minta informasi...
kalo akselerasi sebagian besar di pengaruhi oleh apa ya ? apa itu cc besar atau torsi atau kompresinya atau panjang langkah , kopling , atau apa ya ?
sedangkan kalo top speed sebagian besar di pengaruhi oleh apa ya , di luar dari perbandingan gear dan ratio..?
he he he tolong yah makasihhh
para suhu suhu mesin,bisa tolong kita kita di percerah ....
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 56
- Joined: Tue May 22, 2007 7:04
- Location: jakarta
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 18
- Joined: Tue Jul 31, 2007 8:53
mungkin bisa jalan2 kesini nech (gw agak lupa, bener pa ga' ini link??)
http://triatmono.wordpress.com/2007/07/ ... -vs-power/

http://triatmono.wordpress.com/2007/07/ ... -vs-power/

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 56
- Joined: Tue May 22, 2007 7:04
- Location: jakarta
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 271
- Joined: Sun Jul 24, 2005 13:24
- Location: Jakarta
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 702
- Joined: Sat May 05, 2007 3:07
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1028
- Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
- Location: Indonesia
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 56
- Joined: Tue May 22, 2007 7:04
- Location: jakarta
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3512
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
Sedikit info dari M+. Mudah2an bermanfaat: http://www.motorplus-online.com/articles.asp?id=6554
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 842
- Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
- Location: Yogyakarta
akselerasi didapat dari perbandingan tenaga dan torsi. tapi lebih cenderung ke tenaga, sedangkan torsi lebih cenderung ke kemampuan mengangkut beban. kalo tenaga cenderung ke mesin over square (diameter piston lebih besr dari langkah), torsi cenderung ke mesin under square (kebalikan over sq), trus pemakaian katup (mesin 4 tak), pakai dohc menambah tenaga dan torsi (torsi lebih pada rpm atas), sedang sohc identik dengan torsi, tapi tenaga kurang (torsi di rpm rendah menengah). makin besar rasio kompresi, tenaga dan torsi bertambah, makin besar katup jg makin besar tenaga,
jadi, tinggal pilih, kalo ngedrag (buat akselerasi) mending pilih perpaduan yang square (torsi ma tenaga berimbang) atau oversquare, tapi tidak terlalu over (misal pada sepeda motor, diameter 60 mm, stroke, 54 mm) kalo under square, meski torsi di rpm rendah besar tapi di rpm atas sulit ngangkat, tenaga lebih kecil, padahal drag identik dengan pemakaian rpm menengah ke atas.
jadi, tinggal pilih, kalo ngedrag (buat akselerasi) mending pilih perpaduan yang square (torsi ma tenaga berimbang) atau oversquare, tapi tidak terlalu over (misal pada sepeda motor, diameter 60 mm, stroke, 54 mm) kalo under square, meski torsi di rpm rendah besar tapi di rpm atas sulit ngangkat, tenaga lebih kecil, padahal drag identik dengan pemakaian rpm menengah ke atas.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 24
- Joined: Sun May 25, 2008 6:46
- Location: Pontianak
Re: para suhu suhu mesin,bisa tolong kita kita di percerah ....
kata2 bro cloud 100% benar.
over stroke lebih pada pencapaian torsi pada putaran bawah hinnga menengah.
over bore belih pada pencapaiaan torsi dan daya kuda pada putaran diatas menengah.
bila cuma di pakai saat macet mending over stroke aja.
klo ngebut rpm atas over bore
namun pada over stroke perlu banyak rubahan dari pin stroke, conrod, paking khusus,liner, dll lebih rumit dan perlu tenaga AHLI.
over stroke lebih pada pencapaian torsi pada putaran bawah hinnga menengah.
over bore belih pada pencapaiaan torsi dan daya kuda pada putaran diatas menengah.
bila cuma di pakai saat macet mending over stroke aja.
klo ngebut rpm atas over bore
namun pada over stroke perlu banyak rubahan dari pin stroke, conrod, paking khusus,liner, dll lebih rumit dan perlu tenaga AHLI.