Pboyz97 wrote: Sat Jul 04, 2020 17:33
Saya bantu jawab ya om
1. Oddy RC1, memenuhi semua kriteria , kecuali audio dan road noisenya, masih kurang oke dibanding alphard dan elgrand, tapi kalau soal kenyamanan dan fitur, mobil ini layak dipertimbangkan. Sama kalau om pernah nyoba oddy gen sblmnya, pasti akan downgrade dari sisi driving feel, handling ,dan peformancenya, tapi upgrade dari sisi bantingan suspensi dan kenyamanan
2. Harrier enak untuk duduk di belakang, untuk kenyamanan dan bantingan suspensi, mobil ini juara, 11 12 sama alphard - velfire dan elgrand, serta lebih nyaman daripada RC1, cuma kalau urusan nyetir, lupkan kata fun to drive dari mobil ini, karena rasa nyetirnya gak begitu menyenangkan (pernah nyobain harrier 2006 punya sodara), terus. Harrier ada 3 generasi di indo, yaitu gen 1 (1997 - 2002), gen 2 (2003-2013), dan gen 3 (2014- sekarang).
Nah yang saya akan bahas yg gen 2 dan gen 3 aja ya, karena gen 1 populasinya agak jarang dan udah ketuaan hahaha. Berhubung sodara saya pernah pelihara harrier 240 G dari tahun 2006 - 2014, sebelum digantikan oleh CX5 GT 2.5 2014, saya coba bantu sebisa saya ya tentang harrier gen 2 ini
- Untuk mesin dan transmisi, lumayan awet, part sama kaya camry dan alphard . Jarang ada penyakit di 2 bagian ini, yg perlu diperhatikan rack steering sama kaki - kakinya aja. Kalau worse case sih, ini jarang banget terjadi, maticnya kena. Punya sodara saya pernah maticnya kena, gabisa mundur, abis itu dibenerin dan akhirnya dijual seminggu kemudian
- Harrier gen ini banyak optionnya. Saya kurang afal tipenya apa aja, yg pasti ada
240 G bermesin 2.400 cc (ini optionnya ada beberapa, cuma saya lupa wkwkwk)
3.0 bermesin 3.000 CC V6 yg sama kek alphard gen 1 (ini ada yg AIRS alias punya air suspension dan ada yg gk ada air suspensionnya ).
Kalau bisa ambil yg 2.4 aja, karena gak ada airsusnya , dan lebih reliable, sedangkan kalo 3.0 AIRS, mending jangan, apalagi masih awam soal mobil, nanti bakal kaget liat biaya benerin airsusnya kalo kenapa2 yg lumayan mahal buat sebuah toyota
- Part body agak susah, dibanding alphard atau velfire, karena mobil ini gak masuk resmi lewat ATPM, masuknya lewat jalur improtir umum (IU) dari gen 1 sampe gen 3. Tapi, berhubung mobil ini life cyclenya panjang (terutama gen 2) , part body cukup banyak dan mudah di bengkel spesialis maupun nyari copotan di online, tapi, kalau di daerah om masih jarang bengkel spesialis, mending jangan, daripada menyulitkan di kemudian hari
- Bensin lumayan boros ya, dalkot 1 : 6-7. Dengan tarikan yg lemot buat ukuran 2.400 cc, tapi yg 3.0 mendingan lah . Wkwkwk
- Fitur cukup banyak, tapi udah mulai outdated ya, bluetooth audio aja gaada
- Kursi juga gak captain seat maupun ottoman, namun legroom row 2 nya cukup lega
- Sunroof keknya ada pada tipe tertentu (lupa saya tipenya apa aja wkwkwk)
Kesimpulannya, harrier gen 2 masih worth it buat dimiliki asal om gak mikirin yg namanya handling dan fun to drive serta konsumsi BBM , serta kenyamanan dan bantingan suspensi jadi prioritas utama
Sedangkan kalau harrier gen 3 (2014- sekarang)
- Budget 350- 400, dapet yg 2014, cuma agak ngepas
- Mesinnya setau saya cuma ada 1 tipe doang (2.000 cc kalo gasalah)
- Fitur dan teknologi lebih advance daripada gen 2
- Kenyamanan jg upgrade dari gen 2
- Driving feel dan peforma lebih baik dairpada gen 2
- Kalo realibility, mobil ini cukup awet, yg mesti diperhatiin paling perawatan maticnya pastiin owner sblmnya telaten dan rutin ganti oli maticnya, elektrikal, sensor2, dan kaki2 + rack steering aja sih
- Part body denger2 juga agak susah, dan copotannya gak sebanyak gen 2, tapi kalo di spesialis masih lumayan banyak juga kok maupun di online
3. Gak bisa dibandingin, karena beda kelas, gak apple to apple
Mazda 6 head to headnya dengan accord ,camry, dan teana
Sedangkan seri 5 head to head dengan e - class dan audi a6
Kalo mentingin kenyamanan, keknya mazda 6 dan seri 5 kurang cocok, mending camry atau e-class aja kalau mau nyari kenyamanan.
