Mobil '07 yang bisa menghadang Livina & Car of the Year

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Post by Risol1 »

maxx wrote:Kalo yg silver dilihat dari samping beneran ga tuh overall lengthnya 4.545 ?? dan sptnya cm 5 Seater deh.. ato ini versi short chasis nya?

Yang item jelas2 lebih panjang tuh pantatnya.. 7 seater.. tp lagi2 tetap saja baris ketiga leg roomnya terlihat agak sempit yah...
Carens III gak ada short/long chassis nya bro...semua sama aja panjangnya... :D
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Post by Risol1 »

Livina yg gak kuat nanjak mesin 1.5 apa 1.8 bro?
tukang sapu
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 303
Joined: Tue Apr 24, 2007 0:57

Post by tukang sapu »

to Sens:

Isu ini sudah dibahas di milis GL, keterlambatan terjadi di bengkel rekanan Nissan bukan di bengkel resmi Nissan. Begitu mobil dipindahkan ke NMI langsung beres tuh persoalannya.
johnlegend
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1142
Joined: Wed May 02, 2007 16:45

Post by johnlegend »

hehehe.. 1.5 matic tanjak'an bawa beban berat masi bisa kok.. mungkin yg diisi 7orang itu pada obesitas kali.. huehuehue.. *obesitas mlulu neh gw..*
dion
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 407
Joined: Tue May 01, 2007 7:58

Post by dion »

mumpung lg ngomongin matic.sebaiknya gigi D itu (tanpa gas) dibuat bisa nahan berat mobil+driver ditanjakan dg sudut brp derajat ya? 20,30?
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Post by Risol1 »

gak ada ukuran pasti harus berapa derajat bro.....tapi lebih baik sih kalo berhenti di tanjakan berentinya mobil dibantu dengan rem kaki (rem parkir kalo berentinya lama). :D
dion
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 407
Joined: Tue May 01, 2007 7:58

Post by dion »

Risol1 wrote:gak ada ukuran pasti harus berapa derajat bro.....tapi lebih baik sih kalo berhenti di tanjakan berentinya mobil dibantu dengan rem kaki (rem parkir kalo berentinya lama). :D
kalo gue rasakan, rentang kopling GL sangat tipis shg rentan mati dan kurang bisa menahan bobot mobil meski cuma di garasi, jadi lebih aman (dan nyaman :-) ) dg matic kelihatanya.

coba yg pegang matic bs overview dong dibanding matic2 kelas sejenis atau yg pernah pegang matic sebelumnya jg boleh kasih coment, sekalian kasih ide2 bagi mobil2 yg akan dilaunch untuk menghadang livina
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

sidalausa wrote:jok nya bisa jadi inspirasinya om maxx neh... ! :lol:
keren dan rapi, terutama untuk row 2nd nya yang tengah juga ada head rest nya! keren euy...!
pasti bisa bikin yang seperti itu phan om...???? yakiiinnn!
Plg bisa nih om sida :D
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

sidalausa wrote:cuman sayangnya....belom tau bakalan masuk ke indon nya kapan....neh?????

padahal, row 3rd nya dah split... lebih memudahkan kalu ruang bagasi cuman diperlukan sebagian ajah!...

om maxx bisa gak yach ubah seat row 3rd GL jadi seperti itu...???!

GL bakalan lebih mantaf lagi neh!!!!

hunter wrote:
Risol1 wrote:itu mah kayanya masih speknya Carens II tuh bro.....soalnya Carens III belom ada kabarnya tuh mao dimasukkin sini apa belom?
loh itu saya ambil dr website kia international/luar negri koq. bukan kia indonesia. kalo di website luar negri aja blm ada Carens III, mana mungkin mau masuk indonesia ???
Wadowww... ndak bisa dimodif lah bos .. kalo dipaksaain juga tar ga bener jadinya .. kecuali nanti ada supplier accesories taiwan yg sediain 3rd row GL model split.. tp kayaknya ndak mungkin deh ada.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

tukang sapu wrote:to Sens:

Isu ini sudah dibahas di milis GL, keterlambatan terjadi di bengkel rekanan Nissan bukan di bengkel resmi Nissan. Begitu mobil dipindahkan ke NMI langsung beres tuh persoalannya.
Hehehe baru gw mo jawabin... berita-nya telat tuh.. krn udah dibahas di milist nissan-livina :lol:
Bener yg bos sapu bilang .. assuransinya dodol ... kirim tuh mobil ke bengkel rekanan Nissan.. bukan ke bengkel resmi Nissan.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

dion wrote:
Risol1 wrote:gak ada ukuran pasti harus berapa derajat bro.....tapi lebih baik sih kalo berhenti di tanjakan berentinya mobil dibantu dengan rem kaki (rem parkir kalo berentinya lama). :D
kalo gue rasakan, rentang kopling GL sangat tipis shg rentan mati dan kurang bisa menahan bobot mobil meski cuma di garasi, jadi lebih aman (dan nyaman :-) ) dg matic kelihatanya.

coba yg pegang matic bs overview dong dibanding matic2 kelas sejenis atau yg pernah pegang matic sebelumnya jg boleh kasih coment, sekalian kasih ide2 bagi mobil2 yg akan dilaunch untuk menghadang livina
Mungkin sering mati bukan rentang kopling GL sangat tipis.. tp pijakannya terlalu tinggi jadi kaki dongak, kalo ga biasa melepas kopling pada pijakan yg tinggi bisa jadi endut2an dan mati mesin.
Soal kopling manual sudah bisa diturunkan ketinggiannya di BERES Nissan jadi lebih landai. Jadi pijakan kaki lebih nyaman.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

johnlegend wrote:hehehe.. 1.5 matic tanjak'an bawa beban berat masi bisa kok.. mungkin yg diisi 7orang itu pada obesitas kali.. huehuehue.. *obesitas mlulu neh gw..*

Hahaha.. gw jadi mo ketawa nih :lol: .. kalo sithlord nimbrung pasti rame .. .. mo denger penjelasan bos Sithlord di milist nissan livina ga soal topik yg bahas GL katanya ga kuat nanjak?.. nih gw copy-paste.

=======================

Ini mobil sejak lahir sampai sekarang, kayaknya sering dengar orang
ragukan kemampuan nanjaknya, terutama versi matiknya. Padahal mobil
lain yang laku keras, yang menurut saya justru lebih loyo, eh, ngak
pernah di ragukan. Supaya calon pembeli, maupun owner bisa tuntas
urusan ini, saya buka topic baru.


Jika saya bilang " Pasti kuat, saya sudah coba, don't worry, be
happy " ya nanti di sangka saya sales Nissan lagi. Anyway, kesaksian
pemakai GL 1.5 lain juga bisa saja di nilai subjective. Kan menurut
masing masing orang, feeling " kuat " atau tidak kan berbeda. Jadi
mau ngak mau kita analisa pakai angka mesin dan berat mobilnya. GL vs
mobil 7 penumpang lain. OK ?


Angka mesin biasanya ada 2. Power dan torsi. Untuk urusan kemampuan
menanjak, saya rasa angka torsi lebih berguna banding angka max.
tenaga kuda yang berlaku di dekat top speed. So saya akan analisa
pakai angka torsi saja.


GL 1.5 A/T torsi maximumnya 15.1 kgm / 4400 rpm.


Bobot GL 1.5 A/T adalah 1230 kg. Jadi Torsi PER TON adalah 15.1/1.23
= 12.28 kgm / Ton. Loyo kah ? Mana bisa tau jika ngak di banding ama
mobil lain ? Mau test drive ke puncak juga susah, biasanya ngak di
kasih. So, balik lagi ke angka mesin vs bobot mobil.


