5000 KM nya berapa bulan?
Biasanya rata rata mobil KM 6 atau 7 rb atau 8 bulan, akan kasar suaranya .... mana yang tercapai dahulu
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
5000 KM nya berapa bulan?
Berarti tuner ama bengkel2 nya ud diperbudak ama tu minyak nyong2.. ga bole itukompresorz wrote: ↑Tue Jul 28, 2020 23:44kasian sbenarnya diluaran...ini minyak monyong spertinya laris dikalangan...josomba wrote: ↑Tue Jul 28, 2020 14:15Semenjak om kompre goreng tuh oli bas n situ foto bandingin ama TMO ....kompresorz wrote: ↑Tue Jul 28, 2020 11:04
kmrn minggu ktemu kawan di anugrah yg hobi ngebut dijalan n sentul...
gw bilang bawa bmw gw....
jangan ragu gaspol aja...meleduk mesin jg gak apa....habis kopling jg gak apa...murah meriah....pokoe jangan ragu....gassspollll....
jalan rame bsd siang dibawa lah selap selip spin roda semi ngedrif main rpm tinggi trs....putaran lampu merah lgsg semi drift idung depan ky ular..
sampe bengkel ngobrol bareng mekanik sambung ke oli...
gw pake oli 0-20 kawan kaget keenceran ktnya...bmw F aja 5-30...
gw bilang di rumah ada 0-16....kalo ada 0-8 skalian..
ehh ternyata teman mobil buat balap pake oli bas.....kbetulan lagi jebol mesinnya....
ternyata reseler bas jg....
malah gw takut pake oli merk itu drpd 0-16....
itu oli apa minyak nyong nyong....
Secara visual aja dah ga perlu lg tes2 lab dll...
termasuk tuner cukup terkenal yang merangkap jualan...kok cetek banget pengetahuannya...termasuk penghobi balap....tapi kok gak tes sendiri...penceramah bilang A mlh manggut aja....P E A
gw pandetaa aja gak percaya.....
kmrn mau gw debatin soal tuh minyak...tapi lg malas jg...buru2 pulang...
tempo hari debatin di tempat tuner terkenal...kbetulan ada bbrp reseler di lokasi n mau ambil barang..mereka diam semua...
lah tu minyak kan yg dibanggain dibakar jernih wangi...
tp dibakar di tabung kaca n api kecil....dipraktekin depan gw...
sempat terkesima warna jernih...tp bikin ragu knp wangi minyak monyong...
mknya dlm pikiran sbenarnya tuner cetek pengetahuannya.......
gak beda sama gw....tapi ilmu gw lebih tinggi krn lbih lama bertapa di gua hira....
cuma krn cari duit dibengkel ya fokus...
klo gw malas n gak punya kunci inggris sama martil 5 kilo....
reviewer ternama aja dah diendorse sm alat penghemat BBMDOHC wrote: ↑Wed Jul 29, 2020 1:48Berarti tuner ama bengkel2 nya ud diperbudak ama tu minyak nyong2.. ga bole itukompresorz wrote: ↑Tue Jul 28, 2020 23:44kasian sbenarnya diluaran...ini minyak monyong spertinya laris dikalangan...
termasuk tuner cukup terkenal yang merangkap jualan...kok cetek banget pengetahuannya...termasuk penghobi balap....tapi kok gak tes sendiri...penceramah bilang A mlh manggut aja....P E A
gw pandetaa aja gak percaya.....
kmrn mau gw debatin soal tuh minyak...tapi lg malas jg...buru2 pulang...
tempo hari debatin di tempat tuner terkenal...kbetulan ada bbrp reseler di lokasi n mau ambil barang..mereka diam semua...
lah tu minyak kan yg dibanggain dibakar jernih wangi...
tp dibakar di tabung kaca n api kecil....dipraktekin depan gw...
sempat terkesima warna jernih...tp bikin ragu knp wangi minyak monyong...
mknya dlm pikiran sbenarnya tuner cetek pengetahuannya.......
gak beda sama gw....tapi ilmu gw lebih tinggi krn lbih lama bertapa di gua hira....
cuma krn cari duit dibengkel ya fokus...
klo gw malas n gak punya kunci inggris sama martil 5 kilo....
