zzzprince wrote: Wed Jul 08, 2020 2:50
..
Oot, balik lagi ke oli Olian. Baru dapat laporan dari anak kantor Mesin k3 ve ane kurang oli. Pas dicek emang sih kurang banget, oaing cuma seliteran doang sisanya. Padahal km oli berjalan ga sampai seribu baru ganti 17 April kemarin pakai PTT 10w40, warna jg item banget.. mohon sarannya apa waktunya tursin buat peremajaan seal2? Thank you suhuIMG_20200708_104053.jpg
bisa karena :
- ada kebocoran.
- penguapan.
- jadi sludge.
kalo kebocoran luar, pasti keliatan langsung saat buka kap mesin dan dari bawah. bisa dari paking tutup klep, paking bak oli, paking rumah filter oli, atau dari seal (misal seal kruk as).
kebocoran dari dalem bisa karena seal klep, ring oli, atau boring ngantong.
misal dari penguapan, bisa jadi karakter olinya atau cooling system bermasalah.
sludge, penyebabnya bisa karena cooling system bermasalah atau oli nggak asli.
coba diperiksa dahulu dengan saksama sebelum bongkar mesin.
Suryaputra wrote: Wed Jul 08, 2020 3:31
share ajah.
Pernah ngalamin di hyundai elantra saya dulu.
coba cek kompresi mesin (salah satu indikasi ring piston bocor atau klep bocor, sehingga oli ikut kebakar dlm jumlah banyak)
dan seal2 mesin.
di kasus saya dulu, ternyata harus turun mesin,
udah pasti ganti seal mesin baru dan ganti 1 set ring piston + piston, karena silinder mesin harus oversize.
trus bersihin klep dsb.
setelah itu kondisi mesin balik ke prima,
& diminumin oli 10w30 minim penguapan sampai km 5rb, hingga seterusnya sampai mbl dilepas
kebocoran kompresi
tidak berbanding lurus dengan kebocoran oli.
silahkan kompresi bocor, tapi belum tentu oli ikut bocor. begitupun sebaliknya.
ring piston di mesin mobil produksi massal ada 3 buah, 2 untuk menyekat kompresi, 1 untuk menyekat oli.
mana duluan yang habis masa kerjanya? hanya si ring itu sendiri yang tau karena banyak faktor.
bisa ring kompresi duluan yang jebol, bisa ring oli duluan yang pensiun, bisa juga sekaligus keduanya.