Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Omnibus wrote: Thu Jul 09, 2020 8:46
barusan ngerakit tangga kecil utk ngoprek anf non-vvti turbo diesel 150 hp 400 nm redline 4500 rpm pertadex full amsoil front to back tahun 2020 yg akan dipakai 30 tahun kedepan - supaya lebih nyaman secara engine bay nya kan tinggi.
nyari di monotar* ada yg aluminum mahal bener 1.6 jt itupun sdh promo. yg ini dr kayu ga sampai 1/5 harganya. yg penting it gets the job done.
IMG_20200709_153345~2.jpg
Ah repot amat om..aliran asemreges biasa duduk di atas panel atas radiator..simpel
asem reges itu biasanya copotin aki atau rumah saringan udara, trus duduk di panel body sambil kaki nyempil ke bekas tempat aki atau rumah filter udara
radiator jaman skrg dr plastik, baik rumah nya ataupun bagian atasnya, panas2 didudukin sehhh.. patah itu
kopi menurut factory service manual suatu perguruan barista yg mana kawan ane punggawanya harus 92°C om ....
dieminnya 10 menit aja.
@ mbah Marmut - saya aliran Arabica mbah.... kl robusta langsung jantungku dag dig dug merinding disko seharian.
selera saya di 80an °c. lebih dari itu pait gosong atawa kecut kalo arabika.
om musti coba yang houseblend kalo gitu, 70% arabika 30% robusta. nanti kalo udah adaptasi, beralih ke yang 50%. di paduken dengan cigar asli jember long filler dijamin maknyusss...
benzz89 wrote: Thu Jul 09, 2020 11:16
ANF Om Omni kayanya di sayang banget yah... tangga dibeliin buat DIY2 kedepannya, kayanya gak akan ada yang boleh sentuh tuh ANF nya... apalagi mekanik2 beres atoyot [emoji16]
Oli kasta 1, solar ningrat, grease keraton... ane nunggu jandanya aja deh, biar dikata 30 taon lagi juga kayanya masih peret kali tuh ANF nya Hahahah.
Percayalah ane ama Om Omni bisa pelihara sampe 30 taon lagi itu ANF nya, mungkin kalau Om Omni beli TLC 2020 ane rasa 100 taon lagi juga masih jalan itu TLC nya... pasti di sayang2 banget kaya ANF nya [emoji1787]
Jadi kalau ke beres cuman minta cap aja kali yah Om... biar garansi tetap jalan, selebihnya DIY forever...
mobil apapun juga disayang, sampai jazz saya yg cuma HB imut2 juga disayang kasihin oli keraton
begitu distart ga mau nyala barulah rasa sayang itu memudar apalagi kl kejadiannya di tengah antah berantah.
mobilnya nanti boleh janda tp buku service msh perawan. ane bikin service log book mirip medical record di RS, lebih lengkap jauh infonya drpd buku service. termasuk invoice2 pembelian spare part dr beres dan ol marketplace. nanti pas saatnya dijual calon buyer yg kaga percaya silahkan minggir, tidak ada yg maksa suruh beli. wkwkwkwk
benzz89 wrote: Thu Jul 09, 2020 11:16
ANF Om Omni kayanya di sayang banget yah... tangga dibeliin buat DIY2 kedepannya, kayanya gak akan ada yang boleh sentuh tuh ANF nya... apalagi mekanik2 beres atoyot [emoji16]
Oli kasta 1, solar ningrat, grease keraton... ane nunggu jandanya aja deh, biar dikata 30 taon lagi juga kayanya masih peret kali tuh ANF nya Hahahah.
Percayalah ane ama Om Omni bisa pelihara sampe 30 taon lagi itu ANF nya, mungkin kalau Om Omni beli TLC 2020 ane rasa 100 taon lagi juga masih jalan itu TLC nya... pasti di sayang2 banget kaya ANF nya [emoji1787]
Jadi kalau ke beres cuman minta cap aja kali yah Om... biar garansi tetap jalan, selebihnya DIY forever...
mobil apapun juga disayang, sampai jazz saya yg cuma HB imut2 juga disayang kasihin oli keraton
begitu distart ga mau nyala barulah rasa sayang itu memudar apalagi kl kejadiannya di tengah antah berantah.
mobilnya nanti boleh janda tp buku service msh perawan. ane bikin service log book mirip medical record di RS, lebih lengkap jauh infonya drpd buku service. termasuk invoice2 pembelian spare part dr beres dan ol marketplace. nanti pas saatnya dijual calon buyer yg kaga percaya silahkan minggir, tidak ada yg maksa suruh beli. wkwkwkwk
Bedehhhh... Kalau ini sih kayanya yang antri janda ANF nya Om Omni bakalan akan sangat panjang... enaknya di lelang terbuka, yang berani buka harga paling tinggi dia yang dapat jandanya Hahahah [emoji23]
Herman7103 wrote: Thu Jul 09, 2020 4:12
Saya share yg saya tahu ya Om saat ngelihat mekanik beres Nissan sabtu tgl 4 Juli 2020 lalu buka oil pan CVT mobil Nissan Grand Livina 1.5 SV CVT, tahun 2014 kira kira mirip seperti ini .
