
palagi german car kandidatnya udah coret aja...betulinnya kalo dapet unit apes bisa stengah harga beli which is not worth though
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Soal bantingan suspensi, masih enakan oddys RC1, karena kelas dan harga gak pernah bohong. Minusnya RC1 dibanding CRV Turbo cuma GC aja yg lebih rendah which is kurang cocok buat kriteria om yg lokasinya banyak lewat jalan rusakRhanugaulia wrote: Sun Jul 05, 2020 7:19Yep, sepakat sekali saya.. seirama sama bayangan di benak saya hahahaPboyz97 wrote: Sat Jul 04, 2020 17:33 Saya bantu jawab ya om
1. Oddy RC1, memenuhi semua kriteria , kecuali audio dan road noisenya, masih kurang oke dibanding alphard dan elgrand, tapi kalau soal kenyamanan dan fitur, mobil ini layak dipertimbangkan. Sama kalau om pernah nyoba oddy gen sblmnya, pasti akan downgrade dari sisi driving feel, handling ,dan peformancenya, tapi upgrade dari sisi bantingan suspensi dan kenyamanan
2. Harrier enak untuk duduk di belakang, untuk kenyamanan dan bantingan suspensi, mobil ini juara, 11 12 sama alphard - velfire dan elgrand, serta lebih nyaman daripada RC1, cuma kalau urusan nyetir, lupkan kata fun to drive dari mobil ini, karena rasa nyetirnya gak begitu menyenangkan (pernah nyobain harrier 2006 punya sodara), terus. Harrier ada 3 generasi di indo, yaitu gen 1 (1997 - 2002), gen 2 (2003-2013), dan gen 3 (2014- sekarang).
Nah yang saya akan bahas yg gen 2 dan gen 3 aja ya, karena gen 1 populasinya agak jarang dan udah ketuaan hahaha. Berhubung sodara saya pernah pelihara harrier 240 G dari tahun 2006 - 2014, sebelum digantikan oleh CX5 GT 2.5 2014, saya coba bantu sebisa saya ya tentang harrier gen 2 ini
- Untuk mesin dan transmisi, lumayan awet, part sama kaya camry dan alphard . Jarang ada penyakit di 2 bagian ini, yg perlu diperhatikan rack steering sama kaki - kakinya aja. Kalau worse case sih, ini jarang banget terjadi, maticnya kena. Punya sodara saya pernah maticnya kena, gabisa mundur, abis itu dibenerin dan akhirnya dijual seminggu kemudian
- Harrier gen ini banyak optionnya. Saya kurang afal tipenya apa aja, yg pasti ada
240 G bermesin 2.400 cc (ini optionnya ada beberapa, cuma saya lupa wkwkwk)
3.0 bermesin 3.000 CC V6 yg sama kek alphard gen 1 (ini ada yg AIRS alias punya air suspension dan ada yg gk ada air suspensionnya ).
Kalau bisa ambil yg 2.4 aja, karena gak ada airsusnya , dan lebih reliable, sedangkan kalo 3.0 AIRS, mending jangan, apalagi masih awam soal mobil, nanti bakal kaget liat biaya benerin airsusnya kalo kenapa2 yg lumayan mahal buat sebuah toyota
- Part body agak susah, dibanding alphard atau velfire, karena mobil ini gak masuk resmi lewat ATPM, masuknya lewat jalur improtir umum (IU) dari gen 1 sampe gen 3. Tapi, berhubung mobil ini life cyclenya panjang (terutama gen 2) , part body cukup banyak dan mudah di bengkel spesialis maupun nyari copotan di online, tapi, kalau di daerah om masih jarang bengkel spesialis, mending jangan, daripada menyulitkan di kemudian hari
- Bensin lumayan boros ya, dalkot 1 : 6-7. Dengan tarikan yg lemot buat ukuran 2.400 cc, tapi yg 3.0 mendingan lah . Wkwkwk
- Fitur cukup banyak, tapi udah mulai outdated ya, bluetooth audio aja gaada![]()
- Kursi juga gak captain seat maupun ottoman, namun legroom row 2 nya cukup lega
- Sunroof keknya ada pada tipe tertentu (lupa saya tipenya apa aja wkwkwk)
Kesimpulannya, harrier gen 2 masih worth it buat dimiliki asal om gak mikirin yg namanya handling dan fun to drive serta konsumsi BBM , serta kenyamanan dan bantingan suspensi jadi prioritas utama
Sedangkan kalau harrier gen 3 (2014- sekarang)
- Budget 350- 400, dapet yg 2014, cuma agak ngepas
- Mesinnya setau saya cuma ada 1 tipe doang (2.000 cc kalo gasalah)
- Fitur dan teknologi lebih advance daripada gen 2
- Kenyamanan jg upgrade dari gen 2
- Driving feel dan peforma lebih baik dairpada gen 2
- Kalo realibility, mobil ini cukup awet, yg mesti diperhatiin paling perawatan maticnya pastiin owner sblmnya telaten dan rutin ganti oli maticnya, elektrikal, sensor2, dan kaki2 + rack steering aja sih
- Part body denger2 juga agak susah, dan copotannya gak sebanyak gen 2, tapi kalo di spesialis masih lumayan banyak juga kok maupun di online
3. Gak bisa dibandingin, karena beda kelas, gak apple to apple
Mazda 6 head to headnya dengan accord ,camry, dan teana
Sedangkan seri 5 head to head dengan e - class dan audi a6
Kalo mentingin kenyamanan, keknya mazda 6 dan seri 5 kurang cocok, mending camry atau e-class aja kalau mau nyari kenyamanan.
