Need Advice : Suzuki Scross 2017 a/t tukar dengan mercy w204 2009 kompressor

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

lutfhin87
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Sat Mar 04, 2017 16:48

Re: Need Advice : Suzuki Scross 2017 a/t tukar dengan mercy w204 2009 kompressor

Post by lutfhin87 »

ChZ wrote: Sat Jul 18, 2020 15:19
jangan terjebak dengan kata-kata "denger-denger badak". mobil used itu kondisinya random sekali. been there, done that. gw lebih sering ngambil mobil bekas drpd mobil baru soalnya. used car are costly, apalagi jerman. namanya cari masalah

pertahankan scross nya saja... tahan dikit ego buat kepengen mobil bagus drpd sekarang belinya C-class 3 taun kemudian akhirnya beli innova krn udah capek diporotin mobil jerman tua. lebih baik skrg pake scross dulu, nabung dan invest sampe 5-7 taun ke depan siapa tau malah kebeli E-Class... atau C-Class yang lebih baru :big_smoking:

buat tarikan atas joss luar kotaan honda accord 2012 udah dapet dana segitu rapi-rapiinnya jauh lebih mudah... udah pernah pegang galant hiu mah piara accord gak ada masalah 11-12 aja... malah accord lebih robust dari hiu dan easier bbrp part sama ama CRV odyssey civic...

mobil jerman itu cocoknya buat yang mampu afford brand new tapi sayang duit beli baru krn barunya mahal skali... klo mau tuker dengan pertimbangan harga bekasnya udah murah, please don't. kecuali case nya nambah mobil.

mercedes kelamaan nganggur nanti malah lampu indikatornya nyala semua. ini sering skali kejadian di pengguna mercedes. ga pernah dipake indikatornya nyala semua :big_grin: weekend mau nikmatin ehh malah harus ngurus towing :big_grin:

jederr tagihan 5jt sensor ABS kena... punya fitra eri A class nya aja gak ada apa-apa lampu nyala semua kena sensor ABS... R172 SLK temen saya jg gitu... ML350 temen saya tau-tau ECU kepanggang pdhl kemaren dipake gakpapa...

pernah jadi taksi bukan jaminan mobilnya badak. peugeot 407 dan chevrolet spin di kota saya dulu dipake taxi skrg udah almarhum semua... di junkyard semua kayaknya.

better safe than sorry
Sempat kepikiran scrossnya untuk di keep aja sih, tapi klo lihat w204 dijalan kok ada rasa ingin memilikinya :mky_01:

Kalo honda accord orang tua saya sdh pernah punya gan yg thn 2010, mobilnya memang nyaman dan tarikannya joss, tapi saya tdk terlalu minat ,mungkin krn ortu sdh pernah punya

kingmidas wrote: Sat Jul 18, 2020 15:57 Worth it om, asal cari yang sehat. Saran saya beli yang cgi aja, trim terendah gapapa. Mobil ini dipake armada taxi dan memang badak termasuk seri E nya w212, ga kayak Jerman satunya yang dipake taxi juga tapi udah jarang keliatan.

Kalo belum pengalaman, pake jasa kayak oto spector + scan di bengkel. Maintenance yang paling berasa pajak. Ganti oli setaun sekali sekitar 1.5 juta an pake oli bagus. Fast moving lainnya standard, ada aftermarket nya juga yang ga kalah bagus dari aslinya.

Setelah mesin, cari interior yang paling bagus, karena itu yang paling dinikmati. Kalau mau tenang pake asuransi all risk aja.

Cuma, kalo mobilnya jarang dipake, biasanya suka muncul error2 kecil. Saran kalo udah dibeli dipake harian aja om.
Terimakasih gan atas sarannya , banyak yg menyarankan ambil yg cgi saja tetapi saya lihat harganya msh overbudget utk sy

rendr wrote: Sat Jul 18, 2020 17:44 Saya user scross kebetulan, dirumah ada bbrp european saloon buat weekend aja, tetep scross andelan buat kaki sehari2 deh, ga was2, buat mobil kedua aja itu kalo ada rejeki lebih..
Tks gan sarannya, masih kepikiran untuk mempertahankan sceoss,memang scross ini mblnya tidak rewel, hanya berat saja di tarikan atasnya, dan agak keras suspensinya
Untuk 2 mbl kayaknya gak bisa gan, krn 1 mbl saja jarang dipakai

adriangaut wrote: Sat Jul 18, 2020 18:05 Keep aja S Cross-nua

Ganti ban mewah macam Michelin / Continental biar gak keras

Kurang tenaga....legowo aja....

Nuker Suzuki yang reliable + affordable ke Mercedes sih alamat ke depannya akan nyesel hehe
Ok tks om sarannya, ini jg msh saya pertimbangkan untuk meng-keep scrossnya
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16678
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Need Advice : Suzuki Scross 2017 a/t tukar dengan mercy w204 2009 kompressor

Post by ChZ »

lutfhin87 wrote: Sun Jul 19, 2020 14:00
Sempat kepikiran scrossnya untuk di keep aja sih, tapi klo lihat w204 dijalan kok ada rasa ingin memilikinya :mky_01:

Kalo honda accord orang tua saya sdh pernah punya gan yg thn 2010, mobilnya memang nyaman dan tarikannya joss, tapi saya tdk terlalu minat ,mungkin krn ortu sdh pernah punya
soon, kalo kerjaan sdh makin bagus, dana sdh siap afford brand new C-Class, atau minimal brand-new A-Class.

anggarkan uang tabungan seharga A-class baru buat membeli mobil impian dan diduitin sebagus mungkin. krn mau bagusin mobil jerman like new lagi emang costly, tapi worth the effort and money.

beli seri yang tinggi sekalian... C280 atau C350, makin puas :big_smoking: nothing feels as sweet as a sweet revenge
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
idlamahilang
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 339
Joined: Fri Jul 01, 2016 10:16

Re: Need Advice : Suzuki Scross 2017 a/t tukar dengan mercy w204 2009 kompressor

Post by idlamahilang »

Ga enaknya w204 ini jok kecil, legroom terbatas. Kalo ketemu jalan bergelombang ga enak mobilnya, travel suspensinya pendek. Tapi kalo di toll ato jalan mulus, enak sekali serasa raja jalanan. Hehe.