Oh iya ini part no da harga untuk gasket oil pan dan filter oli CVT mobil Nissan All New Grand Livina
Part No 31397-3JX0A Gasket CVT Oil Pan harga Rp 182.500 (blm termasuk PPN 10%)
Part No 31726-3JX0A Filter Oli CVT harga Rp 115.000 (blm termasuk PPN 10%)
1594267279541_image001.jpg
Om
Itu pas montirnya ganti filter AnGL 2014 1.5 CVT HR15DE L11 twin CVTC injector w/o EGR odo 84xxx km, yg rencananya mau dipake 14 taon utk kita liat kekuatan jatco CVT nya, yg dganti cuman yg filter selongsong kecil nya doank (di dalem ATF warmer) , atau yg di dalem oil pan kg diganti (itu yg warna item d foto om) jg dganti ?
Krn kl d honda, kl blg nya filter cvt, nanti dkasi 2 item filter, satu yg selongsong, satu lg d pan. Ini bukan katanya katanya, tp kata bagian bengkel dan spare part imora motor pangjay jakarta barat
Om DOHC, dari gambar structure Transmissi CVT yg saya dapat gratis dari beres Nissan yang saya ganti cuma 1 saja kalau lihat gambar tuh yg gue lingkari pena merah dan warnanya di foto saya memang berubah jadi hitam setelah jalan 6 tahun lebih dan setahu saya di CVT Jatco kayaknya cuma itu satu satunya filternya kalau lihat gambarnya.Dan di oil pan nya kagak ada filter tapi ada 2 buah gelang magnet untuk menangkap gram gram. sedangkan part part lain memang tuh mekanik kagak berani sentuh atau bongkar tapi cuma disemprot Cleaners saja.
Itu pas montirnya ganti filter AnGL 2014 1.5 CVT HR15DE L11 twin CVTC injector w/o EGR odo 84xxx km, yg rencananya mau dipake 14 taon utk kita liat kekuatan jatco CVT nya, yg dganti cuman yg filter selongsong kecil nya doank (di dalem ATF warmer) , atau yg di dalem oil pan kg diganti (itu yg warna item d foto om) jg dganti ?
Krn kl d honda, kl blg nya filter cvt, nanti dkasi 2 item filter, satu yg selongsong, satu lg d pan. Ini bukan katanya katanya, tp kata bagian bengkel dan spare part imora motor pangjay jakarta barat
Om DOHC, dari gambar structure Transmissi CVT yg saya dapat gratis dari beres Nissan yang saya ganti cuma 1 saja kalau lihat gambar tuh yg gue lingkari pena merah dan warnanya di foto saya memang berubah jadi hitam setelah jalan 6 tahun lebih dan setahu saya di CVT Jatco kayaknya cuma itu satu satunya filternya kalau lihat gambarnya.Dan di oil pan nya kagak ada filter tapi ada 2 buah gelang magnet untuk menangkap gram gram. sedangkan part part lain memang tuh mekanik kagak berani sentuh atau bongkar tapi cuma disemprot Cleaners saja.
Itu pas montirnya ganti filter AnGL 2014 1.5 CVT HR15DE L11 twin CVTC injector w/o EGR odo 84xxx km, yg rencananya mau dipake 14 taon utk kita liat kekuatan jatco CVT nya, yg dganti cuman yg filter selongsong kecil nya doank (di dalem ATF warmer) , atau yg di dalem oil pan kg diganti (itu yg warna item d foto om) jg dganti ?
