ask? BMW E90 325i 2005
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 285
- Joined: Fri Mar 13, 2015 4:14
Re: ask? BMW E90 325i 2005
lha ini yang punya om Kiel kan tahun 2010 om...
denger2 emang LCI lebih reliable...tapi ya tetep ga segitunya ternyata
denger2 emang LCI lebih reliable...tapi ya tetep ga segitunya ternyata
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3209
- Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
- Location: idn, 18 mdpl
- Daily Vehicle: b48 1gd 4a9
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4903
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: ask? BMW E90 325i 2005
Iya om, denger2 emg lebih baik. Terus mau koreksi . Kalo yg FL itu tahun 2010-2012, trimnya 320i, 320i m editon, 325 i sama 325i m edition kalo gasalah sama M3. Kalo 2009 masih Non LCI alias PFL.HaykelAdityawarman wrote: Wed May 20, 2020 2:07 1 thread ini sepertinya cukup buat merangkum seberapa horor 325i E90 ya... mau tanya om, klo 325i yang facelift (2009-2012) denger2 lebih baik reliability nya, apa benar? Mungkiiin in the future ane bakal tuker 325i E46 ane jadi yang mudaan klo memang masih worth buat dipiara.
Tapi kalo tuker E46 ke e90, kayanya gak worth. Populasinya jauh lebih dikit daripada W204 sehingga agak susah cari barang yg bagus kalo E90 ini. Kalo mau tuker yg mudaan bisa lirik W204 C300 2011 atau ke F30 320I 2012-2013 sekalian. Lebih reliable dibanding E90. Temen saya ada yg punya F30 LCI sama E90, yg lebih sering dipake F30nya, sedangkan E90 nya lebih sering diem dibengkel daripada dirumah, gatau kenapa
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3030
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: ask? BMW E90 325i 2005
Haloooo kawan-kawan SM sekalian. Baik2 saja? Mobil sehat2 semua? Roda pada bisa ngegelinding kan ? bahahahaha
Ane mau berbagi info lagi nih
Kemaren di post page 1 kan ane share gambar Error
dalam 1 tahun bisa 3-5x kali visit bengkel. Sampe2 ane kenal semua sama tu orang di bengkel, ketawa2 denger cerita mesin N20 timing chain putus, cerita harga shock adaptive 1 batangnya 12 juta.. dsb,dsb.. Yasudahlah namanya juga pelihara mobil eropa, denger2 cerita kek gitu sudah jadi makanan harian bahkan jadi bahan becandaan
Sampailah kita disini......... Anugrah motor BSD, bengkel kesukaan om kompresorrzzz

Karena dateng pagi2 banget Pukul 8:30, ane customer pertama.
Karena pernah ngalamin sensor roda rusak di thn 2018, ane langsung aja kek jagoan bilang
"oi, sensor roda/abs gw rusak lagi, ganti sparepart ready stock kan??"
Dulu di thn 2018 pertanyaan gini "kohhh.. ini mobil kenapa ya?? Duh system ABS nya rusak ya??? saya jadi takut...."
Mobil langsung naek ke lifter hydraulic.....

Dan langsung dikeroyok sama 9 montir, itu cuman beberapa orang yg ke shoot aslinya banyak montir
sesuai namanya BMW = Bring More Wrench
Akhirnya urusan udah kelar, cuman sensor roda belakang kanan yg rusak/ kemakan usia.
Itu ada 2 komponen, Sensor ABS & Sensor Rem. Harganya murah kok cuman 1 jutaan aja.
Tapi ada masalah laen men.... pas lagi di general check up diketemukan penyakit baru..
Engine mounting gw RUSAK LAGI
Dulu pas angkat ini E90 di thn 2017, ane udah ganti engine mounting full set.. Dikira bakal awet sampe 5 tahun..
Ini di-tahun ketiga udah pada ambles karetnya.. Mgkn faktor jalanan indo jelek yah, mobil dipake harian soalnya. yaudahh...
Akhirnya voila!

Proses penggantian engine mounting memang agak ribet di BMW type ini. Musti pake alat kek gitu buat nahan mesinnya supaya enggak ambrol.
Di F30 juga kurang lebih sama yah prosesnya.
Mumpung mobil lagi di-lift hydraulic ane jg nge-check knalpot yg dulu di muffler delete pas awal thn 2019...

Kondisinya masih lumayan bagus, kerjain di Wuzzi/DD exhaust
--------
Setelah nunggu kurang lebih 1.5 jam finally everything done...
dan ini lah yg ditunggu2 sama warga sejagat SM..
Tagihan bengkel

Surprisingly enggak mahal... biasanya skali ngadep kluar angka 7-10 juta
Itu juga ada penggantian link stabil roda kiri depan 900rb. Bunyi klutuk2 jadi hilang, senyap lagi.
Setelah selesai proses gesek-menggesek kartu debit, ane say goodbye sama kokoh-kokoh dan cici2 anugrah.
Masuk mobil..
Langsung mata tertuju ke i-Drive


Sehat lagi bruh.... Nih mobil skarang jadi ane sering pake harian. Dirumah ada innova diesel 2KD malah dikandangin.
Mechatronic masih aman, oh iya ini E90 Type LCI yah alias facelift thn 2010. Jadi sudh dpt i-drive.
Power steering E90 masih type hydraulic, berat pas belok . Tapi lebih awet, enggak ada masalah steering rack Electronic seperti di F30.
Total biaya merawat/ngebengkel sampe hari ini tulisan dibuat = kurang lebih diangka 84 Juta rupiah
Dulu thn 2017 angkat di harga 200jt + 84jt = dalam 3 thn kluar duit 284 juta. Ini diluar bayar pajak dan isi bensin.
Jadi SM-er bisa hitung2an kan nih. Mending beli mobil japanese baru Brand new seharga 400jutaan Atau pelihara Eropa tua, tapi ngempanin maentenance aja yg telaten. Ya jangan terlalu pelit sama mobil lahh... Walaupun ane jg kadang empet sama eropa wkwkwkwkwkwk
Trakhir bonus foto lagi..

Salam Seraya Motor.
Ane mau berbagi info lagi nih

Kemaren di post page 1 kan ane share gambar Error
Dan seperti biasa mumpung PSBB mulai longgar ane keluyuran lagi, bawa mobil ke bengkel spesialis BMW udah jadi keseharian...
dalam 1 tahun bisa 3-5x kali visit bengkel. Sampe2 ane kenal semua sama tu orang di bengkel, ketawa2 denger cerita mesin N20 timing chain putus, cerita harga shock adaptive 1 batangnya 12 juta.. dsb,dsb.. Yasudahlah namanya juga pelihara mobil eropa, denger2 cerita kek gitu sudah jadi makanan harian bahkan jadi bahan becandaan

Sampailah kita disini......... Anugrah motor BSD, bengkel kesukaan om kompresorrzzz

Karena dateng pagi2 banget Pukul 8:30, ane customer pertama.
Karena pernah ngalamin sensor roda rusak di thn 2018, ane langsung aja kek jagoan bilang
"oi, sensor roda/abs gw rusak lagi, ganti sparepart ready stock kan??"
Dulu di thn 2018 pertanyaan gini "kohhh.. ini mobil kenapa ya?? Duh system ABS nya rusak ya??? saya jadi takut...."

