Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by DOHC »

chrisha wrote: Thu Sep 03, 2020 6:24
DOHC wrote: Thu Sep 03, 2020 6:17
Gapapa

Pemanis doank itu, biar kekinian
siyapppp, terima kasih om info nya
GBU
sama2

GBU jg..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11779
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Omnibus »

kompresorz wrote: Thu Sep 03, 2020 12:53
Omnibus wrote: Thu Sep 03, 2020 7:46
kompresorz wrote: Thu Sep 03, 2020 7:06
:big_biglaugh:


bisa aja...asal printilan masih ada...intek aja gak tau kemana...waktu simpan di anugrah...

kynya klo 5 persen dr baru kynya gak mungkin....dyno aja kadang bisa beda run 1 x n bbrp x..kadang ada faktor lain....


faktor umur mungkin 10-20 %...


yah pokoe selama pake sampe detik detik terakhir masih greng alias tokcer msh lumayan ngibrit pake oli kelas rakyat gado2....
sy percaya lah om ... org om meskipun oli gado2 tapi kan ga pernah telat ganti. :big_weee:

lagian itu partnya udah pada ga ada mana bisa jalan, gimana ngetestnya. bench test juga ga bisa. belom DME nya, belom harness nya, belum immobilizer nya kl ada. sensor2 perintilan yg lain juga wkwkwkwk.

ngerjain aja, corona oi coronaaaa

:ngacir:
:big_biglaugh: ...


kata org kalo percaya saya nanti dibilang musrik.... :big_weee:


:ngacir:
biarin dah dibilang musrik juga ... murtad sekalian. jalan kebenaran hanya milikmu...

mendingan ane pake maseeess berkali2 drpd cuma buat liat parts apkir bin tuwir 26 thn :big_weee:

:ngacir:
tokezz
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: Thu Jun 25, 2015 15:34

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by tokezz »

Turboman wrote:
tokezz wrote:
Suryaputra wrote: Image

sertifikasi dari API, untuk kebutuhan minimal kemapuan oli buat mengtasi aspek2 yg ada dalam gambar tsb.
Mantap om penjelasannya lumayan deh buat stock dibeli aja wkwkw mumpung 50%.

Tp bingungnya yah yg membedakan oli sp versi eco untuk lgcc dan gk apa yah? Soalnya sama" sp juga. Apa jangan" gimmick marketing aja isinya sama padahalan cmn beda kemasan [emoji28]
Kalo berpatokan soal API service saja

API SN dari oli kelas 70 rebuan spt MGO juga membentang sampe yg 240 rb spt Ams SS

apakah berarti isinya sekelas ?

hehe
Hehe gk sih om Turbo...

Walaupun api sn tp klo beda merek kan bisa beda formula adiktif atau gmna.

Cm bingung aja sih kalau 1 merk punya api service sma kemasa mirip, sama" pke teknologi evotech ( contoh kasus ptt), keketalan sama cmn beda tulisan eco djual untuk lgcc harga murah, kemudian yg satunya cmn gk ada tulisan eco dijual lbh mahal. Apakah iya pabrik bisa memenuhi skala ekonimi dlm produksi, bukanya malaj lbh costly yah

Cuman pemikiran saya saja heheh [emoji28]
tokezz
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: Thu Jun 25, 2015 15:34

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by tokezz »

DOHC wrote:
ViPerRed wrote: Thu Sep 03, 2020 10:59
DOHC wrote: Thu Sep 03, 2020 10:52 Tq sehh scara teori mustinya bsa dhajar ampe 7000an km om

Tp d gerobag2 saya, entah knapa ga perna cocok ama TQ, dr baru d tuang ampe d tap, ngelitik mulu mesin nya..