Krn kl d honda, kl blg nya filter cvt, nanti dkasi 2 item filter, satu yg selongsong, satu lg d pan. Ini bukan katanya katanya, tp kata bagian bengkel dan spare part imora motor pangjay jakarta barat
Om DOHC, dari gambar structure Transmissi CVT yg saya dapat gratis dari beres Nissan yang saya ganti cuma 1 saja kalau lihat gambar tuh yg gue lingkari pena merah dan warnanya di foto saya memang berubah jadi hitam setelah jalan 6 tahun lebih dan setahu saya di CVT Jatco kayaknya cuma itu satu satunya filternya kalau lihat gambarnya.Dan di oil pan nya kagak ada filter tapi ada 2 buah gelang magnet untuk menangkap gram gram. sedangkan part part lain memang tuh mekanik kagak berani sentuh atau bongkar tapi cuma disemprot Cleaners saja.
part filter yg saya maksud itu yg saya lingkari orange di foto ini
IMG_20200703_150927.jpg
Kalau part itu ngak saya ganti Om, karena materialnya kayaknya solid dan bersih luarnya entah dari stailess steel atau aluminium dan montir senior beres aja kagak berani untuk bongkarnya. Toh juga saya cuma minta kuras oli CVT dan ganti filter oli CVT nya saja. For your info untuk prosedur kuras oli Matic di beres Nissan Istana Palembang dengan metode turunin oil pan CVT serta ganti filter CVT seperti ini kayaknya memang baru pertama kali dilakukan nya di mobil Nissan All New Grand Livina tahun 2014 setelah saya request dengan agak maksa wkwkwk ke Supervisor montir senior dengan menunjukkan gambar structure transmissinya serta tumjukkan bagian filter oli CVT yg mau diganti dan sudah tersedia pula filter oli CVT barunya saat itu, baru dia bilang ok, dan langsung temui SA dan minta SA hitung ongkosnya, eh dapet discount 20% ya lumayanlah jadi Rp 1.345.000 dimana itu sudah include 8 botol oli CVT Nissan type NS3 dan setelah hitung PPN 10% juga. Bagi saya tidak mahal karena sudah beberapa bengkel mobil di palembang yg saya datangi pada ngak berani lakukan kuras oli tsb dengan turunin oil pan serta ganti filternya padahal menurut saya tingkat kesulitannya biasa saja asal toolsnya lengkap wkwkwk.Om DOHC kalau punya mobil CVT yg sudah jalan lbh dari 100 ribu Km dan punya tools nya seharusnya juga bisa turunin sendiri oil pan dan ganti filter oli CVT nya sendiri wkwkwk.
Di Nissan memang ada prosedur saat setelah memasukkan oli CVT baru mekaniknya pindahkan tuas transmissinya lalu ukur di dipstik oli CVT barunya sampai pas ukurannya dan bila kelebihan mereka buka baut bawah untuk mengeluarkan oli CVT nya lalu ukur dipstik CVT lagi sampai pas ukurannya baru reset deteriorate nya dgn scan consult balik 0 lagi. Setelah kuras oli CVT dan isi lagi oli CVT baru lalu ganti filter oli CVT nya memang perpindahan transmissi smooth, enteng dan enak tidak ada gejala slip deh[emoji106]. Cukup confident saya mobil bisa operasional untuk 14 tahun kedepannya.
Itu pas montirnya ganti filter AnGL 2014 1.5 CVT HR15DE L11 twin CVTC injector w/o EGR odo 84xxx km, yg rencananya mau dipake 14 taon utk kita liat kekuatan jatco CVT nya, yg dganti cuman yg filter selongsong kecil nya doank (di dalem ATF warmer) , atau yg di dalem oil pan kg diganti (itu yg warna item d foto om) jg dganti ?
Krn kl d honda, kl blg nya filter cvt, nanti dkasi 2 item filter, satu yg selongsong, satu lg d pan. Ini bukan katanya katanya, tp kata bagian bengkel dan spare part imora motor pangjay jakarta barat
Om DOHC, dari gambar structure Transmissi CVT yg saya dapat gratis dari beres Nissan yang saya ganti cuma 1 saja kalau lihat gambar tuh yg gue lingkari pena merah dan warnanya di foto saya memang berubah jadi hitam setelah jalan 6 tahun lebih dan setahu saya di CVT Jatco kayaknya cuma itu satu satunya filternya kalau lihat gambarnya.Dan di oil pan nya kagak ada filter tapi ada 2 buah gelang magnet untuk menangkap gram gram. sedangkan part part lain memang tuh mekanik kagak berani sentuh atau bongkar tapi cuma disemprot Cleaners saja.
part filter yg saya maksud itu yg saya lingkari orange di foto ini
IMG_20200703_150927.jpg
Kalau benar yang Om Kelep lingkarin itu adalah strainer, barusan ane cek buat CVT lipindut di toko ijo harganya hampir 700 ribu OEM jepun.
Kalau di gear AT bukannya HANYA part ini aja yah yang harus diganti? Ane juga blom pernah ganti ini strainer di fortuner tuwir ane, mau ganti kayanya ribet itu sealantnya harus pake yang khusus katanya, jadi males bongkar2. Ntah apakah ada filter nya juga yang harus di ganti?
