sama2
GBU jg..
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
biarin dah dibilang musrik juga ... murtad sekalian. jalan kebenaran hanya milikmu...kompresorz wrote: Thu Sep 03, 2020 12:53Omnibus wrote: Thu Sep 03, 2020 7:46sy percaya lah om ... org om meskipun oli gado2 tapi kan ga pernah telat ganti.kompresorz wrote: Thu Sep 03, 2020 7:06
![]()
bisa aja...asal printilan masih ada...intek aja gak tau kemana...waktu simpan di anugrah...
kynya klo 5 persen dr baru kynya gak mungkin....dyno aja kadang bisa beda run 1 x n bbrp x..kadang ada faktor lain....
faktor umur mungkin 10-20 %...
yah pokoe selama pake sampe detik detik terakhir masih greng alias tokcer msh lumayan ngibrit pake oli kelas rakyat gado2....![]()
lagian itu partnya udah pada ga ada mana bisa jalan, gimana ngetestnya. bench test juga ga bisa. belom DME nya, belom harness nya, belum immobilizer nya kl ada. sensor2 perintilan yg lain juga wkwkwkwk.
ngerjain aja, corona oi coronaaaa
![]()
...
kata org kalo percaya saya nanti dibilang musrik....![]()
![]()
Hehe gk sih om Turbo...Turboman wrote:Kalo berpatokan soal API service sajatokezz wrote:Mantap om penjelasannya lumayan deh buat stock dibeli aja wkwkw mumpung 50%.Suryaputra wrote:
sertifikasi dari API, untuk kebutuhan minimal kemapuan oli buat mengtasi aspek2 yg ada dalam gambar tsb.
Tp bingungnya yah yg membedakan oli sp versi eco untuk lgcc dan gk apa yah? Soalnya sama" sp juga. Apa jangan" gimmick marketing aja isinya sama padahalan cmn beda kemasan [emoji28]
API SN dari oli kelas 70 rebuan spt MGO juga membentang sampe yg 240 rb spt Ams SS
apakah berarti isinya sekelas ?
hehe
Tp semua pabrikan mobil ngeklaim olinya bisa smpe 10K semua hahaaDOHC wrote:kl kelas oli2 murah kere hore macam oli2 oem, biasa saya patokan nya 5000 km max atau 3 bulan.. mana yg tercapai duluan..ViPerRed wrote: Thu Sep 03, 2020 10:59KM ane ga mgkn smpe 7000rb omDOHC wrote: Thu Sep 03, 2020 10:52 Tq sehh scara teori mustinya bsa dhajar ampe 7000an km om
Tp d gerobag2 saya, entah knapa ga perna cocok ama TQ, dr baru d tuang ampe d tap, ngelitik mulu mesin nya..
DGO itu buatan pertamina loh om.. mustinya sehh 11 12 kualitasnya.. harga jg mirip2 kl lg diskon
paling patokan nya bulan aja ane gantinya
skrg sih udh bulan ke 8, KM msh 3rb..
ane kmrn sempet pake MGO om di avanza, baru jalan dikit suara udh kek mesin jait dr KM ke 3500, tarikan jg ga enak.. MGO kek nya buatan idemitsu deh..
toh pasti d angka sgitu, tarikan, suara, FC uda acak kadut rasanya
dl sehh setau saya, batu makam, ahond, hyundai, masda, mitsu itu source oli nya ke idemitsu
toyota, daihatsu ke pertamina
tau dehh kl skrg gmana peta nya
biasa lah itutokezz wrote:Hehe gk sih om Turbo...Turboman wrote:Kalo berpatokan soal API service sajatokezz wrote:Mantap om penjelasannya lumayan deh buat stock dibeli aja wkwkw mumpung 50%.
Tp bingungnya yah yg membedakan oli sp versi eco untuk lgcc dan gk apa yah? Soalnya sama" sp juga. Apa jangan" gimmick marketing aja isinya sama padahalan cmn beda kemasan [emoji28]
API SN dari oli kelas 70 rebuan spt MGO juga membentang sampe yg 240 rb spt Ams SS
apakah berarti isinya sekelas ?
hehe
Walaupun api sn tp klo beda merek kan bisa beda formula adiktif atau gmna.
