Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by DOHC »

Suryaputra wrote: Wed Jul 08, 2020 3:13
DOHC wrote: Wed Jul 08, 2020 3:10
erwinign wrote: Wed Jul 08, 2020 2:52

Sekarang yg innova 2006 single vvti 136 hp om dikasi oli apa?
Skrg isinya total tq9000 5-30, tiap 1000 km nambah sbtol oli, macet2an glitik terus, kl cold start pagi asep knalpot nya bole di adu ama cerutu nya mbah marmut
itu olinya diminum om ? :mky_03:
kondisi bol, eh ujung knalpot apa kabar tuh ada oli kebakar ?
seal2 bocor kah ?
Seal klep masuk ud pd rontok, meler ingusan oli smua.. bagus buat fogging lg musim dbd gini
Herman7103 wrote: Wed Jul 08, 2020 3:37
zzzprince wrote:
Herman7103 wrote:Parah banget wkwkwk kalah jauh dengan beres mobil saya, padahal beresnya market leader wkwkwk. Kesimpulannya Tiap ATPM ngak semua beres nya bagus dan ngak semua beresnya jelek.[emoji2]
Makanya ini om pengen coba compare beres triple diamond sama 5 diamond bagus mana kalo di malang n Balikpapan. Udah kenyang pake triple elips gak dihargai loyalitas customer mentang2 laku...

Keluarga di ibukota jg udah mulai pindah ke H tegak ggra vrz kemarin claimnya susah dan berbelit2
Kebanyakan memang seperti itu sih kenyataannya kalau sudah laku terus dan menjadi market leader sehingga lupa sama customer lama yg loyal padahal semua customer harus dilayani dengan baik dan konsisten ibarat customer adalah raja kalau mau menjadi yang terbaik pelayanannya. Saya sependapat dengan om coba compare dulu dengan beres beres ATPM lain dan cari yang terbaik pelayanan untuk customernya biar kita sebagai customer merasa puas atas pelayanannya di masa mendatang.
Stuju, dulu d tempat saya beres batu makam jg kaya gt, mentang2 rame, SA nya kerjanya cuman ABS, tp kerjaan nol besar, claim garansi ribet rempong banget, saya waktu itu ampe musti email ke batu makam pusat d gatsu , print screen email nya ke dia baru nyengir2..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1101
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by rendr »

Suryaputra wrote: Wed Jul 08, 2020 3:40
rendr wrote: Wed Jul 08, 2020 3:31 Dear om turboman dan suhu perlendiran semua..

Screenshot_2020-07-08-10-28-21.png

Mau tanya kalo di manual book begini rekomendasi nya visco brp ya?

Buntut 30 nya ga nyampe ke ambient temp 40°C.. apakah lbh baik buntut 40?
ini manual mobil apa om ?
0w40 aja om :upss:
beda case ya masing2 mesin mobil.

klo di honda, oli 0w20 malah lbh fleksibel, bisa dari ambience temp -40 sampai >40 C.
maka dari itu sy kasih minum 0w20 ajah selalu deh
klo 0w16 udh murah, mau sy coba jg :big_biglaugh:

Dr bbrp SA & teknisi beres yg sy dgr,
dgn kondisi radiator prima, suhu kerja max mesin jg dipengaruhi oleh ambience temp jg.
oya ini G15A suzuki APV om...

betul beda mesin beda kebutuhan, ini baru liat kok buntut 30 ga nyampe temp 40 deg... hahahaha


yanuarra wrote: Wed Jul 08, 2020 3:52
rendr wrote: Wed Jul 08, 2020 3:31 Dear om turboman dan suhu perlendiran semua..

Screenshot_2020-07-08-10-28-21.png

Mau tanya kalo di manual book begini rekomendasi nya visco brp ya?

