Need Advice : Suzuki Scross 2017 a/t tukar dengan mercy w204 2009 kompressor
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Sat Mar 04, 2017 16:48
Need Advice : Suzuki Scross 2017 a/t tukar dengan mercy w204 2009 kompressor
Permisi & salam kenal agan2 semua, saya mau minta advice untuk tukar mobil yg sekarang yaitu suzuki scross a/t 2017 dgn mercy w204 prefacelift sekitar thn 2009 apakah worth it?
Sebelumnya saya sdh pernah merawat galant hiu, vios, altis yg semuanya matic, dan penasaran mau coba mobil eropa, kebetulan w204 adlah salah satu mbl fav saya dahulu & skrg harga 2ndnya sdh terjangkau ( hampir sama harganya dgn scross) untuk yg prefacelift kompressor
Saya sdh berkeluarga dan mempunyai anak 1 umur 1 thn, dan mungkin mblnya jarang saya pakai, krn sehari2 pakai motor ke tmpt kerja saya dan istri +-10km pp, paling jauh pakai ke jogja 1thn 2x kesana ( mudik ), salah satu alasan ingin ganti mbl juga waktu mudik ke jogja krn tarikan atasnya berat dan suspensinya rasanya lumayan keras
(sy tinggal di daerah bogor)
Apakah worth it jika mbl saya ditukar dgn w204 mengingat thnnya lebih tua?
Bagaimana dgn maintenancenya? Dengar2 w204 ini termasuk mobil BADAK dan lumayan irit bbm untuk ukuran mbl eropa krn dipakai juga oleh perusahaan taksi
Apakah ada penyakit yg "khas" / umum di w204 ini ? klo bmw e90 saya dengar mechatroniknya sering trouble
Terima kasih agan2 sekalian
Sebelumnya saya sdh pernah merawat galant hiu, vios, altis yg semuanya matic, dan penasaran mau coba mobil eropa, kebetulan w204 adlah salah satu mbl fav saya dahulu & skrg harga 2ndnya sdh terjangkau ( hampir sama harganya dgn scross) untuk yg prefacelift kompressor
Saya sdh berkeluarga dan mempunyai anak 1 umur 1 thn, dan mungkin mblnya jarang saya pakai, krn sehari2 pakai motor ke tmpt kerja saya dan istri +-10km pp, paling jauh pakai ke jogja 1thn 2x kesana ( mudik ), salah satu alasan ingin ganti mbl juga waktu mudik ke jogja krn tarikan atasnya berat dan suspensinya rasanya lumayan keras
(sy tinggal di daerah bogor)
Apakah worth it jika mbl saya ditukar dgn w204 mengingat thnnya lebih tua?
Bagaimana dgn maintenancenya? Dengar2 w204 ini termasuk mobil BADAK dan lumayan irit bbm untuk ukuran mbl eropa krn dipakai juga oleh perusahaan taksi
Apakah ada penyakit yg "khas" / umum di w204 ini ? klo bmw e90 saya dengar mechatroniknya sering trouble
Terima kasih agan2 sekalian
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 176
- Joined: Sun May 01, 2016 7:00
Re: Need Advice : Suzuki Scross 2017 a/t tukar dengan mercy w204 2009 kompressor
apakah ada spare budget buat perbaikan/ preventive maintenance om? dulu saya pake yg taun 2010, common problemsnya, dulu pernah ganti throttle body, ini 2x kejadian, gejalanya mobil suka mati sendiri kalo lg idle, sm idle juga bisa ngacak ga beraturan, hasil SD harus ganti, 6 jutaan harganya
problem kedua ada di motor kunci mobilnya, EIS/ESL namanya, jadi gejalanya itu kunci dimasukin ke slot starter dia gak nyedot, jd mesinnya gak nyala, rusaknya ada di gir plastik didalem, kalo repair 2 jutaan, ganti 6 juta juga waktu itu, pernah kejadian sekali
satu lagi, karena mobil ini pakai supercharger (kompressor), dia harus ganti oli kompressor, harganya 1 jutaan hampir 2 juta untuk cairan sebanyak 125ml -__-, saya lupa jangka waktunya berapa lama sekali gantinya, tp cukup lama utk oli kompressor ini, pastiin pas cari jangan sampai ada suara aneh2 dari superchargernya ya om,
kalo memang ada spare biaya untuk jaga2 spt diatas ya go for it om, cuman kalo nyari empuk, mobil ini ga empuk2 banget, bensin pertamax cukup, dalem kota 1:8-9 dapet,
perlu diingat mobil eropa sebenarnya bukan rewel, tp memang ada price you have to pay for comfort, prestige, dll, termasuk pajak yang lebih mahal dr mobil jepang. kalau sudah siap silahkan ambil om, termasuk salah satu mobil eropa yg mudah rawatnya ini
terakhir, mobil ini kalo jarang dipake malah rusak om, jadi coba dipertimbangkan aja hal ini, dan kalau ada spare budget lebih saya lebih rekomen cari yang udah CGI
problem kedua ada di motor kunci mobilnya, EIS/ESL namanya, jadi gejalanya itu kunci dimasukin ke slot starter dia gak nyedot, jd mesinnya gak nyala, rusaknya ada di gir plastik didalem, kalo repair 2 jutaan, ganti 6 juta juga waktu itu, pernah kejadian sekali
satu lagi, karena mobil ini pakai supercharger (kompressor), dia harus ganti oli kompressor, harganya 1 jutaan hampir 2 juta untuk cairan sebanyak 125ml -__-, saya lupa jangka waktunya berapa lama sekali gantinya, tp cukup lama utk oli kompressor ini, pastiin pas cari jangan sampai ada suara aneh2 dari superchargernya ya om,
kalo memang ada spare biaya untuk jaga2 spt diatas ya go for it om, cuman kalo nyari empuk, mobil ini ga empuk2 banget, bensin pertamax cukup, dalem kota 1:8-9 dapet,
perlu diingat mobil eropa sebenarnya bukan rewel, tp memang ada price you have to pay for comfort, prestige, dll, termasuk pajak yang lebih mahal dr mobil jepang. kalau sudah siap silahkan ambil om, termasuk salah satu mobil eropa yg mudah rawatnya ini
terakhir, mobil ini kalo jarang dipake malah rusak om, jadi coba dipertimbangkan aja hal ini, dan kalau ada spare budget lebih saya lebih rekomen cari yang udah CGI
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4911
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Need Advice : Suzuki Scross 2017 a/t tukar dengan mercy w204 2009 kompressor
Saya bantu jawab ya om, kebetulan posisi saya sama seperti om, pengen tuker mobil jepang tahun muda dengan mobil eropa tahun tua. Yaitu xpander ultimate 2017 at dengan mercy w204 c250 pfl cgi 2010 atau w204 c200 avg cgi fl 2011-2012. Cuma masih maju mundur sih, masih kepikiran sm maintenancenya nih, wkwkwk. Dan rencana baru mau hunting tahun depan.
1. Depends, budget om berapa pastinya? Apakah akan nombok dari penjualan s-cross atau budgetnya ngepas? terus apakah ada spare budget diluar harga mobil untuk perbaikan, dll? Kalau gak nombok dan ada spare budgetnya, Worth it, minusnya dibanding scross cuma gabisa bluetooth doang, karena bluetooth baru ada yg versi FL nya yg tahun 2011 akhir - 2014 dan konsumsi BBM yg lebih boros , karena mobil ini cc nya 1800 atau 2000cc gitu , saya lupa, sedangkan scross 1500cc.
Kalau nombok, dan blm ada spare budgetnya diluar harga mobil, gak worth. Mengapa? Karena namanya mobil eropa, seken, dan udah berumur 11 tahun, pasti ada aja yang harus diganti. Saran saya, sediakan spare budget 20-30 jt dari harga mobil untuk jaga- jaga kalau terjadi apa - apa. Cuma kalau om udah biasa merawat galant hiu, harusnya gak masalah lah ya, karena harga part galant hiu sm w204 beda tipis di bengkel spesialis katanya temen saya yg pernah melihara keduanya hehehe
2. Kalau soal maintenance, mobil ini cukup badak untuk ukuran mobil eropa, maintenancenya jauh lebih murah dibanding E90 dan Audi a4 tahun sama. Dan perawatannya termasuk murah untuk mobil eropa (kek melihara toyota aja dah, cuma ini versi eropanya aja hehehe). Kalau soal part, w204 sangat mudah dan gampang dicari, part melimpah dari ori sampe KW, dan banyak bengkel spesialis yg bisa benerin. Kalau om tinggal di bogor sih, gak masalah ya harusnya buat urusan sparepart, tinggal luangkan waktu aja buat main- main ke jakarta buat hunting sparepart atau gak gabung ke komunitasnya ,siapatau om bisa dapet refrensi bengkel spesialis yg harganya terjangkau dan kualitasnya oke di daerah Bogor hehehe, saran saya , servis di spesalis aja, karena bedanya bisa hampir 2x lipat dibanding bengkel resmi
3. Penyakit khas ya cuma di printilan interior aja ya, yg gampang ngelupas, gak ada yg perlu dikuatirin. Matic, mesin, kaki - kaki, dan racksteering termasuk aman (terutama mechanya, jauh lebih reliable daripada E90 yg gampang rusak wkwkwk) , cuma balik lg ke pemakaian owner sebelumnya seperti apa. Dan kalau soal ECU, tipe kompresor termasuk aman kok, karena mesinnya masih 4 silinder, bukan 6 silinder M272 kek C280 tahun sama, yg ecunya model ecu panggang , which is rawan jebol dan sekalinya ganti mahal. Ada 2 temen saya yg pelihara W204 , keduanya beli seken masih aman- aman aja, dan masih dipake daily sampe sekarang. Temen saya yg pertama, beli C200 CGI AVG PFL 2011 2nd , tahun 2012, pake sampe sekarang aman - aman aja. Gak ada masalah serius kaya mogok, overheat, matic jebol, ECU ,dll, masih aman - aman aja mobilnya, dan masih dipake daily sama ayahnya buat ngantor jakarta - bekasi sampe sekarang, perawatan 2011-2017 selalu di beres, dan 2017 - sekarang pindah ke spesialis. Kemudian ,teman saya yg lainnya ,juga beli C200 CGI AVG FL 2012, tahun 2017, sekarang km udh 77rb masih aman - aman aja mobilnya, gak ada masalah sama sekali, cuma printilan interiornya aja yg udah pada ngelupas, serta mobil dipake dailya + servisnya di spesialis dari baru ambil tahun 2017 sampe sekarang
Intinya kalau mau beli W204 tuh, yg mesti diperhatiin:
- Sensor - sensor, karena elektrikalnya termasuk canggih
- Kompresornya, pastikan perawatannya teratur dan rutin, kalau perlu ajak owner sblmnya buat check up di beres atau spesialis yg recomended (untuk scan , biar tau di awal, kerusakkan atau kekurangannya apa aja)
- Maticnya, pastikan perawatannya teratur dan owner sebelumya rutin ganti oli maticnya, karena kadang2 maticnya suka loncat - loncat, kalau makenya kasar atau kelamaan diem di garasi (tapi untuk bagian ini, reliable kok, jarang banget ada trouble matic di w204, apalagi yg tipe 4 silinder kek kompresor ini)
- Printilan interior, pastikan masih ori, dan indikatornya, kaya logo lock atau logo hazzardnya gak ngelupas
- Pas pengecekan, WAJIB test drive, karena kalau kenapa napa, mobil w204 ini lebih mahal maintenancenya dibanding mobil jepang , walaupun dibanding E90, maintenance costnya masih jauh lebih murah. Kalau om masih awam sama mobil eropa. Ajak kenalan atau teman atau mekanik yg ngerti tentang seluk beluk mobil eropa, karena mobil eropa, elektrikal dan mesinnya lebih rumit daripada mobil jepang, biar gak menyesal di kemudian hari hehehe
Kalau om ingin sekedar pengen mobil eropa dan w204 sih, mobil ini cukup worth. Tapi saran saya, mending nabung lagi om, up dana ke 210-240, bisa dapet yg CGI 2010 (ini ada 2 versi, classic dan avg) , tampilan sama persis kek yg kompresor, kalau yg classic (yg om incer) , tapi
- Lebih irit daripada yg kompresor
- Tenaga jg lebih gede
- Perawatan juga denger2 lebih murah daripada versi kompresor
- Kapasitas mesin, kalo kompresor 1.800 cc, kalau cgi 2.000 cc kalo gasalah (kodenya sama kok, M271 4 silinder, dan digunakan juga sama C250, varian diatasnya)
Atau, bisa juga ke C200 CGI 2010 yg avg, bedanya
- headlamp udah led, tapi lampu senja dan foglamp masih halogen.
kalo kompresor, headlamp dan foglamp masih halogen
- Speedometer
- Velg
- Grill, kalau classic, logo mercynya ada di atas kap mesin, kalau yg avg, logo mercynya ada di grill hehehe
- Fitur lebih lengkap daripada yg trim classic
Kalo hoki, bisa dapet yg C250 AMG 2010, yg
- Lebih kenceng
- Suspensi lebih keras daripada C200 kalo gasalah
- Tarikan lebih oke
- CC mesin 2.500 cc, kalau c200 kompre cuma 1800 cc doang kalo gasalah (kode sama2 M271, kek yg c200 nya)
- Fitur lebih lengkap
- Lampu headlamp full led sama lampu senjanya juga, tapi foglamp masih halogen
minusnya cuma konsumsi bbm aja yg lebih boros daripada yg kompresor
Semoga bermanfaat, good luck, and happy hunting ya om. Semoga dapet unit yg bagus , minim PR, dan sesuai ekspekstasi
Kalau memang dirasa masih kemahalan buat om TS, saya sarankan balik ke jepang lagi saja, camry XV40 2.5V 2011 FL atau XV50 2.5V 2012 PFL bisa jadi pertimbangan alternatif. Maintenance gampang dan partnya banyak, kalo dah biasa melihara altis dan galant hiu gak masalah harusnya pelihara camry karena partnya mirip2 harganya dibanding altis dan lebih murah daripada galant hiu, kalo di spesialis hehehe + lebih murah juga dibanding w204 . Minusnya cuma konsumsi bbmnya aja yg rada boros (dalkot 1:7-8)
1. Depends, budget om berapa pastinya? Apakah akan nombok dari penjualan s-cross atau budgetnya ngepas? terus apakah ada spare budget diluar harga mobil untuk perbaikan, dll? Kalau gak nombok dan ada spare budgetnya, Worth it, minusnya dibanding scross cuma gabisa bluetooth doang, karena bluetooth baru ada yg versi FL nya yg tahun 2011 akhir - 2014 dan konsumsi BBM yg lebih boros , karena mobil ini cc nya 1800 atau 2000cc gitu , saya lupa, sedangkan scross 1500cc.
Kalau nombok, dan blm ada spare budgetnya diluar harga mobil, gak worth. Mengapa? Karena namanya mobil eropa, seken, dan udah berumur 11 tahun, pasti ada aja yang harus diganti. Saran saya, sediakan spare budget 20-30 jt dari harga mobil untuk jaga- jaga kalau terjadi apa - apa. Cuma kalau om udah biasa merawat galant hiu, harusnya gak masalah lah ya, karena harga part galant hiu sm w204 beda tipis di bengkel spesialis katanya temen saya yg pernah melihara keduanya hehehe
2. Kalau soal maintenance, mobil ini cukup badak untuk ukuran mobil eropa, maintenancenya jauh lebih murah dibanding E90 dan Audi a4 tahun sama. Dan perawatannya termasuk murah untuk mobil eropa (kek melihara toyota aja dah, cuma ini versi eropanya aja hehehe). Kalau soal part, w204 sangat mudah dan gampang dicari, part melimpah dari ori sampe KW, dan banyak bengkel spesialis yg bisa benerin. Kalau om tinggal di bogor sih, gak masalah ya harusnya buat urusan sparepart, tinggal luangkan waktu aja buat main- main ke jakarta buat hunting sparepart atau gak gabung ke komunitasnya ,siapatau om bisa dapet refrensi bengkel spesialis yg harganya terjangkau dan kualitasnya oke di daerah Bogor hehehe, saran saya , servis di spesalis aja, karena bedanya bisa hampir 2x lipat dibanding bengkel resmi