Kalau diantara 2 itu, dan lihat kriteria om ts, saya vote for mazda 6 aja, part lebih murah dan lebih reliable dibanding seri 5. Karena elektrikalnya lebih simpel dan banyak dipake buat PJR, jadi harusnya awet ya. Mesin dan transmisi juga bisa subtitusi punya mazda cx5, tapi kalau di spesialis, part mazda 6 masih agak susah dan harus ke bengkel resmi buat service which is lumayan mahal buat ukuran japs car. Kalo seri 5, perawatan ya gak bisa dibilang murah juga, lebih mahal dibanding mercy tapi gak semahal pug atau audi
4. CRV VS Harrier
Lagi2 gak bisa dibandingin ,secara kelasnya jg beda
Harrier jelas beats CRV in every aspects , terutama soal comfortnya. Cuma kalo mau ngincer kemudahan parts, saya vote crv turbo aja. Karena partnya , terutama body lebih gampang daripada harrier, yg mesti dicek kalo mau beli crv turbo
- Tuas transmisinya, karena gampang protol
- Pastiin owner sblmnya gak ngisi BBM bersubsisi kek pertalite atau premium, karena mesin turbonya gak bisa sembarangan minum BBM ,harus pertamax atau pertabo
- Pastikan owner sblmnya rutin ganti oli CVTnya
- Sama HU nya ganti aja deh, soalnya HU bawaannya lemot dan bapuk abis wkwkkw
- Pasang peredam tambahan, karena road noise mobil ini agak kurang buat mobil 500jtan
Secara keseluruhan, mobil ini all roudner, nyaman, enak disetir, lega , practical, dan peformanya lumayan oke, panoramic sunroofnya juga jadi poin + mobil ini dibanding rival2 sekelasnya
Saya vote crv turbo prestige aja, kalau om TS gak sreg sama venturer maupun voxy, karena memenuhi semua kriteria kecuali captain seat atau ottoman seat, kalo soal audio, tinggal ganti Head unit aja sih hehehe
Terkait harga juga setara cuma beda di taon aja untuk Oddy RC1 dan CRV Turbo..
Tutup mata dah sebenernya di CRV cuman minus di ottoman aja..
Cuman secara bantingan suspensi lebih baik yang mana ya kira-kira hahaha
Harrier gen 3 barusan cek online pada diatas 400 semua.. (kemarin masih nemu 350 plat jateng, uda ilang aja haha)
Bulan lalu juga sempat liat evoque dilepas 350 plat Blitar, seminggu doang dah bablas iklannya hahaha
Untuk BMW seri 5 saya rivalkan ke mazda 6 terkait harga yang cukup identik hehe
Dan secara sparepart konon juga 11 12 harga dan ketersediaannya untuk jatim
Info dari temen yang pakai mazda 6.
"sekarang harga usednya sama, ribetnya sama, ambil seri 5 aja" katanya
Dalam bulan ini atau bulan depan mau coba keliling Surabaya..
Barangkali harga offline beda, sekalian icip icip semuanya
Syukur-syukur nemu yang jual CRV turbo, Oddy, dan lain diatas ditempat yang sama haha
Makasih om.. sangat membantu sekali masukkannya..
Semoga apapun itu dapatnya unit yang cukup bagus
Saran saya cari mobil yg paling sesuai dengan kebutuhan semua anggota keluarga Om dengan cara cobain semua pilihan om bareng seluruh anggota keluarga besarnya biar ketahuan mobil mana yg paling cocok, minta pendapat sih boleh tapi hasil akhir nya adalah plihan om sendiri setelah cobain semua mobil di list plihannya dan pendapat semua anggota keluarga ditanyai setelah nyoba mobilnya dan itu sudah pasti yg paling tepat menurut pendapat saya.Rhanugaulia wrote:hallooo SMers
Biografi saya untuk gambaran.
Saya bapak satu anak (cowok 5th) satu istri yang dalam waktu dekat akan melahirkan lagi
Yang kebetulan hidup sekota dengan orang tua yang sudah sepuh.
Ibu sehat diusia senja (70th) beserta Ayah yang sakit stroke (lumpuh separuh dengan usia diatas Ibu).
Saya hidup di kabupaten kecil di Jawa Timur dimana bengkel dan montir yang pro dan master cukup sedikit.
Sedangkan untuk beres maupun montir yang mumpuni jarak tempuh 2-3jam menuju ibu kota provinsi (surabaya) dengan tempuhan jalan yang cukup berwarna warni
Mobil akan digunakan seminggu 2-3x jarak dekat dan sebulan sekali ke Surabaya.