Apa CVT harus pakai 2 filter yah olinya? 1 yang seperti Om Herman ganti (kalau ini memang bentuknya seperti filter oli) & 1 lagi pakai strainer? (Bentuknya flat lempengan gitu).
Kalau strainernya blom ganti baiknya Om Herman ganti juga kali Om... demi untuk mencapai pemakaian CVT 14 taon lagi.
Strainer logikanya untuk saring partikel2 yang kelihatan oleh mata telanjang, sedangkan filter untuk saring partikel2 yang sudah terlalu mikro & sudah tidak terlihat oleh mata lagi. Kalau pakai 2 filter ini sih jaminlah 20 taon pemakaian CVT sih harusnya aman damai sentosa.
Herman7103 wrote: Thu Jul 09, 2020 7:15
Om DOHC, dari gambar structure Transmissi CVT yg saya dapat gratis dari beres Nissan yang saya ganti cuma 1 saja kalau lihat gambar tuh yg gue lingkari pena merah dan warnanya di foto saya memang berubah jadi hitam setelah jalan 6 tahun lebih dan setahu saya di CVT Jatco kayaknya cuma itu satu satunya filternya kalau lihat gambarnya.Dan di oil pan nya kagak ada filter tapi ada 2 buah gelang magnet untuk menangkap gram gram. sedangkan part part lain memang tuh mekanik kagak berani sentuh atau bongkar tapi cuma disemprot Cleaners saja.
part filter yg saya maksud itu yg saya lingkari orange di foto ini
IMG_20200703_150927.jpg
Kalau benar yang Om Kelep lingkarin itu adalah strainer, barusan ane cek buat CVT lipindut di toko ijo harganya hampir 700 ribu OEM jepun.
Kalau di gear AT bukannya HANYA part ini aja yah yang harus diganti? Ane juga blom pernah ganti ini strainer di fortuner tuwir ane, mau ganti kayanya ribet itu sealantnya harus pake yang khusus katanya, jadi males bongkar2. Ntah apakah ada filter nya juga yang harus di ganti?
Apa CVT harus pakai 2 filter yah olinya? 1 yang seperti Om Herman ganti (kalau ini memang bentuknya seperti filter oli) & 1 lagi pakai strainer? (Bentuknya flat lempengan gitu).
Kalau strainernya blom ganti baiknya Om Herman ganti juga kali Om... demi untuk mencapai pemakaian CVT 14 taon lagi.
Strainer logikanya untuk saring partikel2 yang kelihatan oleh mata telanjang, sedangkan filter untuk saring partikel2 yang sudah terlalu mikro & sudah tidak terlihat oleh mata lagi. Kalau pakai 2 filter ini sih jaminlah 20 taon pemakaian CVT sih harusnya aman damai sentosa.
Om benzz89 , nanti untuk kuras oli matic CVT mobil saya berikutnya beberapa tahun lagi deh om, tapi nanti saya request dulu harga part nya di beres berapa harganya wkwkwk, skrg aja saya simpen gasket oil pan yg minggu lalu saya beli karena belum kepakai wkwkwk belum lagi oli mesin synthetic aja ada stock 1/2 lusin jg di garasi, ngak enak jaman lagi pandemic corona nyetok barang banyak banyak mending nyetok gold lebih enak dan joss.[emoji2]
Herman7103 wrote: Fri Jul 10, 2020 1:25
Om benzz89 , nanti untuk kuras oli matic CVT mobil saya berikutnya beberapa tahun lagi deh om, tapi nanti saya request dulu harga part nya di beres berapa harganya wkwkwk, skrg aja saya simpen gasket oil pan yg minggu lalu saya beli karena belum kepakai wkwkwk belum lagi oli mesin synthetic aja ada stock 1/2 lusin jg di garasi, ngak enak jaman lagi pandemic corona nyetok barang banyak banyak mending nyetok gold lebih enak dan joss.[emoji2]
Kalo yakin mobilnya mau dipake belasan taun lagi sih menurut sy nyetok sparepart gpp om, terutama part yg ga getas dimakan usia, jd disimpan agak lama gapapa
Toh harga sparepart umumnya naik dari waktu ke waktu, jarang turun...