DGO itu buatan pertamina loh om.. mustinya sehh 11 12 kualitasnya.. harga jg mirip2 kl lg diskon
KM ane ga mgkn smpe 7000rb om
paling patokan nya bulan aja ane gantinya
skrg sih udh bulan ke 8, KM msh 3rb..

ane kmrn sempet pake MGO om di avanza, baru jalan dikit suara udh kek mesin jait dr KM ke 3500, tarikan jg ga enak.. MGO kek nya buatan idemitsu deh..
kl kelas oli2 murah kere hore macam oli2 oem, biasa saya patokan nya 5000 km max atau 3 bulan.. mana yg tercapai duluan..
toh pasti d angka sgitu, tarikan, suara, FC uda acak kadut rasanya

dl sehh setau saya, batu makam, ahond, hyundai, masda, mitsu itu source oli nya ke idemitsu
toyota, daihatsu ke pertamina

tau dehh kl skrg gmana peta nya
Tp semua pabrikan mobil ngeklaim olinya bisa smpe 10K semua hahaa


Walaupun saya agak to good to be true jga yah.

Tp mungkin klo tmgo bisa kali yah berhubung salah satu oli oem termahal yg konon katanya rebadge dr fastron gold
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Turboman »

tokezz wrote:
Turboman wrote:
tokezz wrote:Mantap om penjelasannya lumayan deh buat stock dibeli aja wkwkw mumpung 50%.

Tp bingungnya yah yg membedakan oli sp versi eco untuk lgcc dan gk apa yah? Soalnya sama" sp juga. Apa jangan" gimmick marketing aja isinya sama padahalan cmn beda kemasan [emoji28]
Kalo berpatokan soal API service saja

API SN dari oli kelas 70 rebuan spt MGO juga membentang sampe yg 240 rb spt Ams SS

apakah berarti isinya sekelas ?

hehe
Hehe gk sih om Turbo...

Walaupun api sn tp klo beda merek kan bisa beda formula adiktif atau gmna.

Cm bingung aja sih kalau 1 merk punya api service sma kemasa mirip, sama" pke teknologi evotech ( contoh kasus ptt), keketalan sama cmn beda tulisan eco djual untuk lgcc harga murah, kemudian yg satunya cmn gk ada tulisan eco dijual lbh mahal. Apakah iya pabrik bisa memenuhi skala ekonimi dlm produksi, bukanya malaj lbh costly yah

Cuman pemikiran saya saja heheh [emoji28]
biasa lah itu

Shell dong

0W20 ECO

0W20 HX8 (Yg Marunda udah gak produksi)

0W20 SHU

5W30 HX7 (di Thai ada)

5W30 HX8

5W30 SHU

Pertamina ?

F ECO 0W20

F Gold 0W20

* Bukan ajakan Beli *
akbrn
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 396
Joined: Tue Sep 26, 2017 7:38

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by akbrn »

Permisi,

Untuk PTT eco 0w20 SN ada yg pernah pake di L15 mobilio?

Perkiraan bisa dipakai maksimal hingga brp ribu KM?

Makasih

*sebelumnya sy search di pencarian hasilnya "nothing found"
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Turboman »

akbrn wrote:Permisi,

Untuk PTT eco 0w20 SN ada yg pernah pake di L15 mobilio?

Perkiraan bisa dipakai maksimal hingga brp ribu KM?

Makasih

*sebelumnya sy search di pencarian hasilnya "nothing found"
utk oli 0W20 range harga 80 - 85 rb / L

asumsi pakai 6500 - 7000 km lah atau 7 - 8 bulan Max

tapi kalo 7000 km semua masih normal, misal suara mesin masi alus & tarikan awal masi enak mau terusin ya monggo

* Bukan ajakan Beli *
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1930
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Roda Dua UW125 - 2007

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by blloewy »

DOHC wrote: Thu Sep 03, 2020 12:43
Omnibus wrote: Thu Sep 03, 2020 11:17
DOHC wrote: Thu Sep 03, 2020 10:52
Tq sehh scara teori mustinya bsa dhajar ampe 7000an km om

Tp d gerobag2 saya, entah knapa ga perna cocok ama TQ, dr baru d tuang ampe d tap, ngelitik mulu mesin nya..