Justru mreka yg harus kekinian, ga bole di endorse2an
Sama kaya beres2 jaman dl, waktu masi d endorse ama topwan
Masa smua mobil pukul rata pake oli kentel si topwan..
Tapi jujur ya saya juga penasaran sama brq itu beneran bisa menghemat bbm apa? Apa lagi sekelas santa fe dipakein solbusSuryaputra wrote: ↑Wed Jul 29, 2020 4:00reviewer ternama aja dah diendorse sm alat penghemat BBMDOHC wrote: ↑Wed Jul 29, 2020 1:48Berarti tuner ama bengkel2 nya ud diperbudak ama tu minyak nyong2.. ga bole itukompresorz wrote: ↑Tue Jul 28, 2020 23:44
kasian sbenarnya diluaran...ini minyak monyong spertinya laris dikalangan...
termasuk tuner cukup terkenal yang merangkap jualan...kok cetek banget pengetahuannya...termasuk penghobi balap....tapi kok gak tes sendiri...penceramah bilang A mlh manggut aja....P E A
gw pandetaa aja gak percaya.....
kmrn mau gw debatin soal tuh minyak...tapi lg malas jg...buru2 pulang...
tempo hari debatin di tempat tuner terkenal...kbetulan ada bbrp reseler di lokasi n mau ambil barang..mereka diam semua...
lah tu minyak kan yg dibanggain dibakar jernih wangi...
tp dibakar di tabung kaca n api kecil....dipraktekin depan gw...
sempat terkesima warna jernih...tp bikin ragu knp wangi minyak monyong...
mknya dlm pikiran sbenarnya tuner cetek pengetahuannya.......
gak beda sama gw....tapi ilmu gw lebih tinggi krn lbih lama bertapa di gua hira....
cuma krn cari duit dibengkel ya fokus...
klo gw malas n gak punya kunci inggris sama martil 5 kilo....
Justru mreka yg harus kekinian, ga bole di endorse2an
Sama kaya beres2 jaman dl, waktu masi d endorse ama topwan
Masa smua mobil pukul rata pake oli kentel si topwan..
apalagi cuma perlendiran, gak cocok tinggal buang (smoga mesin gak rusak)
brq dan mahluk sejenisnya,severmaya wrote: ↑Wed Jul 29, 2020 4:46Tapi jujur ya saya juga penasaran sama brq itu beneran bisa menghemat bbm apa? Apa lagi sekelas santa fe dipakein solbusSuryaputra wrote: ↑Wed Jul 29, 2020 4:00reviewer ternama aja dah diendorse sm alat penghemat BBM
apalagi cuma perlendiran, gak cocok tinggal buang (smoga mesin gak rusak)
Saya sampe hr ini masih gagal paham sama alat yg namanya xcs sama brq itu om. Yg xcs itu ga make sense masihan, krn cuma pake prinsip listrik2an bs buat tarikan mobil enteng. Kl brq, di fitra eri sama pajeronya journey of wonder saya yg cukup sedikit percaya sih. Di golfnya fitra (hebat jg se advance vw bisa dicekokin alat ini) jd cukup pake pertamax, kl di pajeronya journey of wonder mereka pake brq buat nyiasatin bbm diesel jelek di antah berantah, dimana menurut saya sebagian kecil tempat aja yg (mungkin) solarnya kyk solbus sini kualitasnya. Sayang dua2nya ga ngebahas lbh dalem lagi soal alat beginian di youtubesevermaya wrote: ↑Wed Jul 29, 2020 4:46Tapi jujur ya saya juga penasaran sama brq itu beneran bisa menghemat bbm apa? Apa lagi sekelas santa fe dipakein solbusSuryaputra wrote: ↑Wed Jul 29, 2020 4:00reviewer ternama aja dah diendorse sm alat penghemat BBM
apalagi cuma perlendiran, gak cocok tinggal buang (smoga mesin gak rusak)
Suryaputra wrote: ↑Wed Jul 29, 2020 5:02brq dan mahluk sejenisnya,severmaya wrote: ↑Wed Jul 29, 2020 4:46Tapi jujur ya saya juga penasaran sama brq itu beneran bisa menghemat bbm apa? Apa lagi sekelas santa fe dipakein solbusSuryaputra wrote: ↑Wed Jul 29, 2020 4:00
reviewer ternama aja dah diendorse sm alat penghemat BBM
apalagi cuma perlendiran, gak cocok tinggal buang (smoga mesin gak rusak)
nunggu petuah dari mbah marmut
Kopi nya musti pait atau bole manis mbah ?marmut wrote: ↑Wed Jul 29, 2020 5:22
cukup menyan madu, menyan putih, menyan hitam, rokok klobot, kopi, teh, susu, air putih, kembang setaman, kantil kuning kantil putih tiap malam selasa kliwon dan malam jumat kliwon.