Mari kita lihat angka Innova G A/T bensin. Torsi max. 18.6 kgm/4000
rpm. Wow ! Jauh lebih kuat dong ? Oh yah ? Belum tentu ! Bobotnya
berapa ? 1550 kg. Jadi Torsi PER TONnya jadi 12 kgm / Ton. Nah,
pernah kah lihat Innova ngos ngosan di puncak ? Pernah kah banyak
orang bilang Ipah ngak bisa nanjak. Tidak kan ?


How about Avanza / Xenia 1.3 M/T ? Torsi maxnya 12.2 kgm / 4400 rpm.
Bobotnya 1045 kg. Torsi PER TONnya 11.67 kgm / Ton. Pernah kah lihat
Avanza / Xenia 1.3 loyo di puncak ? Cukup untuk bisa sampai Cipanas ?


Kalau Xenia yang paling terjangkau dan sangat laris versi 1.0 m/T vvt-
i-Li gimana ? Torsi maxnya 9.2 kgm/3600 rpm. Bobotnya 1020 kg. Jadi
Torsi PER TONnya 9 kgm / Ton. Pernah kah lihat Xenia 1.0 melorot di
puncak sampai mundur nabrak mobil belakang ? Saya yakin Xenia 1.0 ini
pun di isi 7 orang pun akan berhasil sampai Cipanas / Taman Safari.
Sering kok lihat Xenia di Puncak.


Cuman memang angka Torsi max / Ton yang lebih besar akan lebih
memudahkan nanjak. Lebih santai lah saat naik. Dan yang pakai matik
enaknya kalau ketemu macet 4 jam di puncak, ngak usah takut, sebab
jika pakai manual kurang pintar main kopling dan gasnya, nanti
takutnya melorot dan pantatnya cium muka mobil lain di belakang....


Kalau saya bilang, jaman sekarang, jangan pikir manual itu pasti JAUH
lebih powerful banding matik. Coba adu manual 9 kgm/Ton ama matik 12
kgm/Ton di tanjakan... Jangan pikir mesin 1000 cc manual bisa adu ama
mesin 1500 cc matik. Torsi max kalau sudah mentok di 9 kgm, supir
sepintarnya main manual juga ngak bisa tembus ke angka torsi 12 kgm.
Habis sejak lahir sudah segitu kemampuanya.


Summary : Torsi max per TON :

GL 1.5 A/T : 12.28 kgm / Ton
Innova 2.0 A/T : 12.0 kgm / Ton
Av/Xenia 1.3 m/T : 11.67 kgm / Ton
Xenia 1.0 m/T Li : 9.0 kgm / Ton


Tapi jika sering nanjak dan bawa banyak orang / barang dan ada duit
extra, saya anjurkan beli saja GL 1.8 XV. Torsi maxnya 17.7 kgm/4800
rpm. Bobotnya 1250 kg. Jadi :

GL 1.8 XV A/T : 14.16 kgm / Ton. Di class mobil keluarga
Indonesia, dari segi kemampuan nanjak doang pun, memang GL 1.8 "
TIADA DUANYA " ....


Pula, matik sebenernya jika cara pakainya di modif sedikit, bisa kuat
kok banding manual. Misalnya di puncak lagi nanjak tajam. Kalau saya
sih oper gigi dari D ke 2. Ini gigi 2 di matik artinya ECU mesin akan
batasi gigi max di 2 dan TIDAK akan oper ke gigi 3 dan ke atas.
Effectnya mesin akan lebih suka main di rpm lebih tinggi, jadi agak
mirip manual saat nanjak pakai gigi 2 terus. Iya gak ?


Kalau ketemu gunung yang lebih edan lagi, tinggal masuk 1 atau L, dan
mesin akan main di gigi 1 terus. Jadi pakai cara ini, bisa kok matik
di perintah supaya sikapnya lebih dekati manual. Kalau malas oper ke
2, 1 atau L. tinggal kickdown gasnya sedalam dalamnya, dan ECU matik
jaman sekarang cukup pintar kok. Rpm akan naik tajam, dan power extra
langsung keluar....


