Mobil Perang - sangat minim perawatan
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4630
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Mobil Perang - sangat minim perawatan
Yuk bahas mobil sesuai topic.
Kita pasti ingin pakai mobil, kita naik mobil yang tidak rewel. Asumsi mobil dipakai minim 10 thn keatas.
Saya tidak suka beli mobil yang 1 thn sekali harus ke bengkel, misal :
thn ke 6 ganti bearing, ganti lower arm,
thn ke 7 ganti engine mounting, ganti shock
thn ke 8 ganti long tie road dan tie road end
thn ke 9 ganti CV joint.
dstnya ....
Saya tidak suka beli mobil, tapi kita dipersulit mobil itu sendiri karena mobil tiap tahun minta jajan.
Kalau perawatan rutin misalnya dibawah ini adalah normal :
Ganti olie mesin dan filter, oli transmisi dan filter, oli rem, oli gardan, oli power steering, belt, bersihkan TB, cairan pendingin, grease di bagian rack end, propeler shaft adalah termasuk memang harus diberi grease.
Yang saya pernah pakai mobil tersebut namanya Kijang Innova. 8 thn lebih masih mantap ... belum ada ganti. cuma ganti long tie road karena salah pemakaian.
Jika ada mobil yang lain bisa posting disini agar bisa dijadikan pilihan
Kita pasti ingin pakai mobil, kita naik mobil yang tidak rewel. Asumsi mobil dipakai minim 10 thn keatas.
Saya tidak suka beli mobil yang 1 thn sekali harus ke bengkel, misal :
thn ke 6 ganti bearing, ganti lower arm,
thn ke 7 ganti engine mounting, ganti shock
thn ke 8 ganti long tie road dan tie road end
thn ke 9 ganti CV joint.
dstnya ....
Saya tidak suka beli mobil, tapi kita dipersulit mobil itu sendiri karena mobil tiap tahun minta jajan.
Kalau perawatan rutin misalnya dibawah ini adalah normal :
Ganti olie mesin dan filter, oli transmisi dan filter, oli rem, oli gardan, oli power steering, belt, bersihkan TB, cairan pendingin, grease di bagian rack end, propeler shaft adalah termasuk memang harus diberi grease.
Yang saya pernah pakai mobil tersebut namanya Kijang Innova. 8 thn lebih masih mantap ... belum ada ganti. cuma ganti long tie road karena salah pemakaian.
Jika ada mobil yang lain bisa posting disini agar bisa dijadikan pilihan
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1835
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan
saya bukan fanatik...merk yg pernah dipake juga macam2...
hanya bisa rekomen kijang (start jaman kapsul krn udh ga perlu stel klep s/d efi)
kl innova sy blm pernah punya jd ga bs rekomen
hanya bisa rekomen kijang (start jaman kapsul krn udh ga perlu stel klep s/d efi)
kl innova sy blm pernah punya jd ga bs rekomen
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12277
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan
Yang mendekati innova ya saudara kandungnya (fortuner, hilux) 

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 763
- Joined: Sun Apr 26, 2009 16:30
Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan
yaris bakpau (MT) pake dari baru thn 2010 - 2016. dijual km 60rb. full stock cuma pake filter udara K&N. servis rutin di beres terus. sampe dijual blm pernah ganti parts slow moving dan masih normal dipakenya enak2 aja.
mobil lain banyak jajannya haha
mobil lain banyak jajannya haha
-
- SM Specialist
- Posts: 4780
- Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
- Location: Kota Bogor
- Daily Vehicle: ANF 2019
Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan
Saya akui... Fortuner emang kuat... (Jumat malam lalu saya ngalamin sendiri)
apalagi Hilux ..sudah terbukti kan di remukin masih jalan aja.. hehehe (iklan banget sih..)



-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3044
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan
Pake "SCANIA" juga tangguh n awet um .... kalau di jabodetabek include "chauffeur" ... daily cost IDR 7.000 lah kira2 sudah sama perawatan dll.
Eh ...

Eh ...



-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3030
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan
Klo gw sih masih bisa tolelir parts rusak, karena usia pemakaian. Wajar ganti lah yah namanya juga dipake..
Sekelas eropa pun semisal butuh ganti parts, ya ganti. Cuman yg bikin kesel semisal udah ganti, ga sampe 2-3 tahun eh rusak lagi minta ganti lg wkwkwkwk....
