Mobil '07 yang bisa menghadang Livina & Car of the Year

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

johnlegend
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1142
Joined: Wed May 02, 2007 16:45

Post by johnlegend »

maxx wrote:
johnlegend wrote:mmh.. tp mesti mikir sudut tanjak'an jg si.. kl sudut nya sampe extreme.. kyk nya livina gw kaga bakal kuat deh..

mungkin kl ada yg bilang kaga kuat nanjak itu.. pas livina 1.5matic diisi 7orang obesitas.. nanjak di sudut 60 derajat kali yah.. kl gitu si.. ngga livina doank deh yg kaga kuat.. huehuehue..
Ya ampunn.. GL ini kan MPV.. bukan nya SUV :shock: ... kalo sampe diisi 7 orang obesitas trus disuruh nanjak sudut 60 derajat.. gw yakin RusTer yg predikatnya SUV juga ga akan kuat nanjak!! :lol:
eh.. no offense to obese ppl lho.. yg saya coba katakan tuh.. saya pake livina.. naek turun.. drastis ngga drastis.. *dalam konteks normal* masi oke2 aja kok.. emang si kl muat banyak agak berat *tp bukan berarti ngga bisa lho*

ya i get what i paid for lha.. kl saya punya duit banyak ya.. langsung benz ML 500 hehehe.. mo tanjak'an sampe jungkir balik jg okeh..

mmh.. kl ada cuman duit dikit ya GL uda lebih dari cukup.. pa lagi terrain nya indo kan ngga terlalu hilly.. datar2 aja.. kl di negara yg banyak bukit2.. jelas ngaruh si..

s7 kawan2?
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

qwer wrote:kesan pertama sebagus stream, tapi seminggu ini lihat GL makin dilihat makin jelek, jkayak kotak korek api, jadi gak mungkin jadi car of the year..
masih mending Innova atau xenia, makin dilihat gak makin jelek dan gak makin bagus.
cuma pendapat saya, yg punya mobil pasti gak setuju :)

kesimpulannya, tiap mobil punya kelemahan dan kelebihan.
dan kalau ada kelemahan atau kelebihan, bukan jadi kelemahan atau kehebatan yg punya mobil, tapi yg buat mobil..
jadi jangan bangga berlebihan sama mobil sendiri, sampai berkoar disana sini, asal sudah enjoy makainya, nikmati saja....
Bener kok tiap barang itu pasti ada kekurangan dan kelebihannya.. ga ada yg sempurna didunia ini...
Tp gw rasa kata "berkoar sana sini" tarlalu ketus u/ ditulis ... pastinya pemilik GL yg "happy" bisa sharing tentang kepuasan dg GL yg dia miliki .. apakah ga boleh bila ada yg mo sharing? jadi semua yg sudah seneng harus bungkam dan tutup mulut aja gitu yg penting nikmati aja sendiri? sptnya susah deh krn ga semua orang sama ... ada orang yg juga suka u/ sharing ada juga yg diem2 aja yg penting ga ada masalah dan bisa pake enak ...

Kalo gw liat sih udah biasalah dan bukan merupakan hal yg berlebihan ... kalo orang seneng dan happy tanpa harus diminta u/promosi akan omong sendirinya u/ sharing.. kalo barangnya jelek juga akan diomong dan dikomplain sama pemiliknya.... tul ga? :wink:
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
johnlegend
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1142
Joined: Wed May 02, 2007 16:45

Post by johnlegend »

tul..

kl livina mobil jelek.. berarti 10.000 yg pesen n memiliki livina bego semua donk? ahh.. berarti saya bego? huehuehue..

innova bagus.. xenia gw no comment dah.. livina jg cukup bagus kok.. not that bad u kno.. handling nya rigid, engine wokeh..

btw kl ada yg "KOAR2" kan supaya yg belum "pinter" jadi lebi pinter dikit.. tul ga maxx? hehehe..

kl tidak ada yg KOAR2.. tulis testimony bout livina.. tar dikira mobil "bagus" cuman I**O*A doank.. kan ngga seru.. yg untung cuman *O*O*A.. hehehe..

