BliBli bisa kirim ke kota2 lainImran wrote:Om, mau nanya nih maklum masih pemula di mobil, mobil saya mesin 3NR-VE, sdh 73,000 km, kemarin di km 71,000 ganti pake oli mobil super 3000 0w-20, tarikan jadi enteng namun agak ngelitik, apa krn olinya ya?. Pabrikan mobil juga baru release oli mobil super all in one protection 0W-20 API SP GF6A apa ini recomended ya soalnya pilih oli seperti PTT, Q8 agak susah di daerah saya.
Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12
Stuju ama poin2 d atasOmnibus wrote: Fri Sep 04, 2020 4:48itu yg om bilang juga bisa terjadi. krn pas gas lebih dibejek kan secara otomatis ignition timing jd lbh advance sementara laju rpm tertahan.erwinign wrote: Fri Sep 04, 2020 3:37 -----------
Kl soal oli sama ngelitik, saya tarik benang merah simpelnya kl misal pake oli jelek = tarikan berat. Pasti biar reach performance mobil yg kita mau hrs bejek gas lebih dalem. Jdnya pembakaran dipaksa terus baru ngelitik. Benerkah om DOHC sama omnibus?
tp kasusnya om 3nr-ve yg nanya ini kita hrs tanya jg apakah sebelum ganti oli sdh ngelitik ngga. hrs dipastikan sebab ada suspect busi, even iridium, pemakaiannya sdh 70rb km. sebaiknya dicek kondisinya, aus, kotor ataupun gapnya. jika perlu ganti. juga faktor lain spt carbon build up.
kl ngelitiknya hanya setelah ganti oli (kita anggap ceteris paribus kondisi lainnya sama spt sebelumnya termasuk kualitas BBM yg ada di tanki), salah satu kemungkinan olinya kurang cocok dgn system dual vvt-i nya yg menyebabkan valve timing latency. bisa viskositasnya krg sesuai (meskipun sama SAE nya bisa ada perbedaan dikit2 kekentalannya), kandungan additive nya, atau jg excessive foaming (terlalu berbuih) yg semuanya mempengaruhi kemampuan oli tsb menahan tekanan utk menjalankan fungsi vvti dgn semestinya sesuai perintah ecu yg sdh kasih command utk actuate vvti dgn derajat2 spesifik. oli yg bagus seharusnya dlm kondisi paling ideal mampu actuate vvti sesuai perintah ecu dgn tepat derajatnya dan tanpa jeda.
buktinya om dohc, setelah sy saranin ubah merk oli gejalanya ngelitik ipahnya improving.
sdh ya ... nanti ada yg ga setuju krn belum lihat org bawa tabung oksigen utk nafas.![]()
Dan sekedar nambahin, hasil gugel2 sana sini, ntn yutub sana sini.. satu lg benang merah yg bsa saya tarik, iaitu utk mobil2 ber vvti, palagi yg ampe 2 biji... wajip oli encer (plus kriteria2 d atas, bukan asal encer doank), regardless odo brapapun, kcuali ud jebol ring piston yah laen crita deh, inipun jg drpd hajar oli kentel, mending skalian turun mesin
Pengecualian utk mobil2 berklep otomatis jadul (biasanya mesin2 bimmer jadul ini), lebi bisa pake oli kentel, krn mesh aktuator nya masi lebi longgar2
Last edited by DOHC on Fri Sep 04, 2020 5:51, edited 1 time in total.
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4040
- Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
- Location: Jakarta
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12
Klo di tokpednya masih ada itu stok olinya.. atf jg masih ada omDOHC wrote: Fri Sep 04, 2020 5:21Yg eco ogah om, d rumah aj masi ad sisa 7 botol sisa waktu psbb diskon.. lg ngincer yg evotek aj

-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12
D toped slalu ad omyanuarra wrote: Fri Sep 04, 2020 5:37Klo di tokpednya masih ada itu stok olinya.. atf jg masih ada om![]()
Tp ga perna diskon dsana
numpang lewat aja....


-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Mon Aug 31, 2020 8:11
- Location: Maros
- Daily Vehicle: New Agya 1200 cc TRD MT
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12
Pilihan tokonya apa ya om turbo jika beli di blibli, takutnya dapat yang palsu?Turboman wrote: Fri Sep 04, 2020 5:26BliBli bisa kirim ke kota2 lainImran wrote:Om, mau nanya nih maklum masih pemula di mobil, mobil saya mesin 3NR-VE, sdh 73,000 km, kemarin di km 71,000 ganti pake oli mobil super 3000 0w-20, tarikan jadi enteng namun agak ngelitik, apa krn olinya ya?. Pabrikan mobil juga baru release oli mobil super all in one protection 0W-20 API SP GF6A apa ini recomended ya soalnya pilih oli seperti PTT, Q8 agak susah di daerah saya.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1930
- Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Roda Dua UW125 - 2007
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12
Nah menarik ini krn timing latency penyebab ngelitik.DOHC wrote: Fri Sep 04, 2020 5:26Stuju ama poin2 d atasOmnibus wrote: Fri Sep 04, 2020 4:48itu yg om bilang juga bisa terjadi. krn pas gas lebih dibejek kan secara otomatis ignition timing jd lbh advance sementara laju rpm tertahan.erwinign wrote: Fri Sep 04, 2020 3:37 -----------
Kl soal oli sama ngelitik, saya tarik benang merah simpelnya kl misal pake oli jelek = tarikan berat. Pasti biar reach performance mobil yg kita mau hrs bejek gas lebih dalem. Jdnya pembakaran dipaksa terus baru ngelitik. Benerkah om DOHC sama omnibus?