Kalo untuk weekend dan rencana cuma pakai 1 mobil aja, mendingan jangan om. Nanti kalau kenapa2 bakal susah, gabisa ke sembarang bengkel soalnya, harus ke spesialis ato bengkel resmi. Kalau salah bengkel bakal makin rusak mobilnya.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11783
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Need Advice : Suzuki Scross 2017 a/t tukar dengan mercy w204 2009 kompressor

Post by Omnibus »

yaah ga jadi ganti

om TS, gimana kl gantinya ke W211 E280 7G 2008-2009 farewell edition aja
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Need Advice : Suzuki Scross 2017 a/t tukar dengan mercy w204 2009 kompressor

Post by kompresorz »

Sinclaire wrote: Sat Jul 18, 2020 14:30 apakah ada spare budget buat perbaikan/ preventive maintenance om? dulu saya pake yg taun 2010, common problemsnya, dulu pernah ganti throttle body, ini 2x kejadian, gejalanya mobil suka mati sendiri kalo lg idle, sm idle juga bisa ngacak ga beraturan, hasil SD harus ganti, 6 jutaan harganya

problem kedua ada di motor kunci mobilnya, EIS/ESL namanya, jadi gejalanya itu kunci dimasukin ke slot starter dia gak nyedot, jd mesinnya gak nyala, rusaknya ada di gir plastik didalem, kalo repair 2 jutaan, ganti 6 juta juga waktu itu, pernah kejadian sekali

satu lagi, karena mobil ini pakai supercharger (kompressor), dia harus ganti oli kompressor, harganya 1 jutaan hampir 2 juta untuk cairan sebanyak 125ml -__-, saya lupa jangka waktunya berapa lama sekali gantinya, tp cukup lama utk oli kompressor ini, pastiin pas cari jangan sampai ada suara aneh2 dari superchargernya ya om,

kalo memang ada spare biaya untuk jaga2 spt diatas ya go for it om, cuman kalo nyari empuk, mobil ini ga empuk2 banget, bensin pertamax cukup, dalem kota 1:8-9 dapet,

perlu diingat mobil eropa sebenarnya bukan rewel, tp memang ada price you have to pay for comfort, prestige, dll, termasuk pajak yang lebih mahal dr mobil jepang. kalau sudah siap silahkan ambil om, termasuk salah satu mobil eropa yg mudah rawatnya ini

terakhir, mobil ini kalo jarang dipake malah rusak om, jadi coba dipertimbangkan aja hal ini, dan kalau ada spare budget lebih saya lebih rekomen cari yang udah CGI
:big_biglaugh: ...


klo udah rasain kijang diesel mknya udah malas bawa mobil beginian ya....

gw pake w204 gak pernah lewat dari 1:6an....

pake w205 jg sama....

knp ya.... :big_think:
Sinclaire
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Sun May 01, 2016 7:00

Re: Need Advice : Suzuki Scross 2017 a/t tukar dengan mercy w204 2009 kompressor

Post by Sinclaire »

kompresorz wrote: Tue Jul 21, 2020 0:46
Sinclaire wrote: Sat Jul 18, 2020 14:30 apakah ada spare budget buat perbaikan/ preventive maintenance om? dulu saya pake yg taun 2010, common problemsnya, dulu pernah ganti throttle body, ini 2x kejadian, gejalanya mobil suka mati sendiri kalo lg idle, sm idle juga bisa ngacak ga beraturan, hasil SD harus ganti, 6 jutaan harganya

problem kedua ada di motor kunci mobilnya, EIS/ESL namanya, jadi gejalanya itu kunci dimasukin ke slot starter dia gak nyedot, jd mesinnya gak nyala, rusaknya ada di gir plastik didalem, kalo repair 2 jutaan, ganti 6 juta juga waktu itu, pernah kejadian sekali

satu lagi, karena mobil ini pakai supercharger (kompressor), dia harus ganti oli kompressor, harganya 1 jutaan hampir 2 juta untuk cairan sebanyak 125ml -__-, saya lupa jangka waktunya berapa lama sekali gantinya, tp cukup lama utk oli kompressor ini, pastiin pas cari jangan sampai ada suara aneh2 dari superchargernya ya om,

kalo memang ada spare biaya untuk jaga2 spt diatas ya go for it om, cuman kalo nyari empuk, mobil ini ga empuk2 banget, bensin pertamax cukup, dalem kota 1:8-9 dapet,

perlu diingat mobil eropa sebenarnya bukan rewel, tp memang ada price you have to pay for comfort, prestige, dll, termasuk pajak yang lebih mahal dr mobil jepang. kalau sudah siap silahkan ambil om, termasuk salah satu mobil eropa yg mudah rawatnya ini

terakhir, mobil ini kalo jarang dipake malah rusak om, jadi coba dipertimbangkan aja hal ini, dan kalau ada spare budget lebih saya lebih rekomen cari yang udah CGI
:big_biglaugh: ...


klo udah rasain kijang diesel mknya udah malas bawa mobil beginian ya....

gw pake w204 gak pernah lewat dari 1:6an....

pake w205 jg sama....

knp ya.... :big_think:
hahahaha iya om.. yg penting dah pernah ngerasain.. ooo ya gitu rasanya.. abis itu back to kijang :ngacir:
marama
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44

Re: Need Advice : Suzuki Scross 2017 a/t tukar dengan mercy w204 2009 kompressor

Post by marama »

Kalau engga pakai gaya pedege aja om beli yg dpt hrg dibawah pasar pakai2 sebulan dua bulan minimal tau plus minusnya, jual lagi . Kadang ngerasain itu perlu kok jadi tau feel nya, hidup kan cuma sekali. Kalau sebulan 2 bulan g cocok , atau hati deg2an ketika bawa w204 krn takut ini itu ya dijual aja balik lagi ke jepangan. Jual W204 gmpg kok om cpet lakunya apalagi di jaksel.
HaykelAdityawarman
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 290
Joined: Wed Mar 06, 2019 2:15
Location: Greater Jakarta
Daily Vehicle: 2024 Honda DD1 - 2019 Honda RU1

Re: Need Advice : Suzuki Scross 2017 a/t tukar dengan mercy w204 2009 kompressor

Post by HaykelAdityawarman »

lutfhin87 wrote: Sun Jul 19, 2020 13:46
Wah baru tau saya klo mercy jarang dipake malah rusak ? :big_think:
Saya kira klo mobil yg sering dipake itu mbl capek dgn km yg tinggi, kesannya gak terawat aja, krn klo saya mau cari mbl 2nd apalagi yg eropa yg sudah berumur pertama kali dilihat adalah km nya rendah apa tdk, klo mblnya low km rasanya lebih peace of mind aja sih :mky_01:
Mohon izin om, maaf banget klo berkesan lancang. Mindset seperti ini buat nyari mobil second, mending dibuang jauh2 om. Buat mobil jepang juga berlaku, APALAGI MOBIL EROPA yang memang klo ga dipake rutin pasti keluar satu2 penyakitnya. Jauh lebih baik ambil mobil second yang kilometernya tinggi tapi dirawat (bisa keliatan dari kondisi mobilnya, baik luar maupun dalam) daripada mobil low km tapi kaki2 bunyi lah, suara mesin kasar lah, interior ga kerawat dsb :D

Maka dari itu, buat nyari mobil second yang udah agak berumur TERUTAMA MOBIL EROPA mesti paham dikit2 ngeliat kondisi mobil. Engga bisa kita pake mobil berumur tapi cuma tau pake doang. There is a price for everything kan hehe. Mobil eropa murah banget secondnya tapi owner mesti mau repot dikit. Klo udah siap dengan konsekuensinya, ane bisa saranin go for it, tuker S-cross nya. Klo engga, mending dikeep aja.
Odd: 2024 DD1 L12B CVT
Even: 2019 RU1 L15Z CVT

In memoriam:
2015 A03A 3A92 5MT
2008 CY4A 4B11 CVT
2003 E46 M54B25 5AT
1994 E36 M50B20 5MT
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4911
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Need Advice : Suzuki Scross 2017 a/t tukar dengan mercy w204 2009 kompressor