bcanda bro..
User avatar
gubraks
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 125
Joined: Mon Apr 09, 2007 2:36

Post by gubraks »

qwer wrote:kesan pertama sebagus stream, tapi seminggu ini lihat GL makin dilihat makin jelek, jkayak kotak korek api, jadi gak mungkin jadi car of the year..
masih mending Innova atau xenia, makin dilihat gak makin jelek dan gak makin bagus.
cuma pendapat saya, yg punya mobil pasti gak setuju :)
kesimpulannya, tiap mobil punya kelemahan dan kelebihan.
dan kalau ada kelemahan atau kelebihan, bukan jadi kelemahan atau kehebatan yg punya mobil, tapi yg buat mobil..
jadi jangan bangga berlebihan sama mobil sendiri, sampai berkoar disana sini, asal sudah enjoy makainya, nikmati saja....
Hehe barusan kemarin memperingati hari kemerdekaan... kok orang sharing dan berpendapat aja gak boleh... gaya orla banget... peninggalan penjajahan tuh....hihihi
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

Hahaha.. setuju maxx.. CRV gw aja kalo dibelakang diisi 4 orang suka kaga kuat nanjak di metro atom pasar baru. harus pinter ambil ancer2nya sama maenin gas..
maxx wrote:
johnlegend wrote:mmh.. tp mesti mikir sudut tanjak'an jg si.. kl sudut nya sampe extreme.. kyk nya livina gw kaga bakal kuat deh..

mungkin kl ada yg bilang kaga kuat nanjak itu.. pas livina 1.5matic diisi 7orang obesitas.. nanjak di sudut 60 derajat kali yah.. kl gitu si.. ngga livina doank deh yg kaga kuat.. huehuehue..
Ya ampunn.. GL ini kan MPV.. bukan nya SUV :shock: ... kalo sampe diisi 7 orang obesitas trus disuruh nanjak sudut 60 derajat.. gw yakin RusTer yg predikatnya SUV juga ga akan kuat nanjak!! :lol:
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

Lah? bukannya disitu jg ditulis sudah didikirm ke nissan warung buncit?
maxx wrote:
tukang sapu wrote:to Sens:

Isu ini sudah dibahas di milis GL, keterlambatan terjadi di bengkel rekanan Nissan bukan di bengkel resmi Nissan. Begitu mobil dipindahkan ke NMI langsung beres tuh persoalannya.
Hehehe baru gw mo jawabin... berita-nya telat tuh.. krn udah dibahas di milist nissan-livina :lol:
Bener yg bos sapu bilang .. assuransinya dodol ... kirim tuh mobil ke bengkel rekanan Nissan.. bukan ke bengkel resmi Nissan.
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

ichsan_n wrote:Lah? bukannya disitu jg ditulis sudah didikirm ke nissan warung buncit?
maxx wrote:
tukang sapu wrote:to Sens:

Isu ini sudah dibahas di milis GL, keterlambatan terjadi di bengkel rekanan Nissan bukan di bengkel resmi Nissan. Begitu mobil dipindahkan ke NMI langsung beres tuh persoalannya.
Hehehe baru gw mo jawabin... berita-nya telat tuh.. krn udah dibahas di milist nissan-livina :lol:
Bener yg bos sapu bilang .. assuransinya dodol ... kirim tuh mobil ke bengkel rekanan Nissan.. bukan ke bengkel resmi Nissan.
Katanya dikirim ke warung buncitnya itu belakangan setelah dianggurin dibengkel rekanan NISSAN krn ga dapet2 pengganti dashboard yg digondol maling, tp yg pasti ceritanya sudah beres.