Buntut 30 nya ga nyampe ke ambient temp 40°C.. apakah lbh baik buntut 40?
Di bukman saya juga kurleb sprti itu om rangenya.. viskositas paling rendahnya 5w-30.. Tp sy pakein 0w-30.. Masih buntut 30.. jd aman aja.. justru lebih enak dipakainya. gak ada penguapan juga ketika cek deepstick.. Edisi mau pakai 0w-20 blm berani wkwk
buntut 30 di bukman masih dapet di suhu 40 deg celcius?
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9702
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Suryaputra »

DOHC wrote: Wed Jul 08, 2020 3:54
Suryaputra wrote: Wed Jul 08, 2020 3:13
DOHC wrote: Wed Jul 08, 2020 3:10

Skrg isinya total tq9000 5-30, tiap 1000 km nambah sbtol oli, macet2an glitik terus, kl cold start pagi asep knalpot nya bole di adu ama cerutu nya mbah marmut
itu olinya diminum om ? :mky_03:
kondisi bol, eh ujung knalpot apa kabar tuh ada oli kebakar ?
seal2 bocor kah ?
Seal klep masuk ud pd rontok, meler ingusan oli smua.. bagus buat fogging lg musim dbd gini
Herman7103 wrote: Wed Jul 08, 2020 3:37
zzzprince wrote:Makanya ini om pengen coba compare beres triple diamond sama 5 diamond bagus mana kalo di malang n Balikpapan. Udah kenyang pake triple elips gak dihargai loyalitas customer mentang2 laku...

Keluarga di ibukota jg udah mulai pindah ke H tegak ggra vrz kemarin claimnya susah dan berbelit2
Kebanyakan memang seperti itu sih kenyataannya kalau sudah laku terus dan menjadi market leader sehingga lupa sama customer lama yg loyal padahal semua customer harus dilayani dengan baik dan konsisten ibarat customer adalah raja kalau mau menjadi yang terbaik pelayanannya. Saya sependapat dengan om coba compare dulu dengan beres beres ATPM lain dan cari yang terbaik pelayanan untuk customernya biar kita sebagai customer merasa puas atas pelayanannya di masa mendatang.
Stuju, dulu d tempat saya beres batu makam jg kaya gt, mentang2 rame, SA nya kerjanya cuman ABS, tp kerjaan nol besar, claim garansi ribet rempong banget, saya waktu itu ampe musti email ke batu makam pusat d gatsu , print screen email nya ke dia baru nyengir2..
iya antara seal klep ledess,
seal bocor, atau ring piston ngewer-ngewer

masih mending seal klep ledes,
klo ring piston ngewer2, kudu oversize, krn udh ngerusak liner silinder.
turun mesin full :upss:

ah udah ommm.. paling enak mah honda lahh,
tengah2, bukan market leader, tp all rounder.
lbh cepet laku juga klo ganti mobil

gak rewel sm oli juga, asal jgn dikasih oli kentel :big_biglaugh:

:ngacir:
Last edited by Suryaputra on Wed Jul 08, 2020 4:08, edited 1 time in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9702
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Suryaputra »

rendr wrote: Wed Jul 08, 2020 3:58
Suryaputra wrote: Wed Jul 08, 2020 3:40
rendr wrote: Wed Jul 08, 2020 3:31 Dear om turboman dan suhu perlendiran semua..

Screenshot_2020-07-08-10-28-21.png

Mau tanya kalo di manual book begini rekomendasi nya visco brp ya?

Buntut 30 nya ga nyampe ke ambient temp 40°C.. apakah lbh baik buntut 40?
ini manual mobil apa om ?
0w40 aja om :upss:
beda case ya masing2 mesin mobil.

klo di honda, oli 0w20 malah lbh fleksibel, bisa dari ambience temp -40 sampai >40 C.
maka dari itu sy kasih minum 0w20 ajah selalu deh
klo 0w16 udh murah, mau sy coba jg :big_biglaugh:

Dr bbrp SA & teknisi beres yg sy dgr,
dgn kondisi radiator prima, suhu kerja max mesin jg dipengaruhi oleh ambience temp jg.
oya ini G15A suzuki APV om...

betul beda mesin beda kebutuhan, ini baru liat kok buntut 30 ga nyampe temp 40 deg... hahahaha
G15A klo gak salah flat tappet ya ?
yg peling penting kudu oli ber-zinc (zddp) tinggi sih ya
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by DOHC »

Suryaputra wrote: Wed Jul 08, 2020 4:02 [
iya antara seal klep ledess,
seal bocor, atau ring piston ngewer-ngewer

masih mending seal klep ledes,
klo ring piston ngewer2, kudu oversize, krn udh ngerusak liner silinder.
turun mesin full :upss:

ah udah ommm.. paling enak mah honda lahh,
tengah2, bukan market leader, tp all rounder.
lbh cepet laku juga klo ganti mobil :ngacir:
Tp yah kl ud gini tetep aj servis nya nanti turun stengah mesin, ini saya lg mau nyari waktu ke atrium beliin parts2 turun stengah, abis itu capcus ke bengkel buat eksekusi