3. Penyakit khas ya cuma di printilan interior aja ya, yg gampang ngelupas, gak ada yg perlu dikuatirin. Matic, mesin, kaki - kaki, dan racksteering termasuk aman (terutama mechanya, jauh lebih reliable daripada E90 yg gampang rusak wkwkwk) , cuma balik lg ke pemakaian owner sebelumnya seperti apa. Dan kalau soal ECU, tipe kompresor termasuk aman kok, karena mesinnya masih 4 silinder, bukan 6 silinder M272 kek C280 tahun sama, yg ecunya model ecu panggang , which is rawan jebol dan sekalinya ganti mahal. Ada 2 temen saya yg pelihara W204 , keduanya beli seken masih aman- aman aja, dan masih dipake daily sampe sekarang. Temen saya yg pertama, beli C200 CGI AVG PFL 2011 2nd , tahun 2012, pake sampe sekarang aman - aman aja. Gak ada masalah serius kaya mogok, overheat, matic jebol, ECU ,dll, masih aman - aman aja mobilnya, dan masih dipake daily sama ayahnya buat ngantor jakarta - bekasi sampe sekarang, perawatan 2011-2017 selalu di beres, dan 2017 - sekarang pindah ke spesialis. Kemudian ,teman saya yg lainnya ,juga beli C200 CGI AVG FL 2012, tahun 2017, sekarang km udh 77rb masih aman - aman aja mobilnya, gak ada masalah sama sekali, cuma printilan interiornya aja yg udah pada ngelupas, serta mobil dipake dailya + servisnya di spesialis dari baru ambil tahun 2017 sampe sekarang
Intinya kalau mau beli W204 tuh, yg mesti diperhatiin:
- Sensor - sensor, karena elektrikalnya termasuk canggih
- Kompresornya, pastikan perawatannya teratur dan rutin, kalau perlu ajak owner sblmnya buat check up di beres atau spesialis yg recomended (untuk scan , biar tau di awal, kerusakkan atau kekurangannya apa aja)
- Maticnya, pastikan perawatannya teratur dan owner sebelumya rutin ganti oli maticnya, karena kadang2 maticnya suka loncat - loncat, kalau makenya kasar atau kelamaan diem di garasi (tapi untuk bagian ini, reliable kok, jarang banget ada trouble matic di w204, apalagi yg tipe 4 silinder kek kompresor ini)
- Printilan interior, pastikan masih ori, dan indikatornya, kaya logo lock atau logo hazzardnya gak ngelupas
- Pas pengecekan, WAJIB test drive, karena kalau kenapa napa, mobil w204 ini lebih mahal maintenancenya dibanding mobil jepang , walaupun dibanding E90, maintenance costnya masih jauh lebih murah. Kalau om masih awam sama mobil eropa. Ajak kenalan atau teman atau mekanik yg ngerti tentang seluk beluk mobil eropa, karena mobil eropa, elektrikal dan mesinnya lebih rumit daripada mobil jepang, biar gak menyesal di kemudian hari hehehe
Kalau om ingin sekedar pengen mobil eropa dan w204 sih, mobil ini cukup worth. Tapi saran saya, mending nabung lagi om, up dana ke 210-240, bisa dapet yg CGI 2010 (ini ada 2 versi, classic dan avg) , tampilan sama persis kek yg kompresor, kalau yg classic (yg om incer) , tapi
- Lebih irit daripada yg kompresor
- Tenaga jg lebih gede
- Perawatan juga denger2 lebih murah daripada versi kompresor
- Kapasitas mesin, kalo kompresor 1.800 cc, kalau cgi 2.000 cc kalo gasalah (kodenya sama kok, M271 4 silinder, dan digunakan juga sama C250, varian diatasnya)
Atau, bisa juga ke C200 CGI 2010 yg avg, bedanya
- headlamp udah led, tapi lampu senja dan foglamp masih halogen.
kalo kompresor, headlamp dan foglamp masih halogen
- Speedometer
- Velg
- Grill, kalau classic, logo mercynya ada di atas kap mesin, kalau yg avg, logo mercynya ada di grill hehehe
- Fitur lebih lengkap daripada yg trim classic
Kalo hoki, bisa dapet yg C250 AMG 2010, yg
- Lebih kenceng
- Suspensi lebih keras daripada C200 kalo gasalah
- Tarikan lebih oke
- CC mesin 2.500 cc, kalau c200 kompre cuma 1800 cc doang kalo gasalah (kode sama2 M271, kek yg c200 nya)
- Fitur lebih lengkap
- Lampu headlamp full led sama lampu senjanya juga, tapi foglamp masih halogen
minusnya cuma konsumsi bbm aja yg lebih boros daripada yg kompresor
Semoga bermanfaat, good luck, and happy hunting ya om. Semoga dapet unit yg bagus , minim PR, dan sesuai ekspekstasi
Kalau memang dirasa masih kemahalan buat om TS, saya sarankan balik ke jepang lagi saja, camry XV40 2.5V 2011 FL atau XV50 2.5V 2012 PFL bisa jadi pertimbangan alternatif. Maintenance gampang dan partnya banyak, kalo dah biasa melihara altis dan galant hiu gak masalah harusnya pelihara camry karena partnya mirip2 harganya dibanding altis dan lebih murah daripada galant hiu, kalo di spesialis hehehe + lebih murah juga dibanding w204 . Minusnya cuma konsumsi bbmnya aja yg rada boros (dalkot 1:7-8)
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 176
- Joined: Sun May 01, 2016 7:00
Re: Need Advice : Suzuki Scross 2017 a/t tukar dengan mercy w204 2009 kompressor
c200K, c200 cgi sama c250 semuanya 1800cc om.Pboyz97 wrote: Sat Jul 18, 2020 14:35 Saya bantu jawab ya om, kebetulan posisi saya sama seperti om, pengen tuker mobil jepang tahun muda dengan mobil eropa tahun tua. Yaitu xpander ultimate 2017 at dengan mercy w204 c250 pfl cgi 2010 atau w204 c200 avg cgi fl 2011-2012. Cuma masih maju mundur sih, masih kepikiran sm maintenancenya nih, wkwkwk. Dan rencana baru mau hunting tahun depan.
1. Depends, budget om berapa pastinya? Apakah akan nombok dari penjualan s-cross atau budgetnya ngepas? terus apakah ada spare budget diluar harga mobil untuk perbaikan, dll? Kalau gak nombok dan ada spare budgetnya, Worth it, minusnya dibanding scross cuma gabisa bluetooth doang, karena bluetooth baru ada yg versi FL nya yg tahun 2011 akhir - 2014 dan konsumsi BBM yg lebih boros , karena mobil ini cc nya 1800 atau 2000cc gitu , saya lupa, sedangkan scross 1500cc.
Kalau nombok, dan blm ada spare budgetnya diluar harga mobil, gak worth. Mengapa? Karena namanya mobil eropa, seken, dan udah berumur 11 tahun, pasti ada aja yang harus diganti. Saran saya, sediakan spare budget 20-30 jt dari harga mobil untuk jaga- jaga kalau terjadi apa - apa. Cuma kalau om udah biasa merawat galant hiu, harusnya gak masalah lah ya, karena harga part galant hiu sm w204 beda tipis di bengkel spesialis katanya temen saya yg pernah melihara keduanya hehehe
2. Kalau soal maintenance, mobil ini cukup badak untuk ukuran mobil eropa, maintenancenya jauh lebih murah dibanding E90 dan Audi a4 tahun sama. Dan perawatannya termasuk murah untuk mobil eropa (kek melihara toyota aja dah, cuma ini versi eropanya aja hehehe). Kalau soal part, w204 sangat mudah dan gampang dicari, part melimpah dari ori sampe KW, dan banyak bengkel spesialis yg bisa benerin. Kalau om tinggal di bogor sih, gak masalah ya harusnya buat urusan sparepart, tinggal luangkan waktu aja buat main- main ke jakarta buat hunting sparepart atau gak gabung ke komunitasnya ,siapatau om bisa dapet refrensi bengkel spesialis yg harganya terjangkau dan kualitasnya oke di daerah Bogor hehehe, saran saya , servis di spesalis aja, karena bedanya bisa hampir 2x lipat dibanding bengkel resmi
3. Penyakit khas ya cuma di printilan interior aja ya, yg gampang ngelupas, gak ada yg perlu dikuatirin. Matic, mesin, kaki - kaki, dan racksteering termasuk aman (terutama mechanya, jauh lebih reliable daripada E90 yg gampang rusak wkwkwk) , cuma balik lg ke pemakaian owner sebelumnya seperti apa. Dan kalau soal ECU, tipe kompresor termasuk aman kok, karena mesinnya masih 4 silinder, bukan 6 silinder M272 kek C280 tahun sama, yg ecunya model ecu panggang , which is rawan jebol dan sekalinya ganti mahal. Ada 2 temen saya yg pelihara W204 , keduanya beli seken masih aman- aman aja, dan masih dipake daily sampe sekarang. Temen saya yg pertama, beli C200 CGI AVG PFL 2011 2nd , tahun 2012, pake sampe sekarang aman - aman aja. Gak ada masalah serius kaya mogok, overheat, matic jebol, ECU ,dll, masih aman - aman aja mobilnya, dan masih dipake daily sama ayahnya buat ngantor jakarta - bekasi sampe sekarang, perawatan 2011-2017 selalu di beres, dan 2017 - sekarang pindah ke spesialis. Kemudian ,teman saya yg lainnya ,juga beli C200 CGI AVG FL 2012, tahun 2017, sekarang km udh 77rb masih aman - aman aja mobilnya, gak ada masalah sama sekali, cuma printilan interiornya aja yg udah pada ngelupas, serta mobil dipake dailya + servisnya di spesialis dari baru ambil tahun 2017 sampe sekarang
Intinya kalau mau beli W204 tuh, yg mesti diperhatiin:
- Sensor - sensor, karena elektrikalnya termasuk canggih
- Kompresornya, pastikan perawatannya teratur dan rutin, kalau perlu ajak owner sblmnya buat check up di beres atau spesialis yg recomended (untuk scan , biar tau di awal, kerusakkan atau kekurangannya apa aja)
- Maticnya, pastikan perawatannya teratur dan owner sebelumya rutin ganti oli maticnya, karena kadang2 maticnya suka loncat - loncat, kalau makenya kasar atau kelamaan diem di garasi (tapi untuk bagian ini, reliable kok, jarang banget ada trouble matic di w204, apalagi yg tipe 4 silinder kek kompresor ini)
- Printilan interior, pastikan masih ori, dan indikatornya, kaya logo lock atau logo hazzardnya gak ngelupas
- Pas pengecekan, WAJIB test drive, karena kalau kenapa napa, mobil w204 ini lebih mahal maintenancenya dibanding mobil jepang , walaupun dibanding E90, maintenance costnya masih jauh lebih murah. Kalau om masih awam sama mobil eropa. Ajak kenalan atau teman atau mekanik yg ngerti tentang seluk beluk mobil eropa, karena mobil eropa, elektrikal dan mesinnya lebih rumit daripada mobil jepang, biar gak menyesal di kemudian hari hehehe
Kalau om ingin sekedar pengen mobil eropa dan w204 sih, mobil ini cukup worth. Tapi saran saya, mending nabung lagi om, up dana ke 210-240, bisa dapet yg CGI 2010 (ini ada 2 versi, classic dan avg) , tampilan sama persis kek yg kompresor, kalau yg classic (yg om incer) , tapi
- Lebih irit daripada yg kompresor
- Tenaga jg lebih gede
- Perawatan juga denger2 lebih murah daripada versi kompresor
- Kapasitas mesin, kalo kompresor 1.800 cc, kalau cgi 2.000 cc kalo gasalah (kodenya sama kok, M271 4 silinder, dan digunakan juga sama C250, varian diatasnya)
Atau, bisa juga ke C200 CGI 2010 yg avg, bedanya
- headlamp udah led, tapi lampu senja dan foglamp masih halogen.
kalo kompresor, headlamp dan foglamp masih halogen
- Speedometer
- Velg
- Grill, kalau classic, logo mercynya ada di atas kap mesin, kalau yg avg, logo mercynya ada di grill hehehe
- Fitur lebih lengkap daripada yg trim classic
Kalo hoki, bisa dapet yg C250 AMG 2010, yg
- Lebih kenceng
- Suspensi lebih keras daripada C200 kalo gasalah
- Tarikan lebih oke
- CC mesin 2.500 cc, kalau c200 kompre cuma 1800 cc doang kalo gasalah (kode sama2 M271, kek yg c200 nya)
- Fitur lebih lengkap
- Lampu headlamp full led sama lampu senjanya juga, tapi foglamp masih halogen
minusnya cuma konsumsi bbm aja yg lebih boros daripada yg kompresor
Semoga bermanfaat, good luck, and happy hunting ya om. Semoga dapet unit yg bagus , minim PR, dan sesuai ekspekstasi
Kalau memang dirasa masih kemahalan buat om TS, saya sarankan balik ke jepang lagi saja, camry XV40 2.5V 2011 FL atau XV50 2.5V 2012 PFL bisa jadi pertimbangan alternatif. Maintenance gampang dan partnya banyak, kalo dah biasa melihara altis dan galant hiu gak masalah harusnya pelihara camry karena partnya mirip2 harganya dibanding altis dan lebih murah daripada galant hiu, kalo di spesialis hehehe + lebih murah juga dibanding w204 . Minusnya cuma konsumsi bbmnya aja yg rada boros (dalkot 1:7-8)
-
- SM Specialist
- Posts: 16678
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Need Advice : Suzuki Scross 2017 a/t tukar dengan mercy w204 2009 kompressor
jangan terjebak dengan kata-kata "denger-denger badak". mobil used itu kondisinya random sekali. been there, done that. gw lebih sering ngambil mobil bekas drpd mobil baru soalnya. used car are costly, apalagi jerman. namanya cari masalahlutfhin87 wrote: Sat Jul 18, 2020 12:36 Permisi & salam kenal agan2 semua, saya mau minta advice untuk tukar mobil yg sekarang yaitu suzuki scross a/t 2017 dgn mercy w204 prefacelift sekitar thn 2009 apakah worth it?
Sebelumnya saya sdh pernah merawat galant hiu, vios, altis yg semuanya matic, dan penasaran mau coba mobil eropa, kebetulan w204 adlah salah satu mbl fav saya dahulu & skrg harga 2ndnya sdh terjangkau ( hampir sama harganya dgn scross) untuk yg prefacelift kompressor
Saya sdh berkeluarga dan mempunyai anak 1 umur 1 thn, dan mungkin mblnya jarang saya pakai, krn sehari2 pakai motor ke tmpt kerja saya dan istri +-10km pp, paling jauh pakai ke jogja 1thn 2x kesana ( mudik ), salah satu alasan ingin ganti mbl juga waktu mudik ke jogja krn tarikan atasnya berat dan suspensinya rasanya lumayan keras
(sy tinggal di daerah bogor)
Apakah worth it jika mbl saya ditukar dgn w204 mengingat thnnya lebih tua?
Bagaimana dgn maintenancenya? Dengar2 w204 ini termasuk mobil BADAK dan lumayan irit bbm untuk ukuran mbl eropa krn dipakai juga oleh perusahaan taksi
Apakah ada penyakit yg "khas" / umum di w204 ini ? klo bmw e90 saya dengar mechatroniknya sering trouble
Terima kasih agan2 sekalian
pertahankan scross nya saja... tahan dikit ego buat kepengen mobil bagus drpd sekarang belinya C-class 3 taun kemudian akhirnya beli innova krn udah capek diporotin mobil jerman tua. lebih baik skrg pake scross dulu, nabung dan invest sampe 5-7 taun ke depan siapa tau malah kebeli E-Class... atau C-Class yang lebih baru