DGO itu buatan pertamina loh om.. mustinya sehh 11 12 kualitasnya.. harga jg mirip2 kl lg diskon
ntar ada yg bilang lho om, oli ga ada hubungannya sama ngelitik, cuma bbm yg ada hubungannya.

yg jelas oli sy warnanya bisa berubah hitam pdhl di jalan ga ada org bawa2 tabung oksigen.
kl ad yg blg gt, minta di suru telen ensiklopedia institute van asemreges yg konon disimpen rapi di bawah tanah kampus gedung musatek

btw serius, kl ad yg blg gt, apalagi yg ngaku nya "ahli".. itu sehh malu2in..
Banyak Om...di kalangan para spesialis Nissan itu kl ngelitik kuncinya hanya 2 saya perhatiin.
1. GURAH MESIN
2. BBM naek ke oktan 92 min.

Sdh itu aja, ngga pernah nyebut2 oli...
Kl bahas Oli patokannya km sdh di atas 70rb wajib oli kentel macam -40 :big_dunno:
nubie in all things - still need to learn
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by indeskey »

DOHC wrote: Thu Sep 03, 2020 5:31 Kayanya saya ga jodoh ama si ptt ini... miss mulu diskon hore nya


Malah giliran DGO dapet mulu... cuman males ahh, pake beberapa rebu km ud ga enak.. tralu cepet degradasinnya
Ada tuh om, ptt yang eco isi 3lt harga 100k. Sikat
Imran
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Mon Aug 31, 2020 8:11
Location: Maros
Daily Vehicle: New Agya 1200 cc TRD MT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Imran »

Om, mau nanya nih maklum masih pemula di mobil, mobil saya mesin 3NR-VE, sdh 73,000 km, kemarin di km 71,000 ganti pake oli mobil super 3000 0w-20, tarikan jadi enteng namun agak ngelitik, apa krn olinya ya?. Pabrikan mobil juga baru release oli mobil super all in one protection 0W-20 API SP GF6A apa ini recomended ya soalnya pilih oli seperti PTT, Q8 agak susah di daerah saya.
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3450
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by maastricht889 »

Imran wrote: Fri Sep 04, 2020 2:36 Om, mau nanya nih maklum masih pemula di mobil, mobil saya mesin 3NR-VE, sdh 73,000 km, kemarin di km 71,000 ganti pake oli mobil super 3000 0w-20, tarikan jadi enteng namun agak ngelitik, apa krn olinya ya?. Pabrikan mobil juga baru release oli mobil super all in one protection 0W-20 API SP GF6A apa ini recomended ya soalnya pilih oli seperti PTT, Q8 agak susah di daerah saya.
Sudah pernah tuneup om? Kondisi filter udara, throttle body, busi gimana? Mengingat kilometer udah mayan tinggi
akbrn
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 396
Joined: Tue Sep 26, 2017 7:38

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by akbrn »

Turboman wrote:
akbrn wrote:Permisi,

Untuk PTT eco 0w20 SN ada yg pernah pake di L15 mobilio?

Perkiraan bisa dipakai maksimal hingga brp ribu KM?

Makasih

*sebelumnya sy search di pencarian hasilnya "nothing found"
utk oli 0W20 range harga 80 - 85 rb / L

asumsi pakai 6500 - 7000 km lah atau 7 - 8 bulan Max

tapi kalo 7000 km semua masih normal, misal suara mesin masi alus & tarikan awal masi enak mau terusin ya monggo
Ok oom turbo, makasih ya infonya

Bagus deh kl bisa sampe 7 bulanan (kemungkinan ini mobil jarang keluar)
chrisha
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 149
Joined: Thu Sep 03, 2020 2:32
Location: JAKARTA
Daily Vehicle: Nissan X-Trail T31 CVT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by chrisha »

blloewy wrote: Fri Sep 04, 2020 0:25
DOHC wrote: Thu Sep 03, 2020 12:43
Omnibus wrote: Thu Sep 03, 2020 11:17

ntar ada yg bilang lho om, oli ga ada hubungannya sama ngelitik, cuma bbm yg ada hubungannya.

yg jelas oli sy warnanya bisa berubah hitam pdhl di jalan ga ada org bawa2 tabung oksigen.
kl ad yg blg gt, minta di suru telen ensiklopedia institute van asemreges yg konon disimpen rapi di bawah tanah kampus gedung musatek

btw serius, kl ad yg blg gt, apalagi yg ngaku nya "ahli".. itu sehh malu2in..
Banyak Om...di kalangan para spesialis Nissan itu kl ngelitik kuncinya hanya 2 saya perhatiin.
1. GURAH MESIN
2. BBM naek ke oktan 92 min.

