jiwa asem reges saya terpanggil ...
Om mau ngurangin "subtle vibrate" di setir? Use this ....
Screenshot_20200928-160528_Gallery.jpg
Peredam aspal di suatu ruas intermediate shaft yg kira2 ga ada bersinggungan dengan komponen lainnya.
Memalukan? Check
Asem Reges Approved? Pending check
Getaran2 di setir berkurang? Check
=========
Kembali ke grease, kalau di masdut, ada TSB yg menyatakan beberapa tipe kudu diberi grease di intermediate shaft spline-nya .... karena grease bawaan pabrik cuman ala kadar/sedikit/kualitasnya mungkin bapuk
Mzd1.jpg
Mzd2.jpg
mzd3.jpg
TSB-nya sudah sejak 2007 .... tapi masih jadi acuan sampe mazda 3 (sebelum yg last gen ini), mazda 6, cx-3, mazda 2 ...
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Isroilputra700 wrote: Mon Sep 28, 2020 8:26
Kalo kap di buka ... yg dilingkari merah kocak20200928_152507.jpg
coba dipegang itu bahannya apa.
karena di peugeot 505 dan beberapa mobil lain, konstruksinya sama persis dan yang dilingkari merah itu bahannya karet.
beberapa periode musti ganti.
Itu ditengah ada bantalan karet bundar om.... apa mungkin itu penyebabnya...
Profith83 wrote: Mon Sep 28, 2020 7:50
Om, Tanya serius ....
Dari setir yang bawah dashboard. Semua besi yang nyambung ke besi sampai ke engine bay apakah boleh diberikan grease? Amsoil NLGI2. greasenya pun perlunya sedikit sekali.
Lebih ke arah preventive maintenance saja. Memang secara logika tidak ada hubungannya.
TAPI saya bayanginya begini... sekarang banyak part yang tidak presisi karena mengejar ongkos semurah mungkin.
Karena kadang nekan cost terlalu murah maka besinya diperkecil sehingga getaran tidak teredam alias naik sampai ke setir.
NAH ada bagian yang tidak presisi dan getaran tinggi bisa menyebabkan ada yang terasa getar getar
Dengan adanya Grease maka sebagian getaran teredam.
Soalnya di ANKI biarpun setelah claim getaran berkurang tetapi tidak habis
Terus saya lihat grease nya sudah kepencet/kegeser. Grease tersebut saya geser ke tempat seharusnya yang ada grease. Nah sepertinya getaran lebih soft lagi. Mungkin juga cuma perasaan saja
tepat seperti yg sy barusan lakukan om. pemikiran sy yg bersentuhan itu kl tdk ada grease lama2 ada gap dr gesekan.
Kalau saya tidak bongkar, langsung saya kasih grease gapapa yah om. Anggap saja lama kelamaan goyang2x kan kena ....
Terutama yang berputar putar.
Amsoil NLGI 2 kalau kena karet. apakah rusak karetnya? lama kelamaan? misal 5 thn