buat tarikan atas joss luar kotaan honda accord 2012 udah dapet dana segitu rapi-rapiinnya jauh lebih mudah... udah pernah pegang galant hiu mah piara accord gak ada masalah 11-12 aja... malah accord lebih robust dari hiu dan easier bbrp part sama ama CRV odyssey civic...
mobil jerman itu cocoknya buat yang mampu afford brand new tapi sayang duit beli baru krn barunya mahal skali... klo mau tuker dengan pertimbangan harga bekasnya udah murah, please don't. kecuali case nya nambah mobil.
mercedes kelamaan nganggur nanti malah lampu indikatornya nyala semua. ini sering skali kejadian di pengguna mercedes. ga pernah dipake indikatornya nyala semua


jederr tagihan 5jt sensor ABS kena... punya fitra eri A class nya aja gak ada apa-apa lampu nyala semua kena sensor ABS... R172 SLK temen saya jg gitu... ML350 temen saya tau-tau ECU kepanggang pdhl kemaren dipake gakpapa...
pernah jadi taksi bukan jaminan mobilnya badak. peugeot 407 dan chevrolet spin di kota saya dulu dipake taxi skrg udah almarhum semua... di junkyard semua kayaknya.
better safe than sorry
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4911
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Need Advice : Suzuki Scross 2017 a/t tukar dengan mercy w204 2009 kompressor
Nah, saya setuju sama apa yg dikatakan bro CHZ, kalau cuma mobil satu - satunya, awam soal mobil eropa ,dan gaada spare budget buat berbenah ini itu, mending jangan om, apalagi mobil eropa tua ada aja penyakitnya, biarpun reliable, karena kondisinya jg random, tergantung hoki dan pemakaian owner sblmnya kek gmn, kecuali om TS kenal baik sm owner W204 sblmnya (misalkan, saudara atau teman ) jadi udh tau perawatan dan pemakaiannya kaya apa. Kalau blm, mending jangan, pertahankan saja s-crossnya, toh jg bukan mobil yg jelek. Tarikan jg masih lumayan oke di tanjakan + fiturnya lengkap. Apalagi yg om incer trim kompresor which is trim terendah dari kasta w204, yg kalo dengan budget yg sama kek s-cross dapetnya yg classic which is the lowest trim dari w204 tahun 2009. Mending nabung, kerja, dll, sampe 3-8 tahun kedepan, siapatau bisa dapet yg lebih baik daripada C200 kompresor PFL 2009, entah C200 CGI 2010, C200 AVG yg lebih mewah, bahkan bisa kebeli C250 atau C300,intinya c-class yg lebih muda dan minimal trimnya lebih tinggi kalau tahun sama hehehe even naik kelas ke e-class yg lebih tinggi daripada c-class , who knows.ChZ wrote: Sat Jul 18, 2020 15:19jangan terjebak dengan kata-kata "denger-denger badak". mobil used itu kondisinya random sekali.lutfhin87 wrote: Sat Jul 18, 2020 12:36 Permisi & salam kenal agan2 semua, saya mau minta advice untuk tukar mobil yg sekarang yaitu suzuki scross a/t 2017 dgn mercy w204 prefacelift sekitar thn 2009 apakah worth it?
Sebelumnya saya sdh pernah merawat galant hiu, vios, altis yg semuanya matic, dan penasaran mau coba mobil eropa, kebetulan w204 adlah salah satu mbl fav saya dahulu & skrg harga 2ndnya sdh terjangkau ( hampir sama harganya dgn scross) untuk yg prefacelift kompressor
Saya sdh berkeluarga dan mempunyai anak 1 umur 1 thn, dan mungkin mblnya jarang saya pakai, krn sehari2 pakai motor ke tmpt kerja saya dan istri +-10km pp, paling jauh pakai ke jogja 1thn 2x kesana ( mudik ), salah satu alasan ingin ganti mbl juga waktu mudik ke jogja krn tarikan atasnya berat dan suspensinya rasanya lumayan keras
(sy tinggal di daerah bogor)
Apakah worth it jika mbl saya ditukar dgn w204 mengingat thnnya lebih tua?
Bagaimana dgn maintenancenya? Dengar2 w204 ini termasuk mobil BADAK dan lumayan irit bbm untuk ukuran mbl eropa krn dipakai juga oleh perusahaan taksi
Apakah ada penyakit yg "khas" / umum di w204 ini ? klo bmw e90 saya dengar mechatroniknya sering trouble
Terima kasih agan2 sekalian
eks taksi bukan jaminan mobilnya badak. peugeot 407 dan chevrolet spin di kota saya dulu dipake taxi skrg udah almarhum semua... di junkyard semua kayaknya.
pertahankan scross nya saja... tahan dikit ego buat kepengen mobil bagus drpd sekarang belinya C-class 3 taun kemudian akhirnya beli innova krn udah capek diporotin mobil jerman tua. lebih baik skrg pake scross dulu, nabung dan invest sampe 5-7 taun ke depan siapa tau malah kebeli E-Class... atau C-Class yang lebih baru![]()
mobil jerman itu cocoknya buat yang mampu afford brand new tapi sayang duit beli baru krn barunya mahal skali...
klo mau tuker dengan pertimbangan harga bekasnya udah murah, please don't. rusakan enggak, tp kayak time bomb, nanti tau-tau jeder tagihan 50jt apa gak istri manyun...
buat tarikan atas joss luar kotaan honda accord 2012 udah dapet dana segitu rapi-rapiinnya jauh lebih mudah... udah pernah pegang galant hiu mah piara accord gak ada masalah 11-12 aja... malah accord lebih robust dari hiu dan easier bbrp part sama ama CRV odyssey civic...
mercedes kelamaan nganggur nanti malah lampu indikatornya nyala semua. ini sering skali kejadian di pengguna mercedes. ga pernah dipake indikatornya nyala semuaweekend mau nikmatin ehh malah harus ngurus towing
![]()
better safe than sorry
Tapi kalau om udah siap dengan segala resiko nya go for it
Baca ceritanya bro CHZ, jadi keinget, sama 2 org tetangga saya. Yg pertama, punya W202 C180 PFL, pelihara dari baru sampe tahun 2009 , mulai tahun 2007, mobilnya udh jarang dipake, dan diem digarasi doang, dan pas mau dipake, muncul lah penyakit di elektrikalnya. Dan beliau blm ada spare budget yg mencukupi buat benerin mobilnya, karena beliau orangnya gak suka ke spesialis, selalu ke beres biarpun udah habis garansi, alhasil, mobil tersebut jogrok di garasi rumahnya selama 2 tahun, dari 2007 - 2009, dan akhirnya dibetulin di spesialis oleh kenalan beliau, setelah itu, mercynya dijual dan dituker dengan civic FD1 MT 2009. Katanya sih, pengen mobil yg reliable aja, pelihara mercy tua, pasti mahal biayanya, apalagi tetangga saya orangnya bukan yg demen hunting part ke spesialis, apa apa selalu keberes, dan beliau gak tertarik lagi sama mobil eropa, entah kenapa, semenjak itu, dan lebih memilih untuk memelihara mobil jepang. Sekarang nambah lagi yaris J MT 2009, dan civic FD 1 nya dijual tahun 2016 lalu, diganti dengan civic turbo FC1 , dan tahun 2019 lalu beli lagi calya 2019 G AT baru untuk kepasar hehehe
Kalau tetangga saya yg 1 nya lg, dulu pernah pelihara 2 mercy sekaligus, a-class (lupa tahun brp, antara gen 1 atau gen 2) sama b-class tahun 2007 kalo gasalah. Akhirnya tahun, 2016 lalu, dua duanya dijual karena sudah mulai rewel dan udah gak mau lagi urusan dengan mobil eropa karena keterbatasan waktu (dulu servisnya selalu di spesialis untuk mercy2nya) , akhirnya beliau tuker 2 mercynya dengan 2 unit innova. Wkwkwk, 1 2.0 V MT 2007 dan 2.0 V AT 2012
Mobil eropa tuh cocoknya buat org yg udah ada mobil lain dirumah buat perang, ada spare budget, dan hobi DIY, serta demen bolak balik bengkel spesialis atau beres, karena mobil eropa, apalagi eropa seken, bukan mobil yg cocok buat org yg masih awam otomotif dan ogah - ogahan ngurus mobil. 2 orang temen saya yg saya ceritakan sebelumnya itu, yg pertama beli c200 2011 PFL buat mobil kedua, karena buat backup udah ada innova G MT 2009, dan yg satu nya lg beli C200 FL 2012, buat mobil ke 3, dan sebelumnya udah pernah pelihara harrier 2015, jadi gak kaget buat melihara mercy, dan dia udah ada jazz GK5 dan voxy buat backup . Jadi saran saya, setelah dipikir - pikir, buat mobil satu2nya, mending jangan dulu deh. Kecuali S-crossnya dikeep.
To be honest, saya sendiri, yg pengen tuker xpander ke w204, juga masih maju mundur, padahal ini buat mobil ke 4 (dirumah udah ada CRV turbo prestige, AN CX5 ,dan yaris joker TRD) , karena masih mikir perawatan, dan jujur aja, saya masih awam sama mobekas dan mobil eropa. Kalau sampe gagal, saya mau pindah ke jepangan aja, kek XV50 2014 atau GNKI 2.5 V AT 2013 yg lebih murah partnya dibanding mercy. Walaupun hati kecil saya udah kepengen banget punya W204, karena desain exterior, duralibitynya yg bagus buat mobil eropa, part jg termasuk banyak, bengkel spesialis jg banyak , perawatan lebih murah dibanding bmw ,vw ,dan audi ,serta cukup fun to drive buat sebuah mercy. Cuma , kalau soal spare budget dan maintenance cost, saya harus pikir berulang kali. Mungkin rencana mau hunting W204 dulu tahun depan kalo jadi, kalau susah dapet yg bagus, mau pindah ke XV50 atau GNKI aja hehehe. Bukan maksudnya nakut2in loh buat om TS, cuma kalo buat mobil pertama dan awam, mending hindarin deh mobil eropa seken
Kalau mau tetep ganti mobil, bisa lirik camry 2011-2012, awet dan lebih murah daripada mobil eropa, harga part jg gajauh beda sm galant hiu dan altis. Atau kalo mau alternatif, bisa lirik accord 2010-2011, fun to drive dan handling oke, harga part juga 11 12 sm altis dan galant hiu di spesialis, cuma agak rawan di rack steering dan kaki2 aja sih, tapi gak usah kuatir, karena banyak yg bisa benerin dan bisa subtitusi pake punya crv dan civic
Semoga bisa jadi pencerahan ya buat om TSnya
Last edited by Pboyz97 on Sat Jul 18, 2020 15:53, edited 4 times in total.
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4911
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Need Advice : Suzuki Scross 2017 a/t tukar dengan mercy w204 2009 kompressor
Terus bedanya dari sisi tenaga aja dong berarti?Sinclaire wrote: Sat Jul 18, 2020 14:40c200K, c200 cgi sama c250 semuanya 1800cc om.Pboyz97 wrote: Sat Jul 18, 2020 14:35 Saya bantu jawab ya om, kebetulan posisi saya sama seperti om, pengen tuker mobil jepang tahun muda dengan mobil eropa tahun tua. Yaitu xpander ultimate 2017 at dengan mercy w204 c250 pfl cgi 2010 atau w204 c200 avg cgi fl 2011-2012. Cuma masih maju mundur sih, masih kepikiran sm maintenancenya nih, wkwkwk. Dan rencana baru mau hunting tahun depan.
1. Depends, budget om berapa pastinya? Apakah akan nombok dari penjualan s-cross atau budgetnya ngepas? terus apakah ada spare budget diluar harga mobil untuk perbaikan, dll? Kalau gak nombok dan ada spare budgetnya, Worth it, minusnya dibanding scross cuma gabisa bluetooth doang, karena bluetooth baru ada yg versi FL nya yg tahun 2011 akhir - 2014 dan konsumsi BBM yg lebih boros , karena mobil ini cc nya 1800 atau 2000cc gitu , saya lupa, sedangkan scross 1500cc.
Kalau nombok, dan blm ada spare budgetnya diluar harga mobil, gak worth. Mengapa? Karena namanya mobil eropa, seken, dan udah berumur 11 tahun, pasti ada aja yang harus diganti. Saran saya, sediakan spare budget 20-30 jt dari harga mobil untuk jaga- jaga kalau terjadi apa - apa. Cuma kalau om udah biasa merawat galant hiu, harusnya gak masalah lah ya, karena harga part galant hiu sm w204 beda tipis di bengkel spesialis katanya temen saya yg pernah melihara keduanya hehehe
2. Kalau soal maintenance, mobil ini cukup badak untuk ukuran mobil eropa, maintenancenya jauh lebih murah dibanding E90 dan Audi a4 tahun sama. Dan perawatannya termasuk murah untuk mobil eropa (kek melihara toyota aja dah, cuma ini versi eropanya aja hehehe). Kalau soal part, w204 sangat mudah dan gampang dicari, part melimpah dari ori sampe KW, dan banyak bengkel spesialis yg bisa benerin. Kalau om tinggal di bogor sih, gak masalah ya harusnya buat urusan sparepart, tinggal luangkan waktu aja buat main- main ke jakarta buat hunting sparepart atau gak gabung ke komunitasnya ,siapatau om bisa dapet refrensi bengkel spesialis yg harganya terjangkau dan kualitasnya oke di daerah Bogor hehehe, saran saya , servis di spesalis aja, karena bedanya bisa hampir 2x lipat dibanding bengkel resmi
3. Penyakit khas ya cuma di printilan interior aja ya, yg gampang ngelupas, gak ada yg perlu dikuatirin. Matic, mesin, kaki - kaki, dan racksteering termasuk aman (terutama mechanya, jauh lebih reliable daripada E90 yg gampang rusak wkwkwk) , cuma balik lg ke pemakaian owner sebelumnya seperti apa. Dan kalau soal ECU, tipe kompresor termasuk aman kok, karena mesinnya masih 4 silinder, bukan 6 silinder M272 kek C280 tahun sama, yg ecunya model ecu panggang , which is rawan jebol dan sekalinya ganti mahal. Ada 2 temen saya yg pelihara W204 , keduanya beli seken masih aman- aman aja, dan masih dipake daily sampe sekarang. Temen saya yg pertama, beli C200 CGI AVG PFL 2011 2nd , tahun 2012, pake sampe sekarang aman - aman aja. Gak ada masalah serius kaya mogok, overheat, matic jebol, ECU ,dll, masih aman - aman aja mobilnya, dan masih dipake daily sama ayahnya buat ngantor jakarta - bekasi sampe sekarang, perawatan 2011-2017 selalu di beres, dan 2017 - sekarang pindah ke spesialis. Kemudian ,teman saya yg lainnya ,juga beli C200 CGI AVG FL 2012, tahun 2017, sekarang km udh 77rb masih aman - aman aja mobilnya, gak ada masalah sama sekali, cuma printilan interiornya aja yg udah pada ngelupas, serta mobil dipake dailya + servisnya di spesialis dari baru ambil tahun 2017 sampe sekarang
Intinya kalau mau beli W204 tuh, yg mesti diperhatiin:
- Sensor - sensor, karena elektrikalnya termasuk canggih
- Kompresornya, pastikan perawatannya teratur dan rutin, kalau perlu ajak owner sblmnya buat check up di beres atau spesialis yg recomended (untuk scan , biar tau di awal, kerusakkan atau kekurangannya apa aja)
- Maticnya, pastikan perawatannya teratur dan owner sebelumya rutin ganti oli maticnya, karena kadang2 maticnya suka loncat - loncat, kalau makenya kasar atau kelamaan diem di garasi (tapi untuk bagian ini, reliable kok, jarang banget ada trouble matic di w204, apalagi yg tipe 4 silinder kek kompresor ini)
- Printilan interior, pastikan masih ori, dan indikatornya, kaya logo lock atau logo hazzardnya gak ngelupas
- Pas pengecekan, WAJIB test drive, karena kalau kenapa napa, mobil w204 ini lebih mahal maintenancenya dibanding mobil jepang , walaupun dibanding E90, maintenance costnya masih jauh lebih murah. Kalau om masih awam sama mobil eropa. Ajak kenalan atau teman atau mekanik yg ngerti tentang seluk beluk mobil eropa, karena mobil eropa, elektrikal dan mesinnya lebih rumit daripada mobil jepang, biar gak menyesal di kemudian hari hehehe
Kalau om ingin sekedar pengen mobil eropa dan w204 sih, mobil ini cukup worth. Tapi saran saya, mending nabung lagi om, up dana ke 210-240, bisa dapet yg CGI 2010 (ini ada 2 versi, classic dan avg) , tampilan sama persis kek yg kompresor, kalau yg classic (yg om incer) , tapi
- Lebih irit daripada yg kompresor
- Tenaga jg lebih gede
- Perawatan juga denger2 lebih murah daripada versi kompresor
- Kapasitas mesin, kalo kompresor 1.800 cc, kalau cgi 2.000 cc kalo gasalah (kodenya sama kok, M271 4 silinder, dan digunakan juga sama C250, varian diatasnya)
Atau, bisa juga ke C200 CGI 2010 yg avg, bedanya
- headlamp udah led, tapi lampu senja dan foglamp masih halogen.
kalo kompresor, headlamp dan foglamp masih halogen
- Speedometer
- Velg
- Grill, kalau classic, logo mercynya ada di atas kap mesin, kalau yg avg, logo mercynya ada di grill hehehe
- Fitur lebih lengkap daripada yg trim classic
Kalo hoki, bisa dapet yg C250 AMG 2010, yg
- Lebih kenceng
- Suspensi lebih keras daripada C200 kalo gasalah
- Tarikan lebih oke
- CC mesin 2.500 cc, kalau c200 kompre cuma 1800 cc doang kalo gasalah (kode sama2 M271, kek yg c200 nya)
- Fitur lebih lengkap
- Lampu headlamp full led sama lampu senjanya juga, tapi foglamp masih halogen
minusnya cuma konsumsi bbm aja yg lebih boros daripada yg kompresor
Semoga bermanfaat, good luck, and happy hunting ya om. Semoga dapet unit yg bagus , minim PR, dan sesuai ekspekstasi
Kalau memang dirasa masih kemahalan buat om TS, saya sarankan balik ke jepang lagi saja, camry XV40 2.5V 2011 FL atau XV50 2.5V 2012 PFL bisa jadi pertimbangan alternatif. Maintenance gampang dan partnya banyak, kalo dah biasa melihara altis dan galant hiu gak masalah harusnya pelihara camry karena partnya mirip2 harganya dibanding altis dan lebih murah daripada galant hiu, kalo di spesialis hehehe + lebih murah juga dibanding w204 . Minusnya cuma konsumsi bbmnya aja yg rada boros (dalkot 1:7-8)
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 61
- Joined: Tue May 17, 2016 9:37
Re: Need Advice : Suzuki Scross 2017 a/t tukar dengan mercy w204 2009 kompressor
Worth it om, asal cari yang sehat. Saran saya beli yang cgi aja, trim terendah gapapa. Mobil ini dipake armada taxi dan memang badak termasuk seri E nya w212, ga kayak Jerman satunya yang dipake taxi juga tapi udah jarang keliatan.
Kalo belum pengalaman, pake jasa kayak oto spector + scan di bengkel. Maintenance yang paling berasa pajak. Ganti oli setaun sekali sekitar 1.5 juta an pake oli bagus. Fast moving lainnya standard, ada aftermarket nya juga yang ga kalah bagus dari aslinya.
Setelah mesin, cari interior yang paling bagus, karena itu yang paling dinikmati. Kalau mau tenang pake asuransi all risk aja.
Cuma, kalo mobilnya jarang dipake, biasanya suka muncul error2 kecil. Saran kalo udah dibeli dipake harian aja om.
Kalo belum pengalaman, pake jasa kayak oto spector + scan di bengkel. Maintenance yang paling berasa pajak. Ganti oli setaun sekali sekitar 1.5 juta an pake oli bagus. Fast moving lainnya standard, ada aftermarket nya juga yang ga kalah bagus dari aslinya.
Setelah mesin, cari interior yang paling bagus, karena itu yang paling dinikmati. Kalau mau tenang pake asuransi all risk aja.
Cuma, kalo mobilnya jarang dipake, biasanya suka muncul error2 kecil. Saran kalo udah dibeli dipake harian aja om.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 176
- Joined: Sun May 01, 2016 7:00
Re: Need Advice : Suzuki Scross 2017 a/t tukar dengan mercy w204 2009 kompressor
ya beda dong om satu pake supercharger, satunya pake turbocharger
yang 200 cgi sama 250 cgi juga ada perbedaan di komponen turbo, wastegate dan injectornya, engine map juga beda.
yang 200 cgi sama 250 cgi juga ada perbedaan di komponen turbo, wastegate dan injectornya, engine map juga beda.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 176
- Joined: Sun May 01, 2016 7:00
Re: Need Advice : Suzuki Scross 2017 a/t tukar dengan mercy w204 2009 kompressor
satu lagi kalo ambil mercedes lupakan otospector ya om, langsung bawa GCU di beres, saya recommend di adedanmas tb simatupang.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1104
- Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
- Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable
Re: Need Advice : Suzuki Scross 2017 a/t tukar dengan mercy w204 2009 kompressor
Saya user scross kebetulan, dirumah ada bbrp european saloon buat weekend aja, tetep scross andelan buat kaki sehari2 deh, ga was2, buat mobil kedua aja itu kalo ada rejeki lebih..
gaspol resing tim
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 516
- Joined: Sat Feb 04, 2017 1:38
- Location: Jakarta - Bandung
- Daily Vehicle: 1988 300E MT
Re: Need Advice : Suzuki Scross 2017 a/t tukar dengan mercy w204 2009 kompressor
Keep aja S Cross-nua
Ganti ban mewah macam Michelin / Continental biar gak keras
Kurang tenaga....legowo aja....
Nuker Suzuki yang reliable + affordable ke Mercedes sih alamat ke depannya akan nyesel hehe
Ganti ban mewah macam Michelin / Continental biar gak keras
Kurang tenaga....legowo aja....
Nuker Suzuki yang reliable + affordable ke Mercedes sih alamat ke depannya akan nyesel hehe
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 611
- Joined: Fri Aug 15, 2008 15:36
Re: Need Advice : Suzuki Scross 2017 a/t tukar dengan mercy w204 2009 kompressor
Nggak worth it Om. Selain faktor-faktor yang udah disebutin suhu-suhu diatas, ada yang belum kesebut i.e. waktu.lutfhin87 wrote: Sat Jul 18, 2020 12:36 Permisi & salam kenal agan2 semua, saya mau minta advice untuk tukar mobil yg sekarang yaitu suzuki scross a/t 2017 dgn mercy w204 prefacelift sekitar thn 2009 apakah worth it?
[edited]
Daripada waktu senggang dipake buat ke bengkel, mending dipake main sama anak
Saya dulu pelihara Blazer, seneng beberapa minggu sekali nongkrong di bengkel seharian. Namanya masih muda, dan single. Begitu kawin, ga ada waktu lagi, lepas itu Blazer. Goboknya, beli Clio... makin repot