Mobil langsung naek ke lifter hydraulic.....

Dan langsung dikeroyok sama 9 montir, itu cuman beberapa orang yg ke shoot aslinya banyak montir
sesuai namanya BMW = Bring More Wrench


Akhirnya urusan udah kelar, cuman sensor roda belakang kanan yg rusak/ kemakan usia.
Itu ada 2 komponen, Sensor ABS & Sensor Rem. Harganya murah kok cuman 1 jutaan aja.
Tapi ada masalah laen men.... pas lagi di general check up diketemukan penyakit baru..
Engine mounting gw RUSAK LAGI


Dulu pas angkat ini E90 di thn 2017, ane udah ganti engine mounting full set.. Dikira bakal awet sampe 5 tahun..
Ini di-tahun ketiga udah pada ambles karetnya.. Mgkn faktor jalanan indo jelek yah, mobil dipake harian soalnya. yaudahh...
Akhirnya voila!

Proses penggantian engine mounting memang agak ribet di BMW type ini. Musti pake alat kek gitu buat nahan mesinnya supaya enggak ambrol.
Di F30 juga kurang lebih sama yah prosesnya.
Mumpung mobil lagi di-lift hydraulic ane jg nge-check knalpot yg dulu di muffler delete pas awal thn 2019...

Kondisinya masih lumayan bagus, kerjain di Wuzzi/DD exhaust
--------
Setelah nunggu kurang lebih 1.5 jam finally everything done...
dan ini lah yg ditunggu2 sama warga sejagat SM..
Tagihan bengkel


Surprisingly enggak mahal... biasanya skali ngadep kluar angka 7-10 juta

Itu juga ada penggantian link stabil roda kiri depan 900rb. Bunyi klutuk2 jadi hilang, senyap lagi.
Setelah selesai proses gesek-menggesek kartu debit, ane say goodbye sama kokoh-kokoh dan cici2 anugrah.
Masuk mobil..
Langsung mata tertuju ke i-Drive


Sehat lagi bruh.... Nih mobil skarang jadi ane sering pake harian. Dirumah ada innova diesel 2KD malah dikandangin.

Mechatronic masih aman, oh iya ini E90 Type LCI yah alias facelift thn 2010. Jadi sudh dpt i-drive.
Power steering E90 masih type hydraulic, berat pas belok . Tapi lebih awet, enggak ada masalah steering rack Electronic seperti di F30.
Total biaya merawat/ngebengkel sampe hari ini tulisan dibuat = kurang lebih diangka 84 Juta rupiah
Dulu thn 2017 angkat di harga 200jt + 84jt = dalam 3 thn kluar duit 284 juta. Ini diluar bayar pajak dan isi bensin.
Jadi SM-er bisa hitung2an kan nih. Mending beli mobil japanese baru Brand new seharga 400jutaan Atau pelihara Eropa tua, tapi ngempanin maentenance aja yg telaten. Ya jangan terlalu pelit sama mobil lahh... Walaupun ane jg kadang empet sama eropa wkwkwkwkwkwk
Trakhir bonus foto lagi..

Salam Seraya Motor.
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3030
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: ask? BMW E90 325i 2005
Ane udah request si ko asui buka bengkel spesialis Lexus blom dikabulin om... Gimana donksss ?kompresorz wrote: Sun Apr 19, 2020 3:17
beuhhhhh .....
LEXUS RX....![]()
ky om apshw tuh.....baru beli RX 300...coba tanya puas gak....![]()
parkirnya sendiri ky yang punya gedung....
kurang bagus apalg pelayanannya....gak rewel mobilnya...5 taun garansi....![]()
Katanya nggak ada duitnya, kerjaan cuman ganti oli doank..
Enakkan usaha bengkel spesialis BMW... Nyetok mesin segelundung.. nyetok transmision assy sampe 2 Rak gede...
Cuannya lebih maknyozzz..
wakakaka

S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure

-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: ask? BMW E90 325i 2005
masih murah pewe donk... 8 taon 100juta untuk drivetrain issues only... kaki-kaki masih standar lah ga beda ama rawat civic tua... regular maintenancenya setaon skali 5-6jt. bisa diitung sendiri... wkwkwkwk. bener VW emang mobil rakyat... standar rakyat jerman ternyata mobil yang 8 taon keluar 100jt buat perbaikan drivetrainKielConstantine wrote: Fri Jul 10, 2020 6:38
Total biaya merawat/ngebengkel sampe hari ini tulisan dibuat = kurang lebih diangka 84 Juta rupiah
Dulu thn 2017 angkat di harga 200jt + 84jt = dalam 3 thn kluar duit 284 juta. Ini diluar bayar pajak dan isi bensin.
Jadi SM-er bisa hitung2an kan nih. Mending beli mobil japanese baru Brand new seharga 400jutaan Atau pelihara Eropa tua, tapi ngempanin maentenance aja yg telaten. Ya jangan terlalu pelit sama mobil lahh... Walaupun ane jg kadang empet sama eropa wkwkwkwkwkwk

84jt 3 taun.... tar 5 taun mungkin udah beranak jadi 100 jt lebih kali ya


miara jepangan baru 400 juta 6-7 taon mahh paling mahal ganti ban...

Last edited by ChZ on Fri Jul 10, 2020 8:47, edited 1 time in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 176
- Joined: Sun May 01, 2016 7:00
Re: ask? BMW E90 325i 2005
hahahahaha, mahal bener yah piara beengwe generasi e terakhir, pengalaman piara mercedes pake ampe 10 taun cuman ganti oli ama filter2nya doang, flush atf sekali, kaki2 juga ga pernah bunyi ampe dijual lagiChZ wrote: Fri Jul 10, 2020 8:11masih murah pewe donk... 8 taon 100juta untuk drivetrain issues only...KielConstantine wrote: Fri Jul 10, 2020 6:38
Total biaya merawat/ngebengkel sampe hari ini tulisan dibuat = kurang lebih diangka 84 Juta rupiah
Dulu thn 2017 angkat di harga 200jt + 84jt = dalam 3 thn kluar duit 284 juta. Ini diluar bayar pajak dan isi bensin.
Jadi SM-er bisa hitung2an kan nih. Mending beli mobil japanese baru Brand new seharga 400jutaan Atau pelihara Eropa tua, tapi ngempanin maentenance aja yg telaten. Ya jangan terlalu pelit sama mobil lahh... Walaupun ane jg kadang empet sama eropa wkwkwkwkwkwk
![]()
84jt 3 taun.... tar 5 taun mungkin udah beranak jadi 100 jt lebih kali ya6-7 taon jadi 200juta bisa jadi
miara jepangan baru 400 juta 6-7 taon mahh paling mahal masih ganti aki...![]()



-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: ask? BMW E90 325i 2005
mengutip dari seseorangSinclaire wrote: Fri Jul 10, 2020 8:14 hahahahaha, mahal bener yah piara beengwe generasi e terakhir, pengalaman piara mercedes pake ampe 10 taun cuman ganti oli ama filter2nya doang, flush atf sekali, kaki2 juga ga pernah bunyi ampe dijual lagi.. cuman yah gitu..mobil eropa kalo didiemin tar muncul deh fault macem2..ya sering2 dipake aja sih mobil ky gini..lagian uda bayar pajek mahal2 sayang kalo dijadiin pajangan..mending beli lukisan hahahahahahaha
![]()
![]()
"bini disayang, mobil dipake. jangan kebalik"

emang real definition of mobil buat dinikmatin itu ya mobil2 begini... kenikmatannya sebanding sama perbaikannya... makanya drpd rusak nganggur mending rusak dipake...

