Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Turboman »

Imran wrote:Om, mau nanya nih maklum masih pemula di mobil, mobil saya mesin 3NR-VE, sdh 73,000 km, kemarin di km 71,000 ganti pake oli mobil super 3000 0w-20, tarikan jadi enteng namun agak ngelitik, apa krn olinya ya?. Pabrikan mobil juga baru release oli mobil super all in one protection 0W-20 API SP GF6A apa ini recomended ya soalnya pilih oli seperti PTT, Q8 agak susah di daerah saya.
BliBli bisa kirim ke kota2 lain

* Bukan ajakan Beli *
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Fri Sep 04, 2020 4:48
erwinign wrote: Fri Sep 04, 2020 3:37 -----------

Kl soal oli sama ngelitik, saya tarik benang merah simpelnya kl misal pake oli jelek = tarikan berat. Pasti biar reach performance mobil yg kita mau hrs bejek gas lebih dalem. Jdnya pembakaran dipaksa terus baru ngelitik. Benerkah om DOHC sama omnibus?
itu yg om bilang juga bisa terjadi. krn pas gas lebih dibejek kan secara otomatis ignition timing jd lbh advance sementara laju rpm tertahan.

tp kasusnya om 3nr-ve yg nanya ini kita hrs tanya jg apakah sebelum ganti oli sdh ngelitik ngga. hrs dipastikan sebab ada suspect busi, even iridium, pemakaiannya sdh 70rb km. sebaiknya dicek kondisinya, aus, kotor ataupun gapnya. jika perlu ganti. juga faktor lain spt carbon build up.

kl ngelitiknya hanya setelah ganti oli (kita anggap ceteris paribus kondisi lainnya sama spt sebelumnya termasuk kualitas BBM yg ada di tanki), salah satu kemungkinan olinya kurang cocok dgn system dual vvt-i nya yg menyebabkan valve timing latency. bisa viskositasnya krg sesuai (meskipun sama SAE nya bisa ada perbedaan dikit2 kekentalannya), kandungan additive nya, atau jg excessive foaming (terlalu berbuih) yg semuanya mempengaruhi kemampuan oli tsb menahan tekanan utk menjalankan fungsi vvti dgn semestinya sesuai perintah ecu yg sdh kasih command utk actuate vvti dgn derajat2 spesifik. oli yg bagus seharusnya dlm kondisi paling ideal mampu actuate vvti sesuai perintah ecu dgn tepat derajatnya dan tanpa jeda.

buktinya om dohc, setelah sy saranin ubah merk oli gejalanya ngelitik ipahnya improving.

sdh ya ... nanti ada yg ga setuju krn belum lihat org bawa tabung oksigen utk nafas. :big_biglaugh:
Stuju ama poin2 d atas

Dan sekedar nambahin, hasil gugel2 sana sini, ntn yutub sana sini.. satu lg benang merah yg bsa saya tarik, iaitu utk mobil2 ber vvti, palagi yg ampe 2 biji... wajip oli encer (plus kriteria2 d atas, bukan asal encer doank), regardless odo brapapun, kcuali ud jebol ring piston yah laen crita deh, inipun jg drpd hajar oli kentel, mending skalian turun mesin

Pengecualian utk mobil2 berklep otomatis jadul (biasanya mesin2 bimmer jadul ini), lebi bisa pake oli kentel, krn mesh aktuator nya masi lebi longgar2
Last edited by DOHC on Fri Sep 04, 2020 5:51, edited 1 time in total.
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4040
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by yanuarra »

DOHC wrote: Fri Sep 04, 2020 5:21
indeskey wrote: Fri Sep 04, 2020 1:16
DOHC wrote: Thu Sep 03, 2020 5:31 Kayanya saya ga jodoh ama si ptt ini... miss mulu diskon hore nya


Malah giliran DGO dapet mulu... cuman males ahh, pake beberapa rebu km ud ga enak.. tralu cepet degradasinnya
Ada tuh om, ptt yang eco isi 3lt harga 100k. Sikat
Yg eco ogah om, d rumah aj masi ad sisa 7 botol sisa waktu psbb diskon.. lg ngincer yg evotek aj
Klo di tokpednya masih ada itu stok olinya.. atf jg masih ada om :big_grin:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by DOHC »

yanuarra wrote: Fri Sep 04, 2020 5:37
DOHC wrote: Fri Sep 04, 2020 5:21
indeskey wrote: Fri Sep 04, 2020 1:16

Ada tuh om, ptt yang eco isi 3lt harga 100k. Sikat
Yg eco ogah om, d rumah aj masi ad sisa 7 botol sisa waktu psbb diskon.. lg ngincer yg evotek aj
Klo di tokpednya masih ada itu stok olinya.. atf jg masih ada om :big_grin:
D toped slalu ad om

Tp ga perna diskon dsana
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Imran
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Mon Aug 31, 2020 8:11
Location: Maros
Daily Vehicle: New Agya 1200 cc TRD MT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Imran »