tp kasusnya om 3nr-ve yg nanya ini kita hrs tanya jg apakah sebelum ganti oli sdh ngelitik ngga. hrs dipastikan sebab ada suspect busi, even iridium, pemakaiannya sdh 70rb km. sebaiknya dicek kondisinya, aus, kotor ataupun gapnya. jika perlu ganti. juga faktor lain spt carbon build up.
kl ngelitiknya hanya setelah ganti oli (kita anggap ceteris paribus kondisi lainnya sama spt sebelumnya termasuk kualitas BBM yg ada di tanki), salah satu kemungkinan olinya kurang cocok dgn system dual vvt-i nya yg menyebabkan valve timing latency. bisa viskositasnya krg sesuai (meskipun sama SAE nya bisa ada perbedaan dikit2 kekentalannya), kandungan additive nya, atau jg excessive foaming (terlalu berbuih) yg semuanya mempengaruhi kemampuan oli tsb menahan tekanan utk menjalankan fungsi vvti dgn semestinya sesuai perintah ecu yg sdh kasih command utk actuate vvti dgn derajat2 spesifik. oli yg bagus seharusnya dlm kondisi paling ideal mampu actuate vvti sesuai perintah ecu dgn tepat derajatnya dan tanpa jeda.
buktinya om dohc, setelah sy saranin ubah merk oli gejalanya ngelitik ipahnya improving.
sdh ya ... nanti ada yg ga setuju krn belum lihat org bawa tabung oksigen utk nafas.![]()
Dan sekedar nambahin, hasil gugel2 sana sini, ntn yutub sana sini.. satu lg benang merah yg bsa saya tarik, iaitu utk mobil2 ber vvti, palagi yg ampe 2 biji... wajip oli encer (plus kriteria2 d atas, bukan asal encer doank), regardless odo brapapun, kcuali ud jebol ring piston yah laen crita deh, inipun jg drpd hajar oli kentel, mending skalian turun mesin
Pengecualian utk mobil2 berklep otomatis jadul (biasanya mesin2 bimmer jadul ini), lebi bisa pake oli kentel, krn mesh aktuator nya masi lebi longgar2
Oli terlalu kental akibatnya gerakan VVTI nya jadi ngga sempurna ya Om? semacam ada gesekan berlebih yg buat jadi lebih lambat dari seharusnya begitu ya?
Kl di Mesin HR infonya Sistem Mobil Closed Loop jadi ECU akan menyesuaikan itu Timing Pengapian setelah menerima berbagai input dari multiple sensor...jd emang sich seiring waktu pasti ada perubahan di dalam engine yg akhirnya ECU akan beradaptasi...
Kuping saya msh belum peka ini u dengerin ngelitik jd bisa tau kira2 oli yg cocok apa...
Kl bersihkan TB ama EGR itu masuk tune up bukan ya?
Dan apa bener Sensor O2 itu bisa dibersihkan juga?
nubie in all things - still need to learn
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 181
- Joined: Tue Jan 23, 2018 0:55
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12
Apakah ini artinya umur filter oli jg makin panjang di api sp ini om?? Krn deposit yg ditinggalkan jd lebih sedikit sehingga memperlambat oli menjadi jenuhSuryaputra wrote: Thu Sep 03, 2020 6:59tokezz wrote: Thu Sep 03, 2020 6:32 Om sudah ada yg nyobain oli baru ptt yg api Sp 0w20.
Ini bedanya apanyah sama api sn+?
sertifikasi dari API, untuk kebutuhan minimal kemampuan oli buat mengatasi aspek2 yg ada dalam gambar tsb.
Mohon pencerahannya om
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 183
- Joined: Mon Dec 24, 2018 11:29
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12
Maap, pertanyaan sepele, kalo suatu spesifikasi mesin minimal API SL, namun dicekokin API diatas apa ada efek negatif jangka panjang?