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1112
- Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Yamaha
Re: ask? BMW E90 325i 2005
pernah liat quote sejenis, graffiti di dlm WC umum terminal,
"daripada busuk ngegantung, mending ancur dipake"
dibawahnya dikasih gambar ilustrasi p*nis,
sampe sekarang masih bikin nyengir kalo inget..

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3052
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: ask? BMW E90 325i 2005
perasaan pada apes2 amat sm eropah
ane pelihara bmw f10 520d n47t, km udh 100rb nih, kerjaannya ganti oli, filter2 sama brakepad aja.
sekali ngebengkel 1.5 paling oli 6 liter sama filter oli, udah setaun ini begitu aja paling
taun lalu ganti filter ac, filter solar, oli, cm ga abis 3 jt kalo ga salah.
dr lepas warranty 2017 kayanya sampe sekarang blm keluar sampe 20 jt juga.
ini lg pelihara audi diesel 2008, ambil kondisi biasa aja km 150rb
Tahap 1
ganti filter solar,
oli mesin 9 liter,
oli matic,
filter matic ac,
rapihin rembes2 kecil,
kampas rem depan belakang,
sensor brakepad semua sisi, 10 jt
Tahap 2
kaki2 ganti
karet bood steering rack
cv joint as roda plus outer boot
long tie rod sepasang
busing arm besar
bushing arm kecil
connecting link belakang
jasa
total ga sampe 8.5 jt
Tahap 3, refresh ac
2 juta
tahap 3
velg r22 + ban 16 jt
total baru 36 jt, tinggal nunggu coilover ganti airsus 20 sama beresin body 10 jt
total ya 66 jt, dpt mbl 180, total 244 jt, seengaknya semua ini akan last at least 4 years lah.
dulu pake w212 e300, malah cuma ganti oli filter2, disc brake kampas rem sama aki. murmer rawatnya.
ane pelihara bmw f10 520d n47t, km udh 100rb nih, kerjaannya ganti oli, filter2 sama brakepad aja.
sekali ngebengkel 1.5 paling oli 6 liter sama filter oli, udah setaun ini begitu aja paling
taun lalu ganti filter ac, filter solar, oli, cm ga abis 3 jt kalo ga salah.
dr lepas warranty 2017 kayanya sampe sekarang blm keluar sampe 20 jt juga.
ini lg pelihara audi diesel 2008, ambil kondisi biasa aja km 150rb
Tahap 1
ganti filter solar,
oli mesin 9 liter,
oli matic,
filter matic ac,
rapihin rembes2 kecil,
kampas rem depan belakang,
sensor brakepad semua sisi, 10 jt
Tahap 2
kaki2 ganti
karet bood steering rack
cv joint as roda plus outer boot
long tie rod sepasang
busing arm besar
bushing arm kecil
connecting link belakang
jasa
total ga sampe 8.5 jt
Tahap 3, refresh ac
2 juta
tahap 3
velg r22 + ban 16 jt
total baru 36 jt, tinggal nunggu coilover ganti airsus 20 sama beresin body 10 jt
total ya 66 jt, dpt mbl 180, total 244 jt, seengaknya semua ini akan last at least 4 years lah.
dulu pake w212 e300, malah cuma ganti oli filter2, disc brake kampas rem sama aki. murmer rawatnya.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 330
- Joined: Sun Sep 24, 2017 0:21
- Location: Jakarta
Re: ask? BMW E90 325i 2005
Emang untung2an, Om Fariz.farizfsa wrote: Fri Jul 10, 2020 9:45 perasaan pada apes2 amat sm eropah
ane pelihara bmw f10 520d n47t, km udh 100rb nih, kerjaannya ganti oli, filter2 sama brakepad aja.
sekali ngebengkel 1.5 paling oli 6 liter sama filter oli, udah setaun ini begitu aja paling
taun lalu ganti filter ac, filter solar, oli, cm ga abis 3 jt kalo ga salah.
dr lepas warranty 2017 kayanya sampe sekarang blm keluar sampe 20 jt juga.
ini lg pelihara audi diesel 2008, ambil kondisi biasa aja km 150rb
Tahap 1
ganti filter solar,
oli mesin 9 liter,
oli matic,
filter matic ac,
rapihin rembes2 kecil,
kampas rem depan belakang,
sensor brakepad semua sisi, 10 jt
Tahap 2
kaki2 ganti
karet bood steering rack
cv joint as roda plus outer boot
long tie rod sepasang
busing arm besar
bushing arm kecil
connecting link belakang
jasa
total ga sampe 8.5 jt
Tahap 3, refresh ac
2 juta
tahap 3
velg r22 + ban 16 jt
total baru 36 jt, tinggal nunggu coilover ganti airsus 20 sama beresin body 10 jt
total ya 66 jt, dpt mbl 180, total 244 jt, seengaknya semua ini akan last at least 4 years lah.
dulu pake w212 e300, malah cuma ganti oli filter2, disc brake kampas rem sama aki. murmer rawatnya.
Nubie yang ambil C200 EQ Boost BARU aja, 1 bulan sejak mobil fresh turun ke garasi rumah dari towing aja udah komplain:
- windshield AKA kaca depan karena water leak tiap hujan dan cuci mobil

- tensioner kadang getar2 kenceng saat transmisi di P dan AC nyala.
Yah setelah komplain, 2 hal itu diganti gratis.
Dimana mobil nginep 1 BULAN di BeRes.
Walau dikasih mobil pengganti selama mobil nginep, pelayanan BeRes OK sih.
Lesson learned dari perspektif nubie:
- Eropean kudu beli baru dan masih covered by ISP/BRI/BSI apapun itu.
- Next time, stick with Japanese aja.
Berasa agak nyesel lepas Mark X gara2 tuh mobil nganggur 3 bulan.
Udah umur 7 taon, problem free.