Sdh itu aja, ngga pernah nyebut2 oli...
Kl bahas Oli patokannya km sdh di atas 70rb wajib oli kentel macam -40 :big_dunno:
Nah jadi tertarik, karena quate sudah diatas 70rb, wajib oli kentel -40
jadine baik nya pakai 10w40 kah atau sesuai rekomendasi pabrikan 5w30

kadang membingungkan ya, perihal pemakaian kekentalan oli untuk mobil, hehe
Imran
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Mon Aug 31, 2020 8:11
Location: Maros
Daily Vehicle: New Agya 1200 cc TRD MT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Imran »

erwinign wrote: Fri Sep 04, 2020 2:47
Imran wrote: Fri Sep 04, 2020 2:36 Om, mau nanya nih maklum masih pemula di mobil, mobil saya mesin 3NR-VE, sdh 73,000 km, kemarin di km 71,000 ganti pake oli mobil super 3000 0w-20, tarikan jadi enteng namun agak ngelitik, apa krn olinya ya?. Pabrikan mobil juga baru release oli mobil super all in one protection 0W-20 API SP GF6A apa ini recomended ya soalnya pilih oli seperti PTT, Q8 agak susah di daerah saya.
Sudah pernah tuneup om? Kondisi filter udara, throttle body, busi gimana? Mengingat kilometer udah mayan tinggi
Filter udara sdh ganti baru, injector cleaner sdh juga di Toyota dan sy minta carbon cleaner tapi pihak toyota bilang tidak perlu, busi pake iridium dan disarankan ganti di km 100,000.
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3450
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by maastricht889 »

Imran wrote: Fri Sep 04, 2020 3:01
erwinign wrote: Fri Sep 04, 2020 2:47
Imran wrote: Fri Sep 04, 2020 2:36 Om, mau nanya nih maklum masih pemula di mobil, mobil saya mesin 3NR-VE, sdh 73,000 km, kemarin di km 71,000 ganti pake oli mobil super 3000 0w-20, tarikan jadi enteng namun agak ngelitik, apa krn olinya ya?. Pabrikan mobil juga baru release oli mobil super all in one protection 0W-20 API SP GF6A apa ini recomended ya soalnya pilih oli seperti PTT, Q8 agak susah di daerah saya.
Sudah pernah tuneup om? Kondisi filter udara, throttle body, busi gimana? Mengingat kilometer udah mayan tinggi
Filter udara sdh ganti baru, injector cleaner sdh juga di Toyota dan sy minta carbon cleaner tapi pihak toyota bilang tidak perlu, busi pake iridium dan disarankan ganti di km 100,000.
Pengalaman saya di yaris bakpao, wkt itu ke bengkel resmi krn kondisi super ngelitik (bbm premium, pakean jorok wkt itu) terus sy tanya tuneup jawaban di beres ya sama spt om bilang. Mereka cm bisanya provide injector cleaner yg wkt itu saya pake gzox. Kl cuma injector cleaner ngga menyelesaikan om, bahkan sampe 2x semprot ttp ngelitik parah walaupun sdh saya pakaikan pertamax wkt itu. Akhirnya langkah pertama kuras tanki dulu (kotor banget banyak pasir, pertamax yg warnanya biru jernih pun jdnya biru tua keruh. Biasa pertalite cukup kotor juga) dan lumayan ngefek. Abis itu krn kesel sama beres di kota saya sy pindah ke bengkel langganan, bener tuh root causenya tuneup yg carbon clean+pakein injector cleaner+bersihin TB beres om.

Kl bengkel resmi toyota ditanyain yg carbon clean wkt itu jawabnya muter2, ya sdh saya pindah ke bengkel langganan di kota saya.