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12
Tune up itu definisi nya seluas samudra pasifik om.. tergantung seberapa males montirny ajblloewy wrote: Fri Sep 04, 2020 6:02Nah menarik ini krn timing latency penyebab ngelitik.DOHC wrote: Fri Sep 04, 2020 5:26Stuju ama poin2 d atasOmnibus wrote: Fri Sep 04, 2020 4:48
itu yg om bilang juga bisa terjadi. krn pas gas lebih dibejek kan secara otomatis ignition timing jd lbh advance sementara laju rpm tertahan.
tp kasusnya om 3nr-ve yg nanya ini kita hrs tanya jg apakah sebelum ganti oli sdh ngelitik ngga. hrs dipastikan sebab ada suspect busi, even iridium, pemakaiannya sdh 70rb km. sebaiknya dicek kondisinya, aus, kotor ataupun gapnya. jika perlu ganti. juga faktor lain spt carbon build up.
kl ngelitiknya hanya setelah ganti oli (kita anggap ceteris paribus kondisi lainnya sama spt sebelumnya termasuk kualitas BBM yg ada di tanki), salah satu kemungkinan olinya kurang cocok dgn system dual vvt-i nya yg menyebabkan valve timing latency. bisa viskositasnya krg sesuai (meskipun sama SAE nya bisa ada perbedaan dikit2 kekentalannya), kandungan additive nya, atau jg excessive foaming (terlalu berbuih) yg semuanya mempengaruhi kemampuan oli tsb menahan tekanan utk menjalankan fungsi vvti dgn semestinya sesuai perintah ecu yg sdh kasih command utk actuate vvti dgn derajat2 spesifik. oli yg bagus seharusnya dlm kondisi paling ideal mampu actuate vvti sesuai perintah ecu dgn tepat derajatnya dan tanpa jeda.
buktinya om dohc, setelah sy saranin ubah merk oli gejalanya ngelitik ipahnya improving.
sdh ya ... nanti ada yg ga setuju krn belum lihat org bawa tabung oksigen utk nafas.![]()
Dan sekedar nambahin, hasil gugel2 sana sini, ntn yutub sana sini.. satu lg benang merah yg bsa saya tarik, iaitu utk mobil2 ber vvti, palagi yg ampe 2 biji... wajip oli encer (plus kriteria2 d atas, bukan asal encer doank), regardless odo brapapun, kcuali ud jebol ring piston yah laen crita deh, inipun jg drpd hajar oli kentel, mending skalian turun mesin
Pengecualian utk mobil2 berklep otomatis jadul (biasanya mesin2 bimmer jadul ini), lebi bisa pake oli kentel, krn mesh aktuator nya masi lebi longgar2
Oli terlalu kental akibatnya gerakan VVTI nya jadi ngga sempurna ya Om? semacam ada gesekan berlebih yg buat jadi lebih lambat dari seharusnya begitu ya?
Kl di Mesin HR infonya Sistem Mobil Closed Loop jadi ECU akan menyesuaikan itu Timing Pengapian setelah menerima berbagai input dari multiple sensor...jd emang sich seiring waktu pasti ada perubahan di dalam engine yg akhirnya ECU akan beradaptasi...
Kuping saya msh belum peka ini u dengerin ngelitik jd bisa tau kira2 oli yg cocok apa...
Kl bersihkan TB ama EGR itu masuk tune up bukan ya?
Dan apa bener Sensor O2 itu bisa dibersihkan juga?
Kl yg males banget, ganti oli, asal semprot2 carbjet, semprot2 filter udara jg ud dibilang tune up
Tp kl rajin banget, tune up itu mustinya ganti oli, cek dan bersihin busi, cek dan stel klep (bila perlu), lap TB, bersihin sensor2, bersihin filter bensin, ama udara... dan skir klep bila perlu
numpang lewat aja....


-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Mon Aug 31, 2020 8:11
- Location: Maros
- Daily Vehicle: New Agya 1200 cc TRD MT
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12
Sebelumnya pake oli TMO 5W-30, ngelitik ada juga makanya coba ganti ke SAE lebih rendah dgn merk lain namun ngelitik tetap ada justru nambah (ukur pake perasaan aja). Waktu pake TMO mobil sering dipakai keluar daerah dgn jarak tempuh sekitar 450km dan ganti oli setiap 10,000 km sesuai anjuran Toyota. Mungkin memang perlu cek busi juga biar bisa dapat masalhnya.Omnibus wrote: Fri Sep 04, 2020 4:48itu yg om bilang juga bisa terjadi. krn pas gas lebih dibejek kan secara otomatis ignition timing jd lbh advance sementara laju rpm tertahan.erwinign wrote: Fri Sep 04, 2020 3:37 -----------
Kl soal oli sama ngelitik, saya tarik benang merah simpelnya kl misal pake oli jelek = tarikan berat. Pasti biar reach performance mobil yg kita mau hrs bejek gas lebih dalem. Jdnya pembakaran dipaksa terus baru ngelitik. Benerkah om DOHC sama omnibus?