Post by Pboyz97 »

ds31 wrote: Sun Jul 19, 2020 8:07

kalo saya pribadi problem hanya di kenyamanan berkendara dan jok yg sempit sih. kalo problem lain alhamdulillah gapernah ketemu yang aneh2 karena till this day selalu ke beres dan perhari pp rumah kantor hanya 15km tapi terakhir service disuruh ganti baut di kaki2 depan kiri (lupa baut apa namanya) yang bikin mobil lari ke kiri. harga 1 bautnya sekitar 3jt kalo gasalah dan beres gamau kalo cuma 1 bagian harus 4 - 4 nya :big_cry: :big_cry: bisa diakalin spooring sih tapi hitungan 4-5 bulan pasti balik lari ke kiri lagi.

kalo untuk pilihan lain saya rasa ga ada karena sedan dengan kelegaan dan ke ekonomisan dari vx50 ga ada lawan setau saya

kalo om sudah ada crv, cx5 sih gaperlu innova yah. tapi ini saran dari newbie kayak saya lho om :big_peace:
toh kalo memang pengen bgt w204 ya silahkan saja karena emang secara tongkrongan masih mantap lah cuma ga yakin w204 yang beredar dipasaran kondisi nya mint or atleast 80%
Bagusdeh, intinya termasuk awet dan bandel lah ya W204 ini untuk mobil eropa. Iya sih, memang gak perlu innova, cuma saya pertimbangkan innova karena pengen nyobain mobil diesel hehehe. Tapi jadi last option aja deh, kalau gak dapet w204 dan camry yg sesuai budget dan ekspektasi
Omnibus wrote: Mon Jul 20, 2020 17:09 yaah ga jadi ganti

om TS, gimana kl gantinya ke W211 E280 7G 2008-2009 farewell edition aja
Wah, kalo buat org yg masih awam mobil eropa dan buat mobil satu2nya seperti om TS mah jangan deh . Nanti kaget lho liat biaya perbaikannya, yg bisa sampe puluhan juta buat 1 part doang. Karena e280 W211 FL farewell edition, biarpun dia gak pake SBC lagi kek yg PFL dan FL 2007-2008, tapi mobil ini masih ada bom waktu lain yaitu airsus , yg sekali ganti cukup mahal (lupa saya berapanya) dan ECU panggang, karena mesinnya M272 V6 yg letak ECU nya diatas mesin which rawan, dan sekalinya kena, harganya 18 jt di spesialis dan 30-40 jt diberes kalo gasalah.

Buat om TS, kalau mau W211, saya sarankan E200 Kompre FL 2008-2009 aja yg ekstaksi, eks SB, kembalian lumayan, dan paling trouble free dibandingkan varian w211 lainnya, karena no SBC karena udah fl 2008-2009, no airsus (karena cuma ada di e280 farewell edition aja) dan no ECU panggang (karena mesinnya 4 silinder) . Minusnya cuma odonya aja yg tinggi, cuma kalo sekedar buat merasakan mobil eropa, mobil ini sudah more than enough kok, tinggal masukkin ke salon mobil yg bagus, modif ala2 AMG, dan kasih plat nomor pilihan biar gak keliatan bekas taksinya hehehe. Atau gak, E200 fl 2008- 2009 yg eks pribadi jg oke, plusnya odonya lebih rendah daripada ekstaksi, cuma harganya pasti lebih mahal daripada yg ekstaksi

lutfhin87 wrote: Sun Jul 19, 2020 13:00

Saya sdh mempersiapkan budget untuk perbaikan sekitar 15-20jtan ,untuk bbm selama masih dikisaran 1:9 dalem kota masih acceptable oleh saya, kalo model yg cgi masih over budget gan, kecuali harganya sdh under 200jt

Orang tua saya (ibu) sdh ada camry xv50 2014 gan, sblmnya pakai accord cp 2010 jadi kurang tertarik untuk kedua mbl tsb, meskipun belum pernah bnr2 pelihara mbl tsb krn cuma "pinjam" saja :mky_01:
Oalah, ternyata pengen yg beda, karena ortunya sudah ada camry dan pernah punya accord. Kalo spare budget 15-20jt, saya sarankan cari saja CGI 2010 yg classic kompre, siapatau dapet, harga pandemi hehehe, cari pelan2 aja. Atau saran lain, asal gak masalah sama odo tinggi. Bisa pertimbangkan C200 CGI eks SB, lumayan lho, udah dapet CGI, yg FL lagi hehehehe, biarpun cuma trim classic which is lowest trim from W204 types in Indonesia, yg headlampnya masih halogen, tapi mobil ini sudah more than enough untuk om TS apalagi tujuannya untuk sekedar merasakan mobil eropa. Perawatan juga termasuk oke buat ukuran ekstaksi biarpun odonya dah diatas 100rb rata2, cuma om kalo bisa ajak kenalan yg ngerti mobil eropa biar dapet unit yg bagus dan sesuai ekspektasi. Happy hunting and good luck om hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
Sinclaire
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Sun May 01, 2016 7:00

Re: Need Advice : Suzuki Scross 2017 a/t tukar dengan mercy w204 2009 kompressor

Post by Sinclaire »

Pboyz97 wrote: Thu Jul 23, 2020 14:10
ds31 wrote: Sun Jul 19, 2020 8:07

kalo saya pribadi problem hanya di kenyamanan berkendara dan jok yg sempit sih. kalo problem lain alhamdulillah gapernah ketemu yang aneh2 karena till this day selalu ke beres dan perhari pp rumah kantor hanya 15km tapi terakhir service disuruh ganti baut di kaki2 depan kiri (lupa baut apa namanya) yang bikin mobil lari ke kiri. harga 1 bautnya sekitar 3jt kalo gasalah dan beres gamau kalo cuma 1 bagian harus 4 - 4 nya :big_cry: :big_cry: bisa diakalin spooring sih tapi hitungan 4-5 bulan pasti balik lari ke kiri lagi.

kalo untuk pilihan lain saya rasa ga ada karena sedan dengan kelegaan dan ke ekonomisan dari vx50 ga ada lawan setau saya

kalo om sudah ada crv, cx5 sih gaperlu innova yah. tapi ini saran dari newbie kayak saya lho om :big_peace:
toh kalo memang pengen bgt w204 ya silahkan saja karena emang secara tongkrongan masih mantap lah cuma ga yakin w204 yang beredar dipasaran kondisi nya mint or atleast 80%
Bagusdeh, intinya termasuk awet dan bandel lah ya W204 ini untuk mobil eropa. Iya sih, memang gak perlu innova, cuma saya pertimbangkan innova karena pengen nyobain mobil diesel hehehe. Tapi jadi last option aja deh, kalau gak dapet w204 dan camry yg sesuai budget dan ekspektasi
Omnibus wrote: Mon Jul 20, 2020 17:09 yaah ga jadi ganti

om TS, gimana kl gantinya ke W211 E280 7G 2008-2009 farewell edition aja
Wah, kalo buat org yg masih awam mobil eropa dan buat mobil satu2nya seperti om TS mah jangan deh . Nanti kaget lho liat biaya perbaikannya, yg bisa sampe puluhan juta buat 1 part doang. Karena e280 W211 FL farewell edition, biarpun dia gak pake SBC lagi kek yg PFL dan FL 2007-2008, tapi mobil ini masih ada bom waktu lain yaitu airsus , yg sekali ganti cukup mahal (lupa saya berapanya) dan ECU panggang, karena mesinnya M272 V6 yg letak ECU nya diatas mesin which rawan, dan sekalinya kena, harganya 18 jt di spesialis dan 30-40 jt diberes kalo gasalah.