OOT.. yg paling parah gw denger dahsbaoard Alphard juga diincer maling.. krn harga aslinya 170jt!!!!! gila ye.. dan kebanyakan pihak asuransi rela nebus di aftermarket.. alias barang copotan maling itu juga dengan harga 70jtan!!!.. ck ck ck .. udah gila nih maling .. kok dashboard semahal itu yah??.. seharga 1 mobil bro!!!
Alarm kudu pake yg sensor bayang dan getar... tp tetap paling aman di asuransikan AllRisk!
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Post by Risol1 »

gile mahal banget dashboardnya?
seperempat harga mobil barunya? mungkin termasuk ongkos kirim sama pasang kali ya? :shock:
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

ANjrittt.. 170jt? busyetttt.. ohh jadi setelah dikirim ke nissan warung buncit baru beres yah bro? wahhh.. udah mulai jadi inceran maling nihlivina
maxx wrote:
ichsan_n wrote:Lah? bukannya disitu jg ditulis sudah didikirm ke nissan warung buncit?
maxx wrote: Hehehe baru gw mo jawabin... berita-nya telat tuh.. krn udah dibahas di milist nissan-livina :lol:
Bener yg bos sapu bilang .. assuransinya dodol ... kirim tuh mobil ke bengkel rekanan Nissan.. bukan ke bengkel resmi Nissan.
Katanya dikirim ke warung buncitnya itu belakangan setelah dianggurin dibengkel rekanan NISSAN krn ga dapet2 pengganti dashboard yg digondol maling, tp yg pasti ceritanya sudah beres.

OOT.. yg paling parah gw denger dahsbaoard Alphard juga diincer maling.. krn harga aslinya 170jt!!!!! gila ye.. dan kebanyakan pihak asuransi rela nebus di aftermarket.. alias barang copotan maling itu juga dengan harga 70jtan!!!.. ck ck ck .. udah gila nih maling .. kok dashboard semahal itu yah??.. seharga 1 mobil bro!!!
Alarm kudu pake yg sensor bayang dan getar... tp tetap paling aman di asuransikan AllRisk!
qwer
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Fri Aug 10, 2007 3:27

Post by qwer »

sama sekali gak menentang orang berpendapat
soalnya saya sendiri berpendapat GL makin dilihat makin jelek bodinya (modelnya) dan ini masalah selera tho (beberapa teman saya juga bilang gitu), tapi saya gak bilang mobil ini keseluruhannya jelek, saya gak tahu & gak pernah coba.

kenapa saya bilang ”berkoar-koar” karena sebagai orang yg relatif baru baca thread ini begitulah terasanya, mungkin bung-bung disini gak merasakan hal itu, karena adalah ”orang dalam”.
analoginya mirip tukang sampah yg biasanya gak sadar dirinya bau, karena kerja di tong sampah..
ini cuma analogi lho, ntar saya malah dibilang pentolan orla pula.. :)
mungkin baru komentar bung ihcsan yg rasanya seimbang, yang lain muji-muji melulu, seolah-olah top banget gak ada lawan..

"kl livina mobil jelek.. berarti 10.000 yg pesen n memiliki livina bego semua donk? ahh.. berarti saya bego? huehuehue.. "

siapa tahu..? penipuan massal sering terjadi kok.. :)
becanda bung.. saya kan cuma bilang model bodinya jelek..
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

wkakakak seru nih... bisa rameeee .. he he he.. lanjutttt

qwer mungkin perlu dilihat dari kata2 yg digunakan agar juga tidak kasar.. krn kita disini hanya sharing dan tukar pendapat, bukan cari musuh u/ adu mulut. Kebanyakan disini yg gw tau berbicara dari pengalamannya sendiri soal GL.. ada yg suka ada yg kecewa .. ya semua ada plus minus .. kan gw bilang bhw "ga ada yg sempurna didunia ini" ... cuma kalo dilihat dari harga yg 150jtan (GL 1.5) dg segala kelebihan dan kekurangannya... livi is one of best value MPV at the moment... selain itu gw amaze dg harga 165jtan GL 1.8XV MT udah 6Speed?? sementara ini belum ada competitor lain yg 6Speed dg harga segitu.

Trus bila ada yg sesuai ekspektasi-nya dan puas kemudian sharing .. he is happy with her ... apakah harus dibilang berkoar-koar krn orang tersebut "orang dalam"? .. don't thnk so ... krn lo bicara yg minus tentang GL pun belum tentu "orang luar" kan (competitor GL)? krn lo pasti bicara sesuai isi hati saja.. sama spt juga halnya teman2 yg sharing happy with livi... ada yg senang juga yg tidak . .krn balik2 lagi tergantung ekpektasi si owner.