Sama concern kedua yah harga partsnya.... mobil jepang rata2 lebih murmer mencret.
Sama2 rusak, sama2 butuh ganti spareparts. Tapi beda harga bisa 3 atau 4 kali lipat .....
Contoh contohh:
Ganti steering rack alphard/vellfire segelundung cuman 16 juta... Begitu di bmw F30 , harga 40 jt.... walaupun bisa direpair sihh ga sampe 5 juta kelar.
Kemaren nonton video mas wahid tuh. Mercy beli bekas taxi tiara mencret. Di diagnosa sama butuh perbaikan ganti parts. Total2 80 jt hahahaha
Mau enak & peace of mind ya pelihara jepang... innova; fortuner; pajero sport; avanza; rush; hrv; crv; civic; altis; camry; suzuki line up; dst dst
Sekelas eropa pun semisal butuh ganti parts, ya ganti. Cuman yg bikin kesel semisal udah ganti, ga sampe 2-3 tahun eh rusak lagi minta ganti lg wkwkwkwk....
Sama concern kedua yah harga partsnya.... mobil jepang rata2 lebih murmer mencret.
Sama2 rusak, sama2 butuh ganti spareparts. Tapi beda harga bisa 3 atau 4 kali lipat .....
Contoh contohh:
Ganti steering rack alphard/vellfire segelundung cuman 16 juta... Begitu di bmw F30 , harga 40 jt.... walaupun bisa direpair sihh ga sampe 5 juta kelar.
Kemaren nonton video mas wahid tuh. Mercy beli bekas taxi tiara mencret. Di diagnosa sama butuh perbaikan ganti parts. Total2 80 jt hahahaha
Mau enak & peace of mind ya pelihara jepang... innova; fortuner; pajero sport; avanza; rush; hrv; crv; civic; altis; camry; suzuki line up; dst dst
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 418
- Joined: Fri Dec 28, 2012 22:59
- Location: CID +6221
- Daily Vehicle: Kawa EX650E
Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan
untuk tahun 2020, sepertinya agak susah nyari mobil perang begitu. tokinov n suv ladder frame-based aja palingan.
kalo geng LMPV jaman now gak yakin bisa, kecuali cuma jadi garage queen.
5 taun dah minta parts kaki2, mounting, termasuk yang rwd juga ada aja pr aneh2nya.
kalo mobil keluaran 2000~2010 banyak yg mampu seperti itu.
tapi entah deh kalo barang 2020 dengan teknologi 2000 macem Panther.
tau ndiri lah cost saving pabrikan jaman now kayak apa, material makin tipis, cat makin sedikit, yang tadinya besi/almu diganti plastik n so on...
kalo geng LMPV jaman now gak yakin bisa, kecuali cuma jadi garage queen.
5 taun dah minta parts kaki2, mounting, termasuk yang rwd juga ada aja pr aneh2nya.
kalo mobil keluaran 2000~2010 banyak yg mampu seperti itu.
tapi entah deh kalo barang 2020 dengan teknologi 2000 macem Panther.
tau ndiri lah cost saving pabrikan jaman now kayak apa, material makin tipis, cat makin sedikit, yang tadinya besi/almu diganti plastik n so on...
The Government wants Power! They rob it from our engines.
EX650E '12 | NA4W '08 | CBA-RJ1 '08 | CBA-YA5 '09
EX650E '12 | NA4W '08 | CBA-RJ1 '08 | CBA-YA5 '09
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan
awas nanti dibilang indoktrinasi buat beli brand tertentu... 
biasanya si mobil yang generik kalo ini, yang didesain untuk heavy duty : innova/fortuner, isuzu panther/mux, mitsu pasport... dari ketiga ini aja punya tingkat durability tersendiri.
klo sedan / crossover front wheel drive itu sebenernya asal rute cenderung rutin minim hajar lobang 90% aspal biasanya awet, tapi di indonesia highly unlikely ga ketemu lobang di jalan... minimal 50% jalan sehari-hari ada lobang atau gronjalan
plastic material sebenernya gpp sih lebih ringan dan tidak rawan karat... cm emang untuk repair harus ganti semua se panel... itu yang repot. orang kita lbh suka bahan besi krn bisa dilas las dan kenteng kenteng... klo cat tipis gampang kegores emg ngeselin sehh tp less paint emang salah satu usaha buat ngurangin emisi jg.