Honda jg ga bsa dbilang bagus gmana sehh, saya jg ad pengalaman tarik urat ama tuh bengkel, bahkan sekelas imora loh.. jd yah intinya lebi ke individual sehh, kl SA nya bagus yah mau merk ampas atau market leader yah bagus2 aj
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9702
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Suryaputra »

DOHC wrote: Wed Jul 08, 2020 4:07
Suryaputra wrote: Wed Jul 08, 2020 4:02 [
iya antara seal klep ledess,
seal bocor, atau ring piston ngewer-ngewer

masih mending seal klep ledes,
klo ring piston ngewer2, kudu oversize, krn udh ngerusak liner silinder.
turun mesin full :upss:

ah udah ommm.. paling enak mah honda lahh,
tengah2, bukan market leader, tp all rounder.
lbh cepet laku juga klo ganti mobil :ngacir:
Tp yah kl ud gini tetep aj servis nya nanti turun stengah mesin, ini saya lg mau nyari waktu ke atrium beliin parts2 turun stengah, abis itu capcus ke bengkel buat eksekusi

Honda jg ga bsa dbilang bagus gmana sehh, saya jg ad pengalaman tarik urat ama tuh bengkel, bahkan sekelas imora loh.. jd yah intinya lebi ke individual sehh, kl SA nya bagus yah mau merk ampas atau market leader yah bagus2 aj
attitude oknum bisa merusak image 1 prsh :big_dunno:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by kompresorz »

DOHC wrote: Wed Jul 08, 2020 4:07
Suryaputra wrote: Wed Jul 08, 2020 4:02 [
iya antara seal klep ledess,
seal bocor, atau ring piston ngewer-ngewer

masih mending seal klep ledes,
klo ring piston ngewer2, kudu oversize, krn udh ngerusak liner silinder.
turun mesin full :upss:

ah udah ommm.. paling enak mah honda lahh,
tengah2, bukan market leader, tp all rounder.
lbh cepet laku juga klo ganti mobil :ngacir:
Tp yah kl ud gini tetep aj servis nya nanti turun stengah mesin, ini saya lg mau nyari waktu ke atrium beliin parts2 turun stengah, abis itu capcus ke bengkel buat eksekusi

Honda jg ga bsa dbilang bagus gmana sehh, saya jg ad pengalaman tarik urat ama tuh bengkel, bahkan sekelas imora loh.. jd yah intinya lebi ke individual sehh, kl SA nya bagus yah mau merk ampas atau market leader yah bagus2 aj
:big_biglaugh: ....


jadi kangen sama honda....


masa masa selap selip corneringnya ajib walo suspensi standar....apalg ganti bilstein....


juara nurburgring dah.... :wkkk:


kadang liat ada orang luar kolektor honda....kepengen ikutan...

tapi duitnya entek....

:ngacir:
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1101
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by rendr »

Suryaputra wrote: Wed Jul 08, 2020 4:06
rendr wrote: Wed Jul 08, 2020 3:58
Suryaputra wrote: Wed Jul 08, 2020 3:40

ini manual mobil apa om ?
0w40 aja om :upss:
beda case ya masing2 mesin mobil.

klo di honda, oli 0w20 malah lbh fleksibel, bisa dari ambience temp -40 sampai >40 C.
maka dari itu sy kasih minum 0w20 ajah selalu deh
klo 0w16 udh murah, mau sy coba jg :big_biglaugh:

Dr bbrp SA & teknisi beres yg sy dgr,
dgn kondisi radiator prima, suhu kerja max mesin jg dipengaruhi oleh ambience temp jg.
oya ini G15A suzuki APV om...

betul beda mesin beda kebutuhan, ini baru liat kok buntut 30 ga nyampe temp 40 deg... hahahaha
G15A klo gak salah flat tappet ya ?
yg peling penting kudu oli ber-zinc (zddp) tinggi sih ya
Yup suggest nya aja sampe API SL... mesin jadul ini era2 oli masih blm peduli katalis wkwkwkkwkw

mungkin kebantu sama tebel oil film buntut 40
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by kompresorz »

DOHC wrote: Wed Jul 08, 2020 3:12
kompresorz wrote: Wed Jul 08, 2020 2:56
DOHC wrote: Tue Jul 07, 2020 9:31

Jgn lupa pantengin toko onlen nya DGO om, bgt diskon 60 persen lgs sikatttt...