kalo mau lebih josss lagi boleh tambah tumpeng beserta ingkung.
jaminan torsi nambah 1000nm saat mesin mati.
pk gula aren atau tambah susu kentel manis mbah ?marmut wrote: ↑Wed Jul 29, 2020 5:22
cukup menyan madu, menyan putih, menyan hitam, rokok klobot, kopi, teh, susu, air putih, kembang setaman, kantil kuning kantil putih tiap malam selasa kliwon dan malam jumat kliwon.
kalo mau lebih josss lagi boleh tambah tumpeng beserta ingkung.
jaminan torsi nambah 1000nm saat mesin mati.
Report om, dr hasil perbaikan sama mekanik d suruh ganti isc krn kondisi isc yg lama sudah rusak. Di ganti kena biaya 480 rb buat ganti isc ayla 1KR-DE, gak over price kn om.DOHC wrote: ↑Wed Jul 22, 2020 2:41Mekanik pertama itu kayanya mahasiswa D.O university of asem reges deh, TB ngapain jg di semprot2 luarnya doank, buang2 carbjet aj
Mekanik 2, dia ad semprot2 ISC terutama daleman nya ga ? Kl iya salam gutbai deh, sensor2 gtuan haram kena cairan carbjet
Coba di liat2 lg aj, atau kl om brani, coba buka lg selang2 ke TB, lalu liat daleman nya masi basah cairan csrbjet ga, termasuk yg deket sensor2, kl iya, pake kaen majun, semprot brake cleaner atau contact cleaner lap ampe bersih kering, lalu cabut aki 15 menit, pasang lg... mudah2an sembuh
Idem lg ama mbah tikus barbel, ntuh skerup2 TPS, sensor2 kl si montir ga punya scanner bagusan jgn d kutak katik..
masi untung ini enjin 1 KR
Kl HR15DE di gituin, bsa stres ampe ayan kelojotan tuh montir liat enjin rpm naek turun kaya pedangdut pantura di sawer
Berarti memang karakternya oli ini begitu ya om, sempet seneng di awal nih oli bikin 1tr gnki Alus amat, sampe sering lupa nih mobil dah nyala apa blmSuryaputra wrote:sy prnh sekali pakai PTT 5w30 Api SN, Acea a5/b5.
mesin lbh kasar di Km 5rb.
klo mau alus2an mesin, seingat saya msh lbh halus TQ9000 5w30 dan 0w20 @5rb Km.
tapi lbh mantap lg Q8 0w20 sih.
let see sampai 7rb Km gmn
Saya penganut paham ganti oli per 5rb / 6bln entah buat oli apapun om, itu oli kemarin jalan 2bulanan, itung2 cuci jeroan mesin karna pernah salah asuhProfith83 wrote:5000 KM nya berapa bulan?