Kemungkinan akan sangat jarang dipakai untuk bekerja, namun sebagai gambaran dari rumah ke kantor makan 50km PP, dengan kondisi jalan yang sangat hancur 30% aspal 70% tanah bebatuan
Mobil akan digunakan sampai 5tahun kedepan.
Kriteria mobil yang dicari (sebisa mungkin)
1. sangat nyaman (point terutama)
2. pano atau sunroof
3. captain seat ottoman
4. audionya bagus
Hasil mufakat dari musyawarah menyepakati pilihan sebagai berikut.
(budget max 350, maksa 400)
1. Nissan Elgrand
2. Bmw 218i gt
3. Bmw 535i gt
4. Honda Odyssey prestige RC1
5. Peugeot 5008
Sebenarnya ingin ke Venturer (biar aman) namun sayang tidak didukung pano maupun sunroof.
Alphard atau Vellfire pun dicoret karena sudah diwakili Elgrand
Untuk opsi SUV (mengesampingkan ottoman namun lebih aman terkait ground clearance) dengan rentang budget segitu masuk di :
1. Bmw X5 2009-2010
2. Audi Q7 2007-2008
3. Audi Q3 2012-2013
4. Toyota Harrier
Untuk sedan (mengesampingkan segalanya hanya mengutamakan nafsu saya) saya mempertimbangkan:
1. bmw seri 5 maupun 7 ( hasil pantauan di market place dapat untuk rentang harga segitu)
2. audi a6
3. peugeot 508
4. mazda 6
Sekian, mohon bantuannya teman-teman terkait segala pengetahuan dan pengalamannya dari pilihan-pilihan diatas untuk saya dapat memilih kendaraan yang paling tepat bagi keluarga saya.
Terima kasih
Mohon maaf kepanjangan ^^v
unpopular opinion, tapi sangat relevan.jivos wrote: Mon Jul 06, 2020 3:43 Ambil VOXY...+ add on ottoman seat 3.5jt spt yg sdh dsbt slh satu om" diatas
Masih banyak hal" d luar sana yg yg jauh lbh penting n mendasar d banding ngurusin mbl (eg: ibadah k Almighty, kerja, b'bakti k ortu anter b'obat, quality time travelling dg kel bsr nikmatin tanda" kbesaran alam ciptaan Nya)
Imho, Reliability is a must n non negotiable compare kebutuhan terendah dr mankind akan pengakuan ato pujian dr org krn pliahara mbl kelas atas, kec mbl d garasi berderet ato model beli baju, kusam dikit ganti beli baru
jivos wrote: Mon Jul 06, 2020 3:43 Ambil VOXY...+ add on ottoman seat 3.5jt spt yg sdh dsbt slh satu om" diatas
Masih banyak hal" d luar sana yg yg jauh lbh penting n mendasar d banding ngurusin mbl (eg: ibadah k Almighty, kerja, b'bakti k ortu anter b'obat, quality time travelling dg kel bsr nikmatin tanda" kbesaran alam ciptaan Nya)
Imho, Reliability is a must n non negotiable compare kebutuhan terendah dr mankind akan pengakuan ato pujian dr org krn pliahara mbl kelas atas, kec mbl d garasi berderet ato model beli baju, kusam dikit ganti beli baru
+1,jivos wrote: Mon Jul 06, 2020 3:43 Ambil VOXY...+ add on ottoman seat 3.5jt spt yg sdh dsbt slh satu om" diatas
Masih banyak hal" d luar sana yg yg jauh lbh penting n mendasar d banding ngurusin mbl (eg: ibadah k Almighty, kerja, b'bakti k ortu anter b'obat, quality time travelling dg kel bsr nikmatin tanda" kbesaran alam ciptaan Nya)
Imho, Reliability is a must n non negotiable compare kebutuhan terendah dr mankind akan pengakuan ato pujian dr org krn pliahara mbl kelas atas, kec mbl d garasi berderet ato model beli baju, kusam dikit ganti beli baru
ChZ wrote: Mon Jul 06, 2020 3:55
unpopular opinion, tapi sangat relevan.
in the end kenapa toyota yang resale value nya kuat dan diminati market, di saat yang sama pdhl BMW jelas mobil yang lebih bagus secara tech driving etc dan bahkan diakui oleh pengguna toyota sekalipun...
mobil yang stupidly robust biasanya akan bikin lupa dengan betapa basic dan kuno nya tech di dlm mobil itu,
krn pada akhirnya it's insignificant...![]()
Kurang lbh spendapat dg om".Sinclaire wrote: Mon Jul 06, 2020 4:02
ini saya sangat setuju, karena beli mobil yang nyaman + mewah, tapi kalau ada trouble sulit diperbaiki + memakan budget untuk apa? justru tidak bisa dinikmati ujungnya, hati was2, apalagi takut ada trouble dijalan lagi bawa anak kecil + orang tua sdh sepuh, dan lagi di jalan yang jauh dr bengkel (kota kecil)
dalam hal ini reliability is a must!
ini berkaca dgn pengalaman saya bela2in pelihara mobil nyaman tp agak tua, kaki2 bunyi itu bikin orang tua stress, takut mobil kenapa2, pernah juga kejadian dijalan support shock bolong, lagi di tol, mobil sampai miring (untung tdk melintir) + bikin orang tua deg2an setengah mati.. belom paniknya ada anak kecil juga.. ini extraordinary case tp patut dipertimbangkan..