Kl lg harga normal jangann dsikatt
buset om kelep....gak perih mata...pantengan layar onlin....

Suryaputra wrote: Tue Jul 07, 2020 9:28

om sultan kompre mah diem2 dia.
ntar klo udh keluar PTT 0w16 SP/GF6B, disikat lgs :ngacir:

:big_biglaugh: ....


tunggu tanggal mainnya....alpad menjelang 100.000 KM....pecah telor....selamatan nasi tumpeng....


nungguin sponsor om gajah melayang...


:ngacir:
Abis 100 rebu alpard tetep d keep atau d ganti honda city telu silinder mesin imut turbo imut om ?
buset honda citi telu silinder.... :big_slap:

kaco oonda....
DrgFredysen
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 52
Joined: Sat May 25, 2019 7:31
Location: Medan
Daily Vehicle: Innova diesel

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by DrgFredysen »

Numpang nanya donk om suhu2 semua nya. Ptt 10w30 ada acdc kah? Di rumah ada ptt buatan bulan 11 tahun 2018 sebotol dan buatan bulan 1 tahun 2020, tulisan kode produksinya beda size. Yang 2018 lebih kecil yg 2020 lebih gede. Ada yg palsu atau ganti cetakan? Thanks.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9702
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Suryaputra »

rendr wrote: Wed Jul 08, 2020 4:39
Suryaputra wrote: Wed Jul 08, 2020 4:06
rendr wrote: Wed Jul 08, 2020 3:58
oya ini G15A suzuki APV om...

betul beda mesin beda kebutuhan, ini baru liat kok buntut 30 ga nyampe temp 40 deg... hahahaha
G15A klo gak salah flat tappet ya ?
yg peling penting kudu oli ber-zinc (zddp) tinggi sih ya
Yup suggest nya aja sampe API SL... mesin jadul ini era2 oli masih blm peduli katalis wkwkwkkwkw

mungkin kebantu sama tebel oil film buntut 40
iya klo lihat bitog, ditelanjangin aditif2nya.
oli API SN dst, zddp di kisaran 1k ppm ke bawah.
hny bbrp oli kelas keraton yg pakai zddp >1k ppm lbh dikit.

klo gak salah, om turbo pernah posting, zddp nya PTT 0w30 udh lbh dr cukup buat flat-tappet.

pusing jg ya prsh lendir, hrs bisa balance untuk akomodasi ke-2 nya :big_biglaugh:
Last edited by Suryaputra on Wed Jul 08, 2020 4:58, edited 1 time in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
DrgFredysen
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 52
Joined: Sat May 25, 2019 7:31
Location: Medan
Daily Vehicle: Innova diesel

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by DrgFredysen »

Kondisi tutup saya buka untuk cek segel pas diterima dr beli2 (2020) dan toko ijo(2018)
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by adityabp »

Suryaputra wrote: Wed Jul 08, 2020 4:06
rendr wrote: Wed Jul 08, 2020 3:58
Suryaputra wrote: Wed Jul 08, 2020 3:40

ini manual mobil apa om ?
0w40 aja om :upss:
beda case ya masing2 mesin mobil.

klo di honda, oli 0w20 malah lbh fleksibel, bisa dari ambience temp -40 sampai >40 C.
maka dari itu sy kasih minum 0w20 ajah selalu deh
klo 0w16 udh murah, mau sy coba jg :big_biglaugh:

Dr bbrp SA & teknisi beres yg sy dgr,
dgn kondisi radiator prima, suhu kerja max mesin jg dipengaruhi oleh ambience temp jg.
oya ini G15A suzuki APV om...

