Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Untuk mobil baru, kok ndak ada yg menyarankan LC yak... Pasti badaknya kan
Atau panther lah. Murmer maintenance nya.
Klo pengalaman saya pemakai mobil jangka waktu lama. Fortuner diesel manual gen 1 sudah berumur 12th dan barusan servis rutin untuk 300.000km di plaza Toyota Citereup bengkel yang deket rumah.
Jalanan yg ditempuh sih kombinasi aspal dan tanah. Buat harian ngantor dan ke proyek. Seumur2 baru ganti shock di th ke 8 klo ndak salah 200.000an km lah. Itupun bukan masalah bocor tp kepingin ganti aja. Kuras tengki solar sekali, oya selalu bio solar ya dgn FC rata2 dalkot 1:12.
Rutin sih cuman ganti oli, filter2 ama pelumas gemuk kaki2. Filter solar aja cuman 60rb an murah kan ganti tiap 5000km lah. Ndak repotin nih mobil, cukup puas irit operasional dan perawatan. Pernah bocor air masuk dari kaca depan pas musim hujan mudik Jogja, masuk nasmoco dibenerin seal nya doang.
Beberapa kali tergoda ganti mobil tp ternyata susah berpaling. Memang capek kopling tp iritnya top. Asal AC dingin, setel musik dan ndak mogok an nyaman lah dijalan v
Bukan fanatik brand ya, tp udah nyaman aja ama yg satu ini
Bisa pk mobil jamsn L300 solar dan jd mobil perang tiap hari terus ganti T120SS smp skr pk GNA yg paling kuat jelas L300 yg paling ga enak/nanggung ya T120SS menurut saya.
Sampai skr pk LMPV masih suka ngehayal seandainya ketebalan body nya setara dg BMW
Minim perawatan itu bebas jajan kaki kaki? Ya tinggal pilih suspensi per daun macem Jimny, Katana, Taft & Rocky. Tapi jangan berharap kenyamanan ya, tabu dengan pernyataan "minim perawatan". Tinggal sediakan aja koyo buat punggung dan spare uang buat pijet badan wkwk
marmut wrote: Thu Sep 24, 2020 6:13
tunggu sebentar, ini tahun 2020 kan?
saya sudah pernah tulis di trit sienta kalau tidak salah, 2015-2016 lalu istri saya beli sienta brand new gres fresh from the oven. baru selesai serah terima dengan sales, saya bawa jalan itu ada suara klutuk-klutuk. plus konsumsi bahan bakar yang tidak normal sampai perlu penggantian 1 unit ECU.
jadi, nggak perlu nunggu 6 tahun buat gegantian ini itu.
kalau hidup di tahun 80 atau 90, mungkin saja beli mobil baru tanpa ada penggantian apapun. ini tahun 2020 bung, pabrik maunya kita ganti mobil setahun 2×.
punya mobil nggak pernah mogok itu nggak afdol.
ibarat menikah bertahun tahun tapi tidak pernah sekalipun adu mulut dengan istri. kalau grafik itu cuma garis lurus horisontal alias datar ngga ada dinamikanya naik turun. apa enaknya?
cobain lah sekali-kali mogok ditengah jalan atau ditengah hutan.... biar bisa nikmatin memiliki mobil.
seperti adu mulut dengan istri, pasti ujungnya akan berakhir dengan "adu mulut" juga.
punya mobil nggak pernah mogok itu nggak afdol.
ibarat menikah bertahun tahun tapi tidak pernah sekalipun adu mulut dengan istri. kalau grafik itu cuma garis lurus horisontal alias datar ngga ada dinamikanya naik turun. apa enaknya?
cobain lah sekali-kali mogok ditengah jalan atau ditengah hutan.... biar bisa nikmatin memiliki mobil.
seperti adu mulut dengan istri, pasti ujungnya akan berakhir dengan "adu mulut" juga.
Maaf om, karena saya bekerja di bagian Akunting dan bukan seorang mekanic dan berhubung mobil cuma 1 doank biar tabungan terus bertambah jadi mobil satu satunya tsb harus ready for use every day and never break down. Me love ,if my car always opreational never broken.[emoji2]
punya mobil nggak pernah mogok itu nggak afdol.
ibarat menikah bertahun tahun tapi tidak pernah sekalipun adu mulut dengan istri. kalau grafik itu cuma garis lurus horisontal alias datar ngga ada dinamikanya naik turun. apa enaknya?
cobain lah sekali-kali mogok ditengah jalan atau ditengah hutan.... biar bisa nikmatin memiliki mobil.
seperti adu mulut dengan istri, pasti ujungnya akan berakhir dengan "adu mulut" juga.