karena kenyamanan itu tdk hanya naikan mobilnya, tapi peace of mindnya juga, apalagi mobil yang utamanya memang digunakan sebagai alat transportasi kalo menurut saya, bukan mobil hobi/weekend car
Ha-ha kalo udah om jivos bersabda udah selese. Banyak makan asam garam mobil German:)jivos wrote:Ambil VOXY...+ add on ottoman seat 3.5jt spt yg sdh dsbt slh satu om" diatas
Masih banyak hal" d luar sana yg yg jauh lbh penting n mendasar d banding ngurusin mbl (eg: ibadah k Almighty, kerja, b'bakti k ortu anter b'obat, quality time travelling dg kel bsr nikmatin tanda" kbesaran alam ciptaan Nya)
Imho, Reliability is a must n non negotiable compare kebutuhan terendah dr mankind akan pengakuan ato pujian dr org krn pliahara mbl kelas atas, kec mbl d garasi berderet ato model beli baju, kusam dikit ganti beli baru
njir jadi sedih, tapi ini bener banget. kenyataan saat saya dah berkeluarga dan punya anak dan merawat orang tua.jivos wrote: Mon Jul 06, 2020 4:59
Kurang lbh spendapat dg om".
1. Ada hal/perkara" utama dlm hidup
2. Sibuk ngurusin Mobil tdk termasuk hal yg utama dlm hidup. Dia ada di list bawah. Beli n rawat mobil hrs bs support agenda" yg ada di list no 1, mbl hrs ready all the time (reliable) jd budak buat ngelayanin agenda kita di point no 1. Apapun merk n kasta nya dia berasal.
Jgn sampe k balik...kita yg dijadikan budak sama mobil, dan jadi kaum yg merugi.
T'gerak komen kr ts ada ikut sertakan kondisi ortu yg sdh sepuh, kapan lagi klo ngga skrg .
Kita, ngerawat ibu bapak kita sembari menunggu kematiannya (usia lanjut)
Sementara ibu bapak kita merawat sambil mengharap kehidupan n kebahagian anaknya.
tim anti dibudakin mobil ....jivos wrote: Mon Jul 06, 2020 4:59
Kurang lbh spendapat dg om".
1. Ada hal/perkara" utama dlm hidup
2. Sibuk ngurusin Mobil tdk termasuk hal yg utama dlm hidup. Dia ada di list bawah. Beli n rawat mobil hrs bs support agenda" yg ada di list no 1, mbl hrs ready all the time (reliable) jd budak buat ngelayanin agenda kita di point no 1. Apapun merk n kasta nya dia berasal.
Jgn sampe k balik...kita yg dijadikan budak sama mobil, dan jadi kaum yg merugi.
Hmm, kalau biaya sunroofnya kalau ga salah sekitar 10 jutaan untuk yangb merk Webasto ini sudah merk bagus lah.Rhanugaulia wrote: Sat Jul 04, 2020 15:26Pasang sendiri ni abis berapa ya? apa sebagus bawaan? dan nantinya purna jualnya akan bagaimana?sintoni wrote: Sat Jul 04, 2020 12:47 Paling bener sih Venturer emang om, kalau maksa mau sunroof atau panoramic pasang sendiri aja om.
bener nih, bahkan kadang yang bikin jengkel itu bukan masalah duitnya, tapi waktu dan tenaga yg dikeluarin itu buat beresin 1 mobil yg ga kelar2..ChZ wrote: Mon Jul 06, 2020 5:11tim anti dibudakin mobil ....jivos wrote: Mon Jul 06, 2020 4:59
Kurang lbh spendapat dg om".
1. Ada hal/perkara" utama dlm hidup
2. Sibuk ngurusin Mobil tdk termasuk hal yg utama dlm hidup. Dia ada di list bawah. Beli n rawat mobil hrs bs support agenda" yg ada di list no 1, mbl hrs ready all the time (reliable) jd budak buat ngelayanin agenda kita di point no 1. Apapun merk n kasta nya dia berasal.
Jgn sampe k balik...kita yg dijadikan budak sama mobil, dan jadi kaum yg merugi.
kalo sdh ngerasain gimana ngebuang waktu nya berurusan dengan towing, ke bengkel dan nyari spare parts mobil dan endingnya biaya tagihan bengkel fantastis...
bakal ngebuang jauh-jauh ego memelihara mobil yang gengsi tinggi tapi ke bengkel mulu...![]()
mungkin duitnya ga masalah, waktunya yang masalah... bayangin deal miliaran rupiah terancam gegara mobil tiba-tiba ngambek .... mending gw buang mobilnya di jalan... mobil ga seberapa, deal bisnis urusannya hidup mati perusahaan... hajat hidup orang bnyk...
mbl hobi pun jg buat apa kalo di bengkel rusak mulu...![]()
khan katanya beli mobil buat dinikmatin... kapan nikmatin mobil kalo ngebengkel terus, dibejek ampe 200 km/h cek enjin nyala masuk limp mode...