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
Herman7103 wrote: Fri Jul 10, 2020 1:25
Om benzz89 , nanti untuk kuras oli matic CVT mobil saya berikutnya beberapa tahun lagi deh om, tapi nanti saya request dulu harga part nya di beres berapa harganya wkwkwk, skrg aja saya simpen gasket oil pan yg minggu lalu saya beli karena belum kepakai wkwkwk belum lagi oli mesin synthetic aja ada stock 1/2 lusin jg di garasi, ngak enak jaman lagi pandemic corona nyetok barang banyak banyak mending nyetok gold lebih enak dan joss.[emoji2]
Kalo yakin mobilnya mau dipake belasan taun lagi sih menurut sy nyetok sparepart gpp om, terutama part yg ga getas dimakan usia, jd disimpan agak lama gapapa
Toh harga sparepart umumnya naik dari waktu ke waktu, jarang turun...
Kalau yakin sih memang yakin sekali Om, memang ngak berniat sama sekali untuk dijual karena itu saya maintenance dengar proper. Noted om sarannya saya pertimbangkan.
part filter yg saya maksud itu yg saya lingkari orange di foto ini
IMG_20200703_150927.jpg
Kalau benar yang Om Kelep lingkarin itu adalah strainer, barusan ane cek buat CVT lipindut di toko ijo harganya hampir 700 ribu OEM jepun.
Kalau di gear AT bukannya HANYA part ini aja yah yang harus diganti? Ane juga blom pernah ganti ini strainer di fortuner tuwir ane, mau ganti kayanya ribet itu sealantnya harus pake yang khusus katanya, jadi males bongkar2. Ntah apakah ada filter nya juga yang harus di ganti?
Apa CVT harus pakai 2 filter yah olinya? 1 yang seperti Om Herman ganti (kalau ini memang bentuknya seperti filter oli) & 1 lagi pakai strainer? (Bentuknya flat lempengan gitu).
Kalau strainernya blom ganti baiknya Om Herman ganti juga kali Om... demi untuk mencapai pemakaian CVT 14 taon lagi.
Strainer logikanya untuk saring partikel2 yang kelihatan oleh mata telanjang, sedangkan filter untuk saring partikel2 yang sudah terlalu mikro & sudah tidak terlihat oleh mata lagi. Kalau pakai 2 filter ini sih jaminlah 20 taon pemakaian CVT sih harusnya aman damai sentosa.
Om benzz89 , nanti untuk kuras oli matic CVT mobil saya berikutnya beberapa tahun lagi deh om, tapi nanti saya request dulu harga part nya di beres berapa harganya wkwkwk, skrg aja saya simpen gasket oil pan yg minggu lalu saya beli karena belum kepakai wkwkwk belum lagi oli mesin synthetic aja ada stock 1/2 lusin jg di garasi, ngak enak jaman lagi pandemic corona nyetok barang banyak banyak mending nyetok gold lebih enak dan joss.[emoji2]
Nahhh kebetulan itu gasket kan blom terpakai tuh Om... daripada nunggu 6 taon lagi baru ganti strainer + gasketnya, ya keburu getas lah om itu gasket...namanya juga karet kemakan ama umurlah.
Nanti giliran 6 taon kemudian mau dipakai, kepikiran lagi "ini gasket aman gak yah buat 6 taon lagiiii"... nah gak enak makan, gak enak tidur kan jadinya [emoji1787]
Sudah... beli & pasang strainernya, tampung olinya, pasang gasket barunya, masukin lagi deh olinya... baru enak makan & enak tidurnya buat 14 taon kedepan. CVT nya juga PASTI lebih makyussss lagi om, jamin itu...
Itu yg saya lingkari betul nama nya strainer, bahan nya biasa lebi solid drpd yg selongsong krn dia yg filter utama nya, umumnya lebi panjang umur dbanding filter kecil, tp biasa kl ud turunin oil pan nya, skalian dganti krn sekalian kerja, sayang gasket nya jg scara gasket jg itu one off part, skali pakai dan dibuka yah lgs dganti.. ganti strainer itu pun jg gampang koq, copot baut pengikat, cabut, pasang kembali strainer yg baru.. pastikan aj O ring lama nya ga ketinggalan
Ya ud nanti kl 2014 AnGL CVT HR15DE L11 nya kl mau next ATF flush yah coba tunjukin foto ini ke SA beres nissan palembang aj utk dipesenin
Btw kl d honda, sistem CVT nya mirip kaya jatco nissan, ad 2 filter tsb, dan djual d beres imora motor pangjay pusat nya mreka..