Parts juga murah.
Tp ya apa boleh buat, gak guna mobil ada 3 di rumah. Harus lepas setidaknya 1.
Jadi masih stuck sama si three-pointed-star sampai akhir tahun depan.
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: ask? BMW E90 325i 2005
makanya gw udah buang jauh-jauh istilah mobil weekend mobil harian... smua mobil itu ya harus kepake. masa pandemi gini aja gw ganti-gantian mobil jalanin yang di garasi ... grgr lama gak luar kotaan tuh mobil nganggur. biasa skali jalan luar kota 700-800 km PP per bulan.IGedeAmat wrote: Fri Jul 10, 2020 9:30pernah liat quote sejenis, graffiti di dlm WC umum terminal,
"daripada busuk ngegantung, mending ancur dipake"
dibawahnya dikasih gambar ilustrasi p*nis,
sampe sekarang masih bikin nyengir kalo inget..
![]()
punya mobil takut ketabrak takut kesenggol mah ibarat jalan kaki takut disenggol orang... namanya risiko ya pasti ada... mslhnya ngapain punya mobil gak dipake cuma dilap-lap di garasi mau pake takut kenapa-napa

kecuali emang niatnya dijadiin pajangan garasi dan ruang tamu buat self pleasure...
yg kelasnya om hotman paris aja pake lambo kemana-mana disetir sendiri...
klo kata gw yg uda ngalamin... maintenance reguler si gak seberapa om, klo diniatin beti-beti aja sama jepangan... gw liat ongkos benerin shock golf mk6 ga beda ama ongkos benerin CRV civic dll...farizfsa wrote: Fri Jul 10, 2020 9:45 perasaan pada apes2 amat sm eropah
ane pelihara bmw f10 520d n47t, km udh 100rb nih, kerjaannya ganti oli, filter2 sama brakepad aja.
sekali ngebengkel 1.5 paling oli 6 liter sama filter oli, udah setaun ini begitu aja paling
taun lalu ganti filter ac, filter solar, oli, cm ga abis 3 jt kalo ga salah.
dr lepas warranty 2017 kayanya sampe sekarang blm keluar sampe 20 jt juga.
ini lg pelihara audi diesel 2008, ambil kondisi biasa aja km 150rb
Tahap 1
ganti filter solar,
oli mesin 9 liter,
oli matic,
filter matic ac,
rapihin rembes2 kecil,
kampas rem depan belakang,
sensor brakepad semua sisi, 10 jt
Tahap 2
kaki2 ganti
karet bood steering rack
cv joint as roda plus outer boot
long tie rod sepasang
busing arm besar
bushing arm kecil
connecting link belakang
jasa
total ga sampe 8.5 jt
Tahap 3, refresh ac
2 juta
tahap 3
velg r22 + ban 16 jt
total baru 36 jt, tinggal nunggu coilover ganti airsus 20 sama beresin body 10 jt
total ya 66 jt, dpt mbl 180, total 244 jt, seengaknya semua ini akan last at least 4 years lah.
dulu pake w212 e300, malah cuma ganti oli filter2, disc brake kampas rem sama aki. murmer rawatnya.
mslhnya klo seperti yg om Kiel sering bilang, mobil ngeropah itu kayak bom waktu... tenang-tenang tau-tau tagihan puluhan jeti...

mercedes kalo urusan reliability rasanya masih jauh lebih baik daripada BMW atau VW... mekanikal dan teknologinya jauh lebih sederhana daripada BMW apalagi VW group yang doyan eksperimen...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 674
- Joined: Thu Dec 27, 2007 2:16
Re: ask? BMW E90 325i 2005
Azyiek ye baca trit2 kayak gini...
Mahalan miara beemweh toku drpd bokin muda ye... Wkwkwkwkwk
Mahalan miara beemweh toku drpd bokin muda ye... Wkwkwkwkwk
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: ask? BMW E90 325i 2005
wah mantap....KielConstantine wrote: Fri Jul 10, 2020 6:50Ane udah request si ko asui buka bengkel spesialis Lexus blom dikabulin om... Gimana donksss ?kompresorz wrote: Sun Apr 19, 2020 3:17
beuhhhhh .....
LEXUS RX....![]()
ky om apshw tuh.....baru beli RX 300...coba tanya puas gak....![]()
parkirnya sendiri ky yang punya gedung....
kurang bagus apalg pelayanannya....gak rewel mobilnya...5 taun garansi....![]()
Katanya nggak ada duitnya, kerjaan cuman ganti oli doank..
Enakkan usaha bengkel spesialis BMW... Nyetok mesin segelundung.. nyetok transmision assy sampe 2 Rak gede...
Cuannya lebih maknyozzz..
wakakaka![]()
klo datang jangan lupa minta nasi padang SA....
masa kluar duit jutaan gak dikasi....palg udah hopeng sama semuanya....
wong gw ke auto 2000 aja bebas sarapan pagi...kopi...teh....nasi box pake ayam makan siang trs lanjut lagi sarapan kue..kopi..teh...

pdhl servis cuma 50 ribu minta gantiin oli dr luar....
mobil di cuciin bersih pula.....
bikin gw berkesan....
apalg LEXUS.....beuhhhhh yg di sowrom wanitanya hi clas...

farizfsa wrote: Fri Jul 10, 2020 9:45 perasaan pada apes2 amat sm eropah
ane pelihara bmw f10 520d n47t, km udh 100rb nih, kerjaannya ganti oli, filter2 sama brakepad aja.
sekali ngebengkel 1.5 paling oli 6 liter sama filter oli, udah setaun ini begitu aja paling
taun lalu ganti filter ac, filter solar, oli, cm ga abis 3 jt kalo ga salah.
dr lepas warranty 2017 kayanya sampe sekarang blm keluar sampe 20 jt juga.
ini lg pelihara audi diesel 2008, ambil kondisi biasa aja km 150rb
Tahap 1
ganti filter solar,
oli mesin 9 liter,
oli matic,
filter matic ac,
rapihin rembes2 kecil,
kampas rem depan belakang,
sensor brakepad semua sisi, 10 jt
Tahap 2
kaki2 ganti
karet bood steering rack
cv joint as roda plus outer boot
long tie rod sepasang
busing arm besar
bushing arm kecil
connecting link belakang
jasa
total ga sampe 8.5 jt
Tahap 3, refresh ac
2 juta
tahap 3
velg r22 + ban 16 jt
total baru 36 jt, tinggal nunggu coilover ganti airsus 20 sama beresin body 10 jt
total ya 66 jt, dpt mbl 180, total 244 jt, seengaknya semua ini akan last at least 4 years lah.
dulu pake w212 e300, malah cuma ganti oli filter2, disc brake kampas rem sama aki. murmer rawatnya.

msh beruntung om....
kena injektor turun mesin di atas gocap....
sudah bbrp ktemu pas main kbengkel....
wong bos bengkel aja gak rekomen klo mau beli.....
lagian siapa mau beli merk ini.....duitnya entek.....