betul beda mesin beda kebutuhan, ini baru liat kok buntut 30 ga nyampe temp 40 deg... hahahaha
G15A klo gak salah flat tappet ya ?
yg peling penting kudu oli ber-zinc (zddp) tinggi sih ya
Dulu saya pake sodaranya, G16B.
Oli selalu pake 10W-40. Terakhir pake primaxp, selalu nguap 1 liter per 5000km.
Dan benar, mesti pake API SL. PrimaXP awalnya SL, trus terakhir upgrade jadi SM. Pas pake SM, agak gak enak mesinnya.
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3925
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by yanuarra »

buntut 30 di bukman masih dapet di suhu 40 deg celcius?
Dapet om.. Ini barusan saya cek bukman lg om. Buntut 30 suhunya 38°C up..
User avatar
bembenk95
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 234
Joined: Sat Jul 23, 2016 8:58
Location: Jakarta
Daily Vehicle: G4EE MT 2011 + Hi Grade 1995 C223

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by bembenk95 »

Iseng
nemu di web forum. maruti suzuki, mungkin engine made in India
susuki maruti.PNG
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
i am, a sleeper
G4EE MT 2011 + Hi Grade 1995 C223
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11040
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by marmut »

zzzprince wrote: Wed Jul 08, 2020 2:50
..


Oot, balik lagi ke oli Olian. Baru dapat laporan dari anak kantor Mesin k3 ve ane kurang oli. Pas dicek emang sih kurang banget, oaing cuma seliteran doang sisanya. Padahal km oli berjalan ga sampai seribu baru ganti 17 April kemarin pakai PTT 10w40, warna jg item banget.. mohon sarannya apa waktunya tursin buat peremajaan seal2? Thank you suhuIMG_20200708_104053.jpg

bisa karena :
- ada kebocoran.
- penguapan.
- jadi sludge.

kalo kebocoran luar, pasti keliatan langsung saat buka kap mesin dan dari bawah. bisa dari paking tutup klep, paking bak oli, paking rumah filter oli, atau dari seal (misal seal kruk as).
kebocoran dari dalem bisa karena seal klep, ring oli, atau boring ngantong.

misal dari penguapan, bisa jadi karakter olinya atau cooling system bermasalah.

sludge, penyebabnya bisa karena cooling system bermasalah atau oli nggak asli.

coba diperiksa dahulu dengan saksama sebelum bongkar mesin.


Suryaputra wrote: Wed Jul 08, 2020 3:31

share ajah.
Pernah ngalamin di hyundai elantra saya dulu.

coba cek kompresi mesin (salah satu indikasi ring piston bocor atau klep bocor, sehingga oli ikut kebakar dlm jumlah banyak)
dan seal2 mesin.

di kasus saya dulu, ternyata harus turun mesin,
udah pasti ganti seal mesin baru dan ganti 1 set ring piston + piston, karena silinder mesin harus oversize.
trus bersihin klep dsb.

setelah itu kondisi mesin balik ke prima,
& diminumin oli 10w30 minim penguapan sampai km 5rb, hingga seterusnya sampai mbl dilepas :mky_03:

kebocoran kompresi tidak berbanding lurus dengan kebocoran oli.
silahkan kompresi bocor, tapi belum tentu oli ikut bocor. begitupun sebaliknya.

ring piston di mesin mobil produksi massal ada 3 buah, 2 untuk menyekat kompresi, 1 untuk menyekat oli.
mana duluan yang habis masa kerjanya? hanya si ring itu sendiri yang tau karena banyak faktor.
bisa ring kompresi duluan yang jebol, bisa ring oli duluan yang pensiun, bisa juga sekaligus keduanya.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by DOHC »

marmut wrote: Wed Jul 08, 2020 6:21
zzzprince wrote: Wed Jul 08, 2020 2:50
..


Oot, balik lagi ke oli Olian. Baru dapat laporan dari anak kantor Mesin k3 ve ane kurang oli. Pas dicek emang sih kurang banget, oaing cuma seliteran doang sisanya. Padahal km oli berjalan ga sampai seribu baru ganti 17 April kemarin pakai PTT 10w40, warna jg item banget.. mohon sarannya apa waktunya tursin buat peremajaan seal2? Thank you suhuIMG_20200708_104053.jpg

bisa karena :
- ada kebocoran.
- penguapan.
- jadi sludge.

kalo kebocoran luar, pasti keliatan langsung saat buka kap mesin dan dari bawah. bisa dari paking tutup klep, paking bak oli, paking rumah filter oli, atau dari seal (misal seal kruk as).
kebocoran dari dalem bisa karena seal klep, ring oli, atau boring ngantong.

misal dari penguapan, bisa jadi karakter olinya atau cooling system bermasalah.

sludge, penyebabnya bisa karena cooling system bermasalah atau oli nggak asli.

coba diperiksa dahulu dengan saksama sebelum bongkar mesin.