![]()
mending yang beli mobil buat dijual kembali dong, paling enggak mobilnya cm ke bengkel setengah taun sekali...![]()
beruntung om sdh tau sendiri, yg sy bold di atas anggap aja sbg test case. itu kekurangan yg udah ketauan gimana yg belum, tinggal di daerah yg akses service sulit sebaiknya hindari yg tdk praktis. dr pilihan om ada harrier to kok ga ada lexus RX? maka bisa belok ke rx270 atau rx350. seheboh2nya rx350 kl lagi ngambek ga akan lbh nyusahin drpd mayoritas pilihan2 yg om suguhkan.Rhanugaulia wrote: Sun Jul 05, 2020 7:19
Om ini 5008nya yang MPV loh ya.. bukan model baru yang SUV.
Kalo yang baru 2ndnya masih diatas 600 semua T,T
5008 MPV harganya paling bersahabat dibanding semua kontestan yang saya sebutkan.
Kalopun dapat ini, niatnya uang sisa mau buat belikan nyonya mobil haha
Jadi semisal dapat 5008 sisanya saya belikan 308 untuk istri.
Cuma masalahnya saya pernah baca di suatu forum atau grup diskusi kalau ada yang punya 5008 dengan kondisi prima tapi ndak kuat diajak ke bromo
Setelah di tuning ulang ia pakai ke dieng masih tetap sama.
Istilahnya ndak kuat dalam segala aspek untuk dipakai tamasya.
Jadinya horror juga ni ibarat dipakai ke bali trus mogok di hutan banyuwangi hahaha
.................
setuju, ga boleh hidup dibudakin mobilChZ wrote: Mon Jul 06, 2020 5:11 tim anti dibudakin mobil ....
kalo sdh ngerasain gimana ngebuang waktu nya berurusan dengan towing, ke bengkel dan nyari spare parts mobil dan endingnya biaya tagihan bengkel fantastis...
bakal ngebuang jauh-jauh ego memelihara mobil yang gengsi tinggi tapi ke bengkel mulu...![]()
mungkin duitnya ga masalah, waktunya yang masalah... bayangin deal miliaran rupiah terancam gegara mobil tiba-tiba ngambek .... mending gw buang mobilnya di jalan... mobil ga seberapa, deal bisnis urusannya hidup mati perusahaan... hajat hidup orang bnyk...
mbl hobi pun jg buat apa kalo di bengkel rusak mulu...![]()
khan katanya beli mobil buat dinikmatin... kapan nikmatin mobil kalo ngebengkel terus, dibejek ampe 200 km/h cek enjin nyala masuk limp mode...
![]()
mending yang beli mobil buat dijual kembali dong, paling enggak mobilnya cm ke bengkel setengah taun sekali...![]()
nongkrong di bengkel itu asik kalo ngeliat mobil kita dibongkar-bongkar buat performance parts... krn modif bisa dipersiapkan, udah ada spare money dan time buat itu.Sinclaire wrote: Mon Jul 06, 2020 6:06
bener nih, bahkan kadang yang bikin jengkel itu bukan masalah duitnya, tapi waktu dan tenaga yg dikeluarin itu buat beresin 1 mobil yg ga kelar2..
aduh ini waktu weekend harusnya bisa buat family time/ hal2 yg lebih bermanfaat, malah nongkrong lagi ama montir di bengkel, atau kalo ada kasus kejadian break down di jalan, haduh harusnya bisa sibuk maen di lokasi tujuan, malah repot urus ini itu, mobil enak sih enak, tapi nyusahin malah ga sesuai kodratnya sbg mobil..
ini makanya mau keluar mobil baru secanggih/sebagus apa, yg laku avanza lagi, kijang lagi.. hahahaha pasar memang gak akan pernah bohong..
males research, males baca, penyakit orang sini... makanya gampang diadu domba dan dibego-begoin berita hoax dan propaganda politik kepentingan.evolution21 wrote: Mon Jul 06, 2020 6:19
setuju, ga boleh hidup dibudakin mobil
tp kadang2 jengkel jg dengan pemikiran orang yg kaku kolot, misal...
1 merk mobil di jaman dulu rewel, seiring berkembangnya jaman, sekarang keluaran terbaru sebetulnya udah ga rewel, reliability bagus, bahkan malah canggih dengan dibekali fitur baru yg memudahkan driver / meningkatkan kemanan dan kenyamanan buat pemilik, worthlah what you pay is what you get. Tapi pemikiran orang masih kolot kaku tidak terbuka masih aja koar2 tu merk mobil rewel, cuman gara2 baca komen segelintir orang yg ga puas, pdhl ga pernah ngerasain sendiri. Istilahnya orang tsb gampang terima hoax dan menjadi penyebar hoax secara tidak sadar
ampun deh kl ketemu orang yg model kegini
Siapp.. Garisbesarnya menurut pandangan om lebih baik Elgrand dicoret ya?Shonen wrote: Sun Jul 05, 2020 10:28 wah menarik nih..mengakomodir semua kebutuhan...mendingan kalo mentingin pano ke crv turbo prestige aja...klo kurang budgetnya mundur ke rm yang 2.4 prestige yang ada sunroof no pano..tapi klo ngeliat ada ortunya rada susah si kalo mobil tinggi ya..tapi crv turbo ga tinggi2 amat kok..jgn nissan de apalagi taon tua sibuk bolak balik bengkel terus ada aja rusaknya, mending toyota sama honda aja kalo ga ada bengkel di deket2... voxy bisa jadi pilihan tuh kaya yang di atas..soalnya lewat jalan rusak kalo pake roti tawar abis semua bawahnya![]()
palagi german car kandidatnya udah coret aja...betulinnya kalo dapet unit apes bisa stengah harga beli which is not worth though
Berarti saya kudu spare skitar 10jt untuk tambahan kursi tersebut, lepas dari berapa harga Voxy yang saya dapat.