Turboman wrote: Fri Sep 04, 2020 5:26
Imran wrote:Om, mau nanya nih maklum masih pemula di mobil, mobil saya mesin 3NR-VE, sdh 73,000 km, kemarin di km 71,000 ganti pake oli mobil super 3000 0w-20, tarikan jadi enteng namun agak ngelitik, apa krn olinya ya?. Pabrikan mobil juga baru release oli mobil super all in one protection 0W-20 API SP GF6A apa ini recomended ya soalnya pilih oli seperti PTT, Q8 agak susah di daerah saya.
BliBli bisa kirim ke kota2 lain
Pilihan tokonya apa ya om turbo jika beli di blibli, takutnya dapat yang palsu?
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1930
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Roda Dua UW125 - 2007

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by blloewy »

DOHC wrote: Fri Sep 04, 2020 5:26
Omnibus wrote: Fri Sep 04, 2020 4:48
erwinign wrote: Fri Sep 04, 2020 3:37 -----------

Kl soal oli sama ngelitik, saya tarik benang merah simpelnya kl misal pake oli jelek = tarikan berat. Pasti biar reach performance mobil yg kita mau hrs bejek gas lebih dalem. Jdnya pembakaran dipaksa terus baru ngelitik. Benerkah om DOHC sama omnibus?
itu yg om bilang juga bisa terjadi. krn pas gas lebih dibejek kan secara otomatis ignition timing jd lbh advance sementara laju rpm tertahan.

tp kasusnya om 3nr-ve yg nanya ini kita hrs tanya jg apakah sebelum ganti oli sdh ngelitik ngga. hrs dipastikan sebab ada suspect busi, even iridium, pemakaiannya sdh 70rb km. sebaiknya dicek kondisinya, aus, kotor ataupun gapnya. jika perlu ganti. juga faktor lain spt carbon build up.

kl ngelitiknya hanya setelah ganti oli (kita anggap ceteris paribus kondisi lainnya sama spt sebelumnya termasuk kualitas BBM yg ada di tanki), salah satu kemungkinan olinya kurang cocok dgn system dual vvt-i nya yg menyebabkan valve timing latency. bisa viskositasnya krg sesuai (meskipun sama SAE nya bisa ada perbedaan dikit2 kekentalannya), kandungan additive nya, atau jg excessive foaming (terlalu berbuih) yg semuanya mempengaruhi kemampuan oli tsb menahan tekanan utk menjalankan fungsi vvti dgn semestinya sesuai perintah ecu yg sdh kasih command utk actuate vvti dgn derajat2 spesifik. oli yg bagus seharusnya dlm kondisi paling ideal mampu actuate vvti sesuai perintah ecu dgn tepat derajatnya dan tanpa jeda.

buktinya om dohc, setelah sy saranin ubah merk oli gejalanya ngelitik ipahnya improving.

sdh ya ... nanti ada yg ga setuju krn belum lihat org bawa tabung oksigen utk nafas. :big_biglaugh:
Stuju ama poin2 d atas

Dan sekedar nambahin, hasil gugel2 sana sini, ntn yutub sana sini.. satu lg benang merah yg bsa saya tarik, iaitu utk mobil2 ber vvti, palagi yg ampe 2 biji... wajip oli encer (plus kriteria2 d atas, bukan asal encer doank), regardless odo brapapun, kcuali ud jebol ring piston yah laen crita deh, inipun jg drpd hajar oli kentel, mending skalian turun mesin

Pengecualian utk mobil2 berklep otomatis jadul (biasanya mesin2 bimmer jadul ini), lebi bisa pake oli kentel, krn mesh aktuator nya masi lebi longgar2
Nah menarik ini krn timing latency penyebab ngelitik.
Oli terlalu kental akibatnya gerakan VVTI nya jadi ngga sempurna ya Om? semacam ada gesekan berlebih yg buat jadi lebih lambat dari seharusnya begitu ya?
Kl di Mesin HR infonya Sistem Mobil Closed Loop jadi ECU akan menyesuaikan itu Timing Pengapian setelah menerima berbagai input dari multiple sensor...jd emang sich seiring waktu pasti ada perubahan di dalam engine yg akhirnya ECU akan beradaptasi...
Kuping saya msh belum peka ini u dengerin ngelitik jd bisa tau kira2 oli yg cocok apa...
Kl bersihkan TB ama EGR itu masuk tune up bukan ya?
Dan apa bener Sensor O2 itu bisa dibersihkan juga?
nubie in all things - still need to learn
omnyanaira
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 181
Joined: Tue Jan 23, 2018 0:55

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by omnyanaira »

Suryaputra wrote: Thu Sep 03, 2020 6:59
tokezz wrote: Thu Sep 03, 2020 6:32 Om sudah ada yg nyobain oli baru ptt yg api Sp 0w20.