Suryaputra wrote: Wed Jul 08, 2020 3:31

share ajah.
Pernah ngalamin di hyundai elantra saya dulu.

coba cek kompresi mesin (salah satu indikasi ring piston bocor atau klep bocor, sehingga oli ikut kebakar dlm jumlah banyak)
dan seal2 mesin.

di kasus saya dulu, ternyata harus turun mesin,
udah pasti ganti seal mesin baru dan ganti 1 set ring piston + piston, karena silinder mesin harus oversize.
trus bersihin klep dsb.

setelah itu kondisi mesin balik ke prima,
& diminumin oli 10w30 minim penguapan sampai km 5rb, hingga seterusnya sampai mbl dilepas :mky_03:

kebocoran kompresi tidak berbanding lurus dengan kebocoran oli.
silahkan kompresi bocor, tapi belum tentu oli ikut bocor. begitupun sebaliknya.

ring piston di mesin mobil produksi massal ada 3 buah, 2 untuk menyekat kompresi, 1 untuk menyekat oli.
mana duluan yang habis masa kerjanya? hanya si ring itu sendiri yang tau karena banyak faktor.
bisa ring kompresi duluan yang jebol, bisa ring oli duluan yang pensiun, bisa juga sekaligus keduanya.
Mbah

Kl garis2 honning d liner masi kliatan smua, itu bsa d artikan ring2 piston masi aman ga ?
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9702
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Suryaputra »

marmut wrote: Wed Jul 08, 2020 6:21
zzzprince wrote: Wed Jul 08, 2020 2:50
..


Oot, balik lagi ke oli Olian. Baru dapat laporan dari anak kantor Mesin k3 ve ane kurang oli. Pas dicek emang sih kurang banget, oaing cuma seliteran doang sisanya. Padahal km oli berjalan ga sampai seribu baru ganti 17 April kemarin pakai PTT 10w40, warna jg item banget.. mohon sarannya apa waktunya tursin buat peremajaan seal2? Thank you suhuIMG_20200708_104053.jpg

bisa karena :
- ada kebocoran.
- penguapan.
- jadi sludge.

kalo kebocoran luar, pasti keliatan langsung saat buka kap mesin dan dari bawah. bisa dari paking tutup klep, paking bak oli, paking rumah filter oli, atau dari seal (misal seal kruk as).
kebocoran dari dalem bisa karena seal klep, ring oli, atau boring ngantong.

misal dari penguapan, bisa jadi karakter olinya atau cooling system bermasalah.

sludge, penyebabnya bisa karena cooling system bermasalah atau oli nggak asli.

coba diperiksa dahulu dengan saksama sebelum bongkar mesin.


Suryaputra wrote: Wed Jul 08, 2020 3:31

share ajah.
Pernah ngalamin di hyundai elantra saya dulu.

coba cek kompresi mesin (salah satu indikasi ring piston bocor atau klep bocor, sehingga oli ikut kebakar dlm jumlah banyak)
dan seal2 mesin.

di kasus saya dulu, ternyata harus turun mesin,
udah pasti ganti seal mesin baru dan ganti 1 set ring piston + piston, karena silinder mesin harus oversize.
trus bersihin klep dsb.

setelah itu kondisi mesin balik ke prima,
& diminumin oli 10w30 minim penguapan sampai km 5rb, hingga seterusnya sampai mbl dilepas :mky_03:

kebocoran kompresi tidak berbanding lurus dengan kebocoran oli.
silahkan kompresi bocor, tapi belum tentu oli ikut bocor. begitupun sebaliknya.

ring piston di mesin mobil produksi massal ada 3 buah, 2 untuk menyekat kompresi, 1 untuk menyekat oli.
mana duluan yang habis masa kerjanya? hanya si ring itu sendiri yang tau karena banyak faktor.
bisa ring kompresi duluan yang jebol, bisa ring oli duluan yang pensiun, bisa juga sekaligus keduanya.
i see mbah.
ada tips nya apa aja mbah untuk memperpanjang umur ring kompresi dan ring oli ?

krn mobil mau saya pakai sampai serusaknya :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11040
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by marmut »

DOHC wrote: Wed Jul 08, 2020 6:34

Mbah

Kl garis2 honning d liner masi kliatan smua, itu bsa d artikan ring2 piston masi aman ga ?

saya bertapa dulu. nanti jawabannya sekitar 10 atau 11 purnama lagi.


