Okee.. first of all.. setelah gw baca2 thread.. komsumsi bensin 1.5AT masih bisa beda2 right? sekarang giliran gw cerita pengalaman bawa GL 1.5 AT ini.
Day 1
hari kamis mobil gw ambil dari dealer, sengaja gw kaga mau dianter karena 3 hari ini gw pengen intensif coba ini mobil, dari gading gw puterin tol jakarta yang kebetulan SANGAT macet dihari kamis kemarin, kalo ada yang keluar siang pasti tahu. sebelum itu gw isi PREMIUM aja, yang katanya emang ini mobil premium. Situasi jalan macet total, dari tol gading menuju bandara via tol sudirman memakan waktu hampirrr 3.5 jam, sampai digrogol isi bensin lagi.. besoknya jalan ke ancol. ehh didalam ancol macet sampe 2 jam lebih (yang jumat kemaren ke ancol pasti jg tahu macet mampuss tuh didalemnya, kaga bergerak!!).. akhirnya keluar.. puter2 dalam kota, isi bensin (premium).. hitung konsumsi.. 8.4 KM/L!! oke.. hari itu stop.. oh iya ada fitur baru ternyata di GL AT ini, pertama, bau karet gosong!!, kedua bunyi AC pas dinyalain pertama kaya rem mayasari bakti. dan Ketiga, waduhh.. posisinya ngebuat pinggang pegelll!!
Day 2
Hari sabtu.. ajak ngiter2 lagi ke mal2.. kaga ngitung lagi bensinnya, udah males...
Hari ke 3
HP gw berdering,, ternyata temen2 gw minta tes livina. Oke deh secara ini mobil legendaris tahun ini. ketemuan di kebayoran, gw undang 6 orang temen gw dengan tinggi sekitar 178-180 rata2. Untuk singkatnya kita pake TC 1, TC 2, dst untuk panggilan teman2 ku ini. TC 1 jg memiliki livina 1.5AT, TC 2 sehari-hari memakai gallant V6-24 AT, TC 3 Kia Picanto M/T, TC 4 Jazz AT, TC 5 Jazz AT, TC 6 CRV/Harrier AT.
Gw : TC 1, tanya donk.. punya elu (livinanye bukan itunya) bau rem gosong ngga waktu awal2 elu pake?
TC 1: hahaha, nahh itu salah satu fitur tambahan tuh.. sampe sekarang jg masih (km 4000)
Gw : wah besok gw tanya bengkel deh, ini fitur kok kaga ada di brosur sih? jangan2 seal TC kemakan.
TC 2 : ayoo dehh ke coba kebandung, ini irit ngga?
Gw : wahh... elu coba sendiri deh, tanya aja tuh TC 1 irit apa kaga?
TC 1 : yaahhh kalo dibanding gallant elu mahhh mungkin iritan ini lah!
Gw : Gini aje dehh.. gw jg mau tes nih, kemaren sih gw cuman dapet 1:8, TC 4 elu cobain deh maticnya gimana dibanding steermaticnya jazz
Oke, setelah semuanya masuk, kita isi bensin bentar di shell... campur ajee, cuek manehh.. KM di 153.
(dalam mobil)
TC 3 : waduhh, baris ke 3nya kok sempit yah? weii.. majuan donk lu!
TC 6 : iya nih, kaki gw harus serong samping nih bro.
Suasana canda tawa, sepanjang jalan, tiba2 di sekitar puncak sebelum taman safari TC 4 menepi
TC 4 : ehh.. bro (TC 2), gantian elu deh yang nyetir.. sumpahh ini kok posisi nyetrinya ngebuat sakit pinggang yah posisinya? pegel kaki gw agak2 ngegantung gini sama nyerong (ganti dengan TC 2)
TC 5 & 6 : woii gantian jg donk lu duduk belakang, pinggang gw mau copot nehh!!!!
Oke, setelah tukar posisi (gw mah tetep dibangku kiri depan donk, wong udah tau.. hehehe) perjalanan dilanjutkan, tapi mampir dulu ke gunung mas buat makan siang.
TC 2 : "nggg.. guys, ini kok tarikannya lemot banget yah? ditanjakan tadi kok gw ngerasa lemes banget tenaganya.
TC 1 : Pake gigi 1 bro kalo tanjakannya rada tinggi, gigi 2 or D ngga bakalan narik deh.
GW : yeeeee! ya jangan elu samain sama Gallant lahh!! gw kira tadi elunya yang masih gerogi, puantes kok pelan banget.
(so guys buat tanjakan di yang agak2 tinggi, better oper ke 1. ini udah gw cobain sendiri, kalo gigi 2 agak2 ngeden)
TC 2 : ehh, tapi jazz gw kaga gini amat! lagipula perpindahan giginya kok ngga halus kaya jazz yah? tarikannya jg masih mendingan jazz kok..