Cari bengkel tuneup di kota om, tanyain prosedur tuneup mereka gimana. Kl mereka bilang antara lain kepala piston dibersihin pake cairan ya ke bengkel yg itu aja. Smg membantu
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3450
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by maastricht889 »

blloewy wrote: Fri Sep 04, 2020 0:25
DOHC wrote: Thu Sep 03, 2020 12:43
Omnibus wrote: Thu Sep 03, 2020 11:17

ntar ada yg bilang lho om, oli ga ada hubungannya sama ngelitik, cuma bbm yg ada hubungannya.

yg jelas oli sy warnanya bisa berubah hitam pdhl di jalan ga ada org bawa2 tabung oksigen.
kl ad yg blg gt, minta di suru telen ensiklopedia institute van asemreges yg konon disimpen rapi di bawah tanah kampus gedung musatek

btw serius, kl ad yg blg gt, apalagi yg ngaku nya "ahli".. itu sehh malu2in..
Banyak Om...di kalangan para spesialis Nissan itu kl ngelitik kuncinya hanya 2 saya perhatiin.
1. GURAH MESIN
2. BBM naek ke oktan 92 min.

Sdh itu aja, ngga pernah nyebut2 oli...
Kl bahas Oli patokannya km sdh di atas 70rb wajib oli kentel macam -40 :big_dunno:
Yg saya bold, om bakal nyengir dah kl ke SPBU shell. Ada itu posternya soal pemakaian oli mobil berdasar umur. Umur >10th pake 15W40 (mobil bensin) :big_biglaugh: . Pdhl saya trial di avanza 2008 km 240rb pake shell eco 0W20 aja gpp wkwkwkw. Aneh itu, parameter pengamatannya kaga nulis mereka, kaya asumsi kondisi pemakaian blablabla.

Kl soal oli sama ngelitik, saya tarik benang merah simpelnya kl misal pake oli jelek = tarikan berat. Pasti biar reach performance mobil yg kita mau hrs bejek gas lebih dalem. Jdnya pembakaran dipaksa terus baru ngelitik. Benerkah om DOHC sama omnibus?
Imran
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Mon Aug 31, 2020 8:11
Location: Maros
Daily Vehicle: New Agya 1200 cc TRD MT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Imran »

erwinign wrote: Fri Sep 04, 2020 3:24
Imran wrote: Fri Sep 04, 2020 3:01
erwinign wrote: Fri Sep 04, 2020 2:47

Sudah pernah tuneup om? Kondisi filter udara, throttle body, busi gimana? Mengingat kilometer udah mayan tinggi
Filter udara sdh ganti baru, injector cleaner sdh juga di Toyota dan sy minta carbon cleaner tapi pihak toyota bilang tidak perlu, busi pake iridium dan disarankan ganti di km 100,000.
Pengalaman saya di yaris bakpao, wkt itu ke bengkel resmi krn kondisi super ngelitik (bbm premium, pakean jorok wkt itu) terus sy tanya tuneup jawaban di beres ya sama spt om bilang. Mereka cm bisanya provide injector cleaner yg wkt itu saya pake gzox. Kl cuma injector cleaner ngga menyelesaikan om, bahkan sampe 2x semprot ttp ngelitik parah walaupun sdh saya pakaikan pertamax wkt itu. Akhirnya langkah pertama kuras tanki dulu (kotor banget banyak pasir, pertamax yg warnanya biru jernih pun jdnya biru tua keruh. Biasa pertalite cukup kotor juga) dan lumayan ngefek. Abis itu krn kesel sama beres di kota saya sy pindah ke bengkel langganan, bener tuh root causenya tuneup yg carbon clean+pakein injector cleaner+bersihin TB beres om.

Kl bengkel resmi toyota ditanyain yg carbon clean wkt itu jawabnya muter2, ya sdh saya pindah ke bengkel langganan di kota saya.