Cuman saat itu saya ada OGL M/T. jadi ga terlalu masalah. Selama pakai Blazer, juga ada Kijang kapsul dirumah.
Calya A/T 2017 (2022-now)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1052
- Joined: Sun Aug 30, 2015 12:49
- Location: BSD (Bogor Sana Dikit)
Re: Need Advice : Suzuki Scross 2017 a/t tukar dengan mercy w204 2009 kompressor
Halo om, no offense sebelumnya, kalo kondisinya kyk gini balik ke om nya, dan ada 2 pertanyaan sihlutfhin87 wrote: Sat Jul 18, 2020 12:36 Permisi & salam kenal agan2 semua, saya mau minta advice untuk tukar mobil yg sekarang yaitu suzuki scross a/t 2017 dgn mercy w204 prefacelift sekitar thn 2009 apakah worth it?
Sebelumnya saya sdh pernah merawat galant hiu, vios, altis yg semuanya matic, dan penasaran mau coba mobil eropa, kebetulan w204 adlah salah satu mbl fav saya dahulu & skrg harga 2ndnya sdh terjangkau ( hampir sama harganya dgn scross) untuk yg prefacelift kompressor
Saya sdh berkeluarga dan mempunyai anak 1 umur 1 thn, dan mungkin mblnya jarang saya pakai, krn sehari2 pakai motor ke tmpt kerja saya dan istri +-10km pp, paling jauh pakai ke jogja 1thn 2x kesana ( mudik ), salah satu alasan ingin ganti mbl juga waktu mudik ke jogja krn tarikan atasnya berat dan suspensinya rasanya lumayan keras
(sy tinggal di daerah bogor)
Apakah worth it jika mbl saya ditukar dgn w204 mengingat thnnya lebih tua?
Bagaimana dgn maintenancenya? Dengar2 w204 ini termasuk mobil BADAK dan lumayan irit bbm untuk ukuran mbl eropa krn dipakai juga oleh perusahaan taksi
Apakah ada penyakit yg "khas" / umum di w204 ini ? klo bmw e90 saya dengar mechatroniknya sering trouble
Terima kasih agan2 sekalian
1. Om ngerasa idupnya udah bebas masalah? kalo udah bebas masalah silahkan tuker Scross nya
2. Kalo ngerasa idup masih rada banyak masalah, jangan nambah masalah om
Denger2 badak, atau emang badak, iya sih badak, tp eventually bakalan rusak kan? udah siap belom liat repair bill nya?
gitu aja sih, no hard feelings