Jadi jika Xenia 1.0, Avanza / Xenia 1.3 dan Innova tidak di ragukan,
kok GL 1.5 di isukan loyo ? Ngak fair dan kasihan kan ? Fakta
menunjukan justru GL 1.5 salah satu paling kuat di classnya. Kalau
yang GL 1.8 jangan di bahas lah. Dia main di class sendiri....


Mudah mudahan analisa saya bisa membantu. Jika ada yang salah, tolong
koreksi.


Salam.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
johnlegend
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1142
Joined: Wed May 02, 2007 16:45

Post by johnlegend »

mmh.. tp mesti mikir sudut tanjak'an jg si.. kl sudut nya sampe extreme.. kyk nya livina gw kaga bakal kuat deh..

mungkin kl ada yg bilang kaga kuat nanjak itu.. pas livina 1.5matic diisi 7orang obesitas.. nanjak di sudut 60 derajat kali yah.. kl gitu si.. ngga livina doank deh yg kaga kuat.. huehuehue..
Leonhearts
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 702
Joined: Thu Jun 07, 2007 1:45
Location: MEDAN - JAKARTA - MEDAN

Post by Leonhearts »

Karena yang 1.5 itu kompresinya 10.xx : 1 maka seharusnya disi pertamax plus. Kita tau lah sebagai orang Indo mana mau keluarin duit untuk mengisi BENSIN PERTAMAX PLUS termasuk gw, selagi bisa PREMIUM ya PREMIUM dan asumsi saya pada saat itu bensin yang dipakai premium sehingga hp dan torsi ideal tidak bisa mencapai.

Kalo gw biasanya mau ke daerah yang tinggi pasti mengisi bensin yang beroktan tinggi. Untuk antisipasi pembakaran yang lebih sempurna.
Leonhearts
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 702
Joined: Thu Jun 07, 2007 1:45
Location: MEDAN - JAKARTA - MEDAN

Post by Leonhearts »

GL 1.5 A/T : 12.28 kgm / Ton
Innova 2.0 A/T : 12.0 kgm / Ton
Av/Xenia 1.3 m/T : 11.67 kgm / Ton
Xenia 1.0 m/T Li : 9.0 kgm / Ton
Sebenarnya acuan gini belum sepenuhnya benar apakah mobil ini kuat ditanjak atau tidak.

Ambil contoh aja
CAPTIVA = 220nm/2200RPM
CRV = 218nm/4200RPM

Biarpun torsinya hampir sama tetapi CAPTIVA lebih kuat nanjaknya dan gasnya ga usa dalam2 mobil sudah naik soalnya torsinya berada pada RPM minimum.

GL berada pada posisi 15.1 kgm / 4400 rpm sedangkan INNOVA 18.6 / 4000, INNOVA hanya perlu bejak GAS sebanyak 4000 rpm saja sudah mendapatkan TORSI MAKS sedangkan GL perlu sampai 4400 RPM agar mendapatkan torsi 15.1nya. Apalagi yang GL1.8 perlu sampai 4800RPM agar mendapatkan torsi maks dia.

Makanya acuan kgm/ton itu tidak bisa dianalisis begitu saja, masih banyak faktor....
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Post by Risol1 »

sens wrote:Yuliant berkata,
7 Agustus 2007 @ 4:24 am
Info dari Teman, pada saat di daerah tanjakan (pegunungan) dengan beban full (7 orang) pada posisi berhenti terus jalan pada gigi 1 livina tidak bisa naik. Teman saya sampai ketakutan dan terpaksa mengurangi jumlah penumpang untuk bisa naik…. kalau ini benar, ngeri juga yach… apa ada yang sudah pernah coba… khan juga banyak Mal-mal yang mempunyai tanjakan yang curam.
harus dilhat kembali bahwa yg di permasalahkan pertama kali itu bukan soal nanjak pd saat mobil melaju kencang/mobil berjalan, tapi nanjak dari keadaan diam/berhenti di tanjakan yang curam.