Maaf om, karena saya bekerja di bagian Akunting dan bukan seorang mekanic dan berhubung mobil cuma 1 doank biar tabungan terus bertambah jadi mobil satu satunya tsb harus ready for use every day and never break down. Me love ,if my car always opreational never broken.[emoji2]
Om perusahaannya udah apply psak updates belom tu?
punya mobil nggak pernah mogok itu nggak afdol.
ibarat menikah bertahun tahun tapi tidak pernah sekalipun adu mulut dengan istri. kalau grafik itu cuma garis lurus horisontal alias datar ngga ada dinamikanya naik turun. apa enaknya?
cobain lah sekali-kali mogok ditengah jalan atau ditengah hutan.... biar bisa nikmatin memiliki mobil.
seperti adu mulut dengan istri, pasti ujungnya akan berakhir dengan "adu mulut" juga.
Maaf om, karena saya bekerja di bagian Akunting dan bukan seorang mekanic dan berhubung mobil cuma 1 doank biar tabungan terus bertambah jadi mobil satu satunya tsb harus ready for use every day and never break down. Me love ,if my car always opreational never broken.[emoji2]
yah jangan sampe rusak om, masi longggg way to go lohh ke 20 years owning experience milestone nya, baru jalan 6 taon ini
marmut wrote:
punya mobil nggak pernah mogok itu nggak afdol.
ibarat menikah bertahun tahun tapi tidak pernah sekalipun adu mulut dengan istri. kalau grafik itu cuma garis lurus horisontal alias datar ngga ada dinamikanya naik turun. apa enaknya?
cobain lah sekali-kali mogok ditengah jalan atau ditengah hutan.... biar bisa nikmatin memiliki mobil.
seperti adu mulut dengan istri, pasti ujungnya akan berakhir dengan "adu mulut" juga.
masih.
berminat?
Maaf om, karena saya bekerja di bagian Akunting dan bukan seorang mekanic dan berhubung mobil cuma 1 doank biar tabungan terus bertambah jadi mobil satu satunya tsb harus ready for use every day and never break down. Me love ,if my car always opreational never broken.[emoji2]
Om perusahaannya udah apply psak updates belom tu?
Perusahaan tempat saya kerja sudah apply update nya.
marmut wrote:
punya mobil nggak pernah mogok itu nggak afdol.
ibarat menikah bertahun tahun tapi tidak pernah sekalipun adu mulut dengan istri. kalau grafik itu cuma garis lurus horisontal alias datar ngga ada dinamikanya naik turun. apa enaknya?
cobain lah sekali-kali mogok ditengah jalan atau ditengah hutan.... biar bisa nikmatin memiliki mobil.
seperti adu mulut dengan istri, pasti ujungnya akan berakhir dengan "adu mulut" juga.
masih.
berminat?
Maaf om, karena saya bekerja di bagian Akunting dan bukan seorang mekanic dan berhubung mobil cuma 1 doank biar tabungan terus bertambah jadi mobil satu satunya tsb harus ready for use every day and never break down. Me love ,if my car always opreational never broken.[emoji2]
yah jangan sampe rusak om, masi longggg way to go lohh ke 20 years owning experience milestone nya, baru jalan 6 taon ini
Yup, masa runningnya baru dari mei 2014 sampai skrg sept 2020 and still go on. Will continue update in the future.
punya mobil nggak pernah mogok itu nggak afdol.
ibarat menikah bertahun tahun tapi tidak pernah sekalipun adu mulut dengan istri. kalau grafik itu cuma garis lurus horisontal alias datar ngga ada dinamikanya naik turun. apa enaknya?
cobain lah sekali-kali mogok ditengah jalan atau ditengah hutan.... biar bisa nikmatin memiliki mobil.
seperti adu mulut dengan istri, pasti ujungnya akan berakhir dengan "adu mulut" juga.