2015 Honda CR-V 2.4l A/T
2022 Mitsubishi Xpander Cross CVT
2022 Mitsubishi Xpander Cross CVT
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 204
- Joined: Sun Feb 22, 2015 13:01
Re: Need Advice : Suzuki Scross 2017 a/t tukar dengan mercy w204 2009 kompressor
Mohon izin menambahkan om.
Mesin 4 silinder mercedes M271 dipakai di c class (w203-w204) mulai dari 2002-2014.
Di 2009/2010 improvement dari kompressor jadi CGI turbo-direct injection.
Di garasi masi ada w203 c180 kompressor (m271 supercharger) tahun 2002 dipakai setiap hari sampai sekarang and still running strong.
Jadi uda benar2 paham betul mesin m271 sebagai pengguna sejati.
Mesin 4 silinder mercedes M271 dipakai di c class (w203-w204) mulai dari 2002-2014.
Di 2009/2010 improvement dari kompressor jadi CGI turbo-direct injection.
Di garasi masi ada w203 c180 kompressor (m271 supercharger) tahun 2002 dipakai setiap hari sampai sekarang and still running strong.
Jadi uda benar2 paham betul mesin m271 sebagai pengguna sejati.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1646
- Joined: Sun May 22, 2016 4:20
Re: Need Advice : Suzuki Scross 2017 a/t tukar dengan mercy w204 2009 kompressor
Kalo ane sih big no.lutfhin87 wrote: Sat Jul 18, 2020 12:36 Permisi & salam kenal agan2 semua, saya mau minta advice untuk tukar mobil yg sekarang yaitu suzuki scross a/t 2017 dgn mercy w204 prefacelift sekitar thn 2009 apakah worth it?
Sebelumnya saya sdh pernah merawat galant hiu, vios, altis yg semuanya matic, dan penasaran mau coba mobil eropa, kebetulan w204 adlah salah satu mbl fav saya dahulu & skrg harga 2ndnya sdh terjangkau ( hampir sama harganya dgn scross) untuk yg prefacelift kompressor
Saya sdh berkeluarga dan mempunyai anak 1 umur 1 thn, dan mungkin mblnya jarang saya pakai, krn sehari2 pakai motor ke tmpt kerja saya dan istri +-10km pp, paling jauh pakai ke jogja 1thn 2x kesana ( mudik ), salah satu alasan ingin ganti mbl juga waktu mudik ke jogja krn tarikan atasnya berat dan suspensinya rasanya lumayan keras
(sy tinggal di daerah bogor)
Apakah worth it jika mbl saya ditukar dgn w204 mengingat thnnya lebih tua?
Bagaimana dgn maintenancenya? Dengar2 w204 ini termasuk mobil BADAK dan lumayan irit bbm untuk ukuran mbl eropa krn dipakai juga oleh perusahaan taksi
Apakah ada penyakit yg "khas" / umum di w204 ini ? klo bmw e90 saya dengar mechatroniknya sering trouble
Terima kasih agan2 sekalian
Baca problem2 yang ditulis om sinclaire di atas, selama ini kagak pernah ngalamin di mobil2 jepang.
Imho w202 dan w204 harusnya lebih badak w202. Itupun dulu ane pernah pelihara 1 ekor dan frekuensi ngebengkelnya sering banget sekitar 2 bulan sekali ada aja yang bikin masuk bengkel. Kalo lagi apes, sekali masuk tagihannya 6jeti, rata2 2-4jeti. Gak pake lama langsung jual, rugi banyak lagi jualnya