Kalau diantara 2 itu, dan lihat kriteria om ts, saya vote for mazda 6 aja, part lebih murah dan lebih reliable dibanding seri 5. Karena elektrikalnya lebih simpel dan banyak dipake buat PJR, jadi harusnya awet ya. Mesin dan transmisi juga bisa subtitusi punya mazda cx5, tapi kalau di spesialis, part mazda 6 masih agak susah dan harus ke bengkel resmi buat service which is lumayan mahal buat ukuran japs car. Kalo seri 5, perawatan ya gak bisa dibilang murah juga, lebih mahal dibanding mercy tapi gak semahal pug atau audi
4. CRV VS Harrier
Lagi2 gak bisa dibandingin ,secara kelasnya jg beda
Harrier jelas beats CRV in every aspects , terutama soal comfortnya. Cuma kalo mau ngincer kemudahan parts, saya vote crv turbo aja. Karena partnya , terutama body lebih gampang daripada harrier, yg mesti dicek kalo mau beli crv turbo
- Tuas transmisinya, karena gampang protol
- Pastiin owner sblmnya gak ngisi BBM bersubsisi kek pertalite atau premium, karena mesin turbonya gak bisa sembarangan minum BBM ,harus pertamax atau pertabo
- Pastikan owner sblmnya rutin ganti oli CVTnya
- Sama HU nya ganti aja deh, soalnya HU bawaannya lemot dan bapuk abis wkwkkw
- Pasang peredam tambahan, karena road noise mobil ini agak kurang buat mobil 500jtan
Secara keseluruhan, mobil ini all roudner, nyaman, enak disetir, lega , practical, dan peformanya lumayan oke, panoramic sunroofnya juga jadi poin + mobil ini dibanding rival2 sekelasnya
Saya vote crv turbo prestige aja, kalau om TS gak sreg sama venturer maupun voxy, karena memenuhi semua kriteria kecuali captain seat atau ottoman seat, kalo soal audio, tinggal ganti Head unit aja sih hehehe
Yep, sepakat sekali saya.. seirama sama bayangan di benak saya hahaha
Terkait harga juga setara cuma beda di taon aja untuk Oddy RC1 dan CRV Turbo..
Tutup mata dah sebenernya di CRV cuman minus di ottoman aja..
Cuman secara bantingan suspensi lebih baik yang mana ya kira-kira hahaha
Harrier gen 3 barusan cek online pada diatas 400 semua.. (kemarin masih nemu 350 plat jateng, uda ilang aja haha)
Bulan lalu juga sempat liat evoque dilepas 350 plat Blitar, seminggu doang dah bablas iklannya hahaha
Untuk BMW seri 5 saya rivalkan ke mazda 6 terkait harga yang cukup identik hehe
Dan secara sparepart konon juga 11 12 harga dan ketersediaannya untuk jatim
Info dari temen yang pakai mazda 6.
"sekarang harga usednya sama, ribetnya sama, ambil seri 5 aja" katanya
Dalam bulan ini atau bulan depan mau coba keliling Surabaya..
Barangkali harga offline beda, sekalian icip icip semuanya
Syukur-syukur nemu yang jual CRV turbo, Oddy, dan lain diatas ditempat yang sama haha
Makasih om.. sangat membantu sekali masukkannya..