Biasanya rata rata mobil KM 6 atau 7 rb atau 8 bulan, akan kasar suaranya .... mana yang tercapai dahulu
Om.. ini PTT 0w02 nya yg tipe Eco atau 0w20 API SN+ ?zzzprince wrote: ↑Wed Jul 29, 2020 6:32Berarti memang karakternya oli ini begitu ya om, sempet seneng di awal nih oli bikin 1tr gnki Alus amat, sampe sering lupa nih mobil dah nyala apa blmSuryaputra wrote:sy prnh sekali pakai PTT 5w30 Api SN, Acea a5/b5.
mesin lbh kasar di Km 5rb.
klo mau alus2an mesin, seingat saya msh lbh halus TQ9000 5w30 dan 0w20 @5rb Km.
tapi lbh mantap lg Q8 0w20 sih.
let see sampai 7rb Km gmn
Saya penganut paham ganti oli per 5rb / 6bln entah buat oli apapun om, itu oli kemarin jalan 2bulanan, itung2 cuci jeroan mesin karna pernah salah asuhProfith83 wrote:5000 KM nya berapa bulan?
Biasanya rata rata mobil KM 6 atau 7 rb atau 8 bulan, akan kasar suaranya .... mana yang tercapai dahulu
ISC beginian kalo mau dibersihin...pastiin itu pentolannya ngadep bawah...jadi cairan ga boleh masuk ke bagian dalem tabung item itudoko86 wrote: ↑Wed Jul 29, 2020 6:24Report om, dr hasil perbaikan sama mekanik d suruh ganti isc krn kondisi isc yg lama sudah rusak.DOHC wrote: ↑Wed Jul 22, 2020 2:41Mekanik pertama itu kayanya mahasiswa D.O university of asem reges deh, TB ngapain jg di semprot2 luarnya doank, buang2 carbjet aj
Mekanik 2, dia ad semprot2 ISC terutama daleman nya ga ? Kl iya salam gutbai deh, sensor2 gtuan haram kena cairan carbjet
Coba di liat2 lg aj, atau kl om brani, coba buka lg selang2 ke TB, lalu liat daleman nya masi basah cairan csrbjet ga, termasuk yg deket sensor2, kl iya, pake kaen majun, semprot brake cleaner atau contact cleaner lap ampe bersih kering, lalu cabut aki 15 menit, pasang lg... mudah2an sembuh
Idem lg ama mbah tikus barbel, ntuh skerup2 TPS, sensor2 kl si montir ga punya scanner bagusan jgn d kutak katik..
masi untung ini enjin 1 KR
Kl HR15DE di gituin, bsa stres ampe ayan kelojotan tuh montir liat enjin rpm naek turun kaya pedangdut pantura di sawer
IMG_20200729_131958.jpg
Di ganti kena biaya 480 rb buat ganti isc ayla 1KR-DE, gak over price kn om.
di toko2 online harganya kisaran Rp 200 ~ 300kdoko86 wrote: ↑Wed Jul 29, 2020 6:24Report om, dr hasil perbaikan sama mekanik d suruh ganti isc krn kondisi isc yg lama sudah rusak.DOHC wrote: ↑Wed Jul 22, 2020 2:41Mekanik pertama itu kayanya mahasiswa D.O university of asem reges deh, TB ngapain jg di semprot2 luarnya doank, buang2 carbjet aj
Mekanik 2, dia ad semprot2 ISC terutama daleman nya ga ? Kl iya salam gutbai deh, sensor2 gtuan haram kena cairan carbjet
Coba di liat2 lg aj, atau kl om brani, coba buka lg selang2 ke TB, lalu liat daleman nya masi basah cairan csrbjet ga, termasuk yg deket sensor2, kl iya, pake kaen majun, semprot brake cleaner atau contact cleaner lap ampe bersih kering, lalu cabut aki 15 menit, pasang lg... mudah2an sembuh
Idem lg ama mbah tikus barbel, ntuh skerup2 TPS, sensor2 kl si montir ga punya scanner bagusan jgn d kutak katik..
masi untung ini enjin 1 KR
Kl HR15DE di gituin, bsa stres ampe ayan kelojotan tuh montir liat enjin rpm naek turun kaya pedangdut pantura di sawer
IMG_20200729_131958.jpg
Di ganti kena biaya 480 rb buat ganti isc ayla 1KR-DE, gak over price kn om.