tp kasusnya om 3nr-ve yg nanya ini kita hrs tanya jg apakah sebelum ganti oli sdh ngelitik ngga. hrs dipastikan sebab ada suspect busi, even iridium, pemakaiannya sdh 70rb km. sebaiknya dicek kondisinya, aus, kotor ataupun gapnya. jika perlu ganti. juga faktor lain spt carbon build up.
kl ngelitiknya hanya setelah ganti oli (kita anggap ceteris paribus kondisi lainnya sama spt sebelumnya termasuk kualitas BBM yg ada di tanki), salah satu kemungkinan olinya kurang cocok dgn system dual vvt-i nya yg menyebabkan valve timing latency. bisa viskositasnya krg sesuai (meskipun sama SAE nya bisa ada perbedaan dikit2 kekentalannya), kandungan additive nya, atau jg excessive foaming (terlalu berbuih) yg semuanya mempengaruhi kemampuan oli tsb menahan tekanan utk menjalankan fungsi vvti dgn semestinya sesuai perintah ecu yg sdh kasih command utk actuate vvti dgn derajat2 spesifik. oli yg bagus seharusnya dlm kondisi paling ideal mampu actuate vvti sesuai perintah ecu dgn tepat derajatnya dan tanpa jeda.
buktinya om dohc, setelah sy saranin ubah merk oli gejalanya ngelitik ipahnya improving.
sdh ya ... nanti ada yg ga setuju krn belum lihat org bawa tabung oksigen utk nafas.![]()
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12
Justru mesin nya bakal makasih2 banget ama omFertille wrote: Fri Sep 04, 2020 6:17 Maap, pertanyaan sepele, kalo suatu spesifikasi mesin minimal API SL, namun dicekokin API diatas apa ada efek negatif jangka panjang?
Tingkatan API itu makin maju makin bagus (pengecualian utk API SM)
numpang lewat aja....


-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12545
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12
Intinya.. Filter oli wajib ganti, tiap ganti oli.omnyanaira wrote: Fri Sep 04, 2020 6:09Apakah ini artinya umur filter oli jg makin panjang di api sp ini om?? Krn deposit yg ditinggalkan jd lebih sedikit sehingga memperlambat oli menjadi jenuhSuryaputra wrote: Thu Sep 03, 2020 6:59tokezz wrote: Thu Sep 03, 2020 6:32 Om sudah ada yg nyobain oli baru ptt yg api Sp 0w20.
Ini bedanya apanyah sama api sn+?
sertifikasi dari API, untuk kebutuhan minimal kemampuan oli buat mengatasi aspek2 yg ada dalam gambar tsb.
Mohon pencerahannya om
atau max tiap 10rb KM.
Jika filter oli mampet karena:
- kotoran
- debris
- oil terlalu kental
yg ada dibypass, dan circulate ke ruang mesin tanpa filtrasi.
ini bahaya krn bisa bikin cepet rusak liner piston dan bagian lain yg bergesekan.
bisa jadi itu bagian dari LSPI, salah satu solusi:Imran wrote: Fri Sep 04, 2020 6:34Sebelumnya pake oli TMO 5W-30, ngelitik ada juga makanya coba ganti ke SAE lebih rendah dgn merk lain namun ngelitik tetap ada justru nambah (ukur pake perasaan aja). Waktu pake TMO mobil sering dipakai keluar daerah dgn jarak tempuh sekitar 450km dan ganti oli setiap 10,000 km sesuai anjuran Toyota. Mungkin memang perlu cek busi juga biar bisa dapat masalhnya.Omnibus wrote: Fri Sep 04, 2020 4:48itu yg om bilang juga bisa terjadi. krn pas gas lebih dibejek kan secara otomatis ignition timing jd lbh advance sementara laju rpm tertahan.erwinign wrote: Fri Sep 04, 2020 3:37 -----------
Kl soal oli sama ngelitik, saya tarik benang merah simpelnya kl misal pake oli jelek = tarikan berat. Pasti biar reach performance mobil yg kita mau hrs bejek gas lebih dalem. Jdnya pembakaran dipaksa terus baru ngelitik. Benerkah om DOHC sama omnibus?
tp kasusnya om 3nr-ve yg nanya ini kita hrs tanya jg apakah sebelum ganti oli sdh ngelitik ngga. hrs dipastikan sebab ada suspect busi, even iridium, pemakaiannya sdh 70rb km. sebaiknya dicek kondisinya, aus, kotor ataupun gapnya. jika perlu ganti. juga faktor lain spt carbon build up.