Cari bengkel tuneup di kota om, tanyain prosedur tuneup mereka gimana. Kl mereka bilang antara lain kepala piston dibersihin pake cairan ya ke bengkel yg itu aja. Smg membantu

Baik, terima kasih petunjuknya om, sejak dari baru mobil ini pake pertalite dan km 70,000 ganti ke pertamax. Sy akan coba cari bengkel yang bisa atasi.
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3450
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by maastricht889 »

Imran wrote: Fri Sep 04, 2020 3:43
erwinign wrote: Fri Sep 04, 2020 3:24
Imran wrote: Fri Sep 04, 2020 3:01

Filter udara sdh ganti baru, injector cleaner sdh juga di Toyota dan sy minta carbon cleaner tapi pihak toyota bilang tidak perlu, busi pake iridium dan disarankan ganti di km 100,000.
Pengalaman saya di yaris bakpao, wkt itu ke bengkel resmi krn kondisi super ngelitik (bbm premium, pakean jorok wkt itu) terus sy tanya tuneup jawaban di beres ya sama spt om bilang. Mereka cm bisanya provide injector cleaner yg wkt itu saya pake gzox. Kl cuma injector cleaner ngga menyelesaikan om, bahkan sampe 2x semprot ttp ngelitik parah walaupun sdh saya pakaikan pertamax wkt itu. Akhirnya langkah pertama kuras tanki dulu (kotor banget banyak pasir, pertamax yg warnanya biru jernih pun jdnya biru tua keruh. Biasa pertalite cukup kotor juga) dan lumayan ngefek. Abis itu krn kesel sama beres di kota saya sy pindah ke bengkel langganan, bener tuh root causenya tuneup yg carbon clean+pakein injector cleaner+bersihin TB beres om.

Kl bengkel resmi toyota ditanyain yg carbon clean wkt itu jawabnya muter2, ya sdh saya pindah ke bengkel langganan di kota saya.

Cari bengkel tuneup di kota om, tanyain prosedur tuneup mereka gimana. Kl mereka bilang antara lain kepala piston dibersihin pake cairan ya ke bengkel yg itu aja. Smg membantu

Baik, terima kasih petunjuknya om, sejak dari baru mobil ini pake pertalite dan km 70,000 ganti ke pertamax. Sy akan coba cari bengkel yang bisa atasi.
Dr oli ttp stick ke 0W20 udah oke om, nah kl baru aja ganti pertamax dicek itu om tanki bensinnya tp stl tuneup aja menurut saya (tanyain ke bengkelnya lagi dulu tapi). Nanti dilihat lagi, kl habis tuneup masih ada ngelitik berarti serpis berikutnya sy rekomen tuneup (terutama carbon clean) lagi. Kondisi yaris saya waktu itu dari baru-10th pake ga pernah tuneup dan bensinnya jelek, jadi wkt itu dilakuin 2-3x tuneup (3x servis ganti oli) baru bs bener2 halus
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11779
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Omnibus »

erwinign wrote: Fri Sep 04, 2020 3:37 -----------

Kl soal oli sama ngelitik, saya tarik benang merah simpelnya kl misal pake oli jelek = tarikan berat. Pasti biar reach performance mobil yg kita mau hrs bejek gas lebih dalem. Jdnya pembakaran dipaksa terus baru ngelitik. Benerkah om DOHC sama omnibus?
itu yg om bilang juga bisa terjadi. krn pas gas lebih dibejek kan secara otomatis ignition timing jd lbh advance sementara laju rpm tertahan.

tp kasusnya om 3nr-ve yg nanya ini kita hrs tanya jg apakah sebelum ganti oli sdh ngelitik ngga. hrs dipastikan sebab ada suspect busi, even iridium, pemakaiannya sdh 70rb km. sebaiknya dicek kondisinya, aus, kotor ataupun gapnya. jika perlu ganti. juga faktor lain spt carbon build up.

kl ngelitiknya hanya setelah ganti oli (kita anggap ceteris paribus kondisi lainnya sama spt sebelumnya termasuk kualitas BBM yg ada di tanki), salah satu kemungkinan olinya kurang cocok dgn system dual vvt-i nya yg menyebabkan valve timing latency. bisa viskositasnya krg sesuai (meskipun sama SAE nya bisa ada perbedaan dikit2 kekentalannya), kandungan additive nya, atau jg excessive foaming (terlalu berbuih) yg semuanya mempengaruhi kemampuan oli tsb menahan tekanan utk menjalankan fungsi vvti dgn semestinya sesuai perintah ecu yg sdh kasih command utk actuate vvti dgn derajat2 spesifik. oli yg bagus seharusnya dlm kondisi paling ideal mampu actuate vvti sesuai perintah ecu dgn tepat derajatnya dan tanpa jeda.