Siap om, makasih buat masukannya.MSU wrote: ↑Wed Jul 29, 2020 7:14ISC beginian kalo mau dibersihin...pastiin itu pentolannya ngadep bawah...jadi cairan ga boleh masuk ke bagian dalem tabung item itudoko86 wrote: ↑Wed Jul 29, 2020 6:24Report om, dr hasil perbaikan sama mekanik d suruh ganti isc krn kondisi isc yg lama sudah rusak.DOHC wrote: ↑Wed Jul 22, 2020 2:41
Mekanik pertama itu kayanya mahasiswa D.O university of asem reges deh, TB ngapain jg di semprot2 luarnya doank, buang2 carbjet aj
Mekanik 2, dia ad semprot2 ISC terutama daleman nya ga ? Kl iya salam gutbai deh, sensor2 gtuan haram kena cairan carbjet
Coba di liat2 lg aj, atau kl om brani, coba buka lg selang2 ke TB, lalu liat daleman nya masi basah cairan csrbjet ga, termasuk yg deket sensor2, kl iya, pake kaen majun, semprot brake cleaner atau contact cleaner lap ampe bersih kering, lalu cabut aki 15 menit, pasang lg... mudah2an sembuh
Idem lg ama mbah tikus barbel, ntuh skerup2 TPS, sensor2 kl si montir ga punya scanner bagusan jgn d kutak katik..
masi untung ini enjin 1 KR
Kl HR15DE di gituin, bsa stres ampe ayan kelojotan tuh montir liat enjin rpm naek turun kaya pedangdut pantura di sawer
IMG_20200729_131958.jpg
Di ganti kena biaya 480 rb buat ganti isc ayla 1KR-DE, gak over price kn om.
Hitung2 bagi2 rejeki om. Dan semoga berkah. AminSuryaputra wrote: ↑Wed Jul 29, 2020 7:18di toko2 online harganya kisaran Rp 200 ~ 300kdoko86 wrote: ↑Wed Jul 29, 2020 6:24Report om, dr hasil perbaikan sama mekanik d suruh ganti isc krn kondisi isc yg lama sudah rusak.DOHC wrote: ↑Wed Jul 22, 2020 2:41
Mekanik pertama itu kayanya mahasiswa D.O university of asem reges deh, TB ngapain jg di semprot2 luarnya doank, buang2 carbjet aj
Mekanik 2, dia ad semprot2 ISC terutama daleman nya ga ? Kl iya salam gutbai deh, sensor2 gtuan haram kena cairan carbjet
Coba di liat2 lg aj, atau kl om brani, coba buka lg selang2 ke TB, lalu liat daleman nya masi basah cairan csrbjet ga, termasuk yg deket sensor2, kl iya, pake kaen majun, semprot brake cleaner atau contact cleaner lap ampe bersih kering, lalu cabut aki 15 menit, pasang lg... mudah2an sembuh
Idem lg ama mbah tikus barbel, ntuh skerup2 TPS, sensor2 kl si montir ga punya scanner bagusan jgn d kutak katik..
masi untung ini enjin 1 KR
Kl HR15DE di gituin, bsa stres ampe ayan kelojotan tuh montir liat enjin rpm naek turun kaya pedangdut pantura di sawer
IMG_20200729_131958.jpg
Di ganti kena biaya 480 rb buat ganti isc ayla 1KR-DE, gak over price kn om.