kijang aja udah syukur....gubrak gabruk awet...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: ask? BMW E90 325i 2005
gitu dong ...mobil harus pake tiap ari....KielConstantine wrote: Fri Jul 10, 2020 6:38 Haloooo kawan-kawan SM sekalian. Baik2 saja? Mobil sehat2 semua? Roda pada bisa ngegelinding kan ? bahahahaha
Ane mau berbagi info lagi nih![]()
Kemaren di post page 1 kan ane share gambar Error
Dan seperti biasa mumpung PSBB mulai longgar ane keluyuran lagi, bawa mobil ke bengkel spesialis BMW udah jadi keseharian...
dalam 1 tahun bisa 3-5x kali visit bengkel. Sampe2 ane kenal semua sama tu orang di bengkel, ketawa2 denger cerita mesin N20 timing chain putus, cerita harga shock adaptive 1 batangnya 12 juta.. dsb,dsb.. Yasudahlah namanya juga pelihara mobil eropa, denger2 cerita kek gitu sudah jadi makanan harian bahkan jadi bahan becandaan![]()
Sampailah kita disini......... Anugrah motor BSD, bengkel kesukaan om kompresorrzzz
Karena dateng pagi2 banget Pukul 8:30, ane customer pertama.
Karena pernah ngalamin sensor roda rusak di thn 2018, ane langsung aja kek jagoan bilang
"oi, sensor roda/abs gw rusak lagi, ganti sparepart ready stock kan??"
Dulu di thn 2018 pertanyaan gini "kohhh.. ini mobil kenapa ya?? Duh system ABS nya rusak ya??? saya jadi takut...."![]()
Mobil langsung naek ke lifter hydraulic.....
Dan langsung dikeroyok sama 9 montir, itu cuman beberapa orang yg ke shoot aslinya banyak montir
sesuai namanya BMW = Bring More Wrench![]()
![]()
Akhirnya urusan udah kelar, cuman sensor roda belakang kanan yg rusak/ kemakan usia.
Itu ada 2 komponen, Sensor ABS & Sensor Rem. Harganya murah kok cuman 1 jutaan aja.
Tapi ada masalah laen men.... pas lagi di general check up diketemukan penyakit baru..
Engine mounting gw RUSAK LAGI![]()
![]()
Dulu pas angkat ini E90 di thn 2017, ane udah ganti engine mounting full set.. Dikira bakal awet sampe 5 tahun..
Ini di-tahun ketiga udah pada ambles karetnya.. Mgkn faktor jalanan indo jelek yah, mobil dipake harian soalnya. yaudahh...
Akhirnya voila!
Proses penggantian engine mounting memang agak ribet di BMW type ini. Musti pake alat kek gitu buat nahan mesinnya supaya enggak ambrol.
Di F30 juga kurang lebih sama yah prosesnya.
Mumpung mobil lagi di-lift hydraulic ane jg nge-check knalpot yg dulu di muffler delete pas awal thn 2019...
Kondisinya masih lumayan bagus, kerjain di Wuzzi/DD exhaust
--------
Setelah nunggu kurang lebih 1.5 jam finally everything done...
dan ini lah yg ditunggu2 sama warga sejagat SM..
Tagihan bengkel![]()
Surprisingly enggak mahal... biasanya skali ngadep kluar angka 7-10 juta
Itu juga ada penggantian link stabil roda kiri depan 900rb. Bunyi klutuk2 jadi hilang, senyap lagi.
Setelah selesai proses gesek-menggesek kartu debit, ane say goodbye sama kokoh-kokoh dan cici2 anugrah.
Masuk mobil..
Langsung mata tertuju ke i-Drive
Sehat lagi bruh.... Nih mobil skarang jadi ane sering pake harian. Dirumah ada innova diesel 2KD malah dikandangin.
Mechatronic masih aman, oh iya ini E90 Type LCI yah alias facelift thn 2010. Jadi sudh dpt i-drive.
Power steering E90 masih type hydraulic, berat pas belok . Tapi lebih awet, enggak ada masalah steering rack Electronic seperti di F30.
Total biaya merawat/ngebengkel sampe hari ini tulisan dibuat = kurang lebih diangka 84 Juta rupiah
Dulu thn 2017 angkat di harga 200jt + 84jt = dalam 3 thn kluar duit 284 juta. Ini diluar bayar pajak dan isi bensin.
Jadi SM-er bisa hitung2an kan nih. Mending beli mobil japanese baru Brand new seharga 400jutaan Atau pelihara Eropa tua, tapi ngempanin maentenance aja yg telaten. Ya jangan terlalu pelit sama mobil lahh... Walaupun ane jg kadang empet sama eropa wkwkwkwkwkwk
Trakhir bonus foto lagi..
Salam Seraya Motor.
kijang mah simpan aja....itu mah gerobak...nanti klo bawa batu
n barang kasar br pake...
ati2 ya mekitronik...

-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Sat Jul 11, 2020 3:13
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Honda
Re: ask? BMW E90 325i 2005
Gan, kenalin gw cheerpy (cewek yg demen otomotif) ane baru join n baru jg di dunia per bmw-an.
Pingiin banged punya bmw, (angan2 banged lah pokoknya)
Jd skr lg nabung buat beli.. krn beli yg anyar msh blom nyampe, lg lirik2 buat second skitar taun 2015-2016 lha.. grey in black,
Nah skr pgn tnya2, ada yg nawarin 320d, 2015, sporty.
Menurut agan2 expert dimarih, mending yg d atau yg i ya?
Takutnya klo diesel brisik, ribet maintenanance nya de el el..
Helep infonya ya agan2 bro
Cheerpy
Pingiin banged punya bmw, (angan2 banged lah pokoknya)
Jd skr lg nabung buat beli.. krn beli yg anyar msh blom nyampe, lg lirik2 buat second skitar taun 2015-2016 lha.. grey in black,
Nah skr pgn tnya2, ada yg nawarin 320d, 2015, sporty.
Menurut agan2 expert dimarih, mending yg d atau yg i ya?
Takutnya klo diesel brisik, ribet maintenanance nya de el el..
Helep infonya ya agan2 bro
Cheerpy
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1240
- Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32
Re: ask? BMW E90 325i 2005
Salut ane ama Om Fariz, mentalnya baja pelihara Audi Q7 diesel. Ini type yang jarang punya & KM juga gondrong. Memang enaknya sih beli KM gondrong gini bisa teken harga semurah mungkin lalu perbaiki semaksimal mungkin pake part2 original.farizfsa wrote:perasaan pada apes2 amat sm eropah
ane pelihara bmw f10 520d n47t, km udh 100rb nih, kerjaannya ganti oli, filter2 sama brakepad aja.
sekali ngebengkel 1.5 paling oli 6 liter sama filter oli, udah setaun ini begitu aja paling
taun lalu ganti filter ac, filter solar, oli, cm ga abis 3 jt kalo ga salah.
dr lepas warranty 2017 kayanya sampe sekarang blm keluar sampe 20 jt juga.
ini lg pelihara audi diesel 2008, ambil kondisi biasa aja km 150rb
Tahap 1
ganti filter solar,
oli mesin 9 liter,
oli matic,
filter matic ac,
rapihin rembes2 kecil,
kampas rem depan belakang,
sensor brakepad semua sisi, 10 jt
Tahap 2
kaki2 ganti
karet bood steering rack
cv joint as roda plus outer boot
long tie rod sepasang
busing arm besar
bushing arm kecil
connecting link belakang
jasa
total ga sampe 8.5 jt
Tahap 3, refresh ac
2 juta
tahap 3
velg r22 + ban 16 jt
total baru 36 jt, tinggal nunggu coilover ganti airsus 20 sama beresin body 10 jt
total ya 66 jt, dpt mbl 180, total 244 jt, seengaknya semua ini akan last at least 4 years lah.
dulu pake w212 e300, malah cuma ganti oli filter2, disc brake kampas rem sama aki. murmer rawatnya.
Ane sering di tawarin ama SA nya VW/Audi waktu service Golf ane barang2 antik Audi, ownernya kerja di spore, mobilnya banyak nganggur di indo jadi mau dijual, cuman aja ane gak ada mental buat pelihara Audi second, padahal velg nya aja katanya 40 juta, mobil service record bengkel resmi. [emoji4]
Akhirnya ane jual Golf ane juga sama strateginya yaitu suruh SA nya bantu tawarin ke sesama owner/hobbyist VW/Audi & suprisingly gak pake lama laku & harga juga bagus Hahahah... Memang ane tangan ke 1 beli dari baru & service record beres juga, jadi pembeli pasti ada rasa lebih aman. Tinggal kasih komisi ke SA nya & everybody happy [emoji4]
Nanti share2 yah om long term Audi Diesel nya... mobil ajib ini, Quattro AWD, torsi diesel gajah, solar irit, seharga avanza baru setelah rebuild [emoji106]
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 176
- Joined: Sun May 01, 2016 7:00
Re: ask? BMW E90 325i 2005
tapi kalo udah pake kijang jadi agak males oom naik mobil ky gini..kompresorz wrote: Sat Jul 11, 2020 3:07
gitu dong ...mobil harus pake tiap ari....
kijang mah simpan aja....itu mah gerobak...nanti klo bawa batu
n barang kasar br pake...
ati2 ya mekitronik...![]()
mobil ky gini isi pertamak turbo 800 ribu..itu juga dipake tiap ari semnggu abis..
naik kijang..isi solar 200 ribu dah fulltenk.. dipake sambil liatin jarum bensin..kok gak turun2 sih..rusak apa yah ni mobil