Spt yg bro Leonhearts bilang diatas, mobil yang torsi maksimumnya di dapat di RPM terendah lah yang berpeluang lebih besar untuk bisa nanjak dari keadaan diam/berhenti di tanjakan dengan baik. walaupun CRV/GL torsi maksimumnya besar, tapi baru didapat pada RPM tinggi. (sekali lagi bukan menyudutkan pemilik CRV/GL, mobil2 tsb hanya sy pakai sbg contoh :D ). Dan biasanya orang yang mao menjalankan mobilnya dari keadaan diam di tanjakan tidak menggeber gas sampe RPM diatas 4000 baru melepas kopling dan rem parkir, biasanya orang2 pada umumnya hanya menginjak gas sampai RPM 2000an saja yang otomatis CRV/GL belom mencapai pada torsi maksimumnya. CMIW :D
sidalausa
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 278
Joined: Thu May 17, 2007 13:32

Post by sidalausa »

Leonhearts wrote:
GL 1.5 A/T : 12.28 kgm / Ton
Innova 2.0 A/T : 12.0 kgm / Ton
Av/Xenia 1.3 m/T : 11.67 kgm / Ton
Xenia 1.0 m/T Li : 9.0 kgm / Ton
Sebenarnya acuan gini belum sepenuhnya benar apakah mobil ini kuat ditanjak atau tidak.

Ambil contoh aja
CAPTIVA = 220nm/2200RPM
CRV = 218nm/4200RPM

Biarpun torsinya hampir sama tetapi CAPTIVA lebih kuat nanjaknya dan gasnya ga usa dalam2 mobil sudah naik soalnya torsinya berada pada RPM minimum.

GL berada pada posisi 15.1 kgm / 4400 rpm sedangkan INNOVA 18.6 / 4000, INNOVA hanya perlu bejak GAS sebanyak 4000 rpm saja sudah mendapatkan TORSI MAKS sedangkan GL perlu sampai 4400 RPM agar mendapatkan torsi 15.1nya. Apalagi yang GL1.8 perlu sampai 4800RPM agar mendapatkan torsi maks dia.

Makanya acuan kgm/ton itu tidak bisa dianalisis begitu saja, masih banyak faktor....
bener om, salah satu faktornya, keselasaran antara kita ngelepas kopling ama ngebejek gas...????
sidalausa
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 278
Joined: Thu May 17, 2007 13:32

Post by sidalausa »

jadi....sebenarnya yang menghadang livina... apa neh...?
dion
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 407
Joined: Tue May 01, 2007 7:58

Post by dion »

sidalausa wrote:jadi....sebenarnya yang menghadang livina... apa neh...?
kembali ke laptop ya :-)

menurut gue,saat ini tdk ada yg menghadang maupun dihadang. GL ada diposisi yg tdk dihadang maupun menghadang tapi mengisi. sekian terimakasih.
User avatar
gubraks
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 125
Joined: Mon Apr 09, 2007 2:36

Post by gubraks »

dion wrote: menurut gue,saat ini tdk ada yg menghadang maupun dihadang. GL ada diposisi yg tdk dihadang maupun menghadang tapi mengisi. sekian terimakasih.
Agree... GL menambah pilihan product MPV di range 100-200jt... jadi tidak hanya mainannya daihatsu dan rebadge-nya saja....[/b]
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

johnlegend wrote:mmh.. tp mesti mikir sudut tanjak'an jg si.. kl sudut nya sampe extreme.. kyk nya livina gw kaga bakal kuat deh..

mungkin kl ada yg bilang kaga kuat nanjak itu.. pas livina 1.5matic diisi 7orang obesitas.. nanjak di sudut 60 derajat kali yah.. kl gitu si.. ngga livina doank deh yg kaga kuat.. huehuehue..
Ya ampunn.. GL ini kan MPV.. bukan nya SUV :shock: ... kalo sampe diisi 7 orang obesitas trus disuruh nanjak sudut 60 derajat.. gw yakin RusTer yg predikatnya SUV juga ga akan kuat nanjak!! :lol:
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

dion wrote:
sidalausa wrote:jadi....sebenarnya yang menghadang livina... apa neh...?
kembali ke laptop ya :-)