Oksiap, semoga di Surabaya uda lengkap unitnya yang pengen dicoba, mengingat sulitnya kondisi antar kota sekarang, agak riskan saya untuk melancong keluar propinsi yang cukup jauh apalagi nyampe batavia sana hanya sekedar untuk mencoba mobil aja hahaPboyz97 wrote: Sun Jul 05, 2020 14:12 Soal bantingan suspensi, masih enakan oddys RC1, karena kelas dan harga gak pernah bohong. Minusnya RC1 dibanding CRV Turbo cuma GC aja yg lebih rendah which is kurang cocok buat kriteria om yg lokasinya banyak lewat jalan rusak
Tapi kalau liat kriterianya om, saya lebih condong ke venturer atau crv turbo prestige seken aja sih hehehe. Happy hunting dan semoga dapet unit yg bagus dan sesuai ekspektasi
Sebenarnya begitu.. dari awal mutlak ke Elgrand cuman saya butuh gambaran secara menyeluruh terkait mobil itu.ricz wrote: Sun Jul 05, 2020 14:28 Ngeliat kondisi si om yg punya orang tua en anak kecil sih lebih cocok minang Elgrand sih... Sliding door, jok gede, kabin luas, kurang apa lagi coba...
Go ahead for Elgrand, then..
Ya betul om, oleh karena itu tujuan inti dari postingan saya disini lebih ke arah membaca pendapat dari pengalaman-pengalaman om-om disini atas unit-unit tersebut.Herman7103 wrote: Mon Jul 06, 2020 0:22 Saran saya cari mobil yg paling sesuai dengan kebutuhan semua anggota keluarga Om dengan cara cobain semua pilihan om bareng seluruh anggota keluarga besarnya biar ketahuan mobil mana yg paling cocok, minta pendapat sih boleh tapi hasil akhir nya adalah plihan om sendiri setelah cobain semua mobil di list plihannya dan pendapat semua anggota keluarga ditanyai setelah nyoba mobilnya dan itu sudah pasti yg paling tepat menurut pendapat saya.
Nah ini.... Terima kasih pak informasinya...farizfsa wrote: Mon Jul 06, 2020 2:44 saya sharing audi q7 sedikit deh karena kebetulan lg punya
saya punya yg diesel, km tinggi (150rb++)
kayanya salah satu concernnya adalah panoramic, mobil ini urusan atep ga main2, total dia setiap row atepnya pasti kaca.
row 1 dan 2 dapet panoramic, dengan cover jaring2 yg cukup rapat, bisa dibuka jg itu kaca. row ke 3 dapet sunroof ukuran normal (kecil, sekecil sunroof nya pajero dakar gen 1)
kalo 2007-2008, hanya ada dua pilihan, 4.2 v8 bensin dan 3.0 v6 turbo diesel. kebetulan lg ada di marketplace tuh sebiji yg diesel.
mesin diesel nya sih, bandel ya termasuk, irit, ya lumayan, parts sharing sama vw touareg jd ga mahal2 bgt.
mobil ini pake airsuspension di semua sisinya, kondisi terceper mungkin ortu bisa gampang naik. tertinggi ya bs buat jalanan batu2an.
legroom row kedua mobil ini luas sekali, ada meja makan dan minum juga.
ac mobil ini juga 4 zones, jadi row 2 bisa setting individual dari kecepatan fan sampai suhu.
krey samping kaca ada di pintu belakang kiri kanan dan pintu bagasi.
kalo jok mobil ini di lipat semua, rata lantai, jd massive lah cargo load nya.
cm, sebelum bawa ke daerah, ya mbl ini harus bener2 seger dulu, lumayan reliable kok.
Kebetulan untuk beli cash om..krniawnhdr wrote: Mon Jul 06, 2020 3:28 Sebenernya ada pertanyaan saya om...
itu 350-400 untuk beli cash, atau buat DP juga untuk ambil mobil yang harganya 500an?
kalo iya bisa juga untuk DP, saya rekomen kia grand sedona, lalu jok tengahnya diganti ottoman H-1.. Saya liat udah lumayan banyak bengkel sudah ngerjain ini...sedikit lebih ribet sih, tapi worth it. apalagi yang urusin semuanya si bengkel.
soal kenyamanan dan power, alphard terbaru sekalipun ngga ada apa2nya om..
asalkan seat row 2 nya diganti ottoman H-1 itu tadi![]()
tapi kalo engga, go for elgrand 2.5.
coret opsi venturer, coret...
saya punya ANKI, dan kalo udah ada opsi elgrand, rasanya om turun kasta kalo lirik venturer dengan iming2 reliability. seriusan jangan...
jangan biarin ada di list, walau itu di urutan terakhir sekalipun...haha
soalnya om kalo udah pertimbangin elgrand dibanding venturer diawal, mindset om untuk keluarga dan orang tua sudah betul, kenyaman diatas tetek bengek reliability jualannya toyota. saya salut dengan mindset om...