Apalagi buat long trip ke yogya. Di youtube tantangan bmw lawas sih lucu2 aja pas ada problem di tengah long trip, krunya banyak banget dan mereka buat memang untuk lucu2an. nah kalo kondisi real tanpa kru dan bantuan sebanyak itu, jadinya gak lucu kan?
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 54
- Joined: Mon Dec 03, 2018 15:42
- Location: West Java
- Daily Vehicle: TransJakarta No 8
Re: Need Advice : Suzuki Scross 2017 a/t tukar dengan mercy w204 2009 kompressor
izin saran dari pengguna w204 edition c
saran saya jangan om lebih baik scross dipertahankan. menurut saya pribadi ext dan int "sudah mulai usang" w204 pre-facelift dan saya pastikan budget untuk repair cukup besar karena kawan punya c280 taun 2009 lumayan ganjen sama bengkel (masalah kawan yg terakhir ECU ngabisin 20an
)
terlebih bakal om pake buat keluarga yang menurut saya kurang nyaman.
dulu dalam kondisi std, kalo cruising kelamaan lowerback saya nyerah banget serta seat yang "sempit". dengan berbagai macam pertimbangan akhirnya saya buat mobil "hobby" alias weekend warrior. emang sih modal coilover, velg amg, serta engine stage 1 ini mobil auto ganteng dan fun banget. but it comes with a price
saran saya sih ketimbang w204 mending camry om. tapi ya balik lagi kalo memang om sudah siap dengan masalah nya w204 from A to Z, dan unit yg dibeli kondisinya masih prima then go for it. but i don't recommend it

saran saya jangan om lebih baik scross dipertahankan. menurut saya pribadi ext dan int "sudah mulai usang" w204 pre-facelift dan saya pastikan budget untuk repair cukup besar karena kawan punya c280 taun 2009 lumayan ganjen sama bengkel (masalah kawan yg terakhir ECU ngabisin 20an


terlebih bakal om pake buat keluarga yang menurut saya kurang nyaman.
dulu dalam kondisi std, kalo cruising kelamaan lowerback saya nyerah banget serta seat yang "sempit". dengan berbagai macam pertimbangan akhirnya saya buat mobil "hobby" alias weekend warrior. emang sih modal coilover, velg amg, serta engine stage 1 ini mobil auto ganteng dan fun banget. but it comes with a price
saran saya sih ketimbang w204 mending camry om. tapi ya balik lagi kalo memang om sudah siap dengan masalah nya w204 from A to Z, dan unit yg dibeli kondisinya masih prima then go for it. but i don't recommend it

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4911
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Need Advice : Suzuki Scross 2017 a/t tukar dengan mercy w204 2009 kompressor
Terimakasih koreksinya omSinclaire wrote: Sat Jul 18, 2020 15:58 ya beda dong om satu pake supercharger, satunya pake turbocharger
yang 200 cgi sama 250 cgi juga ada perbedaan di komponen turbo, wastegate dan injectornya, engine map juga beda.
Kalau c280 sih, gak heran kalau ECU nya bermasalah, karena mesinnya 6 silinder M272 V6, yg emg rawan di ECUnya, karena ECU panggang yg ditaro diatas mesin, beda sm M271 4 silindernya yg letak ECUnya dibawah, which is lebih reliable dibanding M272 nyads31 wrote: Sun Jul 19, 2020 3:18 izin saran dari pengguna w204 edition c![]()
saran saya jangan om lebih baik scross dipertahankan. menurut saya pribadi ext dan int "sudah mulai usang" w204 pre-facelift dan saya pastikan budget untuk repair cukup besar karena kawan punya c280 taun 2009 lumayan ganjen sama bengkel (masalah kawan yg terakhir ECU ngabisin 20an![]()
)
terlebih bakal om pake buat keluarga yang menurut saya kurang nyaman.
dulu dalam kondisi std, kalo cruising kelamaan lowerback saya nyerah banget serta seat yang "sempit". dengan berbagai macam pertimbangan akhirnya saya buat mobil "hobby" alias weekend warrior. emang sih modal coilover, velg amg, serta engine stage 1 ini mobil auto ganteng dan fun banget. but it comes with a price
saran saya sih ketimbang w204 mending camry om. tapi ya balik lagi kalo memang om sudah siap dengan masalah nya w204 from A to Z, dan unit yg dibeli kondisinya masih prima then go for it. but i don't recommend it![]()
Btw selama make w204, apakah ada problem serius, kaya rattling, dll? dan apa aja yg mesti diperhatikan untuk w204 seken ini? karena saya masih awam soal mobil eropa, selama ini pake mobil jepang saja. Saya juga sama seperti om TS, pengen tuker xpander ultimate 2017 at ke W204 C200 FL 2011-2012 atau C250 PFL 2010. Budget 250 max, dan w204 ini akan digunakan untuk daily dan mobil ke 4 (karena dirumah sudah ada CRV turbo prestige, AN CX5 ,dan yaris joker TRD)
Alternatif lain selain W204 ada camry XV50 2.5 V 2013-2014 dan GNKI V diesel AT 2013-2014. Nah, mending mana ya? Apakah worth tuker xpander ke W204, jujur aja, awalnya udah tekat bulet buat tuker xpander ke w204, dan udh rencana buat hunting tahun depan. Tapi kok, liat pengalaman master2 dan suhu2 disini, terutama soal maintenance, bikin saya agak ragu ya, apakah mending puter balik ke camry atau innova, or lanjut buat w204 nya ya? hehehe. Alasan jual xpander, karena udah ada mobil 7 seater lain dirumah + pengen ganti suasana, pengen nyobain sedan atau mobil diesel
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11783
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Need Advice : Suzuki Scross 2017 a/t tukar dengan mercy w204 2009 kompressor
fizrmen wrote: Sun Jul 19, 2020 1:46
.......
1. Om ngerasa idupnya udah bebas masalah? kalo udah bebas masalah silahkan tuker Scross nya
........