biasanya si mobil yang generik kalo ini, yang didesain untuk heavy duty : innova/fortuner, isuzu panther/mux, mitsu pasport... dari ketiga ini aja punya tingkat durability tersendiri.
klo sedan / crossover front wheel drive itu sebenernya asal rute cenderung rutin minim hajar lobang 90% aspal biasanya awet, tapi di indonesia highly unlikely ga ketemu lobang di jalan... minimal 50% jalan sehari-hari ada lobang atau gronjalan

biasanya ada sikittt diubah ubah... ane ga tau kalo penter, tp ada pengalaman dgn L300. L300 keluaran baru-baru ini radiatornya beda dgn dulu, lbh kecil, dan bbrp material plastic. mungkin dari mitsu berasumsi dengan payload rekomendasi pabrikan tdk perlu radiator besar-besar spt dulu, masalahnya ini indonesia, elsapek bisa dipake buat muat 3 ton lebih... sisanya nyali supir. akibatnya ya cooling system pasti jadi korban.racho wrote: Thu Sep 24, 2020 4:53
tapi entah deh kalo barang 2020 dengan teknologi 2000 macem Panther.
tau ndiri lah cost saving pabrikan jaman now kayak apa, material makin tipis, cat makin sedikit, yang tadinya besi/almu diganti plastik n so on...
plastic material sebenernya gpp sih lebih ringan dan tidak rawan karat... cm emang untuk repair harus ganti semua se panel... itu yang repot. orang kita lbh suka bahan besi krn bisa dilas las dan kenteng kenteng... klo cat tipis gampang kegores emg ngeselin sehh tp less paint emang salah satu usaha buat ngurangin emisi jg.
Last edited by ChZ on Thu Sep 24, 2020 5:06, edited 2 times in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan
Harapannya terlalu tinggi pak. Selain maintenance rutin ya harus mau yang slow moving, udah resiko piara mobil.
MSU saya 128rb km, 2012, selain rawat rutin, juga sudah ganti bearing depan kanan. Kita sudah pakai dengan proper tapi ada faktor2 lain di luar perhitungan kita.
Kalau malas ini itu ya ngegrab sajalah
MSU saya 128rb km, 2012, selain rawat rutin, juga sudah ganti bearing depan kanan. Kita sudah pakai dengan proper tapi ada faktor2 lain di luar perhitungan kita.
Kalau malas ini itu ya ngegrab sajalah
Das Beste oder nichts.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan
agak susah nih ... krn yg paling utama itu jalanan yg sehari2 kita lewati. kl jalanannya model gelombang sering dilewatin container sih mobil apa juga akan premature failure, bukan cuma kaki2 tp semua yg ikut bergoyang. termasuk jd rattle2.
trus ban pilih yg dr sononya pakai aspect ratio tebal. lupakan aspect ratio 55 ke bawah, minimal 60 ke atas lah.
kl drivetrain wise, jgn pelit di cairan2 macam oli dan fluida2 lain. kuras kl perlu sebelum waktunya. kata orang oil is actually cheap insurance for longevity even the most expensive one is still cheaper than having an overhaul. filter2 juga jangan pelit buat ganti.
bicara maintenance costs, ngirit boleh2 aja tapi too cheap juga jangan.
trus ban pilih yg dr sononya pakai aspect ratio tebal. lupakan aspect ratio 55 ke bawah, minimal 60 ke atas lah.
kl drivetrain wise, jgn pelit di cairan2 macam oli dan fluida2 lain. kuras kl perlu sebelum waktunya. kata orang oil is actually cheap insurance for longevity even the most expensive one is still cheaper than having an overhaul. filter2 juga jangan pelit buat ganti.
bicara maintenance costs, ngirit boleh2 aja tapi too cheap juga jangan.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 742
- Joined: Mon Nov 30, 2015 1:44
- Location: Surakarta
- Daily Vehicle: Toyota Kijang Innova V D4D 2013
Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan
Saya dl sempat pelihara panther 16 tahun, ga ada jajan aneh2.. perasaan itu mbl kuat2 aja walaupun dipake perang asal2an.. terakhir dijual karena ngobos dan peremajaan aja ganti ke d4d
2013 Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5 (retired)
2020 CRV RW1 1.5TC
2020 CRV RW1 1.5TC
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan
wuih ada sesepuh turun gunung....Nightster Guy wrote: Thu Sep 24, 2020 4:56 Harapannya terlalu tinggi pak. Selain maintenance rutin ya harus mau yang slow moving, udah resiko piara mobil.