GW : eh, ini mobil transmisinya ya jangan elu samain sama CVT di jazz donk.. ini masih biasa! maklum lahh, tapi kan dengan harga sama dengan jazz, gw dapet jazz 7 seater pan? lagipula bobot jazz jg lebih ringan kali.
Tc2 : ohh, iya, iya.. but so far sih secara keselurahn ini mobil buat gw ketik C spasi D... cuapeee Deee!!
dan karena keluhan2 di seputar pinggang dari teman2 yang lain, walhasil perjalan ke bandung kita batalkan dan memutuskan untuk balik saja sebelum kena encok permanen.
Kesimpulan :
untuk fun to drive, overall masih setuju honda jazz masih lebih enak, posisinya nyetir livina ini ngebuat masalah untuk yang berkaki panjang karena agak2 ngegantung di kaki sehingga ngebuat pegel. Selain itu posisi nyetir yang agak mencong cukuppp.. ngebuat sakit pinggang. apalagi yang udah lemah macem gw ini. But untuk lux interior ataupun keheningan kabin okelah. Dan satu hal lagi, kata siapa ini mobil senyap?! dari dalem kabin iya, coba dari luar,.. busyett itu suara fan kenceng amirr?! ngga jauh beda lah dari jazz. dan aliran udara panasnya dari bawah itu lohh kalo pas nurunin kaki kerasa banget, ini mobil panas mesinnya! macem gallant banget.
Untuk performa : ini mobil untuk tarikan atas memang oke lah.. RPM 2300 di 100km/jam, RPM 2500 di 120, dan 3000 sudah di 140. tapi buat dari 0 ke 60.. busyett!!! Dan untuk tanjakan yang agak tinggi (macem masuk parkiran di metro atom pasar baru), yap ini mobil harus ke gigi 1 baru mau nanjak.. kalo elu pake D or 2.. bakalan kesel sendiri deh. oh iya, di 140 mobil ini sudah mulai nampak gejala limbung.. tapi minim sih, masih bisa ditoleransi deh. dan kabin jg lumayan lah even suara2 luar mulai masuk jg tapi ngga separah honda jazz or CRV.
Konsumsi bensin :
Pulang dari puncak itu, gw isi lagi di jakarta.. and hasilnya?! 11.6 km/L!! alamak! CRV aja buat luar kota masih segitu, lah ini mesin 1500? and please note : semua yang nyetir itu sudah terbiasa nyetir AT transmission yah (tp yang CVT kali yak? hehehe).
Ultimate Driving Comfort : Alamak.. sudahlah.. buang jauh2 persepsi ini kalo tinggi badang elu rata 178 keatas.. semuanya ngeluh sakit pinggang!!!! terlebih di posisi driver dan 3rd row! so kalo buat pulang kampung or jalan jauh, kayanya gw ngga bakalan pake livina deh, bahaya buat kesehatan pinggang. masih mending jazz/CRV/Stream kemana2 buat masalah ini even bantingannya keras jg, tapi setidaknya ngga ngebuat pinggang sakit buat jalan jakarta bandung aje deh.
Fitur tambahan : Bau karet gosong! ini jg dialami oleh unit AT temanku. kemarin sudah telpon bengkel minta di cek. takutnya dari seal TC.
Kesimpulan : jangan overexpectasi! itu aja. Buat yang kebiasa nyetir mobil kelas2 macem CRV, Xtrail, harrier or CVT matic jazz/city... duhh.. better jangan banyak ngarep yah selain kemewahan interior dibanding xenia, dan keheningan kabin serta bantingan yang emang lumayan empuk. for ini, this is just JAZZ 7 Seater. uang ngga pernah bohong kalo kata orang. "you get what you paid kalo kata conan". Ini mobil menurut gw lebih cocok kalo yang nyetir berpostur antara 155-175 kali yah. but overall, yah masih okelah even ada yang kurang ana-ini. Dan menurut gw buat yang suka AT better pilih yang 1.8 mungkin yah.
Siapa tahu, next year ada livina ber transimisi CVT plus triptonic dengan harga 180jtan. Satu yang gw salut adalah marketing dan engineering nya Nissan.. ini konteks management hebat dalam meramu "sop batu" menjadi nikmat. Salute dari dalam hati paling dalam for real. But sorri, ini mobil masih kurang enak buat jalan jauh (IMHO loh!). Potret nyusul yah bro.
sidalausa wrote:om ichsan_n,
mana neh....potret dan review GLnya...?
kemana aje...liburan proklamasainya....?
sibuk hut di RT...?