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: ask? BMW E90 325i 2005
Sinclaire wrote: Sat Jul 11, 2020 3:42tapi kalo udah pake kijang jadi agak males oom naik mobil ky gini..kompresorz wrote: Sat Jul 11, 2020 3:07
gitu dong ...mobil harus pake tiap ari....
kijang mah simpan aja....itu mah gerobak...nanti klo bawa batu
n barang kasar br pake...
ati2 ya mekitronik...![]()
mobil ky gini isi pertamak turbo 800 ribu..itu juga dipake tiap ari semnggu abis..
naik kijang..isi solar 200 ribu dah fulltenk.. dipake sambil liatin jarum bensin..kok gak turun2 sih..rusak apa yah ni mobil![]()
![]()

kijang emang tiada 2 nya......power of disel
tapi susah dapat parkir VIP om.....


-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 289
- Joined: Wed Mar 06, 2019 2:15
- Location: Greater Jakarta
- Daily Vehicle: 2024 Honda DD1 - 2019 Honda RU1
Re: ask? BMW E90 325i 2005
Sebetulnya tagihan segitu untuk perbaikan yang sudah disebutin masih standar lah ya even dicompare sama mobil jepang juga yah, cuman umurnya pendek juga ya engine mounting cuma dapet 3 taunKielConstantine wrote: Fri Jul 10, 2020 6:38 Haloooo kawan-kawan SM sekalian. Baik2 saja? Mobil sehat2 semua? Roda pada bisa ngegelinding kan ? bahahahaha
Ane mau berbagi info lagi nih![]()
Kemaren di post page 1 kan ane share gambar Error
Dan seperti biasa mumpung PSBB mulai longgar ane keluyuran lagi, bawa mobil ke bengkel spesialis BMW udah jadi keseharian...
dalam 1 tahun bisa 3-5x kali visit bengkel. Sampe2 ane kenal semua sama tu orang di bengkel, ketawa2 denger cerita mesin N20 timing chain putus, cerita harga shock adaptive 1 batangnya 12 juta.. dsb,dsb.. Yasudahlah namanya juga pelihara mobil eropa, denger2 cerita kek gitu sudah jadi makanan harian bahkan jadi bahan becandaan![]()
Sampailah kita disini......... Anugrah motor BSD, bengkel kesukaan om kompresorrzzz
Karena dateng pagi2 banget Pukul 8:30, ane customer pertama.
Karena pernah ngalamin sensor roda rusak di thn 2018, ane langsung aja kek jagoan bilang
"oi, sensor roda/abs gw rusak lagi, ganti sparepart ready stock kan??"
Dulu di thn 2018 pertanyaan gini "kohhh.. ini mobil kenapa ya?? Duh system ABS nya rusak ya??? saya jadi takut...."![]()
Mobil langsung naek ke lifter hydraulic.....
Dan langsung dikeroyok sama 9 montir, itu cuman beberapa orang yg ke shoot aslinya banyak montir
sesuai namanya BMW = Bring More Wrench![]()
![]()
Akhirnya urusan udah kelar, cuman sensor roda belakang kanan yg rusak/ kemakan usia.
Itu ada 2 komponen, Sensor ABS & Sensor Rem. Harganya murah kok cuman 1 jutaan aja.
Tapi ada masalah laen men.... pas lagi di general check up diketemukan penyakit baru..
Engine mounting gw RUSAK LAGI![]()
![]()
Dulu pas angkat ini E90 di thn 2017, ane udah ganti engine mounting full set.. Dikira bakal awet sampe 5 tahun..
Ini di-tahun ketiga udah pada ambles karetnya.. Mgkn faktor jalanan indo jelek yah, mobil dipake harian soalnya. yaudahh...
Akhirnya voila!
Proses penggantian engine mounting memang agak ribet di BMW type ini. Musti pake alat kek gitu buat nahan mesinnya supaya enggak ambrol.
Di F30 juga kurang lebih sama yah prosesnya.
Mumpung mobil lagi di-lift hydraulic ane jg nge-check knalpot yg dulu di muffler delete pas awal thn 2019...
Kondisinya masih lumayan bagus, kerjain di Wuzzi/DD exhaust
--------
Setelah nunggu kurang lebih 1.5 jam finally everything done...
dan ini lah yg ditunggu2 sama warga sejagat SM..
Tagihan bengkel![]()
Surprisingly enggak mahal... biasanya skali ngadep kluar angka 7-10 juta
Itu juga ada penggantian link stabil roda kiri depan 900rb. Bunyi klutuk2 jadi hilang, senyap lagi.
Setelah selesai proses gesek-menggesek kartu debit, ane say goodbye sama kokoh-kokoh dan cici2 anugrah.
Masuk mobil..
Langsung mata tertuju ke i-Drive
Sehat lagi bruh.... Nih mobil skarang jadi ane sering pake harian. Dirumah ada innova diesel 2KD malah dikandangin.
Mechatronic masih aman, oh iya ini E90 Type LCI yah alias facelift thn 2010. Jadi sudh dpt i-drive.
Power steering E90 masih type hydraulic, berat pas belok . Tapi lebih awet, enggak ada masalah steering rack Electronic seperti di F30.
Total biaya merawat/ngebengkel sampe hari ini tulisan dibuat = kurang lebih diangka 84 Juta rupiah
Dulu thn 2017 angkat di harga 200jt + 84jt = dalam 3 thn kluar duit 284 juta. Ini diluar bayar pajak dan isi bensin.
Jadi SM-er bisa hitung2an kan nih. Mending beli mobil japanese baru Brand new seharga 400jutaan Atau pelihara Eropa tua, tapi ngempanin maentenance aja yg telaten. Ya jangan terlalu pelit sama mobil lahh... Walaupun ane jg kadang empet sama eropa wkwkwkwkwkwk
Trakhir bonus foto lagi..
Salam Seraya Motor.