-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 54
- Joined: Mon Dec 03, 2018 15:42
- Location: West Java
- Daily Vehicle: TransJakarta No 8
Re: Need Advice : Suzuki Scross 2017 a/t tukar dengan mercy w204 2009 kompressor
kalo saya pribadi problem hanya di kenyamanan berkendara dan jok yg sempit sih. kalo problem lain alhamdulillah gapernah ketemu yang aneh2 karena till this day selalu ke beres dan perhari pp rumah kantor hanya 15km tapi terakhir service disuruh ganti baut di kaki2 depan kiri (lupa baut apa namanya) yang bikin mobil lari ke kiri. harga 1 bautnya sekitar 3jt kalo gasalah dan beres gamau kalo cuma 1 bagian harus 4 - 4 nyaKalau c280 sih, gak heran kalau ECU nya bermasalah, karena mesinnya 6 silinder M272 V6, yg emg rawan di ECUnya, karena ECU panggang yg ditaro diatas mesin, beda sm M271 4 silindernya yg letak ECUnya dibawah, which is lebih reliable dibanding M272 nyads31 wrote: Sun Jul 19, 2020 3:18 izin saran dari pengguna w204 edition c![]()
saran saya jangan om lebih baik scross dipertahankan. menurut saya pribadi ext dan int "sudah mulai usang" w204 pre-facelift dan saya pastikan budget untuk repair cukup besar karena kawan punya c280 taun 2009 lumayan ganjen sama bengkel (masalah kawan yg terakhir ECU ngabisin 20an![]()
)
terlebih bakal om pake buat keluarga yang menurut saya kurang nyaman.
dulu dalam kondisi std, kalo cruising kelamaan lowerback saya nyerah banget serta seat yang "sempit". dengan berbagai macam pertimbangan akhirnya saya buat mobil "hobby" alias weekend warrior. emang sih modal coilover, velg amg, serta engine stage 1 ini mobil auto ganteng dan fun banget. but it comes with a price
saran saya sih ketimbang w204 mending camry om. tapi ya balik lagi kalo memang om sudah siap dengan masalah nya w204 from A to Z, dan unit yg dibeli kondisinya masih prima then go for it. but i don't recommend it![]()
Btw selama make w204, apakah ada problem serius, kaya rattling, dll? dan apa aja yg mesti diperhatikan untuk w204 seken ini? karena saya masih awam soal mobil eropa, selama ini pake mobil jepang saja. Saya juga sama seperti om TS, pengen tuker xpander ultimate 2017 at ke W204 C200 FL 2011-2012 atau C250 PFL 2010. Budget 250 max, dan w204 ini akan digunakan untuk daily dan mobil ke 4 (karena dirumah sudah ada CRV turbo prestige, AN CX5 ,dan yaris joker TRD)
Alternatif lain selain W204 ada camry XV50 2.5 V 2013-2014 dan GNKI V diesel AT 2013-2014. Nah, mending mana ya? Apakah worth tuker xpander ke W204, jujur aja, awalnya udah tekat bulet buat tuker xpander ke w204, dan udh rencana buat hunting tahun depan. Tapi kok, liat pengalaman master2 dan suhu2 disini, terutama soal maintenance, bikin saya agak ragu ya, apakah mending puter balik ke camry atau innova, or lanjut buat w204 nya ya? hehehe. Alasan jual xpander, karena udah ada mobil 7 seater lain dirumah + pengen ganti suasana, pengen nyobain sedan atau mobil diesel


kalo untuk pilihan lain saya rasa ga ada karena sedan dengan kelegaan dan ke ekonomisan dari vx50 ga ada lawan setau saya
kalo om sudah ada crv, cx5 sih gaperlu innova yah. tapi ini saran dari newbie kayak saya lho om

toh kalo memang pengen bgt w204 ya silahkan saja karena emang secara tongkrongan masih mantap lah cuma ga yakin w204 yang beredar dipasaran kondisi nya mint or atleast 80%
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 176
- Joined: Sun May 01, 2016 7:00
Re: Need Advice : Suzuki Scross 2017 a/t tukar dengan mercy w204 2009 kompressor
mobilnya emang sempit sih om,ds31 wrote: Sun Jul 19, 2020 8:07kalo saya pribadi problem hanya di kenyamanan berkendara dan jok yg sempit sih. kalo problem lain alhamdulillah gapernah ketemu yang aneh2 karena till this day selalu ke beres dan perhari pp rumah kantor hanya 15km tapi terakhir service disuruh ganti baut di kaki2 depan kiri (lupa baut apa namanya) yang bikin mobil lari ke kiri. harga 1 bautnya sekitar 3jt kalo gasalah dan beres gamau kalo cuma 1 bagian harus 4 - 4 nyaKalau c280 sih, gak heran kalau ECU nya bermasalah, karena mesinnya 6 silinder M272 V6, yg emg rawan di ECUnya, karena ECU panggang yg ditaro diatas mesin, beda sm M271 4 silindernya yg letak ECUnya dibawah, which is lebih reliable dibanding M272 nyads31 wrote: Sun Jul 19, 2020 3:18 izin saran dari pengguna w204 edition c![]()
saran saya jangan om lebih baik scross dipertahankan. menurut saya pribadi ext dan int "sudah mulai usang" w204 pre-facelift dan saya pastikan budget untuk repair cukup besar karena kawan punya c280 taun 2009 lumayan ganjen sama bengkel (masalah kawan yg terakhir ECU ngabisin 20an![]()
)
terlebih bakal om pake buat keluarga yang menurut saya kurang nyaman.
dulu dalam kondisi std, kalo cruising kelamaan lowerback saya nyerah banget serta seat yang "sempit". dengan berbagai macam pertimbangan akhirnya saya buat mobil "hobby" alias weekend warrior. emang sih modal coilover, velg amg, serta engine stage 1 ini mobil auto ganteng dan fun banget. but it comes with a price
saran saya sih ketimbang w204 mending camry om. tapi ya balik lagi kalo memang om sudah siap dengan masalah nya w204 from A to Z, dan unit yg dibeli kondisinya masih prima then go for it. but i don't recommend it![]()
Btw selama make w204, apakah ada problem serius, kaya rattling, dll? dan apa aja yg mesti diperhatikan untuk w204 seken ini? karena saya masih awam soal mobil eropa, selama ini pake mobil jepang saja. Saya juga sama seperti om TS, pengen tuker xpander ultimate 2017 at ke W204 C200 FL 2011-2012 atau C250 PFL 2010. Budget 250 max, dan w204 ini akan digunakan untuk daily dan mobil ke 4 (karena dirumah sudah ada CRV turbo prestige, AN CX5 ,dan yaris joker TRD)
Alternatif lain selain W204 ada camry XV50 2.5 V 2013-2014 dan GNKI V diesel AT 2013-2014. Nah, mending mana ya? Apakah worth tuker xpander ke W204, jujur aja, awalnya udah tekat bulet buat tuker xpander ke w204, dan udh rencana buat hunting tahun depan. Tapi kok, liat pengalaman master2 dan suhu2 disini, terutama soal maintenance, bikin saya agak ragu ya, apakah mending puter balik ke camry atau innova, or lanjut buat w204 nya ya? hehehe. Alasan jual xpander, karena udah ada mobil 7 seater lain dirumah + pengen ganti suasana, pengen nyobain sedan atau mobil diesel![]()
bisa diakalin spooring sih tapi hitungan 4-5 bulan pasti balik lari ke kiri lagi.
kalo untuk pilihan lain saya rasa ga ada karena sedan dengan kelegaan dan ke ekonomisan dari vx50 ga ada lawan setau saya
kalo om sudah ada crv, cx5 sih gaperlu innova yah. tapi ini saran dari newbie kayak saya lho om![]()
toh kalo memang pengen bgt w204 ya silahkan saja karena emang secara tongkrongan masih mantap lah cuma ga yakin w204 yang beredar dipasaran kondisi nya mint or atleast 80%


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 561
- Joined: Sun Nov 23, 2014 5:25
Re: Need Advice : Suzuki Scross 2017 a/t tukar dengan mercy w204 2009 kompressor
terlepas dari urusan budget, reliability, dll...lutfhin87 wrote: Sat Jul 18, 2020 12:36 ...dan suspensinya rasanya lumayan keras...
...lumayan irit bbm untuk ukuran mbl eropa krn dipakai juga oleh perusahaan taksi...
itu suspensi w204 ga empuk lho
urusan irit seinget saya dulu yang turbo (CGI) sekitar 1:8an deh dalam kota Jkt, lha ya taksi dituanginnya premium di mampang situ setau saya sih
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3209
- Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
- Location: idn, 18 mdpl
- Daily Vehicle: b48 1gd 4a9
Re: Need Advice : Suzuki Scross 2017 a/t tukar dengan mercy w204 2009 kompressor
Entah kenapa klo baca2 forum sering liat tulisan "pelihara mobil eropa"...
Jarang banget "eropa" diganti innova alpard ato sejenis..
Cmn bilang pake innova.. pake crv