Buat om TS, kalau mau W211, saya sarankan E200 Kompre FL 2008-2009 aja yg ekstaksi, eks SB, kembalian lumayan, dan paling trouble free dibandingkan varian w211 lainnya, karena no SBC karena udah fl 2008-2009, no airsus (karena cuma ada di e280 farewell edition aja) dan no ECU panggang (karena mesinnya 4 silinder) . Minusnya cuma odonya aja yg tinggi, cuma kalo sekedar buat merasakan mobil eropa, mobil ini sudah more than enough kok, tinggal masukkin ke salon mobil yg bagus, modif ala2 AMG, dan kasih plat nomor pilihan biar gak keliatan bekas taksinya hehehe. Atau gak, E200 fl 2008- 2009 yg eks pribadi jg oke, plusnya odonya lebih rendah daripada ekstaksi, cuma harganya pasti lebih mahal daripada yg ekstaksi

lutfhin87 wrote: Sun Jul 19, 2020 13:00

Saya sdh mempersiapkan budget untuk perbaikan sekitar 15-20jtan ,untuk bbm selama masih dikisaran 1:9 dalem kota masih acceptable oleh saya, kalo model yg cgi masih over budget gan, kecuali harganya sdh under 200jt

Orang tua saya (ibu) sdh ada camry xv50 2014 gan, sblmnya pakai accord cp 2010 jadi kurang tertarik untuk kedua mbl tsb, meskipun belum pernah bnr2 pelihara mbl tsb krn cuma "pinjam" saja :mky_01:
Oalah, ternyata pengen yg beda, karena ortunya sudah ada camry dan pernah punya accord. Kalo spare budget 15-20jt, saya sarankan cari saja CGI 2010 yg classic kompre, siapatau dapet, harga pandemi hehehe, cari pelan2 aja. Atau saran lain, asal gak masalah sama odo tinggi. Bisa pertimbangkan C200 CGI eks SB, lumayan lho, udah dapet CGI, yg FL lagi hehehehe, biarpun cuma trim classic which is lowest trim from W204 types in Indonesia, yg headlampnya masih halogen, tapi mobil ini sudah more than enough untuk om TS apalagi tujuannya untuk sekedar merasakan mobil eropa. Perawatan juga termasuk oke buat ukuran ekstaksi biarpun odonya dah diatas 100rb rata2, cuma om kalo bisa ajak kenalan yg ngerti mobil eropa biar dapet unit yg bagus dan sesuai ekspektasi. Happy hunting and good luck om hehehe
gimana sih om, nyuruh orang beli mobil eropa, tp suruh beli mesin yg paling kecil, cari yg ex taksi pula.. ilmu darimana ini..:wkkk:

lagian siapa bilang rawat m271 lebih murah drpd m272?

biaya rawat beda dikit tp enak beda jauuuhhh, masalah ecu juga ga semua kena, hoki2an ini mah, m271 kalo kompressor jebolll juga nyahok :big_biglaugh:
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4911
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Need Advice : Suzuki Scross 2017 a/t tukar dengan mercy w204 2009 kompressor

Post by Pboyz97 »

Sinclaire wrote: Thu Jul 23, 2020 14:41
Pboyz97 wrote: Thu Jul 23, 2020 14:10
ds31 wrote: Sun Jul 19, 2020 8:07

kalo saya pribadi problem hanya di kenyamanan berkendara dan jok yg sempit sih. kalo problem lain alhamdulillah gapernah ketemu yang aneh2 karena till this day selalu ke beres dan perhari pp rumah kantor hanya 15km tapi terakhir service disuruh ganti baut di kaki2 depan kiri (lupa baut apa namanya) yang bikin mobil lari ke kiri. harga 1 bautnya sekitar 3jt kalo gasalah dan beres gamau kalo cuma 1 bagian harus 4 - 4 nya :big_cry: :big_cry: bisa diakalin spooring sih tapi hitungan 4-5 bulan pasti balik lari ke kiri lagi.

kalo untuk pilihan lain saya rasa ga ada karena sedan dengan kelegaan dan ke ekonomisan dari vx50 ga ada lawan setau saya

kalo om sudah ada crv, cx5 sih gaperlu innova yah. tapi ini saran dari newbie kayak saya lho om :big_peace:
toh kalo memang pengen bgt w204 ya silahkan saja karena emang secara tongkrongan masih mantap lah cuma ga yakin w204 yang beredar dipasaran kondisi nya mint or atleast 80%
Bagusdeh, intinya termasuk awet dan bandel lah ya W204 ini untuk mobil eropa. Iya sih, memang gak perlu innova, cuma saya pertimbangkan innova karena pengen nyobain mobil diesel hehehe. Tapi jadi last option aja deh, kalau gak dapet w204 dan camry yg sesuai budget dan ekspektasi
Omnibus wrote: Mon Jul 20, 2020 17:09 yaah ga jadi ganti

om TS, gimana kl gantinya ke W211 E280 7G 2008-2009 farewell edition aja
Wah, kalo buat org yg masih awam mobil eropa dan buat mobil satu2nya seperti om TS mah jangan deh . Nanti kaget lho liat biaya perbaikannya, yg bisa sampe puluhan juta buat 1 part doang. Karena e280 W211 FL farewell edition, biarpun dia gak pake SBC lagi kek yg PFL dan FL 2007-2008, tapi mobil ini masih ada bom waktu lain yaitu airsus , yg sekali ganti cukup mahal (lupa saya berapanya) dan ECU panggang, karena mesinnya M272 V6 yg letak ECU nya diatas mesin which rawan, dan sekalinya kena, harganya 18 jt di spesialis dan 30-40 jt diberes kalo gasalah.

Buat om TS, kalau mau W211, saya sarankan E200 Kompre FL 2008-2009 aja yg ekstaksi, eks SB, kembalian lumayan, dan paling trouble free dibandingkan varian w211 lainnya, karena no SBC karena udah fl 2008-2009, no airsus (karena cuma ada di e280 farewell edition aja) dan no ECU panggang (karena mesinnya 4 silinder) . Minusnya cuma odonya aja yg tinggi, cuma kalo sekedar buat merasakan mobil eropa, mobil ini sudah more than enough kok, tinggal masukkin ke salon mobil yg bagus, modif ala2 AMG, dan kasih plat nomor pilihan biar gak keliatan bekas taksinya hehehe. Atau gak, E200 fl 2008- 2009 yg eks pribadi jg oke, plusnya odonya lebih rendah daripada ekstaksi, cuma harganya pasti lebih mahal daripada yg ekstaksi

lutfhin87 wrote: Sun Jul 19, 2020 13:00

Saya sdh mempersiapkan budget untuk perbaikan sekitar 15-20jtan ,untuk bbm selama masih dikisaran 1:9 dalem kota masih acceptable oleh saya, kalo model yg cgi masih over budget gan, kecuali harganya sdh under 200jt