kl ngelitiknya hanya setelah ganti oli (kita anggap ceteris paribus kondisi lainnya sama spt sebelumnya termasuk kualitas BBM yg ada di tanki), salah satu kemungkinan olinya kurang cocok dgn system dual vvt-i nya yg menyebabkan valve timing latency. bisa viskositasnya krg sesuai (meskipun sama SAE nya bisa ada perbedaan dikit2 kekentalannya), kandungan additive nya, atau jg excessive foaming (terlalu berbuih) yg semuanya mempengaruhi kemampuan oli tsb menahan tekanan utk menjalankan fungsi vvti dgn semestinya sesuai perintah ecu yg sdh kasih command utk actuate vvti dgn derajat2 spesifik. oli yg bagus seharusnya dlm kondisi paling ideal mampu actuate vvti sesuai perintah ecu dgn tepat derajatnya dan tanpa jeda.
buktinya om dohc, setelah sy saranin ubah merk oli gejalanya ngelitik ipahnya improving.
sdh ya ... nanti ada yg ga setuju krn belum lihat org bawa tabung oksigen utk nafas.![]()
- hindari oli dgn calcium (Ca) tinggi
- hindari BBM oktan rendah (usahakan minimal pertamax / R92 deh)
https://www.oronite.com/about/news/low- ... ition.aspx
Untuk cegah LSPI dan related ke urusan perlendiran untuk mbl bensin, pakai aja oli, yg meet specification:
- API SN Plus & API SP/GF6
- Dexos 1 Gen-2
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Mon Aug 31, 2020 8:11
- Location: Maros
- Daily Vehicle: New Agya 1200 cc TRD MT
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12
Klu seperti dibawah ini, apa recomended om?Suryaputra wrote: Fri Sep 04, 2020 6:40Intinya.. Filter oli wajib ganti, tiap ganti oli.omnyanaira wrote: Fri Sep 04, 2020 6:09Apakah ini artinya umur filter oli jg makin panjang di api sp ini om?? Krn deposit yg ditinggalkan jd lebih sedikit sehingga memperlambat oli menjadi jenuhSuryaputra wrote: Thu Sep 03, 2020 6:59
sertifikasi dari API, untuk kebutuhan minimal kemampuan oli buat mengatasi aspek2 yg ada dalam gambar tsb.
Mohon pencerahannya om
atau max tiap 10rb KM.
Jika filter oli mampet karena:
- kotoran
- debris
- oil terlalu kental
yg ada dibypass, dan circulate ke ruang mesin tanpa filtrasi.
ini bahaya krn bisa bikin cepet rusak liner piston dan bagian lain yg bergesekan.
bisa jadi itu bagian dari LSPI, salah satu solusi:Imran wrote: Fri Sep 04, 2020 6:34Sebelumnya pake oli TMO 5W-30, ngelitik ada juga makanya coba ganti ke SAE lebih rendah dgn merk lain namun ngelitik tetap ada justru nambah (ukur pake perasaan aja). Waktu pake TMO mobil sering dipakai keluar daerah dgn jarak tempuh sekitar 450km dan ganti oli setiap 10,000 km sesuai anjuran Toyota. Mungkin memang perlu cek busi juga biar bisa dapat masalhnya.Omnibus wrote: Fri Sep 04, 2020 4:48
itu yg om bilang juga bisa terjadi. krn pas gas lebih dibejek kan secara otomatis ignition timing jd lbh advance sementara laju rpm tertahan.
tp kasusnya om 3nr-ve yg nanya ini kita hrs tanya jg apakah sebelum ganti oli sdh ngelitik ngga. hrs dipastikan sebab ada suspect busi, even iridium, pemakaiannya sdh 70rb km. sebaiknya dicek kondisinya, aus, kotor ataupun gapnya. jika perlu ganti. juga faktor lain spt carbon build up.
kl ngelitiknya hanya setelah ganti oli (kita anggap ceteris paribus kondisi lainnya sama spt sebelumnya termasuk kualitas BBM yg ada di tanki), salah satu kemungkinan olinya kurang cocok dgn system dual vvt-i nya yg menyebabkan valve timing latency. bisa viskositasnya krg sesuai (meskipun sama SAE nya bisa ada perbedaan dikit2 kekentalannya), kandungan additive nya, atau jg excessive foaming (terlalu berbuih) yg semuanya mempengaruhi kemampuan oli tsb menahan tekanan utk menjalankan fungsi vvti dgn semestinya sesuai perintah ecu yg sdh kasih command utk actuate vvti dgn derajat2 spesifik. oli yg bagus seharusnya dlm kondisi paling ideal mampu actuate vvti sesuai perintah ecu dgn tepat derajatnya dan tanpa jeda.
buktinya om dohc, setelah sy saranin ubah merk oli gejalanya ngelitik ipahnya improving.