Pdhl mogok gegara accu ngambek jg udah biasa bgt tiba tiba ngambek aja gituuu pdhl dari rumah lancar jaya.
ane punya nih kalo minim perawatan alias orang ga suka ngebengkel semacem ane...
kendaraan perang ane ge8 & rm buat nembus ganjil genep ganti2 tiap hari, sekarang ga ada gage lebi enak pake ge8
profil :
1. ge8 -> umur 12 taon
2. rm -> umur 8 taon
Ge8 historicalnya cuman pernah ganti coil semuanya 4 biji di taon ke 10 sama electrical spion mati di taon ke 8...shockbreaker sama bubut discbrake di taon ke 7 sisanya ga pernah ngebengkel yang aneh2...oo iya walopun ini bukan part si, bridgestone standaran yang biasa dipake di ge8 bbrp kali benjol ganti merk dunlop sama hankook aman ga ngerti knp bridgestone begitu pernah ganti hampir 3 kali ttp aja benjol
RM electrical ga ada yang rusak sama sekali, cuman ac kemaren ganti bbrp part kondensor sama evap kena di taon ke 8 untuk ac bbrp kali emang kondensor kena ga tau knp katanya rm emang lemah di ac...engine mounting sama steering rack aman, blom perna ganti coil...shock ga tau rasanya si masi aman
Jamu cuman pake oil full synth sama premium/pertalite tergantung yang ada apa...(abis ini g dikatain beli mobil ga mampu beli bensin..LOL)
Sorry to say buat orang yang hobby ngebengkel saya sih ga suka...ampe saya bingung kadang2 ga pernah rusak ni mobil kalo usia part ya wajar lah... biaya ganti2 tadi kalo ditotal blom sampe 50jt utk seumur pemakaian
rusuh 2012---> km 100.000 on going, baru ganti ban(bs dueler ht) sama kampas rem
agay 2015---> km 98.000 on going, ganti ban(bs turanza) kampas rem sm engine mounting(klaim 2x toyota-gratis)
sx4 2008 ----> km 54.000 on going, ganti ban(bs turanza) sm bersihin piston rem belakang
kendaraan standar cuman upgrade audio aja
masuk minim perawatan ga tuh?
note : servis pas gratisan dari delaer aja, sekarang ganti2 fluid, kampas rem diy aja
ngalih wrote: Thu Sep 24, 2020 13:04
Untuk mobil baru, kok ndak ada yg menyarankan LC yak... Pasti badaknya kan
Atau panther lah. Murmer maintenance nya.
Klo pengalaman saya pemakai mobil jangka waktu lama. Fortuner diesel manual gen 1 sudah berumur 12th dan barusan servis rutin untuk 300.000km di plaza Toyota Citereup bengkel yang deket rumah.
Jalanan yg ditempuh sih kombinasi aspal dan tanah. Buat harian ngantor dan ke proyek. Seumur2 baru ganti shock di th ke 8 klo ndak salah 200.000an km lah. Itupun bukan masalah bocor tp kepingin ganti aja. Kuras tengki solar sekali, oya selalu bio solar ya dgn FC rata2 dalkot 1:12.
Rutin sih cuman ganti oli, filter2 ama pelumas gemuk kaki2. Filter solar aja cuman 60rb an murah kan ganti tiap 5000km lah. Ndak repotin nih mobil, cukup puas irit operasional dan perawatan. Pernah bocor air masuk dari kaca depan pas musim hujan mudik Jogja, masuk nasmoco dibenerin seal nya doang.
Beberapa kali tergoda ganti mobil tp ternyata susah berpaling. Memang capek kopling tp iritnya top. Asal AC dingin, setel musik dan ndak mogok an nyaman lah dijalan v
Bukan fanatik brand ya, tp udah nyaman aja ama yg satu ini
Saya juga tidak fanatik ke brand. Buat apa fanatik kalau memang mobil tersebut problem ....
Percuma fanatik kalau DUIT dan WAKTU kita habis ngurusin mobil. benar gak om?
Bagi sebagian orang OK. Bagi saya waktunya lebih baik buat refreshing dan keluarga
DOHC wrote: Thu Sep 24, 2020 13:41
jawapan nya jelas... ipah smua generasi, tapi yg bensin manual
terbukti sbagai mobil travel di kalimantan, sulawesi, papua.. dann mobil faforit nya pelat merah
Ipah saya setuju, malah enak Dieselnya terutama 2 KD. Saya punya tahun 2012 wow tokcer sampai sekarang
Down Pipe dari pabrik tanpa Catalytic Converter (gak bingung mampet)
EGR dari pabrik ... tidak saya tutup EGR.
Tidak pakai OCT
Intinya semua standard pabrik ... mesin sampai sekarang 80rb KM masih mantap. Tanjakan manapun diisi 8 orang joss masih naik
Last edited by Profith83 on Fri Sep 25, 2020 2:51, edited 1 time in total.
ngalih wrote: Thu Sep 24, 2020 13:04
Untuk mobil baru, kok ndak ada yg menyarankan LC yak... Pasti badaknya kan
Atau panther lah. Murmer maintenance nya.