buktinya om dohc, setelah sy saranin ubah merk oli gejalanya ngelitik ipahnya improving.

sdh ya ... nanti ada yg ga setuju krn belum lihat org bawa tabung oksigen utk nafas. :big_biglaugh:
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1839
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by MSU »

erwinign wrote: Fri Sep 04, 2020 3:24
Imran wrote: Fri Sep 04, 2020 3:01
erwinign wrote: Fri Sep 04, 2020 2:47

Sudah pernah tuneup om? Kondisi filter udara, throttle body, busi gimana? Mengingat kilometer udah mayan tinggi
Filter udara sdh ganti baru, injector cleaner sdh juga di Toyota dan sy minta carbon cleaner tapi pihak toyota bilang tidak perlu, busi pake iridium dan disarankan ganti di km 100,000.
Pengalaman saya di yaris bakpao, wkt itu ke bengkel resmi krn kondisi super ngelitik (bbm premium, pakean jorok wkt itu) terus sy tanya tuneup jawaban di beres ya sama spt om bilang. Mereka cm bisanya provide injector cleaner yg wkt itu saya pake gzox. Kl cuma injector cleaner ngga menyelesaikan om, bahkan sampe 2x semprot ttp ngelitik parah walaupun sdh saya pakaikan pertamax wkt itu. Akhirnya langkah pertama kuras tanki dulu (kotor banget banyak pasir, pertamax yg warnanya biru jernih pun jdnya biru tua keruh. Biasa pertalite cukup kotor juga) dan lumayan ngefek. Abis itu krn kesel sama beres di kota saya sy pindah ke bengkel langganan, bener tuh root causenya tuneup yg carbon clean+pakein injector cleaner+bersihin TB beres om.

Kl bengkel resmi toyota ditanyain yg carbon clean wkt itu jawabnya muter2, ya sdh saya pindah ke bengkel langganan di kota saya.

Cari bengkel tuneup di kota om, tanyain prosedur tuneup mereka gimana. Kl mereka bilang antara lain kepala piston dibersihin pake cairan ya ke bengkel yg itu aja. Smg membantu
koq tumben beres T nolak duit...biasa-nya pinter jualan :big_peace:
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4040
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by yanuarra »

erwinign wrote: Fri Sep 04, 2020 3:37
blloewy wrote: Fri Sep 04, 2020 0:25
DOHC wrote: Thu Sep 03, 2020 12:43

kl ad yg blg gt, minta di suru telen ensiklopedia institute van asemreges yg konon disimpen rapi di bawah tanah kampus gedung musatek

btw serius, kl ad yg blg gt, apalagi yg ngaku nya "ahli".. itu sehh malu2in..
Banyak Om...di kalangan para spesialis Nissan itu kl ngelitik kuncinya hanya 2 saya perhatiin.
1. GURAH MESIN
2. BBM naek ke oktan 92 min.

Sdh itu aja, ngga pernah nyebut2 oli...
Kl bahas Oli patokannya km sdh di atas 70rb wajib oli kentel macam -40 :big_dunno:
Yg saya bold, om bakal nyengir dah kl ke SPBU shell. Ada itu posternya soal pemakaian oli mobil berdasar umur. Umur >10th pake 15W40 (mobil bensin) :big_biglaugh: . Pdhl saya trial di avanza 2008 km 240rb pake shell eco 0W20 aja gpp wkwkwkw. Aneh itu, parameter pengamatannya kaga nulis mereka, kaya asumsi kondisi pemakaian blablabla.