Semoga apapun itu dapatnya unit yang cukup bagus
Mulsanne wrote: Sat Jul 04, 2020 18:08
Dari beberapa kriteria dan kondisi yang sudah om sebutkan, walaupun diluar opsi. Pilihan yang paling sempurna adalah :
TOYOTA INNOVA Q/VENTURER DIESEL
Sunroof penting gak penting kalo menurut saya, cuma wah wah dibuka pas awal2 punya. Lama2 bosen dan merasa kalo gak ada jg gak masalah.......
Saya berfikirnya nanti setelah keliling dan cobain (kalo bisa kesampean nyobain semua haha)
Ibarat gada yang harganya masuk rentang atau masuk rentang dengan kondisi yang kurang prima.
Akan menuju bulat ke Venturer diesel.
Masih ada kembalian dari budget juga untuk disimpan kekeke
Karna sebenernya segala aspek sudah include didalamnya..
Cuman minus di pano aja haha
Rasanya seperti (ditakutkan) "saya akan merasa bersalah" kalo tidak mengakomodasi seluruh keinginan keluarga (pano harapan anak) disaat ada kesempatan untuk memilih dan ada kemungkinan belum terlambat untuk menyesal hahaha
Omnibus wrote: Sat Jul 04, 2020 18:20
dr pilihan yg disuguhkan sy vote for peugeot 5008. alasannya krn interior futuristis kaya space ship bikin anak om yg cowok 5 thn itu lebih happy dgn imajinasinya.
sama2 jauh dr bengkel resmi, kenapa ga sikat to the max ambil mobil impian yg jarang org punya.
kaki2 kayanya lbh badak drpd rival jerman/jepang dan purna jual astra.
Om ini 5008nya yang MPV loh ya.. bukan model baru yang SUV.
Kalo yang baru 2ndnya masih diatas 600 semua T,T
5008 MPV harganya paling bersahabat dibanding semua kontestan yang saya sebutkan.
Kalopun dapat ini, niatnya uang sisa mau buat belikan nyonya mobil haha
Jadi semisal dapat 5008 sisanya saya belikan 308 untuk istri.
Cuma masalahnya saya pernah baca di suatu forum atau grup diskusi kalau ada yang punya 5008 dengan kondisi prima tapi ndak kuat diajak ke bromo
Setelah di tuning ulang ia pakai ke dieng masih tetap sama.
Istilahnya ndak kuat dalam segala aspek untuk dipakai tamasya.
Jadinya horror juga ni ibarat dipakai ke bali trus mogok di hutan banyuwangi hahaha
Entah beliau yang apes unitnya rewel atau secara keseluruhan 5008 ditahun segitu penyakitnya sama untuk dipakai sekarang.
Tapi tetap akan saya coba unitnya nanti pas hunting..
Dan karena itulah saya masukan ke opsi dan saya tanyakan disini dengan harapan ada om-om yang punya pengalaman miara tu 5008 hehehe
paparay wrote: Sat Jul 04, 2020 23:47
Vote for venturer.
Kalo masalah panoramic dan menyenangkan anak, ya sekali2 tinggal rental mobil berpanoramic.
Nurutin anak itu short term sekali. Mereka gampang bosen.
Makasih pak masukannya..
Betul akan menjadi pilihan terakhir paling bijak bilamana nanti memang saya ndak nemu unit lain dengan kondisi bagus.
Sementara (mumpung belum beli) harapan saya masih bisa nemu unit prima yang dapat memfasilitasi mimpi dan kebutuhan dari seluruh anggota keluarga haha
Sebenarnya kalo sepintas lalu aja sih, si Elgrand itu paling masuk..
Sunroof ada, ottoman punya, sangat luas juga dalemnya, harga 2010 250an dan 2014 diangka 350an
Sangat menarik sekali
Cuman takut dapat unit bagus diluar ancur didalem aja sayanya haha
Dan sebenernya yang paling membuat saya terpikat dengan Elgrand itu bangku depannya juga ottoman.
Ibaratnya saya bisa mengaman dan nyamankan istri dan janin dikandungannya dengan sangat proper hehe
Jambangan wrote: Sun Jul 05, 2020 0:00
Baru nyadar ternyata kondisi jalan yg dihadapi TS kyk gitu
Kalo kondisi kyk gitu kesampingkan gengsi dulu deh
Paling bener mobil sekelas innova kalo jalan kyk gitu
Venturer kyk saran teman2 diatas udah paling pas
Sebenernya dalam pemilihan unit yang ingin dipinang ini cukup terlepas dari segala gengsi.