Klo pengalaman saya pemakai mobil jangka waktu lama. Fortuner diesel manual gen 1 sudah berumur 12th dan barusan servis rutin untuk 300.000km di plaza Toyota Citereup bengkel yang deket rumah.
Jalanan yg ditempuh sih kombinasi aspal dan tanah. Buat harian ngantor dan ke proyek. Seumur2 baru ganti shock di th ke 8 klo ndak salah 200.000an km lah. Itupun bukan masalah bocor tp kepingin ganti aja. Kuras tengki solar sekali, oya selalu bio solar ya dgn FC rata2 dalkot 1:12.
Rutin sih cuman ganti oli, filter2 ama pelumas gemuk kaki2. Filter solar aja cuman 60rb an murah kan ganti tiap 5000km lah. Ndak repotin nih mobil, cukup puas irit operasional dan perawatan. Pernah bocor air masuk dari kaca depan pas musim hujan mudik Jogja, masuk nasmoco dibenerin seal nya doang.
Beberapa kali tergoda ganti mobil tp ternyata susah berpaling. Memang capek kopling tp iritnya top. Asal AC dingin, setel musik dan ndak mogok an nyaman lah dijalan v
Bukan fanatik brand ya, tp udah nyaman aja ama yg satu ini
Saya juga tidak fanatik ke brand. Buat apa fanatik kalau memang mobil tersebut problem ....
Percuma fanatik kalau DUIT dan WAKTU kita habis ngurusin mobil. benar gak om?
Bagi sebagian orang OK. Bagi saya waktunya lebih baik buat refreshing dan keluarga
Agree om.....
Skrg lebih baik dipisah..mobil perang cari duit...mbl keluarga..atau mobil hobi..
udah kapok kasian ajak keluarga naik mobil dikit2 trouble dijalan...kalo kita sendiri sih terserag...hehheheh
Herman7103 wrote: Thu Sep 24, 2020 14:04
Maaf om, karena saya bekerja di bagian Akunting dan bukan seorang mekanic dan berhubung mobil cuma 1 doank biar tabungan terus bertambah jadi mobil satu satunya tsb harus ready for use every day and never break down. Me love ,if my car always opreational never broken.[emoji2]
Om perusahaannya udah apply psak updates belom tu?
Perusahaan tempat saya kerja sudah apply update nya.
Keren dong om..brti perusahaannya concern sm pembukuannya
Ada impact nggk tu om?
ngalih wrote: Thu Sep 24, 2020 13:04
Untuk mobil baru, kok ndak ada yg menyarankan LC yak... Pasti badaknya kan
Atau panther lah. Murmer maintenance nya.
Klo pengalaman saya pemakai mobil jangka waktu lama. Fortuner diesel manual gen 1 sudah berumur 12th dan barusan servis rutin untuk 300.000km di plaza Toyota Citereup bengkel yang deket rumah.
Jalanan yg ditempuh sih kombinasi aspal dan tanah. Buat harian ngantor dan ke proyek. Seumur2 baru ganti shock di th ke 8 klo ndak salah 200.000an km lah. Itupun bukan masalah bocor tp kepingin ganti aja. Kuras tengki solar sekali, oya selalu bio solar ya dgn FC rata2 dalkot 1:12.
Rutin sih cuman ganti oli, filter2 ama pelumas gemuk kaki2. Filter solar aja cuman 60rb an murah kan ganti tiap 5000km lah. Ndak repotin nih mobil, cukup puas irit operasional dan perawatan. Pernah bocor air masuk dari kaca depan pas musim hujan mudik Jogja, masuk nasmoco dibenerin seal nya doang.
Beberapa kali tergoda ganti mobil tp ternyata susah berpaling. Memang capek kopling tp iritnya top. Asal AC dingin, setel musik dan ndak mogok an nyaman lah dijalan v
Bukan fanatik brand ya, tp udah nyaman aja ama yg satu ini
Saya juga tidak fanatik ke brand. Buat apa fanatik kalau memang mobil tersebut problem ....
Percuma fanatik kalau DUIT dan WAKTU kita habis ngurusin mobil. benar gak om?
Bagi sebagian orang OK. Bagi saya waktunya lebih baik buat refreshing dan keluarga
Agree om.....
Skrg lebih baik dipisah..mobil perang cari duit...mbl keluarga..atau mobil hobi..
udah kapok kasian ajak keluarga naik mobil dikit2 trouble dijalan...kalo kita sendiri sih terserag...hehheheh
Innova pun yang Reborn jauh lebih bandel drpd yang All New Kijang Innova. Saya punya ke 2 nya.