Orang tua saya (ibu) sdh ada camry xv50 2014 gan, sblmnya pakai accord cp 2010 jadi kurang tertarik untuk kedua mbl tsb, meskipun belum pernah bnr2 pelihara mbl tsb krn cuma "pinjam" saja :mky_01:
Oalah, ternyata pengen yg beda, karena ortunya sudah ada camry dan pernah punya accord. Kalo spare budget 15-20jt, saya sarankan cari saja CGI 2010 yg classic kompre, siapatau dapet, harga pandemi hehehe, cari pelan2 aja. Atau saran lain, asal gak masalah sama odo tinggi. Bisa pertimbangkan C200 CGI eks SB, lumayan lho, udah dapet CGI, yg FL lagi hehehehe, biarpun cuma trim classic which is lowest trim from W204 types in Indonesia, yg headlampnya masih halogen, tapi mobil ini sudah more than enough untuk om TS apalagi tujuannya untuk sekedar merasakan mobil eropa. Perawatan juga termasuk oke buat ukuran ekstaksi biarpun odonya dah diatas 100rb rata2, cuma om kalo bisa ajak kenalan yg ngerti mobil eropa biar dapet unit yg bagus dan sesuai ekspektasi. Happy hunting and good luck om hehehe
gimana sih om, nyuruh orang beli mobil eropa, tp suruh beli mesin yg paling kecil, cari yg ex taksi pula.. ilmu darimana ini..:wkkk:

lagian siapa bilang rawat m271 lebih murah drpd m272?

biaya rawat beda dikit tp enak beda jauuuhhh, masalah ecu juga ga semua kena, hoki2an ini mah, m271 kalo kompressor jebolll juga nyahok :big_biglaugh:

Kan TS nya masih awam sm mobil eropa dan pengen nyobain mobil eropa, makanya saya sarankan mesin yg kecil dulu aja, biar gak kaget liat biaya perawatannya, kecuali TS nya udh ada mobil lain dirumah atau udh pernah pelihara mobil eropa sebelumnya baru ke yg cc gedean. Wwkwkwk. Kalo ekstaksi, saya saranin karena sepertinya masuk budgetnya TS dan bisa dapet yg tahunnya gak terlalu tua biarpun odo tinggi + dapet yg cgi kalo w204 nya dan fl

Terus kalo biaya rawat dikit? Bukannya m272 jauh lebih mahal ya daripada m271, secara m272 itu ECUnya panggang? Karena banyak yg bilang, terutama dari temen2 saya yg pelihara mobil eropa kalo m272 itu rawan karena posisi ecunya diatas mesin sedangkan m271 lebih awet karena ecunay dibawah. Mohon dikoreksi jika ada kesalahan :big_peace:
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
Sinclaire
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Sun May 01, 2016 7:00

Re: Need Advice : Suzuki Scross 2017 a/t tukar dengan mercy w204 2009 kompressor

Post by Sinclaire »

Pboyz97 wrote: Thu Jul 23, 2020 14:56
Sinclaire wrote: Thu Jul 23, 2020 14:41
Pboyz97 wrote: Thu Jul 23, 2020 14:10
Bagusdeh, intinya termasuk awet dan bandel lah ya W204 ini untuk mobil eropa. Iya sih, memang gak perlu innova, cuma saya pertimbangkan innova karena pengen nyobain mobil diesel hehehe. Tapi jadi last option aja deh, kalau gak dapet w204 dan camry yg sesuai budget dan ekspektasi


Wah, kalo buat org yg masih awam mobil eropa dan buat mobil satu2nya seperti om TS mah jangan deh . Nanti kaget lho liat biaya perbaikannya, yg bisa sampe puluhan juta buat 1 part doang. Karena e280 W211 FL farewell edition, biarpun dia gak pake SBC lagi kek yg PFL dan FL 2007-2008, tapi mobil ini masih ada bom waktu lain yaitu airsus , yg sekali ganti cukup mahal (lupa saya berapanya) dan ECU panggang, karena mesinnya M272 V6 yg letak ECU nya diatas mesin which rawan, dan sekalinya kena, harganya 18 jt di spesialis dan 30-40 jt diberes kalo gasalah.

Buat om TS, kalau mau W211, saya sarankan E200 Kompre FL 2008-2009 aja yg ekstaksi, eks SB, kembalian lumayan, dan paling trouble free dibandingkan varian w211 lainnya, karena no SBC karena udah fl 2008-2009, no airsus (karena cuma ada di e280 farewell edition aja) dan no ECU panggang (karena mesinnya 4 silinder) . Minusnya cuma odonya aja yg tinggi, cuma kalo sekedar buat merasakan mobil eropa, mobil ini sudah more than enough kok, tinggal masukkin ke salon mobil yg bagus, modif ala2 AMG, dan kasih plat nomor pilihan biar gak keliatan bekas taksinya hehehe. Atau gak, E200 fl 2008- 2009 yg eks pribadi jg oke, plusnya odonya lebih rendah daripada ekstaksi, cuma harganya pasti lebih mahal daripada yg ekstaksi



Oalah, ternyata pengen yg beda, karena ortunya sudah ada camry dan pernah punya accord. Kalo spare budget 15-20jt, saya sarankan cari saja CGI 2010 yg classic kompre, siapatau dapet, harga pandemi hehehe, cari pelan2 aja. Atau saran lain, asal gak masalah sama odo tinggi. Bisa pertimbangkan C200 CGI eks SB, lumayan lho, udah dapet CGI, yg FL lagi hehehehe, biarpun cuma trim classic which is lowest trim from W204 types in Indonesia, yg headlampnya masih halogen, tapi mobil ini sudah more than enough untuk om TS apalagi tujuannya untuk sekedar merasakan mobil eropa. Perawatan juga termasuk oke buat ukuran ekstaksi biarpun odonya dah diatas 100rb rata2, cuma om kalo bisa ajak kenalan yg ngerti mobil eropa biar dapet unit yg bagus dan sesuai ekspektasi. Happy hunting and good luck om hehehe
gimana sih om, nyuruh orang beli mobil eropa, tp suruh beli mesin yg paling kecil, cari yg ex taksi pula.. ilmu darimana ini..:wkkk:

lagian siapa bilang rawat m271 lebih murah drpd m272?

biaya rawat beda dikit tp enak beda jauuuhhh, masalah ecu juga ga semua kena, hoki2an ini mah, m271 kalo kompressor jebolll juga nyahok :big_biglaugh:

Kan TS nya masih awam sm mobil eropa dan pengen nyobain mobil eropa, makanya saya sarankan mesin yg kecil dulu aja, biar gak kaget liat biaya perawatannya, kecuali TS nya udh ada mobil lain dirumah atau udh pernah pelihara mobil eropa sebelumnya baru ke yg cc gedean. Wwkwkwk. Kalo ekstaksi, saya saranin karena sepertinya masuk budgetnya TS dan bisa dapet yg tahunnya gak terlalu tua biarpun odo tinggi + dapet yg cgi kalo w204 nya dan fl