MSU saya 128rb km, 2012, selain rawat rutin, juga sudah ganti bearing depan kanan. Kita sudah pakai dengan proper tapi ada faktor2 lain di luar perhitungan kita.
Kalau malas ini itu ya ngegrab sajalah

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan
Sepakat sih. Paling simpel ya pake teksi onlen.Nightster Guy wrote:Harapannya terlalu tinggi pak. Selain maintenance rutin ya harus mau yang slow moving, udah resiko piara mobil.
MSU saya 128rb km, 2012, selain rawat rutin, juga sudah ganti bearing depan kanan. Kita sudah pakai dengan proper tapi ada faktor2 lain di luar perhitungan kita.
Kalau malas ini itu ya ngegrab sajalah
Tapi benernya siih, kalo pake sparepart asli merk mobilnya, sebenernya bisa dibilang awet lho. Tapi awetnya di slow movingnya. Misal kampas rem.
Biasanya kalo kampas rem merk mobilnya, maka pabrikan mempertimbangkan keawetan cakram rem maupun tromol rem nya ketimbang kampas rem. Ada yg misalnya pingin ga cepet2 ganti kampas rem, ganti dengan yg gak orisinil yg lebih awet, atau kawin silang merk mobil lain. Tapi resikonya adlh kena di cakram atau tromol nya.
By the way, mau saya antar kemana Pak..? Pake greb now aja Pak..
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan
Maap om, MSU mobil apa ya? mitsubishi ato apaNightster Guy wrote: Thu Sep 24, 2020 4:56 Harapannya terlalu tinggi pak. Selain maintenance rutin ya harus mau yang slow moving, udah resiko piara mobil.
MSU saya 128rb km, 2012, selain rawat rutin, juga sudah ganti bearing depan kanan. Kita sudah pakai dengan proper tapi ada faktor2 lain di luar perhitungan kita.
Kalau malas ini itu ya ngegrab sajalah

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2308
- Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00
Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan
pernah pakai :
opel blazer, 18 tahun pemakaian untuk sektor mesin tergolong awet dan mengarah ke badak.. problem cuma 2-3 tahun bermasalah di radiator, thermostat dkk.. gejalanya kalau udah overheat pasti ga jauh2 dari itu.. kaki2 yg memble, tapi ya ini karena sudah saya bodylift dan suspension lift.. jadi tiap 1tahun ada aja setting kaki2 lagi.. gladakan terus.. dijual dengan 310rb km
livina, termasuk badak bgt.. always service rutin / 10rb km.. ganti kompressor ac di tahun ke 5. mesin belum pernah ada masalah, ganti aki udah 3x, peremajaan parts besar2an di service 70rb.. kalau masalah glitik sih udah bawaan orok.. sekarang udah 135rb km
serena C26 yg agak memble.. beli tahun 2015, di tahun 2016 udah ganti steering rack.. tahun 2017 ganti aki, HU error, ganti dinamo PSD, balljoint, dkk.. tahun 2018 ganti kompressor AC.. interior rattle di sliding door, kaki2 gladakan lg.. padahal nyetir udah priyayi bgt.. tetap dipertahankan unitnya karena ibunda sayang bgt sama mobil ini.. sekarang 80rb km
suzuki ignis, beli tahun 2018 sampai tahun 2020 cuma ganti altenator aja sama aki, itu juga baru bulan lalu.. 2 tahun sudah menempuh 55rb km.. kaki2 masih senyap, BQ interior masih bagus, no rattle.. service rutin / 10rb km
OS cuma pake 6 bulan jadi ga masuk review.. peugeot 206 buat mobil hobi (udah swap engine 2x) jadi ga masuk review..
untuk skarang ini, kategiri mobil badak yg pernah saya pakai, livina 2009 sama ignis 2018..