Yang All New Kijang Innova punya saya ini list problemnya: (saya tidak bilang terkena semua yah)
1. Turbo pernah TWC, gantinya Turbo ada bunyi putus tipis sekali. > rata rata bisa dibilang 50% bunyi, ada yang tipis ada yang keras. Sampai sekarang tetap tipis bunyinya tidak bertambah. Mobil baru di show room dari 4 mobil yang ada, hanya 1 saja yang bunyi turbonya samar, yang lain langsung terdengar. Sebenarnya bunyi Turbo didengar waktu mesin panas.
2. Piringan rem cakram pernah peyang dan claim garansi 1x. Sampai sekarang belum peyang lagi
3. Yolk steer claim garansi 1x karena semua kontur jalan terasa di setir.
Jazz i-DSI 2005 sdh 15 tahun , dengan pemakaian 235.[cencored] Km
Hampir semua parts kaki-kaki sudah diganti, engine sdh porting-polish & ring piston masih original.
List pengantian spareparts selama 15 taon pemakaian sbb :
- Magnet clutch, Kompressor 1 set , motor fan
- Rack steer (service)
- Kampas kopling (full set)
- Engine mounting, shock-breaker, karet support, lower swing arm, tierod/long tierod
- Bearing roda depan/belakang,
- Piring rem (disc-brake), master rem
- Fuel pump assy
- Extra fan radiator
- Sensor O2
- Koil
Mostly, pengantian parts tersebut di sektor kaki-kaki.
Untuk spareparts jazz relatif murah meriah dan banyak produk OEM / KW jadi wajarlah kalau sekitar 2-3 taon ganti
Ini mobil kalau dirawat enak buat mobil perang dalkot, lebih sering dipakai dibanding Innova & CRV RM ane yang jadi garage queen di garasi.
Ada lagi selain fortie lama (ini dah terbukti bgt):
Navara d40, bokap pake dr 2008-2019 cuman benerin kompresor ac di 2018. Sisanya cuman fast moving parts n perawatan biasa.
Pasport gls 2010-2017 jg sama, ga ada jajan slow moving, makanya ganti ke anps dakkar
Rush s 2015, nasih dipake nyokap ampe sekarang. Jajanya jg yg fast moving aja.
Itu semua paling mahal jajan batre doank ama body repair klo keserempet
yanuarra wrote:
Om perusahaannya udah apply psak updates belom tu?
Perusahaan tempat saya kerja sudah apply update nya.
Keren dong om..brti perusahaannya concern sm pembukuannya
Ada impact nggk tu om?
Perusahaan memang concern sekali dengan pembukuan yang di selalu di audit oleh Ernst and Young (top Auditor firm in the world). So far so good dan next project mau beli software SAP (harganya top markotop) untuk gantikan software Microsoft Dynamic AX 2009.
-Yaris bapkao s at , pake 4 tahun dari 2006-2010, cuma ganti oli dan servis rutin aja
-GE8 RS AT, pake 9 tahun, dari 2009-2018, cuma ganti kompresor ac sekali, shock sekali , sm engine mounting sekali + rattle di dasbor disisi sopir pas tahun ke 7 which is saya anggap wajar karena mobil udah berumur
- CX5 2.0 Touring, pake 6 tahun dari 2013-2019, cuma ganti shock sekali, engine mounting sekali, sisanya no complain
- Xpander ultimate AT 2017 , pake 2,5 tahunan (2018 - 2020) , mobilnya jg for sale, cuma kena idle up sekali ,sm ganti kompresor AC sekali doang
- CX5 2018, dipake sm ortu sampe sekarang, baru ganti aki istop sekali doang
- CRV gen 2 2.0 AT , pake 6 tahun , dari 2005 -2011, cuma ganti engine mounting sekali doang
- Yaris joker TRD CVT 2019, pakean saya sampe sekarang, cuma servis rutin dan ganti oli aja
Herman7103 wrote: Thu Sep 24, 2020 23:23
Perusahaan tempat saya kerja sudah apply update nya.
Keren dong om..brti perusahaannya concern sm pembukuannya
Ada impact nggk tu om?
Perusahaan memang concern sekali dengan pembukuan yang di selalu di audit oleh Ernst and Young (top Auditor firm in the world). So far so good dan next project mau beli software SAP (harganya top markotop) untuk gantikan software Microsoft Dynamic AX 2009.