Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
blloewy wrote: Wed Jul 15, 2020 5:24
Om Klep, Mbah Marmut kl suara engine HR15 begini apakah itu suara Tumble Valve di Intake Manifold? https://voca.ro/c4NCgdBBvLQ
Posisi Oli PTT 5W-30 baru pake 350 km.
Manual kah om? Suaranya Bukan dr arah transmisi? Injek kopling hilang gak
blloewy wrote: Wed Jul 15, 2020 5:24
Om Klep, Mbah Marmut kl suara engine HR15 begini apakah itu suara Tumble Valve di Intake Manifold? https://voca.ro/c4NCgdBBvLQ
Posisi Oli PTT 5W-30 baru pake 350 km.
Manual kah om? Suaranya Bukan dr arah transmisi? Injek kopling hilang gak
Iya manual...
Kl itu beda Om suaranya...
Ngga sekasar itu kl transmisi MT Livina
Cm seerrr.....seeer....seeeerrr doang.
blloewy wrote: Wed Jul 15, 2020 5:24
Om Klep, Mbah Marmut kl suara engine HR15 begini apakah itu suara Tumble Valve di Intake Manifold? https://voca.ro/c4NCgdBBvLQ
Posisi Oli PTT 5W-30 baru pake 350 km.
Manual kah om? Suaranya Bukan dr arah transmisi? Injek kopling hilang gak
Iya manual...
Kl itu beda Om suaranya...
Ngga sekasar itu kl transmisi MT Livina
Cm seerrr.....seeer....seeeerrr doang.
Biar tenang d turun mesin aj
Abis itu di oversize 0.5
Parts2 lengkap koq d atrium, aseli made in jepun pula
blloewy wrote: Thu Jul 16, 2020 6:33
Iya manual...
Kl itu beda Om suaranya...
Ngga sekasar itu kl transmisi MT Livina
Cm seerrr.....seeer....seeeerrr doang.
Biar tenang d turun mesin aj
Abis itu di oversize 0.5
Parts2 lengkap koq d atrium, aseli made in jepun pula
Ntar mobilnya jd makin resing
saran sesat ini mah....bagi yg ngga pny duit
atrium toko mana yg rekomen om klep kl mau beli parts Livina?
Champion Motor ya?
kl rencana mau pakai ampe 20 taon lg yah mending dr skrg ud d turun mesin om.. jadinya hati tenang 20 taon ke depan
champion bsa, GT motor jg bsa... kl yg laen, sila dcoba dgn konsekuensi sendiri
ohh satu lagi, sudah hukum adat kl beli busi d atrium (palagi busi batu makam) utk di buka dan di check lg busi nya
Parts2 lengkap koq d atrium, aseli made in jepun pula
Ntar mobilnya jd makin resing
saran sesat ini mah....bagi yg ngga pny duit
atrium toko mana yg rekomen om klep kl mau beli parts Livina?
Champion Motor ya?
kl rencana mau pakai ampe 20 taon lg yah mending dr skrg ud d turun mesin om.. jadinya hati tenang 20 taon ke depan
champion bsa, GT motor jg bsa... kl yg laen, sila dcoba dgn konsekuensi sendiri
ohh satu lagi, sudah hukum adat kl beli busi d atrium (palagi busi batu makam) utk di buka dan di check lg busi nya
Turun mesin ganti seal.klep dkk ya Om?
Ada tuch di grup turun mesin krn sludge olinya sampe di tutup oli bisa diserok.
Btw, kenapa emang businya Om kl beli disono?
blloewy wrote: Thu Jul 16, 2020 12:37
saran sesat ini mah....bagi yg ngga pny duit
atrium toko mana yg rekomen om klep kl mau beli parts Livina?
Champion Motor ya?
kl rencana mau pakai ampe 20 taon lg yah mending dr skrg ud d turun mesin om.. jadinya hati tenang 20 taon ke depan
champion bsa, GT motor jg bsa... kl yg laen, sila dcoba dgn konsekuensi sendiri
ohh satu lagi, sudah hukum adat kl beli busi d atrium (palagi busi batu makam) utk di buka dan di check lg busi nya
Turun mesin ganti seal.klep dkk ya Om?