![]()
lucu aja skip elgrand buat sebuah venturer![]()
elgrand all the way and go for it.
Sepakat pak, ini bukan tentang gengsi, pamor, pansos, maupun ngerek kasta sosial..jivos wrote: Mon Jul 06, 2020 3:43 Ambil VOXY...+ add on ottoman seat 3.5jt spt yg sdh dsbt slh satu om" diatas
Masih banyak hal" d luar sana yg yg jauh lbh penting n mendasar d banding ngurusin mbl (eg: ibadah k Almighty, kerja, b'bakti k ortu anter b'obat, quality time travelling dg kel bsr nikmatin tanda" kbesaran alam ciptaan Nya)
Imho, Reliability is a must n non negotiable compare kebutuhan terendah dr mankind akan pengakuan ato pujian dr org krn pliahara mbl kelas atas, kec mbl d garasi berderet ato model beli baju, kusam dikit ganti beli baru
ChZ wrote: Mon Jul 06, 2020 3:55 unpopular opinion, tapi sangat relevan.
in the end kenapa toyota yang resale value nya kuat dan diminati market, di saat yang sama pdhl BMW jelas mobil yang lebih bagus secara tech driving etc dan bahkan diakui oleh pengguna toyota sekalipun...
mobil yang stupidly robust biasanya akan bikin lupa dengan betapa basic dan kuno nya tech di dlm mobil itu,
krn pada akhirnya it's insignificant...![]()
Siappp..ChZ wrote: Mon Jul 06, 2020 5:11 tim anti dibudakin mobil ....
kalo sdh ngerasain gimana ngebuang waktu nya berurusan dengan towing, ke bengkel dan nyari spare parts mobil dan endingnya biaya tagihan bengkel fantastis...
bakal ngebuang jauh-jauh ego memelihara mobil yang gengsi tinggi tapi ke bengkel mulu...![]()
mungkin duitnya ga masalah, waktunya yang masalah... bayangin deal miliaran rupiah terancam gegara mobil tiba-tiba ngambek .... mending gw buang mobilnya di jalan... mobil ga seberapa, deal bisnis urusannya hidup mati perusahaan... hajat hidup orang bnyk...
mbl hobi pun jg buat apa kalo di bengkel rusak mulu...![]()
khan katanya beli mobil buat dinikmatin... kapan nikmatin mobil kalo ngebengkel terus, dibejek ampe 200 km/h cek enjin nyala masuk limp mode...
![]()
mending yang beli mobil buat dijual kembali dong, paling enggak mobilnya cm ke bengkel setengah taun sekali...![]()
Waduh, bisa begitu ya...Sinclaire wrote: Mon Jul 06, 2020 4:02 ini saya sangat setuju, karena beli mobil yang nyaman + mewah, tapi kalau ada trouble sulit diperbaiki + memakan budget untuk apa? justru tidak bisa dinikmati ujungnya, hati was2, apalagi takut ada trouble dijalan lagi bawa anak kecil + orang tua sdh sepuh, dan lagi di jalan yang jauh dr bengkel (kota kecil)
dalam hal ini reliability is a must!
ini berkaca dgn pengalaman saya bela2in pelihara mobil nyaman tp agak tua, kaki2 bunyi itu bikin orang tua stress, takut mobil kenapa2, pernah juga kejadian dijalan support shock bolong, lagi di tol, mobil sampai miring (untung tdk melintir) + bikin orang tua deg2an setengah mati.. belom paniknya ada anak kecil juga.. ini extraordinary case tp patut dipertimbangkan..
karena kenyamanan itu tdk hanya naikan mobilnya, tapi peace of mindnya juga, apalagi mobil yang utamanya memang digunakan sebagai alat transportasi kalo menurut saya, bukan mobil hobi/weekend car
Mungkin karena itu juga avanza jadi mobil tercepat senusantara ya..satriakarisma wrote: Mon Jul 06, 2020 4:57 +1,
quote terjozz nih.
mungkin itu yang bikin Toyota merajai indo.
Nahhh point terakhir itu pak yang memaksa saya untuk merasa harus dan wajib menyenangkan Orangtua.jivos wrote: Mon Jul 06, 2020 4:59 Kurang lbh spendapat dg om".
1. Ada hal/perkara" utama dlm hidup
2. Sibuk ngurusin Mobil tdk termasuk hal yg utama dlm hidup. Dia ada di list bawah. Beli n rawat mobil hrs bs support agenda" yg ada di list no 1, mbl hrs ready all the time (reliable) jd budak buat ngelayanin agenda kita di point no 1. Apapun merk n kasta nya dia berasal.