Hanya saja unit yang mengakomodasi bantingan super empuk, bangku sangat nyaman, panoramic + sunroof, dan ottoman tidak ditemukan di mobil tipe maupun merk konvensional yang cukup generik

Venturer akan jadi opsi paling bijak terakhir kalo beneran ndak nemu opsi yang mengakomodasi seluruh kebutuhan yang diharapkan ada dimobil barunya nanti untuk keluarga saya
Sinclaire wrote: Sun Jul 05, 2020 0:46
berarti skrg poin utamanya itu buat nyenengin anak + akses masuk keluar buat orang tua mudah ya om, kalo gini paling bener memang mpv sliding door om..
mungkin menyiasati bengkel spesialis jauh, paling bener ambil alphard kalo kata saya om, kalo masalah mobilnya dikota om banyak, justru itu poin plus om, sparepart banyak dan bengkel yang bisa handle berarti uda lumayan banyak..
kalo pengalaman saya pake alphard, kalo perawatan mah murah ya om kalo fast moving, tinggal kaki2 aja kalo beli sendiri juga ga mahal2 amat, tapi ya itu, cepet lagi bunyi2nya kalo udah sekali bunyi2, sama rack steer kalo gen2, spare biaya 30 juta cukup lah buat refresh semuanya..
ambil tipe SC yang 2012 keatas om, full feature + tampang cakep.. kalo masalah odo tinggi, huntingnya pelan2 aja om..
Nah itulah om yang saya takutkan semisal Alp dan Vell jadi pilihan, difikirana saya akan sangat jauh lebih bijak ambil Elgrand dengan asumsi harga jauh dibawah dua kandidat itu ditahun yang sama (kembaliannya sebagian dipakai repair, sebagian bisa disimpan haha)
Selain itu ketersediaan unit yang bagus cukup rentan untuk dua mobil itu (asumsi saya pribadi) karena dua mobil (dalam kondisi second) itu banyak dibeli orang yang sekedar ingin punya dengan mengesampingkan fungsionalitasnya (tentu tidak semua, hanya sebagian dari mayoritas aja)
Akan sangat beruntung kalo dapat unit dari ower lama seperti om yang concern dan memilih alp karna memang kebutuhan akan fungsinya
Cukup bisa dipastikan unitnya fresh
Tapi
Takutnya kalo dapat unit dari orang-orang yang tutup mata kuping telinga kondisi mobilnya dan cuma tau mentereng aja naiknya hahaha
Jadi tidak terawat dengan baik seperti misalkan owner ndak aware kalo tu mobil sempet diisi bensin andai apesnya punya supir nakal.
Sedangkan di Elgrand karna image nissan dan kalah WAH dibanding rivalnya tadi yang otomatis peminatnya sedikit dimana ownernya akan lebih concern untuk perawatan kondisi mobilnya.
Itu semua opini pribadi saya sih..
Nah harapan saya tulis disini semoga ada owner Elgrand dikota kecil yang kasih masukkan terkait suka dukanya pakai mobil itu, sehingga dapat saya pakai rujukan untuk gambaran diri gimana nantinya kalo ternyata takdirnya saya dapat Elgrand hahaha
Cuma nanti tetep saya coba juga pas hunting hehe
Oke om siap.. noted SC 2012 up
Terima kasih sekali..
pengendiesel wrote: Sun Jul 05, 2020 1:13
100 km dari surabaya tebakan saya daerah tuban/bojonegoro, dan sekitarnya.
Kebetulan beberapa minggu lalu saya blusukan di daerah tuban, bojonegoro. lebih banyak lewat jalan desa daripada jalan provinsi.
krajan, sukorame, kedungadem, kedungpring, dll.
pake sienta sih aman2 saja, gak gasruk meskipun banyak sekali perbaikan jalan dan jalan ancur yang dilewati.
jadi kalau atap kaca is a must, saran saya voxy atau odyssey. minimal sudah ada kaca di atapnya plus sliding door, akses keluar masuk ortu bakal enak banget. cari yang ada bengkel resminya di kota om.
tapi mungkin lebih rawan gasruk dibandingkan sienta karena dimensi lebih panjang
Siap pak... Ody lebih mantep kyknya pak.. ibaratnya tinggal pakai..