Cm bingung aja sih kalau 1 merk punya api service sma kemasa mirip, sama" pke teknologi evotech ( contoh kasus ptt), keketalan sama cmn beda tulisan eco djual untuk lgcc harga murah, kemudian yg satunya cmn gk ada tulisan eco dijual lbh mahal. Apakah iya pabrik bisa memenuhi skala ekonimi dlm produksi, bukanya malaj lbh costly yah
Cuman pemikiran saya saja heheh [emoji28]
utk oli 0W20 range harga 80 - 85 rb / Lakbrn wrote:Permisi,
Untuk PTT eco 0w20 SN ada yg pernah pake di L15 mobilio?
Perkiraan bisa dipakai maksimal hingga brp ribu KM?
Makasih
*sebelumnya sy search di pencarian hasilnya "nothing found"
Banyak Om...di kalangan para spesialis Nissan itu kl ngelitik kuncinya hanya 2 saya perhatiin.DOHC wrote: Thu Sep 03, 2020 12:43kl ad yg blg gt, minta di suru telen ensiklopedia institute van asemreges yg konon disimpen rapi di bawah tanah kampus gedung musatekOmnibus wrote: Thu Sep 03, 2020 11:17ntar ada yg bilang lho om, oli ga ada hubungannya sama ngelitik, cuma bbm yg ada hubungannya.DOHC wrote: Thu Sep 03, 2020 10:52
Tq sehh scara teori mustinya bsa dhajar ampe 7000an km om
Tp d gerobag2 saya, entah knapa ga perna cocok ama TQ, dr baru d tuang ampe d tap, ngelitik mulu mesin nya..
DGO itu buatan pertamina loh om.. mustinya sehh 11 12 kualitasnya.. harga jg mirip2 kl lg diskon
yg jelas oli sy warnanya bisa berubah hitam pdhl di jalan ga ada org bawa2 tabung oksigen.
btw serius, kl ad yg blg gt, apalagi yg ngaku nya "ahli".. itu sehh malu2in..
Ada tuh om, ptt yang eco isi 3lt harga 100k. SikatDOHC wrote: Thu Sep 03, 2020 5:31 Kayanya saya ga jodoh ama si ptt ini... miss mulu diskon hore nya
Malah giliran DGO dapet mulu... cuman males ahh, pake beberapa rebu km ud ga enak.. tralu cepet degradasinnya
Sudah pernah tuneup om? Kondisi filter udara, throttle body, busi gimana? Mengingat kilometer udah mayan tinggiImran wrote: Fri Sep 04, 2020 2:36 Om, mau nanya nih maklum masih pemula di mobil, mobil saya mesin 3NR-VE, sdh 73,000 km, kemarin di km 71,000 ganti pake oli mobil super 3000 0w-20, tarikan jadi enteng namun agak ngelitik, apa krn olinya ya?. Pabrikan mobil juga baru release oli mobil super all in one protection 0W-20 API SP GF6A apa ini recomended ya soalnya pilih oli seperti PTT, Q8 agak susah di daerah saya.
Ok oom turbo, makasih ya infonyaTurboman wrote:utk oli 0W20 range harga 80 - 85 rb / Lakbrn wrote:Permisi,
Untuk PTT eco 0w20 SN ada yg pernah pake di L15 mobilio?
Perkiraan bisa dipakai maksimal hingga brp ribu KM?