Odd: 2024 DD1 L12B CVT
Even: 2019 RU1 L15Z CVT
In memoriam:
2015 A03A 3A92 5MT
2008 CY4A 4B11 CVT
2003 E46 M54B25 5AT
1994 E36 M50B20 5MT
Even: 2019 RU1 L15Z CVT
In memoriam:
2015 A03A 3A92 5MT
2008 CY4A 4B11 CVT
2003 E46 M54B25 5AT
1994 E36 M50B20 5MT
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 59
- Joined: Wed Feb 14, 2018 4:31
- Location: Depok
- Daily Vehicle: Mio
Re: ask? BMW E90 325i 2005
Malah bisa ke F10/F30 ya Oom
KielConstantine wrote: Sat Apr 18, 2020 20:30Moga-moga AN lipindut punya om herman awet yah...Herman7103 wrote: Tue Mar 24, 2020 0:23 Total biaya 6 tahun gue pelihara ANGL
CVT dari tahun 2014 sampai sekarang ngak nyampai separuhnya Om, walaupun gue bisa beli mobil tsb mending duitnya gue beli Gold deh utk peace of mind biar nanti saat anak masuk kuliah dana always ready
Soalnya dari semua jajaran jepang, merk batu makam yg kurang reliable.. ntah kaki-kaki lah wear out di usia muda; blom lagi trans cvt nya suka ngebeleduk dibawah kilometer 100rb. Kudu telaten rawatnya....
6 tahun ngerawat biaya dikisaran 10juta sih achievement banget.
Ane selama 3 tahun ngerawat si E90 udah kluar duit 80 juta. Itupun diluar pajak & isi bensin. Belinya murah dulu cuman 200jt pas thn 2017 wkwkwkwkwkwkwk..
Pemakaian & Perbaikan selama 3 thn abis 80jt... total2 udah kluar duit hampir 300 juta lah..Sesuai budget. Dulu budget ane emang 300jt .
Kalo masih pada inget ada threadnya jaman dulu:
viewtopic.php?t=25458
Kalo hidup enggak mau dibawa pusing, paling enak pelihara mobil jepang aza lebih asoyy... indehoyy..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4903
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: ask? BMW E90 325i 2005
Memang om, denger2 biaya rawat E90 ,terutama yg PFL bisa beti sm F30 atau F10 yg tahunnya lebih muda. Temen yg punya E90 PFL 2006 dan F30 LCI 2017 jg bilang kalo mending rawat F30, karena kalo beli E90 terutama yg PFL, ditambah perbaikkan ini itu, harganya bisa tipis sama F30 2012/2013 kalo gasalah wkwkwk
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3030
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: ask? BMW E90 325i 2005
Lanjut cerita-cerita lagi yah.
Jadi pas awal tahun 2020 itu awalnya gw visit bengkel pengen ganti oli biasa biasa ajalah tune up dll. Palingan skali ngadep kluar duit 5 juta doank (di-otak nih).
Ternyata di diagnosa ada kebocoran oli. Kali ini letaknya di Housing filter oli
Ini gambarnya:


Ada bagian keropos, mungkin korosi atau bgimana lah. Mengharuskan di replace segelondongan berikut oil coolernya. Nih benda umurnya sih ud 10 tahun yah dari 2010 - 2020 . Wajar ga tuh kropos?
Kan gw tanya gini ke si rudy (kepala mekanik anugrah) "Rud, kalo misal gw bandel, tetep pake itu housing yg keropos gimana?"
Doi jawab: "Jangan broo, nanti berabe oli bisa nyampur aer sana sini, malah turun mesin loh."
Yasudah diganti saja yang baru. Jangan sampe urusan duit 5 juta doank, malah bikin mesin ancur ratusan juta.
Tuh benda yg difoto masih original BMW ada cap baling-balingnya. Kata si anugrah barang ori kek gitu ga ready. KAlopun ready harganya bisa 8 juta 1 set. Akhirnya ada produk pengganti laen macem KW super lah. Cuman 5 juta aja udh dpt 1 set.
Makanya dateng bon tagihan kek gini:

Ada kan tulisan Housing filter oli N52 --> Rp 2,750,000
berikut Oil cooler N52 (paketan jg) --> 2,500,000
Eh ga taunya dapet bonus shock breaker depan bocor . Itu pas baru angkat mobil thn 2017 udh ganti full set 4 titik shock. Yang depan bocor lagi di thn 2020. Mungin gegara gaya nyetir kek si om kompre. Jalan jelek gw hajar 60 km/h.. Untungnya steering rack masih hydraulic. kuat enggak speleng2 sampe skarang.
Jadilah tagihannya segitu. Asik kan... Sheer Ngebengkel pleasure gituloh
Pelihara eropa yang penting mobil sering dipake, di trash2in bejek aja sampe redline. Suara inline-6 naturally aspirated kek setan pas di 7000 RPM, trus ganti gigi.. wkwkwkwkwk

Jadi pas awal tahun 2020 itu awalnya gw visit bengkel pengen ganti oli biasa biasa ajalah tune up dll. Palingan skali ngadep kluar duit 5 juta doank (di-otak nih).
Ternyata di diagnosa ada kebocoran oli. Kali ini letaknya di Housing filter oli

Ini gambarnya:


Ada bagian keropos, mungkin korosi atau bgimana lah. Mengharuskan di replace segelondongan berikut oil coolernya. Nih benda umurnya sih ud 10 tahun yah dari 2010 - 2020 . Wajar ga tuh kropos?
Kan gw tanya gini ke si rudy (kepala mekanik anugrah) "Rud, kalo misal gw bandel, tetep pake itu housing yg keropos gimana?"
Doi jawab: "Jangan broo, nanti berabe oli bisa nyampur aer sana sini, malah turun mesin loh."
Yasudah diganti saja yang baru. Jangan sampe urusan duit 5 juta doank, malah bikin mesin ancur ratusan juta.
Tuh benda yg difoto masih original BMW ada cap baling-balingnya. Kata si anugrah barang ori kek gitu ga ready. KAlopun ready harganya bisa 8 juta 1 set. Akhirnya ada produk pengganti laen macem KW super lah. Cuman 5 juta aja udh dpt 1 set.
Makanya dateng bon tagihan kek gini:

Ada kan tulisan Housing filter oli N52 --> Rp 2,750,000
berikut Oil cooler N52 (paketan jg) --> 2,500,000
Eh ga taunya dapet bonus shock breaker depan bocor . Itu pas baru angkat mobil thn 2017 udh ganti full set 4 titik shock. Yang depan bocor lagi di thn 2020. Mungin gegara gaya nyetir kek si om kompre. Jalan jelek gw hajar 60 km/h.. Untungnya steering rack masih hydraulic. kuat enggak speleng2 sampe skarang.
Jadilah tagihannya segitu. Asik kan... Sheer Ngebengkel pleasure gituloh