opel blazer, 18 tahun pemakaian untuk sektor mesin tergolong awet dan mengarah ke badak.. problem cuma 2-3 tahun bermasalah di radiator, thermostat dkk.. gejalanya kalau udah overheat pasti ga jauh2 dari itu.. kaki2 yg memble, tapi ya ini karena sudah saya bodylift dan suspension lift.. jadi tiap 1tahun ada aja setting kaki2 lagi.. gladakan terus.. dijual dengan 310rb km
livina, termasuk badak bgt.. always service rutin / 10rb km.. ganti kompressor ac di tahun ke 5. mesin belum pernah ada masalah, ganti aki udah 3x, peremajaan parts besar2an di service 70rb.. kalau masalah glitik sih udah bawaan orok.. sekarang udah 135rb km
serena C26 yg agak memble.. beli tahun 2015, di tahun 2016 udah ganti steering rack.. tahun 2017 ganti aki, HU error, ganti dinamo PSD, balljoint, dkk.. tahun 2018 ganti kompressor AC.. interior rattle di sliding door, kaki2 gladakan lg.. padahal nyetir udah priyayi bgt.. tetap dipertahankan unitnya karena ibunda sayang bgt sama mobil ini.. sekarang 80rb km
suzuki ignis, beli tahun 2018 sampai tahun 2020 cuma ganti altenator aja sama aki, itu juga baru bulan lalu.. 2 tahun sudah menempuh 55rb km.. kaki2 masih senyap, BQ interior masih bagus, no rattle.. service rutin / 10rb km
OS cuma pake 6 bulan jadi ga masuk review.. peugeot 206 buat mobil hobi (udah swap engine 2x) jadi ga masuk review..
untuk skarang ini, kategiri mobil badak yg pernah saya pakai, livina 2009 sama ignis 2018..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 622
- Joined: Sun Oct 30, 2011 11:48
- Location: Antar Kota Antar Propinsi
Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan
sy pikir2 punya mobil itu emang malesin, udah belinya mahal2, kok ya tetep antri di spbu gtu....
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1312
- Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59
Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan
Hmmm ... kalau undercarriage no comment deh, karena kondisi jalan dan spareparts ada tingkat kualitasnya.
Misalnya : ganti lower swing arm KW Rp 800.000 sepasang, bisa dipakai buat 3 taon ya masih wajar (daripada yang orisinal Rp 2.200.000/pasang).
Buat saya pribadi, tiap 1-2 taon service fast-moving masih wajar apalagi mobil sudah berumur.
Saya memilih keluar dana penggantian spareparts (wear & tear) untuk enjoy driving pleasure, daripada memelihara seekor mobil yang 5 taon tidak ada pergantian spareparts tapi membosankan buat dipakai.
Misalnya : ganti lower swing arm KW Rp 800.000 sepasang, bisa dipakai buat 3 taon ya masih wajar (daripada yang orisinal Rp 2.200.000/pasang).
Buat saya pribadi, tiap 1-2 taon service fast-moving masih wajar apalagi mobil sudah berumur.
Saya memilih keluar dana penggantian spareparts (wear & tear) untuk enjoy driving pleasure, daripada memelihara seekor mobil yang 5 taon tidak ada pergantian spareparts tapi membosankan buat dipakai.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 268
- Joined: Thu Aug 06, 2015 6:22
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: CM5
Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan
jadi asumsinya mobil harus jalan 10 tahun tanpa ada perbaikan apapun dong?
yang namanya barang mekanikal + elektrikal ya pasti ada aja faulty nya, ga yakin ada mobil jalan 10 taun cuma ganti oli sama isi bensin doang, mungkin ada kalo owner nya emang ga perduli sama kondisi mobilnya, udah pada wear n tear tapi dicuekin
yang namanya barang mekanikal + elektrikal ya pasti ada aja faulty nya, ga yakin ada mobil jalan 10 taun cuma ganti oli sama isi bensin doang, mungkin ada kalo owner nya emang ga perduli sama kondisi mobilnya, udah pada wear n tear tapi dicuekin
Past : G100 CB-23 '87, DanGan 4G15 '90, Fj 40 '82, TBR541 LS At '00, T32 QR25DE '16, C24 QR20DE '11, F30 330i, GK 5 MT '15, C11 MR18DE '06
Present : CM5 K24 '04, RV3 '22
Present : CM5 K24 '04, RV3 '22
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 294
- Joined: Sat May 02, 2015 18:58
Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan
hemm, apansah apakah tidak serobust triple IMV kah?
di keluarga pernah piara rush dr baru (2008) sampe dijual 2019 sama sepupu saya di jatim (dibeli pakde saya taun 2014 pas km 56rban) pas km 130rban tidak pernah ganti slow moving part, baik pas saya pegang maupun sepupu saya pegang.. cuma sama sepupu saya ganti shock kayaba ultra karena alasan lebih kaku buat salip2 jalan antar kota.. paling cuma ganti ban doang yg agak slow moving sisanya ya perawatan biasa ajaa...
di keluarga pernah piara rush dr baru (2008) sampe dijual 2019 sama sepupu saya di jatim (dibeli pakde saya taun 2014 pas km 56rban) pas km 130rban tidak pernah ganti slow moving part, baik pas saya pegang maupun sepupu saya pegang.. cuma sama sepupu saya ganti shock kayaba ultra karena alasan lebih kaku buat salip2 jalan antar kota.. paling cuma ganti ban doang yg agak slow moving sisanya ya perawatan biasa ajaa...