Anehnya, stiap beres honda yg saya tanya pun jg binggung atau tidak ngeh kl cvt ad filter nya, sama kaya beres nissan palembang om.. mungkin di indo montir2 beres nya kurang dapet edukasi lengkap dr pusat
@benzz
Iya itu parts yg saya maksud om, dan harganya mmg pasti lebi mahal, honda punya aja 300an d toped, barang lelang pula, padahal kl yg filter di atf warmer cuman 100an rebu, barang ori
So far musti pesen d beres om, tp barang nya ad, mau gasket nya pun jg ad, ud saya confirm di bengkel resmi toyota auto 2000 pluit, 1x 24 jam pesen barang sampai
Kl yg saya liat d foto komputer mreka, parts nya cuman strainer doank, ga pake yg model catridge sgala, harga kira2 d atas 500 rebu (atau 700, lupa saya)
Herman7103 wrote: Fri Jul 10, 2020 0:40
Kalau part itu ngak saya ganti Om, karena materialnya kayaknya solid dan bersih luarnya entah dari stailess steel atau aluminium dan montir senior beres aja kagak berani untuk bongkarnya. Toh juga saya cuma minta kuras oli CVT dan ganti filter oli CVT nya saja. For your info untuk prosedur kuras oli Matic di beres Nissan Istana Palembang dengan metode turunin oil pan CVT serta ganti filter CVT seperti ini kayaknya memang baru pertama kali dilakukan nya di mobil Nissan All New Grand Livina tahun 2014 setelah saya request dengan agak maksa wkwkwk ke Supervisor montir senior dengan menunjukkan gambar structure transmissinya serta tumjukkan bagian filter oli CVT yg mau diganti dan sudah tersedia pula filter oli CVT barunya saat itu, baru dia bilang ok, dan langsung temui SA dan minta SA hitung ongkosnya, eh dapet discount 20% ya lumayanlah jadi Rp 1.345.000 dimana itu sudah include 8 botol oli CVT Nissan type NS3 dan setelah hitung PPN 10% juga. Bagi saya tidak mahal karena sudah beberapa bengkel mobil di palembang yg saya datangi pada ngak berani lakukan kuras oli tsb dengan turunin oil pan serta ganti filternya padahal menurut saya tingkat kesulitannya biasa saja asal toolsnya lengkap wkwkwk.Om DOHC kalau punya mobil CVT yg sudah jalan lbh dari 100 ribu Km dan punya tools nya seharusnya juga bisa turunin sendiri oil pan dan ganti filter oli CVT nya sendiri wkwkwk.
Di Nissan memang ada prosedur saat setelah memasukkan oli CVT baru mekaniknya pindahkan tuas transmissinya lalu ukur di dipstik oli CVT barunya sampai pas ukurannya dan bila kelebihan mereka buka baut bawah untuk mengeluarkan oli CVT nya lalu ukur dipstik CVT lagi sampai pas ukurannya baru reset deteriorate nya dgn scan consult balik 0 lagi. Setelah kuras oli CVT dan isi lagi oli CVT baru lalu ganti filter oli CVT nya memang perpindahan transmissi smooth, enteng dan enak tidak ada gejala slip deh[emoji106]. Cukup confident saya mobil bisa operasional untuk 14 tahun kedepannya.
sptnya itu memang filter om. minta beresnya buka part catalog yg utk mobil om sesuai vin nya aja nanti kan ketauan itu part apa.
ga usah diganti buru2, tunggu tahun depan aja apalagi impresi berkendaranya msh ok. yg kemarin diganti juga ga 100% oli lamanya terkuras, bayangan saya kira2 50-60% kl buka pan terkurasnya jd msh ada 40% oli di dalam yg umurnya sdh 6 thn itu. tahun depan ganti lagi jd konsentrasi oli baru makin meningkat sekalian filter yg dibicarakan itu diganti juga.
So far musti pesen d beres om, tp barang nya ad, mau gasket nya pun jg ad, ud saya confirm di bengkel resmi toyota auto 2000 pluit, 1x 24 jam pesen barang sampai
Kl yg saya liat d foto komputer mreka, parts nya cuman strainer doank, ga pake yg model catridge sgala, harga kira2 d atas 500 rebu (atau 700, lupa saya)
siap om thx. gasketnya model liquid atau solid om?
benzz89 wrote:Kalau benar yang Om Kelep lingkarin itu adalah strainer, barusan ane cek buat CVT lipindut di toko ijo harganya hampir 700 ribu OEM jepun.
Kalau di gear AT bukannya HANYA part ini aja yah yang harus diganti? Ane juga blom pernah ganti ini strainer di fortuner tuwir ane, mau ganti kayanya ribet itu sealantnya harus pake yang khusus katanya, jadi males bongkar2. Ntah apakah ada filter nya juga yang harus di ganti?
Apa CVT harus pakai 2 filter yah olinya? 1 yang seperti Om Herman ganti (kalau ini memang bentuknya seperti filter oli) & 1 lagi pakai strainer? (Bentuknya flat lempengan gitu).