Makasih
*sebelumnya sy search di pencarian hasilnya "nothing found"
asumsi pakai 6500 - 7000 km lah atau 7 - 8 bulan Max
tapi kalo 7000 km semua masih normal, misal suara mesin masi alus & tarikan awal masi enak mau terusin ya monggo
Nah jadi tertarik, karena quate sudah diatas 70rb, wajib oli kentel -40blloewy wrote: Fri Sep 04, 2020 0:25Banyak Om...di kalangan para spesialis Nissan itu kl ngelitik kuncinya hanya 2 saya perhatiin.DOHC wrote: Thu Sep 03, 2020 12:43kl ad yg blg gt, minta di suru telen ensiklopedia institute van asemreges yg konon disimpen rapi di bawah tanah kampus gedung musatekOmnibus wrote: Thu Sep 03, 2020 11:17
ntar ada yg bilang lho om, oli ga ada hubungannya sama ngelitik, cuma bbm yg ada hubungannya.
yg jelas oli sy warnanya bisa berubah hitam pdhl di jalan ga ada org bawa2 tabung oksigen.
btw serius, kl ad yg blg gt, apalagi yg ngaku nya "ahli".. itu sehh malu2in..
1. GURAH MESIN
2. BBM naek ke oktan 92 min.
Sdh itu aja, ngga pernah nyebut2 oli...
Kl bahas Oli patokannya km sdh di atas 70rb wajib oli kentel macam -40![]()
Filter udara sdh ganti baru, injector cleaner sdh juga di Toyota dan sy minta carbon cleaner tapi pihak toyota bilang tidak perlu, busi pake iridium dan disarankan ganti di km 100,000.erwinign wrote: Fri Sep 04, 2020 2:47Sudah pernah tuneup om? Kondisi filter udara, throttle body, busi gimana? Mengingat kilometer udah mayan tinggiImran wrote: Fri Sep 04, 2020 2:36 Om, mau nanya nih maklum masih pemula di mobil, mobil saya mesin 3NR-VE, sdh 73,000 km, kemarin di km 71,000 ganti pake oli mobil super 3000 0w-20, tarikan jadi enteng namun agak ngelitik, apa krn olinya ya?. Pabrikan mobil juga baru release oli mobil super all in one protection 0W-20 API SP GF6A apa ini recomended ya soalnya pilih oli seperti PTT, Q8 agak susah di daerah saya.
Pengalaman saya di yaris bakpao, wkt itu ke bengkel resmi krn kondisi super ngelitik (bbm premium, pakean jorok wkt itu) terus sy tanya tuneup jawaban di beres ya sama spt om bilang. Mereka cm bisanya provide injector cleaner yg wkt itu saya pake gzox. Kl cuma injector cleaner ngga menyelesaikan om, bahkan sampe 2x semprot ttp ngelitik parah walaupun sdh saya pakaikan pertamax wkt itu. Akhirnya langkah pertama kuras tanki dulu (kotor banget banyak pasir, pertamax yg warnanya biru jernih pun jdnya biru tua keruh. Biasa pertalite cukup kotor juga) dan lumayan ngefek. Abis itu krn kesel sama beres di kota saya sy pindah ke bengkel langganan, bener tuh root causenya tuneup yg carbon clean+pakein injector cleaner+bersihin TB beres om.Imran wrote: Fri Sep 04, 2020 3:01Filter udara sdh ganti baru, injector cleaner sdh juga di Toyota dan sy minta carbon cleaner tapi pihak toyota bilang tidak perlu, busi pake iridium dan disarankan ganti di km 100,000.erwinign wrote: Fri Sep 04, 2020 2:47Sudah pernah tuneup om? Kondisi filter udara, throttle body, busi gimana? Mengingat kilometer udah mayan tinggiImran wrote: Fri Sep 04, 2020 2:36 Om, mau nanya nih maklum masih pemula di mobil, mobil saya mesin 3NR-VE, sdh 73,000 km, kemarin di km 71,000 ganti pake oli mobil super 3000 0w-20, tarikan jadi enteng namun agak ngelitik, apa krn olinya ya?. Pabrikan mobil juga baru release oli mobil super all in one protection 0W-20 API SP GF6A apa ini recomended ya soalnya pilih oli seperti PTT, Q8 agak susah di daerah saya.