Ada tuch di grup turun mesin krn sludge olinya sampe di tutup oli bisa diserok.
Btw, kenapa emang businya Om kl beli disono?
Banyak cerita livina oil sludge sampe mesti turun mesin
Kalo kata mod DOHC gara2 mesin livina terlalu panas sedangkan kapasitas oli cuman 3 L
Pernah liat livina lagi dibongkar gara2 oil sludge metal2 baret semua serem
blloewy wrote: Wed Jul 15, 2020 5:24
Om Klep, Mbah Marmut kl suara engine HR15 begini apakah itu suara Tumble Valve di Intake Manifold? https://voca.ro/c4NCgdBBvLQ
Posisi Oli PTT 5W-30 baru pake 350 km.
Manual kah om? Suaranya Bukan dr arah transmisi? Injek kopling hilang gak
Iya manual...
Kl itu beda Om suaranya...
Ngga sekasar itu kl transmisi MT Livina
Cm seerrr.....seeer....seeeerrr doang.
Klo bearing transmisinya sdh kena jg bunyinya bakal kasar om. Tp klo diinjek kopling ilang suaranya
Jambangan wrote: Fri Jul 17, 2020 1:45
Banyak cerita livina oil sludge sampe mesti turun mesin
Kalo kata mod DOHC gara2 mesin livina terlalu panas sedangkan kapasitas oli cuman 3 L
Pernah liat livina lagi dibongkar gara2 oil sludge metal2 baret semua serem
Klo bearing transmisinya sdh kena jg bunyinya bakal kasar om. Tp klo diinjek kopling ilang suaranya
kalo injek pedal kopling suara hilang, clutch release bearing yang kena. atau monteur asem reges biasa bilang druk lager. lokasinya di bell housing, tidak di dalam transmisi.
bearing transmisi adanya di dalam transmisi, selalu kerendem oli.
selama oli masih ada, ngga akan rusak ataupun bunyi kecuali volume oli sangat sedikit sekali.
Jambangan wrote: Fri Jul 17, 2020 1:45
Banyak cerita livina oil sludge sampe mesti turun mesin
Kalo kata mod DOHC gara2 mesin livina terlalu panas sedangkan kapasitas oli cuman 3 L
Pernah liat livina lagi dibongkar gara2 oil sludge metal2 baret semua serem
Klo bearing transmisinya sdh kena jg bunyinya bakal kasar om. Tp klo diinjek kopling ilang suaranya
kalo injek pedal kopling suara hilang, clutch release bearing yang kena. atau monteur asem reges biasa bilang druk lager. lokasinya di bell housing, tidak di dalam transmisi.
bearing transmisi adanya di dalam transmisi, selalu kerendem oli.
selama oli masih ada, ngga akan rusak ataupun bunyi kecuali volume oli sangat sedikit sekali.
kl utk kes old nissan grand livina super resing dgn girbox RS5F9 5 speed, memang scara default ad bunyi mbah, bahkan mau di masukin veet jg bakal tetep bunyi..
bunyi nya itu bukan karena bearing, tp krn hub assembly gigi mundur + synchro nya yg muter2 mulu, dtambah bell housing yg posisi hadep ban (warna item) yg rada kopong (krn kayanya ini bell housing yg dipake jg utk RS6F9 6 speed yg lebi padet berisi montok dgn gear ke 6) shg bunyi si gear di resonasi oleh si ruang kopong tsb, makanya pas lg neutral ad bunyi krrrrrrr krrrrrr kenceng
Jambangan wrote: Fri Jul 17, 2020 1:45
Banyak cerita livina oil sludge sampe mesti turun mesin
Kalo kata mod DOHC gara2 mesin livina terlalu panas sedangkan kapasitas oli cuman 3 L
Pernah liat livina lagi dibongkar gara2 oil sludge metal2 baret semua serem
Klo bearing transmisinya sdh kena jg bunyinya bakal kasar om. Tp klo diinjek kopling ilang suaranya
kalo injek pedal kopling suara hilang, clutch release bearing yang kena. atau monteur asem reges biasa bilang druk lager. lokasinya di bell housing, tidak di dalam transmisi.