menurut gue,saat ini tdk ada yg menghadang maupun dihadang. GL ada diposisi yg tdk dihadang maupun menghadang tapi mengisi. sekian terimakasih.
Setuju.. he he he.. krn menurut gw sih GL masuk dalam ceruk pasar yg belum terisi.. hanya saja bersinggungan dg pangsa pasar yg besebelahan.. jadi ada market grey area yg termakan dg kehadiran GL, nanti kalo udah ada produk dalam segment pasar yg sama baru kita bisa bilang soal hadang menghadang. :wink:
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
Leonhearts
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 702
Joined: Thu Jun 07, 2007 1:45
Location: MEDAN - JAKARTA - MEDAN

Post by Leonhearts »

Waduh obesitas obesitas melulu. Jadi GL tidak boleh dibeli oleh orang yang obesitas ya. Ga masuk akal. Asal ga bisa nanjak atau sempit bilang pasti obesitas. Not fair. VOTE GL for everyone....
Saatnya konsumer lebih kritis.....beli sesuai dengan hati nurani...biarpun bermerek tapi mahal tidak sesuai harga.....dan jangan pernah dibohongin dengan alasan2 yang aneh lagi.....go konsumer Indonesia
User avatar
gubraks
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 125
Joined: Mon Apr 09, 2007 2:36

Post by gubraks »

maxx wrote:
johnlegend wrote:mmh.. tp mesti mikir sudut tanjak'an jg si.. kl sudut nya sampe extreme.. kyk nya livina gw kaga bakal kuat deh..
mungkin kl ada yg bilang kaga kuat nanjak itu.. pas livina 1.5matic diisi 7orang obesitas.. nanjak di sudut 60 derajat kali yah.. kl gitu si.. ngga livina doank deh yg kaga kuat.. huehuehue..
Ya ampunn.. GL ini kan MPV.. bukan nya SUV :shock: ... kalo sampe diisi 7 orang obesitas trus disuruh nanjak sudut 60 derajat.. gw yakin RusTer yg predikatnya SUV juga ga akan kuat nanjak!! :lol:
Ya sudah... tentu kekuatan nanjak kendaraan ada limitnya... tapi gw pikir pabrikan sudah memperhitungkan sesuai dengan penggunaanya yang wajar, demikian pula jalan yang menanjak ...akan didesain sesuai dengan kemampuan kendaraan pada umumnya... wah kalau jalan ke puncak ada tanjakan 45 degree ( dan 60 degree kayaknya hanya di medan extreme off-road aja)... maka disamping2nya akan disediakan tempat parkir... karena perjalanan selanjutnya diteruskan dengan jalan kaki hehehe.....
Kendaraan penumpang pd umumnya didesain stop and climb pd sudut yg nggak extreme.. kalau extreme maka perlu kemampuan hill ascent/descent assist dan penyaluran torsi ke roda untuk mendapatkan traksi yang hebat...
Kesimpulannya sih GL dan kawan2 diatas didesain mampu kok nanjak... tentu dengan RPM dan kecepatan yg berbeda.. tergantung gear dan final gear rasionya.... kalo Teri** sih... hanya modelnya doang SUV alike.. speknya sih mobil penumpang jalan rata.....
qwer
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Fri Aug 10, 2007 3:27

Post by qwer »

kesan pertama sebagus stream, tapi seminggu ini lihat GL makin dilihat makin jelek, jkayak kotak korek api, jadi gak mungkin jadi car of the year..
masih mending Innova atau xenia, makin dilihat gak makin jelek dan gak makin bagus.
cuma pendapat saya, yg punya mobil pasti gak setuju :)

kesimpulannya, tiap mobil punya kelemahan dan kelebihan.
dan kalau ada kelemahan atau kelebihan, bukan jadi kelemahan atau kehebatan yg punya mobil, tapi yg buat mobil..
jadi jangan bangga berlebihan sama mobil sendiri, sampai berkoar disana sini, asal sudah enjoy makainya, nikmati saja....