Suryaputra wrote: Wed Jul 08, 2020 6:37

i see mbah.
ada tips nya apa aja mbah untuk memperpanjang umur ring kompresi dan ring oli ?

krn mobil mau saya pakai sampai serusaknya :mky_03:

bahaya ini, bisa-bisa saya kena tuntut pabrik mobil karena dagangan mereka ndak laku....

cara break in di awal sama oli. cuma 2 itu kuncinya.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9702
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Suryaputra »

marmut wrote: Wed Jul 08, 2020 6:49
DOHC wrote: Wed Jul 08, 2020 6:34

Mbah

Kl garis2 honning d liner masi kliatan smua, itu bsa d artikan ring2 piston masi aman ga ?

saya bertapa dulu. nanti jawabannya sekitar 10 atau 11 purnama lagi.


Suryaputra wrote: Wed Jul 08, 2020 6:37

i see mbah.
ada tips nya apa aja mbah untuk memperpanjang umur ring kompresi dan ring oli ?

krn mobil mau saya pakai sampai serusaknya :mky_03:

bahaya ini, bisa-bisa saya kena tuntut pabrik mobil karena dagangan mereka ndak laku....

cara break in di awal sama oli. cuma 2 itu kuncinya.
:mky_01: :mky_01:

mobilio L15Z1.
saya waktu break-in di awal, bawanya normal aja mbah.
1000km pertama; kadang digeber, kadang normal aja.
jarang push & glide juga.

krn bbrp artikel yg sy baca,
ada yg bilang harus digeber, ada yg perlakukan dgn lembut.
sy ambil tengah2 aja :ungg:

yah intinya saya perlakukan moderat aja.

oli selalu pakai antara 5w30 dan 0w20 sesuai range di dlm manual book.
saat ini dst akan pakai 0w20 terus.
klo 0w16 udh murah, sy juga berani experimen sih :upss:

kira2 tahan lama sampai 200k KM gak mbah ? :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by benzz89 »


Suryaputra wrote:
marmut wrote: Wed Jul 08, 2020 6:21
zzzprince wrote: Wed Jul 08, 2020 2:50
..


Oot, balik lagi ke oli Olian. Baru dapat laporan dari anak kantor Mesin k3 ve ane kurang oli. Pas dicek emang sih kurang banget, oaing cuma seliteran doang sisanya. Padahal km oli berjalan ga sampai seribu baru ganti 17 April kemarin pakai PTT 10w40, warna jg item banget.. mohon sarannya apa waktunya tursin buat peremajaan seal2? Thank you suhuIMG_20200708_104053.jpg

bisa karena :
- ada kebocoran.
- penguapan.
- jadi sludge.

kalo kebocoran luar, pasti keliatan langsung saat buka kap mesin dan dari bawah. bisa dari paking tutup klep, paking bak oli, paking rumah filter oli, atau dari seal (misal seal kruk as).
kebocoran dari dalem bisa karena seal klep, ring oli, atau boring ngantong.

misal dari penguapan, bisa jadi karakter olinya atau cooling system bermasalah.

sludge, penyebabnya bisa karena cooling system bermasalah atau oli nggak asli.

coba diperiksa dahulu dengan saksama sebelum bongkar mesin.