Kalau strainernya blom ganti baiknya Om Herman ganti juga kali Om... demi untuk mencapai pemakaian CVT 14 taon lagi.
Strainer logikanya untuk saring partikel2 yang kelihatan oleh mata telanjang, sedangkan filter untuk saring partikel2 yang sudah terlalu mikro & sudah tidak terlihat oleh mata lagi. Kalau pakai 2 filter ini sih jaminlah 20 taon pemakaian CVT sih harusnya aman damai sentosa.
Om benzz89 , nanti untuk kuras oli matic CVT mobil saya berikutnya beberapa tahun lagi deh om, tapi nanti saya request dulu harga part nya di beres berapa harganya wkwkwk, skrg aja saya simpen gasket oil pan yg minggu lalu saya beli karena belum kepakai wkwkwk belum lagi oli mesin synthetic aja ada stock 1/2 lusin jg di garasi, ngak enak jaman lagi pandemic corona nyetok barang banyak banyak mending nyetok gold lebih enak dan joss.[emoji2]
Nahhh kebetulan itu gasket kan blom terpakai tuh Om... daripada nunggu 6 taon lagi baru ganti strainer + gasketnya, ya keburu getas lah om itu gasket...namanya juga karet kemakan ama umurlah.
Nanti giliran 6 taon kemudian mau dipakai, kepikiran lagi "ini gasket aman gak yah buat 6 taon lagiiii"... nah gak enak makan, gak enak tidur kan jadinya [emoji1787]
Sudah... beli & pasang strainernya, tampung olinya, pasang gasket barunya, masukin lagi deh olinya... baru enak makan & enak tidurnya buat 14 taon kedepan. CVT nya juga PASTI lebih makyussss lagi om, jamin itu...
Kompor meledukkkk... Hahahaha [emoji1787]
Aman om, saya mah ngak khawatir sama sekali karena harga gasketnya Nissan murah cuma Rp 182.500 (blm termasuk PPN 10%) dan tidur pun nyenyak pulas wkwkwk.
Fortuner tuwir om kan belum pernah ganti filter transmisi serta strainer or gasket coba ganti dulu deh om, murahlah product market leader biar tidur nya nyenyak dari pada suatu saat pas ganti gigi transmisi ngak bisa pindah gigi atau nyentak mendingan cepat cepat ganti deh wkwkwk dari pada entar ganti satu set transmissinya wkwkwk.
Itu yg saya lingkari betul nama nya strainer, bahan nya biasa lebi solid drpd yg selongsong krn dia yg filter utama nya, umumnya lebi panjang umur dbanding filter kecil, tp biasa kl ud turunin oil pan nya, skalian dganti krn sekalian kerja, sayang gasket nya jg scara gasket jg itu one off part, skali pakai dan dibuka yah lgs dganti.. ganti strainer itu pun jg gampang koq, copot baut pengikat, cabut, pasang kembali strainer yg baru.. pastikan aj O ring lama nya ga ketinggalan
Ya ud nanti kl 2014 AnGL CVT HR15DE L11 nya kl mau next ATF flush yah coba tunjukin foto ini ke SA beres nissan palembang aj utk dipesenin
Btw kl d honda, sistem CVT nya mirip kaya jatco nissan, ad 2 filter tsb, dan djual d beres imora motor pangjay pusat nya mreka..
Anehnya, stiap beres honda yg saya tanya pun jg binggung atau tidak ngeh kl cvt ad filter nya, sama kaya beres nissan palembang om.. mungkin di indo montir2 beres nya kurang dapet edukasi lengkap dr pusat
@benzz
Iya itu parts yg saya maksud om, dan harganya mmg pasti lebi mahal, honda punya aja 300an d toped, barang lelang pula, padahal kl yg filter di atf warmer cuman 100an rebu, barang ori
Noted Om, nanti beberapa tahun lagi deh saya rencanakan ganti strainernya di beres jg. Dan iya lucu memang kita customer yg mesti agak maksa dikit baru mereka mau, kayaknya memang mekanik beresnya kurang edukasi wkwkwk.
Izin nimbrung sesepuh disini, lagi bingung mau mulai darimana koleksi toolkit proper..
Kebetulan ada budget 8rb an buat awal, rencananya beli kunci sok sama torsi dlu, liat liat ada item berikut, apakah sudah ada yg pernah pakai? Rencana kebutuhan buat DIY ringan di rumah, ganti2 fluida, rotasi ban dan busi. Mohon sarannya thanks
So far musti pesen d beres om, tp barang nya ad, mau gasket nya pun jg ad, ud saya confirm di bengkel resmi toyota auto 2000 pluit, 1x 24 jam pesen barang sampai
Kl yg saya liat d foto komputer mreka, parts nya cuman strainer doank, ga pake yg model catridge sgala, harga kira2 d atas 500 rebu (atau 700, lupa saya)
siap om thx. gasketnya model liquid atau solid om?
Model solid om, ud ad ring crush washer nya jg kl ga sala, mirip2 ama gasket mobil eropa
marmut wrote: Fri Jul 10, 2020 3:46
baut/mur strainer umumnya ada 1 atau 2 pakai kunci 10mm.
kalau sebesar itu bisa jadi 3 atau 4 baut/mur.
Herman7103 wrote: Fri Jul 10, 2020 0:40
Kalau part itu ngak saya ganti Om, karena materialnya kayaknya solid dan bersih luarnya entah dari stailess steel atau aluminium dan montir senior beres aja kagak berani untuk bongkarnya. Toh juga saya cuma minta kuras oli CVT dan ganti filter oli CVT nya saja. For your info untuk prosedur kuras oli Matic di beres Nissan Istana Palembang dengan metode turunin oil pan CVT serta ganti filter CVT seperti ini kayaknya memang baru pertama kali dilakukan nya di mobil Nissan All New Grand Livina tahun 2014 setelah saya request dengan agak maksa wkwkwk ke Supervisor montir senior dengan menunjukkan gambar structure transmissinya serta tumjukkan bagian filter oli CVT yg mau diganti dan sudah tersedia pula filter oli CVT barunya saat itu, baru dia bilang ok, dan langsung temui SA dan minta SA hitung ongkosnya, eh dapet discount 20% ya lumayanlah jadi Rp 1.345.000 dimana itu sudah include 8 botol oli CVT Nissan type NS3 dan setelah hitung PPN 10% juga. Bagi saya tidak mahal karena sudah beberapa bengkel mobil di palembang yg saya datangi pada ngak berani lakukan kuras oli tsb dengan turunin oil pan serta ganti filternya padahal menurut saya tingkat kesulitannya biasa saja asal toolsnya lengkap wkwkwk.Om DOHC kalau punya mobil CVT yg sudah jalan lbh dari 100 ribu Km dan punya tools nya seharusnya juga bisa turunin sendiri oil pan dan ganti filter oli CVT nya sendiri wkwkwk.
Di Nissan memang ada prosedur saat setelah memasukkan oli CVT baru mekaniknya pindahkan tuas transmissinya lalu ukur di dipstik oli CVT barunya sampai pas ukurannya dan bila kelebihan mereka buka baut bawah untuk mengeluarkan oli CVT nya lalu ukur dipstik CVT lagi sampai pas ukurannya baru reset deteriorate nya dgn scan consult balik 0 lagi. Setelah kuras oli CVT dan isi lagi oli CVT baru lalu ganti filter oli CVT nya memang perpindahan transmissi smooth, enteng dan enak tidak ada gejala slip deh[emoji106]. Cukup confident saya mobil bisa operasional untuk 14 tahun kedepannya.
sptnya itu memang filter om. minta beresnya buka part catalog yg utk mobil om sesuai vin nya aja nanti kan ketauan itu part apa.
ga usah diganti buru2, tunggu tahun depan aja apalagi impresi berkendaranya msh ok. yg kemarin diganti juga ga 100% oli lamanya terkuras, bayangan saya kira2 50-60% kl buka pan terkurasnya jd msh ada 40% oli di dalam yg umurnya sdh 6 thn itu. tahun depan ganti lagi jd konsentrasi oli baru makin meningkat sekalian filter yg dibicarakan itu diganti juga.
Noted Om, akan saya ganti beberapa tahun lagi karena memang kayaknya strainer itu masa pakainya jg lebih panjang dari filter oli CVT yg saya ganti sabtu lalu diberes. Impessimya setelah ganti lebih smooth, enteng dan enak perpindahan transmisinya, ngak terasa slip juga[emoji106].
Kalau kuras oli CVT Nissan dgn buka oil pan nya sabtu lalu, oli CVT lama yang keluar kalau ditampung dapet 3 bucket deh. Lihat foto oli CVT lama dibawah yg ditampung baru 2 bucket dan bucket ketiga ngak masuk dalam foto tsb krn masih nampung oli CVT lama yg masih ngocor jadi sudah cukup maximal terkurasnya om, dan saat montir tuang oli CVT baru habis 8 botol yg masuk di transmissinya walaupun ada juga dia buang lagi sedikit oli baru tsb agar ukuran di dipstik nya pas.
IMG_20200703_155403.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.