Yg saya bold, om bakal nyengir dah kl ke SPBU shell. Ada itu posternya soal pemakaian oli mobil berdasar umur. Umur >10th pake 15W40 (mobil bensin)blloewy wrote: Fri Sep 04, 2020 0:25Banyak Om...di kalangan para spesialis Nissan itu kl ngelitik kuncinya hanya 2 saya perhatiin.DOHC wrote: Thu Sep 03, 2020 12:43kl ad yg blg gt, minta di suru telen ensiklopedia institute van asemreges yg konon disimpen rapi di bawah tanah kampus gedung musatekOmnibus wrote: Thu Sep 03, 2020 11:17
ntar ada yg bilang lho om, oli ga ada hubungannya sama ngelitik, cuma bbm yg ada hubungannya.
yg jelas oli sy warnanya bisa berubah hitam pdhl di jalan ga ada org bawa2 tabung oksigen.
btw serius, kl ad yg blg gt, apalagi yg ngaku nya "ahli".. itu sehh malu2in..
1. GURAH MESIN
2. BBM naek ke oktan 92 min.
Sdh itu aja, ngga pernah nyebut2 oli...
Kl bahas Oli patokannya km sdh di atas 70rb wajib oli kentel macam -40![]()
erwinign wrote: Fri Sep 04, 2020 3:24Pengalaman saya di yaris bakpao, wkt itu ke bengkel resmi krn kondisi super ngelitik (bbm premium, pakean jorok wkt itu) terus sy tanya tuneup jawaban di beres ya sama spt om bilang. Mereka cm bisanya provide injector cleaner yg wkt itu saya pake gzox. Kl cuma injector cleaner ngga menyelesaikan om, bahkan sampe 2x semprot ttp ngelitik parah walaupun sdh saya pakaikan pertamax wkt itu. Akhirnya langkah pertama kuras tanki dulu (kotor banget banyak pasir, pertamax yg warnanya biru jernih pun jdnya biru tua keruh. Biasa pertalite cukup kotor juga) dan lumayan ngefek. Abis itu krn kesel sama beres di kota saya sy pindah ke bengkel langganan, bener tuh root causenya tuneup yg carbon clean+pakein injector cleaner+bersihin TB beres om.Imran wrote: Fri Sep 04, 2020 3:01Filter udara sdh ganti baru, injector cleaner sdh juga di Toyota dan sy minta carbon cleaner tapi pihak toyota bilang tidak perlu, busi pake iridium dan disarankan ganti di km 100,000.erwinign wrote: Fri Sep 04, 2020 2:47
Sudah pernah tuneup om? Kondisi filter udara, throttle body, busi gimana? Mengingat kilometer udah mayan tinggi
Kl bengkel resmi toyota ditanyain yg carbon clean wkt itu jawabnya muter2, ya sdh saya pindah ke bengkel langganan di kota saya.
Cari bengkel tuneup di kota om, tanyain prosedur tuneup mereka gimana. Kl mereka bilang antara lain kepala piston dibersihin pake cairan ya ke bengkel yg itu aja. Smg membantu
Dr oli ttp stick ke 0W20 udah oke om, nah kl baru aja ganti pertamax dicek itu om tanki bensinnya tp stl tuneup aja menurut saya (tanyain ke bengkelnya lagi dulu tapi). Nanti dilihat lagi, kl habis tuneup masih ada ngelitik berarti serpis berikutnya sy rekomen tuneup (terutama carbon clean) lagi. Kondisi yaris saya waktu itu dari baru-10th pake ga pernah tuneup dan bensinnya jelek, jadi wkt itu dilakuin 2-3x tuneup (3x servis ganti oli) baru bs bener2 halusImran wrote: Fri Sep 04, 2020 3:43erwinign wrote: Fri Sep 04, 2020 3:24Pengalaman saya di yaris bakpao, wkt itu ke bengkel resmi krn kondisi super ngelitik (bbm premium, pakean jorok wkt itu) terus sy tanya tuneup jawaban di beres ya sama spt om bilang. Mereka cm bisanya provide injector cleaner yg wkt itu saya pake gzox. Kl cuma injector cleaner ngga menyelesaikan om, bahkan sampe 2x semprot ttp ngelitik parah walaupun sdh saya pakaikan pertamax wkt itu. Akhirnya langkah pertama kuras tanki dulu (kotor banget banyak pasir, pertamax yg warnanya biru jernih pun jdnya biru tua keruh. Biasa pertalite cukup kotor juga) dan lumayan ngefek. Abis itu krn kesel sama beres di kota saya sy pindah ke bengkel langganan, bener tuh root causenya tuneup yg carbon clean+pakein injector cleaner+bersihin TB beres om.Imran wrote: Fri Sep 04, 2020 3:01
Filter udara sdh ganti baru, injector cleaner sdh juga di Toyota dan sy minta carbon cleaner tapi pihak toyota bilang tidak perlu, busi pake iridium dan disarankan ganti di km 100,000.