Jgn sampe k balik...kita yg dijadikan budak sama mobil, dan jadi kaum yg merugi.
T'gerak komen kr ts ada ikut sertakan kondisi ortu yg sdh sepuh, kapan lagi klo ngga skrg .
Kita, ngerawat ibu bapak kita sembari menunggu kematiannya (usia lanjut)
Sementara ibu bapak kita merawat sambil mengharap kehidupan n kebahagian anaknya.
Saya masih nunggu ada yang berbagi pengalaman untuk BMW 218i gt dan 535i gt nih heheheiwansiagian wrote: Mon Jul 06, 2020 5:01 Ha-ha kalo udah om jivos bersabda udah selese. Banyak makan asam garam mobil German:)
Iya ni om, masa remaja dan belia kita sudah punah begitu lama hahahasatriakarisma wrote: Mon Jul 06, 2020 5:05 njir jadi sedih, tapi ini bener banget. kenyataan saat saya dah berkeluarga dan punya anak dan merawat orang tua.
![]()
Okeoke, ada ga ya yang jual venturer uda bersunroofsintoni wrote: Mon Jul 06, 2020 6:03 Hmm, kalau biaya sunroofnya kalau ga salah sekitar 10 jutaan untuk yangb merk Webasto ini sudah merk bagus lah.
Kalau biaya pasnag ane kurang tahu.
Harusnya kalau bagus atau tidak ya harusnya oke lah, tergantung bengkelnya.
Masalah RV ya kalau Venturer sih pasti jauh lebih baik daripada alternatif yang lain walaupun sudah dibolongin sunroof. Apalg ini mobil badak lah, kalau sampe 10 tahun menurut ane jg ga masalah.
Saya pernah ini, dulu punya cielo belinya 120an, meledak di tol, pistonnya bengkok (seriusan ini, gatau kenapa bisa), derek sampe kampung trus dibenerin abis 40an.Sinclaire wrote: Mon Jul 06, 2020 6:06 bener nih, bahkan kadang yang bikin jengkel itu bukan masalah duitnya, tapi waktu dan tenaga yg dikeluarin itu buat beresin 1 mobil yg ga kelar2..
aduh ini waktu weekend harusnya bisa buat family time/ hal2 yg lebih bermanfaat, malah nongkrong lagi ama montir di bengkel, atau kalo ada kasus kejadian break down di jalan, haduh harusnya bisa sibuk maen di lokasi tujuan, malah repot urus ini itu, mobil enak sih enak, tapi nyusahin malah ga sesuai kodratnya sbg mobil..
ini makanya mau keluar mobil baru secanggih/sebagus apa, yg laku avanza lagi, kijang lagi.. hahahaha pasar memang gak akan pernah bohong..
Iya pak.. cuman keren sekali itu 5008 mpv..Omnibus wrote: Mon Jul 06, 2020 6:10 beruntung om sdh tau sendiri, yg sy bold di atas anggap aja sbg test case. itu kekurangan yg udah ketauan gimana yg belum, tinggal di daerah yg akses service sulit sebaiknya hindari yg tdk praktis. dr pilihan om ada harrier to kok ga ada lexus RX? maka bisa belok ke rx270 atau rx350. seheboh2nya rx350 kl lagi ngambek ga akan lbh nyusahin drpd mayoritas pilihan2 yg om suguhkan.
atau kembali ke venturer, pajero sport, crv prestige semua ada sunroofnya.
Nah itu.. kadang emang suka begitu.. lumayan banyak yang seperti ituevolution21 wrote: Mon Jul 06, 2020 6:19 setuju, ga boleh hidup dibudakin mobil
tp kadang2 jengkel jg dengan pemikiran orang yg kaku kolot, misal...
1 merk mobil di jaman dulu rewel, seiring berkembangnya jaman, sekarang keluaran terbaru sebetulnya udah ga rewel, reliability bagus, bahkan malah canggih dengan dibekali fitur baru yg memudahkan driver / meningkatkan kemanan dan kenyamanan buat pemilik, worthlah what you pay is what you get. Tapi pemikiran orang masih kolot kaku tidak terbuka masih aja koar2 tu merk mobil rewel, cuman gara2 baca komen segelintir orang yg ga puas, pdhl ga pernah ngerasain sendiri. Istilahnya orang tsb gampang terima hoax dan menjadi penyebar hoax secara tidak sadar
ampun deh kl ketemu orang yg model kegini
Masih ada om dirumah satu, yang saya pribadi bulan lalu laku..Sinclaire wrote: Mon Jul 06, 2020 6:25 coba pertimbangkan opsi ambil 1 mobil badak + mobil hobi um.. misalnya ambil anki baru/bekas, bensin jg gpp yg penting sudah sesuai fungsinya..
uang sisanya ambil mobil hobi utk nyenengin anak, + om sendiri, contohnya kaya ambil w211 280 fl yang sudah non sbc om.. atau kl mau murahan sedikit, mau rawat dan full opt, boleh cari yang 240 non fl, rem sbc, skrg sdh banyak yg bisa servis sbcnya mulai dari ganti full + bolanya aja, naikannya top ini mobil om hehehe