Kl soal oli sama ngelitik, saya tarik benang merah simpelnya kl misal pake oli jelek = tarikan berat. Pasti biar reach performance mobil yg kita mau hrs bejek gas lebih dalem. Jdnya pembakaran dipaksa terus baru ngelitik. Benerkah om DOHC sama omnibus?
Etapi om klo saya bacanya yg di pom spbbu shell itu masih bisa dipakein oli encer kok. Sy nggk terlalu inget persisnya sih om. Tp klo dimisalkan jd spti ini:
1. <5 tahun: 5w-30..
2. > 5 tahun: 5w-30 dan 15w-40
Jd sebenernya di posternya jg nggk terlalu lugas bilang umur mesin tua pakainya oli lebih kentel..krn masih mensen oli yg encernya..
Ntr deh saya cek lg klo mampir shell :big_grin:
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3450
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by maastricht889 »

MSU wrote: Fri Sep 04, 2020 4:49
erwinign wrote: Fri Sep 04, 2020 3:24
Imran wrote: Fri Sep 04, 2020 3:01

Filter udara sdh ganti baru, injector cleaner sdh juga di Toyota dan sy minta carbon cleaner tapi pihak toyota bilang tidak perlu, busi pake iridium dan disarankan ganti di km 100,000.
Pengalaman saya di yaris bakpao, wkt itu ke bengkel resmi krn kondisi super ngelitik (bbm premium, pakean jorok wkt itu) terus sy tanya tuneup jawaban di beres ya sama spt om bilang. Mereka cm bisanya provide injector cleaner yg wkt itu saya pake gzox. Kl cuma injector cleaner ngga menyelesaikan om, bahkan sampe 2x semprot ttp ngelitik parah walaupun sdh saya pakaikan pertamax wkt itu. Akhirnya langkah pertama kuras tanki dulu (kotor banget banyak pasir, pertamax yg warnanya biru jernih pun jdnya biru tua keruh. Biasa pertalite cukup kotor juga) dan lumayan ngefek. Abis itu krn kesel sama beres di kota saya sy pindah ke bengkel langganan, bener tuh root causenya tuneup yg carbon clean+pakein injector cleaner+bersihin TB beres om.

Kl bengkel resmi toyota ditanyain yg carbon clean wkt itu jawabnya muter2, ya sdh saya pindah ke bengkel langganan di kota saya.

Cari bengkel tuneup di kota om, tanyain prosedur tuneup mereka gimana. Kl mereka bilang antara lain kepala piston dibersihin pake cairan ya ke bengkel yg itu aja. Smg membantu
koq tumben beres T nolak duit...biasa-nya pinter jualan :big_peace:
:big_biglaugh: :big_biglaugh: waktu itu aja cuma bersihin injector yg kata mereka udah keitung tuneup, part+jasanya udah 600 rebu sendiri om. itu sktr 2016-2017an loh, sampe heran saya
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by DOHC »

indeskey wrote: Fri Sep 04, 2020 1:16
DOHC wrote: Thu Sep 03, 2020 5:31 Kayanya saya ga jodoh ama si ptt ini... miss mulu diskon hore nya


Malah giliran DGO dapet mulu... cuman males ahh, pake beberapa rebu km ud ga enak.. tralu cepet degradasinnya
Ada tuh om, ptt yang eco isi 3lt harga 100k. Sikat
Yg eco ogah om, d rumah aj masi ad sisa 7 botol sisa waktu psbb diskon.. lg ngincer yg evotek aj
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3450
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by maastricht889 »

DOHC wrote: Fri Sep 04, 2020 5:21
indeskey wrote: Fri Sep 04, 2020 1:16
DOHC wrote: Thu Sep 03, 2020 5:31 Kayanya saya ga jodoh ama si ptt ini... miss mulu diskon hore nya


Malah giliran DGO dapet mulu... cuman males ahh, pake beberapa rebu km ud ga enak.. tralu cepet degradasinnya
Ada tuh om, ptt yang eco isi 3lt harga 100k. Sikat
Yg eco ogah om, d rumah aj masi ad sisa 7 botol sisa waktu psbb diskon.. lg ngincer yg evotek aj
Standby aja pagi2 jam 7-8 om, dapet kl saya kemarin. Semoga ptt baik hati masih mau keluarin stok evotek 2 hari ke depan
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Turboman »

Utk mesin bensin kalo mau enak setahun sekali Purging injector utk cuci endapan di intake valve

spt ini contoh

obat2 purging injector bebas, ada aneka merek

https://youtu.be/84_8y3AFjZM
* Bukan ajakan Beli *