Pelihara eropa yang penting mobil sering dipake, di trash2in bejek aja sampe redline. Suara inline-6 naturally aspirated kek setan pas di 7000 RPM, trus ganti gigi.. wkwkwkwkwk
Tau tuh, mekitronik ane belom rusak2. Bener kali yg LCI udah improvement di sektor mekikompresorz wrote: Sat Jul 11, 2020 3:07 gitu dong ...mobil harus pake tiap ari....
kijang mah simpan aja....itu mah gerobak...nanti klo bawa batu
n barang kasar br pake...
ati2 ya mekitronik...![]()

S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3030
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: ask? BMW E90 325i 2005
Tau nih chris. Jujur aja, ini E90 325i mesinnya enggak spesial2 amat sih. Cuman good handling, good looking, RWD, i-drive nya gw demen. Sama suara inline-6 aja yang bagus pas diatas 5000RPM ++++ChZ wrote: Fri Jul 10, 2020 8:11masih murah pewe donk... 8 taon 100juta untuk drivetrain issues only... kaki-kaki masih standar lah ga beda ama rawat civic tua... regular maintenancenya setaon skali 5-6jt. bisa diitung sendiri... wkwkwkwk. bener VW emang mobil rakyat... standar rakyat jerman ternyata mobil yang 8 taon keluar 100jt buat perbaikan drivetrainKielConstantine wrote: Fri Jul 10, 2020 6:38
Total biaya merawat/ngebengkel sampe hari ini tulisan dibuat = kurang lebih diangka 84 Juta rupiah
Dulu thn 2017 angkat di harga 200jt + 84jt = dalam 3 thn kluar duit 284 juta. Ini diluar bayar pajak dan isi bensin.
Jadi SM-er bisa hitung2an kan nih. Mending beli mobil japanese baru Brand new seharga 400jutaan Atau pelihara Eropa tua, tapi ngempanin maentenance aja yg telaten. Ya jangan terlalu pelit sama mobil lahh... Walaupun ane jg kadang empet sama eropa wkwkwkwkwkwk
![]()
84jt 3 taun.... tar 5 taun mungkin udah beranak jadi 100 jt lebih kali ya6-7 taon jadi 200juta bisa jadi
miara jepangan baru 400 juta 6-7 taon mahh paling mahal ganti ban...![]()
Tapi ya gitu, enggak bisa di oprek-oprek gimana wong naturally aspirated.
Logika otak bilang pelihara Lexus, tp secara passion (pengen ngebut2an) rasanya pengen coba pelihara VW. Golf GTI MK6 (300 jutaan udh dpt). Atau skalian Scirocco R (450 jutaan) Atau BMW lagi F30 335i (400 jutaan). Coz mobil turbo banyak hal bisa di-oprek buat ningkatin power. Biaya maentenance so so lah eropa. Cuman nyari bengkel spesialisnnya aja agak jauh kalo si VW. Musti maen2 ke jakarta. Ane di tangerang agak susah.
Bengkel quattro kayanya bagus tuh buat yg pengen pelihara VAG group.
Coba om farizfsa biasa ngebengkel mobil2 VAG group dimana yg jadi andalan... Share share dimari.. Newbie butuh pencarahan nih

S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3052
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: ask? BMW E90 325i 2005
hahahahaKielConstantine wrote: Fri Aug 07, 2020 4:50Tau nih chris. Jujur aja, ini E90 325i mesinnya enggak spesial2 amat sih. Cuman good handling, good looking, RWD, i-drive nya gw demen. Sama suara inline-6 aja yang bagus pas diatas 5000RPM ++++ChZ wrote: Fri Jul 10, 2020 8:11masih murah pewe donk... 8 taon 100juta untuk drivetrain issues only... kaki-kaki masih standar lah ga beda ama rawat civic tua... regular maintenancenya setaon skali 5-6jt. bisa diitung sendiri... wkwkwkwk. bener VW emang mobil rakyat... standar rakyat jerman ternyata mobil yang 8 taon keluar 100jt buat perbaikan drivetrainKielConstantine wrote: Fri Jul 10, 2020 6:38
Total biaya merawat/ngebengkel sampe hari ini tulisan dibuat = kurang lebih diangka 84 Juta rupiah
Dulu thn 2017 angkat di harga 200jt + 84jt = dalam 3 thn kluar duit 284 juta. Ini diluar bayar pajak dan isi bensin.
Jadi SM-er bisa hitung2an kan nih. Mending beli mobil japanese baru Brand new seharga 400jutaan Atau pelihara Eropa tua, tapi ngempanin maentenance aja yg telaten. Ya jangan terlalu pelit sama mobil lahh... Walaupun ane jg kadang empet sama eropa wkwkwkwkwkwk
![]()
84jt 3 taun.... tar 5 taun mungkin udah beranak jadi 100 jt lebih kali ya6-7 taon jadi 200juta bisa jadi
miara jepangan baru 400 juta 6-7 taon mahh paling mahal ganti ban...![]()
Tapi ya gitu, enggak bisa di oprek-oprek gimana wong naturally aspirated.
Logika otak bilang pelihara Lexus, tp secara passion (pengen ngebut2an) rasanya pengen coba pelihara VW. Golf GTI MK6 (300 jutaan udh dpt). Atau skalian Scirocco R (450 jutaan) Atau BMW lagi F30 335i (400 jutaan). Coz mobil turbo banyak hal bisa di-oprek buat ningkatin power. Biaya maentenance so so lah eropa. Cuman nyari bengkel spesialisnnya aja agak jauh kalo si VW. Musti maen2 ke jakarta. Ane di tangerang agak susah.
Bengkel quattro kayanya bagus tuh buat yg pengen pelihara VAG group.
Coba om farizfsa biasa ngebengkel mobil2 VAG group dimana yg jadi andalan... Share share dimari.. Newbie butuh pencarahan nih![]()
iya ini enak sih, rencana mau cb remap di rev si q7 diesel. keknya lucu kalo dibikin jadi 600nm.
kalo mau kebut2an tp masih nyaman sih ambil aja A6 C7 3.0T Quattrro
cuma udah di ingetin sih ini mesin suka rembes2 oli lucu, suka harus top up oli mesin
steering rack juga posisinya jelek, kalo kena banjir2 kecil, ya siapin 35 jt lah
tp interior audi sih quality lebih ok drpd bmw mercy
handling dan nyaman di antara bmw mercy
beli 350-400jt, siapin 50 jutaan buat modip mesin, tadada, 500 hp ente bisa dapet.
ada yg blg ini mbl reliable, ada yg blg ga.
cuma katanya kalo audi kalo bs ambil yg quattro ambil yg quattro, dia pake trans dsg wet. lebih reliable drpd transmisi multitronic or s tronic yang sebenernya itu CVT. makanya sekarang audi ga ada tu pake CVT ga reliable.