bearing transmisi adanya di dalam transmisi, selalu kerendem oli.
selama oli masih ada, ngga akan rusak ataupun bunyi kecuali volume oli sangat sedikit sekali.
kl utk kes old nissan grand livina super resing dgn girbox RS5F9 5 speed, memang scara default ad bunyi mbah, bahkan mau di masukin veet jg bakal tetep bunyi..
bunyi nya itu bukan karena bearing, tp krn hub assembly gigi mundur + synchro nya yg muter2 mulu, dtambah bell housing yg posisi hadep ban (warna item) yg rada kopong (krn kayanya ini bell housing yg dipake jg utk RS6F9 6 speed yg lebi padet berisi montok dgn gear ke 6) shg bunyi si gear di resonasi oleh si ruang kopong tsb, makanya pas lg neutral ad bunyi krrrrrrr krrrrrr kenceng
Om klep sdh bersabda...
Bawaan orok Vina itu.
1. Ndut2an di gigi 1-2 rpm under 1500
2 suara transmisi saat netral
3 bunyi injector nya kenceng
Itu aja kayanya bawaan lahir yg ngga bs sembuh kecuali no 1 diremap...
Btw, injector Vina ada brp ya Om Klep?
Sekalian nanya....carbon clean alias gurah itu sebenernya perlu atau ngga ya om?
Atau cukup purging injector aja?
Mobil sdh 8 thn pengen cek injector nya sekaligus kalibrasi...meskipun pake petromax trs tetep aja itu fuel pump kotor krn endapan yg entah drmn
blloewy wrote: Sat Jul 18, 2020 0:37
Om klep sdh bersabda...
Bawaan orok Vina itu.
1. Ndut2an di gigi 1-2 rpm under 1500
2 suara transmisi saat netral
3 bunyi injector nya kenceng
Itu aja kayanya bawaan lahir yg ngga bs sembuh kecuali no 1 diremap...
Btw, injector Vina ada brp ya Om Klep?
Sekalian nanya....carbon clean alias gurah itu sebenernya perlu atau ngga ya om?
Atau cukup purging injector aja?
Mobil sdh 8 thn pengen cek injector nya sekaligus kalibrasi...meskipun pake petromax trs tetep aja itu fuel pump kotor krn endapan yg entah drmn
carb clean sih .... paling bener copot busi n liat sendiri om kondisinya pegimana d dalem ruang bakar .... cuman setahu saya untuk akses busi-nya lipindut kan agak laknat ya .... n 8 tahun kalau pemilik sebelumnya kagak pernah bebersih, ya ga ada salahnya lgsg aja merem bebersih...
Praktis sejam beres ya ke toda, pake liquimoly jetronic-nya dia lgsg tancep alatnya ke fuel rail jd lgsg bersihin fuel rail + injector + combustion chamber. Kaga ada buka2 busi dll. n 700 ribu++ melayang sudah pasti.
Mau metode lebih bersih tp agak lama, ya copot atu2 .... skalian bersihin TB, intake manifold, payung klep masuk, ruang bakar, fuel rail, injector, ruang bakar .... pengerjaan tapi ya mungkin seharian. Harga variatip, gimana bengkel getoknya aja.
Tapi kalau di tempat mbah @marmut mungkin 10 menit beres, karena punya asisten kucing di lantai yg sangat rajin membantu
blloewy wrote: Sat Jul 18, 2020 0:37
Om klep sdh bersabda...
Bawaan orok Vina itu.
1. Ndut2an di gigi 1-2 rpm under 1500
2 suara transmisi saat netral
3 bunyi injector nya kenceng
Itu aja kayanya bawaan lahir yg ngga bs sembuh kecuali no 1 diremap...
Btw, injector Vina ada brp ya Om Klep?
Sekalian nanya....carbon clean alias gurah itu sebenernya perlu atau ngga ya om?
Atau cukup purging injector aja?