Kl bengkel resmi toyota ditanyain yg carbon clean wkt itu jawabnya muter2, ya sdh saya pindah ke bengkel langganan di kota saya.
Cari bengkel tuneup di kota om, tanyain prosedur tuneup mereka gimana. Kl mereka bilang antara lain kepala piston dibersihin pake cairan ya ke bengkel yg itu aja. Smg membantu
Baik, terima kasih petunjuknya om, sejak dari baru mobil ini pake pertalite dan km 70,000 ganti ke pertamax. Sy akan coba cari bengkel yang bisa atasi.
itu yg om bilang juga bisa terjadi. krn pas gas lebih dibejek kan secara otomatis ignition timing jd lbh advance sementara laju rpm tertahan.erwinign wrote: Fri Sep 04, 2020 3:37 -----------
Kl soal oli sama ngelitik, saya tarik benang merah simpelnya kl misal pake oli jelek = tarikan berat. Pasti biar reach performance mobil yg kita mau hrs bejek gas lebih dalem. Jdnya pembakaran dipaksa terus baru ngelitik. Benerkah om DOHC sama omnibus?
koq tumben beres T nolak duit...biasa-nya pinter jualanerwinign wrote: Fri Sep 04, 2020 3:24Pengalaman saya di yaris bakpao, wkt itu ke bengkel resmi krn kondisi super ngelitik (bbm premium, pakean jorok wkt itu) terus sy tanya tuneup jawaban di beres ya sama spt om bilang. Mereka cm bisanya provide injector cleaner yg wkt itu saya pake gzox. Kl cuma injector cleaner ngga menyelesaikan om, bahkan sampe 2x semprot ttp ngelitik parah walaupun sdh saya pakaikan pertamax wkt itu. Akhirnya langkah pertama kuras tanki dulu (kotor banget banyak pasir, pertamax yg warnanya biru jernih pun jdnya biru tua keruh. Biasa pertalite cukup kotor juga) dan lumayan ngefek. Abis itu krn kesel sama beres di kota saya sy pindah ke bengkel langganan, bener tuh root causenya tuneup yg carbon clean+pakein injector cleaner+bersihin TB beres om.Imran wrote: Fri Sep 04, 2020 3:01Filter udara sdh ganti baru, injector cleaner sdh juga di Toyota dan sy minta carbon cleaner tapi pihak toyota bilang tidak perlu, busi pake iridium dan disarankan ganti di km 100,000.erwinign wrote: Fri Sep 04, 2020 2:47
Sudah pernah tuneup om? Kondisi filter udara, throttle body, busi gimana? Mengingat kilometer udah mayan tinggi
Kl bengkel resmi toyota ditanyain yg carbon clean wkt itu jawabnya muter2, ya sdh saya pindah ke bengkel langganan di kota saya.