Ini bedanya apanyah sama api sn+?
Image

sertifikasi dari API, untuk kebutuhan minimal kemampuan oli buat mengatasi aspek2 yg ada dalam gambar tsb.
Apakah ini artinya umur filter oli jg makin panjang di api sp ini om?? Krn deposit yg ditinggalkan jd lebih sedikit sehingga memperlambat oli menjadi jenuh
Mohon pencerahannya om
Fertille
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 183
Joined: Mon Dec 24, 2018 11:29

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Fertille »

Maap, pertanyaan sepele, kalo suatu spesifikasi mesin minimal API SL, namun dicekokin API diatas apa ada efek negatif jangka panjang?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by DOHC »

blloewy wrote: Fri Sep 04, 2020 6:02
DOHC wrote: Fri Sep 04, 2020 5:26
Omnibus wrote: Fri Sep 04, 2020 4:48

itu yg om bilang juga bisa terjadi. krn pas gas lebih dibejek kan secara otomatis ignition timing jd lbh advance sementara laju rpm tertahan.

tp kasusnya om 3nr-ve yg nanya ini kita hrs tanya jg apakah sebelum ganti oli sdh ngelitik ngga. hrs dipastikan sebab ada suspect busi, even iridium, pemakaiannya sdh 70rb km. sebaiknya dicek kondisinya, aus, kotor ataupun gapnya. jika perlu ganti. juga faktor lain spt carbon build up.

kl ngelitiknya hanya setelah ganti oli (kita anggap ceteris paribus kondisi lainnya sama spt sebelumnya termasuk kualitas BBM yg ada di tanki), salah satu kemungkinan olinya kurang cocok dgn system dual vvt-i nya yg menyebabkan valve timing latency. bisa viskositasnya krg sesuai (meskipun sama SAE nya bisa ada perbedaan dikit2 kekentalannya), kandungan additive nya, atau jg excessive foaming (terlalu berbuih) yg semuanya mempengaruhi kemampuan oli tsb menahan tekanan utk menjalankan fungsi vvti dgn semestinya sesuai perintah ecu yg sdh kasih command utk actuate vvti dgn derajat2 spesifik. oli yg bagus seharusnya dlm kondisi paling ideal mampu actuate vvti sesuai perintah ecu dgn tepat derajatnya dan tanpa jeda.

buktinya om dohc, setelah sy saranin ubah merk oli gejalanya ngelitik ipahnya improving.

sdh ya ... nanti ada yg ga setuju krn belum lihat org bawa tabung oksigen utk nafas. :big_biglaugh:
Stuju ama poin2 d atas

Dan sekedar nambahin, hasil gugel2 sana sini, ntn yutub sana sini.. satu lg benang merah yg bsa saya tarik, iaitu utk mobil2 ber vvti, palagi yg ampe 2 biji... wajip oli encer (plus kriteria2 d atas, bukan asal encer doank), regardless odo brapapun, kcuali ud jebol ring piston yah laen crita deh, inipun jg drpd hajar oli kentel, mending skalian turun mesin

Pengecualian utk mobil2 berklep otomatis jadul (biasanya mesin2 bimmer jadul ini), lebi bisa pake oli kentel, krn mesh aktuator nya masi lebi longgar2
Nah menarik ini krn timing latency penyebab ngelitik.
Oli terlalu kental akibatnya gerakan VVTI nya jadi ngga sempurna ya Om? semacam ada gesekan berlebih yg buat jadi lebih lambat dari seharusnya begitu ya?
Kl di Mesin HR infonya Sistem Mobil Closed Loop jadi ECU akan menyesuaikan itu Timing Pengapian setelah menerima berbagai input dari multiple sensor...jd emang sich seiring waktu pasti ada perubahan di dalam engine yg akhirnya ECU akan beradaptasi...
Kuping saya msh belum peka ini u dengerin ngelitik jd bisa tau kira2 oli yg cocok apa...
Kl bersihkan TB ama EGR itu masuk tune up bukan ya?
Dan apa bener Sensor O2 itu bisa dibersihkan juga?
Tune up itu definisi nya seluas samudra pasifik om.. tergantung seberapa males montirny aj

Kl yg males banget, ganti oli, asal semprot2 carbjet, semprot2 filter udara jg ud dibilang tune up

Tp kl rajin banget, tune up itu mustinya ganti oli, cek dan bersihin busi, cek dan stel klep (bila perlu), lap TB, bersihin sensor2, bersihin filter bensin, ama udara... dan skir klep bila perlu
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Imran
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Mon Aug 31, 2020 8:11
Location: Maros
Daily Vehicle: New Agya 1200 cc TRD MT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Imran »

Omnibus wrote: Fri Sep 04, 2020 4:48
erwinign wrote: Fri Sep 04, 2020 3:37 -----------

Kl soal oli sama ngelitik, saya tarik benang merah simpelnya kl misal pake oli jelek = tarikan berat. Pasti biar reach performance mobil yg kita mau hrs bejek gas lebih dalem. Jdnya pembakaran dipaksa terus baru ngelitik. Benerkah om DOHC sama omnibus?
itu yg om bilang juga bisa terjadi. krn pas gas lebih dibejek kan secara otomatis ignition timing jd lbh advance sementara laju rpm tertahan.

tp kasusnya om 3nr-ve yg nanya ini kita hrs tanya jg apakah sebelum ganti oli sdh ngelitik ngga. hrs dipastikan sebab ada suspect busi, even iridium, pemakaiannya sdh 70rb km. sebaiknya dicek kondisinya, aus, kotor ataupun gapnya. jika perlu ganti. juga faktor lain spt carbon build up.