Terus kalo biaya rawat dikit? Bukannya m272 jauh lebih mahal ya daripada m271, secara m272 itu ECUnya panggang? Karena banyak yg bilang, terutama dari temen2 saya yg pelihara mobil eropa kalo m272 itu rawan karena posisi ecunya diatas mesin sedangkan m271 lebih awet karena ecunay dibawah. Mohon dikoreksi jika ada kesalahan :big_peace:
jadi begini om, sebelumnya koreksi saya juga ya om kalo ada yang salah, kan masih sama2 belajar juga..semoga bisa jadi masukan juga buat om yang lagi mau coba ambil mercedes

untuk m271 dan m272, untuk perbedaan cost terbesar itu sebenarnya ada di pajak om, dimana 204 m271 itu pajek jakarta tgn 1 non progressif udah nyentuh angka 6 jutaan terakhir sy pegang 2 tahun lalu, sedangkan 212 m272 itu masih diangka 13-14jt setahun, sama2 tangan ke 1 juga non progressif..ini udah beda jauh dari segi pajak..

tapi dari segi maintenance, perbedaan utama cuman ada di kapasitas oli mesin sekitar 2 liter ya om, m271 1.8L itu masuk 6 quartz, sedangkan m272 itu masuk 8 quartz..sisanya dari filter semua parts harga mirip2, cuman busi aja lebih..konsumsi bahan bakar yang sedikit lebih boros (tapi gak banyak).. dimana kalo 271 kompressor itu ada waktunya ganti supercharger fluid juga, harga partnya juga gak murah buat ini, yang ujung2nya bisa dibilang 11-12 juga untuk maintenancenya..

nah kalo dari segi ecu panggang ecu panggang ini, jadi gini om kalo menurut saya, namanya mobil, apalagi dipake, kita gak akan tau ada part apa yang rusak/ butuh penggantian, kalo om bilang pelihara 272 lebih mahal karena ecunya bisa kena, di saya malah sebaliknya, dulu saya pake 204 271K malah udah pernah ganti throttle body module 2x, EIS kena sekali, sedangkan di 212 ini saya belom pernah ganti apa2 sama sekali (knock on wood), semua regular maintenance saja, dengan umur yang beda 1 taun dan KM sama.

kenapa saya gak saranin ambil eks taksi? karena gini om, yang namanya mobil eks taksi itu berarti book valuenya sudah bisa dibilang hampir 0 ya, pasti ada alesannya perusahaan taksi lepas unit2 ini, dimana restorasi/peremajaan mobil eropa pastinya makan biaya lebih banyak dari mobil jepang ya om, ujung2nya keluar duit juga buat benerin ini itu, belinya sih iya murah, rawatnya bisa bikin muter otak..

sedangkan kita ambil mobil eropa itu kan buat dinikmati ya, jadi ambil sekalian mesin gede, karena silinder lebih banyak = mesin lebih anteng, apalagi kalo up ke e class trus ambil mesin gede ini baru berasa naik "mercy"nya, dengan perawatan yang mirip2 sama varian cc kecil, apalagi ekstaksi, ngapain ambil yang mesin kecil? kalo beli mobil kaya gini daripada beli w211 cc kecil, mending sekalian turun generasi + tahun tp naik kelas sama cc gede, contohnya ambil 210 320.. dan harus diingat mesin lebih gede biasanya creature comfort lebih banyak ya, mulai dari pano roof, dyn seat, kursi pijit, dll lah banyak.. bahkan setup suspensi avg dan elegance di 212 aja beda ya..

jadi kalo ada budget mau ambil eropaan tapi trim terendah dan mesin terkecil, saya saranin ambil jepangan aja dulu mending..

sekian om, cmiiw ya :big_peace:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12551
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Need Advice : Suzuki Scross 2017 a/t tukar dengan mercy w204 2009 kompressor

Post by Suryaputra »

maaf om, klo benar ini jadi mobil utama,
sekedar saran baiknya tunda dulu ajah om.

apalagi emang used car itu kondisinya random betul.
jaman msh single, saya sering miara mbl second, pdhl mbl jepang.
cmn krn parts jepang harga msk akal ya gpp.

klo eropa second hand, sebadak2nya mbl eropa itu electricalnya banyak.
sensornya banyak.
indonesia panas gini pula dan lembab.
apalagi klo electrical dan sensor2nya makin banyak ya makin sedap deh.

ntar yg ada malah sheer repairing pleasure :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
ds31
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 54
Joined: Mon Dec 03, 2018 15:42
Location: West Java
Daily Vehicle: TransJakarta No 8

Re: Need Advice : Suzuki Scross 2017 a/t tukar dengan mercy w204 2009 kompressor

Post by ds31 »

nimbrung ya om2
Sinclaire wrote: Thu Jul 23, 2020 15:20
Pboyz97 wrote: Thu Jul 23, 2020 14:56
Sinclaire wrote: Thu Jul 23, 2020 14:41
jadi kalo ada budget mau ambil eropaan tapi trim terendah dan mesin terkecil, saya saranin ambil jepangan aja dulu mending..
NAH INI.. sangat setuju kalo beli eropa jangan trim terendah dan mesin terkecil. asli sayang banget.. kalo dari pengalaman saya upgrade power c200, batas toleransi antara nyaman dan best performance mentok nyamain tenaga c280.. bayangin kalo c250 atau c300 di tuned juga.. ngacir total pasti. ya paling
beda pano sunroof dll

dan kalo masalah ex taxi, wah big no klo menurut saya. nurutin gengsi doang = cari masalah. sopir cara berkendaranya gimana kan gatau, minum premium, jarak tempuh yang super tinggi.. my gengsi gives problem(s) to my life :big_childish: :big_childish:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16678
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Need Advice : Suzuki Scross 2017 a/t tukar dengan mercy w204 2009 kompressor

Post by ChZ »

Sinclaire wrote: Thu Jul 23, 2020 14:41
Pboyz97 wrote: Thu Jul 23, 2020 14:10
Oalah, ternyata pengen yg beda, karena ortunya sudah ada camry dan pernah punya accord. Kalo spare budget 15-20jt, saya sarankan cari saja CGI 2010 yg classic kompre, siapatau dapet, harga pandemi hehehe, cari pelan2 aja. Atau saran lain, asal gak masalah sama odo tinggi. Bisa pertimbangkan C200 CGI eks SB, lumayan lho, udah dapet CGI, yg FL lagi hehehehe, biarpun cuma trim classic which is lowest trim from W204 types in Indonesia, yg headlampnya masih halogen, tapi mobil ini sudah more than enough untuk om TS apalagi tujuannya untuk sekedar merasakan mobil eropa. Perawatan juga termasuk oke buat ukuran ekstaksi biarpun odonya dah diatas 100rb rata2, cuma om kalo bisa ajak kenalan yg ngerti mobil eropa biar dapet unit yg bagus dan sesuai ekspektasi. Happy hunting and good luck om hehehe
gimana sih om, nyuruh orang beli mobil eropa, tp suruh beli mesin yg paling kecil, cari yg ex taksi pula.. ilmu darimana ini..:wkkk:

lagian siapa bilang rawat m271 lebih murah drpd m272?

biaya rawat beda dikit tp enak beda jauuuhhh, masalah ecu juga ga semua kena, hoki2an ini mah, m271 kalo kompressor jebolll juga nyahok :big_biglaugh:
:mky_07: :mky_07: :mky_07:

gw aja dibilang ama bos bengkel VW... ngapain ngambil TSI MK6 mending ngambil GTI MK5 puasnya beda lbh kuat yang GTI... tp ya udahlah si babeh keburu seneng ama unitnya... :mky_01:

ada temen pake M272 3 biji... E280, ML350, S350. taunnya kurang lebih sama semua tiga tiganya yang kena ECU panggang baru ML350.