sdh ya ... nanti ada yg ga setuju krn belum lihat org bawa tabung oksigen utk nafas.![]()
- hindari oli dgn calcium (Ca) tinggi
- hindari BBM oktan rendah (usahakan minimal pertamax / R92 deh)
https://www.oronite.com/about/news/low- ... ition.aspx
Untuk cegah LSPI dan related ke urusan perlendiran untuk mbl bensin, pakai aja oli, yg meet specification:
- API SN Plus & API SP/GF6
- Dexos 1 Gen-2
Specifications and Approvals
This product meets or exceeds the requirements of:
API SJ
API SL
API SM
API SN
API SN PLUS
API SN PLUS RESOURCE CONSERVING
API SN Resource Conserving
API SP
API SP Resource Conserving
ILSAC GF-6A
Ford WSS-M2C947-A
Ford WSS-M2C947-B1
Properties and Specifications
Property
Grade
SAE 0W-20
Flash Point, Cleveland Open Cup, °C, ASTM D92
220
Pour Point, °C, ASTM D97
-42
Viscosity Index, ASTM D2270
170
Total Base Number, mgKOH/g, ASTM D2896
7.5
Density @ 15.6 C, g/ml, ASTM D4052
0.847
Kinematic Viscosity @ 40 C, mm2/s, ASTM D445
45
Hi-Temp Hi-Shear Viscosity @ 150 C 1x10(6) sec(-1), mPa.s, ASTM D4683
2.6
Mini-Rotary Viscometer, Apparent Viscosity, -40 C, mPa.s, ASTM D4684
24700
Ash, Sulfated, mass%, ASTM D874
0.8
Kinematic Viscosity @ 100 C, mm2/s, ASTM D445
8.5
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4040
- Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
- Location: Jakarta
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12
Yeaah si ptt barusan dtg..pesan kmren...

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 63
- Joined: Fri Dec 27, 2019 14:02
- Location: indonesia
- Daily Vehicle: HR15DE
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12
Wah iya juga om, pokoknya wajib w40 heheblloewy wrote: Fri Sep 04, 2020 0:25Banyak Om...di kalangan para spesialis Nissan itu kl ngelitik kuncinya hanya 2 saya perhatiin.DOHC wrote: Thu Sep 03, 2020 12:43kl ad yg blg gt, minta di suru telen ensiklopedia institute van asemreges yg konon disimpen rapi di bawah tanah kampus gedung musatekOmnibus wrote: Thu Sep 03, 2020 11:17
ntar ada yg bilang lho om, oli ga ada hubungannya sama ngelitik, cuma bbm yg ada hubungannya.
yg jelas oli sy warnanya bisa berubah hitam pdhl di jalan ga ada org bawa2 tabung oksigen.
btw serius, kl ad yg blg gt, apalagi yg ngaku nya "ahli".. itu sehh malu2in..
1. GURAH MESIN
2. BBM naek ke oktan 92 min.
Sdh itu aja, ngga pernah nyebut2 oli...
Kl bahas Oli patokannya km sdh di atas 70rb wajib oli kentel macam -40![]()
Saya pake 5w30 pada dibilang olinya ga keenceren mas?
Sekarang malah pake 0w30 ptt

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12545
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12
Oli kekinian itu.Imran wrote: Fri Sep 04, 2020 7:23Klu seperti dibawah ini, apa recomended om?Suryaputra wrote: Fri Sep 04, 2020 6:40Intinya.. Filter oli wajib ganti, tiap ganti oli.omnyanaira wrote: Fri Sep 04, 2020 6:09
Apakah ini artinya umur filter oli jg makin panjang di api sp ini om?? Krn deposit yg ditinggalkan jd lebih sedikit sehingga memperlambat oli menjadi jenuh
Mohon pencerahannya om
atau max tiap 10rb KM.
Jika filter oli mampet karena:
- kotoran
- debris
- oil terlalu kental
yg ada dibypass, dan circulate ke ruang mesin tanpa filtrasi.
ini bahaya krn bisa bikin cepet rusak liner piston dan bagian lain yg bergesekan.
bisa jadi itu bagian dari LSPI, salah satu solusi:Imran wrote: Fri Sep 04, 2020 6:34
Sebelumnya pake oli TMO 5W-30, ngelitik ada juga makanya coba ganti ke SAE lebih rendah dgn merk lain namun ngelitik tetap ada justru nambah (ukur pake perasaan aja). Waktu pake TMO mobil sering dipakai keluar daerah dgn jarak tempuh sekitar 450km dan ganti oli setiap 10,000 km sesuai anjuran Toyota. Mungkin memang perlu cek busi juga biar bisa dapat masalhnya.