Suryaputra wrote: Wed Jul 08, 2020 3:31

share ajah.
Pernah ngalamin di hyundai elantra saya dulu.

coba cek kompresi mesin (salah satu indikasi ring piston bocor atau klep bocor, sehingga oli ikut kebakar dlm jumlah banyak)
dan seal2 mesin.

di kasus saya dulu, ternyata harus turun mesin,
udah pasti ganti seal mesin baru dan ganti 1 set ring piston + piston, karena silinder mesin harus oversize.
trus bersihin klep dsb.

setelah itu kondisi mesin balik ke prima,
& diminumin oli 10w30 minim penguapan sampai km 5rb, hingga seterusnya sampai mbl dilepas :mky_03:

kebocoran kompresi tidak berbanding lurus dengan kebocoran oli.
silahkan kompresi bocor, tapi belum tentu oli ikut bocor. begitupun sebaliknya.

ring piston di mesin mobil produksi massal ada 3 buah, 2 untuk menyekat kompresi, 1 untuk menyekat oli.
mana duluan yang habis masa kerjanya? hanya si ring itu sendiri yang tau karena banyak faktor.
bisa ring kompresi duluan yang jebol, bisa ring oli duluan yang pensiun, bisa juga sekaligus keduanya.
i see mbah.
ada tips nya apa aja mbah untuk memperpanjang umur ring kompresi dan ring oli ?

krn mobil mau saya pakai sampai serusaknya :mky_03:
Cocoknya Om Surya pakai LC nih... mau dipakai sampai serusak2nya... tapi LC susah rusaknya, jadi gak usah pusing mikirin umur ring kompresi & ring oli lagi [emoji1787]
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9702
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Suryaputra »

benzz89 wrote: Wed Jul 08, 2020 7:04
Suryaputra wrote:
marmut wrote: Wed Jul 08, 2020 6:21


bisa karena :
- ada kebocoran.
- penguapan.
- jadi sludge.

kalo kebocoran luar, pasti keliatan langsung saat buka kap mesin dan dari bawah. bisa dari paking tutup klep, paking bak oli, paking rumah filter oli, atau dari seal (misal seal kruk as).
kebocoran dari dalem bisa karena seal klep, ring oli, atau boring ngantong.

misal dari penguapan, bisa jadi karakter olinya atau cooling system bermasalah.

sludge, penyebabnya bisa karena cooling system bermasalah atau oli nggak asli.

coba diperiksa dahulu dengan saksama sebelum bongkar mesin.






kebocoran kompresi tidak berbanding lurus dengan kebocoran oli.
silahkan kompresi bocor, tapi belum tentu oli ikut bocor. begitupun sebaliknya.

ring piston di mesin mobil produksi massal ada 3 buah, 2 untuk menyekat kompresi, 1 untuk menyekat oli.
mana duluan yang habis masa kerjanya? hanya si ring itu sendiri yang tau karena banyak faktor.
bisa ring kompresi duluan yang jebol, bisa ring oli duluan yang pensiun, bisa juga sekaligus keduanya.
i see mbah.
ada tips nya apa aja mbah untuk memperpanjang umur ring kompresi dan ring oli ?

krn mobil mau saya pakai sampai serusaknya :mky_03:
Cocoknya Om Surya pakai LC nih... mau dipakai sampai serusak2nya... tapi LC susah rusaknya, jadi gak usah pusing mikirin umur ring kompresi & ring oli lagi [emoji1787]
kantong saya yg rusak om :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
a2agarage
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 105
Joined: Mon Feb 03, 2020 3:20
Location: Semarang
Daily Vehicle: Outlander Sport 2015

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by a2agarage »

nunggu restock lagi awal agustus nih... hmmmm referensi lain yg 11 12 sama ini apa ya suhu2ku zeyeeng wkw [emoji848][emoji848][emoji848]
Screenshot_20200708-141121_Blibli.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9702
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Suryaputra »

Amsoil OE 0w20
harga satu kasta sama ptt 0w20 sn+
kurleb Rp 130k / 946ml

diakui API udh SP/GF6A juga : https://engineoil.api.org/Directory/Eol ... untId%3D-1

dan amsoil ngaku dah meet Dexos 1 G2, even GM gak ngakuin, krn amsoil gakmau bayar GM :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
a2agarage
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 105
Joined: Mon Feb 03, 2020 3:20
Location: Semarang
Daily Vehicle: Outlander Sport 2015

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by a2agarage »

Suryaputra wrote:Amsoil OE 0w20
harga satu kasta sama ptt 0w20 sn+
kurleb Rp 130k / 946ml

dan amsoil ngaku dah meet Dexos 1 G2.
diakui API udh SN+ juga.
lupa bilang... kalo mintaknya yg di blabla mau ngabisin voucher pot 30% maks 100k wkwkwk.. OE 0w20 diblbla 150k setttdaahh... [emoji1787][emoji1787][emoji1787]