Mobil sdh 8 thn pengen cek injector nya sekaligus kalibrasi...meskipun pake petromax trs tetep aja itu fuel pump kotor krn endapan yg entah drmn
carb clean sih .... paling bener copot busi n liat sendiri om kondisinya pegimana d dalem ruang bakar .... cuman setahu saya untuk akses busi-nya lipindut kan agak laknat ya .... n 8 tahun kalau pemilik sebelumnya kagak pernah bebersih, ya ga ada salahnya lgsg aja merem bebersih...
Praktis sejam beres ya ke toda, pake liquimoly jetronic-nya dia lgsg tancep alatnya ke fuel rail jd lgsg bersihin fuel rail + injector + combustion chamber. Kaga ada buka2 busi dll. n 700 ribu++ melayang sudah pasti.
Mau metode lebih bersih tp agak lama, ya copot atu2 .... skalian bersihin TB, intake manifold, payung klep masuk, ruang bakar, fuel rail, injector, ruang bakar .... pengerjaan tapi ya mungkin seharian. Harga variatip, gimana bengkel getoknya aja.
Tapi kalau di tempat mbah @marmut mungkin 10 menit beres, karena punya asisten kucing di lantai yg sangat rajin membantu
Ada tuch yg bagian akhir Om...yg dicopot satu2 dari mulai TB, EGR dibersihin.
Intake manifold dicopot dan dibersihkan jg dan dilepas satu2 tumble valve plastiknya...
Terakhir ya copot koil, bersihkan busi dan semprot di ruang bakar sampe bersih...
Emang seharian sich...tp okelah dicoba yg itu krn lbh deket rumah
Lipindut ndut2an itu biasanya terbiasa bawa kijang kapsul, panther atau apanja. Kl yg perna bawa cityZ, dangan atau sebangsanya mahh, lipindut ga ad seupil2 nya
Injector trgantung
Kl old nissan grand livina 2007 HR15DE L10 with Rs5F9 gearbox single cvtc yg always bbm.pertamax itu single injector
blloewy wrote: Sat Jul 18, 2020 0:37
Om klep sdh bersabda...
Bawaan orok Vina itu.
1. Ndut2an di gigi 1-2 rpm under 1500
2 suara transmisi saat netral
3 bunyi injector nya kenceng
Itu aja kayanya bawaan lahir yg ngga bs sembuh kecuali no 1 diremap...
Btw, injector Vina ada brp ya Om Klep?
Sekalian nanya....carbon clean alias gurah itu sebenernya perlu atau ngga ya om?
Atau cukup purging injector aja?
Mobil sdh 8 thn pengen cek injector nya sekaligus kalibrasi...meskipun pake petromax trs tetep aja itu fuel pump kotor krn endapan yg entah drmn
carb clean sih .... paling bener copot busi n liat sendiri om kondisinya pegimana d dalem ruang bakar .... cuman setahu saya untuk akses busi-nya lipindut kan agak laknat ya .... n 8 tahun kalau pemilik sebelumnya kagak pernah bebersih, ya ga ada salahnya lgsg aja merem bebersih...
Praktis sejam beres ya ke toda, pake liquimoly jetronic-nya dia lgsg tancep alatnya ke fuel rail jd lgsg bersihin fuel rail + injector + combustion chamber. Kaga ada buka2 busi dll. n 700 ribu++ melayang sudah pasti.
Mau metode lebih bersih tp agak lama, ya copot atu2 .... skalian bersihin TB, intake manifold, payung klep masuk, ruang bakar, fuel rail, injector, ruang bakar .... pengerjaan tapi ya mungkin seharian. Harga variatip, gimana bengkel getoknya aja.
Tapi kalau di tempat mbah @marmut mungkin 10 menit beres, karena punya asisten kucing di lantai yg sangat rajin membantu
Kl cuman sekedar masukin obat2 an doank trus jebrettt ratusan rebu mah lupakan aj... masa mesin super grand resing di rawat gampangan gt, penipuan yg lebi parah dr kutang berbusa tebel
Harus copotin satu2 donk, bersihin leleran oli berliter2 d intake manifold, EGR dibersihin stelah berkerak 10 cm, tumble flaps dibersihin stelah dibungkus kerak lengket item kaya ingus thanos.. blom lg klep masuk dan head in yg ud dilapisin kerak setebel panci mamang nasgor beneran (bukan yg pake HT)
Itu musti dibersihin pelan2, minimal kl ga mau copot head, ya musti disikat satu2, trus d lap.. dl aj saya bsa abis seharian buat bersihin gt doank
Nahh itu, coba berguru ke mbah marmut aj, masda item skyaktif busi brisk resing yg kap mesin nya kinclong wangi dan disc brake 4 roda d veet aj berobat ke dia
blloewy wrote: Sat Jul 18, 2020 0:37
Om klep sdh bersabda...