buat om pboyz... gapapa loh kalo minat tp gak ngerti soal mobilnya nyimak topiknya dulu... ga usah reply berbusa-busa muter-muter tp malah jadi misleading pake nyuruh orang beli eks taksi...

lagian gak yakin 15-20jt itu cukup buat spare... sebadak-badaknya jg balik lg pnya mobil jerman itu buat dinikmatin. mobil jerman seken mau enak maksimal ya hrs keluar duit banyak... 15-20jt mahh cuma buat servis reguler ama ganti ban...

emang C-Class cukup dikasih oli mesran ama ban achilles atr... kan enggak toh.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
FU27
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 739
Joined: Wed May 03, 2017 9:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Karimun Wagon R

Re: Need Advice : Suzuki Scross 2017 a/t tukar dengan mercy w204 2009 kompressor

Post by FU27 »

Nyimak antara opini berdasarkan pengalaman VS opini berdasarkan "katanya".
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16678
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Need Advice : Suzuki Scross 2017 a/t tukar dengan mercy w204 2009 kompressor

Post by ChZ »

FU27 wrote: Fri Jul 24, 2020 2:48 Nyimak antara opini berdasarkan pengalaman VS opini berdasarkan "katanya".
yeap...

lbh baik ngaku gak tau drpd merasa tau cm berdasarkan googling dan youtube...

SM tempat blajar dan diskusi bukan tempat cari pengakuan supaya dibilang paling tau dan hebat soal mobil...

gak tau ya gak tau aja, gak dosa koq ngaku gak tau.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Sinclaire
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Sun May 01, 2016 7:00

Re: Need Advice : Suzuki Scross 2017 a/t tukar dengan mercy w204 2009 kompressor

Post by Sinclaire »

buat referensi aja, terakhir servis besar 212 m272 taun lalu..

oli mesin bintang 8 liter x150.000 = 1.200.000
filter oli = 120.000
oli atf titan 7134 (7g tronic +) 6 liter x 350.000 = 2.100.000 (ini kemahalan kayanya)
oli gardan mobil 1 80w-90 2 liter x 100.000 = 200.000
filter matic = 350.000
packing carter matic = 350.000
filter udara = 400.000
busi (bosch yr7mpp) 6 x 125.000 = 750.000
accu atlas 80ah = 2.000.000
link stabilizer 2 x 950.000 = 1.900.000

scan + jasa semua = 900 ribu
spooring 250 ribu..

yah total sekitar 10 jutaan..ini udah dibengkel spesialis yang murah pooll, cuman oli atf aja itu saya gak tau kenapa dia charge harga segitu, kalo di cek di online dapet 200 ribuan seliter..tapi yah udahlah, repot lagi bawa2 sendiri..toh sparepart sisanya saya liat cukup murah, jasa juga cuman segitu..

ini kalo di bengkel resmi perkiraannya sekitar..yah dapet lah vario baru :big_chicken: :big_chicken:
User avatar
fizrmen
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1052
Joined: Sun Aug 30, 2015 12:49
Location: BSD (Bogor Sana Dikit)

Re: Need Advice : Suzuki Scross 2017 a/t tukar dengan mercy w204 2009 kompressor

Post by fizrmen »

Sinclaire wrote: Fri Jul 24, 2020 3:17 buat referensi aja, terakhir servis besar 212 m272 taun lalu..

oli mesin bintang 8 liter x150.000 = 1.200.000
filter oli = 120.000
oli atf titan 7134 (7g tronic +) 6 liter x 350.000 = 2.100.000 (ini kemahalan kayanya)
oli gardan mobil 1 80w-90 2 liter x 100.000 = 200.000
filter matic = 350.000
packing carter matic = 350.000
filter udara = 400.000
busi (bosch yr7mpp) 6 x 125.000 = 750.000
accu atlas 80ah = 2.000.000
link stabilizer 2 x 950.000 = 1.900.000

scan + jasa semua = 900 ribu
spooring 250 ribu..

yah total sekitar 10 jutaan..ini udah dibengkel spesialis yang murah pooll, cuman oli atf aja itu saya gak tau kenapa dia charge harga segitu, kalo di cek di online dapet 200 ribuan seliter..tapi yah udahlah, repot lagi bawa2 sendiri..toh sparepart sisanya saya liat cukup murah, jasa juga cuman segitu..

ini kalo di bengkel resmi perkiraannya sekitar..yah dapet lah vario baru :big_chicken: :big_chicken:
Murahnya aja segitu.... :big_chicken:
2015 Honda CR-V 2.4l A/T
2022 Mitsubishi Xpander Cross CVT
HaykelAdityawarman
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 290
Joined: Wed Mar 06, 2019 2:15
Location: Greater Jakarta
Daily Vehicle: 2024 Honda DD1 - 2019 Honda RU1

Re: Need Advice : Suzuki Scross 2017 a/t tukar dengan mercy w204 2009 kompressor

Post by HaykelAdityawarman »

Sinclaire wrote: Thu Jul 23, 2020 15:20
sedangkan kita ambil mobil eropa itu kan buat dinikmati ya, jadi ambil sekalian mesin gede, karena silinder lebih banyak = mesin lebih anteng, apalagi kalo up ke e class trus ambil mesin gede ini baru berasa naik "mercy"nya, dengan perawatan yang mirip2 sama varian cc kecil, apalagi ekstaksi, ngapain ambil yang mesin kecil? kalo beli mobil kaya gini daripada beli w211 cc kecil, mending sekalian turun generasi + tahun tp naik kelas sama cc gede, contohnya ambil 210 320.. dan harus diingat mesin lebih gede biasanya creature comfort lebih banyak ya, mulai dari pano roof, dyn seat, kursi pijit, dll lah banyak.. bahkan setup suspensi avg dan elegance di 212 aja beda ya..

jadi kalo ada budget mau ambil eropaan tapi trim terendah dan mesin terkecil, saya saranin ambil jepangan aja dulu mending..

sekian om, cmiiw ya :big_peace:
Logic ini juga applicable buat merek jerman sebelah :D pengalaman ane pake E46 dan nyobain sana sini punya temen sebelum beli, mending langsung ambil varian 6 cyl sekalian dibanding 4 cyl, termasuk buat yang baru nyobain pake mobil eropa. Harga perawatannya ga beda jauh, reliability juga bisa dibilang mirip (malah untuk specific case E46 bisa dibilang M54 lebih badak dibanding N42/N46) tapi power berasa bedanya. Yang berasa beda signifikan paling cuma fuel consumption sama pajaknya, tapi dari awal kan judulnya juga "mending sekalian" :D :D
Odd: 2024 DD1 L12B CVT
Even: 2019 RU1 L15Z CVT

In memoriam:
2015 A03A 3A92 5MT
2008 CY4A 4B11 CVT
2003 E46 M54B25 5AT
1994 E36 M50B20 5MT
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3209
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Need Advice : Suzuki Scross 2017 a/t tukar dengan mercy w204 2009 kompressor

Post by walid_007 »

Coba aja drpd penasarannn...