Siapa sih yg bilang GL ga ada lawan? .. ya pasti ada dong ... GL ga sempurna kok.. banyak kekurangannya.. tergantung si calon pemilik ataupun owner-nya aja yg tinggal pilah2 apakah worthed atau tidak si GL ini dibeli dg harga segitu plus dg kelebihan dan kekuragannya.

Note: Bukan bung Ichsan aja kok yg berbicara pedas soal GL.. banyak yg sudah bicara miring dari segala hal ttg GL ... kalo lo baru baca beberapa thread sudah ambil kesimpulan.. mungkin terlalu dini apalagi lo belum coba sama sekali (gw ga suruh lo nyoba).. sama aja omongin makanan yg gw bilang enak dan lo belum pernah merasakannya... gimana tuh bisa nyambung diskusinya? , bukankan lebih bijak anda telaah semua dulu baru sebelum ambil kesimpulan banyak "orang dalam berkoar'-koar" disini??

PEACEEE... :D
Last edited by maxx on Mon Aug 20, 2007 6:44, edited 1 time in total.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
hunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 991
Joined: Mon May 08, 2006 7:32

Post by hunter »

wah bung ichsan tau juga yah parkiran metro atom pasar baru... ini baru tanjakan gedung parkir terdsahsyat..hehehe
saya blum ada kesempatan nyoba GL saya di sini nih...:)
ichsan_n wrote:Hahaha.. setuju maxx.. CRV gw aja kalo dibelakang diisi 4 orang suka kaga kuat nanjak di metro atom pasar baru. harus pinter ambil ancer2nya sama maenin gas..
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

hehehehe.. tau donk, wong suka anter bini ke situ.. pake CRV M/T aja suka keder bro, livina Berani nyoba?! gw sih kemaren akhirnya cuman parkir didepan aja.. hahahaha. males deh kalo malah tu mobil ngelosor turun secara mobil baru.. maluuuu.. pokoknya ganti oli transmisi di 20rb gw pengen liat itu oli udah kaya gimana. pengalaman di stream dulu kaga bisa nanjak ternyata karena olinya sudah jelek, pas kuras ganti yang bagusan tokcer deh. so takutnya emang kualitas olinya yang jelek. kalo udah ganti yang bagus masih gitu jg.. yaa.. hehehhe..

hunter wrote:wah bung ichsan tau juga yah parkiran metro atom pasar baru... ini baru tanjakan gedung parkir terdsahsyat..hehehe
saya blum ada kesempatan nyoba GL saya di sini nih...:)
ichsan_n wrote:Hahaha.. setuju maxx.. CRV gw aja kalo dibelakang diisi 4 orang suka kaga kuat nanjak di metro atom pasar baru. harus pinter ambil ancer2nya sama maenin gas..
johnlegend
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1142
Joined: Wed May 02, 2007 16:45

Post by johnlegend »

hehehe.. saya perna ngomongin negative nya livina.. mo contoh? beberapa hari yg lalu saya complain ttg cat livina..

mmh.. apa saya termasuk orang dalam nya nissan? hehehe..

btw qwer blum tau naik livina yah? hehehe.. pantes2..

mr ichsan ngomongin negative dari arrival date nya GL kan? bukan kualitas mobil nya..

kl mo dipikir2.. dengan uang harga 160jt bisa dapet mobil kyk GL.. wah bagus banget.. bandingin ama 150jt dapet a*a**a yg 1.5ltr.. heran banget.. mobil driving position nya ngga enak banget.. bikin capek.. interior gitu2 aja.. suspensi ngga okeh.. model? wah.. gw mending kaga ngomong deh.. huehuehue..

kl GL aja termasuk jelek untuk harga segitu.. secara tidak langsung a*a**a jg jadi lebih parah dari tukang sampah donk? huehuehue..