- hindari oli dgn calcium (Ca) tinggi
- hindari BBM oktan rendah (usahakan minimal pertamax / R92 deh)
https://www.oronite.com/about/news/low- ... ition.aspx
Untuk cegah LSPI dan related ke urusan perlendiran untuk mbl bensin, pakai aja oli, yg meet specification:
- API SN Plus & API SP/GF6
- Dexos 1 Gen-2
Specifications and Approvals
This product meets or exceeds the requirements of:
API SJ
API SL
API SM
API SN
API SN PLUS
API SN PLUS RESOURCE CONSERVING
API SN Resource Conserving
API SP
API SP Resource Conserving
ILSAC GF-6A
Ford WSS-M2C947-A
Ford WSS-M2C947-B1
Properties and Specifications
Property
Grade
SAE 0W-20
Flash Point, Cleveland Open Cup, °C, ASTM D92
220
Pour Point, °C, ASTM D97
-42
Viscosity Index, ASTM D2270
170
Total Base Number, mgKOH/g, ASTM D2896
7.5
Density @ 15.6 C, g/ml, ASTM D4052
0.847
Kinematic Viscosity @ 40 C, mm2/s, ASTM D445
45
Hi-Temp Hi-Shear Viscosity @ 150 C 1x10(6) sec(-1), mPa.s, ASTM D4683
2.6
Mini-Rotary Viscometer, Apparent Viscosity, -40 C, mPa.s, ASTM D4684
24700
Ash, Sulfated, mass%, ASTM D874
0.8
Kinematic Viscosity @ 100 C, mm2/s, ASTM D445
8.5
udah sampai API SP
btw ini oli apa om ?
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Mon Aug 31, 2020 8:11
- Location: Maros
- Daily Vehicle: New Agya 1200 cc TRD MT
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12
Mobil Super All in one Protection 0W-20Suryaputra wrote: Fri Sep 04, 2020 8:10Oli kekinian itu.Imran wrote: Fri Sep 04, 2020 7:23Klu seperti dibawah ini, apa recomended om?Suryaputra wrote: Fri Sep 04, 2020 6:40
Intinya.. Filter oli wajib ganti, tiap ganti oli.
atau max tiap 10rb KM.
Jika filter oli mampet karena:
- kotoran
- debris
- oil terlalu kental
yg ada dibypass, dan circulate ke ruang mesin tanpa filtrasi.
ini bahaya krn bisa bikin cepet rusak liner piston dan bagian lain yg bergesekan.
bisa jadi itu bagian dari LSPI, salah satu solusi:
- hindari oli dgn calcium (Ca) tinggi
- hindari BBM oktan rendah (usahakan minimal pertamax / R92 deh)
https://www.oronite.com/about/news/low- ... ition.aspx
Untuk cegah LSPI dan related ke urusan perlendiran untuk mbl bensin, pakai aja oli, yg meet specification:
- API SN Plus & API SP/GF6
- Dexos 1 Gen-2
Specifications and Approvals
This product meets or exceeds the requirements of:
API SJ
API SL
API SM
API SN
API SN PLUS
API SN PLUS RESOURCE CONSERVING
API SN Resource Conserving
API SP
API SP Resource Conserving
ILSAC GF-6A
Ford WSS-M2C947-A
Ford WSS-M2C947-B1
Properties and Specifications
Property
Grade
SAE 0W-20
Flash Point, Cleveland Open Cup, °C, ASTM D92
220
Pour Point, °C, ASTM D97
-42
Viscosity Index, ASTM D2270
170
Total Base Number, mgKOH/g, ASTM D2896
7.5
Density @ 15.6 C, g/ml, ASTM D4052
0.847
Kinematic Viscosity @ 40 C, mm2/s, ASTM D445
45
Hi-Temp Hi-Shear Viscosity @ 150 C 1x10(6) sec(-1), mPa.s, ASTM D4683
2.6
Mini-Rotary Viscometer, Apparent Viscosity, -40 C, mPa.s, ASTM D4684
24700
Ash, Sulfated, mass%, ASTM D874
0.8
Kinematic Viscosity @ 100 C, mm2/s, ASTM D445
8.5
udah sampai API SP
btw ini oli apa om ?
-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Mon Jan 07, 2019 18:45
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12
Cepat amat om, ane pesen ptt via blibli dr tgl 31 Agustus status nya sedang di pickup mulu.
Ada yg prnah nyoba oli lupromax, d dkt rmh ad bngkel yg rame tp endorse ny lupromax. Ane searching gada yg buntut 20
-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Mon Jan 07, 2019 18:45
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12
Cepat amat om, ane pesen ptt via blibli dr tgl 31 Agustus status nya sedang di pickup mulu.
Ada yg prnah nyoba oli lupromax, d dkt rmh ad bngkel yg rame tp endorse ny lupromax. Ane searching gada yg buntut 20
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11857
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12
ngeributin knocking, beneran knocking apa enggak? emang bisa ngebedain?
ini kejadian bener, ada yang ngeluh mesinnya ngelitik kalo di gas, setelah diperiksa ternyata bukan ngelitik/knocking/pre ignition, tetapi suara dari crankshaft main bearing sudah minta diganti.