Api sn+ omSuryaputra wrote:Om.. ini PTT 0w02 nya yg tipe Eco atau 0w20 API SN+ ?zzzprince wrote: ↑Wed Jul 29, 2020 6:32Suryaputra wrote: sy prnh sekali pakai PTT 5w30 Api SN, Acea a5/b5.
mesin lbh kasar di Km 5rb.
klo mau alus2an mesin, seingat saya msh lbh halus TQ9000 5w30 dan 0w20 @5rb Km.
tapi lbh mantap lg Q8 0w20 sih.
let see sampai 7rb Km gmnSaya penganut paham ganti oli per 5rb / 6bln entah buat oli apapun om, itu oli kemarin jalan 2bulanan, itung2 cuci jeroan mesin karna pernah salah asuhProfith83 wrote: 5000 KM nya berapa bulan?
Biasanya rata rata mobil KM 6 atau 7 rb atau 8 bulan, akan kasar suaranya .... mana yang tercapai dahulu
klo cmn agak berisik, tp akselerasi dan getaran mesin masih normal, pakai aja terus lihat dan dgr sampai 6-7rb Km nanti gmn.
Kalau getaran kurang bs dijadikan acuan om, mobil 30rb km, 3thn kayaknya masih bagus emon nya, blm lagi sdh peredam full body hehehe.Suryaputra wrote:klo cmn agak berisik, tp akselerasi dan getaran mesin masih normal, pakai aja terus lihat dan dgr sampai 6-7rb Km nanti gmn.
lbh puas lagi test lab (UOA).
tapi yah klo ragu atau gak sreg, drain aja om.
ganti filter oli dan ganti oli mesin spt Amsoil OE 0w20 misalnya.
lihat aja nanti 5rb KM gmn.
afaik, faktor yg mempengaruhi kebisingan / getaran mesin selain perlendiran:zzzprince wrote: ↑Wed Jul 29, 2020 9:13Kalau getaran kurang bs dijadikan acuan om, mobil 30rb km, 3thn kayaknya masih bagus emon nya, blm lagi sdh peredam full body hehehe.Suryaputra wrote:klo cmn agak berisik, tp akselerasi dan getaran mesin masih normal, pakai aja terus lihat dan dgr sampai 6-7rb Km nanti gmn.
lbh puas lagi test lab (UOA).
tapi yah klo ragu atau gak sreg, drain aja om.
ganti filter oli dan ganti oli mesin spt Amsoil OE 0w20 misalnya.
lihat aja nanti 5rb KM gmn.
Yg agak surprise pas pake 5w30 di GNKI, awal Pertama coba suara langsung Alus, pas 5rb km an balik lagi kasarnya.. ini sy ganti yg kedua semoga saja gak terulang
Semoga yang euro syn ga begini, kemarin baru datang belum dicoba ke mobil.
ahh sudah kudugadoko86 wrote: ↑Wed Jul 29, 2020 6:24Report om, dr hasil perbaikan sama mekanik d suruh ganti isc krn kondisi isc yg lama sudah rusak.DOHC wrote: ↑Wed Jul 22, 2020 2:41Mekanik pertama itu kayanya mahasiswa D.O university of asem reges deh, TB ngapain jg di semprot2 luarnya doank, buang2 carbjet aj
Mekanik 2, dia ad semprot2 ISC terutama daleman nya ga ? Kl iya salam gutbai deh, sensor2 gtuan haram kena cairan carbjet
Coba di liat2 lg aj, atau kl om brani, coba buka lg selang2 ke TB, lalu liat daleman nya masi basah cairan csrbjet ga, termasuk yg deket sensor2, kl iya, pake kaen majun, semprot brake cleaner atau contact cleaner lap ampe bersih kering, lalu cabut aki 15 menit, pasang lg... mudah2an sembuh
Idem lg ama mbah tikus barbel, ntuh skerup2 TPS, sensor2 kl si montir ga punya scanner bagusan jgn d kutak katik..
masi untung ini enjin 1 KR
Kl HR15DE di gituin, bsa stres ampe ayan kelojotan tuh montir liat enjin rpm naek turun kaya pedangdut pantura di sawer
IMG_20200729_131958.jpg
Di ganti kena biaya 480 rb buat ganti isc ayla 1KR-DE, gak over price kn om.
bukan mbah marmut, tp jawaban nya "iya bisa"