knp gw bisa bilang begitu? karena dulu saya pernah naek dan MEMILIKI a*a**a.. *yah bokap maniak toyota sih*

so kl skrg gw bisa bilang GL bagus ato jelek.. coz saya juga memiliki nya..

ya ngga mungkin lah saya lancang bilang gl jelek ini itu kl saya ngga pernah naek ato punya.. hehehe..

saya ada tulis review CRV.. mmh.. enak.. cuman suspensi keras.. capek milih jalan.. SX4 juga perna tulis.. suspensi keras.. tapi feature n safety n handling okeh.. apakah saya orang nya honda suzuki ato nissan? wah.. saya bukan pengangguran.. hehehe..

nah.. saya berani berKOAR2.. baik ato buruk dari mobil karena saya memiliki donk.. hehehe.. masa mo observe mobil cuman diliatin aja? lancang sekale.. hehehe..

tul ga maxx?
User avatar
datsu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2396
Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
Location: Jakarta and Bandung

Post by datsu »

ichsan_n wrote:hehehehe.. tau donk, wong suka anter bini ke situ.. pake CRV M/T aja suka keder bro, livina Berani nyoba?! gw sih kemaren akhirnya cuman parkir didepan aja.. hahahaha. males deh kalo malah tu mobil ngelosor turun secara mobil baru.. maluuuu.. pokoknya ganti oli transmisi di 20rb gw pengen liat itu oli udah kaya gimana. pengalaman di stream dulu kaga bisa nanjak ternyata karena olinya sudah jelek, pas kuras ganti yang bagusan tokcer deh. so takutnya emang kualitas olinya yang jelek. kalo udah ganti yang bagus masih gitu jg.. yaa.. hehehhe..

hunter wrote:wah bung ichsan tau juga yah parkiran metro atom pasar baru... ini baru tanjakan gedung parkir terdsahsyat..hehehe
saya blum ada kesempatan nyoba GL saya di sini nih...:)
ichsan_n wrote:Hahaha.. setuju maxx.. CRV gw aja kalo dibelakang diisi 4 orang suka kaga kuat nanjak di metro atom pasar baru. harus pinter ambil ancer2nya sama maenin gas..
ahh.. ini mah sopirnya aja error.. hehehe.. peace bro.. just kidding.. di tanjakan metro atom itu gw pake vios isi 5 orang udah termasuk gw pun santai2 dan lancar2 aja.. manual sii.. :D
==========
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
sens
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Mon Jul 23, 2007 5:33

Post by sens »

Guys,

memang GL utk yg 1,5 manual berat banget ditanjakan apalagi diisi full (asli orang bukan balon gendut loh hehehe) tapi kata temen gua yang lain untuk 1,8 sih kgk begitu. Nih mobil mantap kalau di jalan datar, kebutnya gampang saking gampangnya setirnya juga ringan banget (bahaya kalau keselip dikit aja menurut gua). sayang AC nya agak kurang yah, terus per nya juga serasa sedan yang deket banget sama jalanan (bunyinya duk-duk-duk DOR!!! hehehe) bandingin sama mpv lain yang memang jauh dari tanah, saking jauhnya sampai berani nerabas banjir eh... enggak taunya kelelep juga ternyata (hehehe). terus menurut gua GL itu sih harusnya 5 seater plus lah(jujur aja lah) kagak bisa dibilang 7 seater kayak punya toyota, kasian orangnya pada merana kayak teman2 gua, bisa pegel banget dan panas apalagi kalau diisi balon2 gendut , per belakangnya bisa nungging (HAHAHA, bercanda, ukurang balon gendut mungkin 80kg keatas yah sedangkan ini cuma 60-70kg), kemarin dibarengin juga sama innova dan rush, yang ringan bejek gasnya buat tanjakan ternyata innova(jujur ini bukan hasil test atau kerjaan sales). mungkin ada sanggahan lain :e-clap: ? atau malah ada pembenaran ? :wink:

tapi ada beberapa masukan, khususnya soal mpv, rasanya kgk boleh bilang orangnya harus yang ideal yang naik kagak boleh obesitas (bisa2 digebukin luh sama ade rai yang obesitasnya jadi otot hahaha) namanya mobil Multi Fungsi, terus yang namanya mpv juga harus benar2 nyaman di dalam baik tempat duduk dan ac nya plus jangan pendek roof nya, rasanya segment harus diperjelas disini kalau menurut gua jika anda punya keluarga dengan mertua/ortu dan anak2 dibawah 10 tahun(INGAT itupun anak lu kagak boleh obesitas, HAHAHA mobil apaan sih nih ???) GL is ok lah tapi jika udah pada bangkotan anak2 lu mungkin 12+ dan pada obesitas(hehehe) rasanya minimal beli innova atau yang gede sekaligus kayak APV.
tapi kalau kagak mau rugi pengen punya mpv serasa sedan yah GL lah, tapi nyaman cuma bangku depan dan tengah aja. terus jangan ngarapin per GL kuat jika elu kagak sayang sama tuh mobil, apalagi kalau belakangnya diisi.
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Post by uch »

Nompang nimbrung soal kemampuan tanjak menanjak.

Kalo mo menilai lebih akurat mobil mana yg lebih kuat nanjak, di threads ini dulu http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... start=1740 seingat gw data torsi chart dan perbandingan gear ratio dan final gear Innova dan Livina (ingat-ingat doang, ntah lengkap atau nggak). SOrry gw lg malezzzz nyari, abis ada hampir 100 pages... :D

Dengan melihat data ttg bobot, torsi (torsi dibawah kalo ada), final drive di gigi 1 (gabungan rasio gigi 1 dan rasio final gear) dan diameter lingkar roda, akan ketauan mobil mana yg lebih kuat nanjak. Hitungan itu jauh lebih akurat daripada pake perasaan-perasaan dan pengalaman2 pribadi. Asumsi : data nya benar.

Sering banget nggak kuat nanjak akibat human error. Kadang ada yg karena merasa pake gigi 1 suara mesin kedengaran keras, di tengah tanjakan dia naik ke gigi 2, RPM langsung melorot dan mobil bukan hanya nggak bisa naik tapi malah mundur... :D
johnlegend
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1142
Joined: Wed May 02, 2007 16:45

Post by johnlegend »

yah.. kl nanjak ditaruh gigi1 aja lah.. paling aman.. sejak jaman nenek moyang.. uda diajarin begitu kan?

mobil butut2 yang cc nya kecil aja bisa kok melalui tanjak'an.. paling penting kemampuan "driver" nya donk..
Khöedhöe
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 157
Joined: Tue Apr 17, 2007 3:56

Post by Khöedhöe »

sens wrote:Guys,

memang GL utk yg 1,5 manual berat banget ditanjakan apalagi diisi full (asli orang bukan balon gendut loh hehehe) tapi kata temen gua yang lain untuk 1,8 sih kgk begitu. Nih mobil mantap kalau di jalan datar, kebutnya gampang saking gampangnya setirnya juga ringan banget (bahaya kalau keselip dikit aja menurut gua). sayang AC nya agak kurang yah, terus per nya juga serasa sedan yang deket banget sama jalanan (bunyinya duk-duk-duk DOR!!! hehehe) bandingin sama mpv lain yang memang jauh dari tanah, saking jauhnya sampai berani nerabas banjir eh... enggak taunya kelelep juga ternyata (hehehe). terus menurut gua GL itu sih harusnya 5 seater plus lah(jujur aja lah) kagak bisa dibilang 7 seater kayak punya toyota, kasian orangnya pada merana kayak teman2 gua, bisa pegel banget dan panas apalagi kalau diisi balon2 gendut , per belakangnya bisa nungging (HAHAHA, bercanda, ukurang balon gendut mungkin 80kg keatas yah sedangkan ini cuma 60-70kg), kemarin dibarengin juga sama innova dan rush, yang ringan bejek gasnya buat tanjakan ternyata innova(jujur ini bukan hasil test atau kerjaan sales). mungkin ada sanggahan lain :e-clap: ? atau malah ada pembenaran ? :wink:

tapi ada beberapa masukan, khususnya soal mpv, rasanya kgk boleh bilang orangnya harus yang ideal yang naik kagak boleh obesitas (bisa2 digebukin luh sama ade rai yang obesitasnya jadi otot hahaha) namanya mobil Multi Fungsi, terus yang namanya mpv juga harus benar2 nyaman di dalam baik tempat duduk dan ac nya plus jangan pendek roof nya, rasanya segment harus diperjelas disini kalau menurut gua jika anda punya keluarga dengan mertua/ortu dan anak2 dibawah 10 tahun(INGAT itupun anak lu kagak boleh obesitas, HAHAHA mobil apaan sih nih ???) GL is ok lah tapi jika udah pada bangkotan anak2 lu mungkin 12+ dan pada obesitas(hehehe) rasanya minimal beli innova atau yang gede sekaligus kayak APV.
tapi kalau kagak mau rugi pengen punya mpv serasa sedan yah GL lah, tapi nyaman cuma bangku depan dan tengah aja. terus jangan ngarapin per GL kuat jika elu kagak sayang sama tuh mobil, apalagi kalau belakangnya diisi.
Ternyata bener juga ya kata Bung Conan, kalo APV tuh kendaraan yang mumpuni :
* murah : harga mobil & spare part
* lega : 8 dewasa + 4 anak <6 thn. (mau yg obesitas kek, kurang gizi kek, tetap nyaman semua)
* bagasi luas : bisa bawa 5 galon aqua + tas bayi + dll. tanpa ngelipet jok baris ke-3
* perawatan : bengkel resmi banyak - Sumatra, Jawa, Bali, NTB, NTT, dll. (gak khawatir klo jalan jauh / pulang kampung)
* modifikasi : asesoris banyak, tinggal selera saja
* BBM : cukup premium (ron 88)
* kemampuan : jalan datar ok, tanjakan ok walaupun beban penuh

kekurangan :
* suara luar : bisa diredam dengan memasang karet utk. menutupi celah2 di pintu, bisa pake barang bekas
* suara mesin : bisa diredam dengan memasang karet utk. menutupi celah2 / sambungan bodi dekat mesin yang ke kabin & bawah jok depan, bisa pake barang bekas
* panas mesin : melapisi bawah jok depan & dinding ruang mesin dgn. karet / bahan peredam panas, bisa pake barang bekas

So, what are you waiting for?
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Post by uch »

Kalo gw sih kagak percaya ada mobil yg nggak kuat nanjak.. :D. Kecuali plat kopling bermasalah atau roda slip atau overloaded. Atoz matic aja pernah ngekor ke pedalaman sukabumi sono bisa nanjak koq. CUman ada yg karena rasio gigi 2 nya low, pake gigi 2 aja bisa naik. Ada yg harus terus2an pake gigi 1 karena rasio gigi 2 nya relatif high.

CMIIW.
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Post by Risol1 »

johnlegend wrote:yah.. kl nanjak ditaruh gigi1 aja lah.. paling aman.. sejak jaman nenek moyang.. uda diajarin begitu kan?

mobil butut2 yang cc nya kecil aja bisa kok melalui tanjak'an.. paling penting kemampuan "driver" nya donk..
Dulu gw inget banget pas baru beli trajet 2.0 MT thn 2002, gw bawa ke the Valley di dago atas. kalo yg pernah ke sono, tau kan disebelah the valley yang deket tempat parkirnya, ada tanjakkan yang tinggi bener...ada kali 30derajat....
gua pergi berlima, mobil masih dibawah 1000km, ambil ancang2 dari bawah (bukan bener2 ancang2 sih tapi dari keadaan diam pas dibawah tanjakan, gak bisa terlalu ambil ancang2 karena bawahnya belokan, sampe tengah mobil berenti total, gak bisa naik lagi, adanya juga maonya mundur.
bokap nyokap gw aja ampe turun, masih tetep gak mao naik.....akhirnya mundur lagi dan muterin jalan yg lebih landai tanjakkannya (lewat depan lobi the valley). :D

kesimpulan: kadang2 bukan cuma kemampuan driver aja, soalnya kalo mobil udah diem gak mao naek lagi, sopir sejago apapun gak bisa ngapa-ngapain....palingan juga mundur. :D

besok2nya gua pergi lagi pake kijang kapsul 2.0 MT, naik tuh walaupun juga berat banget....
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Post by uch »

