sintoni wrote: Thu Aug 13, 2020 11:47
Om2 tercinta, maaf kalau agak OOT.
Ane kan ada rencana mau ganti sokbreker depan buat mobil ane.
Nah, masalahnya kan ane ga punya treker/penahan per.
Kira2 pake alat/bahan seadanya apa ya yg bisa dipake?
Ane ada liat video ada yang pake kawat bendrat diikat di ujung ulir paling atas sama paling bawah, terus dipilin sampe dia compress pernya tsb. Kira2 aman ga ya?
bendrat itu kalo di toko material kawat tipis buat iket besi beton.
beli kawat jemuran segulung, itu diameter kawatnya lebih besar. saya pernah ngelakuin seperti itu beberapa tahun silam.
bahan yang dibutuhkan :
1. kawat jemuran segulung / 0,5 KG.
2. dongkrak.
3. jack stand.
4. tang (minimal 7")
5. dan perkakas lain yang dibutuhkan.
tahapannya setelah roda terlepas :
1. tempatkan jack stand pada chassis.
2. dongkrak lower arm semaksimal mungkin sampai chassis hampir/sedikit terangkat dari jack stand. tujuannya supaya per terkompres seperti menggunakan treker per.
3. ikat setiap 3 ulir per dengan kawat.
atau kalau ulir per cukup renggang, ikat setiap 2 ulir.
jangan sok tau mengikat langsung dari atas ke bawah sekaligus.
ikatan bisa lebih dari 4 dan usahakan kawat didobel supaya aman.
pembagian titik ikatan bisa setiap 90° atau 120°. kalau setiap 90°, berarti dalam 1 lingkaran per terdapat 4 titik ikatan. andaikata setiap 120°, berarti ada 3 titik ikatan dalam setiap lingkaran per. silahkan mau ambil berapa titik disesuaikan dengan kondisi.
4. turunkan dongkrak perlahan. ingat, perlahan. sambil diperiksa apakah ada ikatan yang gejalanya akan terlepas.
segera naikkan dongkrak lagi dan tambahkan ikatan di ulir per apabila ada gejala ikatan merenggang/mau putus.
5. lepas shock dari dudukannya dan segera lakukan penggantian shock.
6. saat akan melepas ikatan per, potong ikatan kawat satu per satu dan usahakan memotong kawat yang paling longgar belakangan.
jangan lupa pakai sarung tangan dan kacamata pelindung. semaksimal mungkin lindungi tubuh anda. sarung tangan kerja cuma 3000 rupiah sepasang.
kalau terpaksa harus menaruh per agak lama dalam keadaan terikat kawat, bungkus atau taruh keset tebal atau karung goni diatasnya. tujuannya kalau sampai kawat putus, potongannya tidak langsung beterbangan seperti ranjau.
semoga membantu.