Pengalaman ialah guru terbaik.
engine roaring!
IGedeAmat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1112
Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Yamaha

Re: Need Advice : Suzuki Scross 2017 a/t tukar dengan mercy w204 2009 kompressor

Post by IGedeAmat »

lutfhin87 wrote: Sun Jul 19, 2020 13:46
Wah baru tau saya klo mercy jarang dipake malah rusak ? :big_think:
Saya kira klo mobil yg sering dipake itu mbl capek dgn km yg tinggi, kesannya gak terawat aja, krn klo saya mau cari mbl 2nd apalagi yg eropa yg sudah berumur pertama kali dilihat adalah km nya rendah apa tdk, klo mblnya low km rasanya lebih peace of mind aja sih :mky_01:
HaykelAdityawarman wrote: Thu Jul 23, 2020 9:07
Mohon izin om, maaf banget klo berkesan lancang. Mindset seperti ini buat nyari mobil second, mending dibuang jauh2 om. Buat mobil jepang juga berlaku, APALAGI MOBIL EROPA yang memang klo ga dipake rutin pasti keluar satu2 penyakitnya. Jauh lebih baik ambil mobil second yang kilometernya tinggi tapi dirawat (bisa keliatan dari kondisi mobilnya, baik luar maupun dalam) daripada mobil low km tapi kaki2 bunyi lah, suara mesin kasar lah, interior ga kerawat dsb :D

Maka dari itu, buat nyari mobil second yang udah agak berumur TERUTAMA MOBIL EROPA mesti paham dikit2 ngeliat kondisi mobil. Engga bisa kita pake mobil berumur tapi cuma tau pake doang. There is a price for everything kan hehe. Mobil eropa murah banget secondnya tapi owner mesti mau repot dikit. Klo udah siap dengan konsekuensinya, ane bisa saranin go for it, tuker S-cross nya. Klo engga, mending dikeep aja.
Jadi, kalo digambarin pake kuadran;
1. Sering dipake, Rutin dirawat -> mobil eropa cari di kuadran ini
2. Jarang dipake, Rutin dirawat -> mobil jepang cari dikuadran ini
3. Jarang dipake, jarang dirawat -> hoki2an ? maybe good maybe no ?
4. Sering dipake, Jarang dirawat -> meh, lewatin aja..
gitu kah.. ??
HaykelAdityawarman
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 290
Joined: Wed Mar 06, 2019 2:15
Location: Greater Jakarta
Daily Vehicle: 2024 Honda DD1 - 2019 Honda RU1

Re: Need Advice : Suzuki Scross 2017 a/t tukar dengan mercy w204 2009 kompressor

Post by HaykelAdityawarman »

IGedeAmat wrote: Fri Jul 24, 2020 4:23
Jadi, kalo digambarin pake kuadran;
1. Sering dipake, Rutin dirawat -> mobil eropa cari di kuadran ini
2. Jarang dipake, Rutin dirawat -> mobil jepang cari dikuadran ini
3. Jarang dipake, jarang dirawat -> hoki2an ? maybe good maybe no ?
4. Sering dipake, Jarang dirawat -> meh, lewatin aja..
gitu kah.. ??
generally speaking sih ane sepakat sama ini om :D
Odd: 2024 DD1 L12B CVT
Even: 2019 RU1 L15Z CVT

In memoriam:
2015 A03A 3A92 5MT
2008 CY4A 4B11 CVT
2003 E46 M54B25 5AT
1994 E36 M50B20 5MT
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12551
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Need Advice : Suzuki Scross 2017 a/t tukar dengan mercy w204 2009 kompressor

Post by Suryaputra »

IGedeAmat wrote: Fri Jul 24, 2020 4:23
lutfhin87 wrote: Sun Jul 19, 2020 13:46
Wah baru tau saya klo mercy jarang dipake malah rusak ? :big_think:
Saya kira klo mobil yg sering dipake itu mbl capek dgn km yg tinggi, kesannya gak terawat aja, krn klo saya mau cari mbl 2nd apalagi yg eropa yg sudah berumur pertama kali dilihat adalah km nya rendah apa tdk, klo mblnya low km rasanya lebih peace of mind aja sih :mky_01:
HaykelAdityawarman wrote: Thu Jul 23, 2020 9:07
Mohon izin om, maaf banget klo berkesan lancang. Mindset seperti ini buat nyari mobil second, mending dibuang jauh2 om. Buat mobil jepang juga berlaku, APALAGI MOBIL EROPA yang memang klo ga dipake rutin pasti keluar satu2 penyakitnya. Jauh lebih baik ambil mobil second yang kilometernya tinggi tapi dirawat (bisa keliatan dari kondisi mobilnya, baik luar maupun dalam) daripada mobil low km tapi kaki2 bunyi lah, suara mesin kasar lah, interior ga kerawat dsb :D

Maka dari itu, buat nyari mobil second yang udah agak berumur TERUTAMA MOBIL EROPA mesti paham dikit2 ngeliat kondisi mobil. Engga bisa kita pake mobil berumur tapi cuma tau pake doang. There is a price for everything kan hehe. Mobil eropa murah banget secondnya tapi owner mesti mau repot dikit. Klo udah siap dengan konsekuensinya, ane bisa saranin go for it, tuker S-cross nya. Klo engga, mending dikeep aja.
Jadi, kalo digambarin pake kuadran;
1. Sering dipake, Rutin dirawat -> mobil eropa cari di kuadran ini
2. Jarang dipake, Rutin dirawat -> mobil jepang cari dikuadran ini
3. Jarang dipake, jarang dirawat -> hoki2an ? maybe good maybe no ?
4. Sering dipake, Jarang dirawat -> meh, lewatin aja..
gitu kah.. ??
sy pernah miara brio selama hampir 3 tahun, alhamdulillah beli dr baru, pemakaian kuadran 2.

tiap mau dipake weekend ketika cold start pasti agak brebet, kayak busi / injector mati satu ajah.
BBM selalu pertamax turbo / shell v-power padahal.
tapi klo dah nyala 1 menit brebetnya hilang.

dicek tnyt cmn injectornya aja agak mampet.
karena sering jd garage queen.

main2 ke forum SM ttg aditif mobil, sejak saat itu saya slalu pakai Redline fuel system cleaner dgn dosis maintenance 2 ml / 1 liter bbm ron 95-98
dan gak pernah lagi ngalamin brebet2 gtu, sampai mobil dijual dan ganti dgn lio l15z1.

intinya mobil klo jarang dipake malah gak sehat, jd perlu minum bbm yg bergizi + aditif.
ditambah lendir2 lain kan gak circulate jg :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2083
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Need Advice : Suzuki Scross 2017 a/t tukar dengan mercy w204 2009 kompressor

Post by alvin23 »

ChZ wrote: Fri Jul 24, 2020 3:08
FU27 wrote: Fri Jul 24, 2020 2:48 Nyimak antara opini berdasarkan pengalaman VS opini berdasarkan "katanya".
yeap...

lbh baik ngaku gak tau drpd merasa tau cm berdasarkan googling dan youtube...

SM tempat blajar dan diskusi bukan tempat cari pengakuan supaya dibilang paling tau dan hebat soal mobil...

gak tau ya gak tau aja, gak dosa koq ngaku gak tau.
Jgn galak2 mod hehe.
BTW, baru sadar di footernya, udah aktif ngeblog lg ya? gw sempet sering baca blog lu, tp kyknya sempet vakum ya hahaha. Kudos.
Rocky R ADS CVT 2021