Kalo Voxy uda harganya mepet masih kudu spare duit buat bangku ottomanmya kalo tetep getol kudu begitu hehe
Meskipun secara tampilan Voxy jauh lebih baik menurut saya pribadi ketimbang Ody
Terima kasih pak masukkannya
Semoga ada yang tulis suka duka Ody Voxy nanti hehe
pendoli wrote: Sun Jul 05, 2020 1:57
Voxy bisa tambah ottoman manual kok om, banyak yg jual ga perlu direct dari jepun
Keluar duit berapa ya om ini kira-kira?
Alfrz wrote: Sun Jul 05, 2020 2:19
Sedikit sharing dr newbie om.
Ibu saya umur 65th, sudah pakai kursi roda lebih dari 5 tahun.
Secara fisik seger, gak bisa jalan karena pengapuran sumsum tulang belakang.
Secara fisik gemuk & sblm wabah masih suka terapi keluar dengan mobil, sesekali saya ajak jalan keluar kota juga.
Untuk naik/turun ke mobil, di kursi rodanya dipakein kain panjang. Untuk akses ke mobil perlu min. 3 orang untuk angkat kain tsb. 1 orang di bawah, 1 dalam mobil di samping kursi, 1 di belakang kursi.
Saya, istri, 2 anak, 1 orang tua, 2 suster, 1 ART.
1 row baris paling belakang di lepas untuk kursi roda.
Mobil khusus ibu saya, Hyundai H1.
Pernah pakai alphard, Ibu saya ngerasa kurang nyaman karena kursinya lebih kecil.
Kalo masih ada orang tua, menurut sy memang lebih cocok MPV Roti tawar.
Akses orang tua & anak² relatif mudah.
Senada dengan orangtua saya ini pak..
Beliau juga cukup gemuk, dimana cukup sangat sulit ketika terpaksa harus bepergian.
Ayah saya 15-30menit perjalanan saja sudah uring-uringan, berkeluh lelah dan tidak nyaman
Sedangkan mayoritas terapinya memiliki tempuhan cukup jauh.
Jadinya harapan saya dengan bangku ottoman itu sedikit banyak memiliki dampak yang cukup signifikan untuk menetralisir keadaan badan beliau.
Atap pano itu sebenarnya selain karna anak saya yang kepengen disisi lain untuk sarana hiburan Ayah saya.
Dimana 70-80% beliau pasti rebahan.
Nah siapa tau dengan ottoman dan ada panonya, fikiran dan hati beliau jadi lebih adem hahaha
Sempat terbersit Hyundai H1 royal..
Tapi keluarga ndak setuju..
Meskipun om saya ada yang punya H1 biasa dan itu naiknya enak sekali..
Terima kasih om masukkan bangkunya yang lebih baik..
Kalo nemu unitnya akan dicoba juga nanti.
Sehat selalu ya om ^^
supriyadi wrote: Sun Jul 05, 2020 3:13
Betul Om, pake mobil yang GC rendah biar akses ke kabin mudah. Mertua saya susah jalan, pengapuran tulang, lebih suka naik livina saya daripada rush abang/pajero sepupu. Kalo naik livina letak (maaf) p*nt*t langsung angkat kaki, kalo nail rush/pajero harus angkat badan dulu. Masalah jalan buruk, kekampung mertua saya masih berbatu belum diaspal gak gasruk ya memang harus pelan2 & pilih2 jalan. Toh mobil gak dipake ngebut
Baik pak, semoga nantinya ini bisa minang yang bener-bener bisa mengakomodir kebutuhan.
Salah ambil unit, bisa derita kelabu berkepanjangan ini saya hahaha
Kepingin sedan yang saya asumsikan pasti nyaman tapi takut dengan mobilitas kendaraannya nanti yang kudu lewat jalan-jalan buruk.
Unit second dari kota besar yang jalannya alus semua, tiba-tiba dipakai nerjang lobang bergelombang takut kaget suspensinya kemudian mendadak minta jajan bahkan ganti haha
Sehat selalu juga pak untuk bapak dan keluarga ^^