Jarang banget "eropa" diganti innova alpard ato sejenis..
Cmn bilang pake innova.. pake crv

engine roaring!
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Sat Mar 04, 2017 16:48
Re: Need Advice : Suzuki Scross 2017 a/t tukar dengan mercy w204 2009 kompressor
Saya sdh mempersiapkan budget untuk perbaikan sekitar 15-20jtan ,untuk bbm selama masih dikisaran 1:9 dalem kota masih acceptable oleh saya, kalo model yg cgi masih over budget gan, kecuali harganya sdh under 200jtPboyz97 wrote: Sat Jul 18, 2020 14:35 Saya bantu jawab ya om, kebetulan posisi saya sama seperti om, pengen tuker mobil jepang tahun muda dengan mobil eropa tahun tua. Yaitu xpander ultimate 2017 at dengan mercy w204 c250 pfl cgi 2010 atau w204 c200 avg cgi fl 2011-2012. Cuma masih maju mundur sih, masih kepikiran sm maintenancenya nih, wkwkwk. Dan rencana baru mau hunting tahun depan.
1. Depends, budget om berapa pastinya? Apakah akan nombok dari penjualan s-cross atau budgetnya ngepas? terus apakah ada spare budget diluar harga mobil untuk perbaikan, dll? Kalau gak nombok dan ada spare budgetnya, Worth it, minusnya dibanding scross cuma gabisa bluetooth doang, karena bluetooth baru ada yg versi FL nya yg tahun 2011 akhir - 2014 dan konsumsi BBM yg lebih boros , karena mobil ini cc nya 1800 atau 2000cc gitu , saya lupa, sedangkan scross 1500cc.
Kalau nombok, dan blm ada spare budgetnya diluar harga mobil, gak worth. Mengapa? Karena namanya mobil eropa, seken, dan udah berumur 11 tahun, pasti ada aja yang harus diganti. Saran saya, sediakan spare budget 20-30 jt dari harga mobil untuk jaga- jaga kalau terjadi apa - apa. Cuma kalau om udah biasa merawat galant hiu, harusnya gak masalah lah ya, karena harga part galant hiu sm w204 beda tipis di bengkel spesialis katanya temen saya yg pernah melihara keduanya hehehe
2. Kalau soal maintenance, mobil ini cukup badak untuk ukuran mobil eropa, maintenancenya jauh lebih murah dibanding E90 dan Audi a4 tahun sama. Dan perawatannya termasuk murah untuk mobil eropa (kek melihara toyota aja dah, cuma ini versi eropanya aja hehehe). Kalau soal part, w204 sangat mudah dan gampang dicari, part melimpah dari ori sampe KW, dan banyak bengkel spesialis yg bisa benerin. Kalau om tinggal di bogor sih, gak masalah ya harusnya buat urusan sparepart, tinggal luangkan waktu aja buat main- main ke jakarta buat hunting sparepart atau gak gabung ke komunitasnya ,siapatau om bisa dapet refrensi bengkel spesialis yg harganya terjangkau dan kualitasnya oke di daerah Bogor hehehe, saran saya , servis di spesalis aja, karena bedanya bisa hampir 2x lipat dibanding bengkel resmi
3. Penyakit khas ya cuma di printilan interior aja ya, yg gampang ngelupas, gak ada yg perlu dikuatirin. Matic, mesin, kaki - kaki, dan racksteering termasuk aman (terutama mechanya, jauh lebih reliable daripada E90 yg gampang rusak wkwkwk) , cuma balik lg ke pemakaian owner sebelumnya seperti apa. Dan kalau soal ECU, tipe kompresor termasuk aman kok, karena mesinnya masih 4 silinder, bukan 6 silinder M272 kek C280 tahun sama, yg ecunya model ecu panggang , which is rawan jebol dan sekalinya ganti mahal. Ada 2 temen saya yg pelihara W204 , keduanya beli seken masih aman- aman aja, dan masih dipake daily sampe sekarang. Temen saya yg pertama, beli C200 CGI AVG PFL 2011 2nd , tahun 2012, pake sampe sekarang aman - aman aja. Gak ada masalah serius kaya mogok, overheat, matic jebol, ECU ,dll, masih aman - aman aja mobilnya, dan masih dipake daily sama ayahnya buat ngantor jakarta - bekasi sampe sekarang, perawatan 2011-2017 selalu di beres, dan 2017 - sekarang pindah ke spesialis. Kemudian ,teman saya yg lainnya ,juga beli C200 CGI AVG FL 2012, tahun 2017, sekarang km udh 77rb masih aman - aman aja mobilnya, gak ada masalah sama sekali, cuma printilan interiornya aja yg udah pada ngelupas, serta mobil dipake dailya + servisnya di spesialis dari baru ambil tahun 2017 sampe sekarang
Intinya kalau mau beli W204 tuh, yg mesti diperhatiin:
- Sensor - sensor, karena elektrikalnya termasuk canggih
- Kompresornya, pastikan perawatannya teratur dan rutin, kalau perlu ajak owner sblmnya buat check up di beres atau spesialis yg recomended (untuk scan , biar tau di awal, kerusakkan atau kekurangannya apa aja)
- Maticnya, pastikan perawatannya teratur dan owner sebelumya rutin ganti oli maticnya, karena kadang2 maticnya suka loncat - loncat, kalau makenya kasar atau kelamaan diem di garasi (tapi untuk bagian ini, reliable kok, jarang banget ada trouble matic di w204, apalagi yg tipe 4 silinder kek kompresor ini)
- Printilan interior, pastikan masih ori, dan indikatornya, kaya logo lock atau logo hazzardnya gak ngelupas
- Pas pengecekan, WAJIB test drive, karena kalau kenapa napa, mobil w204 ini lebih mahal maintenancenya dibanding mobil jepang , walaupun dibanding E90, maintenance costnya masih jauh lebih murah. Kalau om masih awam sama mobil eropa. Ajak kenalan atau teman atau mekanik yg ngerti tentang seluk beluk mobil eropa, karena mobil eropa, elektrikal dan mesinnya lebih rumit daripada mobil jepang, biar gak menyesal di kemudian hari hehehe
Kalau om ingin sekedar pengen mobil eropa dan w204 sih, mobil ini cukup worth. Tapi saran saya, mending nabung lagi om, up dana ke 210-240, bisa dapet yg CGI 2010 (ini ada 2 versi, classic dan avg) , tampilan sama persis kek yg kompresor, kalau yg classic (yg om incer) , tapi
- Lebih irit daripada yg kompresor
- Tenaga jg lebih gede
- Perawatan juga denger2 lebih murah daripada versi kompresor
- Kapasitas mesin, kalo kompresor 1.800 cc, kalau cgi 2.000 cc kalo gasalah (kodenya sama kok, M271 4 silinder, dan digunakan juga sama C250, varian diatasnya)
Atau, bisa juga ke C200 CGI 2010 yg avg, bedanya
- headlamp udah led, tapi lampu senja dan foglamp masih halogen.
kalo kompresor, headlamp dan foglamp masih halogen
- Speedometer
- Velg
- Grill, kalau classic, logo mercynya ada di atas kap mesin, kalau yg avg, logo mercynya ada di grill hehehe
- Fitur lebih lengkap daripada yg trim classic
Kalo hoki, bisa dapet yg C250 AMG 2010, yg
- Lebih kenceng
- Suspensi lebih keras daripada C200 kalo gasalah
- Tarikan lebih oke
- CC mesin 2.500 cc, kalau c200 kompre cuma 1800 cc doang kalo gasalah (kode sama2 M271, kek yg c200 nya)
- Fitur lebih lengkap
- Lampu headlamp full led sama lampu senjanya juga, tapi foglamp masih halogen
minusnya cuma konsumsi bbm aja yg lebih boros daripada yg kompresor
Semoga bermanfaat, good luck, and happy hunting ya om. Semoga dapet unit yg bagus , minim PR, dan sesuai ekspekstasi
Kalau memang dirasa masih kemahalan buat om TS, saya sarankan balik ke jepang lagi saja, camry XV40 2.5V 2011 FL atau XV50 2.5V 2012 PFL bisa jadi pertimbangan alternatif. Maintenance gampang dan partnya banyak, kalo dah biasa melihara altis dan galant hiu gak masalah harusnya pelihara camry karena partnya mirip2 harganya dibanding altis dan lebih murah daripada galant hiu, kalo di spesialis hehehe + lebih murah juga dibanding w204 . Minusnya cuma konsumsi bbmnya aja yg rada boros (dalkot 1:7-8)
Orang tua saya (ibu) sdh ada camry xv50 2014 gan, sblmnya pakai accord cp 2010 jadi kurang tertarik untuk kedua mbl tsb, meskipun belum pernah bnr2 pelihara mbl tsb krn cuma "pinjam" saja

-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Sat Mar 04, 2017 16:48
Re: Need Advice : Suzuki Scross 2017 a/t tukar dengan mercy w204 2009 kompressor
Tks gan sdh berbagi pengalamannyaSinclaire wrote: Sat Jul 18, 2020 14:30 apakah ada spare budget buat perbaikan/ preventive maintenance om? dulu saya pake yg taun 2010, common problemsnya, dulu pernah ganti throttle body, ini 2x kejadian, gejalanya mobil suka mati sendiri kalo lg idle, sm idle juga bisa ngacak ga beraturan, hasil SD harus ganti, 6 jutaan harganya
problem kedua ada di motor kunci mobilnya, EIS/ESL namanya, jadi gejalanya itu kunci dimasukin ke slot starter dia gak nyedot, jd mesinnya gak nyala, rusaknya ada di gir plastik didalem, kalo repair 2 jutaan, ganti 6 juta juga waktu itu, pernah kejadian sekali
satu lagi, karena mobil ini pakai supercharger (kompressor), dia harus ganti oli kompressor, harganya 1 jutaan hampir 2 juta untuk cairan sebanyak 125ml -__-, saya lupa jangka waktunya berapa lama sekali gantinya, tp cukup lama utk oli kompressor ini, pastiin pas cari jangan sampai ada suara aneh2 dari superchargernya ya om,
kalo memang ada spare biaya untuk jaga2 spt diatas ya go for it om, cuman kalo nyari empuk, mobil ini ga empuk2 banget, bensin pertamax cukup, dalem kota 1:8-9 dapet,
perlu diingat mobil eropa sebenarnya bukan rewel, tp memang ada price you have to pay for comfort, prestige, dll, termasuk pajak yang lebih mahal dr mobil jepang. kalau sudah siap silahkan ambil om, termasuk salah satu mobil eropa yg mudah rawatnya ini
terakhir, mobil ini kalo jarang dipake malah rusak om, jadi coba dipertimbangkan aja hal ini, dan kalau ada spare budget lebih saya lebih rekomen cari yang udah CGI
Sudah saya persiapkan dana untuk perbaikan sekitar 15-20jtan gan
Seram juga yah klo lg idle tiba2 mati , gak kebayang klo lg lampu merah mati tiba2 repot jg
Wah baru tau saya klo mercy jarang dipake malah rusak ?

Saya kira klo mobil yg sering dipake itu mbl capek dgn km yg tinggi, kesannya gak terawat aja, krn klo saya mau cari mbl 2nd apalagi yg eropa yg sudah berumur pertama kali dilihat adalah km nya rendah apa tdk, klo mblnya low km rasanya lebih peace of mind aja sih