Bawaan orok Vina itu.
1. Ndut2an di gigi 1-2 rpm under 1500
2 suara transmisi saat netral
3 bunyi injector nya kenceng
Itu aja kayanya bawaan lahir yg ngga bs sembuh kecuali no 1 diremap...
Btw, injector Vina ada brp ya Om Klep?
Sekalian nanya....carbon clean alias gurah itu sebenernya perlu atau ngga ya om?
Atau cukup purging injector aja?
Mobil sdh 8 thn pengen cek injector nya sekaligus kalibrasi...meskipun pake petromax trs tetep aja itu fuel pump kotor krn endapan yg entah drmn
carb clean sih .... paling bener copot busi n liat sendiri om kondisinya pegimana d dalem ruang bakar .... cuman setahu saya untuk akses busi-nya lipindut kan agak laknat ya .... n 8 tahun kalau pemilik sebelumnya kagak pernah bebersih, ya ga ada salahnya lgsg aja merem bebersih...
Praktis sejam beres ya ke toda, pake liquimoly jetronic-nya dia lgsg tancep alatnya ke fuel rail jd lgsg bersihin fuel rail + injector + combustion chamber. Kaga ada buka2 busi dll. n 700 ribu++ melayang sudah pasti.
Mau metode lebih bersih tp agak lama, ya copot atu2 .... skalian bersihin TB, intake manifold, payung klep masuk, ruang bakar, fuel rail, injector, ruang bakar .... pengerjaan tapi ya mungkin seharian. Harga variatip, gimana bengkel getoknya aja.
Tapi kalau di tempat mbah @marmut mungkin 10 menit beres, karena punya asisten kucing di lantai yg sangat rajin membantu
Kl cuman sekedar masukin obat2 an doank trus jebrettt ratusan rebu mah lupakan aj... masa mesin super grand resing di rawat gampangan gt, penipuan yg lebi parah dr kutang berbusa tebel
Harus copotin satu2 donk, bersihin leleran oli berliter2 d intake manifold, EGR dibersihin stelah berkerak 10 cm, tumble flaps dibersihin stelah dibungkus kerak lengket item kaya ingus thanos.. blom lg klep masuk dan head in yg ud dilapisin kerak setebel panci mamang nasgor beneran (bukan yg pake HT)
Itu musti dibersihin pelan2, minimal kl ga mau copot head, ya musti disikat satu2, trus d lap.. dl aj saya bsa abis seharian buat bersihin gt doank
Nahh itu, coba berguru ke mbah marmut aj, masda item skyaktif busi brisk resing yg kap mesin nya kinclong wangi dan disc brake 4 roda d veet aj berobat ke dia
kudu pm mbah @marmut dulu nanya lokasi bengkel dan estimasi biaya bersih2 seperti kata om @dohc
maklum pemilik engine resing tp pemakai BPJS
blloewy wrote: Sat Jul 18, 2020 0:33
Bearing transmisi maksudnya itu synchronesh?
Kayanya ngga dech Om.
Saya punya ganti set kopling sama drek lahar nya tetap aja kenceng bunyinya. habis ganti bearing transmisi bunyi krrr kencang jd normal kembali kaya baru. Cuma ongkosnya mahal bener. Ini mobil serba salah mau dijual harga jatuh, jd akhirnya diservis aja. Tp siapkan aja 30jtan klo sudah 10 tahun /150rb km. Btw klo om punya sdh 8 tahun siap2 fuel pump minta ganti.
blloewy wrote: Sat Jul 18, 2020 0:33
Bearing transmisi maksudnya itu synchronesh?
Kayanya ngga dech Om.