kl ngelitiknya hanya setelah ganti oli (kita anggap ceteris paribus kondisi lainnya sama spt sebelumnya termasuk kualitas BBM yg ada di tanki), salah satu kemungkinan olinya kurang cocok dgn system dual vvt-i nya yg menyebabkan valve timing latency. bisa viskositasnya krg sesuai (meskipun sama SAE nya bisa ada perbedaan dikit2 kekentalannya), kandungan additive nya, atau jg excessive foaming (terlalu berbuih) yg semuanya mempengaruhi kemampuan oli tsb menahan tekanan utk menjalankan fungsi vvti dgn semestinya sesuai perintah ecu yg sdh kasih command utk actuate vvti dgn derajat2 spesifik. oli yg bagus seharusnya dlm kondisi paling ideal mampu actuate vvti sesuai perintah ecu dgn tepat derajatnya dan tanpa jeda.

buktinya om dohc, setelah sy saranin ubah merk oli gejalanya ngelitik ipahnya improving.

sdh ya ... nanti ada yg ga setuju krn belum lihat org bawa tabung oksigen utk nafas. :big_biglaugh:
Sebelumnya pake oli TMO 5W-30, ngelitik ada juga makanya coba ganti ke SAE lebih rendah dgn merk lain namun ngelitik tetap ada justru nambah (ukur pake perasaan aja). Waktu pake TMO mobil sering dipakai keluar daerah dgn jarak tempuh sekitar 450km dan ganti oli setiap 10,000 km sesuai anjuran Toyota. Mungkin memang perlu cek busi juga biar bisa dapat masalhnya.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by DOHC »

Fertille wrote: Fri Sep 04, 2020 6:17 Maap, pertanyaan sepele, kalo suatu spesifikasi mesin minimal API SL, namun dicekokin API diatas apa ada efek negatif jangka panjang?
Justru mesin nya bakal makasih2 banget ama om

Tingkatan API itu makin maju makin bagus (pengecualian utk API SM)
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12545
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Suryaputra »

omnyanaira wrote: Fri Sep 04, 2020 6:09
Suryaputra wrote: Thu Sep 03, 2020 6:59
tokezz wrote: Thu Sep 03, 2020 6:32 Om sudah ada yg nyobain oli baru ptt yg api Sp 0w20.

Ini bedanya apanyah sama api sn+?
Image

sertifikasi dari API, untuk kebutuhan minimal kemampuan oli buat mengatasi aspek2 yg ada dalam gambar tsb.
Apakah ini artinya umur filter oli jg makin panjang di api sp ini om?? Krn deposit yg ditinggalkan jd lebih sedikit sehingga memperlambat oli menjadi jenuh
Mohon pencerahannya om
Intinya.. Filter oli wajib ganti, tiap ganti oli.
atau max tiap 10rb KM.

Jika filter oli mampet karena:
- kotoran
- debris
- oil terlalu kental
yg ada dibypass, dan circulate ke ruang mesin tanpa filtrasi.
ini bahaya krn bisa bikin cepet rusak liner piston dan bagian lain yg bergesekan.





Imran wrote: Fri Sep 04, 2020 6:34
Omnibus wrote: Fri Sep 04, 2020 4:48
erwinign wrote: Fri Sep 04, 2020 3:37 -----------

Kl soal oli sama ngelitik, saya tarik benang merah simpelnya kl misal pake oli jelek = tarikan berat. Pasti biar reach performance mobil yg kita mau hrs bejek gas lebih dalem. Jdnya pembakaran dipaksa terus baru ngelitik. Benerkah om DOHC sama omnibus?
itu yg om bilang juga bisa terjadi. krn pas gas lebih dibejek kan secara otomatis ignition timing jd lbh advance sementara laju rpm tertahan.

tp kasusnya om 3nr-ve yg nanya ini kita hrs tanya jg apakah sebelum ganti oli sdh ngelitik ngga. hrs dipastikan sebab ada suspect busi, even iridium, pemakaiannya sdh 70rb km. sebaiknya dicek kondisinya, aus, kotor ataupun gapnya. jika perlu ganti. juga faktor lain spt carbon build up.

kl ngelitiknya hanya setelah ganti oli (kita anggap ceteris paribus kondisi lainnya sama spt sebelumnya termasuk kualitas BBM yg ada di tanki), salah satu kemungkinan olinya kurang cocok dgn system dual vvt-i nya yg menyebabkan valve timing latency. bisa viskositasnya krg sesuai (meskipun sama SAE nya bisa ada perbedaan dikit2 kekentalannya), kandungan additive nya, atau jg excessive foaming (terlalu berbuih) yg semuanya mempengaruhi kemampuan oli tsb menahan tekanan utk menjalankan fungsi vvti dgn semestinya sesuai perintah ecu yg sdh kasih command utk actuate vvti dgn derajat2 spesifik. oli yg bagus seharusnya dlm kondisi paling ideal mampu actuate vvti sesuai perintah ecu dgn tepat derajatnya dan tanpa jeda.

buktinya om dohc, setelah sy saranin ubah merk oli gejalanya ngelitik ipahnya improving.