[2AR-FE] [L15B7] [2ZR-FE] [R18Z1] [L15A7]
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11854
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan
tunggu sebentar, ini tahun 2020 kan?
saya sudah pernah tulis di trit sienta kalau tidak salah, 2015-2016 lalu istri saya beli sienta brand new gres fresh from the oven. baru selesai serah terima dengan sales, saya bawa jalan itu ada suara klutuk-klutuk. plus konsumsi bahan bakar yang tidak normal sampai perlu penggantian 1 unit ECU.
jadi, nggak perlu nunggu 6 tahun buat gegantian ini itu.
kalau hidup di tahun 80 atau 90, mungkin saja beli mobil baru tanpa ada penggantian apapun. ini tahun 2020 bung, pabrik maunya kita ganti mobil setahun 2×.
saya sudah pernah tulis di trit sienta kalau tidak salah, 2015-2016 lalu istri saya beli sienta brand new gres fresh from the oven. baru selesai serah terima dengan sales, saya bawa jalan itu ada suara klutuk-klutuk. plus konsumsi bahan bakar yang tidak normal sampai perlu penggantian 1 unit ECU.
jadi, nggak perlu nunggu 6 tahun buat gegantian ini itu.
kalau hidup di tahun 80 atau 90, mungkin saja beli mobil baru tanpa ada penggantian apapun. ini tahun 2020 bung, pabrik maunya kita ganti mobil setahun 2×.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan
Saya aja innova 2010 dr baru cm perawatan seadanya (pentingg rutin ganti oli mesin gardan transmisi), tuneup kl udah ngelitik parah.riisesky wrote: Thu Sep 24, 2020 6:07 jadi asumsinya mobil harus jalan 10 tahun tanpa ada perbaikan apapun dong?
yang namanya barang mekanikal + elektrikal ya pasti ada aja faulty nya, ga yakin ada mobil jalan 10 taun cuma ganti oli sama isi bensin doang, mungkin ada kalo owner nya emang ga perduli sama kondisi mobilnya, udah pada wear n tear tapi dicuekin
Kemarin rutin servis pas diangkat lift ya udah ada rembes di dkt carter oli om (persis sbl kanan filter), sama ganti filter bensin. Hari ini tau2 br aja koilnya mati 2 biji sy ganti semuanya+busi baru. Di sektor kaki2 pun memang belum ada yg diganti keseluruhan, tapi karet boot perbatesan interior ama mesin (dkt pedal2) tau2 aja sobek sama kl kondisi jalan itu juga dr setir kerasa ada sesuatu yg kalo diistilahin dalem bunyi itu "glek". Buat sy selama problem2nya masih wajar, part always available dan memang penyakitnya begitu sih its okay lah
Yaa namanya ada umur, wear and tear, pemakaian wajar sih pasti ada penggantian
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 735
- Joined: Tue Sep 27, 2016 8:34
Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan
Kalau diluar.
Accord Euro 2003-2014 (110.000km+): gaada slow moving yg pernah diganti kecuali semua ban (ganti 3x karena gaya nyetir darah muda, sebagian besar cornering berdecit terus tuh mobil, exit corner full throttle dari 5000rpm++ sambil ngebayangin muka Mark Webber & Mark Skaife). Untungnya selalu aman dari polisi. Selalu service di beres Honda. Pas taon 2011, dibawa ke daerah desert deket Alice Spring sekitar 100km dibawa kencang di daerah yg unsealed road sekitar 60-70km/h & satu2nya sedan di daerah situ yg lain minimal SUV dengan suhu rata2 40 derajat celcius karena dibawa pas summer bulan January. Pas inget2 nekat juga karena usia mobil yg ud lumayan & kepikiran bakal rattle. Ternyata sampe dijual no rattle (CBU Japan era dulu memang top). Tp beres sana biayanya memang mahal, enaknya dikasih pinjem mobil honda lainnya (Jazz, CRV, Accord).