ini kejadian bener, ada yang ngeluh mesinnya ngelitik kalo di gas, setelah diperiksa ternyata bukan ngelitik/knocking/pre ignition, tetapi suara dari crankshaft main bearing sudah minta diganti.

-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12
Njirrmarmut wrote: Fri Sep 04, 2020 8:45 ngeributin knocking, beneran knocking apa enggak? emang bisa ngebedain?
ini kejadian bener, ada yang ngeluh mesinnya ngelitik kalo di gas, setelah diperiksa ternyata bukan ngelitik/knocking/pre ignition, tetapi suara dari crankshaft main bearing sudah minta diganti.
![]()
Si mbah dateng2 lgs ngasi diagnosis yg paling serem
Tp iya jg sehh, suara dr metal2 bsa jg
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12
Pesen apa om ?atf yg LV ? Ato yg ekotek ?
numpang lewat aja....


-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12545
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12
wkwkwkwkwkwk.marmut wrote: Fri Sep 04, 2020 8:45 ngeributin knocking, beneran knocking apa enggak? emang bisa ngebedain?
ini kejadian bener, ada yang ngeluh mesinnya ngelitik kalo di gas, setelah diperiksa ternyata bukan ngelitik/knocking/pre ignition, tetapi suara dari crankshaft main bearing sudah minta diganti.
![]()
ngeri mbah

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2733
- Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12
Kata scotty kilmer mobil2 ber vvt emang jangan pake oli kental walaupun mesin udah boros oliDOHC wrote: Fri Sep 04, 2020 5:26Stuju ama poin2 d atasOmnibus wrote: Fri Sep 04, 2020 4:48itu yg om bilang juga bisa terjadi. krn pas gas lebih dibejek kan secara otomatis ignition timing jd lbh advance sementara laju rpm tertahan.erwinign wrote: Fri Sep 04, 2020 3:37 -----------
Kl soal oli sama ngelitik, saya tarik benang merah simpelnya kl misal pake oli jelek = tarikan berat. Pasti biar reach performance mobil yg kita mau hrs bejek gas lebih dalem. Jdnya pembakaran dipaksa terus baru ngelitik. Benerkah om DOHC sama omnibus?
tp kasusnya om 3nr-ve yg nanya ini kita hrs tanya jg apakah sebelum ganti oli sdh ngelitik ngga. hrs dipastikan sebab ada suspect busi, even iridium, pemakaiannya sdh 70rb km. sebaiknya dicek kondisinya, aus, kotor ataupun gapnya. jika perlu ganti. juga faktor lain spt carbon build up.
kl ngelitiknya hanya setelah ganti oli (kita anggap ceteris paribus kondisi lainnya sama spt sebelumnya termasuk kualitas BBM yg ada di tanki), salah satu kemungkinan olinya kurang cocok dgn system dual vvt-i nya yg menyebabkan valve timing latency. bisa viskositasnya krg sesuai (meskipun sama SAE nya bisa ada perbedaan dikit2 kekentalannya), kandungan additive nya, atau jg excessive foaming (terlalu berbuih) yg semuanya mempengaruhi kemampuan oli tsb menahan tekanan utk menjalankan fungsi vvti dgn semestinya sesuai perintah ecu yg sdh kasih command utk actuate vvti dgn derajat2 spesifik. oli yg bagus seharusnya dlm kondisi paling ideal mampu actuate vvti sesuai perintah ecu dgn tepat derajatnya dan tanpa jeda.
buktinya om dohc, setelah sy saranin ubah merk oli gejalanya ngelitik ipahnya improving.
sdh ya ... nanti ada yg ga setuju krn belum lihat org bawa tabung oksigen utk nafas.![]()
Dan sekedar nambahin, hasil gugel2 sana sini, ntn yutub sana sini.. satu lg benang merah yg bsa saya tarik, iaitu utk mobil2 ber vvti, palagi yg ampe 2 biji... wajip oli encer (plus kriteria2 d atas, bukan asal encer doank), regardless odo brapapun, kcuali ud jebol ring piston yah laen crita deh, inipun jg drpd hajar oli kentel, mending skalian turun mesin
Pengecualian utk mobil2 berklep otomatis jadul (biasanya mesin2 bimmer jadul ini), lebi bisa pake oli kentel, krn mesh aktuator nya masi lebi longgar2
Bener kata mod dohc solusinya ya turun mesin atau rajin2 topup
Beda kalo di indo, mesin vvt udah boros oli dikasih 20w50

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2733
- Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12
Ini mimpi buruk om wkwk...marmut wrote: Fri Sep 04, 2020 8:45 ngeributin knocking, beneran knocking apa enggak? emang bisa ngebedain?
ini kejadian bener, ada yang ngeluh mesinnya ngelitik kalo di gas, setelah diperiksa ternyata bukan ngelitik/knocking/pre ignition, tetapi suara dari crankshaft main bearing sudah minta diganti.
![]()