sdh ya ... nanti ada yg ga setuju krn belum lihat org bawa tabung oksigen utk nafas. :big_biglaugh:
Sebelumnya pake oli TMO 5W-30, ngelitik ada juga makanya coba ganti ke SAE lebih rendah dgn merk lain namun ngelitik tetap ada justru nambah (ukur pake perasaan aja). Waktu pake TMO mobil sering dipakai keluar daerah dgn jarak tempuh sekitar 450km dan ganti oli setiap 10,000 km sesuai anjuran Toyota. Mungkin memang perlu cek busi juga biar bisa dapat masalhnya.
bisa jadi itu bagian dari LSPI, salah satu solusi:
- hindari oli dgn calcium (Ca) tinggi
- hindari BBM oktan rendah (usahakan minimal pertamax / R92 deh)

https://www.oronite.com/about/news/low- ... ition.aspx

Untuk cegah LSPI dan related ke urusan perlendiran untuk mbl bensin, pakai aja oli, yg meet specification:
- API SN Plus & API SP/GF6
- Dexos 1 Gen-2
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Imran
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Mon Aug 31, 2020 8:11
Location: Maros
Daily Vehicle: New Agya 1200 cc TRD MT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Imran »

Suryaputra wrote: Fri Sep 04, 2020 6:40
omnyanaira wrote: Fri Sep 04, 2020 6:09
Suryaputra wrote: Thu Sep 03, 2020 6:59

Image

sertifikasi dari API, untuk kebutuhan minimal kemampuan oli buat mengatasi aspek2 yg ada dalam gambar tsb.
Apakah ini artinya umur filter oli jg makin panjang di api sp ini om?? Krn deposit yg ditinggalkan jd lebih sedikit sehingga memperlambat oli menjadi jenuh
Mohon pencerahannya om
Intinya.. Filter oli wajib ganti, tiap ganti oli.
atau max tiap 10rb KM.

Jika filter oli mampet karena:
- kotoran
- debris
- oil terlalu kental
yg ada dibypass, dan circulate ke ruang mesin tanpa filtrasi.
ini bahaya krn bisa bikin cepet rusak liner piston dan bagian lain yg bergesekan.





Imran wrote: Fri Sep 04, 2020 6:34
Omnibus wrote: Fri Sep 04, 2020 4:48

itu yg om bilang juga bisa terjadi. krn pas gas lebih dibejek kan secara otomatis ignition timing jd lbh advance sementara laju rpm tertahan.

tp kasusnya om 3nr-ve yg nanya ini kita hrs tanya jg apakah sebelum ganti oli sdh ngelitik ngga. hrs dipastikan sebab ada suspect busi, even iridium, pemakaiannya sdh 70rb km. sebaiknya dicek kondisinya, aus, kotor ataupun gapnya. jika perlu ganti. juga faktor lain spt carbon build up.

kl ngelitiknya hanya setelah ganti oli (kita anggap ceteris paribus kondisi lainnya sama spt sebelumnya termasuk kualitas BBM yg ada di tanki), salah satu kemungkinan olinya kurang cocok dgn system dual vvt-i nya yg menyebabkan valve timing latency. bisa viskositasnya krg sesuai (meskipun sama SAE nya bisa ada perbedaan dikit2 kekentalannya), kandungan additive nya, atau jg excessive foaming (terlalu berbuih) yg semuanya mempengaruhi kemampuan oli tsb menahan tekanan utk menjalankan fungsi vvti dgn semestinya sesuai perintah ecu yg sdh kasih command utk actuate vvti dgn derajat2 spesifik. oli yg bagus seharusnya dlm kondisi paling ideal mampu actuate vvti sesuai perintah ecu dgn tepat derajatnya dan tanpa jeda.

buktinya om dohc, setelah sy saranin ubah merk oli gejalanya ngelitik ipahnya improving.

sdh ya ... nanti ada yg ga setuju krn belum lihat org bawa tabung oksigen utk nafas. :big_biglaugh:
Sebelumnya pake oli TMO 5W-30, ngelitik ada juga makanya coba ganti ke SAE lebih rendah dgn merk lain namun ngelitik tetap ada justru nambah (ukur pake perasaan aja). Waktu pake TMO mobil sering dipakai keluar daerah dgn jarak tempuh sekitar 450km dan ganti oli setiap 10,000 km sesuai anjuran Toyota. Mungkin memang perlu cek busi juga biar bisa dapat masalhnya.
bisa jadi itu bagian dari LSPI, salah satu solusi:
- hindari oli dgn calcium (Ca) tinggi
- hindari BBM oktan rendah (usahakan minimal pertamax / R92 deh)

https://www.oronite.com/about/news/low- ... ition.aspx

Untuk cegah LSPI dan related ke urusan perlendiran untuk mbl bensin, pakai aja oli, yg meet specification:
- API SN Plus & API SP/GF6
- Dexos 1 Gen-2
Klu seperti dibawah ini, apa recomended om?
Specifications and Approvals
This product meets or exceeds the requirements of:

API SJ

API SL

API SM

API SN

API SN PLUS

API SN PLUS RESOURCE CONSERVING

API SN Resource Conserving

API SP

API SP Resource Conserving

ILSAC GF-6A

Ford WSS-M2C947-A

Ford WSS-M2C947-B1

Properties and Specifications
Property

Grade

SAE 0W-20

Flash Point, Cleveland Open Cup, °C, ASTM D92

220

Pour Point, °C, ASTM D97

-42

Viscosity Index, ASTM D2270

170

Total Base Number, mgKOH/g, ASTM D2896

7.5

Density @ 15.6 C, g/ml, ASTM D4052

0.847

Kinematic Viscosity @ 40 C, mm2/s, ASTM D445

45

Hi-Temp Hi-Shear Viscosity @ 150 C 1x10(6) sec(-1), mPa.s, ASTM D4683

2.6

Mini-Rotary Viscometer, Apparent Viscosity, -40 C, mPa.s, ASTM D4684

24700

Ash, Sulfated, mass%, ASTM D874

0.8

Kinematic Viscosity @ 100 C, mm2/s, ASTM D445

8.5
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4040
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by yanuarra »

DOHC wrote: Fri Sep 04, 2020 5:52
yanuarra wrote: Fri Sep 04, 2020 5:37
DOHC wrote: Fri Sep 04, 2020 5:21

Yg eco ogah om, d rumah aj masi ad sisa 7 botol sisa waktu psbb diskon.. lg ngincer yg evotek aj
Klo di tokpednya masih ada itu stok olinya.. atf jg masih ada om :big_grin:
D toped slalu ad om

Tp ga perna diskon dsana
Yeaah si ptt barusan dtg..pesan kmren...

:ngacir:
draxx13
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 63
Joined: Fri Dec 27, 2019 14:02
Location: indonesia
Daily Vehicle: HR15DE

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by draxx13 »

blloewy wrote: Fri Sep 04, 2020 0:25
DOHC wrote: Thu Sep 03, 2020 12:43
Omnibus wrote: Thu Sep 03, 2020 11:17

ntar ada yg bilang lho om, oli ga ada hubungannya sama ngelitik, cuma bbm yg ada hubungannya.

yg jelas oli sy warnanya bisa berubah hitam pdhl di jalan ga ada org bawa2 tabung oksigen.
kl ad yg blg gt, minta di suru telen ensiklopedia institute van asemreges yg konon disimpen rapi di bawah tanah kampus gedung musatek

btw serius, kl ad yg blg gt, apalagi yg ngaku nya "ahli".. itu sehh malu2in..
Banyak Om...di kalangan para spesialis Nissan itu kl ngelitik kuncinya hanya 2 saya perhatiin.
1. GURAH MESIN
2. BBM naek ke oktan 92 min.

Sdh itu aja, ngga pernah nyebut2 oli...
Kl bahas Oli patokannya km sdh di atas 70rb wajib oli kentel macam -40 :big_dunno:
Wah iya juga om, pokoknya wajib w40 hehe
Saya pake 5w30 pada dibilang olinya ga keenceren mas?
Sekarang malah pake 0w30 ptt
:big_grin:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12545
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Suryaputra »

Imran wrote: Fri Sep 04, 2020 7:23
Suryaputra wrote: Fri Sep 04, 2020 6:40
omnyanaira wrote: Fri Sep 04, 2020 6:09
Apakah ini artinya umur filter oli jg makin panjang di api sp ini om?? Krn deposit yg ditinggalkan jd lebih sedikit sehingga memperlambat oli menjadi jenuh
Mohon pencerahannya om
Intinya.. Filter oli wajib ganti, tiap ganti oli.
atau max tiap 10rb KM.

Jika filter oli mampet karena:
- kotoran
- debris
- oil terlalu kental
yg ada dibypass, dan circulate ke ruang mesin tanpa filtrasi.
ini bahaya krn bisa bikin cepet rusak liner piston dan bagian lain yg bergesekan.





Imran wrote: Fri Sep 04, 2020 6:34

Sebelumnya pake oli TMO 5W-30, ngelitik ada juga makanya coba ganti ke SAE lebih rendah dgn merk lain namun ngelitik tetap ada justru nambah (ukur pake perasaan aja). Waktu pake TMO mobil sering dipakai keluar daerah dgn jarak tempuh sekitar 450km dan ganti oli setiap 10,000 km sesuai anjuran Toyota. Mungkin memang perlu cek busi juga biar bisa dapat masalhnya.
bisa jadi itu bagian dari LSPI, salah satu solusi:
- hindari oli dgn calcium (Ca) tinggi
- hindari BBM oktan rendah (usahakan minimal pertamax / R92 deh)

https://www.oronite.com/about/news/low- ... ition.aspx

Untuk cegah LSPI dan related ke urusan perlendiran untuk mbl bensin, pakai aja oli, yg meet specification:
- API SN Plus & API SP/GF6
- Dexos 1 Gen-2
Klu seperti dibawah ini, apa recomended om?
Specifications and Approvals
This product meets or exceeds the requirements of:

API SJ

API SL

API SM

API SN

API SN PLUS

API SN PLUS RESOURCE CONSERVING

API SN Resource Conserving

API SP

API SP Resource Conserving

ILSAC GF-6A

Ford WSS-M2C947-A

Ford WSS-M2C947-B1

Properties and Specifications
Property

Grade

SAE 0W-20

Flash Point, Cleveland Open Cup, °C, ASTM D92

220

Pour Point, °C, ASTM D97

-42

Viscosity Index, ASTM D2270

170

Total Base Number, mgKOH/g, ASTM D2896

7.5

Density @ 15.6 C, g/ml, ASTM D4052

0.847

Kinematic Viscosity @ 40 C, mm2/s, ASTM D445

45

Hi-Temp Hi-Shear Viscosity @ 150 C 1x10(6) sec(-1), mPa.s, ASTM D4683

2.6

Mini-Rotary Viscometer, Apparent Viscosity, -40 C, mPa.s, ASTM D4684

24700

Ash, Sulfated, mass%, ASTM D874

0.8

Kinematic Viscosity @ 100 C, mm2/s, ASTM D445

8.5
Oli kekinian itu.
udah sampai API SP

btw ini oli apa om ?
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Imran
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Mon Aug 31, 2020 8:11
Location: Maros
Daily Vehicle: New Agya 1200 cc TRD MT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Imran »

Suryaputra wrote: Fri Sep 04, 2020 8:10
Imran wrote: Fri Sep 04, 2020 7:23
Suryaputra wrote: Fri Sep 04, 2020 6:40

Intinya.. Filter oli wajib ganti, tiap ganti oli.
atau max tiap 10rb KM.

Jika filter oli mampet karena:
- kotoran
- debris
- oil terlalu kental
yg ada dibypass, dan circulate ke ruang mesin tanpa filtrasi.
ini bahaya krn bisa bikin cepet rusak liner piston dan bagian lain yg bergesekan.








bisa jadi itu bagian dari LSPI, salah satu solusi:
- hindari oli dgn calcium (Ca) tinggi
- hindari BBM oktan rendah (usahakan minimal pertamax / R92 deh)

https://www.oronite.com/about/news/low- ... ition.aspx

Untuk cegah LSPI dan related ke urusan perlendiran untuk mbl bensin, pakai aja oli, yg meet specification:
- API SN Plus & API SP/GF6
- Dexos 1 Gen-2
Klu seperti dibawah ini, apa recomended om?
Specifications and Approvals
This product meets or exceeds the requirements of:

API SJ

API SL

API SM

API SN

API SN PLUS

API SN PLUS RESOURCE CONSERVING

API SN Resource Conserving

API SP

API SP Resource Conserving

ILSAC GF-6A

Ford WSS-M2C947-A

Ford WSS-M2C947-B1

Properties and Specifications
Property

Grade

SAE 0W-20

Flash Point, Cleveland Open Cup, °C, ASTM D92

220

Pour Point, °C, ASTM D97

-42

Viscosity Index, ASTM D2270

170

Total Base Number, mgKOH/g, ASTM D2896

7.5

Density @ 15.6 C, g/ml, ASTM D4052

0.847

Kinematic Viscosity @ 40 C, mm2/s, ASTM D445

45

Hi-Temp Hi-Shear Viscosity @ 150 C 1x10(6) sec(-1), mPa.s, ASTM D4683

2.6

Mini-Rotary Viscometer, Apparent Viscosity, -40 C, mPa.s, ASTM D4684

24700

Ash, Sulfated, mass%, ASTM D874

0.8

Kinematic Viscosity @ 100 C, mm2/s, ASTM D445

8.5
Oli kekinian itu.
udah sampai API SP

btw ini oli apa om ?
Mobil Super All in one Protection 0W-20
goodranger
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Mon Jan 07, 2019 18:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by goodranger »

yanuarra wrote:
DOHC wrote: Fri Sep 04, 2020 5:52
yanuarra wrote: Fri Sep 04, 2020 5:37 Klo di tokpednya masih ada itu stok olinya.. atf jg masih ada om :big_grin:
D toped slalu ad om

Tp ga perna diskon dsana
Yeaah si ptt barusan dtg..pesan kmren...

:ngacir:
Cepat amat om, ane pesen ptt via blibli dr tgl 31 Agustus status nya sedang di pickup mulu.

Ada yg prnah nyoba oli lupromax, d dkt rmh ad bngkel yg rame tp endorse ny lupromax. Ane searching gada yg buntut 20
goodranger
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Mon Jan 07, 2019 18:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by goodranger »

yanuarra wrote:
DOHC wrote: Fri Sep 04, 2020 5:52
yanuarra wrote: Fri Sep 04, 2020 5:37 Klo di tokpednya masih ada itu stok olinya.. atf jg masih ada om :big_grin:
D toped slalu ad om

Tp ga perna diskon dsana
Yeaah si ptt barusan dtg..pesan kmren...

:ngacir:
Cepat amat om, ane pesen ptt via blibli dr tgl 31 Agustus status nya sedang di pickup mulu.
Ada yg prnah nyoba oli lupromax, d dkt rmh ad bngkel yg rame tp endorse ny lupromax. Ane searching gada yg buntut 20
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11857
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by marmut »

ngeributin knocking, beneran knocking apa enggak? emang bisa ngebedain?
ini kejadian bener, ada yang ngeluh mesinnya ngelitik kalo di gas, setelah diperiksa ternyata bukan ngelitik/knocking/pre ignition, tetapi suara dari crankshaft main bearing sudah minta diganti.

:big_bored:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by DOHC »

marmut wrote: Fri Sep 04, 2020 8:45 ngeributin knocking, beneran knocking apa enggak? emang bisa ngebedain?
ini kejadian bener, ada yang ngeluh mesinnya ngelitik kalo di gas, setelah diperiksa ternyata bukan ngelitik/knocking/pre ignition, tetapi suara dari crankshaft main bearing sudah minta diganti.

:big_bored:
Njirr

Si mbah dateng2 lgs ngasi diagnosis yg paling serem


Tp iya jg sehh, suara dr metal2 bsa jg
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by DOHC »

yanuarra wrote: Fri Sep 04, 2020 7:37
DOHC wrote: Fri Sep 04, 2020 5:52
yanuarra wrote: Fri Sep 04, 2020 5:37

Klo di tokpednya masih ada itu stok olinya.. atf jg masih ada om :big_grin:
D toped slalu ad om

Tp ga perna diskon dsana
Yeaah si ptt barusan dtg..pesan kmren...

:ngacir:
Pesen apa om ?atf yg LV ? Ato yg ekotek ?
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12545
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Suryaputra »

marmut wrote: Fri Sep 04, 2020 8:45 ngeributin knocking, beneran knocking apa enggak? emang bisa ngebedain?
ini kejadian bener, ada yang ngeluh mesinnya ngelitik kalo di gas, setelah diperiksa ternyata bukan ngelitik/knocking/pre ignition, tetapi suara dari crankshaft main bearing sudah minta diganti.

:big_bored:
wkwkwkwkwkwk.
ngeri mbah :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2733
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Jambangan »

DOHC wrote: Fri Sep 04, 2020 5:26
Omnibus wrote: Fri Sep 04, 2020 4:48
erwinign wrote: Fri Sep 04, 2020 3:37 -----------

Kl soal oli sama ngelitik, saya tarik benang merah simpelnya kl misal pake oli jelek = tarikan berat. Pasti biar reach performance mobil yg kita mau hrs bejek gas lebih dalem. Jdnya pembakaran dipaksa terus baru ngelitik. Benerkah om DOHC sama omnibus?
itu yg om bilang juga bisa terjadi. krn pas gas lebih dibejek kan secara otomatis ignition timing jd lbh advance sementara laju rpm tertahan.

tp kasusnya om 3nr-ve yg nanya ini kita hrs tanya jg apakah sebelum ganti oli sdh ngelitik ngga. hrs dipastikan sebab ada suspect busi, even iridium, pemakaiannya sdh 70rb km. sebaiknya dicek kondisinya, aus, kotor ataupun gapnya. jika perlu ganti. juga faktor lain spt carbon build up.

kl ngelitiknya hanya setelah ganti oli (kita anggap ceteris paribus kondisi lainnya sama spt sebelumnya termasuk kualitas BBM yg ada di tanki), salah satu kemungkinan olinya kurang cocok dgn system dual vvt-i nya yg menyebabkan valve timing latency. bisa viskositasnya krg sesuai (meskipun sama SAE nya bisa ada perbedaan dikit2 kekentalannya), kandungan additive nya, atau jg excessive foaming (terlalu berbuih) yg semuanya mempengaruhi kemampuan oli tsb menahan tekanan utk menjalankan fungsi vvti dgn semestinya sesuai perintah ecu yg sdh kasih command utk actuate vvti dgn derajat2 spesifik. oli yg bagus seharusnya dlm kondisi paling ideal mampu actuate vvti sesuai perintah ecu dgn tepat derajatnya dan tanpa jeda.

buktinya om dohc, setelah sy saranin ubah merk oli gejalanya ngelitik ipahnya improving.

sdh ya ... nanti ada yg ga setuju krn belum lihat org bawa tabung oksigen utk nafas. :big_biglaugh:
Stuju ama poin2 d atas

Dan sekedar nambahin, hasil gugel2 sana sini, ntn yutub sana sini.. satu lg benang merah yg bsa saya tarik, iaitu utk mobil2 ber vvti, palagi yg ampe 2 biji... wajip oli encer (plus kriteria2 d atas, bukan asal encer doank), regardless odo brapapun, kcuali ud jebol ring piston yah laen crita deh, inipun jg drpd hajar oli kentel, mending skalian turun mesin

Pengecualian utk mobil2 berklep otomatis jadul (biasanya mesin2 bimmer jadul ini), lebi bisa pake oli kentel, krn mesh aktuator nya masi lebi longgar2
Kata scotty kilmer mobil2 ber vvt emang jangan pake oli kental walaupun mesin udah boros oli
Bener kata mod dohc solusinya ya turun mesin atau rajin2 topup
Beda kalo di indo, mesin vvt udah boros oli dikasih 20w50 :mky_04:
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2733
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Jambangan »

marmut wrote: Fri Sep 04, 2020 8:45 ngeributin knocking, beneran knocking apa enggak? emang bisa ngebedain?
ini kejadian bener, ada yang ngeluh mesinnya ngelitik kalo di gas, setelah diperiksa ternyata bukan ngelitik/knocking/pre ignition, tetapi suara dari crankshaft main bearing sudah minta diganti.

:big_bored:
Ini mimpi buruk om wkwk...