Saya punya ganti set kopling sama drek lahar nya tetap aja kenceng bunyinya. habis ganti bearing transmisi bunyi krrr kencang jd normal kembali kaya baru. Cuma ongkosnya mahal bener. Ini mobil serba salah mau dijual harga jatuh, jd akhirnya diservis aja. Tp siapkan aja 30jtan klo sudah 10 tahun /150rb km. Btw klo om punya sdh 8 tahun siap2 fuel pump minta ganti.
sblm ganti dibersihkan dulu om kl fuelpump nya.
30 jutaan buat apaan?
ganti transmisi apa ganti engine itu?
blloewy wrote: Sat Jul 18, 2020 3:48
sblm ganti dibersihkan dulu om kl fuelpump nya.
30 jutaan buat apaan?
ganti transmisi apa ganti engine itu?
Engine mounting set 1.2
Koil + busi 2.5
Kaki2 +/- 15
AC 3
Transmisi bongkar + kopling set 6.5
Fuelpump 1.6
Radiator 1
Itu yg saya ingat om
Mihil.sekali sampeyan Om.
Transmisi bongkar plus kopling set plus seal drive shaft kemaren 3 juta di beres
AC 700 rebu clean all evap, kompresor dan ganti oli kompresor.
Kaki2 msh aman jaya...nunggu promo beres akhir tahun ganti semua bushing kena 3 jt exclude shockbreaker aja
Fuelpump skrg naek om jd 2,5 jt tp so far msh aman jaya
DOHC wrote: Sat Jul 18, 2020 3:01
Kl cuman sekedar masukin obat2 an doank trus jebrettt ratusan rebu mah lupakan aj... masa mesin super grand resing di rawat gampangan gt, penipuan yg lebi parah dr kutang berbusa tebel
Harus copotin satu2 donk, bersihin leleran oli berliter2 d intake manifold, EGR dibersihin stelah berkerak 10 cm, tumble flaps dibersihin stelah dibungkus kerak lengket item kaya ingus thanos.. blom lg klep masuk dan head in yg ud dilapisin kerak setebel panci mamang nasgor beneran (bukan yg pake HT)
Itu musti dibersihin pelan2, minimal kl ga mau copot head, ya musti disikat satu2, trus d lap.. dl aj saya bsa abis seharian buat bersihin gt doank
Nahh itu, coba berguru ke mbah marmut aj, masda item skyaktif busi brisk resing yg kap mesin nya kinclong wangi dan disc brake 4 roda d veet aj berobat ke dia
Gapapa laa mbah, money maker banget itu liquimoly jetronic
Mestinya mbah marmut sediain juga d bengkelnya drpd pusingin milih kunci pas yg bagus...
DOHC wrote: Sat Jul 18, 2020 3:01
Kl cuman sekedar masukin obat2 an doank trus jebrettt ratusan rebu mah lupakan aj... masa mesin super grand resing di rawat gampangan gt, penipuan yg lebi parah dr kutang berbusa tebel
Harus copotin satu2 donk, bersihin leleran oli berliter2 d intake manifold, EGR dibersihin stelah berkerak 10 cm, tumble flaps dibersihin stelah dibungkus kerak lengket item kaya ingus thanos.. blom lg klep masuk dan head in yg ud dilapisin kerak setebel panci mamang nasgor beneran (bukan yg pake HT)
Itu musti dibersihin pelan2, minimal kl ga mau copot head, ya musti disikat satu2, trus d lap.. dl aj saya bsa abis seharian buat bersihin gt doank
Nahh itu, coba berguru ke mbah marmut aj, masda item skyaktif busi brisk resing yg kap mesin nya kinclong wangi dan disc brake 4 roda d veet aj berobat ke dia
Gapapa laa mbah, money maker banget itu liquimoly jetronic
Mestinya mbah marmut sediain juga d bengkelnya drpd pusingin milih kunci pas yg bagus...
mana mau si mbah, colok2 doank, tangan bersih.. ga berasa kerja itu, ga bsa kluarin kebon binatang sgala..
kopi ama tahu goreng masi anget, kerjaan ud klaar.. ga seru donk