Cari bengkel tuneup di kota om, tanyain prosedur tuneup mereka gimana. Kl mereka bilang antara lain kepala piston dibersihin pake cairan ya ke bengkel yg itu aja. Smg membantu
Etapi om klo saya bacanya yg di pom spbbu shell itu masih bisa dipakein oli encer kok. Sy nggk terlalu inget persisnya sih om. Tp klo dimisalkan jd spti ini:erwinign wrote: Fri Sep 04, 2020 3:37Yg saya bold, om bakal nyengir dah kl ke SPBU shell. Ada itu posternya soal pemakaian oli mobil berdasar umur. Umur >10th pake 15W40 (mobil bensin)blloewy wrote: Fri Sep 04, 2020 0:25Banyak Om...di kalangan para spesialis Nissan itu kl ngelitik kuncinya hanya 2 saya perhatiin.DOHC wrote: Thu Sep 03, 2020 12:43
kl ad yg blg gt, minta di suru telen ensiklopedia institute van asemreges yg konon disimpen rapi di bawah tanah kampus gedung musatek
btw serius, kl ad yg blg gt, apalagi yg ngaku nya "ahli".. itu sehh malu2in..
1. GURAH MESIN
2. BBM naek ke oktan 92 min.
Sdh itu aja, ngga pernah nyebut2 oli...
Kl bahas Oli patokannya km sdh di atas 70rb wajib oli kentel macam -40![]()
. Pdhl saya trial di avanza 2008 km 240rb pake shell eco 0W20 aja gpp wkwkwkw. Aneh itu, parameter pengamatannya kaga nulis mereka, kaya asumsi kondisi pemakaian blablabla.
Kl soal oli sama ngelitik, saya tarik benang merah simpelnya kl misal pake oli jelek = tarikan berat. Pasti biar reach performance mobil yg kita mau hrs bejek gas lebih dalem. Jdnya pembakaran dipaksa terus baru ngelitik. Benerkah om DOHC sama omnibus?
MSU wrote: Fri Sep 04, 2020 4:49koq tumben beres T nolak duit...biasa-nya pinter jualanerwinign wrote: Fri Sep 04, 2020 3:24Pengalaman saya di yaris bakpao, wkt itu ke bengkel resmi krn kondisi super ngelitik (bbm premium, pakean jorok wkt itu) terus sy tanya tuneup jawaban di beres ya sama spt om bilang. Mereka cm bisanya provide injector cleaner yg wkt itu saya pake gzox. Kl cuma injector cleaner ngga menyelesaikan om, bahkan sampe 2x semprot ttp ngelitik parah walaupun sdh saya pakaikan pertamax wkt itu. Akhirnya langkah pertama kuras tanki dulu (kotor banget banyak pasir, pertamax yg warnanya biru jernih pun jdnya biru tua keruh. Biasa pertalite cukup kotor juga) dan lumayan ngefek. Abis itu krn kesel sama beres di kota saya sy pindah ke bengkel langganan, bener tuh root causenya tuneup yg carbon clean+pakein injector cleaner+bersihin TB beres om.Imran wrote: Fri Sep 04, 2020 3:01
Filter udara sdh ganti baru, injector cleaner sdh juga di Toyota dan sy minta carbon cleaner tapi pihak toyota bilang tidak perlu, busi pake iridium dan disarankan ganti di km 100,000.
Kl bengkel resmi toyota ditanyain yg carbon clean wkt itu jawabnya muter2, ya sdh saya pindah ke bengkel langganan di kota saya.
Cari bengkel tuneup di kota om, tanyain prosedur tuneup mereka gimana. Kl mereka bilang antara lain kepala piston dibersihin pake cairan ya ke bengkel yg itu aja. Smg membantu![]()
Yg eco ogah om, d rumah aj masi ad sisa 7 botol sisa waktu psbb diskon.. lg ngincer yg evotek aj
Standby aja pagi2 jam 7-8 om, dapet kl saya kemarin. Semoga ptt baik hati masih mau keluarin stok evotek 2 hari ke depanDOHC wrote: Fri Sep 04, 2020 5:21Yg eco ogah om, d rumah aj masi ad sisa 7 botol sisa waktu psbb diskon.. lg ngincer yg evotek aj