Bisa2 masuk ke salah satu penyebab ini :
Kecuali plat kopling bermasalah atau roda slip atau overloaded
FWD lebih mudah slip kalo tanjakan nya agak ekstreme.. :D
plasworld88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 327
Joined: Thu Jul 06, 2006 9:36

Post by plasworld88 »

[quote="KhöedhöeTernyata bener juga ya kata Bung Conan, kalo APV tuh kendaraan yang mumpuni :
* murah : harga mobil & spare part
* lega : 8 dewasa + 4 anak <6 thn. (mau yg obesitas kek, kurang gizi kek, tetap nyaman semua)
[/quote]

emang bisa bro 8 dewasa + 4 anak? soalnya saya (eh istri saya maksudnya) pemakai APV jg. waktu ada family dr luar kota dtg, kita pk 6 dewasa sama 3 anak kecil aja udh sempit2an bgt rasanya..atau ini jg masuk ke masalah obesitas lg nih? :D
sens
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Mon Jul 23, 2007 5:33

Post by sens »

guys

soal nanjak menanjak - sorry to say, teman2 gua pada ahli soal bawa mobil, mau ke gunung kek, ke hutan kek ataupun jalan datar, jadi kita pada keberatan dibilang tergantung supirnya (lagian kalau mobil tergantung supirnya berarti data uji coba di majalah yang dibangga2in orang yang maniak sama mobilnya kagak valid semua dong? percuma dong di uji coba mobil misalnya hemat, tapi tergantung supir, apaan tuh ? gak pro ah, mobil bagus tetap aja bagus, sebego-begonya supir pasti dia bilang enak, tapi kalau dasarnya jelek pasti supir tambah bilang jelek) tapi memang jujur aja bukan mobilnya yang kagak bisa nanjak (kalau GL 1,5 manual isinya 5 orang aja, yang tidak obesitas pasti agak lancar) tapi kemarin benar2 ngeden, gigi satu sih nanjak sampai ujung tangkuban, tapi gigi 2 weleh2 bisa2 kalau dia solar udah ngebul kali (ini juga dialami sama si rush teman gua juga) tapi innova agak lain, gigi 2 nya yahut (apalagi 1) kadang kalau udah sempat lancar gigi 3 bisa ok aja, di marbella dago juga tinggi tuh kalau mau coba
:e-dance:
sens
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Mon Jul 23, 2007 5:33

Post by sens »

guys

soal nanjak menanjak - sorry to say, teman2 gua pada ahli soal bawa mobil, mau ke gunung kek, ke hutan kek ataupun jalan datar, jadi kita pada keberatan dibilang tergantung supirnya (lagian kalau mobil tergantung supirnya berarti data uji coba di majalah yang dibangga2in orang yang maniak sama mobilnya kagak valid semua dong? percuma dong di uji coba mobil misalnya hemat, tapi tergantung supir, apaan tuh ? gak pro ah, mobil bagus tetap aja bagus, sebego-begonya supir pasti dia bilang enak, tapi kalau dasarnya jelek pasti supir tambah bilang jelek) tapi memang jujur aja bukan mobilnya yang kagak bisa nanjak (kalau GL 1,5 manual isinya 5 orang aja, yang tidak obesitas pasti agak lancar) tapi kemarin benar2 ngeden, gigi satu sih nanjak sampai ujung tangkuban, tapi gigi 2 weleh2 bisa2 kalau dia solar udah ngebul kali (ini juga dialami sama si rush teman gua juga) tapi innova agak lain, gigi 2 nya yahut (apalagi 1) kadang kalau udah sempat lancar gigi 3 bisa ok aja, di marbella dago juga tinggi tuh kalau mau coba
:e-dance: