Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
. Jika mau ganti gasket justru harus seset gasket lama yg menempel di oil pannya dgn cutter jadi mending terus pakai saja biar nanti kalau memang kondisinya sudah ngak bagus yg ditandai dengan rembes oli saja baru kita ganti gasketnya.[emoji2]
om, jangan pake cutter/silet dari logam, bisa cacat permukaan oil pan sama permukaan transmisinya.
karena di indo nggak ada yang jual silet plastik, saya ngakalin dari kemasan oli (botol plastik) dipotong sampai tajam menyerupai silet. kalau sudah tidak tajam lagi, dipotong miring pakai cutter biasa sampai tajam lagi,
20200709_104525.jpg
20200709_104614.jpg
20200709_105148.jpg
hati-hati terkena tangan, walaupun bahan plastik, tetap saja tajam bisa melukai permukaan kulit.
cross pattern.
sama seperti nut/bolt cylinder head.
tapi kalau saya, ikut manual book peugeot 505 karena mudah mengingatnya. rumus clockwise namanya.
20200709_105935.jpg
Thank you Om untuk informasinya. Mekanik yg ngasih tau kalau perlu diseset pakai cutter, untung gue ngak jadi pasang gasket yg baru kubeli.
Harap maklum saya juga baru belajar dengan cara melihat dan memperhatikan mekaniknya bekerja.
cross pattern.
sama seperti nut/bolt cylinder head.
tapi kalau saya, ikut manual book peugeot 505 karena mudah mengingatnya. rumus clockwise namanya.
20200709_105935.jpg
Herman7103 wrote: Thu Jul 09, 2020 4:12
Saya share yg saya tahu ya Om saat ngelihat mekanik beres Nissan sabtu tgl 4 Juli 2020 lalu buka oil pan CVT mobil Nissan Grand Livina 1.5 SV CVT, tahun 2014 kira kira mirip seperti ini .
Oh iya ini part no da harga untuk gasket oil pan dan filter oli CVT mobil Nissan All New Grand Livina
Part No 31397-3JX0A Gasket CVT Oil Pan harga Rp 182.500 (blm termasuk PPN 10%)
Part No 31726-3JX0A Filter Oli CVT harga Rp 115.000 (blm termasuk PPN 10%)
1594267279541_image001.jpg
Thx Oms.
Kalo saya liat, intinya sama. Mulai dari 2 baut yg bersebrangan di tengah oil pan, lalu muter clockwise.
jangan lupa juga supaya aman dibagi 3x run sampai ke torque spec yg diminta. misalnya target final torque spec 49 Nm dibagi 3: run pertama 16 Nm, run kedua 32 Nm, final run 49 Nm. semuanya dgn sequence sesuai service manual dan WAJIB pakai torque wrench.
biasanya step ini suka terlupakan, main hajar aja final torque spec dlm 1x run. hasilnya ga maksimal.
kl utk cylinder head bolt ada yg namanya TTY (torqued to yield) itu setelah final torque spec masih ada tambahan lagi diputar brapa derajat. utk TTY baut harus selalu baru tidak bisa pakai baut lama krn sdh yielded (ketarik manjang).
tool utk ngukur putaran derajat angular torque gauge (kalau bosan pakai cara manual ditandain tip-ex di bautnya)
IMG_20200709_115343~2.jpg
IMG_20200709_115416~2.jpg
IMG_20200709_115446~2.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Omnibus wrote: Thu Jul 09, 2020 5:03
jangan lupa juga supaya aman dibagi 3x run sampai ke torque spec yg diminta. misalnya target final torque spec 49 Nm dibagi 3: run pertama 16 Nm, run kedua 32 Nm, final run 49 Nm. semuanya dgn sequence sesuai service manual dan WAJIB pakai torque wrench.
biasanya step ini suka terlupakan, main hajar aja final torque spec dlm 1x run. hasilnya ga maksimal.
kl utk cylinder head bolt ada yg namanya TTY (torqued to yield) itu setelah final torque spec masih ada tambahan lagi diputar brapa derajat. utk TTY baut harus selalu baru tidak bisa pakai baut lama krn sdh yielded (ketarik manjang).
tool utk ngukur putaran derajat angular torque gauge (kalau bosan pakai cara manual ditandain tip-ex di bautnya)
IMG_20200709_115343~2.jpg
IMG_20200709_115416~2.jpg
IMG_20200709_115446~2.jpg
ni alat terutama harusnya kepake kalo ngencengin baut cyl head...tapi punya torque wrench non jarum aja udah bersyukur banget
Ada Om gasketnya. Saya minggu lalu sempat beli gasket oil pan dan filter oli CVT di beres total sebesar Rp 367 ribu cuma pas eksekusi yg saya putuskan ganti oli cvt dan filter oli CVT saja sementara gasket tidak saya minta ganti karena masih terpasang dgn kondisi baik di oil pan nya. Jika mau ganti gasket justru harus seset gasket lama yg menempel di oil pannya dgn cutter jadi mending terus pakai saja biar nanti kalau memang kondisinya sudah ngak bagus yg ditandai dengan rembes oli saja baru kita ganti gasketnya.[emoji2]
Thx Om.
Biar gak (terlalu) OOT, kalo mo DIY bongpas oil pan yg bentuknya gak beraturan kayak gini, urutan ngencenginnya bautnya gimana ya?
Summon simbah2x master DIY.
nambahin aja...untuk bongkar carter yang baut-nya banyak begini...jaga2 aja takutnya ukuran baut beda2
pas nglepas...di nomorin atau ditusukin ke dus bekas..tar jadi pas pasang baut x masuk ke lubang x lagi..
jaga2 aja
. Jika mau ganti gasket justru harus seset gasket lama yg menempel di oil pannya dgn cutter jadi mending terus pakai saja biar nanti kalau memang kondisinya sudah ngak bagus yg ditandai dengan rembes oli saja baru kita ganti gasketnya.[emoji2]
om, jangan pake cutter/silet dari logam, bisa cacat permukaan oil pan sama permukaan transmisinya.
karena di indo nggak ada yang jual silet plastik, saya ngakalin dari kemasan oli (botol plastik) dipotong sampai tajam menyerupai silet. kalau sudah tidak tajam lagi, dipotong miring pakai cutter biasa sampai tajam lagi,
20200709_104525.jpg
20200709_104614.jpg
20200709_105148.jpg
hati-hati terkena tangan, walaupun bahan plastik, tetap saja tajam bisa melukai permukaan kulit.
Herman7103 wrote: Thu Jul 09, 2020 3:17
Ada Om gasketnya. Saya minggu lalu sempat beli gasket oil pan dan filter oli CVT di beres total sebesar Rp 367 ribu cuma pas eksekusi yg saya putuskan ganti oli cvt dan filter oli CVT saja sementara gasket tidak saya minta ganti karena masih terpasang dgn kondisi baik di oil pan nya. Jika mau ganti gasket justru harus seset gasket lama yg menempel di oil pannya dgn cutter jadi mending terus pakai saja biar nanti kalau memang kondisinya sudah ngak bagus yg ditandai dengan rembes oli saja baru kita ganti gasketnya.[emoji2]
Thx Om.
Biar gak (terlalu) OOT, kalo mo DIY bongpas oil pan yg bentuknya gak beraturan kayak gini, urutan ngencenginnya bautnya gimana ya?
Summon simbah2x master DIY.
Saya share yg saya tahu ya Om saat ngelihat mekanik beres Nissan sabtu tgl 4 Juli 2020 lalu buka oil pan CVT mobil Nissan Grand Livina 1.5 SV CVT, tahun 2014 kira kira mirip seperti ini .
Oh iya ini part no da harga untuk gasket oil pan dan filter oli CVT mobil Nissan All New Grand Livina
Part No 31397-3JX0A Gasket CVT Oil Pan harga Rp 182.500 (blm termasuk PPN 10%)
Part No 31726-3JX0A Filter Oli CVT harga Rp 115.000 (blm termasuk PPN 10%)
1594267279541_image001.jpg
Om
Itu pas montirnya ganti filter AnGL 2014 1.5 CVT HR15DE L11 twin CVTC injector w/o EGR odo 84xxx km, yg rencananya mau dipake 14 taon utk kita liat kekuatan jatco CVT nya, yg dganti cuman yg filter selongsong kecil nya doank (di dalem ATF warmer) , atau yg di dalem oil pan kg diganti (itu yg warna item d foto om) jg dganti ?
Krn kl d honda, kl blg nya filter cvt, nanti dkasi 2 item filter, satu yg selongsong, satu lg d pan. Ini bukan katanya katanya, tp kata bagian bengkel dan spare part imora motor pangjay jakarta barat
adityabp wrote:
Thx Om.
Biar gak (terlalu) OOT, kalo mo DIY bongpas oil pan yg bentuknya gak beraturan kayak gini, urutan ngencenginnya bautnya gimana ya?
Summon simbah2x master DIY.
Saya share yg saya tahu ya Om saat ngelihat mekanik beres Nissan sabtu tgl 4 Juli 2020 lalu buka oil pan CVT mobil Nissan Grand Livina 1.5 SV CVT, tahun 2014 kira kira mirip seperti ini .
Oh iya ini part no da harga untuk gasket oil pan dan filter oli CVT mobil Nissan All New Grand Livina
Part No 31397-3JX0A Gasket CVT Oil Pan harga Rp 182.500 (blm termasuk PPN 10%)
Part No 31726-3JX0A Filter Oli CVT harga Rp 115.000 (blm termasuk PPN 10%)
1594267279541_image001.jpg
Om
Itu pas montirnya ganti filter AnGL 2014 1.5 CVT HR15DE L11 twin CVTC injector w/o EGR odo 84xxx km, yg rencananya mau dipake 14 taon utk kita liat kekuatan jatco CVT nya, yg dganti cuman yg filter selongsong kecil nya doank (di dalem ATF warmer) , atau yg di dalem oil pan kg diganti (itu yg warna item d foto om) jg dganti ?
Krn kl d honda, kl blg nya filter cvt, nanti dkasi 2 item filter, satu yg selongsong, satu lg d pan. Ini bukan katanya katanya, tp kata bagian bengkel dan spare part imora motor pangjay jakarta barat
Om DOHC, dari gambar structure Transmissi CVT yg saya dapat gratis dari beres Nissan yang saya ganti cuma 1 saja kalau lihat gambar tuh yg gue lingkari pena merah dan warnanya di foto saya memang berubah jadi hitam setelah jalan 6 tahun lebih dan setahu saya di CVT Jatco kayaknya cuma itu satu satunya filternya kalau lihat gambarnya.Dan di oil pan nya kagak ada filter tapi ada 2 buah gelang magnet untuk menangkap gram gram. sedangkan part part lain memang tuh mekanik kagak berani sentuh atau bongkar tapi cuma disemprot Cleaners saja.
1594278080058_image001.jpg
1594278100936_image002.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
marmut wrote:semua transmisi baik dari tahun 1945 pasti bersih karena tidak ada kontaminasi dengan pembakaran seperti mesin.
jadi nggak usah heran ataupun takjub.
Coba buka oil pan CVT Sienta om lalu photoin baru gue percaya wkwkwk.
Ini oil pan CVT Jatco setelah mobil jalan 85.5XX km bener bener Not Clean lihat photo dibawah, dan Om lihat saja sendiri kalau nanti buka oil pan CVT Soenta dan lihat sendiri wkwkwk.Bicara berdasarkan fakta jangan katanya katanya deh.IMG_20200703_151121.jpg
nih om contoh dari panutan gw , yg lg bongkar transmisi tank rata2 emang bersih om, kyk video restorasi lainnya.
barusan ngerakit tangga kecil utk ngoprek anf non-vvti turbo diesel 150 hp 400 nm redline 4500 rpm pertadex full amsoil front to back tahun 2020 yg akan dipakai 30 tahun kedepan - supaya lebih nyaman secara engine bay nya kan tinggi.
nyari di monotar* ada yg aluminum mahal bener 1.6 jt itupun sdh promo. yg ini dr kayu ga sampai 1/5 harganya. yg penting it gets the job done.
IMG_20200709_153345~2.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Omnibus wrote: Thu Jul 09, 2020 8:46
barusan ngerakit tangga kecil utk ngoprek anf non-vvti turbo diesel 150 hp 400 nm redline 4500 rpm pertadex full amsoil front to back tahun 2020 yg akan dipakai 30 tahun kedepan - supaya lebih nyaman secara engine bay nya kan tinggi.
nyari di monotar* ada yg aluminum mahal bener 1.6 jt itupun sdh promo. yg ini dr kayu ga sampai 1/5 harganya. yg penting it gets the job done.
IMG_20200709_153345~2.jpg
Err... yang buat 30 tahun kedepan mobilnya apa tangganya Om ??
Omnibus wrote: Thu Jul 09, 2020 8:46
barusan ngerakit tangga kecil utk ngoprek anf non-vvti turbo diesel 150 hp 400 nm redline 4500 rpm pertadex full amsoil front to back tahun 2020 yg akan dipakai 30 tahun kedepan - supaya lebih nyaman secara engine bay nya kan tinggi.
nyari di monotar* ada yg aluminum mahal bener 1.6 jt itupun sdh promo. yg ini dr kayu ga sampai 1/5 harganya. yg penting it gets the job done.
IMG_20200709_153345~2.jpg
Err... yang buat 30 tahun kedepan mobilnya apa tangganya Om ??
tangganya ga akan survive 30 tahun ..... kan bukan yota.
kl yota kan biasa dipakai di medan perang ..... bukan katanya.
Omnibus wrote: Thu Jul 09, 2020 8:46
barusan ngerakit tangga kecil utk ngoprek anf non-vvti turbo diesel 150 hp 400 nm redline 4500 rpm pertadex full amsoil front to back tahun 2020 yg akan dipakai 30 tahun kedepan - supaya lebih nyaman secara engine bay nya kan tinggi.
nyari di monotar* ada yg aluminum mahal bener 1.6 jt itupun sdh promo. yg ini dr kayu ga sampai 1/5 harganya. yg penting it gets the job done.
IMG_20200709_153345~2.jpg
alat lengkap, skill mumpuni, akan sia-sia tanpa hadirnya ...
Omnibus wrote: Thu Jul 09, 2020 8:46
barusan ngerakit tangga kecil utk ngoprek anf non-vvti turbo diesel 150 hp 400 nm redline 4500 rpm pertadex full amsoil front to back tahun 2020 yg akan dipakai 30 tahun kedepan - supaya lebih nyaman secara engine bay nya kan tinggi.
nyari di monotar* ada yg aluminum mahal bener 1.6 jt itupun sdh promo. yg ini dr kayu ga sampai 1/5 harganya. yg penting it gets the job done.
IMG_20200709_153345~2.jpg
alat lengkap, skill mumpuni, akan sia-sia tanpa hadirnya ...
roti sumbu dan kopi robusta.
Kopi nya bagusan item aj atau pakein gula aren mbah ?
Btw td pagi eksperimen pake kopi arabica nya excelso, 2 sendok teh, air iseng ukur ampe 80an derajat(sengaja ga mau yg panas banget), seduh terus diemin kira 30 menit.. pas diminum emg kurang panas, tp koq wangi ama rasa nya nendang lohh.. jd dilema, antara kopi panas tp kurang nendang atau kopi rada dingin tp rasa mantep
Omnibus wrote: Thu Jul 09, 2020 8:46
barusan ngerakit tangga kecil utk ngoprek anf non-vvti turbo diesel 150 hp 400 nm redline 4500 rpm pertadex full amsoil front to back tahun 2020 yg akan dipakai 30 tahun kedepan - supaya lebih nyaman secara engine bay nya kan tinggi.
nyari di monotar* ada yg aluminum mahal bener 1.6 jt itupun sdh promo. yg ini dr kayu ga sampai 1/5 harganya. yg penting it gets the job done.
IMG_20200709_153345~2.jpg
alat lengkap, skill mumpuni, akan sia-sia tanpa hadirnya ...
roti sumbu dan kopi robusta.
Kopi nya bagusan item aj atau pakein gula aren mbah ?
Btw td pagi eksperimen pake kopi arabica nya excelso, 2 sendok teh, air iseng ukur ampe 80an derajat(sengaja ga mau yg panas banget), seduh terus diemin kira 30 menit.. pas diminum emg kurang panas, tp koq wangi ama rasa nya nendang lohh.. jd dilema, antara kopi panas tp kurang nendang atau kopi rada dingin tp rasa mantep
dengan atau tanpa pemanis, sesuai selera aja.
80°c sih cukup, cuma 30 menitnya yang kelamaan keburu ngantuk. 5 menitan juga udah cukup.
kalo masih ada ground yang ngapung, boleh tiup pelan-pelan atau tetesin pake air suhu ruang sedikit-sedikit supaya tenggelem.
Omnibus wrote: Thu Jul 09, 2020 8:46
barusan ngerakit tangga kecil utk ngoprek anf non-vvti turbo diesel 150 hp 400 nm redline 4500 rpm pertadex full amsoil front to back tahun 2020 yg akan dipakai 30 tahun kedepan - supaya lebih nyaman secara engine bay nya kan tinggi.
nyari di monotar* ada yg aluminum mahal bener 1.6 jt itupun sdh promo. yg ini dr kayu ga sampai 1/5 harganya. yg penting it gets the job done.
IMG_20200709_153345~2.jpg
alat lengkap, skill mumpuni, akan sia-sia tanpa hadirnya ...
roti sumbu dan kopi robusta.
Kopi nya bagusan item aj atau pakein gula aren mbah ?
Btw td pagi eksperimen pake kopi arabica nya excelso, 2 sendok teh, air iseng ukur ampe 80an derajat(sengaja ga mau yg panas banget), seduh terus diemin kira 30 menit.. pas diminum emg kurang panas, tp koq wangi ama rasa nya nendang lohh.. jd dilema, antara kopi panas tp kurang nendang atau kopi rada dingin tp rasa mantep
kopi menurut factory service manual suatu perguruan barista yg mana kawan ane punggawanya harus 92°C om ....
dieminnya 10 menit aja.
@ mbah Marmut - saya aliran Arabica mbah.... kl robusta langsung jantungku dag dig dug merinding disko seharian.
Omnibus wrote: Thu Jul 09, 2020 8:46
barusan ngerakit tangga kecil utk ngoprek anf non-vvti turbo diesel 150 hp 400 nm redline 4500 rpm pertadex full amsoil front to back tahun 2020 yg akan dipakai 30 tahun kedepan - supaya lebih nyaman secara engine bay nya kan tinggi.
nyari di monotar* ada yg aluminum mahal bener 1.6 jt itupun sdh promo. yg ini dr kayu ga sampai 1/5 harganya. yg penting it gets the job done.
Herman7103 wrote: Thu Jul 09, 2020 3:17
Ada Om gasketnya. Saya minggu lalu sempat beli gasket oil pan dan filter oli CVT di beres total sebesar Rp 367 ribu cuma pas eksekusi yg saya putuskan ganti oli cvt dan filter oli CVT saja sementara gasket tidak saya minta ganti karena masih terpasang dgn kondisi baik di oil pan nya. Jika mau ganti gasket justru harus seset gasket lama yg menempel di oil pannya dgn cutter jadi mending terus pakai saja biar nanti kalau memang kondisinya sudah ngak bagus yg ditandai dengan rembes oli saja baru kita ganti gasketnya.[emoji2]
Thx Om.
Biar gak (terlalu) OOT, kalo mo DIY bongpas oil pan yg bentuknya gak beraturan kayak gini, urutan ngencenginnya bautnya gimana ya?
Summon simbah2x master DIY.
nambahin aja...untuk bongkar carter yang baut-nya banyak begini...jaga2 aja takutnya ukuran baut beda2
pas nglepas...di nomorin atau ditusukin ke dus bekas..tar jadi pas pasang baut x masuk ke lubang x lagi..
jaga2 aja
Omnibus wrote: Thu Jul 09, 2020 8:46
barusan ngerakit tangga kecil utk ngoprek anf non-vvti turbo diesel 150 hp 400 nm redline 4500 rpm pertadex full amsoil front to back tahun 2020 yg akan dipakai 30 tahun kedepan - supaya lebih nyaman secara engine bay nya kan tinggi.
nyari di monotar* ada yg aluminum mahal bener 1.6 jt itupun sdh promo. yg ini dr kayu ga sampai 1/5 harganya. yg penting it gets the job done.
IMG_20200709_153345~2.jpg
Ah repot amat om..aliran asemreges biasa duduk di atas panel atas radiator..simpel
ANF Om Omni kayanya di sayang banget yah... tangga dibeliin buat DIY2 kedepannya, kayanya gak akan ada yang boleh sentuh tuh ANF nya... apalagi mekanik2 beres atoyot [emoji16]
Oli kasta 1, solar ningrat, grease keraton... ane nunggu jandanya aja deh, biar dikata 30 taon lagi juga kayanya masih peret kali tuh ANF nya Hahahah.
Percayalah ane ama Om Omni bisa pelihara sampe 30 taon lagi itu ANF nya, mungkin kalau Om Omni beli TLC 2020 ane rasa 100 taon lagi juga masih jalan itu TLC nya... pasti di sayang2 banget kaya ANF nya [emoji1787]
Jadi kalau ke beres cuman minta cap aja kali yah Om... biar garansi tetap jalan, selebihnya DIY forever...