Accord Euro 2003-2014 (110.000km+): gaada slow moving yg pernah diganti kecuali semua ban (ganti 3x karena gaya nyetir darah muda, sebagian besar cornering berdecit terus tuh mobil, exit corner full throttle dari 5000rpm++ sambil ngebayangin muka Mark Webber & Mark Skaife). Untungnya selalu aman dari polisi. Selalu service di beres Honda. Pas taon 2011, dibawa ke daerah desert deket Alice Spring sekitar 100km dibawa kencang di daerah yg unsealed road sekitar 60-70km/h & satu2nya sedan di daerah situ yg lain minimal SUV dengan suhu rata2 40 derajat celcius karena dibawa pas summer bulan January. Pas inget2 nekat juga karena usia mobil yg ud lumayan & kepikiran bakal rattle. Ternyata sampe dijual no rattle (CBU Japan era dulu memang top). Tp beres sana biayanya memang mahal, enaknya dikasih pinjem mobil honda lainnya (Jazz, CRV, Accord).
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1312
- Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59
Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan
Rembesan di mesin biasanya agak tricky, ongkos beli sparepart murah tapi ongkos bongkarnya yang cukup mahal.erwinign wrote: Thu Sep 24, 2020 6:16Saya aja innova 2010 dr baru cm perawatan seadanya (pentingg rutin ganti oli mesin gardan transmisi), tuneup kl udah ngelitik parah.riisesky wrote: Thu Sep 24, 2020 6:07 jadi asumsinya mobil harus jalan 10 tahun tanpa ada perbaikan apapun dong?
yang namanya barang mekanikal + elektrikal ya pasti ada aja faulty nya, ga yakin ada mobil jalan 10 taun cuma ganti oli sama isi bensin doang, mungkin ada kalo owner nya emang ga perduli sama kondisi mobilnya, udah pada wear n tear tapi dicuekin
Kemarin rutin servis pas diangkat lift ya udah ada rembes di dkt carter oli om (persis sbl kanan filter), sama ganti filter bensin. Hari ini tau2 br aja koilnya mati 2 biji sy ganti semuanya+busi baru. Di sektor kaki2 pun memang belum ada yg diganti keseluruhan, tapi karet boot perbatesan interior ama mesin (dkt pedal2) tau2 aja sobek sama kl kondisi jalan itu juga dr setir kerasa ada sesuatu yg kalo diistilahin dalem bunyi itu "glek". Buat sy selama problem2nya masih wajar, part always available dan memang penyakitnya begitu sih its okay lah
Yaa namanya ada umur, wear and tear, pemakaian wajar sih pasti ada penggantian
Apalagi rembesannya sdh lengket dan menggumpal, susah dicari sumber rembesannya, kecuali mesin dicuci bersih di salon mobil baru kelihatan sumber rembesannya dimana. Dan sialnya, dibawa ke bengkel ganti packing & seal pun kadang masih rembes, teknik pemasangan harus benar-benar diperhatikan. Kalau montir kurang teliti dan kerja asal cepat kemungkinan bakal rembes lagi walau dah diganti packing.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 418
- Joined: Fri Dec 28, 2012 22:59
- Location: CID +6221
- Daily Vehicle: Kawa EX650E
Re: Mobil Perang - sangat minim perawatan
habanjah jaman now? i think not.. cost cutting is sooo obvious. kalo mau detilnya, bisa tanya bengkel umum.
kalo yg keluaran sebelum 2010 emang badak ituh, abuse-able...
kalo yg keluaran sebelum 2010 emang badak ituh, abuse-able...
nuff said, bro marmut... so true. overengineering is almost extinct today. even on aircraft. apalagi cuma mobil.
err.... bukannya kalo mampir sini hampir pasti diarahin ke itu?marmut wrote: Thu Sep 24, 2020 6:13 tunggu sebentar, ini tahun 2020 kan?
kalau hidup di tahun 80 atau 90, mungkin saja beli mobil baru tanpa ada penggantian apapun. ini tahun 2020 bung, pabrik maunya kita ganti mobil setahun 2×.

The Government wants Power! They rob it from our engines.
EX650E '12 | NA4W '08 | CBA-RJ1 '08 | CBA-YA5 '09
EX650E '12 | NA4W '08 | CBA-RJ1 '08 | CBA-YA5 '09